TAFSIR MIMPI

TAFSIR MIMPI

“jangan berandai-andai menjadi orang besar,

bila bermimpi besar saja tak berani”

 

Namanya saja tafsir mimpi, didapat melalui ilmu titen, yakni mencermati kejadian yang berulang-ulang, sambil melakukan konsentrasi tinggi agar dapat memfokuskan diri pada rasa yang netral. Sehingga dapat dibedakan mana bentuk mimpi yang hanya bunganya tidur, mana yang merupakan sasmita atau pralambang. Tafsir mimpi yang bersifat alamat buruk, anggap saja sekedar menjadi iseng-iseng, lelucon, atau sebagai intermezo. Dipercaya boleh-boleh saja, tidak pun juga tidak ada masalah. Kendati demikian, banyak pula yang percaya karena memang sering terjadi match antara mimpi dengan kenyataan yang terjadi di kemudian hari. Orang boleh percaya atau tidak, tak ada pemaksaan. Kamus tafsir mimpi kita hargai sebagai karya budaya sastra nenek moyang kita zaman dulu yang “berkreasi” untuk meraih “ngelmu titen”. Semua itu dilakukan sebagai upaya menyibak makna di balik mimpi. Terkadang mimpi tidak hanya sekedarnya menjadi bunga tidur, namun ada pula yang disebut sebagai puspa tajem, sasmitoningroh, Daradasih. Yakni mimpi yang menjadi pralambang, pertanda, sasmita agar supaya kita menjadi lebih hati-hati, eling, waspada. Dan yang bersifat pertanda menggembirakan jangan sampai membuat kewaspadaan kita justru menjadi lengah. Paling tidak tafsir di bawah ini dapat menjadi bahan referensi secara garis besar, karena kepustakaan tafsir mimpi jumlahnya sangat banyak, sebanyak mimpi-mimpi semua orang.

 

MIMPI BERHUBUNGAN DENGAN AIR

Mengambil air wudhu ; baik dan sempurna pekerjaannya. Mencuci muka ; mendapat susah. Mandi  di sumur milik sendiri ; akan sakit karena gangguan makhluk halus. Mandi di sungai yang airnya kering ; rejekinya susah. Menyelam di sungai yang airnya dingin / tidak dapat kembali setelah melompati sungai ; akan sakit keras bahkan dapat meninggal dunia. Menyelam di sungai yang airnya sangat dingin ; akan mengerjakan pekerjaan milik raja/pembesar/penguasa/bos. Hanyut di sungai ; akan menderita kerugian. Hanyut dan masuk ke laut ; memperoleh kesenangan/pekerjaan atau penghidupannya bertambah baik. Berada di laut ; akan memperoleh banyak uang. Menyelam di air keruh ; akan menderita/ akan bertapa. Menyelam di air jernih ; memperoleh kenikmatan. Terjun ke telaga ; memperoleh kesalahan yang besar. Terbenan ke dalam telaga ; diperlukan oleh negara. Berdiri di atas air ; mendapat kesusahan. Berjalan di atas air dengan tidak menginjak air ; akan memperoleh kemuliaan / pangkat. Jatuh ke dalam sumur/sungai ; memperoleh kesusahan/kematian. Berenang di sungai atau laut ; tercapai segala maksudnya. Terbenam di dalam air yang keruh ; pergi dan tak akan kembali. Terbenam ke dalam air yang jernih ; memperoleh harta benda dan ilmu. Disiram dengan air sungai ; memperoleh masalah/perkara. Halaman rumahnya kemasukan air ; kerusakan dan kematian. Merasa berada di laut ; memperoleh uang.

 

Api, Cahaya, Matahari, Bulan, Bintang, Langit

Melihat bintang ; memperoleh ilmu. Melihat bintang dan turun masuk ke dalam rumahnya ; memperoleh uang dan anugrah. Melihat matahari berjalan ke atas ; tercapai cita-citanya. Melihat matahari dekat dengan rembulan ; memperoleh anak. Melihat badannya sendiri terkena sinar matahari atau rembulan ; akan menjadi kaya. Melihat langit terbelah/pecah ; orang tuanya meninggal dunia. Melihat cahaya ; akan tercapai keinginannya. Melihat api dari jauh ; berusia panjang. Melihat api berwarna hitam ; akan cepat bertemu dengan apa yang dicarinya.  Melihat api berada di dalam rumah ; difitnah. Melihat lidah api tinggi menyala ; berusia panjang. Melihat kukus api ; susah bekerja. Melihat api di kuburan ; berusia panjang. Menyimpan api di sawah ; banyak memperoleh padi. Melihat gelap ; banyak salah/dosa. Melihat kilat menyambar memperoleh pangkat yang mulia. Melihat api turun dari langit dan membakar rumahnya ; memperoleh kekayaan. Melihat rumahnya terbakar habis ; banyak memperoleh rejeki. Melihat kukusan keluar dari rumah ; menderita sakit. Melihat dapurnya terang ; terkenal. Ada gerhana bulan/matahari ; menderita kesusahan/ada raja atau pemimpinan yang  wilayahnya mengalami merusakan. Bulan/matahri turun ke rumahnya ; memperoleh jodoh/anugrah yang besar. Matahari/bulan pecah menjadi dua ; raja/penguasa melawan penguasa. Matahari/bulan yang terpecah dua berwarna hitam ; difitnah orang. Rumahnya kejatuhan bintang kemukus ; beruntung dan memperoleh anugrah. Bulan masuk ke dalam perut ; akan memperoleh anak dan kemuliaan.

 

 

Berhubungan Dengan Awan

Merasakan badannya tertutup awan ; maksudnya tercapai. Badan merasakan  di bawa ke atas oleh awan ; selamat. Melihat rumahnya tertutup awan ; tercapai maksudnya. Melihat awan berwarna merah/hitam ; akan mendapat susah. Melihat awan yang jatuh ke desanya ; murah makanan.

 

 

Mimpi Berpakaian Sesuatu

Berpakaian tentara ; susah/mendapat celaka. Berpakaian orang miskin ; memperoleh rejeki dan senang. Berpakaian orang mati ; memperoleh pangkat/rejeki. Berpakaian orang yang luhur ; memperoleh uang. Berpakaian mas intan ; akan mendapat susah. Menanggalkan pakaian ; akan kehilangan sesuatu yang berharga. Tertinggal pakaiannya ; kehilangan.

 

Berkaitan Dengan Gunung, Jurang

Mendaki gunung dengan mudah ; memperoleh rejeki/naik pangkat. Mendaki gunung dengan susah ; memperoleh kesukaran. Merasa berada di puncak gunung ; memperoleh anugrah. Mendaki gunung ; berjumpa dengan saudara/memperoleh kebaikan. Mendaki gunung serta memetik buah ; memperoleh uang. Naik dari tebing jurang ; akan naik pangkat/memperoleh kenikmatan. Melihat tanah/gunung longsor ; kesusahan. Melihat gunung ; dicintai orang yang berpangkat/memperoleh uang.

 

Tentang Harimau

Melihat harimau yang menggigit ; memperoleh pekerjaan dan akan terpakai. Melihat harimau yang menggoda ; akan mendapat masalah. Melihat harimau masuk ke rumahnya lalu merusak ; desanya akan mengalami kesusahan.

 

Hubungan Dengan Perasaan

Merasa menang dengan siapa saja ; akan menurunkan putra yang besar pangkatnya. Merasa sakit keras ; memperoleh selamat dan mulia. Merasa pincang ; dihormati dan disenangi orang. Merasa panas ; memperoleh uang yang tetap. merasakan dingin ; akan kehilangan. Tidak merasakan apa-apa/mati rasa ; selamat. Merasakan senang ; akan mendapatkan kesusahan/sakit. Merasakan/terlihat badan menjadi besar ; selamat dan terkabul segala cita-citanya. Merasakan mati ; kehilangan rejeki. Merasa akan meninggal ; panjang usia dan memperoleh rejeki.

 

Berhubungan Dengan Hujan, Angin

Melihat hujan emas ; akan disenangi banyak orang. Melihat hujan embun ; musuhnya akan membunuhnya. Melihat hujan buah ; menjadi kepala penjahat. Melihat hujan yang lama ; sakit keras. Melihat hujan yang lebat ; akan mendermakan/memberi. Melihat hujan angin ; akan kesusahan. Melihat hujan yang lama lalu berhenti ; akan susah. Melihat taufan ; desanya/wilayahnya akan megalami kerusakan. Melihat angin besar yang datang dari laut ; musuh datang.

 

Berkaitan Dengan Laut

Mendengar suara menggelegar / gelombang laut ; akan menderita sakit.

 

Berkaitan Dengan Makan

Makan apem ; memperoleh uang. Makan nasi sayur ; akan sakit. Makan nasi punar ; memperoleh barang. Makan segala yang terasa manis dengan jeruk ; akan sakit. Makan daging lidah ; akan susah. Makan sambil berdiri ; memperoleh banyak uang. Makan daging sapi, kerbau, kambing, babi, ayam ; memperoleh kebaikan. Jika daging yang dimakan masih mentah ; memperoleh banyak uang. Makan bersama raja/pembesar ; memperoleh pangkat yang tinggi.

 

Berhubungan Dengan Binatang

Merasa menjadi gajah ; banyak memperoleh untung/ilmu. Merasa menjadi burung ; banyak memperoleh untung/memperoleh kepandaian.  Melihat kerbau/sapi yang dinaiki ; memperoleh kepandaian. Melihat sapi yang lepas dari ikatannya dan berlari ; memperoleh rejeki. Melihat gajah ; dirinya akan terpakai oleh raja/pembesar/pejabat. Naik gajah ; dicintai raja/pembesar/pejabat atau tercapai keinginannya. Melihat bangkai gajah ; banyak memperoleh uang. Melihat gajah berjalan di dalam rumahnya ; memperoleh pangkat. Melihat ular yang besar ; tercapai keinginannya. Melihat banyak ular ; berusia panjang. Melihat ular berbisa ; musuhnya mengalami kemenangan. Melihat ayam yang dipotong ; orang tua/saudara akan meninggal. Menyembelih kerbau ; akan memperoleh uang. Digigit binatang ; dicintai banyak orang. Naik kuda ; mendapat kesusahan. Memiliki ayam jantan/jago ; akan memperoleh anak laki-laki. Memiliki ayam yang banyak ; dicintai orang. Menangkap ikan (segala macam ikan) dengan mengunakan tangan ; akan memperoleh uang yang banyak.

 

Berhubungan dengan Tuhan, Nabi, Bidadari, Sorga, Neraka, Kiamat

Melihat Tuhan ; tercapai maksudnya. Melihat nabi/rasul ; mendapatkan anudrah/sorga. Melihat malaikat/bidadari/nabi Adam ; menjadi pemuka agama, penghulu, spiritual. Melihat sorga ; tercapai maksud dan tujuannya. Melihat/masuk neraka ; kesalahan/berdosa besar. Keluar dari sorga ; hilang dosanya. Melihat akan kiamat ; memperoleh pangkat/tercapai harapannya. Melihat raja ; akan naik pangkat. Melihat penghulu ; akan sakit. Melihat banyak orang ; banyak penyakit dan mahal pangan. Melihat lohmapul/membaca Quran ; memperoleh ilmu. Melihat bunga ; memperoleh kesenangan. Melihat jembatan ; memperoleh pekerjaan. Melihat jembatan yang patah ; anak/cucunya akan meninggal. Melihat banyak kotoran ; akan memperoleh rejeki. Melihat daging sesayatan ; memperoleh kebaikan. Melihat dodot (kain untuk menghadap raja atau menari) kotor ; hatinya tidak enak. Melihat uang dari emas (dirham) ; hatinya panas. Melihat dirham terbelah menjadi dua/sigar ; berkelahi. Melihat pria yang buah dadanya besar dan lebar ; menjadi seorang penghulu. Naik ke meja sendiri / naik ke langit ; memperoleh pangkat.  Naik ke masjid ; memperoleh anugrah. Naik ke loteng ; mendapat pangkat/memperoleh keuntungan.

 

Berhubungan Dengan Minum Air Sesuatu

Minum air bengawan; memperoleh marah dari tuannya. Minum air kuali/belanga ; memperoleh uang. Minum air jernih ; memperoleh ilmu. Minum air keruh ; memperoleh uang panas/tidak halal. Minum air yang kental ; memperoleh emas/perak/perhiasan berharga. Minum air sungai yang terasa asin ; memperoleh harta/uang yang tidak halal. Minum air susu ; memperoleh uang. Melihat sumur berair jernih lalu diminum ; terhindar dari duka cita dan memperoleh ilmu.

 

Berkaitan Dengan Rumah, Pintu, Dinding

Melihat rumahnya roboh ; menderita kesusahan. Melihat rumahnya dimasuki oleh sesuatu ; akan mendapatkan saudara yang berpangkat/bertapa dan memperoleh rejeki. Melihat rumahnya ditinggalkan ; dibenci orang. Melihat rumahnya menjadi tinggi ; saudaranya akan memperoleh orang yang berpangkat. Melihat rumahnya meninggi lalu merendah ; akan turun pangkat. Melihat dinding rumahnya di buka ; akan bercerai/berpisah dengan orang tua. Melihat pintu rumah menjadi tinggi dan melebar ; akan memperoleh pangkat/keberuntungan. Melihat pintu rumah yang ditutup ; susah bekerja. Membuat rumah ketiga dan sudah jadi ; akan beristri dan maksudnya tercapai. Melihat pintu rumahnya terbuka ; akan mendapatkan suatu perkara atau akan mengalami kekalahan jika akan berperang/bersaing. Melihat suratan di daun pintu ; badannya sakit. Rumahnya kejatuhan bintang kemukus ; beruntung dan memperoleh anugrah. Disuruh mendiami rumah milik orang lain ; memperoleh pangkat / kedudukan.

 

Berkaitan Dengan Sumur

Melihat sumur yang berikan ; memperoleh untung. Melihat sumur berair jernih lalu diminum ; terhindar dari duka cita dan memperoleh ilmu. Melihat sumur yang rusak temboknya ; celaka besar.

 

Berkaitan Dengan Sungai, Telaga

Melihat sungai yang penuh berair ; pergi tetapi tidak kembali. Melihat sungai yang tidak berair ; banyak orang desa yang pindah. Melihat sungai yang sedikit airnya dan jernih ; memperoleh uang. Melihat air yang baru datang mengalir ; memperoleh derajat/pangkat. Melihat telaga yang banyak airnya ; memperoleh pekerjaan. Melihat sungai yang berair deras ; mendapat kabar dari luar negeri. Melihat sungai yang kering pada mulanya lalu berair ; menjumpai masalah. Melihat sungai yang banjir ; memperoleh rejeki.

 

Tentang Ular

Disembur ular ; mendapat jodoh. Digigit ular ; difitnah orang. Memperoleh puragan ular berbisa ; kurang disenangi istrinya. Melihat dalam lobang ada ular mati / melihat bekas bergantinya kulit ular ; panjang usianya.

 

Berhubungan Dengan Badan Kita

Memakai bunga ; dicintai orang. Memakai bunga yang harum /minyak wangi ; jika sakit akan lekas sembuh. Kepalanya disiram dengan minyak wangi yang harum baunya ; memperoleh rejeki. Badannya disakiti sendiri ; rahayu / selamat. Badannya menderita sakit ; memperoleh rejeki/kemudahan. Mengadakan selamatan ; jika berspekulasi (termasuk judi) akan menang/beruntung.

 

Bepergian atau Perjalanan, Berlari, Berjalan

Pergi naik haji ; dapat menjalankan  pekerjaan secara sempurna. Pergi jauh ; mendrita sakit. Pergi jauh tetapi cepat kembali ; rejekinya mudah. Pergi ke pasar ; memperoleh uang/harta. Mimpi berjalan jauh ; akan kehilangan pangkat. Berjalan mengelilingi pagar ; maksudnya gagal tercapai. Berlari dan jatuh ; berhenti bekerja/berhenti dari pekerjaannya.

 

Berhubungan Dengan Menggali, Tanah

Menggali tanah ; akan bertengkar. Menggali parit ; memperoleh rejeki. Menggali kuburan orang yang telah meninggal ; memperoleh keuntungan karena spekulasi atau berjudi. Meratakan jalan ; kehilangan uang/harta. Meratakan tanah ; mengalami kesusahan.

 

Badan, Disakiti, Sakit, Menderita

Dirusak/dibuat sakit oleh orang ; menemukan kesulitan. Diikuti oleh wanita ; akan memperoleh keris pusaka. Rambutnya disisir ; akan mengalami kesusahan. Dipukul dengan tonggak kayu ; memperoleh rejeki. Diberi beras ; mendapat halangan besar. Ditempeleng ; memperoleh kesusahan. Dikejar oleh pencuri ; memperoleh uang. Dicaci maki ; memperoleh uang. Dipanggil orang ; memperoleh keuntungan. Jika yang memanggil adalah pembesar yang memakai payung (bergaris) dan mengenakan pakaian kebesaran lalu melambaikan tangan ; akan mendapatkan pangkat yang strategis. Badannya terluka/ada bekas luka ; memperoleh rejeki. Jika badannya dilukai orang ; memperoleh celaka/kecelakaan. Badannya sakit dan bergetar ; bahaya sedang datang menghampiri. Badan banyak kutunya ; jika berspekulasi akan selalu beruntung. Tangannya diletakkan pada orang lain ; dirinya terpakai oleh seorang pembesar. Seseorang meletakkan tangan di kepalanya ; maksudnya akan tercapai. Tangan orang lain di letakkan di badan ; mengalami sakit keras. Badannya diikat ; sakit. Tertangkap oleh musuh ; dikembalikan dari daerah perantauan. Badannya semakin kurus ; mendapat kesusahan. Badannya semakin membesar ; mendapat kemudahan/maksudnya tercapai. Kakinya bergelang perak ; memperoleh keuntungan/kebaikan. Jarinya mengeluarkan darah ; memperoleh uang. Mulutnya berbulu ; memperoleh uang. Kepalanya bertanduk dua ; dihormati orang serta mendapat kemuliaan. Jika bertanduk satu dan runcing ; akan celaka besar. Rambutnya rontog ; mendapat celaka/kecelakaan. Bermimpi cukur rambut ; akan kehilangan harta bendanya. Lepas giginya ; kesusahan/ada saudara dekat akan meninggal dunia. Wajahnya terlihat putih ; mendapat seorang wanita. Didatangi tamu yang sakit  ; memperoleh jalan keluar atau pertolongan dari orang lain.

 

Berhubungan dengan Perahu/Kereta

Naik perahu ; akan marah/stress berat karena mengalami banyak  fikiran. Naik perahu layar di tengah laut lalu tenggelam ; wilayah/daerahnya akan mengalami musibah atau bencana. Naik perahu layar yang berjalan dengan cepat ; memperoleh kemajuan dalam bidang ekonomi/ memperoleh rejeki. Naik kereta/kereta tersebut masuk ke dalam rumah ; akan menderita kesusahan.

 

Menungu orang yang meninggal dengan tertawa ; sakitnya akan sembuh. Membunuh orang dengan parang/golok ; jika bersaing/berspekulasi akan menang. Berkelahi memakai senjata melawan wanita ; memperoleh untung. Membagi uang dengan istrinya ; akan bercerai. Memukul istrinya ; akan ada persoalan di dalam rumah tangga. Memukul orang/jelek perkataannya ; akan memperoleh susah. Mimpi sakit keras ; akan selamat dari marabahaya. Tertimpa kayu/kejatuhan kayu ; akan terjadi kerusakan. Menjadi pengantin dengan diiringi banyak orang ; akan meninggal dunia. Jika melihat pengantin yang telah dipertemukan tetapi tidak dengan pengiring dan memakai pakaian kebesaran ; memperoleh anugrah agung.

 

Berkaitan Dengan Hutan

Keluar dari hutan ; akan kehilangan. Membakar hutan ; meraih kemenangan dalam berperang/berselisih/bersaing. Menebang pohon ; akan menderita sakit. Pohon-pohon yang besar bertumbangan ; menjumpai perkara/wilayahnya mengalami kerusakan.

 

Perang sabil ; bekerja dengan hasil yang sempurna dan menentramkan.  Shalat sampai selesai ; maksudnya tercapai. Bermimpi menyanyi ; memperoleh kesusahan. Menangis di dalam rumah ; akan memperoleh kesenangan. Menangis di jalan ; akan memperoleh kesusahan. Mimpi bertelanjang ; akan dipermalukan atau menanggung masalah yang membuat malu/aib. Mimpi menari ; akan terkena marabahaya. Meniup seruling ; hidupnya akan tenteram. Makan sirih ; akan mengalami kerusakan. Duduk dalam penjara ; akan hilang kesusahannya. Membuang kotoran/berak ; akan kehilangan barang berharga. Tidur di tanah ; akan memperoleh kesenangan. Merawat orang tua ; memperoleh rejeki. Meletakkan tali secara terentang ; memperoleh rejeki. Memanjat pohon ; akan meninggal dunia. Memetik kelapa ; akan menderita sakit. Barang yang bengkok diluruskan ; akan hilang susah/kesulitannya. Mengambil batu lalu dimasukkan ke dalam rumah ; memperoleh rejeki. Mimpi berjalan dengan wanita yang bukan istrinya ; akan kehilangan sesuatu.

 

Berkaitan Dengan Pembesar/Penguasa

Bertemu dengan nabi ; akan memperoleh kedudukan/naik pangkat/jabatan.  Jika mimpinya lewat tengah malam ; akan memperoleh kesaktian/ilmu luhur. Berjumpa orang yang belum dikenal ; cita-citanya akan tercapai. Bertemu dengan ayah/anaknya ; memperoleh kebahagiaan. Memperoleh uang ; akan sakit  sambang atau terkena sawan orang mati. 

================

sabdalangit

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on April 3, 2009, in Tafsir Mimpi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 246 Komentar.

  1. Saya bermimpi hadir di majelis taklimnya Habib Riziq Syihab (FPI), lalu saya dipanggil dan berjabatan tangan, sambil beliau (Hbb Riziq) berkata, “sebutkan silsilah ente!!!” Saya seolah-olah tau, trus saya berkata, “ana, Abdul Harits bin abdul Madjid bin Jazan bin Husen bin Ahmad bin Hasan bin Husen”. Apakah arti mimpi tersebut, Ki?? Apakah betul nama yg saya sebut itu nama2 leluhur saya? Saya lahir senin 15 Maret 1971. Terimkasih atas penjelasannya, Ki… Nama ayah saya, abdul madjid (masih hidup) dan nama kakek saya,Jazan (sudah meninggal). Selama ini saya gak pernah tau nama kakek buyut saya ke atas.

  2. ki..mau nanya..kalo mimpi bunuh orang itu pertanda apa..

  3. @ Ki Sabda lan Poro Pinisepuh,

    Sugeng dalu, saya mau menanyakan arti mimpi, tadi sore saya merasakan kantuk yang hebat, padahal nggak biasanya saya tidur siang, saya tidur sebentar saja dan saya mimpi melihat diri saya telanjang dan sedang berbincang dengan seorang tetangga saya, padahal dalam keseharian saya belum pernah ngobrol dengan lelaki tsb, hanya kalo pas berpapasan di jalan, kadang kami saling menyapa seperti pada umumnya, tapi belum pernah ngobrol yang gayeng…

    Saya menjadi resah dan gelisah, karena Konon kata buku mimpi atau menurut pengalaman orang, mimpi telanjang itu tidak baik dan akan mendapatkan malu… oh, benarkah?…, saya hanya bisa berharap, semoga mimpi ketelanjangan saya ini memberi makna yang lebih dari sekedar ‘akan mendapatkan malu’ atau minimal ya bunga tidur saja…

    ini seperti arti mimpi jika bertemu/ berbincang dengan seorang wanita itu adalah setan atau akan mendapatkan penyakit/ rejeki berkurang, sebaliknya lain di jawa lain pula di kalimantan, kata orang kalimantan, mimpi ketemu wanita itu malah rejeki, hmmm, yang benar yang mana ya?…

    Eh, tapi saya pernah membaca di koran, bahwa mimpi telanjang ini juga pernah di alami putri Kate Midleton, istri pangeran William dari inggris, waktu itu dia sangat jetlag/ stress memikirkan hari ‘H’ pesta perkawinannya yang akan di tonton lebih dari 2 milyard lebih seluruh penduduk dunia, mungkin karena merasa sedikit tertekan karena bingung memilih gau pengantin yang cocok, ia sampai mimpi bahwa di hari H nya dia malah telanjang di hadapan para hadirin. Tapi untungnya si putri ini bisa think positive, karena kegalauan hatinya di hibur oleh orang2/ keluarga/ sahabat terdekatnya, bahwa arti mimpi ketelanjangannya itu sebuah pesan agar dia santai saja mengahadapi hari H nya itu….

    Hmmm…, tapi itu kan di inggris, bukan di bali atau jawa, , di mana orang yang bermimpi telanjang bukanlah suatu nasib buruk/ kesialan… lha kalau di sini?… hiks….

    Salam mimpi indah,

    Dewi

    • … semoga mimpi ketelanjangan saya ini memberi makna yang lebih dari sekedar ‘akan mendapatkan malu’ atau minimal ya bunga tidur saja…
      ————————————
      kalo mo yg pasti..ya itu mah sbg bunga tidur saja Mbak ^_^
      FYI.. si sy jg pernah mimpi telanjang plus boker/BAB pula :oops:
      apa pengaruh mimpi itu?.. ya ndak ada pengaruh apa2 utk keseharian hidup si sy yg tetap ‘membosankan’ :mrgreen:
      mimpi apapun hanyalah suatu petunjuk bahwa otak tetap bisa ON/merender RAW data yg telah diterima indera tubuh, skaligus self-Operating System otak dpt menjalankan pungsi sbg pengarang skenario/adegannya.
      jangankan mimpi saat bobo,…wong saat ndak bobo/aktif, kalo diperhatikan scr mendalam dan detil pisan.. maka kehidupan ini justru malah berkesan ilusi.

      http://en.wikipedia.org/wiki/God_helmet

      beuh…lagi2 tu kalimat klasik, yaitu: byar padang terawang bla-bla-bla….
      cenderung relevan dgn science modern.

    • @ O`on,

      Merci pour votre attantion monsieur… but hey, according to the dream intrepertater book, the meaning of our dream it could be just a dream/ a short movie in our brain or it could be a lucid dream and there are some vision there.

      Oh O`on, I wish I don`t believe it, but based on my life experient or others, there must be some meaning and for best or worst I/we have to ready to face it.

      I think I really like your refrain java mantra :… byar padang terawangan awang awung sing ono mung ingsun… hmmm, that`s make sense indeed… merci.

      Btw, your naked and poop dream is… hmmm, let me see the book first, oh I got it, first naked means you so lovely, second poop means you were saving some money at deposit… xixixixixi…. so far so good for you O`on, all you have to do is believe in your own dream…

      Salam la reve,

      Dewi

  4. Saya Bermimpi Melihat Bulan Besar

    • mantab tuh… insya allah anda, saya dan kita (indonesia) akan punya pemimpin baru yg Ratu Adil, alias satria piningit dalam waktu dekat

  5. minta tolong ditafsirkan mimpi saya….dari th 2000 sampai 2011 kemarin mimpi bertemu kanjeng ratu kidul selama 3x. pertama th 2000 saat masih kuliah pd saat itu sedih banget perasaan dalam mimpi kanjeng ratu kidul itu keluar dari raga/wadag saya dan mengajak jalan2 naik andong bersama 2 anggota keluarga saya, yang kedua (saya lupa tahunnya tapi saat itu belum menikah) saya mimpi didatangi kanjeng ratu kidul bersama pengawalnya (ga tahu benar tidaknya itu pengawalnya 2 perempuan cantik memakai selendang berwarna kuning kecoklatan) turun dari langit tetapi tdk bicara apa2, dan yg ketiga kalinya saya merasa langit agak mendung hawanya dingin sekali dan saya diajak kanjeng ratu kidul naik kereta kencananya besar sekali pintunya selebar jalan raya, disitu saya merasa diajak melihat sesuatu di bumi dari langit. sampai sekarang saya merasa apa arti mimpi tersebut?? mohon bantuannya menafsirkan. terima kasih

  6. Bos saya pernah mimpi melihat sosok perempuan cantik, wajahnya wajah artis Penti . saya melihat di sebuah kolam air gitu, kayak putri duyung, ia tersenyum saja kepada saya

  7. Mas.. istri saya mimpi memakai baju warna ungu, artinya apa ya mas.. trims

  8. beberapa bulan lalu saya mimpi, mengantar teman untuk melakukan pernikahan, tapiwaktu acara pernikahan harus dilakukan dan sayu pun disuruh melakukan agar proses pernikahannya lancar,syarat tersebut adalah saya harus mandi disungai yang deras dan keruh, beberapa saat saya hanyut terbawa sungai tapi saya akhirnya bisa berenang dan menepi di tepi sungai . setelah itu air sungai tiba tiba menjadi jernih dan arusnya tenang . dan saya selediki teryata air tersebut keluar dari balik sebuah gunung … apa maksud mimpi tersebut

    terima kasih

  9. Assalamualaikum dulur dulur, khususon pakde Sabdalangit ingkang kagungan blok menika. salam karahayon sedaya .

  10. captainyossantoso

    Assalamu’alaikum Kisanak Sabda
    Ma’af,saya cuma mau nanya tentang mimpi yang saya alami beberapa tahun silam…barangkali Kisanak punya jawaban tafsir atau arti mimpi saya
    Beberapa tahun yg lalu saya bermimpi berada di suatu ruangan,hanya berdua saja dengan Bung Karno.Beliau duduk di kursi dgn baju kebesaran khas nya,sedangkan saya duduk di lantai di depan beliau.
    Kemudian beliau memanggil saya utk mendekat,lalu memberikan sesuatu yg menurut saya sangat aneh,yaitu sepasang taring harimau.Saya disuruh memakainya di gigi taring saya,langsung masuk plek begitu saja.Dan di dalam mimpi tersebut saya sempat melirik ke arah cermin,dan melihat taring tsb cukup panjang,kira2 ujungnya sama dgn dagu.Karena saking terkejutnya saya sampai terbangun dari tidur,saya lihat jam 3.30 pagi.Mimpi tsb sekitar 7 tahun lalu,sewaktu saya masih bujangan berumur 20 th…
    Barangkali Kisanak bisa menjabarkan tafsirnya,makna atau arti mimpi saya tsb,karena bagi saya mimpi tsb sangat berkesan…sampai2 masih teringat jelas sampai sekarang
    Terima Kasih…Wassalamu’alaikum

    • Bung Yossantoso Yth
      Mimpi bertemu pemimpin besar mjd pertanda baik. Soal taring, sebagai simbol kekuasaan, mungkin panjenengan akan mendapatkan amanat utk memimpin suatu lembaga atau komunitas. Bisa pula berupa pertanda baik panjenengan mjd salah satu generasi yg akan berpartisipasi membenahi bangsa yg sdh carut marut ini, melalui berbagai cara dan media.
      Salam sukses, salam karaharjan

  11. Pak sabd.
    Saya semalam bermimpi,
    yg mimpinya kira2 seperti ini, saya sedang berada dijembatan merah, di jembatan itu ada beberapa orang yg mau lewat dan harus antri, diantara antrian itu saya yg paling depan, dibelakang saya ada ibu megawati tanpa pendamping, dibelakang ibu megawati ada pak prabowo dgn wiranto sebagai pendampingnya, dan beberapa orang yg masih menunggu untuk bsa masuk dan antrian ke jembatan itu, lalu datanglah pak aburizal bakri yg belum masuk antrian, sambil membawa parang dan memaksa masuk untuk ikut antri serta menaggih janji pak sby. dan karena tidak bisa, dia mengancam akan membunuh penjaga pintu keluar jembatan (pak sby) dgn parangnya, karna adanya keributan .Akhirnya saya pergi dari jembatan ketempat yg tidak terlalu jauh dari jembatan, dan disana ada seorang yang mengantarkankan baju yg telah di cucinya kesaya, pada saat itu saya mendengar terakan kesakitan keras sekali, lalu orang yg mencucikan bju saya bekata, itu si abu rizal udah kena gorok dan kepalanya udah di kupas sm sby. The end

    • Tambahan cerita mimpi saya semalam pak sabda, tadi baru ingat. baju yg dicuci itu cuma satu dan masih ada 1 noda besar yg tidak bsa dihilangkan lalu orang itu bertanya kepada saya apakah sudah bersih, saya jawab sudah (karna kasian). dan orang itu (yg mencuci baju) ingin saya segera memakai baju itu, karna masih sangat basah sayapun marah dengan orang tsbt, dan berkata : INI BAJU MASIH BASAH, KAMU SURUH SAYA PAKE BAJU INI! JEMUR DULU!!! DAN STRIKA LALU KASIH FARFUM DAN SIMPAN DILEMARI YANG BERSIH, KALAU SAYA INGAT SAYA AKAN PAKAI, lalu orang tersebut pergi, membawa baju itu.

      • artine sampeyan munafik, klambi isih reget mbok omongke resik. ngucap bener yen pancen bener, ngucap salah yen pancen salah.
        ngono kuwi lagi sing diarani sembodo.

  12. Pak sabda saya mau tanya mimpi saya, saya mimpi ingin dipatuk ular king kobra bermahkota berlian yg sangat indah sekali, kira2 artinya apa yah pak sabda,

    beberapa minggu ini mimpinya ga jauh2 dari mau dipatuk ular, hehehe

  13. Pak sabda, saya semalam mimpi mendapat undangan, yg diberikan langsung oleh yg punya hajatan, sebenarnya di dalam undangan itu bukan nama saya tapi nama orang lain, trus orang yg mengirim undangan trsbt jg mengirim lagu ke saya. Artinya apa yah

  14. Pak sabda, saya mimpi meLihat 10 matahari, dan bNyak pesawat terbang seolah” keadaan perang . . .

    kira” apa itu arti’a

  15. salam kenal ki sabda
    mau tanya temen perempuan saya mimpi ada orang tua ngasih suatu benda sejenis jimat ditaruh keperutnya. apa ya arti mimpi itu?

  16. aslmkm ki. maaf ki mohon penjelasanipun soal mimpi ki. kakak sepupu saya kira2 dua bulan yg lalu bermimpi di laut airnya surut sampai kira2 satu hektar sehingga ketakutan takut air naik atau sunami sehingga naik kepohon kelapa..kemudian kemarin tgl 13 juni 2012 kok bermimpi lagi air laut surut lagi sehingga air itu menyisakan kira2 cuma 5 meter aja di laut. dan kakak coba nyamperin air itu yg sangat dalam tetapi gak jadi dan setelah mau naik dari laut sangat susah sekali karna dalam dan pegangan cuma pasir terus ki. tapi akhirnya ad sebuah pohon kelapa sbg pegangan lagi ki’ utk naik keatas dan takut air pasang..lagi.. emang sebelum malem sebelum mimpi yg kedua kakak itu mimpi di kasih saya 5 sarat atau wejangan cuma yg masih ingat yg kelima bahwa negaranya itu lagi rusuh ki’ dan dalam beberapa kali setiap kakak minta petunjuk kok sudah 3 kali selalu saya yg memberi petunjuknya ki..emang sebelumnya kakak kl di manapun tempat yg baru di tempatin selalu di kasih tau di situ ad penunggunya di lokasi yg dia tempati sih ki…sama pernah mimpi ke bulan. ke bintang..dan sering juga ibu kanjeng ratu kidul juga sering ngasih wejangan kedia ki…ngapuntene ki’ mohon penjelasanipun dan jabaranipun…matur sembah nuwun kulo aturaken dumateng panjenengan ki….wslmkm..

  17. waktu saya kecil kira-kira umur saya masih 13th….saya bermimpi…..bisa di katakan mimpi itu mirip dengan mimipi nabi yusuf……kejadianya itu saya sedang bermain waktu malam bulan purnama….pelan-pelan terlihat semua planet di tata surya ini ada di langit malam dan terlihat jelas dengan mata saya , mereka mendekat perlahan….mengelilingi langit malam kala itu di mimpi saya…..saya tidak mengerti maksud dari mimpi ini…….dalem nyuwun tulung …amergi ngantos sakniki dalem dereng ngertos punapa artine……

  18. assalam…ki sabda…

    saya mau tanya, kalau bertemu dengan SABDO PALON artinya apa ya ki….

    wassalam…

  19. assalamu alaikumm,,,,
    maaf pa,, begini saya mimpi ada gempa, kan rumah saya di gunung,, lalu gunungnya terbelah 2 (secara horizontal )bukan terbelah dua vertikal… jadi gunungnya jadi pendek,,,, akhirnya saya lari ke puncak gunung dan tepat di ujung gunung, saya melihat langit hitam menjadi biru,, dan ada burung kecil yg bagus (semacam chandrawasih) tpi dia berekor 7 (aku hitung) dia brkata kpadaku makanlah,,,, tpi nggk ada makanan apa”…
    artine apa tuh Pa????
    ^_^
    wassalamu alaikumnmmm

  20. mau nanya,. semalam saya bermimpi di cium orang yang saya cintai,. kira kira artinya apa ya?

  21. beberapa hari yang lalu sahabat saya bermimpi bahwa kami mengadakan acara perpisahan bersama teman2 dan kemudian dia merasakan pada saat perpisahan pelukan saya yang paling erat kemudian mimpi itu bersambung ke giginya tanggal,, apa maksud mimpi ini??? semua ini membuat saya sngat takut….

  22. Saya mimpi melompati sungai dr ujung ke ujung, tapi pacar saya menarik tangan saya, dan ikut lompat , kami melompat serasa pakai sayap gitu, waktu udah nyampe ujung, saya pinsan, dan pacar saya baik2 aja, terus aku siuman, malah aku dijatuhkan lagi kesungai, itu apa ya gan tanda2nya :(

  23. susan221091@gmail.com

    Assalamuailaikum pak ustad, saya mau bertanya kemaren malam saya bermimpi melihat langit ad jam yg besar dan jarum jam itu hanya berputar ” cepat sekali dan jam itu lngsng hilang.
    Kira” mimpi saya itu apa yah pak ustad?
    Terimakasih.

  24. Mimpikah? atau bayangankah? sangat sulit untuk membedakannya…. yakni suatu peristiwa menarik untuk dicermati di 2014 tentang kisah “pitik tarung sak kandang…. berebut tongkat…” apa artinya ya?

    • perjalanan mimpi… 2014 peristiwa menarik yang HARUS dicermati,…semua orang di NUSANTARA akan merasakan hal yang sama..

    • Sebelumnya ada mimpi,. wanita (wani ditata) mengharapkan merindukan seseorang untuk dicintai dan menjadi nahkoda….

    • Dalam mimpi bersambung ini… wanita (wani ditata) merajuk pada mas nya….. meminta kejujuran hati kang raden masnya…

    • Sepertinya mimpi ini ada hubungannya dengan kondisi bangsa khususnya suhu perpolitikan yang mulai menghangatkan suasana… rayuan cantik untuk si CANTIK yang sangat menggairahkan… dari RAJA…

      • ternyata mimpi indah saja… ora ono perang lan ora ono militerisme kok… kok mimpi TNI yang CANTIK lagi joget joget?… militier adalah orang yang disiplin… buat apa sih mikir susah susah cari sumber daya manusia potensial dengan sistem lelang segala?… yang disiplin bersaptamarga lan suka blusukan ya orang militer? dan ternyata setelah disurvey daerah militier adalah daerah yang asri dan daerah back to nature sebenarnya… model yang ideal untuk membangun… ojo nesu nesu sik nggih… hahaha

      • Ngapunten sedulur, punya mimpi memanfaatkan potensi sumber daya manusia Nusantara itu tidak perlu membatasi diri karena masa lalu yang kelam, kita mesti merasakan, melihat dan berpikir secara obyektif dan jernih.. manusia tak lepas dari benar dan salah, sistem dari jaman RI1-RI6 masing” punya dampak positif dan negatif pada rakyatnya, bahkan sebelumnyapun demikian… intinya sesuatu sistem yang berlebihan baik model dominasi sipil ataupun militer tentu dampaknya akan menjauh dari tata tentrem kerta raharja..

        Manusia Indonesia adalah bangsa Indonesia baik yang beragam ataupun tidak, punya jabatan atau tidak, yang berilmu atau tidak, yang beragama atau tidak, intinya semua sama” mendambakan perdamaian dan kesejahteraan yang merupakan cita cita leluhur bangsa… berpikir tentang kenegatifan tentu diimbangi dengan pikiran positif juga.

        Sejarah mencatat, eksklusifitas dominasi sipil atau militer tentu dampaknya akan merugikan rakyat, bangsa dan negara… bermimpi ideal adalah guyub sesama anak bangsa, anak bangsa ini jangan tercerai berai dengan atribut” yang disandangnya dengan fanatisme yang berlebihan, dan mencari jalan bagaimana kutub kutub berlawanan saling bersinergi dengan baik. Apalagi ditambah bencana yang tiada hentinya ini.

        Mimpi daerah militer yang asri maksudnya adalah KOMPLEKS TEMPAT TINGGAL atau PERUMAHAN yang ASRI sederhana para abdi rakyat ini… perumahan sederhana bersih, hijau pepohonan sbg hutan kota dan banyak tempat resapan air, dan juga banyak lapangan sebagai tempat aktifitas warga, mereka terbiasa disiplin merawat lingkungannya dengan bergotong royong, alangkah indahnya pemandangannya… dan bukan merupakan mimpi seperti daerah perang atau operasi militer… kira kira begitu mimpinya untuk sementara ini sedulur… seandainya dpt diterapkan dalam pembangunan daerah tentu pemandangan ini hal yang menarik untuk dicontoh, bukan seperti sekarang ini, semua pinggir jalan dipenuhi dengan HUTAN BETON dan RUKO” atau APARTEMEN” KANTOR”… pemandangan yang sangat panas memilukan ini…

  25. bermimpi keris masuk dalam perut

  26. ki sya bermimpi melihat sorang budak terjun kekolam renang yang dalam dan seseorang melepas kan se ekor harimau budak itu berlawan dengan harimau itu dan budak itu menang dan kemudian harimau seekor lagi hendak di lepaskan tetapi harimau itu tdak mau masuk ke kolam itu ketika aku melihat harimau kedua itu basa seolah olah menjadi jinak dan takut lalu budak itu keluar dari kolam dan berenang seolah olah seperti sungai yang banyak daun dan mempunyai pagar besi tetapi budak itu selamat sampai ketebing dan aku meilihat budak yang sampai di tebing seperti anak aku apa maksud mimpi ni ki terimah kasih

  27. saya bermimpi berjalan di atas cahaya. saat mau sampe di “akhir jembatan”(cahaya yg paling terang ) saya malah terjatuh kebawah

    mkasih

  28. Salam kenal bpk sabda
    Bgn. Sy dulu pernah types. Cukup parah jg cukup lama. Tp sebelum jatuh sakit, shari sebelumnya sy bermimpi ditemani gadis berambut panjang. Tdk menampakkan wajahnya krn menempel di tembok membelakangi sy. Tg minggu setelah sakit, dan sembuh, sy bermimpi lg, ditemani gadis yg sama, tp duduk disamping sy yg sedang terbaring. Wajahnya tdk nyaman untuk sy ingat, tp matanya yg menatap sy terlihat sangat sedih. Setelah mimpi itu, saya jatuh types yg kedua. Di bulan yg sama (karugrak)
    Punten. Klo boleh bisa tolong ditafsirkan. Meski sudah beberapa th berlalu. Sy masih kepikiran soalnya.
    Yg kedua. Dikeluarga, ibu sy mendapat cobaan sabar dr adik sy yg laki2. Bliau sampai hampir2 tdk kuat menghadapi ujian sabar yg ini. Nah sebelum kejadian yg berproses, lebih dari tiga kali sy bermimpi adik laki2 saya dikejar2 jg mengejar2 ular (ularnya berbida hitam dan orange warnanya). Sejujurnya. Bermimpi ular bg sy artinya pertanda buruk. Boleh saya diberi pencerahan dari sudut pandang yang berbeda.
    Terimakasih atas ilmunya.
    Izin nyimak disetiap postingan.

    • Dulur Rahayu Yth
      Wanita dalam mimpi itu bukan mengganggu sebaliknya seperti memberi sinyal agar supaya lbh hati2, menjaga stamina, istirahat, gizi yg cukup serta menata hati agar semeleh, menata pikiran jangan banyak beban pikiran. Krn semua itu bisa memicu penyakit pada datang.
      Soal ular berbisa…itu pertanda pengaruh negatif yg menyebabkan kelakuan kurang baik.

      • Matursuwun sanget buat balasannya bpk sabda yth
        Klo berkenan, mohon izinkan sy bertanya lagi. Kalau demikian, wanita yg ada dimimpi saya penghuni rumah kontrakan yg sy tempati? Atau hanya firasat berwujud wanita dgn wajah yg tdk nyaman untuk di ingat?. Atau bagaimana?. Krn, beberapa org pernah menyatakan kesy klo sy di ikuti dua makhluk Alloh dr alam yg berbeda yg ‘dikirim’. Jg sudah lebih dr 3 org yg mempunyai keilmuan agama ‘menurut hemat sy lebih’, yg tdk sy terlalu kenal pun tdk sy minta memberi suggest agar sy di ruqyah (kalau yg ini suggest untuk case yg berbeda)
        Mohon share nasehat.
        Dgn keterbatasan ilmu. Sy terkadang jd menghubung2kan hal2 yg tdk harus sy hubung2kan.

  29. pak sabda…
    saya pernah bermimpi saya di berikan kemampuan bisa mengendalikan air,tanah dan angin melalui tangan saya..dan dalam mimpi saya bisa membelah lautan dan menciptakan banjir..saya dapat membalik tanah ke atas dan langit ke bawah saya dapat membuat angin topan…kira” apa arti dari mimpi saya ini terima kasih…

  30. Salam…
    Saya pd mlm minggu tdur..tiba tiba sya bangun krn dibaju saya ada sesuatu yg merambat tubuh saya, sya bangun dengan cepat langsung berdiri dan baju saya tak pegang tiba tiba ada ular jatuh dr baju saya. Itu trjadi pd hari minggu mlm senin jam 3an kurang lbih. Seminggu kemudiaan hari jam yg sma trjadi jg pd saya.udh dua kali. Pd minggu ketiga jk mlm senin sya tdurnya mlm mlm. Smpai skrang jk udh tidak lg trjadi, tpi jk sya tdur ada sesuatu yg geli. Pd saya langsung bngun dgn cepat tak kira ular trnya tdak.itu cerita dan pd akhirnya saya mimpi ada ular wrna putih kuning masuk kedalam rumah saya melalui atap/ternit rumah saya..
    Tolong jabarkn pd yg trjadi pd saya dan mimpi saya..makasih..admin

    • Mas Henri Yth
      Mohon lebih hati-hati. Biasnaya yg seperti itu merupakan gangguan yg disengaja. Bisa disebabkan masalah persaingan kerja, bisnis, dll. Itu utk mengganggu konsentrasi. Cobalah utk melakukan meditasi, panjenengan bisa baca di tulisan saya bab meditasi. Langkah kedua, ambil garam kasar 1 genggam, dlingo dan bengle diparut, lalu campurkan dengan air 1 ember kecil saja. Kemudian air dipercikan ke seluruh penjuru rumah, di dalam dan di luar. Itu salah satu cara efektif dan alami utk membersihkan gangguan non fisik.
      Rahayu karaharjan

  1. Ping-balik: …Makes Me Furious » Blog Archive » Magic Wand « Miss Lemontea’S Life

  2. Ping-balik: Mimpi ? Apa sih mimpi itu ? | halimi cirebon

  3. Ping-balik: Tafsir Mimpi Kayu

  4. Ping-balik: Tafsir Mimpi Asin

  5. Ping-balik: TAFSIR MIMPI, Bersama Kang NUR dkk | Dongeng Budaya

  6. Ping-balik: Tafsir Mimpi Sawah

  7. Ping-balik: Tafsir Mimpi Artis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 903 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: