MEDITASI CAKRA dan OLAH SEMEDI

MEDITASI CAKRA dan OLAH SEMEDI

Meditasi dibagi dalam dua alur besar. Yakni meditasi mikorokosmos atau pemusatan konsentrasi pada jagad alit yakni unsur-unsur yang ada dalam diri tubuh kita. Dan meditasi makrokosmos atau meditasi jagad ageng. Meditasi cakra merupakan subsistem dari meditasi mikrokosmos.

By sabdalangit

CAKRA DASAR, ROOT CHAKRA, Jayengdriyo, Muladhara :

Cakra pertama. Terletak di dasar tulang belakang, berfungsi meningkatkan kemampuan kita dalam bertahan hidup dan beradaptasi. Cakra ini sekali terbuka akan memberikan stabilitas yang kita perlukan untuk memikul beban kita sehari-hari. Ketika cakra dasar ini masih tertutup akan membuat kita takut pada perubahan. Tetapi sekali terbuka akan menciptakan peluang bagi kita untuk menggapai kesempatan merasakan indahnya kehidupan serta suatu kenikmatan dan anugrah yang menakjubkan dalam kehidupan ini.

SEXUAL CHAKRA, JANALOKA atau Swadhishtana:

Cakra kedua ini terletak di balik wilayah alat genital. Sepadan dengan bait al-mukadas. Cakra ini berkaitan dengan energi  dan gairah seksual. Apabila energi mengalir bebas diwilayah ini akan membawa energi positif dalam hidup kita. Penyumbatan di daerah ini dapat mengakibatkan masalah seksualdan reproduksi yang akan menghambat energi mengalir bebas dan menyebabkan energi negatif dalam hidup kita.

CAKRA PUSAR,  NAVEL CHAKRA atau Manipura :

Cakra ketiga. Cakra ini hubungannya dengan energi dan terletak di bawah pusar. Cakra ini merupakan pusat kekuatan tubuhdan merupakan titik luncur untuk energi prana. Meditasi pada cakra ini akan membawa energi besar dan dapat digunakan untuk menyerap energi yang besar pula. Biasanya meditasi cakra pusar secara efektif diterapkan untuk membangkitkan “tenaga dalam” dan untuk penyerapan energi alam seperti energi ombak laut, energi angin, energi api, energi matahari, energi rembulan, energi bumi dsb.

CAKRA HATI, HEART CHAKRA atau Anahata :

Cakra keempat. Sepadan dengan bait al-muharam. Panggulunganing raosing karsa.  Cakra hati terletak persis di daerah jantung-hati dan berhubungan dengan kebaikan yang besar dan cinta kasih. Meditasi pada cakra ini dapat memiliki pengalaman batin yang mendalam dan membuka hati untuk dapat merasakan keindahan sejati dalam memahami alam semesta. Cakra ini berfungsi pula untuk menghubungkan antara pikiran (kesadaran) tubuh (ragawi) dengan kesadaran jiwa (batin).

CAKRA TENGGOROKAN, THROAT CHAKRA atau Vishuddha :

Cakra kelima. Sepadan dengan bait al-makmur. Titik energi cakra ini terletak di dasar tengkorak. Pusat energi ini terutama terkait dengan kemampuan kita untuk mengekspresikan diri kita sendiri dan juga memiliki dampak langsung pada sistem kelenjar kita. Membuka cakra ini akan membantu mereka yang memiliki kendala sulit berkomunikasi.

CAKRA ALIS, BROW CHAKRA, PAPASU, atau Ajna :

Disebut pula cakra keenam. Alam papat (empat); sukma wisesa (alam nuriah), sukma purba (alam siriyah), sukma langgeng (alam hidayat), sukma luhur (alam jamma). Cakra ini terletak di antara kedua alis mata, disebut juga sebagai mata ketiga. Sebagai titik di mana alam pikiran sadar dan alam pikiran bawah sadar datang bersama-sama untuk membuka kemampuan kita secara psikhis (innerworld) dan intuitif (kebatinan).

Meditasi pada cakra mata ketiga (third eye) ini paling digemari para pemula meditasi. Karena diperolehnya wawasan yang dalam dan luas bahkan mata ketiga dapat mulai terbuka. Memungkinkan seseorang dapat melihat dimensi gaib dengan  mata batinnya (third eye vision).

CAKRA MAHKOTA, CROWN CHAKRA, atau Mahasrara :

Disebut pula sebagai cakra ketujuh. Alam langgeng, Uluhiah, Sang Jati. Ini dianggap sebagai chakra rohani, di mana orang dapat menemukan kebijaksanaan yang sejati di mana pengetahuan lahir dan batin, pengalaman fisik dan metafisik, wadag dan gaib, semua dapat dialaminya.

Cakra ini sebagai titik energi di mana pencerahan sejati dan bentuk realisasi diri dapat terjadi. Dalam tradisi Jawa, mengasah cakra mahkota dapat menjadikan seseorang menjadi Permana Jati. Yakni mampu weruh sadurunge winarah atau mampu melihat sesuatu yang bersifat futuristik, dan weruh kasunyatan jati atau mengetahui kenyataan sesungguhnya apa yang sebenarnya terjadi di alam fana (jagad wadag) dan alam keabadian (jagad gaib).  Dapat dikatakan, terbukanya cakra mahkota dapat membuat seseorang menyaksikan dan memahami suatu kenyataan, baik sesuatu secara fisik maupun gaib. Oleh karena itu terbukanya cakra mahkota dapat meraih  ngelmu kasunyatan (pengetahuan yang nyata) yang meliputi wahana fisik dan gaib. Kita jadi tahu apa yang sesungguhnya terjadi sekalipun di alam gaib. Oleh sebab itu, bermeditasi pada cakra ini akan menghasilkan efek yang mendalam dan harus didekati dengan cara hati-hati dan dibekali pemahaman yang memadai. Karena bisa jadi pelaku meditasi akan terkejut dan bingung melihat kasunyatan gaib (realitas gaib), ternyata tidak sesuai dengan apa yang tidak sekedar diyakininya (ujare, katanya) selama ini. Dalam spiritual Jawa seseorang yang dapat menerima “Wahyu Keprabon” atau wahyu kepemimpinan (wahyu singgasana kekuasaan untuk menjadi RI-1) atau dalam pewayangan dinamakan “Wahyu Makutarama” hanyalah orang-orang yang sudah terbuka cakra ketujuhnya. Sehingga akan membawa keberhasilan seorang Presiden dalam masa kepemimpinannya.

Meditasi merupakan PEMUSATAN PIKIRAN, mengkonsentrasikan DAYA CIPTA pada satu titik yang ada di dalam tubuh kita. Arah pemusatannya melalui jalan sugesti atau saran dari kekuatan pikiran. Pemusatan pikiran pada satu hal saja yakni pada cakra-cakra yang ingin dibuka atau dibangkitkan.

Sementara itu, olah semedi merupakan penghentian atas semua gerak-gerik cipta. Digantikan dengan PEMUSATAN pada RAHSA atau rasasejati untuk memahami sejatining rasa pangrasa. Pemusatan rasa akan terjadi setelah kita MELEPAS SEMUA KEGIATAN PIKIR-MEMIKIR. Sehingga akan dicapai keadaan “suwung” atau kosong dari segala pikiran dan kemudian masuk (manjing) ke dalam keheningan batin yang “suwung” (awang uwung).  Duwe rasa ora duwe rasa duwe, atau “punya rasa, tidak punya rasa punya”. Nah, untuk meraih keberhasilan dalam membuka cakra ketujuh, Anda harus melakukan olah semedi.

UNIVERSAL VALUE

Meditasi pada cakra-cakra kita merupakan cara yang efektif untuk membangun energi dan meraih kesadaran spiritual. Ada tiga cakra yang harus kita konsentrasikan untuk meraih keberhasilan. Hal ini akan membuahkan hasil terbesar serta meningkatkan kesadaran dimensi kita dalam waktu sesingkat mungkin. Ini sangat dibutuhkan bagi siapapun yang ingin meraih kesembangan yang lebih baik. Keseimbangan diri dengan dimensi sosial (self & social dimension), diri dengan alam (microcosmos & macrocosmos). Orang yang meraih “keseimbangan”  akan berada dalam irama yang harmoni. Yakni orang-orang yang selalu memperoleh berkah dan anugrah, yang selalu menebar berkah dan anugrah kepada seluruh makhluk. Itulah orang yang meraih derajat kemuliaan. DERAJAT KEMULIAAN ditentukan oleh apa yang diperbuat seseorang selama hidupnya. Apakah Anda percaya, jika kondisi seseorang menjelang ajal termasuk mencerminkan derajat kemuliaannya? Sudah berapa kali Anda menunggui orang di saat menjelang ajal? Cobalah cermati dgn kepekaan mata hati, dengan kebeningan mata batin, ternyata “keyakinan” seseorang tidak berhubungan langsung dengan kondisi akhir saat sakaratul maut tiba. Yang menentukan derajat tetap saj perbuatan. Bagi yang tak percaya boleh saja toh kelak akan membuktikan sendiri pada waktu yang sudah terlambat. Keyakinan yang dianut sebagai sarana pendidikan untuk membangun budi pekerti luhur bagi penganutnya. Budi pekerti menentukan “corak warna” apa yang diperbuat oleh seseorang. “Corak warna” perbuatan setiap orang lah yang pada akhirnya menentukan derajat kemuliaan. Yang ada adalah ngunduh uwohing pakarti, atau menuai buah budi pekerti, bukan ngunduh uwohing agami. Karena agami berfungsi sebagai salah satu “media tanam” bagi tumbuhnya “tanaman” bernama budi pekerti luhur.

Meditasi cakra merupakan salah satu cara di antara milyaran cara yang dapat dilakukan manusia untuk menggapai level keluhuran budi pekerti, untuk meraih derajat kemuliaan hidup yang tinggi. Seseorang yang telah terbuka cakra mahkotanya, ialah orang yang telah mencapai maqom ke 7. Tentu saja derajat maqom ini akan tercermin dalam pola pikir, segala sikap, dan tindak perbuatannya. Sebaliknya fanatisme terhadap suatu agama, budaya, dan falsafah hidup barulah mencerminkan terbukanya cakra level dasar.  Celakanya,  orang-orang yang baru terbuka cakra dasarnya biasanya justru bersikap seolah sudah menggapai maqom ke tujuh. Sudah merupakan hukum alam bahwa “air beriak tanda tak dalam”.

By sabdalangit

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Mei 11, 2011, in Meditasi Cakra & Olah Semedi, MEMBANGUN POTENSI DIRI and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 389 Komentar.

  1. kelawan nyebut asmane Pangeran Gusti Allah kang Moho welas tur Moho Asih….
    Mugi2 kito sedoyo angsal kinasih lan pawelasiPun……
    menawi kito purun mikir lan ngeroso,ngeroso sejati.NOPO ROSO SEJATI NIKU?
    Roso sejati Inggih meniko: Roso engkang rumongso piyambae mboten sopo-sopo,
    mboten saget nopo-nopo,mboten nggadah opo-opo,inggih leres nikiloh ROSO SEJATI.
    cobi jenengan angen-angen sinten menungso kang ngawiti menungso?
    cobi jenengan angen- angen sinten engkang dadosaken menungso?
    mboten salah nggih Gusti Allah kang Murbeng Jagad Alus lan Jagad Wadag
    monggo panjenengan sedoyo moco sejarah,sejarah nopoke mawon engkang wonten hubungane kale kamanungsan……….teng kitab-kitabe sedoyo agomo kinten2 kitab engkang saget di terimo akal sing pundi? mugi- mugi angsal pituduh saking GustiAllah
    ampun ngantos rumongso iso = anggak/sombong
    ampun ngantos rumongso sae = anggak/sombong
    sejarah syetan/ebless nggih kados mekaten….rumongso mulya lintu di anggep kurang sae lan awon,{sombong}
    MUGI KITO SEDOYO ANGSAL PITUDUH SAKING PANGERAN KANG AMURWA JAGAD,GUSTIALLOH GUSTI KANG MOHO SUCI TUR WELAS TUR ASIH TUR MOHO SADOYONIPUN……..

    Sejatosipun wontene/tugase kulo lan panjenengan sedoyo meniko namung setunggal nopo niku? Leres lan mboten lepat inggih namung muji lan bekti dumateng kang murbeng dumadi kaleyan ngelakoni sedoyo perintahe lan nebbehi sedoyo laranganipun
    nopo mawon perintah lan laranganipun? monggo moco=moco maleh…..

    • Ridlokamathlubii
      September 27th, 2013 pada 15:16

      ………………….
      Sejatosipun wontene/tugase kulo lan panjenengan sedoyo meniko namung setunggal nopo niku? Leres lan mboten lepat inggih namung muji lan bekti dumateng kang murbeng dumadi kaleyan ngelakoni sedoyo perintahe lan nebbehi sedoyo laranganipun
      nopo mawon perintah lan laranganipun? contone…..yen biso duwe bojo 4, perangi kafir & setan, ojo nuruti negoro sing hormat (nyembah) gendero (bendera) yen perlu jihad dadi teroris pateni kabeh …. lsp.

  2. perihal ckra kpan tahu saat itu terbuka ….dan ketika itu terbuka tanpa meditasi ataupun latihan dantanpa keturunan apakah mungkin.,,.,.,.,.,belajar 1 bulan langsung semua inti cakra terbuka ,..,.,,.,,.

  3. Salam kenal,,
    saya adalah orang yang tak pernah percaya diri dalam sgala hal dan selalu kaku, pasif dalam berorganisasi atau beradaptasi dg lingkungan.
    Saya minta bantuanya untuk memberi solusi dalam hal bermeditasi ini.
    Saya mohon sebesar-besarnya untuk dikirim lewat email saya, tahap dan caranya bermeditasi.

    Terimakasih.

  4. Saya sangat tertarik dengan artikel anda, apakah saya dapat berkomunikasi lebih lanjut Secara pribadi?

  5. Iya admin!! Apa ada tanda2 klo meditasi kita uda mencapai tingkat keberhasilan.mohon pencerahanx

  6. Kok ada lagi penjual jamu di halaman atas kok pake angka goib sgala??apa di sini tempatx orang main togel ?? Kok ada aki2 sgla lagi pake pampang nope lagi..kasian loe klo mau promosi ke web resmi yg di pake utk main togel.. skarang permainan togel jadi ajang penipuan plsa

  7. Yth kang Sabda langit sy belajar meditasi sendiri tanpa tahu cara yang tepat, sy tidak tau bagaiaman dn sperti apa tehnik meditasi yg benar dn apa2 sj yg bisa disebut kemajuan yg baik dlm bermeditasi. mohon bimbingan tehnik dn cara untuk meditasinya kang.
    Nuhun, suksma,terima kasih.

  8. Sala mu’alikum salam…
    Kenapa harus susah membangkitkan cakra a,b,c..dll sampek sulit memahaminya dengan kata2 yang ini itu apa lagi sampek kesakitan gara2 membangkitkan cakra. meditasi cukup hening, heneng, eling lan atul, tentramkan hati pikiran sampek nemu yang bening. asal awang uwung yo bali neng awang uwung. kalau sdh nemukan yang bening jgnkan cakra naga, cakra mbahnya nagapun udah bisa bangkit dgn sendirinya…
    Salam….

    Salam damai saudaraku….

    • SIMPLE
      :
      Jawi niku Sederhana

      Kagem sedaya sederek sugeng dalu
      Kagem kang Bintang Lelalana

      He he he
      Gendheng tenan, ” genah tur wis mudheng ” panjenengan
      Setuju banget
      Ngapunten terlalu banyak impor kalimat
      Tenang, hening… Wis dadi

      Sedaya kagem njagi Ibu Pertiwi lo dulur BL

      ” smile bird ”
      Kang kurunganne dijagi njih…seger waras..ttep sumringah nji…

  9. MALAM INI ELOK NIAN

    Sugeng Dalu kagem teman semua

    Padhang mbulan nih …
    Tradisi anak2 bernyanyi saat bulan terang
    Lagu anak anak desa kumpul teman, ama orang tua, tetangga
    Sepertinya di negeri kita aja..apa bener ya…

    Sejuk hati mengiring sejuknya udara ini
    Hatiku tenang memandan bulan
    Tenang, sejuk terangnya
    Bulat elok menerang malam
    Senyumlah bintang, cerialah Allam
    Semoga manusia hidup tenang
    Semoga Allam sanar melihat jumawa tingkahnya manusia

    Tenangkan hati, jernihkan jiwa
    Hidup tentram santun berbahasa
    Duhai malam iringku bersamamu
    Sejuk tenang segar di hati

    Uluk salam kagem mpunya blog, matursuwun sanget
    Sembah nuwun juga utk teman semua
    Kita jaga bersama media ini
    Media kita utk saling mengisi
    Apapun kita, kita satu saudara Indonesia
    Menyapa dunia utk kebahagiaan semua
    Damailah hati, damailah Dunia

    ” smile bird “

  10. salam damai sekalian alam..
    maua tanya kapan SO 5 diadakan mas …

  11. lebih tepat nya disebut “karomah”.

  12. mas Dewi / Abu al godjo

    jadi dimana pastinya?! kasihan kan tim mu itu.
    bongkar muat…..gali lobang tutup lobang…..boros!

    salam sun g dong

  13. Rantam / Ngglosor Madhep Wetan
    mas Dewi a.k.a Sabda

    Neng Bima/TS,

    Gak usah ganti-ganti nama, neng Bma/TS sudah terkenal dengan pernyataan-pernyataan anti kejawen. Serat2/gurat2an pada obyek2 itu adalah bukti nyata,ilmiah, bahwa guratan2,prasasti2 itu memang buatan manusia. Arkeologi mempelajari serat2, prasasti2 dan fossil2. Ilmiah.
    Donasi2 dari luar negri untuk ilmu pengetahuan, apa salahnya ? Kan bukan untuk terrorisme. Ilmu pengetahuan yang bisa berguna untuk semua orang di seluruh dunia, bukan untuk sekelompok kecil manusia yg picik, apa salahnya ? Karena tidak mengiyakan tuhan neng Bima /TS ?
    ……………………………………………

    – Berapa banyak gunung-gunung yang telah dan hendak kalian bongkar?
    Tidak kah kalian melihat dengan mata kepala kalian sendiri bahwa gunung2 itu telah menunjukkan ‘kemarahannya akibat ‘nafsu dan ulah kalian itu?!

    – Apakah perbuatan kalian itu akan bermanfaat dan membuahkan hasil?

    – Leluhur ‘berpulang bukan dengan ‘menyan, sedangkan anda memanggil leluhur itu dengan menyan. Tentu tidak nalar bukan?! Kalau lah memang demikian hal nya, mengapa tidak kalian ‘tiupkan menyan itu di hidung kalian sendiri?!

    Sebanyak kalian ‘tiup menyan itu, sebanyak itu pula lah gunung2 akan meniupkan ‘belerangnya kepada kalian.

    – Sejarah dan masa lalu tertimbun oleh ‘alam, sudah pasti alam itu sendiri yang ber’hak membukanya. Bukankah kalian juga lebih senang melakukan sesuatu dengan ‘suka hati ketimbang dalam keadaan ‘terpaksa???

    – Belajar dan mencari ilmu pengetahuan boleh2 saja. Akan tetapi apa yang kalian lakukan itu adalah ‘pemborosan. Sebaiknya kalian harus belajar memahami apa makna dari ‘prioritas dan ‘momentum.

    Kalian telah mengatasnamakan ilmu pengetahuan dan kepentingan masyarakat, demi memuaskan ‘hobi dan ‘kesenangan kalian.

  14. mas Dewi said,
    ….bahwa manusia nusantara 10.000 th silam sudah memiliki peradaban kecangggihan teknology dan ilmu teology….dst.

    Pertanyaannya:

    Mungkin kah peradaban manusia itu semakin ‘mundur???

    (Contoh: penggunaan ‘menyan dan ‘tool kit primitif lainnya yang kalian pergunakan di blog ini juga).

    salam bebek ngendus (mundur lagi).

  15. - Sejarah dan masa lalu tertimbun oleh ‘alam, sudah pasti alam itu sendiri yang ber’hak membukanya. Bukankah kalian juga lebih senang melakukan sesuatu dengan ‘suka hati ketimbang dalam keadaan ‘terpaksa???
    ———————————————–
    jadi kalo terpaksa krn butuh dan harus menggunakan minyak dan gas sbg fuel kendaraan/alat transportasi, sebaiknya cari alternatif lain yg tidak ada tertimbun, (misalnya menunggangi onta). ^_^

    …demi memuaskan ‘hobi dan ‘kesenangan kalian.
    —————————–
    menyampaikan, menginformasikan ayat2 yg tercantum pada kitab2 tekstual agama-pun demi memuaskan hobi dan kesenangan namun diyakini dan dirasakan sbg ibadah. ^_^

  16. - Belajar dan mencari ilmu pengetahuan boleh2 saja. Akan tetapi apa yang kalian lakukan itu adalah ‘pemborosan. Sebaiknya kalian harus belajar memahami apa makna dari ‘prioritas dan ‘momentum.
    —————

    Sabda (ketua tim)

    Seperti orang yang jual sawah untuk pergi ke padang tandus, konon untuk melihat batu besar saja, atau orang kaya yang mau naik surga : uang kan lebih baik digunakan untuk membantu orang2 miskin, anak2 yatim piatu.

    _________

    jika dalam keadaan miskin dan lapar, tentu hasil penjualannya akan ‘didistribusikan dan ‘dialokasikan sesuai dengan urgenitasnya secara hak (perut dan otak).

    Pahami dulu apa yang sesungguhnya dimaksud dengan ‘integrasi waris.

  17. O’on / bagus prayitno

    – Sejarah dan masa lalu tertimbun oleh ‘alam, sudah pasti alam itu sendiri yang ber’hak membukanya. Bukankah kalian juga lebih senang melakukan sesuatu dengan ‘suka hati ketimbang dalam keadaan ‘terpaksa???
    ———————————————–
    jadi kalo terpaksa krn butuh dan harus menggunakan minyak dan gas sbg fuel kendaraan/alat transportasi, sebaiknya cari alternatif lain yg tidak ada tertimbun, (misalnya menunggangi onta). ^_^
    ———————————————–
    1. kONteksnya ‘Sejarah’ dan ‘masa lalu ‘mas ON!
    2. Kalau pun anda hendak membahas minyak dan gas, gunakan lah sebagaimana haknya (yang sebenar2nya), tanpa menimbulkan ‘api peperangan dan monopoli. Tentu minyak dan gas yang anda dewakan itu akan menghampiri anda dengan ‘suka hati’.

    …demi memuaskan ‘hobi dan ‘kesenangan kalian.
    —————————–
    menyampaikan, menginformasikan ayat2 yg tercantum pada kitab2 tekstual agama-pun demi memuaskan hobi dan kesenangan namun diyakini dan dirasakan sbg ibadah. ^_^

    Tentu tidak, dan bukan seperti yang anda duga. Karena ‘ayat2 tidak lah menimbulkan panas seperti ‘menyan yang kalian bakar itu!

    NEXT ON….

  18. menyampaikan, menginformasikan ayat2 yg tercantum pada kitab2 tekstual agama-pun demi memuaskan hobi dan kesenangan namun diyakini dan dirasakan sbg ibadah. ^_^

    Tentu tidak, dan bukan seperti yang anda duga. Karena ‘ayat2 tidak lah menimbulkan panas seperti ‘menyan yang kalian bakar itu!
    ——————-

    Rantam / Sabda

    Ayat2 itu ditulis manusia, di atas kertas bikinan manusia, dijadikan satu, dicetak dengan mesin buatan manusia. Tuhan mungkin maha pinter, tapi toh untuk mencetak ayat2 bantuan manusia diperlukan,terbukti tuhan TIDAK bisa mencetak ayat2 … Mengapa ayat2 itu tidak ditulis di langit saja ? Mengapa harus melalui satu manusia saja ?
    ___________________

    Nah….gitu donk Sabda…..anda sudah mulai mau belajar dan makin penasaran.

    Yang di’baca oleh Rasulullah, tentu bukan lah ayat2 seperti halnya buku yang kalian ‘sebut, karena memang Rasulullah tidak dapat membaca dan menulis, hingga sudah tentu pula rasul diberi ‘kelebihan dan diajarkan oleh malaikat yang ‘cerdas.
    Sedangkan Kitab suci diperuntukkan bagi manusia biasa (umatnya), yang mau ber’fikir dan ber’akal.

    Bukan kah kalian pun berasal dari nabi yang ‘satu?! dan kalian pun diperintahkan oleh Tuhan untuk hidup di bumi yang hanya ‘satu pula?!
    kalau lah memang kalian memaksakan diri untuk meyakini, bahwa ada bumi yang ‘lain yang dapat kalian ‘pijak, buktikan lah. Tidak akan mampu bukan?!

    Kata mas Dewi, berjuta2 tahun telah berlalu….sedangkan bumi….ya….yang ini2 aja.
    _______________________________

    Kalau ada ayat kebencian, misalnya ayat anti yahudi yang notabene ciptaan tuhan, maka kita tahu ayat itu di … manipulasi manusia … Tuhan tidak mengajarkan kebencian. Amrozi,Muklas,Bin laden itu sering mengutip ayat2 (yg tidak begitu ) suci. Kemenyan tidak membakar world trade center, kemenyan tidak meledakkan bom2 di bali, kemenyan tidak mambakar gereja2. Akal sehat tidak bisa ditipu ayat.
    _________________________________

    Nah sekali lagi….anda menjadi paranoid dengan hal2 yang anda sebut di atas. Kalau membahas tentang kejahatan dan kekejaman secara ‘subjektif, tentu akan menjadi suatu hal yang ‘relatif pula. Manusia yang tak memahami (tidak mempergunakan) ayat2 pun, sangat mungkin untuk melakukan hal yang sama seperti perbuatan dosa yang anda sebutkan di atas.

    Bukankah yang anda sebutkan itu hanya lah sebahagian kecil dari kejahatan dan kekejaman manusia yang ada di ‘muka bumi ini?! Bagaimana halnya dengan pembantaian dan pembunuhan masal yang terjadi dalam kejahatan perang? mengapa tidak kalian protes kenyataan yang lebih ‘pahit itu?!

    Pada ‘awalnya, Yahudi adalah kaum yang diberi kelebihan oleh Tuhan dalam ‘derajat kehidupan mereka. Mereka kuat, kaya, dan pintar, tetapi selalu kembali membangkang kepada Tuhan, hingga mereka memperoleh ‘stempel / kutukan dari Tuhan, seperti halnya stempel yang diberikan Tuhan kepada syaitan.

    Hal ini adalah untuk menjadikan pelajaran bagi kalian sebagai makhluk yang namanya manusia, bahwa ketika segolongan manusia diberi ‘kekuatan-kekayaan-kepintaran’ yang dimaksud di atas, maka mereka ‘condong untuk menjadi sombong dan ingkar kepada Tuhan.

    Syaitan akan senantiasa menggoda dan menjerumuskan manusia, tanpa lelah dan tanpa memandang ‘latar belakang kalian. Apakah muslim, kristen, budha, Hindu….kiyai, pendeta, manusia yang kuat maupun yang lemah, yang kaya maupun yang miskin, yang pintar maupun yang bodoh….. dst, termasuk nama2 paranoid yang anda sebutkan di atas. Semua pasti ‘didekatkan pada godaan syaitan,
    …..dan syaitan pun, senang pula dengan bau2an menyan seperti yang anda gemari itu. Anda mengirim menyan, dan syaitan pun akan membalas dengan ‘aroma bau2an yang lebih ‘menarik dan ‘memikat anda.

    Apakah anda merasa telah memperoleh ‘stempel kutukan seperti halnya yang diperoleh syaitan itu?! Tentu hanya diri anda seorang yang ‘tau.

    ANYTHING ELSE Sabda?! NEXT

  19. 1. kONteksnya ‘Sejarah’ dan ‘masa lalu ‘mas ON!
    —————————-
    Sejarah dan masa lalu tertimbun oleh ‘alam…
    —————————-
    maka (jika sempat) sy mohon Anda informasikan disini bagaimanakah detail sebenarnya (sesuai yg pernah Anda saksikan) bahwa sejarah dan masa lalu itu tertimbun oleh ‘alam.
    terima kasih sebelumnya. _/\_

    karena memang Rasulullah TIDAK DAPAT membaca dan menulis, hingga sudah tentu pula rasul diberi ‘kelebihan dan diajarkan oleh malaikat yang ‘cerdas.
    —————————–
    _/\_ ijinkanlah sy menyampaikan salam hormat sy kpd Anda,
    berdasarkan yg Anda informasikan itu maka bagi sy, Anda jauuuh lebih baik dari itu si Rasullulah. bahkan yg selalu ingin dan atau terus mencoba berusaha AGAR DAPAT membaca dan menulis-pun…masih jauh lebih baik daripada itu si Rasullulah.

  20. Rantam / SABDA

    Mungkin kepala neng Bima terlalu banyak kena pasir dari padang tandus, jadi kalau ada orang yang tidak setuju dengan neng Bima, pasti Ki Sabda … Obsesi dengan yg punya blog…Mungkin pasir2 itu perlu anda lepas dari kepala anda. [PASIR PUTIH - PASIR HITAM] Atau mungkin neng
    Bima/TS (Titiek Sendiri) terlalu banyak ngeblog kejawen,lupa menerapkan ajaran Quran,lupa sholat, terlalu banyak main2 dengan teknologi orang kopar kapir. [PENEMU CERMIN?!]
    Yahudi membangkang Tuhan, tapi bangsa Arab yang mengikuti Tuhan itu … kalah perang terus … Yahudi mungkin selalu pakai otak,ilmu, sedangkan Arab pakai ayat2 tanpa ilmu. [PENEMU AL-JABAR?!] Dalam perang injil tidak dibawa-bawa. Orang tidak ngebom atas nama Yesus Kristus. Orang tidak membom mesjid atas nama Yesus Kristus [DOKTRIN DARAH DAN DAGING]. Beda dengan Amrozi,Muklas,Bin Laden , mereka ngebom atas nama …. kejawen ? Dengan berteriak – teriak kejawen maha besarrr ? [KEDOK - KODOK] Sekali lagi, jangan terlalu banyak ngeblog kejawen, jangan terlalu banyak pakai teknologi yahudi kopar kapir, sholat dulu sana, saya kuatir neng Bima nanti malah jatuh cinta pada kejawen … , terpelet kejawen yg jauh berbeda dengan padang tandus .[PIRAMIDA WARIS].

  21. Wongsorejo

    tiga hal yang disukai nabi wanita, wewangian minyak arab zafaron dan sholat, wewangian kejawen ya menyan yang disukai alam gaib dan alam nyata….. khusuk dan magis, lelaki normal suka wanita, kejawen suka semedi….. lha sami mawon

    MENYAN DIBAKAR! HASIL NYA ‘SEJENIS DENGAN SYAITAN.

    kebenaran itu jatuh dimana -mana sama saja tidak ada bedanya, dan memang kebaikan itu sudah seharusnya begitu sesuatu yang wajar saja tidak muluk2 dan tak perlu dibicarakan lagi, tak perlu dikotbahkan semua orang yang waras tahu kebenaran itu apa, yang perlu di utik-2 itu adalah kejahatan/kesalahan untuk diluruskan karena yang ini yang tidak normal, iblis tidak seharusnya ada, seperti kebencian, iri, perang, membunuh, amarah, ambisi, pingin menang sendiri, ngangkangi tuhan/kebenaran di klaim sebagai milik sendiri, menyebar kebenaran saking bodohnya dikiranya orang lain tidak pernah dianugerahi kebenaran oleh tuhan dibalik itu ada kepentingan ekonomi, termasuk barat menyebar demokrasi untuk mengeruk kekayaan alam negara2 berkembang…. dll yang merupakan hawa nafsu, ambisi atau iblis didalam diri kita sendiri, orang yang benar tidak akan mau menerima amplop korupsi dengan kalem dia akan menolak sambil berkata “itu tidak benar”, sedang seorang penegak kebenaran akan langsung melaporkan ke kpk

    JALAN YANG LURUS, JALAN YANG BENGKOK. (seperti keris).

    seorang pemimpin menerima amplop korupsi, maka dia tidak akan pernah bisa berbuat apapun juga untuk kebaikan rakyatnya, kecuali hanya memperhebat goro-goro, secara lahiriah memang sulit dicari hubungan antara pemimpin dengan goro-2 tapi secara kebatinan hubungan pemimpin dengan gor0-goro itu terlihat dengan jelas

    INTEGRASI WARIS

    iblis itu adalah malaikat dari api, sedang api memancarkan cahaya, malaikat yang patuh dari cahaya, dua2 nya sesama malaikat malah tuaan iblis, jadi iblis juga bisa berfirman dan selalu menang dan menguasai manusia, iblis inilah yang dendam karena disuruh sujud maka dia membalikan keadaan dialah yang menerima sujud para manusia yang menyembah sesuatu diluar dirinya berhala, sambil nyengir-2, maka biar jengkang-jengking sehari 27 kali tetap saja korupsi, berbeda dengan mereka yang menyembah atau membangkitkan kebenaran di kedalaman diri, dan selalu eling lan waspada dan bisa mengatakan, ….itu tidak benar, aku emoh……

    MATAHARI BUKAN IBLIS, APALAGI MALAIKAT!

  22. @ Pecinta Alam :
    “…..dan syaitan pun, senang pula dengan bau2an menyan seperti yang anda gemari itu. Anda mengirim menyan, dan syaitan pun akan membalas dengan ‘aroma bau2an yang lebih ‘menarik dan ‘memikat anda”
    Sebuah pengakuan yang jujur dari Pecinta Alam sebagai SYA****, yang selalu mampir dan senang dengan blog ini yang penuh dengan aroma menyan yang menyegarkan…
    Di Blog yang ampuh ini, semua bisa diterima, dari orang biasa sampai yang luar biasa..
    Semua berkumpul untuk saling asih dan asuh…
    Rahayu.

  23. yang tak pake menyan pun di dekati dan di ganggu, juga di temani bahkan menjadi sahabat iblis jahanam, sesekali dia jadi iblis itu sendiri. apalagi iblis sangat suka orang yang merasa paling benar sendiri, merasa paling mulia, pali suci. Sebagai mana pernyataan iblis ” aku lebih baik dari nya “.

    maka kesimpulan nya disini banyak yang ngomong ;

    – ” Aku lebih baik dari kejawen ”
    – ” Aku lebih baik dari agama baru”

    masing2 berkata dengan tingkat pengetahuan dan ilmu nya serta kebutaan nya dan kebodohan nya.

    Padahal Semuanya ini terjadi atas kehendak Tuhan, yaitu Sanghyang jagad Gusti Allah Pengrean Robul alamin.

    Jadi siapa yang berperan mewakili setan jahanam…?, yaitu para pendengki dan pencari tuhan palsu.

  24. Sebuah pengakuan yang jujur dari Pecinta Alam sebagai SYA****, yang selalu mampir dan senang dengan blog ini yang penuh dengan aroma menyan yang menyegarkan…

    Betul….sebagai SYARIAT agama ****, Itu lah mengapa saya tidak akan menjadi MEMBER dari blog ini. Allah melarang berteman dengan SEJENIS syaitan.
    Laki2 mu’min berteman dengan laki2 mu’min, begitu juga perempuan mu’min.

    Di Blog yang ampuh ini, semua bisa diterima, dari orang biasa sampai yang luar
    biasa..
    Semua berkumpul untuk saling asih dan asuh…
    Rahayu.

    Betul….’wadag untuk menampung semuanya….sebagai tempat ‘sampah yang mengeluarkan bau busuk kemana2. Se’jogjanya dimusnahkan hingga ke dasar ‘keraknya.

  25. oooo…..itu to….maksudnya gali lobang tutup lobang……sampah…..haha

  26. @Pecinta Alam:
    “Betul….sebagai SYARIAT agama ****, Itu lah mengapa saya tidak akan menjadi MEMBER dari blog ini. Allah melarang berteman dengan SEJENIS syaitan.
    Laki2 mu’min berteman dengan laki2 mu’min, begitu juga perempuan mu’min”

    Urun pendapat: Silahkan saja, di blog Ki Sabdalangit ini, ngga ada yang dipaksa dan terpaksa. Kl senang ya silahkan mampir, kl ngga senang juga ngga papa, yang penting sama-sama belajar… Ngga ada istilah larang melarang, semua di kembalikan ke pribadi masing-masing…Mau memberikan saran, diskusi ataupun mencaci maki, semua ngga dilarang, hanya saja masing2 mencerminkan pribadi si pengirim…

    “Betul….’wadag untuk menampung semuanya….sebagai tempat ‘sampah yang mengeluarkan bau busuk kemana2. Se’jogjanya dimusnahkan hingga ke dasar ‘keraknya.”

    Urun pendapat : Kok ngeri ya, dengar pendapat ini, yang perlu diolah kan sampah nya, tapi kok mau di musnahin sampai tempat sampah nya??? trus gimana nasib para “pemulung” (termasuk saya dan mungkin jg anda (kl merasa) yang mengais “rejeki” dari “sampah-sampah (kata-nya)” kl ngga ada tempat nya..
    “Sampah-sampah” kan perlu diolah menjadi “pupuk” bukan untuk di telan mentah-mentah, sehingga bermanfaat bagi semua.
    Salam Tempat Sampah Rejeki Para Pemulung
    Rahayu.

  27. Semua Agama sama dibuat untuk menyatukan umat manusia,tapi alih2 menyatukan
    umat manusia,Justru Agama memecah belah Umat Manusia,
    Yang dulunya hanya ada UMAT MANUSIA menjadi Umat Islam,Umat Kristen,Umat Hindu
    Umat Budha,Umat Katolik,Umat Konghuchu,Umat Nasrani,dll. Manusia jadi ter
    kotak-kotak,terpecah belah dan parahnya lagi mereka para pemeluk/penganut agama merasa agamanya paling benar,paling super,paling sempurna ( terutama umat agam Islam ).
    Tidak ada satu agamapun yang paling baik / paling jelek,semua agama sama mengajarkan kebaikan dan kedamaian dengan berbagai bahasa dan latar belakang budaya / adat istiadat / kebiasaan orang2 dimana agama itu berasal.
    Semua agama di Indonesia adalah produk import,bukan jatidiri asli Indonesia.
    Tidak ada satu orangpun yang memiliki agama dan bisa me monopoli agama.
    Agama besifat universal,setiap orang punya hak yang sama atas agama tersebut
    mungkin ada yang mau bilang membela agama ??? Agamanya siapa yg kau bela ???
    Agama bukan milik perorangan atau kelompok,kita hanya PENGANUT / PAHAM SUATU
    AJARAN KEPERCAYAAN / PEMELUK / MEYAKINI . itu saja !!!

  28. yang dimusnahkan tempat ‘sampah nya!

    terserah….kamu mau ‘ngikut tempatnya atau tidak?!
    atau hendak mengintip2 dan mengais2 dulu silahkan….sebelum dimusnahkan…

  29. …Agama bukan milik perorangan atau kelompok…
    —————————
    (utk modernisasi) lebih baik hapus saja kolom agama pada (misalnya) KTP dan KK,
    dstnya spt pernikahan tidak perlu pengesahan dari lembaga/dinas keagamaan,
    scr resminya dah cukup dgn pengesahan dari badan hukum yg berhubungan dgn kependudukan dan keluarga.
    mengapa?
    FYI, simpelnya kalo sy perhatikan scr (sok) kritis, cantuman kolom agama pada kartu indentitas resmi (wajib) itu justru berkesan rancu/janggal.
    ehem…sedangkan sbg kritik yg lebih ‘pedas’nya…
    ya..ganti tema sila pertama pada pancasila itu…
    kalo menurut si sy, ..sila kedua atau ketiga saat ini, layak untuk di-switch menjadi sila pertama. (^_^)v

  30. saya rasa kalau Catatan Sipil punya kapasitas untuk mengeluarkan Surat Nikah
    lebih tepat dibanding KUA

  31. Setuju, kolom agama dihilangkan. Tapi, kita tahu agama ini sering dipolitisasi, dipolitikkan. (Perbedaan) agama juga sering dijadikan alasan untuk menggasak orang lain. Tapi, kalau urutan sila2 Pancasila …, rumit … ,mustahil untuk diganti. Urutan sila2 itu didasarkan pada kompromi waktu itu. Menurut saya PENGAMALAN Pancasila yang lebih perlu ditekankan. Sila2 itu sering hanya terucap saja, tidak dipraktekkan. Salam Bhinneka Tunggal Ika. Hatur nuhun.

  32. ..didasarkan pada kompromi waktu itu..
    ———————-
    _/\_ hatur nuhun, si sy jadi inget kalimat ini:
    Who controls the past controls the future. Who controls the present controls the past.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 928 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: