MEDIA TANYA JAWAB

copy-of-image028Dengan kerendahan hati…Senang rasanya bisa berbagi dengan para pembaca yang budiman. Ruang ini kami persembahkan untuk para pembaca  yang ingin bertanya sesuatu hal; bab weton, ubo rampe dalam tradisi Jawa, atau masalah di seputar pribadi anda, silahkan share di sini. Kami berusaha sekuat tenaga untuk membantu anda. Barangkali ada manfaatnya untuk kita semua. Semua ini berangkat dari kesadaran kami pribadi bahwa dalam setiap detiknya kami telah “berhutang” anugrah dan kenikmatan yang luar biasa besar kepada Gusti Allah, Hyang Manon, Gusti ingkang Akarya Jagad, injih Pangeran Maha Tunggal ingkang Tansah Sinembah. Banyak anugrah berupa kesehatan, ketentraman, kebahagiaan, kemudahan segala urusan maupun rejeki. Tak cukup kami sekedar mengucapkan rasa syukur dengan kata-kata yang keluar  dari mulut saja (lips servis; not action talk only). Sebalikna, kami merasa wajib mewujudkan  rasa syukur dengan cara menghayatinya ke dalam tindakan dan perbuatan konkrit sehari-hari. Tidak sekedar bersifat individual-vertikal (habluminallah) saja melainkan yang lebih utama kebaikan horisontal bersifat altruis, kebaikan kepada sesama dalam dimensi sosial-kemasyarakatan (habluminannas). Syukur atas segala nikmat &  kesehatan, maka kami harus legawa, ikhlas, tidak enggan membantu sesama yang sedang sakit. Syukur atas ketentraman dan kebahagiaan, maka kita harus membantu sesama yang sedang mengalami kesusahan dan penderitaan. Oleh sebab itu dengan perasaan legawa, tulus, dan senang hati halaman ini kami persembahkan bagi para pembaca yang budiman.  Namun kami sangat menyadari banyak sekali kekurangan kami di sana sini, mungkin ada tutur kata dan kalimat yang tidak berkenan, semua itu semata-mata karena kebodohan yang ada dalam diri saya pribadi. Untuk permasalahan atau pertanyaan yang bersifat privasi silahkan kontak kami di ;

sabdalangit@gmail.com

Salam taklim, Rahayu

Sabdalangit

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Desember 5, 2008, in - and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1.029 Komentar.

  1. Ing ri kalenggahan puniki
    Nusa jawi taksih kalimput pedhut lelimengan
    Awit ulahing jalmo kang anilar toto sujarah
    Lali marang sangkan paraning titah
    Tan eling marang pituwah leluhur jawi
    Kang wonten mung jawi jawan.

    Panggrahitaning sang pujangga mudho
    Kang prapto soko telenging pandulu
    Bakal ono dahuru projo
    Ono kukus kumendheng ananging dudu kukusing hardi
    Semut sami anjarah ruyah gulo sakthemlik
    Dene sami kathah reraton sato gereng ginereng
    Nuso jawi soyo gonjang ganjing.

    Pungkasaning atur Ki Pujonggo Taruno
    Ngasto bebener pinongko hidayah
    Kinen ndupak liliping jagad
    Memayu hayuning buwono
    Sumurup Jatining Dewo
    Sun Suwun Marang Gusti Kang Akaryo Jagad
    Katondho sengkalan KORI LANGIT BINUKO ING NETRO
    Praptanyo owah gingsiring jaman anyar
    Tanah jowo nuswantoro den ratoni
    Satriyo kang waspodo ing tingal
    Pepatih patih utomo
    Titisane Ki Bodronoyo
    Ciptaning galih sang pujonggo, kabeh beboyo lan sambekolo
    Samyo ngemasi dhewe-dhewe
    Bumi Langit sak eko proyo
    Sabiyantu marang kridhane Satrio Kembar
    Kang bakal Memayu Hayuningrat Nuswantoro.

    By:Memayu Hayunigrat

  2. Nyuwun pangapunten sanget Kangmas Sabda kula kumawani lancang, manah kula dados mboten sekeca kalih panjenengan
    Namung inggih wonten Media Tanya Jawab menika ingkang saged paring wahana tambah regengipun pasedherekan kita sedaya
    Wigatosipun Mas Hadi kala wingi keleresan sami kalih berita wonten surat kabar bilih wonten fenomena alam mbulan tersenyum, *menggah pamanggih kula mboten tersenyum tapi malah menangis tergantung ide kita piyambak-piyambak*
    Kaliyan rencang kula nonton langit sumilak abang wonten gegambaran garudha kaliyan merpati
    Angombyongi Kangmas Herjuno saha sesambungan kaliyan pilpres menika :

    Sapa kang madeg dadi satriya
    Among kanggo anutupi watak candala
    Ingsun akarya Ramabergawa
    Anigas jangga jalma dursila

  3. Yth. Ki Sabda,
    Saat ini saya sedang berupaya menjadi positif dari perasaan terpuruk dan tidak berguna. Saya merasa seringkali berada di posisi yang serba salah dalam bekerja, bisa jadi karena merasa belum siap mental atau belum punya ilmu cukup dll, shg saya bersikap/dipersepsi salah dengan/oleh rekan kerja.

    Dikala saya spt ini saya sll merenung mencari kehendak Allah dlm diri saya. sebenarnya harus bagaimanakah saya? seharusnya menjadi seperti apa? siapakah saya? saya sll ingin mencari pencerahan dlm hidup saya, saya sangat tidak puas dg hidup saya. Saya ingin sekali memperbaiki hidup saya.

    Dengan kenyataan seperti ini menjadikan saya sadar betapa lemahnya saya dan mendapat pengertian ‘tiada kekuatan selain daripadaNya’ dan saya ingin sekali bisa bersikap ‘saya ini adalah hamba Tuhan jadilah padaku menurut perkataanMu’.

    Mohon pertolongan Ki Sabda, bagaimana atau apa yg harus saya ‘lakoni’ supaya saya berhasil dalam pekerjaan maupun menjadi pribadi saya yang sebenarnya. Untuk pekerjaan saya saat ini menuntut saya menjadi seorang yang ‘lantip, wasis lan waskitha’. Saat ini saya merasa kurang memuliakan Allah karena belum mampu seperti itu. Apakah pekerjaan saya sekarang cocok untuk saya?

    NB : Yang sudah saya lakukan sekarang, menjadi orang yg ramah dan tetap tersenyum walaupun mereka menolak atau merendahkan saya, atau mencoba mengerti dan memaafkan orang lain, mencoba berdamai dengan kelemahan saya.

    Terima kasih

  4. pamuji rahayu…

    matur sembah nuwun kangmas Tomy.. panjenengan kersa jawab pertanyaan saya.., juga kangmas Sabda dan kangmas ngabehi.. mugya sedayanipun kanthi karaharjan, kasantosan dan selalu dalam keadaan eling lan waspadha.. kesemuanya adalah kehendak.., mugi kita tansah pinaringan kekiatan lahir bathos kangge nguwujudaken Nusantara jaya dalam semua aspek, betindak dan saling mengikat diri untuk bersama menuju keluhuran sedayanipun.., amrih bangsa dan sang pamomong jagad nusantara tersenyum bangga dengan karya sang mudha…,
    matur sembah nuwun..

    salam sihkatresnan

    rahayu..,

  5. kiki soebiyanto

    Salam hormat & Salam kenal…
    Maaf mas…Kromo saya kacau jadi malu nulisnya….
    Mas Sabdo langit…Kalau saya mendoakan Almarhumah Ibu…apakah langsung kita panggil misalnya …Ibu semoga Ibu……
    Ataukah pada Allah….ya Allah mohon ampunkan segala dosa ibuku….
    yang benar gimana mas….?
    Matur nuwun sanget….

  6. kiki soebiyanto

    Salam hormat & salam kenal
    Mas Sabdolangit kalo mendoakan Almarhumah Ibu…apa langsung kita ke Ibu mis….Ibu semoga ibu mendapat ……….
    Atau mohon pada Allah…. Ya Allah….ampuni segala dosa ibu saya…..
    Yang betul bagaimana mas….
    Matur nuwun sanget
    salam hormat….;

  7. @Ki Ngabehi, Mas Tommy Yth
    Matur sembah nuwun Ki, dan Mas Tommy
    Semua keterangan yang dihaturkan dapat melengkapi dan meluaskan penjabaran akan suatu makna. Manfaat persahabatan sejati adalah saling melengkapi dan menyempurnakan, saling membutuhkan dan tempat dalam berbagi rasa. Sepindah malih matur sembah nuwun. Salam asah asih asuh.

    @Kiki Soebiyanto Yth
    Keduanya tidak ada yang salah Mas Kiki, hanya perbedaan teknis pendekatan saja. Yang pertama bottom up, yang kedua top down. Dalam berdoa, apapun bahasanya yang paling penting adalah kemantaban hati.

    salam sejati

  8. Yth. Ki Sabda,
    Terima kasih atas pencerahannya.
    Saya sungguh-sungguh ingin mencapainya.

    Mohon bimbingan Ki Sabda untuk langkah saya selanjutnya.
    Bagaimana saya harus melakukannya?

    Terima kasih

  9. @Titi suwito Yth
    agar lebih mudah nyambung, sebelumnya silahkan baca artikel sy satu demi satu terlebih dahulu. Krn jawaban utk panjenengan sudah dijabarkan baik dlm artikel maupun komentar demi komentar.
    Utk masalah yg lbh fokus mohon diajukan pertanyaan secara spesifik. Bila bersifat privacy silahkan via email sy di atas.
    Salam karahayon dan karaharjan, utk panjenengan.

  10. assalamu’alaikum ki sabdo,.sy mau tanya,.bgmana cara merawat masing2 dr sdulur papat kita ???
    kalo jibroil bgmana cara dan ap batasanya ,.trz mikail,isrofil dan izroil,.
    trimakasih
    salam rahayu

  11. pamuji rahyu..,

    nyuwun gungng pangaksami kangmas.. saya kirim email kepanjenengan.. mudah mudahan penjenengan kersa medar…, karena sudah beberapa hari ini selalu jadi bayang bayang dalam benak saya…, saya sudah coba tayuh sendiri.. namun kepuasan kadang lebih pas dari kangmas Sabda.., memang saya belum laksanakan apa yang kangmas sarankan untuk nggenapi laku…, karena kesibukan yang menyita , pekerjaan harus diselesaikan tepat waktunya…, jadi belum juga kesampaian.., cutipun belum kami dapatkan ijinnya.., sabtu minggu terlalu singkat karena leluhur saya berjauhan tempatnya…, terima kasih kangmas.. atas kesediaan panjenengan.

    salam taklim, rahayu..,

  12. Injih Mas Hadi benjang kula bika. Ndalem sewu sakmeniko nembe ‘nglampahi’ perjalanan. Mugi sedaya tansah beja kinayungan.
    Rahayu

  13. saya sangat berharap kiai guru sabdo berkenan membalas email saya,…

    saya tunggu lho balasanya kiai,.

    rahayu

  14. Wolo Wolo Kuwato

    mas sabdalangit.
    saya mau tanya, ada saudara teman saya yg lagi kesusahan ekonomi bisa dibilang hidupnya susah.
    begini ceritanya ada dua orang kakak beradik laki2x sebut saja A dan B. dimana keduanya A dan B tadi menikah dengan kakak beradik perempuan sebut saja C dan D. bila dilihat dari segi kesehatan/ Gen hal ini tidak bermasalah. tapi kata orang tua dulu hal ini akan berdampak pada mereka atao bisa disebut Tibo Pati apakah itu salah satunya bisa meninggal atau mati dalam urusan rejeki.(hal ini benar mas, sekitar setahun lalu si A meninggal bila diliat dari segi ekonomi si A mapan, sebaliknya si B dari segi ekonomi sulit tapi sehat)
    bagaimana menurut mas sabda tentang hal ini?
    apakah perlu diruwat atau ritual tertentu untuk mengatasinya?
    terimakasih………

    • Mas Wolo Yth
      Yang perlu diruwat mungkin bukan pernikahannya, namun karena dua saudara laki-laki semua (uger-uger lawang). Kalau tiba pati, ada dua kemungkinan yg mati rejekinya atau nyawanya. Kemungkinan lain adalah, weton si A dengan istrinya jika digabung menjadi “tibo pati” (yg mati raganya). Dan si B jika digabung dgn weton istri “tibo lara“, atau bisa juga “tibo pati” (yg mati rejeki). Tapi krn sudah ada korban, ruwatan tdk perlu lagi, kecuali gabungan weton si B dgn istrinya juga tibo pati atau tibo lara, maka perlu dilakukan ruwat.

      Rahayu, karaharjan

  15. ass ki sabdo saya merasa ada yang mengikuti saya ki, benar atau tidaknya saya juga tidak tau ki. mohon bimbingannya ki tapi setiap saya kesal sama orang 80% orang itu kena apa2 ki entah jatuh,kepleset,sakit atau kenapa2 kadang saya jadi gak enak ki sama orang itu padahal saya gak dendam sama sekali .mohon petunjuknya ki..matur nuwun

  16. kiai guru sabdo,.
    terus bagaimana kalau jarak pesarean simbah2 saya jauh ?? apa hanya dengan mendoakkan kita akan di jampangi ??
    terus ttg malam jumat legi,bgamana ngaturaken kembang staman,teh tubruk,kopi tubruk kalau kita dalam perantauan ?
    rahayu

    • @ Dar Yth
      Yang penting ada sambungan tali rasa, doa walaupun cara yg paling lemah, merupakan upaya merajut tali rasa dengan leluhur. Akan lebih mantab bila tiap malam Jumat Legi dilakukan beberapa hal sebagaimana saya utarakan dalam di SINI.
      Rahayu

  17. Mas, apa makna simbol angka 5 dan bercak2 warna kuning yang semakin banyak ini?

    • NA Yth
      Sepertinya angka 5 dlm hal itu merupakan simbol subyektif yg sulit ditafsirkan org lain. Lain dengan angka 7. Kalau warna, kuning seringkalai mewakili makna kebenaran. 5 memiliki perspektif yg sangat luas, misalnya a/l ; Pancasila, jumlah hari pasaran, 5 perbuatan dalam falsafah Jawa, rukun dalam islam, pancasuna, pancalodaya, pancaloka, dan masih banyak lagi.
      Maaf bila terlalu bias
      salam sejati

    • Semoga semua bisa memetik makna ya Mas..
      Seperti biasa, yang baik selalunya diawali dengan yang buruk. Seperti tiada pahlawan tanpa adanya musuh. Tiada kemenangan sebelum adanya pertempuran..

      Tiada hampar ikhlas sebelum puncak cedera..
      Seperti tiada sang aku sebelum sang engkau..
      Pada akhirnya toh semua kumpul di titik tengah,
      satu yang null, null yang satu..
      (So, why do I worried about it? Or should I? Since I believe everything’s gonna be ok?)

      Semoga saat geledak godokan ini, semua tetap berjaga-jaga..
      Kalau ada yang terpencar, biarlah itu cahaya dan wangi manusia saja..
      Bukan kesadaran yang sudah telak lunasnya itu..

      Momentum ya Mas?

      PS:
      Salam dari Mas Bimo.. :)

    • Do I worry, ding.. Hehehe..

      Banyak pesawat jatuh akhir-akhir ini, utamanya di area Timur..
      I believe you can feel the signs too..

      Miss you.. :)

  18. Salam Rahayu,
    Nuwunsewu katur dhumateng Kadang Sabdo,
    Kadang Sabdo ingkang minulyo, saya mau minta bantu pertolongan kepada njenengan!!!! ceritanya gini :
    ” Dulu saya mempunyai adik laki-laki yang bernama CHANDRA ARIZAL, umur 5 tahun dia sekolah di tempat kelahirannya di Desa Kanigoro Blitar Jatim, saat itu pagi sekitar jam 08.00 Wib. adik yang telh diantar oleh ibu kesekolahnya kemuian ditinggal kepasar oleh ibu dan sekitar jam 09.00 Wib. lewat ada seseorang yang mengaku kawan bapak (paranormal) yang bernama SHOLEKHAN bilang kepada adik saya bahwa saya pulang dari kalimantan kemudian adik saya tadi dibawa entah kemana samapai sekarang tidak tahu rimbanya tetapi anehnya sewktu dilakukan pengejaran oleh polisi paranormal yang bernama SHOLEKHAN tersebut ketakutan dan bunuh diri sehingga kasus tersebut ditutup tanpa tahu keberadaan adik saya tersebut, kami seluruh keluarga sdh mencari baik secara lahir maupu dgn jalan lewat orang pintar”.
    Mohon kiranya kepada Ki Sabdo untuk menerawang dimana keberadaan adik saya tersebut, kalau masih hidup dimana dia kalau sudah mati dimana kuburannya dan kalau sudah mati apakah bisa dihadirkan keberadaannya kalau bisa bagaimana lakunya, mohon jawabannya!!!!!!!!!!!!!
    Salam salim rahayu madhangi jagad………….

    • Mas Purnomo Yth
      Maaf agak telat balas karena komen panjenengan masuk ke folder spam. Ini sudah saya agreement. Jika tidak keberatan saya minta data-data yang diperlukan a/l :
      1. Nama ibu kandung.
      2. Nama lengkap adik laki-laki yg hilang, berikut fotonya bila ada.
      Mudah-mudahan ada titik temu.

      Jika ada waktu, supaya dibuatkan tumpeng dan bancakan, seperti bancakan weton. Silahkan via email mas, saya bantu semampu saya.
      mudah-mudahan segala sesuatu dalam kondisi baik.

      Rahayu

  19. NA Yth
    Begitulah prinsip keseimbangan, imbal-balik, plus-minus, baik-buruk, semua ada gunanya. Maka dalam falsafah hidup kejawen mengutamakan harmonisasi dan sinergisme antara jagad alit – jagad ageng sebagai balancing principe.
    Kali ini sedang terjadi distorsi cuaca terutama pusaran angin di angkasa yg sangat berubah-ubah, cepat-lambat, berputar-lurus, berlapis sangat membuat bingung para pilot. Dapat dikatakan sebagai seleksi alam, mereka yg selamat masuk dalam kategori sbb:
    1. pesawat-pesawat yg terawat dengan baik.
    2. pilot co pilot serta para penumpang yg selalu eling dan waspadha.
    3. perusahaan yg cermat, disiplin, bersih, jujur-adil.

    oh ya, Mas Bimo ketua KPPI ya ?!
    Maturnuwun sanget, salam kembali buat mas Bimo.

    salam sejati

    • Iya, Mas Bimo yang Komisioner KPI. Ketuanya Pak Sasa Djuarsa, bukan Mas Bimo.. *koreksi dikit*

      Balancing ya Mas? Iya iya.. :)

  20. Yth Mas Sabda…

    Lain Dulu lain Skr… Semakin Dalam Saya mendekatkan diri kpd Gusti Allah knp jg Saya semakin Gelisah Hati… Entah ada saja yg selalu dipikir…
    selain itu dalam kehidupan pula sing Adoh Podo Moro sing Cedak Podo ngedoh… apa yang harus dilakukan dalam Hal ini..?
    di dalam Gegayuhan juga selalu dituntut untuk bertahap dalam Gayuh,
    namun ada yg bilang juga terburu2… smp selalu diingatkan dalam mimpi2..
    padahal juga tidak merasa terburu2…
    lalu harus bgmn Saya….?? klo Mas Sabda berkenan sebenarnya saya ini apa sih.. siapa sih..? siapa mereka itu…
    Suwun.. Suwun…

  21. klau bermimpi didalam ruangan rumah sakit,dan ada seorang anak kecil menyampaikan sesuatu dari aulia yang hanya di lihatnya dan menyampaikan amanahnya untuk saya,….termasuk memotong rambut…. maksudnya apa ya mas…..
    ==============
    Setahu saya dalam tradisi Jawa ada tradisi ruwat dengan memotong rambut di ujung kepala dan di tengkuk (istilahnya cukur kuncung dan gelung). Ruwat tadi dimaksudkan untuk menghilangkan sengkolo dan sukerto. Mungkin hakekatnya tidak jauh dari hal tersebut.

    Rahayu

  22. Mas, apa nama pendeta perempuan dalam bahasa jawa ? Apakah Pandita/o atau apa ? matur nuwun.

  23. Assalamu’alaikum Mas Sabdalangit,

    Semoga Mas Sabdalangit Selalu Sehat wal’afiat & mendapat keberkahan Allah SWT.

    Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yg sebesar-besarnya atas Wejangan, Petuah serta Pencerahan dari Mas Sabdalangit, semoga itu semua menjadi Ilmu yang bermanfaat kelak bagi kehidupan dimasa mendatang. Amiin

    Insyaallah saya akan jalani nasihat dari Kang Mas Sabdalangit, dan saya mohon Do’a restunya.

    Terima kasih Kang Mas,
    Salam Hormat
    Salam Rahayu
    Salam Silaturahim

    W.salam,

  24. @Ants Yth
    Tidak ada namanya mas, nama pendeta sebenarnya sebutan utk laki-laki dan perempuan. Pendeta dalam bahasa Jawa artinya orang yang berilmu dan bijaksana. Sama halnya seperti kyai, kihai. kiai. Tetapi karena kebanyakan pendeta adalah kaum laki-laki, maka nama pendeta mengalami penyusutan makna (peyoratif) seolah hanya mewakili kaum laki2.

    @Ari Yth
    Terimakasih mas ari, atas semua doa, saya merasakan ketulusan doa anda. Pasti doa akan kembali kepada diri anda sendiri pula. Saya mohon maaf, hanya sedikit yang bisa saya lakukan untuk membantu sesama, dan masih banyak kekurangan di sana sini karena keterbatasan saya pribadi. Namun semua itu saya lakukan dengan sepenuh ketulusan hati, tdk mengharap imbalan apapun. Kecuali “netepi titahing Gusti” yang Mahawelas asih. Semoga dengan ketulusan kita semua akan menjadi energi dahsyat yang dapat membuka pintu berkah dan rahmat Tuhan YME.

    Salam karaharjan
    Rahayu

  25. Salam perkenalan kangge sederek sedanten………

  26. Salam kenal Mas Sabdalangit,nyuwun sepuro bilih kulo sampun lancang nge file tulisan panjenengan,lan sederek mas alang alang,wong alus,salam perkenalan panjenengan sedanten.kulo nderek sinau ngaji urip

    salam

    Pakde amin

  27. Salam kenal untuk mas sabda,..
    puji syukur ilahi rabbi.
    entah angin apa yang menghendaki saya untuk untuk berkunjung ke blog ini, saya berfikir pastinya ini skenario terbaik Tuhan..
    jujur saya mendapat ilmu yang tentunya sangat bermanfaat dari blog mas, pertanyaan2 yang sudah terpendam sejak lama akhirnya mulai terjawab sedikit demi sedikit,..
    Saya haturkan ucapan trimakasih dengan sangat, dan tak lupa minta bimbinganya..
    salam.

    • @Ponco Yth
      salam kenal kembali mas.

      @Pakde Yth
      Salam kenal kembali Pakde, silahkan dicopy atau print out mudah2an bisa lebih mudah dipelajari. Jangan sungkan menuangkan berbagai ilmu, seserepan kepada kami, karena akan sangat berharga untuk memperluas pengetahuan kita semua. Sehingga membuka kesadaran kita bahwa ternyata ilmu Tuhan maha luas tiada batasnya, tidak terkotak dan terperangkap oleh suku, budaya, bangsa dan agama tertentu saja.

      @Arief Yth
      Salam kenal kembali Mas Arif, saya merasa bahagia telah mendapat kunjungan anda. Dengan harapan menambah luas tali silaturahmi dan persaudaraan antar generasi penerus bangsa.

      Salam sejati
      salam karahajan

  28. ditunggu artikel selanjutnya mas sabdalangit…supaya bisa memberi pencerahan bagi kami2 pengunjung setia blog ini…

    nuwun

  29. Mas sabda kulo nderek tanglet,rumiyin nate ngimpi kepanggih nogo kalih ageng sanget,setiap tiyang ingkang bade ngliwati jembatan mesti dipangan kalian nogo meniko.cekake crita kulo tanglet kalih tiyang sepuh,lan kulo diwenehi bacaan Al-Ikhlas,tapi wonten tambahane Wahdaniyah,kejadian meniko sampun sekitar 20 tahun kepungkur,
    menopo makna sedanten meniko nggih,lan pripun carane manggihi guru sejati kulo,monggo,kulo niki dikocekki,kersane saget menemukan kesadaran sejati,sepurane basane campur aduk,

  30. saya setuju banget mas,kita tidak boleh terkotak kotak dalam satu agama,karena bagi saya agama adalah ageman,atau jalan untuk menuju yang satu,dan kalau sudah menjalani satu agama,janganlah berpindah agama lain,karena akan menghambat perjalanan itu sendiri,dan saya menemukan Blog inipun pasti bukan suatu kebetulan.

    Salam rahayu

    • @M4stono Yth
      Artikel sdh saya siapkan mas, masih menunggu waktu utk mengedit, maklum minggu-minggu ini sedang sangat sbk dan repot sekali Mas. Tetapi masih ada waktu untuk edit dan menulis setelah jam 00-03. Semua saya persembahkan untuk saudara-saudara kita semua di sini. Dengan harapan sedikit memberi nuansa lain yg mungkin bermanfaat.

      @Pakde Yth
      Sepertinya mimpi itu puspa tajem yg mengisyaratkan kebaikan, naga termasuk ular besar, kiranya isyarat keinginan dan cita-cita besar akan bisa terwujud. Tentu saja kunci suksesnya jangan lengah, selalu eling dan waspadha terhadap segala penghalang cita-cita.

      salam karaharjan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 936 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: