RUNTUHNYA SEBUAH (jembatan) DINASTI

Awan Naga Tenggarong

RUNTUHNYA SEBUAH (JEMBATAN) DYNASTY

GURUKU BERNAMA TUMBUHAN

Oh…Pameungpeuk…

PROLOG

Jembatan Kukar

Sehari menjelang 1 Surà, pada hari Sabtu Pon, 26-11-2011 pukul 16.10 Wita (sudah masuk peralihan malam 1 Suro) di mana sebagai saat memasuki sengkala taliwangke atau kematian. Jembatan itu memasuki usianya yang ke-11 (sêwêlas) jembatan megah sepanjang 500 meter sekaligus sebagai simbol mercusuar Kabupaten Kutai Kertanegara runtuh dalam waktu beberapa detik. Beberapa pekerja dan banyak orang-orang yang sedang lalu lalang di atas jembatan menikmati panorama alam serta kemegahan jembatan menjadi korban. Dikabarkan ada sebanyak 40 mobil, 1 bus karyawan, 1 bus umum tenggelam, truk trailler, puluhan sepeda motor hanyut dan diperkirakan lebih dari 60 jiwa melayang terseret arus sungai Mahakam yang dalamnya lebih dari 50 meter itu. Ironinya, ia runtuh disaat usianya memasuki tahun kesebelas (sêwêlas) di mana merupakan pralampita kawêlasaning Gusti. Apakah semua ini artinya? Musibah ? Tanpa menggunakan referensi, petunjuk, dan analisa jelaslah peristiwa ini dapat dikategorikan sebagai musibah. Azabkah ? Semua musibah boleh saja dinilai sebagai musibah, boleh pula dinilai sebagai berkah. Tinggal dari sudut pandang mana kita akan menilai dan memaknai suatu peristiwa. Semua orang bisa saja mengatakannya sebagai azab tuhan atau mekanisme hukum alam. Namun persoalannya bagaimana cara menjelaskan hubungan sebab akibatnya jika memang dinilai sebagai hukuman ? Memang tampak paradoksal, tetapi jika kita tahu duduk permasalahannya barulah mafhum atas peristiwa tragis tersebut.

PEMIMPIN TANPA LEGITIMASI ALAM

Istana Lama Kerajaan Kutai Kertanegara sekarang menjadi museumKekuasaan turun-temurun era pemerintahan sekarang, dari ayah turun ke anak. Walaupun dilaksanakan Pemilu langsung bukanlah parameter signifikan adanya legitimasi politik secara obyektif, apalagi legitimasi oleh alam dan yang transenden (wahyu). Faktanya, saat ini beaya politik mampu menggantikan wahyu kepemimpinan (berupa téja yang melesat merasuk ke dalam tubuh si calon pemimpin). Untuk saat ini mayoritas pemimpin daerah maupun pusat menjalankan kekuasaannya dengan tanpa wahyu. Orang zaman sekarang lebih percaya “wahyu” berujud uang daripada wahyu yang sesungguhnya. Yakni cahyà sejati berasal dari inti hidup (sang wisnu) sebagai pertanda atas keselarasan manusia dengan hukum tata kosmos. Termasuk di dalamnya adalah restu dan dukungan dari yang transenden atau supernatural being mencakup para para leluhur dan seluruh penghuni dimensi metafisik (astral). Lain halnya masyarakat kita di masa lalu begitu memahami jika seorang pemimpin adalah orang yang mendapat wahyu yang artinya ia menjadi manusia pinilih, terpilih oleh mekanisme hukum tata keseimbangan alam. Oleh sebab itu pemimpin yang memiliki wahyu mendapat semacam “jaminan” bahwa kepemimpinannya akan membawa kemakmuran bagi masyarakat dan lingkungan alamnya. Untuk pemimpin zaman sekarang, boro-boro mendapat wahyu dan apalagi tahu bagaimana seseorang agar bisa mendapatkannya, sebaliknya orang zaman sekarang kadang menganggap wahyu sebagai omong kosong, bullshit, musrik, sesat dsb hanya karena tidak ada dalam kamus suci. Ya, tak dapat dipungkiri orang merasa lebih aman dicap memberhalakan uang daripada menyandang tuduhan-tuduhan tersebut. Apalagi pilihan itu lebih menguntungkan secara materiil. Namun sebagai konsekuensinya, kasus-kasus politik, malapetaka, musibah dan bencana datang silih berganti. Akan tetapi orang cenderung mencari-cari alasan pembenar untuk menghibur diri dengan menganggap malapetaka sebagai cobaan bagi dirinya yang beriman dan cobaan atas misi-misi mulia yang ia jalankan. Konsep cobaan memang masih laku dijual pada saat kondisi kepepet.

Jika rakyat Kukar mau mengevaluasi kira-kira apa yang telah diberikannya kepada alam, selain mengeksploitasi hutan dan buminya serta pembangunan simbol-simbol kemegahan super mercusuar. Ironis memang, di mana Kabupaten Kutai Kertanegara menyandang predikat sebagai Kabupaten terkaya di antara kabupaten-kabupaten seluruh Indonesia dengan PAD kurang lebih sebesar Rp. 2,5 triliun pertahun pada periode tahun lalu, tetapi sedikit masuk ke wilayah pinggiran saja maka kita akan mudah mendapati hutan dan jalanan rusak parah di mana-mana. Sangat kontradiktif. Bandingkan dengan Kabupaten sahabat saya Ki Alus & Mas Kumitir di Sidoarjo, sebagai kabupaten terkaya di Propinsi Jawa Timur, rasanya sulit sekali hanya untuk melampuai PAD sebesar Rp. 300 milyar saja. Apabila permainan kekuasaan seperti ini terjadi 20 tahun lalu barangkali efek hukum sebab akibatnya belumlah secepat saat ini yang seringkali terjadi secara spontan. Di masa lalu bahkan mungkin untuk sementara masih bisa lolos dari jerat hukum tata kosmos. Namun jika terjadi pada saat ini resikonya akan lebih besar dan cepat terjadi hari pembalasan. Saat ini di mana putaran hukum sebab akibat terasa lebih cepat, terlebih genderang kebangkitan kesadaran spiritualitas sejati Nusantara telah ditabuh oleh sang pamomong Nusantara, Sabdopalon dan Noyogenggong. Itu menengarai bahwa kini saatnya seluruh leluhur bumiputra perintis bangsa cancut taliwàndà, njêjêgaké sàkà guru bangsa agar supaya kembali kepada jati diri manusia nusantara. Saat ini sebagian generasi penerus bangsa sudah kebablasan. Para moyangnya sendiri leluhur bumiputra perintis bangsa, diangap demit, jin atau setan penggoda iman. Sementara sebagian yang lain meletakkan leluhurnya sendiri tak ubahnya tamu hina di rumah sendiri. Padahal beliau adalah nenek moyangnya sendiri yang telah mewariskan kemerdekaan, kekayaan alam yang berlimpah, tanah subur makmur, dan mewariskan segenap tata nilai luhur yang dapat menjadi pedoman sikap dan perilaku arif bijaksana dalam hubungannya antar manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan alam, manusia dengan mahluk halus, binatang dan tumbuhan telah dirusaknya. Lantas di mana wujud bakti generasi bangsa ini kepada para leluhurnya ? Generasi yang durhaka dan lebih suka menjadi pengkhianat atas perjuangan para leluhurnya di masa lalu tentu akan menimbulkan bencana kehidupan. Malapetaka, skandal politik, musibah dan bencana alam akan selalu ada mewarnai sepanjang tampuk kepemimpinannya.

RUNTUHNYA SEBUAH DINASTI

Istana Kutai KertanegaraBukannya ikut-ikutan latah, dahwèn dan opèn, atau mau mengait-ngaitkan runtuhnya jembatan dengan nasib sebuah dinasti. Mau dianggap ngóyówóró, celoteh, apapun jenisnya juga tidak apa-apa, mónggó. Sukur-sukur jika mau dijadikan bahan evaluasi diri bagi siapapun yang sedang memimpin di wilayah manapun. Peristiwa naas itu sudah terjadi dan menjadi tengara akan runtuhnya “dinasti Kutai Kertanegara” baru. Waktu yang akan membuktikan. Bukan tanpa sebab, seperti yang telah penulis uraikan di atas. Ini persoalan seberapa besar bakti yang dilakukan generasi sekarang kepada para leluhur besar yang berada di Kutai Kertanegara. Apa dan bagaimana yang sudah dilakukan terhadap YM Sultan Aji Sulaeman, YM Sultan Aji Parikesit, Ratu Bungsu dan masih banyak lagi. Sehingga leluhur sudah merasa enggan terhadap nasib anak turun beserta warga di sana. Tentu saja leluhur tahu persis siapa saja orang-orang zaman sekarang yang masih peduli dan menghargainya walau hanya sekedar menegok batu nisannya saja. Wahyu dan ndaru akan melesat ke arah timur laut menuju Kutai Timur, di mana para pemimpinnya beserta rakyatnya lebih memahami akan arti berbakti kepada para leluhur bumiputra perintis bangsa. Tidaklah mustahil wilayah tersebut akan segera menggeser prestasi Kab Kukar sebagai kabupaten terkaya seindonesia.

Kiranya belumlah terlambat, barangkali kisah selanjutnya akan berbeda bila peristiwa naas kemarin sore dapat dijadikan sebuah cambuk penggugah kesadaran untuk lebih menghormati dan menghargai nilai kearifan lokal (local wisdom), di mana erat kaitannya dengan wujud bakti kepada moyangnya. Generasi yang penuh bakti adalah mereka yang selalu eling sangkan paraning dumadi, ingat akan asal muasal hidup dan apa tujuan dan tanggungjawab hidup berikutnya. Generasi demikian ini tidak akan pernah melupakan kebaikan dan jasa orang lain. Kebaikan selalu dibalas dengan kebaikan, bak pantun berbalas, ia akan gayung bersambut menjadi berkah yang berlimpah ruah.

TUMBUHAN ADALAH MURSYIDKU

Salah satu hukum alam tata kosmos yang telah berkali diajarkan oleh seluruh tetumbuhan di permukaan bumi ini. Mari kita cermati, tumbuhan mendapatkan energi hidup dari tanah, namun tumbuhan akan mengembalikan kesuburan tanah melalui guguran daun-daunnya yang jatuh ke bumi kemudian berproses menjadi kompos.

Tumbuhan butuh mineral dari dalam tanah, akan tetapi tabiat tetumbuhan selalu memberikan suplay air kepada tanah, tetumbuhan menangkap air hujan dan embun untuk kemudian tanah menyimpannya lagi. Tumbuhan dan tanah adalah dua makhluk dalam simbiosis mutual. Faktanya tumbuhan telah jutaan tahun bertindak arif dan bijaksana, dan tak pernah melakukan kesalahan sedikitpun. Tumbuhan seolah memiliki kesadaran tata kosmos, ia menjalani hidup selaras dan harmonis dengan ketentuan alam. Tumbuhan telah menemukan hidup yang sejati sedari awal. Manusia yang pandai tentu bersedia berguru kepada sang mursyid yang tak pernah salah dan bohong, yakni kepada tetumbuhan. Manusia akan meraih hidup yang sejati, jika hidupnya mampu memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk, seperti halnya dilakukan oleh kaum pepohonan. Terimakasih guru ku !

Di saat alam memberlakukan hukum-hukumnya secara ketat, di saat para leluhur serempak njêjêgaké sàkà guru bangsa. Tak ada kunci sukses lahir dan batin selain menjadi generasi penerus yang mampu menyelaraskan diri dan harmonisasi dengan keseimbangan tata kosmos. Tak ada pilihan yang lebih mulia selain generasi harus berbakti kepada para leluhur bumiputra perintis bangsa. Sebagaimana anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Caranya mudah, jangan remehkan dan hinakan nilai-nilai kearifan lokal. Sebaliknya hayati, dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab ia mengandung nilai-nilai luhur sebagai hasil rangkuman atas suatu hubungan yang selaras, harmonis, dan seimbang antara manusia dengan lingkungan alam tempat di mana mereka hidup regenerasi selama ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Sebaliknya, menjadi generasi durhaka dan pengkhianat bangsa, cepat atau lambat malapetaka pasti akan terjadi. Sebab berarti pula telah melawan ketentuan alam serta tidak selaras dan harmonis dengan keseimbangan tata kosmos.

BELAJAR LEBIH HIDUP

Jembatan itu hanya beberapa ratus meter jaraknya dari Pasarean Agung YM Sultan Aji Sulaeman, YM Sultan Aji Parikesit, dan YM Ratu Putri Bungsu di Kota Tenggarong. Peristiwa rontoknya jembatan megah dan terpanjang di Kaltim itu masih merupakan teguran awal. Boleh jadi merupakan bencana bagi Pemerintah Daerah, sebaliknya bisa jadi merupakan tengara terbukanya pintu berkah bagi rakyat di sana di waktu yang akan datang. Akibat pengabaian atas teguran itu tidaklah mustahil di tengah tampuk periode pemerintahannya terjadi gejolak yang berujung lengser keprabon, atau bahkan berujung kematian. Sulit untuk mengelak dari jeratan hukum alam kecuali manusia mau eling dan waspada, yakni menempatkan dirinya agar selalu berada pada koridor hukum tata keseimbangan alam. Lagi-lagi, sebuah peristiwa naas bertepatan pada saat R-1 sedang mengadakan hajatan resepsi pernikahan putranya. Sebagai orang Jawa yang telah hilang kejawaaanya, pernikahan itu dilaksanakan tanpa mengindahkan wêwalêr dan paugêran. Justru dilaksanakan tepat pada 3 sengkàlà besar yakni ; malem Suro, serta dilaksanakan hingga 1 Surà bertepatan dengan neptu Minggu Wage tibo làrà. Satu Suro tali wangke, alias mati dan sakit di bulan keramat. Di mana pada saat-saat seperti itu seharusnya orang memanfaatkan waktunya untuk banyak-banyak mengevaluasi diri sembari lebih manembah kepada Tuhan. Semua sudah kadung terjadi. Mudah-mudahan beliau masih ingat bahwa hitungan neptu merupakan sistem kalender Jawa yang unik dan sangat akurat, sebagai hasil karya moyang di zaman dulu atas kecermatannya membaca karakter alam sesuai siklusnya. Mudah-mudahan peristiwa naas Sabtu sore di Jembatan Kukar dijadikan sarana pêpéling untuk tidak semakin gegabah melaksanakan tampuk pemerintahannya, atau tidak akan sampai akhir 2012.

ARTI SEBUAH PENGABDIAN

YM Sultan Aji SulaemanPukul 08.47 wib tanggal 27 Nop 2011. Demi melaksakan titah ayahanda Yang Mulia Sultan Aji M Sulaeman (YM SAMS) untuk segera marak sowan ke pepunden di Tenggarong, tak lupa untuk tabur bunga dan beras kuning ke sungai dengan harapan titah gaib di sungai Mahakam mau melepas para korban agar supaya jasadnya segera ditemukan tim SAR. YM Sams selalu berpesan, sebagai bentuk “laku” tapa ngrame, adalah berbuat baik sembari tidak boleh mengharap-harap pengakuan dan penghargaan dari siapapun. Juga manusia tak boleh mentang-mentang, merasa paling suci dan mulia. Sudah seharusnya manusia menghargai dan menghormati penuh rasa welas asih kepada sesama makhluk di dunia ini tanpa kecuali para lelembut, tumbuhan, binatang dan lingkungan alamnya. Perjalanan harus dilanjutkan pergi ke arah timur laut tempat di mana melesatnya sang wahyu, mengambil sesuatu di sana untuk sesegera mungkin dilabuh ke pantai selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Persis seperti saat membawa sesuatu ke puncak Merapi tepat pada 11 hari sebelum gunung api paling angker itu meletus dahsyat tahun lalu. Kali ini sesuatu musti dilabuh di pesisir PEMEUNGPEUK, dengan harapan agar sesuatu itu nanti dapat dibawa gulungan ombak tinggi dan dahsyat yang dapat menerjang pesisir itu. Suatu peristiwa alam sulit untuk didispensasi, namun kali ini semoga masih bisa diupayakan agar mendapat dispensasi. Sementara itu, YM Sams segera melanjutkan perjalanan ke arah samudra selatan untuk suatu urusan, semoga Kanjeng Ratu berkenan membantu supaya badai tropis dan lampor tidak sampai menerjang wilayah pesisir timur Kalimantan Timur, kalaupun harus menerjang semoga tak ada korban jiwanya. Mugya Gusti Jawatagung taksih paring kawelasan dumateng sagung titah dumadi. Segala daya upaya upaya para titah luhur dan mulia itu semata demi keselamatan umat nusantara yang masih hidup dengan raga dan hawa nafsu, khususnya yang bertempat tinggal di wilayah pesisir timur Kaltim. Dengan segenap kebeningan batin dan kebersihan hati mari kita bersama belajar dari segala kearifan para leluhur dan para titah alus yang sangat bijaksana. Kita tiru sikap-tabiatnya yang penuh rasa welas asih kepada seluruh makhluk tanpa kecuali. Termasuk terhadap orang-orang yang tak paham bagaimana kehidupan yang sejatinya, sehingga bersikap menghinakan dan tumbuh kebencian di dalam hatinya terhadap para titah alus. Beliau-beliau adalah bangsa manusia yang sudah berada pada kehidupan dalam tataran derajat luhur, beliau-beliau adalah bangsa makhluk hidup yang lebih arif dan bijaksana, namun sering dituduh oleh umat manusia sebagai dedemit, hantu, jin dan setan penggoda iman. Mereka itu moyang kita sendiri yang kini tengah disia-siakan generasi anak turunnya sendiri. Sampai kapankah kebodohan itu akan terus merajalela ? Tentu saja, sampai saat di mana para titah ngaluhur penuh kemuliaan dan kearifan itu telah habis masa toleransinya. Saat di mana genderang itu menggetarkan nurani, menjadi tengara kebangkitan spiritualitas yang sejati bagi bangsa manusia yang hidup di Nusantara.

Makam YM Sultan Sulaeman

Additional :

Sengatta, 29 Nopember 2011

Pagi dini hari pukul 04.00 Wita, YM Sams mengingatkan bahwa peristiwa Kukar’s Bridge Tragedy merupakan salah satu bentuk kutukan alam atas ulah generasi sekarang yang sudah tidak lagi “berpijak pada bumi pertiwi” tempat di mana mereka menyandarkan hidupnya ; menghirup udara, makan hasil bumi. Lupa diri akan pentingnya memahami kearifan lokal. Satu lagi pesan beliau yang tak kalah penting ; khususnya untuk Bapak S yang dahulu pernah menjabat… coba bapak ingat baik-baik, beberapa tahun yang telah lalu pernah iseng mencoba-coba, mengenakan MAHKOTA RAJA kerajaan Kutai Kertanegara yang sekarang disimpan di museum Kukar. Itu tindakan berlebihan terlebih lagi jika disertai dengan sikap meremehkan nilai keramatnya, nilai yang dijunjung tinggi oleh kearifan lokal. Sama halnya mendurhakai nilai yang dijunjung tinggi secara turun-temurun oleh manusia pinilih terpilih di masa lalu, yakni para Ratugung Binatara yang pernah memerintah wilayah Kutai di masa lalu. Barangkali beliau-beliau Bapak anggap telah mati dan tak bisa berbuat apa-apa, serta tidak tahu menahu atas segala ulah tidak baik para generasi penerusnya. Dugaan itu salah besar, beliau tetap mengetahui persis apa-apa yang terjadi dan dilakukan generasi penerus saat ini. Bapak pun sampai saat ini tidak pernah merasa bersalah, sekalipun juga belum pernah meminta maaf. Akibatnya tidak hanya bapak sendiri yang mengalaminya melainkan pada putra-putri bapak termasuk rakyat Kukar. Perlu bapak ketahui bahwa sukma tidak pernah berbohong. Saya hanya sekedar menyampaikan apa adanya yang terjadi barangkali ada manfaatnya, terutama bagi rakyat Kukar yang tak berdosa tetapi ikut merasakan efek pahitnya. Nyaris terlambat dan mumpung Kukar belum terisolasi seluruh aksesnya oleh LONGSORNYA bukit kecil kerajaan mahluk astral, yang ada di LOA KULU, yang bisa terjadi kapan saja. Atau hanya akan sibuk menghibur diri dengan menganggap semua itu merupakan wujud cobaan karena disayang tuhan.

Semoga seluruh kejadian itu dapat diambil sebagai bahan pelajaran berharga bagi Pemerintah Kukar, juga oleh Pemerintah Samarinda dan seluruh jajaran pejabat di sana. Masyarakat dan dulur-dulur semua di sana hendaknya lebih eling dan waspada karena bahaya tak kalah besar tengah mengintai wilayah Samarinda.

Semoga seluruh makhluk dalam kesadaran dan keselarasan dengan alam, semoga selalu dalam naungan keselamatan.

Berikut adalah foto pertanda suatu bahaya alam, sesaat sebelum peristiwa jembatan runtuh terjadi di Kukar. Dapat ditengarai sebagai awan naga hitam.

20111129-152820.jpg

Salam karaharjan

About these ads

Posted on November 28, 2011, in Runtuhnya Sebuah (jembatan) Dinasti and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 820 Komentar.

  1. Terima kasih atas pelajarannya malam ini, Ki Sabda.

  2. Semoga seluruh mahluk didunia dan bumi NUSANTARA eling selalu dengan Asal usul dan Jati Dirinya. Semoga para leluhur BUMI ini berkenan memafkan kebodohan saya, akan butanya mata hati ini, akan lalainya raga ini memahami segala petunjuk yg diberikan. Semoga PARA LELUHUR berkenan membimbing.

  3. Matur sembah nuwun Ki, sampun paring pembabaranipun.
    Mugiya kita sami tansah ginanjar rahayu wilujeng

  4. Sudah lama ada keinginan untuk marak sowan ke makam leluhur besar nusantara, namun karena keterbatasan pengetahuan dan bimbingan sampai saat ini belum bisa kami lakukan. Sekiranya Ki sabda bisa memberikan petunjuk bagaimana dan kemana kami harus memulainya, dengan senang hati akan kami lakukan. Jika berkenan kami tunggu petunjuknya Ki sabda di email kami.

    Matur sembah nuwun

  5. sugeng enjang Ki Sanak… sugeng tahun enggal 1 Suro Tahun BE 1945, Kulawu, mugya tansah manggih begja rahayu, kepada Ki Dimas Tomy, Ki Rakamas Dalbo, Ki Wong Alus, Ki Ngabehi, Ki Dimas Tono, kang Boed, Dimas Samego, Ki Itempoeti, Ki Kumitir, Kadangku Sikap Samin, dimas Adi Hadi, Kangmas Agung Benshiro, Ki Ngglosor Madep wetan, Ki Paryitno, dan semua para kadang kinasih ing Paseban luhur meniko, mugya tansah sami rahayu karaharjan. Matur sembah nuwun dumateng Ki Sabda, selalu ada postingan baru ya Ki… kami salalu menunggu, walau kami hanya ngintip lewat jendela, namun selalu menyempatkan untuk sambang.
    nuwun.
    salam welas asih, Rahayu…

    • matur nuwun sanget Bapa
      mugya Gusti tansah paring kawilujengan saha karahayon dhumateng kula lan panjenengan sekeluarga sumrambah para sanak kadang sedaya ingkang setya budya nguri-nguri kabudayan leluhur

      • HONG WILAHENG SEKAR BAWONO LANGGENG
        SESANTI MAHESTI HESTU LIR KALIS SAMBIKOLO
        RAHAYU
        ING TITI WANCI TABUH BEDUG JAMAN KALATINOTO
        HABISNYA JANGKA JAYABAYA ABAD 21
        TAHUN 2010-10-10
        TAHUN 2011-11-11
        Jumat Kliwon Candrane

        Perjalanan jagad menghadapi rehapan keseluruhan alam dan seisinya, yang tidak bisa dihindari lagi. Akankah hanoman-hanomaning bangsa/ satrio kautus bisa menyatukan dirinya untuk menyelamatkan alam ini ?
        Ibu Pertiwimu selalu menunggu dalam penantian yang panjang dan melelahkan, sudah kurang lebih 3000 tahun lamanya, untuk menyempurnakan tatanan alam sampurno (yang bisa disebut juga TAS PUTIH atau Alam Sutra Putih)
        Bisakah anak-anak bangsa ini menemukan jati dirinya yang hilang untuk kembali ke asal-usulnya ? Sedangkan TAS PANDAN RI (penagihan / pengadilan Ratu Adil berawal dengan goro-goro), berahir dengan TAS COKLAT yang bisa mewujudkan gemah ripah loh jinawi atau rakyat madani di Nusantara tercinta.

        Harapan Ibumu
        * Menyatulah dengan segenap kemampuanmu dan hilangkan rasa ke-aku-an yang ada pada dirimu.
        * Mana sumbangsihmu untuk Ibu Pertiwimu yang sudah lama menangis meneteskan air mata batu dan darah.
        * Akankah air susuku akan berubah menjadi puting beliung ?
        * Akankah bumi ini akan mengeluarkan sakit hati yang ada di perutku ?
        * Ingatkah kalian semua, dimana kamu berpijak disitu tempat kemurahan akan anugrah Sang Kholik/Pencipta Alam ini.
        * Aku rindu putra putraku …..
        * Ibumu selalu berdoa …..
        untuk sebumirat ini

        Ponco Woro
        Ing padyo ning tyas, kapituladhaning ngarco podho hangrungkepi mondosioning bebuden luhur jiwo satrio pamungkasing jagad kang aran 7 satrio:
        1. satrio pinayungan (payung tundo 9)
        2. satrio pinandito (awiryo)
        3. satrio panuntun (pujonggo)
        4. satrio patulodho
        5. satrio panegak (adiluhung)
        6. satrio pranoto (noto nagari)
        7. satrio pamomong
        kang duweni sifat paspor bulan purnama, yaiku:
        * asah, asih, asuh, akur, aman
        * toto, titi, tites, tentrem, tangkes
        * merem, meneng, menep, melek, menangi
        sastro jendro hayuningrat pangruwating biyung, pawedaring jagad lan uga pangracut jagad kang aran janur gumulung lejaring jati jari saged kasembadan dening tapak kang suci, lampah laku subositoning, andhap asoring, lan tata kramaning manungso kang sejati (kang aran SUTRA PUTH atau RATU BENANG SUTRA).
        501 akan memberikan 301 jikalau Tri Tunggal sudah memegang HASTA BRATA atas ijin TRI MURTI.
        Palupito/kalpiko ghoib tinarbuka kang aran:
        1. jala senggoro
        2. jala tundo
        3. jala sutro
        4. jala rante
        5. jala kencana
        Kagem mbukak lawang kasuwargan jati (pintu sembilan) anugrah suci dari kahyangan mentaram jawi wetan (candra wulung purwito). Harta mentaram sanjaya bisa juga dinamakan windu kencana, dengan turunnya utusan kadewatan, pepunden, auliyak para leluhur terdahulu yag sudah lahir dengan wahana baru di hanoman-hanomaning bangsa ini.
        Perwujudan nyata ini melalui wadah manusia seutuhnya, maka pintu pengairan (pintu 9) akan mengalir ijo royo royo.
        Turunya wahyu katetreman atau purba kayun juga wahyu cakraningrat yang dulu dibawa kerajaan Kediri Jenggolo Manik atau Sugaluh dan yang satu ada di tanah pasundan (pajajaran) Galuh Pakuon.
        Asal usul ini akan dibuka kembali melalui soko guru papat.

        Apa yang kita cari dalam hidup ini hanyalah kedamaian antar sesama manusia. Untuk ini, kasih sayanglah yang harus dipergunakan agar kita bisa “mulat sariro ing sesami”, “bisa ngrumangsani tan handarbeni” bahwa hanya Sang Pencipta/Hang Murbo Waseso Jagad Raya yang harus dikenali dan dimanunggalkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

        Tersenyumlah anak bangsa generasiku, bersihkan raga dan jiwamu agar selamat dalam hidup dan kehidupan yang abadi (langgeng).
        Ibumu MAHANANI TRINONINGSIH menunggu kalian semua !
        untuk menyelamatkan alam ini dan menata kembali jagad.
        Sudahkah siap berlayar menuju ke dermaga ?
        Kepakkan dulu sayapmu…..
        Melangkah dengan harapan yang pasti, tanpa ada keraguan dalam hatimu.
        Tunjukkanlah jati dirimu sesuai dengan pinitrahmu (piningit)
        Sudah waktunya kalian semua keluar dalam kandungan Ibu Pertiwimu (lahir dji do dji)
        Mau dibawa kemana penumpangmu ?
        Kalianlah masinis Ibu Pertiwi
        Tak tunggu kehadiranmu
        Gong sudah ditabuh
        Podho jumedulo anak angger

        Salam Rahayu Anakku
        Terma kasih
        Jayanti Mandasari
        Huk Amin

    • Nuwun sewu..
      @ kakang Jagad Sasmito Jati..
      inggih sami2 selamat tahun enggal, mugi kita semua selalu wilujeng..

      @ P.JS,, dan sedulur sedoyo di kaHYANGan ini….
      Leluhur telah berpesan agar kita selalu eling lan waspodo dimanapun dan kapanpun..
      Lalu yg bagaimanakah bentuk Eling lan waspodo itu?
      Leluhur kita telah meninggalkan resep yg ampuh untuk dijadikan pegangan hidup sebagai acuan Eling lan waspodo yaitu:

      1. Eling bahwa Gusti kang moho kuaos sebagai sesembahan,
      2, Menjalin hububgan baik sesama titah mausia
      3. Menjaga hubungan yg harmony dg alam semesta berikut penguninya,
      termasuk, binatang, tumbuh2an dan saudar2a kita yg tidak kelihatan, dedemit, priprayangan, widodoro, widodari, gondoruwo, wewe gombel dan apa pun sebutanya…

      Dalam konsep agama2 lain mungkin no 1 dan dua sudah tidak asing lagi, tapi yg nomer 3, inilah kelebihan yg perlu kita ugemi sebagai titah nusantara yg berbudhi pekerti luhur agar kita bisa kembali ke Jati diri,,

      Oh ya,,mana saudaraku yg satu (SeNkarna) we deed you guy..please show your self up.

      Nuwun.
      Asah, asih, asuh
      Dalbo with love.

    • petruk…gareng….bagong….maju semua…

      huahaha haha haha….tak pites pites ‘corong mu….haha

  6. salam karaharjan buat ki sabda serta seluruh pembaca yang terhormat.Saya adalah orang jawa yg mencari nafkah di samarinda.Sya prihatin dg kejadian runtuhnya jembatan di kukar.mengapa jembatan yg baru berusia 11th itu roboh dan meminta banyak korban.menurut saya yg dangkal ilmu ini hal ini mungkin di sebakan akibat kerakusan segelintir manusia yg memakan jatah buatjembatan itu sendiri.misal semen yg hrsnya 1ton dimakan makan yg 300kg buat menuruti nafsunya.rangka baja yg mungkin hrs sekian inch.dimakan lagi.belum lagi mungkin mereka tidak lagi menghormati makhluk astral yg ada di jembatan itu.karena mereka hanya menganggap makhluk astral itu hanyalah dongeng untuk menakuti anak kecil.Hrsnya kita merenungi kadang ulah kita yg rakus akanharta akan menyebabkan bencana.dan lihat saaja nanti.hutan yg di tebang batu bara yg di keruk “sak penake dewe” akan menyebabkan murka alam itu sendiri.semoga kita semua tansah ELING LAN WASPODO.salam rahayu

  7. @eyang sabda dhalem nyuwun pangapunten badhe ralat sedikit:SABTU PON 9+7=16 tibo sandang/pakaian MINGGU WAGE 5+4=9 tibo loro/sakit 16+9=25 tibo pati jadi tibo sandang bisa juga diartikan kita harus melepas pakaian palsu dan menggantinya dng pakaian asli kepunyaan kita sendiri kalau tidak ingin tibo pati/mati..artinya sudah saatnya kita berbenah melepas semua angan-angan semu dan palsu yang selama ini telah meracuni pola pikir kita para generasi penerus bangsa..seperti yang di contohkan eyang kalijaga melepas baju jubah putih kebesaran palsu dan menggantinya dng baju asli dirinya sendiri yang melambangkan agar kita kembali mengenal jati diri kita yang sejati sebagai manusia jawa bumi nuswantara dng kata lain kita harus menjunjung tinggi budaya,tradisi warisan leluhur asli nuswantara tak peduli apa agamamu apa sukumu selama engkau berdarah lahir dan besar di bumi nuswantara ini janganlah engkau lupakan jati dirimu yg sejati dng ikut-ikutan latah mengganti pakaian asli diri sendiri dng baju org asing kebesaran kedodoran yang melambangkan kesombongan,keganasan keangkuhan,yang membuat org2 yang mengenakan pakaian itu menjadi terlena karena merasa dirinya calon penghuni surga..DUH GUSTI…nyuwun pangapunten

    • maksud na MM pelacur yg kamu banggakan itu….huahaha…
      pelacur kok dipercaya jadi mediator wahyu….hahaha…

      dapet komisi berapa mas?! seeep….
      ————————————————————–
      Komisinya………
      Nyawa Bapakmu, Ibumu, Saudaramu, Nenek Moyangmu, dan Guru**mu AGAMU

      • Komisinya………
        Nyawa Bapakmu, Ibumu, Saudaramu, Nenek Moyangmu, dan Guru** AGAMAMU yang telah menurunkan ilmunya kepadamu dan juga termasuk dirimu.

      • kesel ni ye…..haha…ha
        jgn cuma nyela….bantah donk argumen saya…

        bener kan?! agama mu mengajarkan:
        “malaikat kalah cepat dengan pelacur”……huh

        doktrin bodoh…diikutin…..hebat…..haha

  8. Ijin copaz ya ki,.tak taruh di blog smash

  9. Nuwun sewu.
    Ikut prihatin atas kejadian kukar kaltim.
    Budaya asli saudara kita disana adalah Dayak, ada puluhan suku dg kemampuan supranatural mereka, mereka adalah sosok dlm ajaran budaya luhur setempat yaitu animisme dan dinamisme, sangat mirip dg keluarga kita Badui Sunda, Using Banyuwangi juga di Tenganan, Trunyan, baliage Bali. Hanya saja khusus di kukar, rata2 (menurut saya)mereka lebih arab dari orang arab, lebih islam dari orang arab. Sekiranya sulit untuk merubah kesadaran jatidiri bangsa nusantara kita kalau agama begitu kuatnya mendogmasi pikiran ini. Ajaran yg memang sangat delematis…HANYA SATU TUHAN BESAR…tiada tuhan2 lainnya..dan melarang menyembah apapun selain si OTORITER ITU(menurut saya mah..) Apalagi mau menghormati/mengerti POHON.. spt saudara kita Dayak, dll suku asli nusantara lainnya yg begitu dekat dg ALAMnya hidup.., yg LEBIH BERBUDAYA..!
    Semoga ALAM lebih cepat menyadarkan kita semua dg “caraNYA”.

    Salam prihatin.

    • Salam Mas Ijo Gading……….

      Ada apa sebenarnya di Negeri ini ??……ada apa terhadap pemeluk HANYA SATU TUHAN BESAR…..para penganut yang berpikiran meremehkan alam…..dipikir alam itu hanya benda mati dan tidak punya rasa…..mereka yang lupa bahwa bumi adalah hidup dan mengemban amanah……

      Para penganut yang hanya anut grubyuk atas kata dan cincongnya para pengajar sontoloyo…..berpikiran bahwa beribadah dan menyembah Tuhan seperti orang menabung uang di Bank …..menabung pahala lalu terkumpul dan bisa dibawa pulang ketika sudah mati……he he he mereka menyembah kepada yang tidak pernah dilihatnya…..bagaimana bisa melihat dan merasakan kehadiran sifat Tuhan lha wong mata mereka sudah mblero…..sudah tidak memperhatikan alam sekelilingnya….tidak lagi melihat para manusia lain yang sedang hidup ruwet dan hidup susah…..mereka orang yang maha pelit dalam roso rumongso…kurang tepo sliro terhadap faham lain…..

      Mereka mengartikan menyembah Allah hanya dengan laku dan pengertian sangat dangkal….jentat jentit tanpa makna dan tanpa bukti dalam bebrayan hidup…..hidup mereka yang sepertinya hidup untuk dirinya sendiri….amal mereka selalu dihitung dan nantinya Tuhan ditagih oleh mereka…….hidup mereka yang ternyata tidak manfaat kepada alam dan manusia lain……

      Negeri ini akan makmur dan sentosa bila para pemimpin adalah orang spiritual sejati…..mereka ketika melihat dirinya sendiri atau ketika melihat mahluk lain dan alam semesta ini tidak beda atau bersugesti telah melihat Tuhan yang disembah…..sifat maha pengasih dan penyayang…..maha pemelihara dan maha penyantun…..

      Spiritual sejati yang pasti mengakui dan membenarkan bahwa POHON pun bisa berbicara dan bergumam dengan kata kata yang selalu sama dan tidak berubah……..salam prihatin…….

      • Kang JS, Kang Ijo Gading, Kang Jogo Rogo, Mas Widodo
        Dan seluruh dulur para pembaca yg budiman ingkang winasis.

        Saat ini sy sampai di Pasarean YM Sams, setelah ini kembali melewati jembatan ambruk. Rupanya banyak korban yg masih ada di dasar sungai. Secara metafisik terperangkap oleh sesuatu tabir yg bersifat transenden. Shg sulit diketemukan sekalipun oleh 50 org tim SAR. Satu2nya cara dgn mengajak bicara baik2 kpd seluruh titah alus di sekitar tempat ini. Ternyata titah alus di sini mempunyai “kunci” yang nyaris sama dgn yg berlaku di Jawa, Bali, Sunda. Termasuk yg utama adalah tabur bunga dan beras kuning sungai. Akan sy coba, mudah2an berhasil “ngrembug”, sehingga jasad para korban segera bisa ditemukan. Mhn jurung pandonga tuwin pangestu panjenengan sedaya.

      • Mas Sabda dan poro sedulur paraHYANGan semua…
        Niat keinginan luhur Mas Sabda tiada mampu dihargai materi.., saya ikut trenyuh akan keberadaan mas di lokasi.
        Memang kita ada kaitan darah dan historis dg peradaban leluhur dan sang gaib disana, Prabu Mulawarman Kutai dan Raja Dayak sbg penguasa mahakam.
        Mas sangat layak untuk dekat disitu, krn dari garis Mataram Luhur Adityawarman (ini menurut saya). Mas disitu harus(dan pasti) akan bersama seseorang dari garis keturunan Raja Dayak yg bercirikan kalung atau gelang yg sangat “khas” untuk memohon pertolongan agar “tabir” itu dibuka dan semoga semua korban dpt ditemukan.
        Salam prihatin.
        Rahayu.

      • Saat ini sy sampai di Pasarean YM Sams, setelah ini kembali melewati jembatan ambruk. Rupanya banyak korban yg masih ada di dasar sungai. Secara metafisik terperangkap oleh sesuatu tabir yg bersifat transenden. Shg sulit diketemukan sekalipun oleh 50 org tim SAR. Satu2nya cara dgn mengajak bicara baik2 kpd seluruh titah alus di sekitar tempat ini. Ternyata titah alus di sini mempunyai “kunci” yang nyaris sama dgn yg berlaku di Jawa, Bali, Sunda. Termasuk yg utama adalah tabur bunga dan beras kuning sungai. Akan sy coba, mudah2an berhasil “ngrembug”, sehingga jasad para korban segera bisa ditemukan. Mhn jurung pandonga tuwin pangestu panjenengan sedaya.
        ———————————————————————————-
        Kakang q SABDA……
        Do’aku bersamamu.. sebagaimana do’a kakang juga sering bersamaku…..
        Kakang q,
        Entah benar… Entah salah. Kenapa hati ini selalu melirik ke tulisan kakang berjudul

        WAHYU KEPRABON & GORO-GORO 2011 :

        Seakan – akan di sana ada sesuatu yg hrs q baca berulang-ulang, Coba kakang persani.
        Q ndak ingin mendahului kehendak GUSTI PENGERAN, tapi bila nanti usaha kakang membuka tabir berhasil, gerak hatiku berarti salah menilai tentang artikel tersebut beserta seluruh komen yg tertulis di sana.
        Adimu hanya mencoba membantu, siapa tau. dari tulisan di lajur itu beserta rangakaiannya bisa menemukan celah untuk bisa di gunakan dengan seperlunya.

        Kakang semua, ADIMU, sekedar mampir, mudah** Kakang berkenan. SALAM. RAHAYU

      • Saat ini sy sampai di Pasarean YM Sams, setelah ini kembali melewati jembatan ambruk. Rupanya banyak korban yg masih ada di dasar sungai. Secara metafisik terperangkap oleh sesuatu tabir yg bersifat transenden. Shg sulit diketemukan sekalipun oleh 50 org tim SAR. Satu2nya cara dgn mengajak bicara baik2 kpd seluruh titah alus di sekitar tempat ini. Ternyata titah alus di sini mempunyai “kunci” yang nyaris sama dgn yg berlaku di Jawa, Bali, Sunda. Termasuk yg utama adalah tabur bunga dan beras kuning sungai. Akan sy coba, mudah2an berhasil “ngrembug”, sehingga jasad para korban segera bisa ditemukan. Mhn jurung pandonga tuwin pangestu panjenengan sedaya.

        =====================

        hebat ki harto eh..ki sabda…

        GAK perlulah pake beras2an kuning segala…syirik!
        cukup berdo’a dan memohon kpd Allah agar dibukakan mata hati anda!
        kerana perbuatan syirik sangat dibenci Allah.

      • Kakang q SABDA……
        Do’aku bersamamu.. sebagaimana do’a kakang juga sering bersamaku…..
        Kakang q,
        Entah benar… Entah salah. Kenapa hati ini selalu melirik ke tulisan kakang berjudul

        WAHYU KEPRABON & GORO-GORO 2011 :

        Seakan – akan di sana ada sesuatu yg hrs q baca berulang-ulang, Coba kakang persani.
        Q ndak ingin mendahului kehendak GUSTI PENGERAN, tapi bila nanti usaha kakang membuka tabir berhasil, gerak hatiku berarti salah menilai tentang artikel tersebut beserta seluruh komen yg tertulis di sana.
        Adimu hanya mencoba membantu, siapa tau. dari tulisan di lajur itu beserta rangakaiannya bisa menemukan celah untuk bisa di gunakan dengan seperlunya.

        =================

        berhasil mas….haha
        banyak celah menuju roma…..hehe

      • banyak ‘bayangan’ makhluk astral,
        berseliweran di blog sini…haha

      • Memang perbuatan syirik dibenci ALLOH mu karena ALLOH mu bisanya cuma membenci saja lihat saja pengikutnya juga saling membenci, pengikutnya saling bunuh2 an, saling lempar2 an , saling tawuran, saling mengkafirkan, saling bom2 an , coba lihat mana ada negara yang yang tidak kacau kalau ada pengikut ALLOH mu di sana pasti kacau karena ALLOH mu maha kacau dan sumber kekacauan setelah saya selidiki ke mana2 dan saya tanyakan kepada nabi Adam dan SP ternyata ALLOH mu itu cuma seonggok batu hitam yang disembah jengkang – jengking oleh orang seluruh dunia termasuk oleh orang Indonesia yang bodoh.

      • malah kadang** TAEKku ki podo karo RAIMU

    • ssst….’sabda’ menerima wahyu lewat ‘nasi kuning’….
      haha ha haaha….

      • Maaf, Ki Sabda & saudara-saudara semua.
        Orang ini (ANTI KAFIR) tadi baru kabur dari rumah sakit jiwa. Tapi tenang aja, orang ini hanya bisa ngoceh saja. Ujungnya dia pasti cekikan, ketawa sendiri. Dulu dia gila karena “teu kataekan”.

  10. salam hormat buat semua dan samangat pagi…

    Oh…Pameungpeuk…
    ada apakah dengan kota ini…beberapa hari belakangan ini sampai membuat ki sabda menolehhkan pandangan ke arah sana…

    Pameungpeuk adalah sebuah kota kecil, 80 km sebelah kidul dari kabupaten garut. kota kecamatan yang terpelosok,terpencil…sepi dari kehidupan dan hinggar binggar kota…

    kalo di lihat dari bola dunia kota ini tidaklah tampak,kalo di lihat dari peta indonesia juga hanyalah tampak se titik…he.he.he kaya upil nyeempil…

    selorohan kami-kami untuk kampung kami ini adalah adalah “negara beuling” karena panas hawa pantai dan gersang…(beuling = pecahan kaca)…
    tawuran adalah tradisi penyakit menahun dan turun temurun yang belum ada obatnya yang mujarab…
    tahun sekarang kampung ini tawuran dengan kampung itu…saling bacok saling gebug…tahun besok malah mungkin mereka bergabung untuk nyerang kampung yang lainnya…
    biasanya puncak tawuran…puncak perang baratayuda adalah malam takbiran…malam hari pembalasan untuk menuntas kan dendam selama setahun itu…jadi hari raya iedul fitri puskesmas adalah tempat mereka merayakan hari kemenangan dengan kepala di iket perban dan tangan di iket kain putih kepundak.he.he.he..
    ada selorohan di kampung ini kalo belum pernah di bacok sampai berdarah-darah jangan harap jadi preman kecil dan di takuti orang…

    kampung ini menurut hemat saya perkembangan-nya sangat lambat,dari si-baok mulai brojol sampai kini keadaan-nya ya seperti itu tidak ada perubahan yang berati,yang membedakan mungkin cuman akses masuk, dulu jalan satu-satunya akses masuk cuman dari garut kota, dengan sepanjang jalan harus melalui jalan berliku-liku…kecil dan curam…belok kekiri belok kekanan…dorong ke kiri…dorong ke kanan…tra..la..la…
    anda suka mabok kendaraan jangan pastikan anda bawa obat anti mabok dan kantong kresek sekarungsebab kalo tidak saya jamin anda mabok dan muntah-muntah di jok mobil…ITU DULU BEBERAPA TAHUN YANG LALU…

    sekarang dengan sudah di bukanya akses baru, akses lingkar selatan,pameungpeuk bisa di lalui dari beberapa sisi, dengan panorama alam sepanjang jalan, hutan dan sungai menjadi tontonan, dan juga laut selatan sepanjang perjalanan akan menina bobo-kan mata anda…
    dari sebelah wetan orang tasik,banjar,ciamis,jawa tengah dan jawa timur bisa masuk melaui akses ini…
    dari sebelah barat…cianjur selatan dan pelabuhan ratu juga bisa melalui akses ini…
    walaupun sudah di buka akses baru ini tapi pameungpeuk tetap lah pameungpeuk yang dulu, sepi dan sepi hanya ada suara jangkrik dan cihcir bersahutan di sore dan malam hari…krik..krik…krik…

    panorama indah pantai selatan…pantai santolo,pantai sayang heulang,karang paranje, cibaluk, pantai sancang, ranca buaya dll tidak lah mengundang pariwisata terkesima untuk datang…
    dengan kampung yang statis dan miskin tidak lah membuat peng-gede pemerintah kota kabupaten untuk datang membangun…

    ada wawacan…
    masyrakat setempat sangat percaya bahwa di leweung sancang, arah sebelah wetan dari alun-alun pameungpeuk adalah tempat tempat terakhirnya jumeneng-nya Eyang Prabu Siliwangi…tempat ngahiyang…tileum…tempat moksa…
    dan masyarakat setempat juga mempercayai selain di Gadog (garut kota) juga percaya di gunung nagara arah sebelah utara alun-alunjuga adalah tempat terakhir jumeneng-nya eyang Prabu Kiansantang…
    walahuallam…

    nuhun

    • Nuwun sewu..
      @ sdr Baok
      AKU SEDANG SUSAH..
      PERANG SAUDARA DI DEPAN MATA..
      PENYIAR TV BERGETAR SUARANYA..
      AHLI AGAMA KEWALAHAN…..SEIMAN.. KOK PERANG…!!!!!!!
      AKU INGIN MELEDAK AKU INGIN MELEDAK..
      SEPERTI BOM WAKTU AKU TERKUCIL..

      ASAH ASIH ASUH
      Dalbo with nyengir,,,

      • @ kang dalbo…salam Oi
        ada apa ini…
        begitu mudah nyawa melayang, padahal tanpa di undang pun kematian PASTI DATANG…
        apakah ini karma,apakah ini dosa turunan,apakah ini upah dari kebodohan…

        kalau aku boleh mengeluh, jalan masih lah jauh, dunia kita satu, kenapa kita tidak bersatu…

        aku sedang susah…
        rasanya ingin menjadi hanoman atau janggo, atau gatot kaca, atau rambo dorr..dorr..
        yahhh sedang susah…
        ___

        @ ibu guru…salam hormat
        tidaklah salah aku bilang ibu guru, dimana setiap murid lagi susah dan mengeluh ibu guru selalu ada sebagai tempat mengadu…

        nuhun.

      • salam…

        bencana lagi bencana lagi…musibah lagi musibah lagi…bencana dan musibah datang silih berganti, sip sip-an seperti pak hansip giliran sip ronda…

        denger-denger pak presiden kita sudah menandatangani kepres tentang bencana…walopun terlambat yah lumayan lah…sesuatu banget.
        daripada tidak sama sekali…walopun seperti felem india polisi selalu datang telambaaat, setelah felemnya habis dan bubar…

        ketika manusia di hadapkan pada suatu bencana, timbul beberapa persepsi tentang hadirnya bencana…
        ada yang menganggap bencana timbul karena kehendak atau peringatan dari Allah.
        ada yang menganggap bencana timbul karena mutlak ulah manusia, banjir datang karena hutan gundul di gunduli manusia yang berkepala gundul,
        di samping ke dua persepsi tersebut ada yang berpendapat bencana datang karena ulah manusia pada saat yang sama juga di persepsikan sebagai kehendak Allah..

        adanya perbedaan pemikiran tidak berhenti pada sekedar wacana, dalam sejarah di ikuti dengan saling mengkafirkan, masing-masing memaksakan kebenarannya dan menggunakan kekuatannya untuk saling melenyapkan…

        menurut bisikan mbah pohon jambu,eeh…mbah goooooogle
        timbulah aliran-aliran atau madzhab-madzhab pemikiran….

        aliran pertama…
        setelah menciptakan alam semesta, Tuhan tidak ikut campur dalam proses selanjutnya, seluruh peristiwa terjadi menurut hukumnya sendiri, atau akibat yang di lakukakan penghuninya,konsep ini melahirkan pandangan bahwa; manusia memiliki kebebasan mutlak untuk melakukan apa saja tanpa intervensi manusia…

        aliran kedua….
        peristiwa setelah penciptaan alam juga berasal dari refleksi dari kehendak dan tindakan Tuhan, manusia tidak mempunyai kekuasaan untuk berbuat apa-apa,manusia jadi jahat, mencuri korupsi timbul karena qodo dan qodar yang di kehendaki-Nya, manusia ibarat wayang yang di gerakan dalang.

        aliran ke tiga…
        pasca peristiwa penciptaan alam, Tuhan tidak sepenuhnya melakukan intervensi ke dalam kehidupan manusia tapi juga tidak sepenuhnya mengendalikan kehidupan manusia….gerak, duduk, berdiri di ciptakan tuhan, tapi gerak duduk berdiri adalah keinginan manusia…

        aliran kehendak bebas…
        aliran pemikiran ini sedang menyeruak dan makin meluas, aliran ini mengambil logika dan rasional.ketka manusia menggunakan akal maka perlu juga menghadirkan rasa, tanpa rasa keimanan hanya sekedar pecaya dan tergantung apa yang dilihat dan di tafsirkan menurut akal…
        ….
        ….
        gitu lho katanya

  11. @eyang sabda..injih eyang sendiko dawuh..dhalem donga’aken mugi nopo ingkang eyang sabda tumindakaken enggal-engal kasembadan…pikantuk berkah pitulungan lan kawelasanipun gusti matur sembah nuwun

  12. @ Ki Sabda,

    Selamat berjuang, do`a kami menyertai panjenengan…

    Salam prihatin nasional,

    Dewi

    • haha ha….jebol juga blocking mu….

      tiap2 perbuatan bathil…pasti akan hancur….haha

      • @ TS,

        Saya sangat berbahagia bisa meruntuhkan blok/tembok keangkuhan diri yang selama ini bersarang, bercokol, menggelanyuti pribadi.

        Tembok keangkuhan dan kesombonganmu akan semakin menebal hingga menutupi mata hatimu, siapakah yang dapat merobohkannya kalau bukan dari kesadaranmu sendiri, apakah kamu masih mau menunggu si allah untuk meruntuhkannya?…

        Tunggulah sampai seribu tahun lagi pun kau akan hanya menjadi penunggu tanah di kegelapan otak dan hatimu yang menyelimuti raga dan sukmamu.

        Salam turut berduka cita,

        Dewi

      • eh…dewi ‘es mosi ya….haha ha..
        dimaem dulu nasi kuningnya…………haha

      • hebat ki harto eh..ki sabda…

        GAK perlulah pake beras2an kuning segala…syirik!
        cukup berdo’a dan memohon kpd Allah agar dibukakan mata hati anda!
        kerana perbuatan syirik sangat dibenci Allah.
        ————————-
        huahaa haha….bahasa joroknya keluar….haha
        —————————
        banyak ‘bayangan’ makhluk astral,
        berseliweran di blog sini…haha
        —————————————-
        ini aku ambil dr sebelah dan q masukkan ke sini

        BAYANGAN
        November 18, 2011 – 5:42 pm

        Bila malam tiada berbintang, pastilah MENDUNG telah bergayut di awang**
        Saat mentari meratap, tentu di hari itu GERHANA sedang berpesta.

        Kakang………….
        Entah benar, entah salah…..
        Adimu meminta ma’af.
        Terpatri dalam sanubari tanpa titian
        Cerita di atas. menusuk juga mencabik
        Luka karena ucap pemangku sahadat lesan yg telah sedikit mengering di sanubari ADIMU.

        Dengan lidahnya, telah terucap penghinaan kepada JIMAT HATIKU
        Dengan telunjuknya, telah dinyatakan oleh mulutnya HARAM bagi JIMAT HATIKU dan keluarganya tuk hidup di negeriku sendiri dan HALAL untuk membunuh dan merampas HAK PRIBADINYA

        Kakang ku………….
        Jawablah aku……….
        Di manakah engkau berdiri ?????
        Walau di atas hanyalah sebuah kisah, Kenyataanlah yg sekarang ada di depan mata ADIMU…..

        ADIMU hanya pingin tau……
        Bila jalan telah sampai di persimpangan.
        Salam dr ADIMU

      • tiap2 perbuatan bathil…pasti akan hancur….haha
        —————————————
        yaaaa seperti dunia arab dan sekitarnya……krn arab selingkuh dg kafir amriq

      • “ANTI KAFIR = Gelo

      • mau niru-niru ane ya…
        membalikkan kalimat dg kalimat sendiri…huahaha

        ga pas O’oooon……hahaha
        yang palsu pasti kebongkar….huh
        ————————————————————-
        seng di tiru soko RAIMU ki opo ???? TAEK mu tok ki sing podo

      • seng di tiru soko RAIMU ki opo ???? TAEK mu tok ki sing podo, malah kadang** TAEK ku podo karo RAIMU ANTI KAFIR

  13. sabda….

    kamu buat artikel, tapi tdk tau mana yang azab dan mana ujian hidup?

    hayo…Jelaskan peristiwa jembatan itu…azab atau ujian hidup?
    mana talenta mu….???

    • sebaiknya thread ini diganti judulnya:
      RUNTUHNYA SEBUAH (thread) DINANTI….

      haha haha ahahah

      • Al Kuran sebaiknya di kilokan saja. kan tebal tuh. mana bacanya kebalik lg. Atau drpd menyusahkan anak anak SD krn baca terbalik(lain dgn pendidikan di skolah Wajar/biasanya terdapat di skolahan yg ga wajar (Pesan Ngetrend) )
        Sebaiknya bakar saja tuh Al Kuran
        Dalil Had ciss terbaru
        1. Daging babi enak gilaaa
        2. Daging Amoy cina / kafir enak gilaaaa
        3. Daging Kambing Kehabibab Haram Asli
        4. Awas kambing bandot
        5. Awas laskar baju putih berkelewang dan samurai
        6. Berkerudung ternyata banci dan kudisan
        7. Ini Sifat Lain Agama Mu….. kasar dan idiot.
        8. Ingin Sekali Liat Amoy Mulus…… munafik
        9. Lima Waktu menuju kehancuran
        10. Bir Zak Krat adalah salah satu Rukun
        11. Menentang saya berarti mati QS 20:12
        12. Belum dibikin menunggu tafsiran berikutnya
        13. Buku adalah pedoman. Tafsiran adalah handal
        14. Kosong
        15. Kosong
        16. Kosong

    • Kata kata anda kasar sekali. Semoga anda lekas sadar bahwa menghina buah pikiran orang lain adalah hal tercela. Kalau anda merasa lebih pintar dari Ki Sabda, silahkan buat blog anda sendiri, buktikan apakah ada orang- orang yang mau mendengarkan ocehan anda yang sangat tidak berbobot ini.

      • mewek tanda tak mampu…..huahaha haha….

        kulit halus…kulit kasar….
        jalan lurus….bukan kesasar….tarik mang….haha

  14. @ Baok,

    Saya turut prihatin dengan kekerasan yang terjadi di kota njenengan, kekerasan yang seperti sudah menahun dari generasi ke generasi. Andai saja ada orang yang memiliki kemampuan spiritual/ aura kedamaian sehingga bisa mendinginkan/ menetramkan suatu carut marutnya keadaan.

    Ini tidak hanya terjadi di pulau jawa, di luar pulau yang biasanya terisolasi seperti sulawesi, papua dll juga banyak terjadi kesalah pahaman, walaupun kesalahannya itu sangat sepele namun sepertinya kekerasan itu sudah mentradisi dan mendarah daging. Namun tidak menutup kemungkinan kekerasan ini juga di lakukan di daerah perkotaan/ yang lebih maju bahkan di lingkungan pendidikan ataupun olaha raga.

    Sebenarnya untuk menyelesaikananya haruslah di mulai dari hati sendiri, orang lain hanya bisa membantu dan biasanya bersifat sementara, alangkah baiknya jika semua kesadaran dan niat itu ada pada individu2nya. Sehingga proses ‘perdamaian’ akan berjalan secara sinergis.

    Kang Baok, ngapunten, saya hanya ingin mengasih info saja tentang meditasi senyuman ini, mangga kang Baok praktekkan, alangkah baiknya meditasi ini di laksanakan orang satu desa/ satu kampung/ satu negara, tetapi jika tidak memungkinkan, di laksanakan sendiri saja, namun ketika meditasi, kang Baok bisa mengingat-ingat semua wajah2 di desa itu, berilah mereka senyum, senyuman terindah tanda kasih, perdamaian dan persaudaraan. Karena meditasi ini juga bisa untuk mengobati perasaan yang sedih sakit hati dan marah/kecewa pada orang lain, masyarakat luas, negara atau dunia.

    Berikut saya postingkan lagi, meditasi senyuman…

    @ All and sederek sedoyo,

    Orang indonesia itu sangat terkenal dengan keramah tamahanya dan murah senyumnya, inilah yang di namakan kesaktian yang sejatinya, bahwa senyum itu bukan sekedar tersungging di bibir/ wajah tapi senyuman yang dari dasar lubuk hati.

    Dan ini adalah rahasia kesaktian senyuman orang2 nusantara, yaitu meditasi senyuman. Dari Bpk Made suambara yang menuliskan buku usada meditasi, cara mudah dan aman mewujudkan sehat, bahagia dan sejahtera.

    Meditasi senyuman merupakan meditasi yang paling sederhana diantara meditasi yang ada, sipapun dapat melakukan meditasi ini, walaupun sederhana tapi hasil manfaatnya luar biasa :

    1. Duduk santai dan rileks, pejamkan mata, bernafas normal melalui hidung, pelan saja.

    2. Tidak perlu konsentrasi,hanya rasakan udara yang masuk lewat dan keluar melalui hidung. 9x.

    3. Rasakan udara yang masuk terasa hangat, kesejukan memasuki diri bersama nafas yang dihirup, kemudian kehangatan keluar bersama nafas yang dihembuskan.

    4. Sambil tetap merasakan kesejukan dan kehangatan sesuai irama nafas, rasakan perubahan yang terjadi pada diri!, anggota tubuh lebih rileks, pikiran terasa lebih tenang. Nikamatilah ketenangan ini.

    5. Sekarang mari ekspressikan ketenangan dan rileksasi tsb dengan senyuman, (anda bisa memejamkan mata jika ingin) berusahalah tersenyum semanis mungkin. Begitu tersenyum rasakan ada kebahagiaan muncul dalam hati, teruslah tersenyum,karena semakin kita tersenyum, kebahagiaan akan semakin bertambah.

    6. Bagikan kebahagiaan ini kepada setiap orang yang anda cintai,jumpai, (atau kepada orang yang tidak menyukai anda/ yang pernah melukai anda)…., dengan membayangkan wajah mereka satu persatu dan tersenyumlah kepada wajah2 tsb…

    – ingatlah wajah ibu kandung anda, berikan senyuman manis pada wajah ini, senyuman tanda terima kasih, karena selain mengandung 9 bln,melahirkan dan membesarkan anda tanpa pamrih. Berusaha agar anda selalu hormat kepadanya.

    – ingatlah wajah anda yang berperan besar pada kehidupan anda.-wajah kakek nenek anda dsb dst seperti istri, teman, anak anda,saudar/i ,tetangga,sahabat berikan mereka senyuman yang termanis. Minta maaf jika anda ada salah dan maafkanlah mereka jika mereka melaukan kesalahan. Ajaklah mereka menciptakan persatuan dan kesatuan dalam rumah anda.

    – anda boleh membayangkan bahwa anda duduk di hadapan mrajan/kuburan, tersenyumlah kepada tempat ini. Dimana roh2 leluhur anda bersemayam. Sambil tersenyum doakanlah mereka agar mereka meraih ketenangan dan kedamaian dialam sana. –sekarang bayangkan bahwa anda sedang duduk ditempat yang agak tinggi, sehingga anda dapat melihat wilayah banjar/ pendopo/ tempat ibadah dsb. Berikan senyuman manis kepada wilayah ini dan orang/masyarakat yang tinggal di wilayah tsb, senyuman cinta yang penuh kasih.

    – bayangkan anda duduk lebih tinggi lagi,sehingga bisa melihat kota /pulau /negara atau benua dengan jelas, berikan senyuman kedamaian anda pada kota/pulau/negara dan semua orang / makhluk yang tinggal disitu yang sangat anda hormati dan kasihi.

    Perlahan-lahan bukalah mata anda dan lenturkan/ renggangkan seluruh otot dari posisi duduk semula. Dengan ini meditasi senyuman telah selesai dan anda akan merasakan rileks yang luar biasa.

    Untuk penambahan, Anda bisa membayangkan seluruh anggota organ/tubuh anda, tersenyumlah pada jantung, ginjal, usus, kaki, tangan, dst anda, berterima kasihlah karena mereka semua adalah ‘teman’ anda yang paling setia, berikan dia cinta dan senyuman penuh kebahagiaan dan rasa bersyukur. Apapun kondisi kesehatan mereka, tetaplah kasihani dan sayangilah mereka, mereka sejatinya adalah anggota (yang membentuk) badan anda sendiri. dan mereka bisa menjadi : not just ‘healthy body’ but ‘happy body’ too.

    ****

    @ Ijogading, Tomyarjunanto, Pakpo JS, Cah Pathi, BAYANGAN, Jagad Sasmito Jati, Wohing Ranti, Widodo, Sen Karna dan semuanya… tak terkecuali ANTI KAFIR alias Om TS,

    Sugeng rahayu….

    Salam damai di hati,

    Dewi

    • tak usah banyak cakap….

      jelaskan peristiwa jembatan itu, azab atau ujian hidup?!

      hayo…jangan mewek kayak banci….!

      • @ TS,

        Mengapa tidak kamu tanyakan sendiri pada si allah mu?… megapa kamu tak pernah menanyakannya pada dirimu sendiri selain bertanya pada orang lain saja, intropeksi diri kek.

        Kalau aku jawab peristiwa runtuhnya jembatan itu karena karma, karena banyak masyarakat di kurkan yang lebih banyak menyembah si alloh dan tidak menghormati leluhur mereka lagi. loe mau bilang apa?!…

        Kamu tak lebih buruk dari banci palsu, kerjamu hanya menguji orang dengan azab dan cobaan, sedang kamu sendiri tak pernah bisa menjawabnya dengan kemampuan dan akalmu sendiri, selain kitab usangmu yang tidak lagi sakral alias hanya sekedar dongeng bagi orang yang tak pernah tersadarkan oleh mimpi dari tidur yang panjang.

        @ Dalbo,

        Maturnuwun atas pencerahnnya mas.

        Salam masih dalam suasana berkabung,

        Dewi

      • @ BlogRuntuh, Anti kafir,,,

        tak usah banyak cakap….

        jelaskan peristiwa jembatan itu, azab atau ujian hidup?!

        hayo…jangan mewek kayak banci….!
        ———————————————————————-

        Peristiwa ini adalah Azab dan Ujian bagi Onta2 dungu seperti kamu…
        mengerti!!!!!

      • @ Mas Bima/TS/Blog Runtuh/Anti Kafir/Domba Botak/Domba Game Bel/War Ning,dll, yang terkasih,

        Saya copy/paste kan dari Al Qur’an saya. Kalau Al Qur’an saya SALAH, mohon dikoreksi . Syokran.

        2: 62 (Al Baqarah alias sapi)

        إِنَّالَّذِينَآمَنُواْوَالَّذِينَهَادُواْوَالنَّصَارَىوَالصَّابِئِينَمَنْ آمَنَبِاللَّهِوَالْيَوْمِالآخِرِ وَعَمِلَصَالِحاًفَلَهُمْأَجْرُهُمْعِندَرَبِّهِمْوَلاَخَوْفٌعَلَيْهِمْوَلاَ هُمْيَحْزَنُونَ

        Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
        ———————–
        Salam katresnan kejawen

      • ha ha ha, jelaskan moral mu kenapa pengacau masih betah juga disini,…………..?. gak pake azab, gak pake ujian, masalah teknis sudah jelas, jangan cari-cari argumen banci,…….

        kalau manusia slalu bermoral iri dengki, dungu, idiot, gak mau trima pendapat orang lain, apakah itu ….azab atau ujian….?
        jangan-jangan malah mengindap penyakit hambatan jiwa…..? hua ha ha ha. atau emang tipikal umat nya iblis….?

        Petruk, gareng, bagong & seluruh pandawa limo, pasti hadiri tantangan mu. maka datangkan bala tentara mu, sekalian datangkan tuhan-tuhan toghut mu , tak pites-pites sampai remuk……ha ha ha

        tak usah banyak cakap, please duduk dipinggir, atau pulang gih….cuci kaki tidur, ….jangan main2 di sini, nanti hatimu rusak……ha ha ha

      • Poro dulur yth
        Terimakasih tak terhingga atas segala dukungan moril dan doanya. Sehabis dari YM Sams, pukul 23 wita telah sampai tepat di samping bawah jembatan runtuh utk melakukan upaya sebisa kita lakukan, tentu saja atas dukungan lair batin dari panjenengan semua di sini. Banyak skli cerita yg dpt kita jadikan guru laku dan guru hidup. Mudah2an upaya dulur2 semua di sini membuahkan hasil demi panggilan kemanusiaan. Saat ini jasad yg berhasil ditemukan baru 13 org, dan secara metafisik yg tampak msih ada lbh dr 50 an org yg hilang. Rasanya tak tega hati, menyayat pilu menyaksikan para anggota keluarga siang malam meratap sedih teramat dalam sambil menunggui di tepi Mahakam dgn penuh harap keajaiban akan membawa anggota keluarganya yg hilang kembali selamat. Beberapa versi saksi mata menyaksikan sewaktu kejadian ada 2 truk besar, 1 bis besar dan bis angkutan umum, banyak mobil dan sepeda motor. Simpang siurnya kabar krn pada saat kejadian berlangsung sangat cepat di mana saat itu 1 jalur yg diaktifkan terjadi kemacetan krn sdg ada perbaikan di lajur sebelahnya. Saat ini akses ke kota Tenggarong hrs melalui satu2nya jalan menyusuri tepian Mahakam melalui Loa Janan, Loa Kulu. Di daerah Loa Kulu terdapat daerah rawan longsor akibat erosi penambangan batu bara. Apabila terjadi longsor tentu akan menutup satu-satunya akses darat yg masih tersisa menuju ke Tenggarong Kukar. Melihat tanda2nya resiko ini sangat mungkin terjadi. Juga kami mendapatkan foto awan naga yg berhasil dipotret oleh dulur di Tenggarong beberapa wkt sebelum peristiwa, nanti akan sy upload utk share kpd dulur2 semua di sini sbg bahan mengkaji “ngelmu titen”.
        Namun saat berikutnya yg harus lebih diwaspadai justru wilayah SAMARINDA, entah apa lagi yg jelas ….mudah2an tak lg korban.
        Perjalanan meninggalkan Kukar berlanjut ke timur laut menuju Kutim

        Sebagai manusia lumrah hal terasa tak mudah, apalagi di saat banyak pekerjaan menumpuk, pada saat yg sama kita harus mau meninggalkan urusan perut dan kadunyan utk sementara waktu, demi masih menyandang harkat sebagai manusia yg sewajarnya dan demi bakti kita kpd para leluhur. Dgn diiringi dukungan tulus dari dulur2 semua di sini, semua tak akan ada yg sia-sia.
        Salam sih katresnan

      • Sabda…kamu ‘membunuh tuhan…tapi ‘menolong sesama!
        Siapa yang mau percaya dengan celotehan mu….haha
        =======

        Dari pada percaya tuhan tapi tukang bunuh orang…
        Atau manusia mahalemah tapi suka membela yg Mahakuat…
        Ini tipikal Mas Bima, TS, Anti kafir :)
        Memahami agama hanya dengan keyakinan. keyakinan akan selalu melibatkan emosi secara dominan, dan di sisi lain akan membekukan daya nalar. Maka Jadilah pribadi seperti mas bima, ts, anti kafir ini, yg penuh emosi meledak-ledak sementara nalarnya kosong melompong, tindak dan ucapannya samasekali tak ada cermin sikap santun umat yg suci, yg patut utk ditiru. Tapi sesungguhnya mas bima, ts, antikafir ini sedang berperang melawan dirinya sendiri, konflik di dlm hati dan nafsunya sendiri. Saya lihat kadar jiwanya memang sudah lebih jauh SAKIT dari pada beberapa bulan lalu. Makin parah. Dan hanya tinggal tunggu waktu saja, kesehatan fisik atau kesehatan jiwa anda akan semakin kalah. Kami semua dulur di sini merasa geli, lucu, senyum2 melihat mas ts, bima, antikafir, yg berpolah tingkah sangat
        lucu dan selalu kebakar emosi/naar/api yg ada di dalam diri. Makasih mas sdh menghibur kami semua di sini. Salam

    • haha ha dewi…dewi…

      kamu pasti ketakutan begitu daku berhasil tembus blocking mu…
      terbukti kamu tdk berani menunjukkan talenta mu…

      haha hahahahah

      • @Mas Bima, aka TS alias Anti Kafir, Blog Runtuh, SP, Domba Botak,War Ning,Domba Game Bel,Pra Saan,dll yang terkasih (-: (-:

        Salam ketemu lagi ! Dari dulu KAMI di blog ini tahu anda Bima alias TS alias seribu nama selalu memantau blog yang amat bagus ini, blog Sabdalangit. Anda ini … benci tapi selalu … rindu dengan blog ini ! Ya apa iya ? !

        ‘Agamamu untukmu ,agamaku untukku’.,’TAK ada paksaan dalam agama.’ Begitu kata Al Quran saya. Mungkin kah Al Qur’an saya … salah, atau saya salah baca ?? Mungkin Al Qur’an saya baiknya saya buang saja kah ? Mohon petunjuk Mas Bima/TS/Anti Kafir/Blog Runtuh/Domba Botak/Domba Game Bel.

        Salam katresnan kejawen

      • @ TS/ BIMA Alaihissalam,

        Sudahlah,jangan ketawa-ketiwi kayak kafir kegirangan, sebagai seorang muslim tulen, apa sih sumbangsihmu untuk negri ini?, kalau ada orang yang tertimpa musibah mengapa tak sekalipun kau mengucapkan keprihatinanmu barang sedikitpun…

        Tidak ada!, paling2 kamu dan umat hanya akan menyalahkan orang2 pribumi sebagai faham yang sesat dan syirik untuk itu perlu di basmi, kalau perlu di kambinghitamkan sebagai biang segala bencana di nusantara ini…

        Dasar dari dulu pun kau tak pernah berintropeksi diri, kalau si allohmu tak bisa menyadarkanmu, maka tunggulah si sabdopalon yang akan membukakan mata hatimu…

        Salam damai,

        Dewi

    • terima kasih info nya. maaf izin copas

  15. putune mbah wongso

    Kawula Nuwun,
    Mugi Gusti tansah paring kawilujengan dhumateng Ki Sabdalangit ingkang nembe ngayahi kawajiban luhur. Kagem para sesepuh lan pinisepuh keparenga kawula dherek ngangsu kawruh. Mbak/BU Dewi dherek tepang nggih.

    matur nuwun,

    • @ Putune Mbah Wongso,

      Oh injih, salam katepangan sami2 mas/mbak, menopo niki putune mbah wongsorejo?… he he he.. saya titip salam kagem keluargo lan rencang, mugi ing tahun warso enggal meniko sedoyo rahayu lan keparing kasantosan.

      Salam katresnan,

      Dewi

      • putune mbah wongso

        mbak/bu Dewi,
        pamuji kawula mugya panjenengan tansah pinaringan teguh rahayu widada mulya kalis ing rubida sumrambah sedaya keluarga. matur sembah nuwun sampun kersa nampi pasedherekan kawula. jebul ndika estu waskita tenan, kasinggihan kula punika putune mbah wongsorejo lho. lha mbok menawi kepareng kula tak meguru kaliyan panjenengan tho mbak.

        salam pasedherekan
        putune mbah wongso

      • @ Putune Mbah Wongso (PMW),

        Sugeng dalu, weeeladalah, niki saestu putune mabh wongso to?, meniko kulo namung nebak mawon,amergi ten blog mriki namung wonten setunggal nami mbah wongso, yo kuwi mbah wongsorejo, banjur yen tenanan niki putune mbah wongso kulo nggih tumut bungah.

        Nanging ngapunten, ampun nimbali kulo ‘guru’, mongko nyandang guru kuwi abot tenan, mesti ‘di gugu lan di tiru’… kulo niki tasih TK, cah cubluk sing sak sak meniko tasih emosian lan atos. kulo piyambak nggih tasik ngangsu kaweruh ten blog kahyangan mriki. Yen mekaten, nggih monggo padho2 sinau bebarengan kalean kulo nggih mas/mbak PMW.

        Maturnuwun lan salam katresnan,

        Dewi

  16. @blog runtuh = anti kafir langsung saja njih anda bertanya apakah itu azab ataukah ujian hidup?? Jawabannya adalah:MEMANG SUDAH WAKTUNYA dan mudah-mudahan sampeyan juga akan ikut menyusulnya mas..tenang saja jangan takut dijamin langsung masuk surga karena yang jadi korban itu karena kehendak alam ndak seperti sodara sampeyan yang SEIMAN kayak si amrozi cs yang dng segaja ko’it dng harapan langsung masuk surga padahal belum waktunya dan akhirnya mereka gentayangan kemana-mana tak gendong kemana-mana..enak to manteb to..ampun panas..panas itulah yang terjadi pada rekan sampeyan yang SEIMAN di alam sono percaya ndak percaya terserah bagaimana anda menyikapinya matur sembah nuwun

    • Nusantara ini luas dan besar. Apakah ada seorang yg mumpuni dan linuwih yg tahu keberadaan Amrozi CS setelah di dor??

      dorrr….kaget aku

      • mereka adalah ‘boneka tidur mu…..huahaha haha
        betul…betul….betul?! haha

      • SAMIRIN.
        Samirin adalah nama wong alus atau Jin Arab, de’demit, samar, parewangan bahasa jowonya, yg hengkang ke benoa Amerika.
        Jin Samirin mempunyai banyak alasan untuk pindah, satu hal yg paling adalah karena ditelantarkan di negerinya sendiri Arab. Orang2 Yahudi yg mengangkat “dia” sebagai simbol kekuatan “yg lebih nyata” energy-nya untuk dibawa ke Israel dan kemudian menetap di Amrik.
        Dan mulai saat itulah negeri USA di namakan negeri Uncle Sam atawa negeri Paman Samirin oleh bangsa Arab dan Israel.
        Orang Arab sebenarnya sdh sangat beradab dijaman sebelum isa almasih(Yesus) lahir, bahkan sebelum Nuh manusia hebat setara Sidimantra yg dipuja di Bali karena kehebatan dan keluhuran ilmunya.. yaitu ajaran Weda.
        Reformasi sosial dan sifat jahil muncul di daratan asia barat ini, karena kutukan energi Alam yg menjadikan hutan menjadi kering, air susah didapat, siapa kuat dialah pemenang..! Muhamad yg diakui nabi adalah manusia super kuat dg imajinasi yg hebat, setara dengan Ken Arok di Singosari.
        Tidak jelas alasan kenapa orang Arab begitu benci kepada Israel dan merambat kebenciannya ke negeri Paman Sam.., kecuali banyak hal kecemburuan ilmu pengetahuan yg membuat mereka bangsa arab terpuruk sedih dalam kelengangan spiritual..!

        Kita, terlahir dg kemampuan berbeda, pada jaman yg berbeda, saudara kembarpun berbeda, maka hormatilah perbedaan.

        David Coperfield adalah salah satu sosok illusionist yg paling hebat di dunia.. perhatikan kalau dia melakukan atraksinya selalu menoleh ke sudut kanan atas sebagai salam kepada jin Samirin.
        (Bagi para pinisepuh di@Sabda’sbloger mungkin melihat sosok yg selalu mendampingi Om David).

        @Anti Kafir, dg kehebatan suara anda yg begitu yakin dg kebenaran anda, shg begitu lantang dg kemampuan anda…, rasanya saya jauh untuk adu jotos didunia nyata atau dunia astral/gelap..
        Hanya satu pertanyaan saya, apa yg anda tahu atau lihat pada atraksi mr Limbad.? Adakah sosok burung hantu yg sering(selalu) dibawa anda bisa lihat.?
        Sebelum anda bicara yg menurut kami disini lebih pada kehalusan dimensi yg lebih halus.? Malaikat barang kali.?
        Saya jauh dari kemampuan untuk begitu mudah mengatakan Allah, Ilah, God, Div, Dewa, yg saya junjung kecemerlanganNya yg tiada batas…
        apalagi menyalahkan manusia dengan membawa namaNya untuk kepentingan hidup diluar hak dan tanggung jawab saya.
        @anda juga secara langsung bisa “ngunduh” kelantangan anda kepada @Gus Supri atau pinisepuh yg lebih dekat dg Islam yg murni..

        Salam damai,
        semoga kita semua selalu sadar dalam kehidupan, berbagi ilmu yg pener untuk kehidupan yg selaras.

        RAHAYU.

      • @Anti Kafir, dg kehebatan suara anda yg begitu yakin dg kebenaran anda, shg begitu lantang dg kemampuan anda…, rasanya saya jauh untuk adu jotos didunia nyata atau dunia astral/gelap..
        Hanya satu pertanyaan saya, apa yg anda tahu atau lihat pada atraksi mr Limbad.? Adakah sosok burung hantu yg sering(selalu) dibawa anda bisa lihat.?
        Sebelum anda bicara yg menurut kami disini lebih pada kehalusan dimensi yg lebih halus.? Malaikat barang kali.?
        Saya jauh dari kemampuan untuk begitu mudah mengatakan Allah, Ilah, God, Div, Dewa, yg saya junjung kecemerlanganNya yg tiada batas…
        apalagi menyalahkan manusia dengan membawa namaNya untuk kepentingan hidup diluar hak dan tanggung jawab saya.
        @anda juga secara langsung bisa “ngunduh” kelantangan anda kepada @Gus Supri atau pinisepuh yg lebih dekat dg Islam yg murni..

        Salam damai,
        semoga kita semua selalu sadar dalam kehidupan, berbagi ilmu yg pener untuk kehidupan yg selaras.
        ——————————-

        Oooooo….kamu tu ngefans dg sulap2an ya?!
        mau aja diboongin…..memangnya itu burung hantu….haha

        kalau ‘ular punya ‘lidah ga mbah ‘mata ijo….huahaha

        haha haha
        haha haha
        haha haha

  17. @ Ki Sabda….
    Semoga sukses dalam menjalankan tugas luhur itu. Saya mendukung panjenengan. Hanya orang yang “awas” yang bisa mengerti dan maklum akan langkah-langkah panjenengan.

    @ sedulur-sedulur sepuh lainnya yang bijaksana…
    Saran saya kalo ada komen-komen yg “negatif” mbok ya gak usah diladenin,,,Panjenengan sekalian jadi punya penyakit “MANGKEL” trus “JENGKEL” trus “NGGRESULO..”. Yang rugi siapa hayo?????
    Biarin aja yg komen negatif itu. Mereka gak penting !!!
    Oke guys..!!!

    Salam rahyu lan kawilujengan…

  18. Anti kafir=blog runtuh @ he he kacian deh loe..lucu tur wagu :roll: :lol: :!:

    • TERIMAKASIH(HNING)

      Anti kafir=blog runtuh @ he he kacian deh loe..lucu tur wagu :roll: :lol: :!:
      ————————————————————————–
      mudah-mudahan ini tidak membuatmu terkencing kencing

  19. @JS,bayangan,widodo,dewi soho sederek sedoyo,
    Saya turut berduka cita atas musibah yang terjadi di jembatan Kutai Kartanagara,bagi keluarga yang ditinggalkannya,semoga jiwa-jiwa mereka yang sudah meninggal mendapat ampunanNya,bila jasad-jasadnya belum terambil oleh sebab sesuatu /sebab(benda/maklus halus semoga Yang Maha Kuasa memberikan kemudahan untuk mengambilnya.

    Manusia hanya dapat berusaha,sebatas apa yang diijinkanNya,semoga kejadian itu bisa menjadi pepeling bagi kita semua agar selalu eling dan waspada,baik dirumah,jalan dan tempat kerja.Hendaknya kita semua mengurangi pesta pora yang berlebihan dan alangkah baiknya sedikit banyak kita juga beramal kasih bagi yang saudara2 kita yang kurang mampu.Amal kebaikan bisa menjadi pintu turunnya rahmat,bagi kita.Semoga kita dan keluarga kita termasuk yang diselamatkan.

    Selama samadi malam satu suro,banyal hal yang saya terima,diantaranya :
    1.Hati-hati dg datangnya musim hujan bagi daerah banjir,siapkan diri .
    2.Perbanyak perbuatan amal.
    3.Doa tobat,cegah dahar lan nendro,bagi yg muslim perbanyak zikir,bagi yang nasrani bisa doa Bapa Kami dan salam Maria.
    3.Bagi yang Hindu bisa mantra Kalacakra dan mantra2 yg lain
    4.bagi Yang Buda dan lain2 sesuaikan sesuai sariat agama masing-masing.

    Seperti yang sudah diperingatkan oleh KI Sabda(pepeling),ada kemungkinan hawa panas mulai merambat hal ini dikarenakan makluk2 halus(gelembung2 dasamuka)/buto bajang akan merangsek mempengaruhi pola pikir manusia yang tidak bersandar pada Yang Maha Kuasa.Yang rakus akan semakin rakus,yang suka iri makin iri,yang suka memfinah akan menjadi-jadi.maka hal-hal kecil akan bisa membesar dan dibesar-besarkan,sehingga terjadi adalah hawa panas/hati panas dikit-dikit ngrusak dll.

    saya sih berharap sekarang belum waktunya goro-goro,karena bila itu terjadi berarti panah Jibril terpaksa keluar .gambaran yang ada ketika sang surya tidak menampakkan diri (gelap gulita) disiang hari petir menyambar-nyabar angin bertiup kencang suasana tintrim saat itulah raja kegelapan yang berujud naga akan keluar dan saat itu pula ada sosok manusia atas seijinNya terpaksa harus menggunakan Kalimat Tamah Jibril.Sungguh suasana yang mengerikan.

    Sri Kresna sudah memberikan serulingnya pada seseorang dan itu berarti sdh diberikan cara dan sarana untuk mengurangi pengaruh makluk halus yang bergentanyangan.

    Ada penjelasan yang agak unik, sosok pemegang seruling Krisna itu, dialah sebenarnya yang mendapat warisane Gatotkaca sayuto yang artinya dia masih trah Sri Maha Raja yg diberi gelar samudera (raja gatotkaca di India),kekuasaannya waktu itu meliputi India,Timur Tengah Asia(termasuk jawa),maka joyo boyo menyebutnya warisane gatotkaca sayuto,sebuah wilayah yg membentang cukup luas.Sosok itulah(anak gatotkaca) yang sedang ”turun kebumi” di Jawa saat ini.Dia jugalah yang malang melintang awal abat 6M ditimur tengah dan akhir abad 3M di Romawi.

    kang JS itulah sebabnya mengapa ada pasukan Romawi dan Timur Tengah mengintip di jawa,karena mereka mencari Caisarnya./Panglimanya.Sosok ini ketika ditimur tengah pada masanya ketika dimedan perang sangat disegani oleh kawan dan lawan dan selalu unggul di setiap medan perang,tapi sayang gurun pasir telah mencapakkannya bahkan telah berbuat aniaya padanya.Bulan asyura adalh bulan yang penuh kenangan pahit baginya.Siapa menanam akan menuai,itulah timur tengah akan panen dari pohon yang mereka tanam.

    Biarlah semua berjalan sesuai kodrat dan iradatnya,manusia hanyalah wayang,Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang yang mengampuni dosa dan kesalahan,tapi hukuman tetaplah hukuman.hukuman itu juga sebagai bentuk penebusan dosa agar semua bisa kembali kepada fitrahnya.
    khusnul kothimah….3x.

    ” Beriman dan taat kepada Allah dengan hati yang sabar dengan cahaya petunjuk yang benar “.Dari kebenaran itu kita akan mendapatkan hikmah,sehingga kita akan selalu mendapat naungan dari Maha CahaNya dengan ciri2 sbb:
    1.Dia jujur dalam bicaranya
    2.Dia adil dalam menghukum
    3.Dia sabar jika diterpa cobaan
    4.Dia bersukur bila mendapat nikmat

    Oleh karena itu seorang pemimpin tidak boleh mengeluh,atapun marah-marah.Masa sulit kedepan dibutuhkan pemimpin sekaligus kasepuhan,agar dalam menghadapi tantangan siap lahir batinnya dalam kondisi apapun.

    Marilah kita selalu doakan negeri kita dapat melapaui masa-masa kritisnya nanti.,sehingga menjadi negeri yang gemah ripah loh jinawi.

    suwun

    • @ Tembayat,

      Nggih paman, maturnuwun atas wejangannya..

      Tentang seruling krishna itu…, masih ada trah Sri Maha Raja, dan isi dari Gatotkaca itu juga adalah seorang kaisar romawi pada abad ke 6 di mesir dan abad ke 3 di romawi…, jangan2 paman sendiri yang Gatotkaca suyoto itu, mengingat njenengan yang menerima seruling itu… dalam visi semadi kemarin…

      Mudah2an saja benar apa adanya, karena saya juga ikut senang kalau seorang Gatotkaca yang mendampingi njenengan…

      Malem suro kemarin saya juga sudah membuat sesandingan kopi, bunga setaman dan dupa. Sangat sederhana dan hanya tinggal di rumah saja seperti hari2 biasanya, berdo`a juga sekenannya, mencoba mengheningkan cipta beberapa menit saja, karena saya juga belum pandai bermeditasi. Tetapi saya mencoba melek`an hingga jam satu pagi, trus tidur tapi nggak mimpi apa2 atau merasakan yang aneh/ lainya…, hanya dalam hati sempet bertanya2, kenapa kok malem satu suro berketepatan dengan malem satu hijriah/ tahun baru islam?… bukankah bulannya saja beda?, mudah2an nanti seiring berjalannya waktu akan terurai kebenarannya, sehingga kita juga bisa saling toleransi dan menghormati antara budaya& sejarah islam/ arab serta budaya& sejarah kejawen/ nusantara.

      Dan Pagi ini, senin kliwon, saya mimpi perasaan saya berkunjung ke rumah sanak family, di situ saya lihat 2 sepupu saya (anaknya tante) yang laki2 di kafani/ dalam keadaan terkafani, padahal mereka belum mati, hanya tidur saja, yang satu di depan pintu, yang satu di sofa. Di situ juga ada sanak saudara yang lainya saling bercengkramah di ruang tamu, tetapi mereka cuek saja seperti tak terjadi apa2…

      Saya tidak tahu artinya apa, Mudah2an artinya bagus, siapa tahu sepupu saya itu mendapatkan rejeki misal pekerjaan yang bagus, karena ke dua sepupu saya itu masih muda dan bujang…

      Salam cahaya rahayu,

      Dewi

  20. @kakangmas tembayat panjenengan estu lantip lan mumpuni…memang sejak malam 1 suro pasukan bhatara kala sudah di sebar di seantero negri beberapa diantaranya datang ke rumah saya berwujud anak kecil berbadan bungkuk perut buncit berwajah keriput..saya biarkan saja toh mereka hanya sekedar mampir main kerumah saya sambil menikmati aroma dupa,kopi teh tubruk kembang setaman yang saya sediakan di belakang rumah dan khusus tuk para leluhur saya sajikan di dlm rumah adil kan..kalo pun ada sebagian org mengatakan syirik silahkan saja,mrk berhak menyatakan pendapatnya karena mrk belum mengerti ttg kasunyatan sejati..ini juga sebagai bentuk menghormati para leluhur dan sesama makhluk gusti yg tak kasat mata dan akhirnya bisa terjalin keharmonisan antara jagad ageng lan jagad alit dan pada akhirnya bisa sumambrah HAMEMAYU HAYUNING BAWANA menjadi berkah tuk alam semesta dan seisinya pesan EYANG SABDA kpd saya dan tuk sedulur kinasih semua yang ada disini:MULAT LAKU JANTRANING BANTALA LAN SAMUDRA matur sembah nuwun salam sihkatresnan

    • @ki sabdo
      terima kasih sudah mengingatkan saya dan semoga apa yang ki sabdo terlaksana.

      @Anti kafir sepertinya sudah sangat yakin dengan agama anda,,tp menurut saya anda melupakan awal dasar seseorang untuk beragama. Anda berada dlam ruangan yang megah tetepi anda tidak tahu dimana pintunya.

      Satu2 yang ghaib hanya alloh swt. Roh leluhur,Jin, syitan, iblis bahkan malaikat yang “biasa kita sebut ghoib adalah bukan ghoib”
      Manusia serta segala makhluk didunia adalah “ciptaan alloh” tanpa kecuali.

    • @ki sabdo
      terima kasih sudah mengingatkan saya dan semoga apa yang ki sabdo lakukan terlaksana.

      @Anti kafir sepertinya sudah sangat yakin dengan agama anda,,tp menurut saya anda melupakan awal dasar seseorang untuk beragama. Anda berada dlam ruangan yang megah tetepi anda tidak tahu dimana pintunya.

      Satu2 yang ghaib hanya alloh swt. Roh leluhur,Jin, syitan, iblis bahkan malaikat yang “biasa kita sebut ghoib adalah bukan ghoib”
      Manusia serta segala makhluk didunia adalah “ciptaan alloh” tanpa kecuali.

      • Yth Ki Sabda, JS,TS,Anti kafir, Bayangan,Bima, temannya Bima, Blog runtuh dll
        Saya dapat info mengenai orang indigo dan kelebihannya dari vivanews.com,
        semoga bermanfaat sebagai wacana, sebenarnya ada 10 kelebihan orang indigo, tapi yg ke 10 sy tdk dpt keterangannya, jadi saya anggap sembilan, berikut copy pastenya..
        9 Kemampuan Luar Biasa Orang Indigo ∙
        Kehadiran orang Indigo di bumi diyakini sejak
        manusia pertama muncul � ini berarti semua manusia keturunan orang
        Indigo. Di masa awal kehidupan pra sejarah manusia hanya mengandalkan
        kemampuan yang ada pada dirinya untuk menghadapi kekerasan alam. Karena
        ilmu pengetahuan dan teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang,
        satu-satunya cara mempertahankan diri untuk menjaga kelangsungan hidup
        di bumi adalah dengan menggunakan secara optimal semua anggota tubuh
        yang ada.
        Bagian terlemah dari tubuh manusia tapi memiliki
        kekuatan pengendalian terbesar adalah otak. Organ lembek yang harus
        dilindungi tulang tengkorak keras ini merupakan pusat perintah, kendali,
        dan pengatur keseluruhan organ tubuh dan triliyunan sel lainnya
        (sekitar 100 triliyun sel yang membentuk tubuh manusia).

        Ketiadaan peralatan pada masa itu memaksa manusia
        berpikir menggunakan otaknya untuk menembus rintangan alam. Selain
        menciptakan peralatan sangat sederhana seperti batu pemantik api,
        senjata dari batu, perangkap binatang, pakaian dari kulit binatang
        buruan yang berbulu, dan lain sebagainya, manusia juga mengembangkan
        kemampuan organ tubuh terutama panca indranya.

        Kekuatan daya sensor panca indra meningkat karena
        secara alami dibutuhkan, misalnya mata untuk melihat binatang buruan
        yang berada di tempat jauh, telinga untuk mendengarkan suara binatang
        buas yang berbahaya pada malam hari, penciuman untuk mengendus bau air
        di tengah padang pasir dan lain-lain. Peningkatan kekuatan daya sensor
        panca indra ini berlangsung terus-menerus karena sering dipergunakan,
        dan apabila sampai pada suatu kondisi puncak tertentu kemampuannya bisa
        sangat mencengangkan.

        ∙Mengindera dengan otak∙

        Proses pengindraan dengan alat indrawi adalah
        kegiatan sensor informasi dengan menggunakan alat bantu. Tingkat
        kekuatan alat bantu, seperti mata, telinga, hidung, lidah dan kulit �
        yang sering disebut panca indra � sangat menentukan hasil pengindraan
        yang dicapai. Alat indra yang lemah atau rusak tidak bisa menghasilkan
        proses pengindraan yang baik. Begitu juga tingkat kemampuan sistem
        syaraf pusat dengan ujung-ujung syarafnya ikut menentukan proses
        penghantaran sinyal-sinyal listrik statis dari alat indra ke otak.

        Pada orang indigo fungsi alat bantu panca indra
        dikurangi dan sebagai gantinya digunakan pengindraan langsung oleh otak
        dengan tugas sensor dibantu oleh ujung-ujung syaraf di tepi otak bagian
        luar. Ujung-ujung syaraf otak ini menangkap secara langsung pancaran
        gelombang yang mendatanginya dan mengirimkannya menjadi sinyal-sinyal
        listrik untuk diolah di otak.

        ∙Gelombang otak∙

        Dalam melakukan kegiatannya otak menggunakan energi
        dari tubuh yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Tegangan listrik
        yang dibutuhkan oleh otak untuk bekerja hanya 1/10 volt. Dengan
        sinyal-sinyal listrik inilah otak bekerja menerima, mengolah dan
        menyampaikan informasi. Semua kegiatan otak ini berlangsung di sel-sel
        yang jumlahnya 1 triliyun, 100 milyar sel aktif dan 900 milyar sel-sel
        penghubung.

        Dalam melakukan kegiatannya otak memancarkan
        gelombang yang disebut gelombang otak. Gelombang otak ini dibedakan
        menurut frekuensinya, yaitu Gamma (berfrekuensi 16-100 Hz), Beta (12-19
        Hz), Alpa (8-12 Hz), Theta (4-8 Hz), Delta (0,5-4 Hz) dan yang terakhir
        ditemukan oleh Dr. Jeffrey D. Thompson, D.C., B.F.A . ,dari
        Neuroacoustic research, bahwa masih ada gelombang otak dengan frekuensi
        dibawah delta, atau dibawah 0.5 hz, yakni gelombang Epsilon. Semua
        gelombang tadi merambat di udara dengan kecepatan cahaya sebesar
        299.792,46 kilometer per detik.

        Gelombang otak inilah yang ditangkap oleh sensor di
        otak orang Indigo sebagai pembawa informasi dan dipancarkan kembali
        sebagai bentuk penyampaian informasi atau perintah. Gelombang otak
        berfrekuensi sangat rendah, sehingga mudah dipantulkan oleh penghalang,
        seperti partikel debu dan akan tersebar sehingga mudah dikumpulkan.
        Kebanyakan otak orang Indigo bekerja di gelombang dengan frekuensi
        sangat rendah (Alpha ke bawah).

        Kemampuan yang tidak umum dan aneh berikut ini
        sering dihubung-hubungkan dengan mistik. Padahal kemampuan ini murni
        kelebihan daya kerja otak dari manusia secara umum, hingga mampu
        terhubung dengan dimensi yang lebih tinggi.

        ∙1. Telepati∙

        Telepati adalah kemampuan membaca pikiran dan
        perasaan manusia atau makhluk lain sering dihubungkan dengan cakra mata
        ketiga � cakra adalah semacam lubang hitam (black hole) pada jiwa kita �
        yang posisinya terletak di depan kepala (dahi). Enam kemampuan setelah
        ini juga mengandalkan kekuatan cakra ketiga.

        Mata ketiga tersebut pada tubuh kita terletak di
        otak bagian depan. Secara fisik berupa ujung-ujung syaraf di kulit luar
        otak yang berperan sebagai sensor gelombang yang datang.

        Setiap kali orang berpikir dan beremosi maka otak
        akan memancarkan gelombangnya. Gelombang berfrekuensi rendah ini
        merembet dan memantul ke sana kemari dengan kecepatan cahaya kemudian
        diindra oleh sensor di otak orang indigo dan diolah di otak untuk diubah
        menjadi sebuah gambaran.

        Kemampuan membaca pikiran dan perasaan � menangkap
        gelombang � dimiliki hampir semua orang Indigo, termasuk juga anak-anak
        Indigo yang masih bayi. Sedangkan kemampuan berkomunikasi jarak jauh
        mengirim gelombang hanya dimiliki oleh orang Indigo tertentu saja.

        ∙2. Klervoyans∙

        Kemampuan untuk melihat kejadian yang sedang
        berlangsung di tempat lain. Sama seperti pikiran dan perasaan yang
        memancarkan gelombang, setiap peristiwa di alam juga memancarkan
        gelombang. Gelombang tersebut dipancarkan oleh setiap makhluk yang
        terlibat dalam peristiwa itu, bahkan benda mati sekalipun memancarkan
        gelombang dari gerak elektron pada atom dan getaran molekulnya.
        Kemampuan ini meliputi juga kemampuan melihat benda-benda yang
        tersembunyi atau berada di suatu tempat yang tertutup.

        ∙3. Prekognision∙

        Hal ini berhubungan dengan kemampuan memprediksi
        dan membuat peristiwa yang akan terjadi. Memprediksi peristiwa artinya
        menggambarkan sebuah kejadian yang akan terjadi sedangkan membuat
        peristiwa maksudnya menetapkan kejadian yang akan terjadi di masa depan.
        Kemampuan untuk menetapkan suatu peristiwa di masa depan termasuk
        kemampuan sulit yang jarang dimiliki oleh orang Indigo secara umum.

        Prediksi diperoleh dengan 2 cara, yakni dengan
        melihat langsung kejadian yang sedang berlangsung di masa depan atau
        membaca dan menyimpulkan data-data yang ada di masa sekarang dan
        menyimpulkan sebuah kemungkinan terbesar yang akan terjadi di masa
        depan.

        Cara pertama dilakukan dengan jalan mengembara di
        dimensi waktu. Rahasianya terletak pada keanehan sifat dimensi waktu.
        Dimensi waktu tidak berbentuk linier seperti dimensi ruang, tapi
        berbentukl spiral dengan arah putaran ke dalam dimensi ruang. Anda
        bayangkan tangga berputar berbentuk spiral di dalam sebuah gedung.

        Karena arah putaran spiral dimensi waktu mengarah
        ke dalam dimensi ruang, maka pancaran gelombang yang dipancarkan sebuah
        peristiwa di masa lalu atau masa depan bukan berasal dari luar tubuh
        tapi dari dalam tubuh. Meskipun datangnya gelombang dari dalam tubuh
        diperlukan usaha lebih keras menangkap gelombang ini karena sifat
        dimensi waktu yang bisa melebar dan menyempit tak terbatas (tidak
        berhingga). Inilah yang disebut mengembara di dimensi waktu.

        Namun di dalam dimensi waktu terdapat sebuah jalan
        pintas, yakni adanya dawai kosmik yang terletak memotong spiral waktu.
        Anda bayangkan sebuah lift yang memotong tegak lurus arah putaran tangga
        spiral tadi. Perjalanan dengan menggunakan lift pasti lebih cepat
        dibandingkan dengan menuruni tanggal berjalan berputar.

        Pada prakteknya mengembara di dimensi waktu bagi
        seorang Indigo cukup dengan konsentrasi dan membayangkan suatu waktu
        (Tahun, bulan, tanggal, atau jam) tertentu gambarannya bisa berupa
        kalender dan sebuah jam, dan melihat apa yang terjadi pada saat itu.
        Akan lebih mudah kalau ada orang / saksi yang diketahui terlibat pada
        peristiwa itu.

        ∙4. Retrokognision∙

        Berhubungan dengan kemampuan melihat dan membuat
        peristiwa di masa lampau. Yang dimaksud dengan kemampuan membuat
        peristiwa adalah menetapkan suatu kejadian di masa lampau dan itu
        berpengaruh kepada masa sekarang. Hal ini juga berhubungan dengan spiral
        dimensi waktu. Kemampuan ini sangat jarang dimiliki oleh orang Indigo
        karena jarang dipergunakan.

        Yang umum dilakukan oleh orang Indigo adalah
        melihat kejadian di masa lalu untuk menjelaskan suatu keadaan yang ada
        di masa sekarang. Biasanya yang dicari adalah sebab-sebab suatu
        kejadian, siapakah orang-orang yang terlibat dan bagaimana proses
        terjadinya.

        ∙5. Mediumship∙

        Orang Indigo mempunyai kemampuan untuk
        menggunakan ruhnya dan ruh orang atau makhluk lain sebagai medium. Orang
        Indigo mampu berkomunikasi dengan ruh untuk menggali informasi.

        Ruh adalah gumpalan energi hidup yang berstruktur
        (badan, kepala dan anggota badan ruh). Ruh menyimpan kenangan seperti
        halnya tubuh manusia dengan otaknya. Kenangan yang direkam oleh ruh
        berasal dari pengetahuan dasar yang bersifat idealis (berasal dari Sang
        Sumber) dan sudah ada sebelumnya serta pengalaman yang bersifat
        realistis hasil perjalanan selama hidup bersama tubuh.

        Melihat makhluk dan berkomunikasi dengan makhluk
        lain yang tidak terlihat tapi berada di dimensi kita termasuk dalam
        kemampuan ini.

        ∙6. Psikometri∙

        Bermakna kemampuan menggali informasi dan
        berkomunikasi dengani objek apa pun. Hal ini dimungkinkan karena setiap
        benda terdiri dari susunan atom yang membentuk molekul. Molekul pada
        benda padat, gas atau cair bergetar dan getarannya menghasilkan
        gelombang. Molekul dan atom itu juga dapat menyimpan rekaman suatu
        peristiwa. Rekaman ini bisa digali dan dibaca.

        ∙7. Sugesti hipnosis∙

        Orang Indigo yang tidak belajar hipnosis bisa
        menghipnosis dengan kemampuan telepatinya. Walaupun proses sugestinya
        berjalan lamban namun bersifat permanen dan bisa diwariskan. Contoh
        adalah hasil sugesti hipnosis yang dilakukan orang-orang Indigo seperti
        para Rasul, Nabi, wali dan orang suci lainnya. Pengaruh mereka masih
        terus berbekas hingga sekarang.

        ∙8. Analitik∙

        Kecerdasan (IQ) orang Indigo rata-rata di atas 120. Kelebihan dari orang biasa adalah kemampuan analisa data secara cepat, luas dan kontinyu. Data-data yang tersebar dan acak akan dikumpulkan dan saling dihubungkan dengan cepat. Sebuah kesimpulan atau jawaban atas sebuah pertanyaan atau permasalahan bisa diperoleh oleh seorang Indigo hanya dalam waktu beberapa detik, terutama yang berhubungan dengan analisa kejadian alam. Kemungkinan ini berhubungan
        dengan kapasitas dan kemampuan proses di otak yang lebih besar dari
        orang umum.

        ∙9. Telekinetik∙

        Telekinetik artinya menggerakkan benda dari
        jarak jauh. Pada umumnya berhubungan kuat dengan kemampuan telepati
        seperti sugesti hipnosis. Merubah perilaku orang lain dengan mengubah
        susunan genetik pada spiral DNA dan menggerakkan sel, kelenjar atau
        organ tubuh dalam sistem metabolisme tubuh. Kemampuan untuk menggerakkan
        benda dengan massa besar tidak umum dimiliki oleh orang-orang Indigo..

        Demikian sedikit yg bisa saya share..
        semoga bermanfaat
        SAlam Rahayu

      • mas wong bodo…suka nonton X Man ya….hahaha….

        kalu mengembara dalam mimpi…indigo bukan mas?! hehe
        dan mas bodo bisa mengendalikan mimpi ga?! haha

      • anda sbg makhluk yang namanya manusia,
        diturunkan bersama agama…kurang jelas?! Aduh heh….

  21. sedulurku kabeh sing di tresnani gusti ingkang agung. ojo podo ngapir-ngapirne wong liyo sopo ngerti wong iku kapir nek matane menungso tapi iman nek kersane gusti allah.lha nek awake dewe ngapirne wong liyo njelalah tibake, awake dewe sing kapir opo g di guyu mbi bocah cilik. makane dulur ayo di toto cangkeme dewe dewe.nuwun pangapunten ki sabda ngomong kulo radi kasar.mending ngingu manuk apik nang njero kurungan elek,timbang kurungane apik isine manuk emprit

  22. Salam, Sugeng ndalu kagem para pinisepuh

    sing sabar lan tansah waspodo, sejatining waskito manggon ono atine dewe-dewe sababe iyo wis podho duwe pilihan kang wis ana kepestene.
    kagem Ki Sabda, matur nuwun.

    @TS atau siapapun andhika,
    Asal tahu saja, sebagian besar rekan-rekan disini juga orang Islam yang mumpuni ilmu dan keimanannya.

    Rekan-rekan semuanya, nuwun pangapunten
    Salam Asah..asih …asuh
    Keep on the track, donot be agitated.

  23. sedulurku kabeh sing di tresnani gusti ingkang agung. ojo podo ngapir-ngapirne wong liyo sopo ngerti wong iku kapir nek matane menungso tapi iman nek kersane gusti allah.lha nek awake dewe ngapirne wong liyo njelalah tibake, awake dewe sing kapir opo g di guyu mbi bocah cilik. makane dulur ayo di toto cangkeme dewe dewe.nuwun pangapunten ki sabda ngomong kulo radi kasar.mending ngingu manuk apik nang njero kurungan elek,timbang kurungane apik isine manuk emprit.ndang pikir artine

  24. kancaku kbeh ojo sok ngapir ngapirne liyan,sopo ngerti awake dewe sing kapir.kapir nek matane menungso ga opo-opo, tp sopo sing iso njamin ora kapir nek ngarepe gusti kang moho agung.makane konco ayo di toto cangkeme dewe-dewe.ndlok menungso ojo ko njabane tp deloken sifate ,……..migunani kanggo liyan opo ora nuwun ngapunten ki ngomong kulo kasar.tp niki ungkapan teko njeroning ati……salam sih katresnan

    • @Ki Selo,

      Blog ampuh ini disimak buanyak orang di …. seluruh jagat – mungkin juga di alam sana (-: – termasuk oleh yang tidak bisa berbahasa Jawa. ‘Sedulur’ yang kelihatan jelas anti kejawen dan suka mengkopar- kapirkan orang ini , menurut penerawangan saya yang sering meleset, tidak bisa berbahasa Jawa …

      Orang2 yang tidak bisa bahasa Jawa , menurut saya, SAMA derajatnya dengan kita yang bisa berbahasa Jawa. Orang lain adalah saudara kita juga, apapun SARA nya, tapi nampaknya tidak semua orang setuju dengan pernyataan ini … Ya, orang kan punya … hak untuk tidak setuju. Sudah sejak , paling tidak, tahun lalu sedulur kita yang satu ini …. aktif menyuarakan anti kejawennya, malah sering ‘ngenyek’ yang mbaurekso blog ini – menyarankan agar blog bubar atau dia mengambil alih blog ini dari Mas Sabda ….

      Saya tahu adaaa saja orang ….gendeng dimana saja, meskipun ngaku sehat,waras …Saya jan orang awam, cuma punya aji2 …. katresnan yang sering saya obral …(-: Juga untuk sedulur yang satu ini ….

      Salam katresnan

  25. Salam Rahayu & Salam Kenal kpd Para Pinisepuh & Semua sedulur yg ada di blog ini.

    “maa’f ijin nyimak injiih.”

  26. dulur ojo sok ngapir ngapirne liyan.sopo ngerti awake dewe sg kapir.makane dulur ayo di toto cangkeme dewe dewe.sing penting urip mu migunani kanggo liyan sg mbutuhke pitulungan.nuwun pangapunten ki ngomong kulo radi kasar.tp niki metu saking ati sing jeru.kok gampange wong memvonis liyan miturut udele dewe

  27. jaman soyo aneh.akeh wong ngapirne liyan.la sopo ngerti deweke sg kapir.opo gunane urip nk ga ono manfaate kanggo liyan.aq bodho tp aku due guru yo iku nurani.aku arep nyolong nuraniku ngomong nk g oleh.monggo di toto cangkeme dewe dewe.nuwun pangapunten ki nk ngomong kulo mboten mernahi penggalihing njenengan.salapm rahayu

  28. @ki selo matur sembah nuwun ki…injih ki leres menopo ingkang panjenengan babar panjenengan estu lantip waskitha lan permana sanes wekdal mbok bilih panjenengan kerso maringi wejanganipun damel kawulo lan poro sederek sedanten ing gubuk eyang sabda puniko supados kawulo ingkang cubluk niki saget kecipratan ngelmu sejati panjenengan dhalem tenggo njih ki..matur sembah nuwun

  29. …….Saya ingin mengenal lebih banyak tentang kejawen …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 909 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: