2012 (4)

Dulur-dulur semua yang budiman

Bulan Suro Culiko sebentar lagi usai. Kelanjutan bulan Suro-culiko, memasuki tahun wawu.

01. Tanggal Masehi : 28 Desember 2011
02. Dina – Pasaran : Rêbo Kliwon
03. Tanggal Jawa : 01 Sapar 1945 – Wawu
04. Tanggal Hijriah : 02 Shafar 1433 (H)
05. Windu-Lambang : Sengårå, Kulawu
06. Nama Wuku : Gumbrêg
07. Môngsô : Kapitu – Palguna (22/11 s/d 02/02)
08. Sadwårå : Wurukung
09. Haståwårå/Padewan : Guru
10. Sångåwårå/Padangon : Dadi
11. Saptåwårå/Pancasuda : Lêbu Katiyub Angin
12. Rakam : Kala Tinantang
13. Paarasan : Lakuning Srêngéngé

Persaingan antara kepentingan politik kian memanas, ketat dan carut marut. Masing-masing kekuatan jahat mengerahkan segala kemampuannya untuk memenangi pertarungan. Energi jahat melawan energi jahat.  Mulut-mulut lebar saling berkoar mencari menangnya sendiri. Sandiwara politik kian menggemparkan. Akrobat politik semakin menakjubkan. Semua berebut benarnya sendiri, berebut butuhnya sendiri, berebut menangnya sendiri. Skandal ditutup dengan kasus baru. Kasus-kasus lama diam-diam disimpan untuk amunisi bila kelak diperlukan. Manusia lupa kemanusiaannya. Mana sesungguhnya binatang mana sesungguhnya manusia sulit diidentifikasi. Banyak orang lupa siapa jati dirinya. Skandal ditimbun kasus baru. Gali kasus tutup kasus, gali skandal tutup skandal. Nasib bangsa ini berada ditangan generasi penerusnya. Kaum intelek dan akademisi, dan semua yang telah sadar akan jati diri. Yang telah merdeka lahir dan batinnya. Para putra-putri Nusantara yang telah kenyang akan segala macam ancaman dan intimidasi yang digemari oleh jiwa-jiwa fasis (termasuk “theo-facism“). Semua itu tak akan pernah ciutkan nyali jiwa-jiwa merdeka generasi penerus bangsa.

RUNTUH 2012

Menggah ingkang tansah eling lan waspada. Wus akeh pratanda jaman. Suro-culiko, mowo pratondo jugruging wewangunan. Runtuhnya beberapa jembatan, runtuhnya  tembok pembatas, runtuhnya tiang pancang, runtuhnya bangunan sekolah, runtuh tebing-tebing bukit menimpa rumah-rumah warga, runtuhnya pesawat ke belukar hutan, runtuhnya gerbong kereta, runtuhnya kapal besar ke dasar laut. Gunung-gunung meruntuhkan debu dan laharnya ke daratan. Sungai-sungai meruntuhkan tebing dan bantaran membawa reruntuhan pasir dan bebatuan.

Kita akan memasuki tahun di mana terjadi fase keruntuhan. Rutuhnya perekonomian nasional dalam kondisi paling parah sepanjang sejarah, akibat ulah para rampok dan gerombolan kecu kekayaan negara. Ditambah lagi efek domino runtuhnya perekonomian dunia. Runtuhnya wibawa politik para penguasa dan wakil rakyat akibat tindakan lacur dan lancung. Runtuhnya kredibilitas penegakan hukum akibat keberpihakannya pada uang dan jabatan. Runtuhnya kejujuran para pendakwah agama akibat kepentingan periuk  dan bermodalkan buaian kata-kata. Runtuhnya jiwa-jiwa manusiawi menjadi angkara murka. Runtuhnya humanisme menjadi sadisme. Runtuhnya adab menjadi biadab. Runtuhnya moralitas menjadi amoralitas.

Namun  prinsip balancing tetap berlangsung secara ilmiah dan alamiah. Suatu fase  dimulainya keruntuhan pola-pola pikir lama yang telah lapuk dan jamuran. Runtuhnya kesadaran palsu dan berseminya kesadaran sejati. Temuan-temuan dan bukti-bukti baru mengoreksi sistem pemahaman dan pengetahuan lama yang masih sangat terbatas. Demikian pula segala sesuatu yang telah lama diruntuhkan oleh ketidakadilan dan kebodohan kini pada gilirannya bersemi tumbuh kembali.  Menyingsing mentari harapan baru dari ufuk timur. Satu demi satu angkara murka di ufuk barat runtuh. Di penghujung keruntuhan dan kehancuran, perlahan namun pasti segala sesuatu kembali ke asal kesejatiannya. Mulih menyang sangkan paraning dumadi. Kiamat sebagai berakhirnya suatu hal, namun juga sebagai lahirnya sesuatu yang baru pula. Tesis-antitesis-sintesis. Hukum dinamika yang bisa saja tertunda oleh ulah manusia, namun tetap akan menggelinding tak terelakkan dan tak dapat dicegah oleh siapapun dan apapun juga.  2012 suatu waktu jutaan orang penuh takjub bercampur takut.  Gunung-gunung di seluruh negeri seolah ingin memberi bukti bahwa mereka adalah makhluk hidup juga yang harus dihargai dan dihormati bangsa manusia. Bagai dikomando, mampu meletus nyaris bersamaan, namun tak ada korban jiwa di antaranya.

Njeblosing bumi kairing tinarbukaning gunung anyar,
Gelap ngampar peteng ndedet lelimengan,
Kilat thathit teja mangkara-kara,
Toya segara kadya kinoclak-koclak,
Kawah condro kinebur-kebur,
Tidar mili lendut,
Bahrawa pening kinobar gni,
Kumitir lir pecut penjalin tingal,
Geni kalawan angin lir gundolo sosro
Kadya ta anjebolna bumi,
Sanalika byar padhang terawang,
Amijil satria kembar,
Dudukuh ing satengahe bumi segara umbel,
Lir tumetesing tirta kamandanu,
Pinangka tetulak goro-goro,
Murih tinarbuka gerbang Nuswantara.

“Selamat Tinggal”…

Selamat tinggal tahun 2011, tahun kawelasan, tahun yang tak pernah ada lagi dan tak pernah terulang sampai kapanpun juga. Sebagai tahun yang berat, tahun untuk mawas diri. Tahun yang telah sangat berjasa menggembleng mental lahir dan batin supaya menjadi pribadi-pribadi Nusantara sejati yang mumpuni. Tahun segala macam laku prihatin dan tahun untuk instropeksi diri untuk menuai hasil gemilang di tahun berikutnya. Kecuali yang ndablek, peragu, plinplan, akan menjadi semakin bingung dan membingungkan. Tahun untuk manêgês mohon kawêlasaning Gusti, kawêlasan bumi pertiwi, akan segera berlalu meninggalkan jejak langkah kaki kita. Yang akan segera menjadi sejarah dan hanya bisa dikenang di masa depan. Kita tanam segala macam kebaikan di tahun 2011 untuk mulai dituai pada tahun 2012.

Selamat datang tahun 2012,  terasa paradoksal, sebagai tahun wiwit silêmé prahu gabus (tenggelamnya “perahu gabus”). Mulai terjadinya segala sesuatu yang seolah tak mungkin terjadi. Sesuatu yang di luar nalar menjadi di dalam nalar. Tahun 2012 masuk ke dalam suatu fase di mana secara disadari atau tidak, seluruh makhluk dipaksa untuk bermeditasi oleh gelombang medan magnetik galaktika yang berubah secara signifikan.  Perubahan energi level makrokosmos sangat berpengaruh terhadap tatanan energi spiritual level mikrokosmos. Tahun 2012 masuk ke dalam suatu fase di mana secara disadari atau tidak, seluruh makhluk dipaksa untuk bermeditasi oleh gelombang medan magnetik galaktika yang berubah secara signifikan.  Perubahan energi level makrokosmos sangat berpengaruh terhadap tatanan energi spiritual level mikrokosmos. Setiap zaman baru akan meretas manusia generasi baru. Manusia baru yang telah dimeditasi oleh gelombang energi makrokosmos sejak di dalam alam kandungan ibu. Hasilnya lahirlah anak-anak indigo dan kristal sebagai manusia generasi baru yang akan mengisi zaman baru di mana kesadaran manusia tidak lagi bisa dikurung oleh dogma.

Dinamika meliputi seluruh lini kehidupan tanpa kecuali. Yang mampu berselaras akan lolos dan mendapat anugrah pencerahan hidup (awareness) yang lebih baik. Sehingga lebih mudah menggapai kesuksesan hidup, mampu menjadikan tahun 2012 sebagai tahun penuh keberuntungan dan berkah. Yang tetap bersikukuh untuk tetap berada di dalam “tempurung kesadaran semu” dan yang tetap nuruti rahsaning karep, akan semakin tidak memahami apa makna dari sinergisme : sing-gawe-urip–>urip–>nguripi. Sehingga beresiko besar menderita penyakit stress dan depresi berkepanjangan, yang dapat berujung menjadi kênthir dan majnun. Yang bernasib demikian ini, tahun 2012 bukan menjadi tahun keberuntungan tetapi awal suatu kesengsaraan yang berujung pada kandasnya perahu kehidupan.

Tahun 2012 fase runtuhnya ekonomi dunia, berimbas pada kebangkrutan parah tata perekonomian di Republik Indonesia. Situasi yang sulit terutama bagi yang belum begitu memahami kuncine urip. Sing sapa seneng gawe panguripan marang liyan, bakal antuk panguripan lan dayaning urip. Suwalike sing sapa seneng gawe pepati marang liyan, bakal nemahi bilahi lan pepati. Kita semua sedang memasuki fase runtuh. Nusantara memasuki saat-saat paling berat, seumpama sedang digodok di dalam kawah candradimuka. Bagi penguasa yang sedang berkuasa pun, tentu akan sangat berat melewati tahun 2012. Dan berakhir dengan ucapan,”selamat tinggal…rakyatku..! Hanya penguasa yang ampuh lahir batin saja yang mampu melewati tahun 2012. Dan hanya para kesatria bangsa yang selama ini masih piningit (sedikit bicara-banyak bekerja, tidak terkenal-namun banyak sekali jasa dan prestasinya) yang akan lolos seleksi alam. Para kesatria yang telah memenuhi syarat, genep lakune untuk mengemban tugas sebagai satrianing nuswantara.

Dirga-Hayu

Di tahun 2012, semoga keselamatan dan keberuntungan selalu berlimpah kepada sedulur-sedulur semua, kepada seluruh pembaca yang budiman di sini dan di manapun berada. Dan kepada seluruh warga bangsa Nusantara, rakyat Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Jayalah bangsaku, sejahtera lah negeriku.

01. Tanggal Masehi : 1 Januari 2012
02. Dina – Pasaran : Minggu Wagé
03. Tanggal Jawa : 05 Sapar 1945 – Wawu
04. Tanggal Hijriah : 06 Shafar 1433 (H)
05. Windu-Lambang : Sengårå, Kulawu
06. Nama Wuku : Warigalit
07. Môngsô : Kapitu – Palguna (22/11 s/d 02/02)
08. Sadwårå : Tunglé
09. Haståwårå/Padewan : Kålå

Biarpun negeri saat ini tengah dianiaya dan hendak dihabisi oleh penghuninya sendiri. Namun janganlah berkecil hati sedulur-sedulurku semua. Kita masih memiliki berjuta rakyat yang sadar diri sebagai manusia sejati. Yang telah memahami akan jati diri. Yang siap menebar benih-benih kedamaian & kasih-sayang kepada seluruh penghuni bumi pertiwi. Dan masih banyak para patriot bangsa yang penuh semangat juang demi membela keutuhan NKRI. Walau selama ini masih berdiam diri, hanyalah menunggu saatnya yang tepat tiba. Wilujeng rahayu kang tinemu, bondo lan beja kang teka. Saking wasesaning Gusti.

Salam karaharjan

Patriot Bangsa

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Desember 25, 2011, in 2012 (4). Bookmark the permalink. 1.058 Komentar.

  1. Kang Yhredaya hahahaha tenang saja kang saya hny guyon,dulu jauh sblm sy tahu ttg blog ini,masih lugulah.waktu sy msh krj di percetakan di belakang percetakan itu ada sebuah kali buatan yg kering,pas sedang istirahat jam 12 siang dibelakang rmh sy didatangi sosok gaib seorang kakek sepuh berpakaian hitam2 seperti jawara masa lalu dan sy mencium bau ratus,kakek itu bilang pd sy di kali itu ada peti berisi perhiasan dan peti itu yg jaga adalah jin pribumi guede banget.kakek itu bilang kalo sy ingin tinggal ambil saja tdk apa2 minta saja nanti pasti dikasih,wkt sy lht mmg benar di kali itu ada sebuah peti kuno besar dan wkt di buka banyak sekali perhiasan seperti kalung emas,gelang emas,batu permata dsb.di situ jg ada tembikar kuno kata kakek itu dulunya di tmpt itu adalah bekas tmpt pertempuran di jaman kerajaan kuno,sy sebenarnya tdk terlalu peduli ketika kakek itu menyuruh sy mengambil peti trsbt krn sy tahu itu butuh beaya yg tdk sedikit untuk mematrialkan kedunia nyata.begitulah pengalaman usang saya yg jls tdk ada manfaatnya tuk meraih kesempurnaan hidup.kecuali kalo di kasih sendiri oleh yg punya itu lain lagi.nuwun

  2. @dewi
    firaun dengan budaya piramidanya yang sangat tinggi yang di jawa terkenal dengan lambang segitiga, katolik bapa putra dan roh kudus sambil tangannya bergerak membuat tanda segitiga, brahma wisnu siwa, bisa juga dilambangkan gunungan termasuk cemara putih dari ramalan jayabaya, pohon cemara adalah piramida tata susunan bertingkat, islam di level 7, budha ada di level 8 semuanya masih belum tuntas, tugas para nabi dari semenjak nabi adam, ibrahim dan semua nabi2 adalah menyusun kitab kehidupan yang terstuktur dengan tata susunan bertingkat-tingkat seperti bangunan piramida yang ada batas-batas yang jelas dan terukur, tetapi semua nabi-2 tersebut gagal semua karena tidak tahu apa itu ajaran universal yang bisa dipakai untuk berpribadi secara benar, untuk berwarga masyarakat, berwarga negara, berwarga kawasan dan berwarga dunia dengan benar dan berkewajiban membangun surga di atas bumi secara bersama-sama untuk kita juga ketika kita dibangkitkan dan reinkarnasi hidup kembali dengan tubuh yang berbeda sebagai anak cucu kita sendiri supaya kehidupan kita yang akan datang ada di bumi yang sudah menjadi lebih baik , semua kitab suci ketika dibawa naik keatas dihadapkan kepada tuhan a-1, semua ditolak termasuk al quran, karena semua kitab suci tersebut ditulis oleh para pengikut dan murid2 nya dan sudah ditambah-tambahi dan di kurang-kurangi dengan ambisi2 dan keinginan2 tersembunyi para penulisnya, tidak obyektif dan kontekstual, belum bersifat universal yang bisa dipakai oleh semua umat manusia walaupun berbeda-beda agama dan keyakinannya tetapi satu juga tidak ada dua kebenaran, bhineka tunggal ika

    gunung piramida di jawa barat belum jelas, tapi ada satu dewi dari jawa timur datang memperkenalkan diri sebagai dewi patok geni bertugas menjaga wilayah jawa timur, semua dewi2 tersebut kan pembantu god feminim atau ibu bumI, sebagai panglima wilayah tertentu, termasuk krk yang menguasai wilayah laut selatan, dewi lanjar wilayah laut jawa dst

    • @ Wongsorejo,

      maturnuwun pak wongso, sepertinya aura Tuhan feminin perlahan-lahan, mau tidak mau, siap tidak siap, akan menyeruak ke atas permukaan bumi/ dunia ini…

      nama2 dewi yang njenegan tuliskan di atas sangatlah baru bagi pengetahuan saya, semoga sedikit demi sedikit pengetahuan saya semakin berwarna, berkat ngangsu kaweruh bersama poro pinisepuh yang terhormat di blog ini.

      Konsep piramid Fir`aun menyimbolkan orang yang sudah waskito di jamannya.., hanya waktu saja yang akan membuka tabir tentang apa yang sebenarnya terjadi pada jaman itu, sedikit info dari dokumentasi pengangkatan mummi fir`aun yang di bongkar oleh ahli bedah perancis, sedikitnya 9 orang pembantu/ assistentnya yang warga arab meninggal secara misterius, hanya warga perancis sendiri yang selamat, ntah apakah ini kutukan si fir`aun yang merasa dulu dia mungkin meninggalnya secara tak wajar, sehingga arwahnya masih belum damai di sisiNYA, dan dia sangat mendemdam pada warga keturunan arab/ mesir?…

      Tentang piramid di garut, untuk saat ini semua warga nusantara hanya bisa menunggu-nunggu kelanjutan ceritanya… tapi di ruang 2012 ini sudah mengisyaratkan bahwa terbongkarnya suatu ‘gunung’ nanti inilah yang akan mengantarkan indonesia menjadi mercusuar dunia…

      Kalau memang di gunung garut ada piramidnya yang usianya lebih tua 10 rb th dari piramid di giza, maka ke-3 kitab babon dunia itu bisa di pastikan hanyalah bikinan manusia saja yang bersumber dari budayanya setempat pada waktu itu…

      @ Yhredaya,

      I recieve no komment from you today and I miss you already dear…

      Ok, Please tell me more about what is inside the Semar belly, I thank you very very much.

      @ Widodo,

      Terima kasih infonya di ruang sebelah, ya semoga itu benar apa adanya, siapapun yang menjadi presidennya, siapun yang menjadi tim sukses pembongkarannya, siapapun yang mendanainya, siapapun yang bisa berjasa dan berguna bagi nusantara, wajib kita apresiasi…

      Hmmm, diam2 njenengan itu menghanyutkan ya… pengalaman spiritualnya itu lho, bikin mas –bejo- dan semuanya menanti- nanti cerita njenengan selanjutnya…

      @ Baok,

      He he he… saya tahu akang lagi baca sambil senyum2 dari atas… masuk dong sayang… jangan hanya ngintip dari balik jendela aja….

      Smangat… smangat… smangaaattttt….!!!

      Salam gembira,

      Dewi

      • kaget aku… lagi ngintip di atas genting discotik jadi jatoh deh heheheee..
        @bu guru dan seupuh semua…salam hormat.


        haturtengkiyu.

      • Salam Mas Baok……Mas Widodo….JDD…..

        Mas Baok….saya juga ikut mau ngintip bu guru mengajar….he he he ….sudah hampir diatas….apes juga…gedhabuk ….jatuh…dindingnya licin…. kik kuk….

    • @ Yhredaya and Cah Pathi,

      Ngomongin pemfokusan meditasi, khususnya fokus pada kegembiraan diri…, mengingatkan saya pada meditasi ‘Bio Energy Ratu Bagus’… tidak ada istilah tenang dan damai dalam meditasinya, sebaliknya tertawa dan jingkrak2 adalah ritualnya dengan tujuan untuk membangkitkan kegembiraan dari dasar diri…, ibaratnya kesedihan 1000 hari bisa di bilas dengan satu kali senyuman saja, apalagi tertawa lepas terbahak-bahak…, selain itu dengan berjingkrak2, bertujuan untuk menggetarkan seluruh otot dan syaraf tubuh, tertawa lepas akan mengeluarkan seluruh beban psikologis dalam diri/ jiwa… meditasi ini untuk segala usia dan sudah terkenal di seluruh dunia…

      Ini dia passwordnya kalo mau bermeditasi obat tertawa “om swastu ratu bagus”…

      http://www.ratubagus.com/Indonesian/Meditasi+Bio-energi

      Btw, saya pernah mencobanya sekali saja, dan saya tak bisa mempraktekkannya lagi… he he he…, tidak semua orang cocok dengan meditasi model ini, saya lebih suka bermeditasi yang duduk tenang dan fokus pada kejernihan batin…

      @ Baok dan Widji Midjil,

      Ini sekolah kayak ‘universitas terbuka’, hanya saja versi di kahyangan menjadi ‘diskotik terbuka’ nggak pake atap2an…

      Weee lha da lah… mak gedebukkk!!… yang licin apanya???… masak lapisan langit pada bocor????… mungkin habis hujan kemarin… ntar tak bilangin ke Ki sabda supaya di tembel pake lem anty hujan dan anty petir… kwkwkwkwk…

      Hmmm, Bisa saja para senior ngerjain muridnya yang masih belajar bersilat lidah eh silat jari-jari ini… he he he… kik kuk… kik kuk…

      Salam gembira,

      Dewi

    • @ Yhredaya, Cah Pathi,

      Menarik sekali diskusi perbincangan njenengan berdua mengenai ‘keabadian yang sejati’, dari sisi spiritual kangmas Yhredaya menanamkan rasa ‘byar padang terawangan awang-uwung sing ono mung ingsun’ sebagai babon dari seluruh jagad mikro dan makro asal usul jiwa dan kembalinya jiwa, sedang dari sisi spiritual kangmas Cah Pathi mendisiplinkan rasa ‘ketiadaan/ kehampaan’ yang lebih bersifat universal pun tanpa embel2 ingsun…

      Kiranya njenengan berdua bisa melanjutkan diskusinya, dan kami akan dengan senang hati duduk manis, menyimak para suhu membuka piwulang serta memberi wejangan dan wewalernya tentang jagad kasunyatan yang sejatinya, maturnuwun.

      @ A-nonim,

      Hmmm, Nyi Roro Kidul (NRK) dan Kanjeng Ratu Kidul (KRK) berbeda?… bedanya apa mas, kok rasanya sangat menarik sekali untuk di kupas, monggo di beberkan nggih, maturnuwun.

      @ Anggo_RO

      Sami2 maturnuwun mas, sampun kerso tepangan kale kulo, kulo tasih sinau ten mriki lan ugi njenengan nggih sampun apresiasi kale kulo lan marang pada poro pinisepuh sedoyo ten mriki.

      Salam rahayu,

      Dewi

      • @ A-nonim,

        Hmmm, Nyi Roro Kidul (NRK) dan Kanjeng Ratu Kidul (KRK) berbeda?… bedanya apa mas, kok rasanya sangat menarik sekali untuk di kupas, monggo di beberkan nggih, maturnuwun.

        ————————-

        @Dewi,
        Monggo pinarak wonten mriki

        http://gantharwa.wordpress.com/2007/01/13/kanjeng-ratu-kidul-vs-nyi-roro-kidul/

        @ A-nonim,
        Mbok menawi wonten ingkang badhe dibabar malih bab KRK lan Nyi Roro Kidul.. Kula ndherek ngangsu kawruh wonten mriki

        Berkah raharja,

      • @ Basiyo,

        Sugeng dalu lan salam kenal pak Basiyo, Maturnuwun atas linknya, ini juga menambah wawasan saya tentang KRK adalah yang asli Ratu penguasa laut selatan, sedang NKR adalah assistentnya saja, hmmm, andai saja mas Gantharwan sebagai penulis bisa hadir disini, kami akan senang berdiskusi untuk mengetahui seluk beluk peradaban benua Atlantis ini.

        @ Yhredaya,

        Dear how are you?.. why are you posting it twice?, even the same the third one…, be happy, go forward, and I`m waiting for your next letter of your thought… smangat… smangat… smangaaaatttt!!….

        Salam senyum,

        Dewi

  3. @mbah wongsorejo ingkang wicaksana nuwun mbah. Kalo menurut saya mbah piramid itu adalah lambang kerajaan kutai lama pajajaran majapahit mataram,yang kelima adalah pancer bapa akasa ibu pertiwi di lambangkan dg wit randu alas letaknya berada di tengah2 bumi nusantara ini(bisa di lihat di buku atlas)itulah ajaran purwo kejawen yg paling tua didunia dan di wit randu alas itulah gong sabdopalon di tabuh dan yg mendengar gong itu rata2 org jauh dan di sekitar lingkungan randu alas situ ada pusaka berupa oncor/obor ini hasil adol rungon kulak warto kalo salah ya jangan di seneni/dimarahi di nusantara inikan papan tanpo tulis banyak semebar misalnya di rahtawu ada sendang bidadari,ada petilasan dg nama tokoh2 pewayangan,di rahtawu kalo ada wong mantu tdk boleh nanggap wayang kulit kalo ketoprak atau wayang orang tdk apa2.di bawah jembatan kaligelis sebelah kidul ada kuburan gaib yg sangat bagus sekali dan ada sebuah peti berukiran indah di sekitar situ.semua itu adanya hny di alam astral,ttg joglo semar kemarin sy jalan2 naik motor dan teringat dg masjid kuno buatan sunan kudus bentuknya seperti joglo dan bangunannya dari bata dg ciri khas hindu dan semarnya itu adalah spanduk sablon milik warga sekitar yg buka usaha dg nama ismoyo lengkap dg gambar kaki semar dan bila di urutkan jadinya joglo semar hahahaha kemarin mbah,wkt sy kesana jadi ingat sama @kang tembayat wkt kang tembayat crt ttg joglo semar itu ada di semarang tembayat ndak tahunya di kudus juga ada hahahaha,begitulah cerita sy mbah mohon maaf bila terkesan ngawur dan nyeleneh setidaknya bisa membuat hati saya riang gembira karena bebas dari tekanan sepindah malih kulo nyuwun lepatipun matur sembah nuwun salam sihkatresnan

  4. pribados ngahaturnuhunkeun kana tulisan salira.tlisan ieu mugi janten bhan pembelajaran kanggo diri ab kanggo bahan perenungan pikeun takarubilallah.
    Salam sejahtra tipribados
    ti BANJAR PATROMAN
    085321081638

  5. mbah mbambung bin gembel

    Salam Sih Ka TRI snan
    Kagem poro sedulur kinurmatan
    py RA mida
    ilmu tentang sistem kehidupan
    py RA mida adalah perwujuda tiga dimensi
    wujud dua dimensi dari py RA mida adalah segitiga
    segitiga makna nya TRI, maka TRI adalah suatu sistem kehidupan
    maka dalam jangka joyoboyo, SP bersenjata TRI sula wheda yang akan membawa nusantara jaya, artinya SP adalah seorang yang sosoknya harus membawa TRI sula wedha yang berbentuk suatu system kehidupan.
    maka dalam penganut agamis maupun spiritualime hampir semua nya menggunakan TRI, ada Tri nitas, Tri logi dien, Tri sula, dan tri tri tri yang lain kecuali mbak Tri ningsih ( langganan sego pecel ku >>???)
    bahkan simbol TRI juga di pakai oleh yahudi dengan menggunakan 2 segitiga yang tegak dan terbalik ( coba lihat bendera sbg simbol nya yahudi )
    ternyata mulai dr dulu sd skarang dr bangsa mesir dgn pi RA midanya dan Jangka Joyoboyo dgn TRI sula wedha nya dan Trinitas yg di yakini sd sekarang menggunakan TRI = adalah suatu sytem kehidupan, yang mana ini adalah kehendak Tuhan YME, Allah Bapak, Allah swt, Sang hyang Widhi, yhwh. Yahweh, Elia, Gusti atapun apalah sebutan atau nama NYA menurut kaum agamis ataupun spiritualisme.
    Nah sekarang TRI sendiri terdiri dari apa saja ?
    Dan bagaimana perwujudannya dari TRI ?
    sugeng wilujeng slamet kagem poro sedulur
    salam sih ka TRI snan

    • The Mystery of the Secret in RA.
      Sebuah Rahasia itu lebih jelas dari istilah Misteri. Untuk Rahasia hidup lebih banyak orang yg bisa membantu untuk membukanya. Setelah rahasia terbuka kadang juga seseorang belum tentu mampu untuk mengerti karena proses@karma dan kemampuan kita masing masing yg sering belum cukup matang untuk itu..
      Sehingga jadilah itu seperti “misteri” yg akhirnya muncul kata final yg tergesa gesa:
      »hanya Tuhan yang maha mengetahui..!
      Sering keluar dari mulut mulut yg latah..!
      Ruang lingkup Hidup istilah Tuhan(the mystery) ini menjadi momok yg justru “membatasi” pikiran dan logika dayapikir manusia untuk terlena dalam keterbatasan manusia itu sendiri. Ini tentu sebuah kritik bagi penyembah penyembah Tuhan dalam ikatan & rutinitas hidup dalam kebiasaan yg juga tidak jelas hasil realitas kemisterian-nya.
      Budaya leluhur kita tidak ada istilah garis “pemisah” seperti Tuhan-mu itu didalam dirimu atau Tuhan-ku ini didalam diriku dalam menggapai pengetahuan hidup untuk mengerti tujuan hidup di dunia ini.. kecuali manunggaling kawulo gusti dalam pengertian dan pencarian “makna” jatidirinya sendiri yaitu sabda-bayu-idep dalam dimensi bhur-bwah-swah,
      »Aku sebagai mikrokosmos yg selalu semangat dan bergembira dalam keserasian hidup.. bersama segala mahluk Alam Semesta “makrokosmos” dalam segala perbedaan “energy universal” yg berwarna warni.
      oOo

    • @ Cah Pathi, Suara Sunyi,

      Maturnuwun, saya menyimak obrolan njenengan sekalian, bahwa semuanya itu ada proses dan tahapannya, terutama dengan pencucian perut . btw, mohon kangmas berdua membeberkan tentang makna2 angka, pukul, kolom, manusia dan wanita… apakah ada suatu misteri atau rahasia di balik nomor2 itu? adakah korelasinya dengan hukum karma?… maturnuwun.

      @ Mbah Mbambung Bin Gembel,

      Maturnuwun atas pencerahannya tentang triangels, suwe ora jamu mbah, senang rasanya bila bisa bersua dengan mbah lagi…

      @ Yhredaya,

      You are the great sage, allow me to be your student, otherwise, I will follow your spirituality no matter what.

      We are the seed from one source, these particles will lead us to ‘Thy’ will be, to gather intoxicated particles and filter it, before it entering into the world of secret and sacred sanctuary, the eternity of the humblest INGSUN…

      Salam kaTRIsnan,

      Dewi

      • Salam poro pinisepuh..,
        @Jeng Dewi,
        Keputusan njenengan sudah pas dan benar untuk belajar dari @Kang ¥Hredaya.
        Mengenai makna -makna angka tersebut, sebenarnya di semua ajaran sudah dijelaskan secara gamblang, dan terbuka, memang ada korelasinya dengan @ Karma
        atau bertanyalah langsung dengan @Kang Suara Sunyi, yang mungkin sekarang sedang melanjutkan perjalanannya,
        Salam @Kang Suara Sunyi, semoga @Cahaya-Nya senantiasa meliputi-mu.

        Salam Damai,

      • @ Cah Pathi,

        Keputusan njenengan sudah pas dan benar untuk belajar dari @Kang ¥Hredaya…

        Oh yeah?… then why I can`t be your desciples?… he he he… kik kuk.

        @ Yhredaya, Wongsorejo, Mbah Mbambung Bin Gembel, Suara Sunyi, All

        Dewi Durga is fearless fierce compassion, Woman is the creator of the universe, the universe is her form, woman is the foundation of the world, she is the true form of her body. In woman is the form of all of things, that lives and moves in the world. There is no jewel rarer than woman, no condition superior that of a woman.

        Salam universe,

        Dewi

      • Tetap “semangat” dalam kepanasan politik dan kejahatan di negeri kita.
        What is the life for at rather the life is to do some of catching the mystery.

        Begitulah dalam mempelajari dan menjalankan samudra kehidupan ini seperti meraih kewajiban dalam trial dan error. Kalau mau mempelajari samudra kehidupan maka menyelamlah kedalamNya, tinggalkan gelembung nafsu dan ikatan kesombongan sebagai penghambat.., bawalah bobot pengetahuan agar mudah dalam penyelaman kita kedasar samudra.
        Apakah yg kita peroleh dalam perjalanan hidup.? Tentu “kesan” dari sejarah perjalanan itu sendiri.. bukan ujung/tujuan perjalanan. Kita sesungguhnya menyelam dikedalaman “proses” kehidupan itu dan mungkin sebelum ajal tiba belum pernah akan sampai didasar samudra yg katanya seindah nirwana . Hidup adalah Atma, Roh, sebagai tuhan kecil dalam kemisterianNya,
        Tapi jalan pengetahuan adalah jalan yg lebih menjamin “keselamatan” perjalanan hidup dari pada untuk tujuan akhir hidup itu sendiri.

        Salam ilmu pengetahuan Sang Dewi Saraswati.
        oOo

      • Salam dan selamat pagi kepada para Dewa Dewi kahyangan yang gemerlap ini……..

        Mas Hredaya….Mas Cah Pathi….JDD…..Mas Dalbo….Mas Sen Karna dan semua poro sepuh…..saya selalu mengikuti pencerahan dari Njenengan semua……..

        Dalam soal manusia mengaku ber Tuhan…..semoga meeka sebagai para pemotor atau penggerak hidup ….selalu bersemangat…bergembira…..urip nguripi…tangan kebawah…..hidup mereka yang harus manfaat untuk orang banyak…..salam rahayu…..

      • bawalah bobot pengetahuan agar mudah dalam penyelaman kita kedasar samudra.
        ————————
        jd inget suatu kisah (sejarah) sepele lan jlimet yaitu pengetahuan mengenai tekanan air (samudra).
        dan dibutuhkan korban (tumbal) sebagai trial dan errornya dalam memperoleh pengetahuan itu.
        tumbal itu adalah mereka yg jadi menderita sakit dan bahkan ada yg wafat karena menyelam ke kedalaman air tanpa proteksi tubuh.

        sementara kita yg berpijak pada permukaan bumi-pun bisa dikatakan sedang menyelam di dasar ‘samudra udara’ (atmosfir) planet ini dan ternyata pesawat terbang komersial-pun bagai kapal selamnya…namun kapal selam (laut) masih tetap sebagai gambaran mengenai sejauh mana manusia memahami dan mengusahakan teknologi tercanggih hingga saat ini.
        sempat juga mendengar gosip sindiran bahwa ada kru KS yg ndak PeDe/masih ragu2 dalam menyelamkan kapal selamnya.
        tapi bagaimanapun kita bisa (tetap) hidup, cenderung karena under pressure (sejatine ora ono gravity, sing ono mun ingsun aka force yg men-pressure)…jadi mari bergembira dan menyanyikan lagu kumbaya..eh..under pressure. (^_^)v

    • @ O`on,

      Hey O`on, I don`t think I feel under any pressure, especially about the INGSUN … he he he…, otherwise I`d like to follow you to become your student ^_^ … becouse you`re so adorable and accurate teacher of all times…. xixixixixi….

      @ All,

      Dewi Nawang Wulan adalah Kanjeng Ratu Kidul, Bidadari dari Khayangan yang pernah menjadi istri Jaka Tarub dan punya anak, yang kelak dari keturunan Dewi Nawang Wulan dan Jaka Tarub ini, akan melahirkan Raja-Raja Jawa. setelah pulang kembali ke Khayangan dan ternyata kurang diterima baik di Khayangan kembali turun ke dunia dan bertapa di Laut Kidul. Karena tapanya ini membuat laut bergolak, membuat Raja Penguasa Laut Kidul Panguoso Sagoro menjadi marah. Dan akhirnya dalam sebuah perang yang sebenarnya perang kecerdikan dan argumentasi, Dewi Nawang Wulan menang. Maka dinobatkanlah Dewi Nawang Wulan menjadi Ratu Laut Kidul, bergelar Kanjeng Ratu Kidul.
      Sejak Sang Ratu berkuasa maka sejak itu pulalah Kanjeng Kidul membantu manusia. digambarkan bahwa saat itulah saat awal dimana Ratu Kidul berkarya untuk manusia. Peristiwa ini terjadi di zaman Panembahan Senopati, zaman dimana Seorang Raja sangat membutuhkan bantuan moral dan spiritual dan sebuah kekuatan yang hanya ada di alam gaib. Kisah Nyi Roro Kidul dalam sinetron ini adalah kisah tentang ambisi atau keinginan Ratu Kidul untuk ikut membina calon-calon Raja Jawa…

      http://tomyarjunanto.wordpress.com/2008/04/23/sri-gadung-melati/#comment-1784

      Dhedhep tidem perbawaning ratri
      Anglangut ati bebasan tanpo tepi
      Amung marang sliramu sawiji
      Katresnanku duh wong ayu Sri Gadung Melati…

      Salam sungkem,

      Dewi

      • Now.. here We Are.
        Bumi kita sebagian besar adalah air, ilmuwan menyebut sebagai planet air, apabila kita berada diangkasa maka bumi ini terlihat sebagai bola “biru” yg selalu indah.. Duapertiga bumi kita adalah air setara dengan tubuh manusia yg sebagian besar adalah juga air, dan kita Manusia adalah bagian dari Makhluk Samudra, we are the part of the “blue print” of the atlantic..

        Permasalahan air tidak akan terselesaikan kalau hanya di”debat”kan, semestinya dipelajari, dimengerti dan di-solusi.. seperti dlm pelajaran kimia dasar tentang atom dan molekul dari ion ion besi dan mangan di dalam air, bila disolusi dg klorin maka air itu menjadi merah, disaat klorin sebagai oxydator (oxygen predator) yg dimaksudkan sebagai pembersih, tapi ber dampak sesungguhnya merupakan pembunuhan mikro-organisme hidup..
        Apakah “merah” berarti “marah”.? Lalu kita berrtanya pada diri sendiri dari gugusan multiplex ion2atom.. apakah Aku marah..? Oh no.. Aku hanya ikut merasakan sedih akan hal ini …
        This is about my own as the human being.. as human society..

        Begitulah yg terjadi di Samudra Kapal Selam saat ini.. dinegeri ini.. gejolak air Samudra juga bagian dari kehidupan ion-ion dan mikro-organisme, organik dan un-organik, virus bakteri n pathogen, selalu hidup dalam satu himpunan untaian kehidupan yg saling mengisi.
        Maka
        Bergembiralah.
        Selalu
        oOo

      • @ Yhredaya, Cah Pathi, O`on, Wongsorejo, Baok, WM, All,

        You all are my teacher…

        O`on said we`re even a part of the cell…
        Yhredaya said we`re a part of the karma…
        Cah Pathi said we`re a part of the atom…
        Baok said we`re a part of the parahyang…
        Wongsorejo said we`re a part of SP…
        WM said we`re a part of gusti allah…

        Salam student,

        Dewi

      • Apakah benar Dewi Nawang Wulan adalah Kanjeng Ratu Kidul? ini hanya sebuah logika atau berdasarkan tulisan kitab2 mbak? atau apakah atas pengalaman spiritual anda sendiri? jika memang Dewi Nawang Wulan adalah Kanjeng Ratu Kidul berarti Kanjeng Ratu Kidul telah bercinta dengan anak turunnya sendiri? Apakah seperti itu? nuwun

      • @ Raras,

        Maturnuwun, cerita tentang Dewi nawang wulan aka Nyi Roro Kidul itu saya mendapatkannya dari surfing di google, saya juga belum tahu pasti kebenarannya, untuk itulah saya mengkonfirmasikannya di blog ini, dengan harapan bagi yang tahu tentang siapakah sejatinya Kanjeng Ratu Kidul akan mengupasnya lebih luas dan lebar lagi.

        Terima kasih juga @Yhredaya yang telah membagikan pencerahannya, yang telah bersedia menyelam ke samudra yang luas Kanjeng Ratu Kidul sebagai pengalama spiritual yang luar biasa dalam memecahkan kemisterianNya.

        Salam rahayu,

        Dewi

  6. @Semuanya
    sedelumnya saya minta maaf.saya berpendapat bahwa setiap manusia pada dasarnya sama,cuma pola pikir yang beda.jadi siapa pun dan apapun agamanya tertuju pada satu titik yaitu TUHAN.jadi jaganlah saling mencela,mengafirkan dan mencari pembenaran masing masing.lebih baik kita cari kebenaran yang sesungguhnya,pada hakekatnya tujuan manusia itu menuju kematian.sekarang bagaimana caranya kita memanfaatkan hidup dengan sebaik baiknya dan menjadi bekal kita setelah kematian itu datang.
    salam perdamaian

  7. Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta
    Jumat Kliwon, 2 Maret 2012 Kali malang
    Salam bahagia semoga selamat dan sejahtera. Amin
    Sesanty ler khalis sambi kolo pinayungan nugrahaneng gusti hang murbo jagad royo.
    Rahayu, rahayu, rahayu

    Menimbang dan mengingat Perjanjian Gunungpati Kaliondo tumuju Kalimalang (kran pengairan bercabang), semoga dapat dijadikan satu pintu, satu komando, juga satu tujuan “kali_mah” (penentu perjalanan utusan alam).
    Ada kendaraan yang bisa ditumpangi untuk penyelamatan umat sebumirad. Bisa pakai Paspor Bulan Purnama (kunci 15) dengan Kereta atau memakai Perahu Sangkakala yang dibawa oleh Naga Kembar (kunci 21).
    Cokro kembang, suryo mekar sak angkupe.
    Sehabis lakon suryo kembar atau bulan kembar, tinggal merdeka atau mati sama dengan jaman perjuangan dulu untuk membela tanah kelahiran nusantara tercinta ini. Bedanya; perang ahklak, perekonomian dan 4 ras yang sudah kurang lebih 500 tahun lupa akan asal usulnya yaitu cina, belanda, jepang dan arab. Untuk itu rehapan alamlah yang bisa mengembalikan tatanan alam ini seperti apa yang diinginkan nenek moyang leluhur kita semua. (netepi baline tali wangsul / anetepi perjanjian bumi putih), yang tertera di Buku Putih Dunia.
    Indo – karta 21→→1335 “Tanah SeReal / pulau spsertiga”, yaitu:
    • Moja →→ Mataram Majapahit (bang wetan)
    • Uga →→Ujung Galuh (digaru/dibelah 2)
    • Musri →→ Mulawarman Sriwijaya (siap melampungkan sayapnya.
    • “sembodro larung” → masuk ke laut sama sama muangthai (TB)
    • “ tenggelam timbul wujud jati lahir sempurna “ →nguter (US)

    Semar – ang, Pintu Seribu
    Akhad Wage, minggu 11 Maret 2012
    Komando Tunggal ( SUPER SEMAR )
    Tribawono Bakti Manunggal
    Pambukaning jagad nggiri Noto Mustiko Kencono Manik Trimurti / Trihapsari
    Himbauan untuk sesepuh sekalian yang terkait. Apakah bisa menundukan kepala dan bersat, karena untuk sang hyang sirah tetap tidak bisa dirukunkan. Maka untuk urusan NKRI × (goro-goro / perang saudara) akhir bulan Maret-Juli (*bahkan perang ekonomi juga mencekam rakyat melebihi tahun 1965 kemarin).
    Adakah rasa keterkaitan untuk mengatasi situasi ini agar tidak terjadi hukum alam dalam rangka pemulihan alam. Bila menyadari tugas nya masing-masing, kembalikan apa yang pernah dititipkan pada kalian untuk rakyatmu, akankah sandiwara ini tetap berlangsung….?
    Ibu hanya bisa meminta dengan kerendahan dan kekuranganku, untuk menata ulang awal dari moneter, Pancasila, UUD 45, penghayatan jatidiri, dengan kesadaran penuh dan rasa tanggung jawab, dan keikhlasan kalian semua. Perlu diketahui untuk komando super semar di bulan Maret ini adalah(2) R M T (1)350, yaitu Rafles, Rose, Melati, Tulip :
    ( 1 ) Pintu – pengairan – wadah – jalan
    ( 3 ) Tribawono
    ( 0 ) global
    ( 5 ) Dalima Merah ( pandawa )yaitu Porbo, Panji, Joyo, Cokro, Suryo
    41 ( utusan jagad nggiri kencono manik )
    ( 4 ) Timur, Barat, Selatan, Utara
    ( 1 ) Pancer Bawono
    ( 2 ) Bopo ibu → 1 → Merpati Putih
    0 → Garuda putih
    Suryo bulan 1→ Bangau Putih

    Gajah Putih,
    Macan putih,
    Badak putih,
    Kera putih,
    Beruang putih,
    Kuda putih,
    Singa putih,
    Naga putih.

    Jati diri pungkasan ( purnama 15 ) yang harus di tanamkan untuk generasi penerus tanah air nusantara tercinta ini, adalah kemurnian yang seutuh nya “ Murty Sari Manunggal “.
    Cari pada diri kalian masing-masing dengan menerima kenyataan hidup di Jaman Kala Tinata abad 21 ini.

    1. Kukilo Toto Jalmo, yaitu khutut puteh, kutut wulung, podhang rojo, ayam puteh, ayam wulung, ayam wireng kuneng.
    2. Galihe Kangkung, Galihe kelor, Galihe batang pisang (dhebok bosok).
    3. Klungsune Tebu Ireng, Klungsune asem kawak
    4. Susuhe Angen, Pusere gong khayun
    5. Gedhang Setangkep, Serabi setangkep atau sekar mayang jambe
    6. Tepak bekas kaki nya kuntul yang melayang di angkasa .
    7. Kodok yang bisa menyumpal leng nya (rumah kodok itu sendiri).
    8. Geratane klopo aren (serak nya glugu aren )
    9. Daun Salembo (talas / sendhe)
    10. Kancing gelung ageman lawe ( jembatan suruh kelapa gading)
    11. Pangkal nya kayu jati
    12. Janur Gemulung lejar jati jari ( pawujukan)
    Dari sinilah manusia bisa menemukan jati dirinya yang sebenar-benarnya “Sampornaning Samporno”.
    SAH LA LIM (Sampurna alam hidup langgeng adanya lahir ingsun (aku), makhluk / manusia)
    Salam Damai dan Sejahtera selalu
    Cinta Kasih dari Ibu Mahanani Trisno Ningsih
    Mohon maaf atas segala kekurangan, huk amin
    Terima kasih

  8. ALLOH SEBAGAI MAKHLUK BIOLOGIS, SAMA SEPERTI ALLOH KAUM PAGAN

    Pendahuluan

    Tidak jarang orang yang masih Islam akan nyeletuk, “Kalau tuhan punya anak, berarti tuhan punya istri dong!”
    Demikianlah orang yang masih Islam tidak sadar, bahwa tuhan yang mereka pahami tersebut adalah tuhannya pagan Quraish, bukan Tuhan yang disembah Para Nabi. Kita pasti ingat, bahwa Alloh (tuhan orang Arab) sebelum ditauhidkan oleh Muhammad, dia beristri (Al-Manah) dan punya anak (Al-Latta dan Al-Uzza). Tanpa melalui hubungan seks, Alloh tidak bisa mempunyai anak.

    Dengan dasar konsep yang sama seperti pemahaman orang-orang Pagan, maka orang-orang yg masih Islam suka mengejek, “Tuhanmu punya anak, berarti punya istri. Siapa ya istrinya? hahahaha…”

    Anda tidak perlu malu bila diejek seperti itu oleh orang yg masih Islam. Justru anda-lah yang seharusnya mengejek orang tersebut, katakan, “Oh, jadi tuhan yang kau pahami itu adalah tuhan yang harus ngeseks dulu kayak manusia? Itulah tuhan yang kau sembah, yaitu tuhan yang serupa makhluk biologis, tuhan yg sama dengan tuhannya Pagan Quraish.”

    Pembahasan

    Alloh, tuhan yg disembah dalam Islam, adalah tuhan yg sama dengan tuhannya kaum Pagan Quraish, yaitu tuhan yang harus ngeseks dulu kalau pingin punya anak.

    Selama ini muslim telah tertipu, menyangka cukup hanya dengan melihat tauhid saja, berarti Alloh sudah berbeda dengan Alloh sembahan orang-orang Pagan Quraish. Padahal kenyataannya, Alloh ini adalah masih sama seperti sebelum Alloh ditauhidkan.

    Muhammad cuma menghancurkan “istri” dan “anak-anak”-nya saja, supaya Alloh menjadi “sendirian/single”. Namun Muhammad tetap mengadopsi konsep tuhan yg sama dengan tuhannya Quraish, yaitu tuhan yang harus ngeseks dulu bila ingin punya anak. Alloh tetap sebagai makhluk biologis, walau ia sudah dibikin single.

    Bacalah ayat karangan Muhammad ini, yang menunjukkan bahwa Alloh yang disembah dalam Islam masih sama seperti Allohnya kaum Pagan Arab (Quraish):

    QS 6:101. Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.

    Bagi yang sulit memahami kalimat di atas, akan saya bantu dengan penjelasan berikut.

    Bagaimana Sdr Crescent mempunyai anak, padahal Sdr Crescent tidak mempunyai istri?

    Itu logis, karena Sdr Crescent memang manusia, yang harus ngeseks dulu agar bisa punya anak.

    Ternyata, dengan kalimat logika yang sama, Muhammad terapkan itu untuk Alloh.

    Jadi, sekalipun Alloh sudah dibikin single oleh Muhammad, namun secara konsep, Alloh masih tetap sama seperti Alloh yang disembah kaum Pagan Quraish, yaitu Alloh yang harus ngeseks dulu kalau ingin punya anak.

    Tuhannya Para Nabi, walau mempunyai anak, tetapi Tuhannya Para Nabi bukanlah makhluk biologis seperti manusia, yang harus ngeseks dulu kalau pingin punya anak. Tuhannya Para Nabi adalah Tuhan yang Mahakuasa, cukup dia berfirman: “Jadilah”, maka jadilah. Dia bisa menciptakan anak-anak untuk diriNya sendiri tanpa harus ngeseks dulu kayak manusia.

    Di dalam literatur Yahudi/Nasrani, tidak pernah disebutkan bahwa Tuhan Laki-laki ngeseks dengan Tuhan perempuan, lalu lahirlah anak-anak Tuhan seperti yang dipahami oleh masyarakat Arab Pagan pada zaman Muhammad.

    Ini adalah bukti tambahan untuk kita, bahwa Alloh dan Tuhannya Para Nabi adalah SOSOK YG BERBEDA.

    Mulai sekarang, jangan lagi kita berangan-angan bahwa Alloh dan Tuhannya Para Nabi itu sama, karena sebenarnya Alloh bukanlah Tuhannya Para Nabi, melainkan Alloh adalah tuhannya kaum Quraish yang diubah oleh Muhammad menjadi sendirian (single) tetapi sosok dibalik nama tersebut tetap sama, yaitu “makhluk biologis”, sosok yang harus ngeseks dulu kalau pingin punya anak.

    ALLOH SEBAGAI BATU, SAMA SEPERTI ALLOH KAUM PAGAN

    Pendahuluan

    Biasanya, orang yg masih Islam suka mengejek umat agama lain sebagai penyembah berhala atau pelaku syirik.
    Kita tidak perlu marah atau malu bila diejek oleh mereka. Katakan saja begini kepada orang yg masih Islam tersebut, “Mengapa anda sujud ke arah Kabah? Bukankah di Kabah itu, ada berhalanya suku Quraish? Dengan anda sujud ke Kabah, sama halnya anda sedang mensujudi berhala suku Quraish tersebut.”

    Kalau orang yg masih Islam itu menjawab, “Itu hanyalah arah kiblat, untuk arah persatuan!”
    Jawablah orang yg masih Islam itu dengan logika sederhana, “Apakah anda juga akan percaya, kalau seandainya penyembah matahari membela diri dengan mengatakan matahari hanyalah sekedar sebagai arah kiblat?”

    Kalau orang yg masih Islam itu menjawab dengan ngotot, “Kami tidak menyembah batu, yang kami sembah adalah Alloh.”
    Jelaskan kepada orang yg masih Islam itu, “Di situlah jahatnya Arab, anda sudah ditipu. Karena sebenarnya, batu itulah manifestasi wujud Alloh.”

    Pembahasan

    Tahukah anda, bahwa Alloh, walau di Alquran dikonsep “tidak serupa dengan apapun”, namun sebenarnya Alloh itu memiliki wujud nyata di bumi ini? Wujud tersebut adalah BATU HITAM. Batu Hitam Hajar Aswad, adalah BERHALA KAUM QURAISH MEKKAH yang paling KERAMAT dan paling TINGGI kedudukannya. Berikut ini adalah riwayatnya:

    Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1 Halaman 162-163

    Konflik Orang-orang Quraisy dalam Peletakan Hajar Aswad

    lbnu Ishaq berkata, “Semua kabilah di Quraisy mengumpulkan batu-batu untuk pembangunan Ka’bah. Setiap kabilah mengumpulkan batu sendiri-sendiri, kemudian mereka membangun Ka’bah. Ketika pembangunan memasuki tahap peletakan Hajar Aswad, mereka bertengkar. Setiap kabilah ingin mengangkat Hajar Aswad ke tempatnya tanpa melibatkan kabilah lainnya. Itulah yang terjadi hingga mereka berdebat, saling sumpah, dan bersiap-siap untuk perang. Bani Abduddaar mendatangkan mangkok yang penuh dengan darah, kemudian mereka bersekutu dengan Bani Adi bin Ka’ab bin Luai untuk mati bersama dan memasukkan tangan mereka ke dalam mangkok darah tersebut. Oleh karena itu, mereka dinamakan La aqatu Ad-Dami (sesendok darah). Orang-orang Quraisy selama empat atau lima malam dalam kondisi seperti itu.”

    Penyelesaian Konflik

    lbnu Ishaq berkata, “Kemudian mereka bertemu di Masjidil Haram untuk berunding. Sebagian perawi mengaku bahwa Abu Umaiyyah bin Al-Mughirah bin Umar bin Makhzum, orang tertua di kalangan Quraisy berkata, ‘Hai orang-orang Quraisy, serahkan penyelesaian konflik kalian ini kepada orang yang pertama kali masuk ke dalam masjid.’ Mereka menuruti perintah Abu Umaiyyah bin Al-Mughirah, dan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjadi orang yang pertama kali masuk ke dalam masjid. Ketika mereka melihat Rasulullah Shaliallahu Alaihi wa Sallam sudah berada di dalam Masjid, mereka berkata, ‘Kami ridha terhadap orang yang terpercaya ini, Muhammad.’ Ketika beliau bertemu dengan mereka, maka diceritakan kepada beliau, kemudian beliau berkata, ‘Serahkan kain Ka’bah kepadaku.’ Kain Ka’bah diberikan kepada beliau. Rasulullah mengambil Hajar Aswad yang diperebutkan, kemudian meletakkannya ke dalam kain dengan tangannya sendiri dan berkata, ‘Hendaklah setiap kepala kabilah memegang ujung kain, kemudian mengangkat kain tersebut bersama-sama.’ Mereka menuruti perintah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ketika mereka tiba di tempat Hajar Aswad, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengambil Hajar Aswad dari kain tersebut kemudian meletakkannya di tempatnya. Sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menerima wahyu, orang-orang Quraisy menamakan beliau Al Amin (orang yang dipercaya memindahkan hajar aswad).”

    Di dalam hadist, Muhammad mengakui bahwa dia sangat menghormati batu tersebut:

    Hadist Sahih Muslim, Book 030, Number 5654:
    Diriwayatkan oleh Jabir Ibnu Samura bahwa Rasulullah SAW bersabda : Aku mengenal batu yang biasa aku berikan penghormatan di Mekkah, sebelum aku menjadi nabi dan aku mengenalnya bahkan sampai saat ini.

    MUWATTA, Book 20, Number 20.33.113:
    Yahya bercerita padaku dari Malik apa yang dia dengar bahwa ketika Rasul Allah SAW telah selesai Tawaf Kabah, sholat dua rokaat, dan ingin berangkat ke Safa dan Marwa, dia akan memberi hormat ke sudut tempat Batu Hitam berada sebelum berangkat.

    Bahkan tidak hanya dihormat, tapi juga dicium dan disujudi:

    Dari Ibnu Umar r.a. berkata, saya pernah melihat Umar bin Khattab r.a. mencium hajar aswad dan sujud di atasnya, kemudian kembali lagi mencium (lagi) dan sujud (lagi) di atasnya. Kemudian dia berkata, “Begitulah saya melihat Rasulullah saw. (berbuat).” (Hasan: Irwa-ul Ghalil IV:312 dan al-Bazzar II:23 no:1114).

    Tentu saja, kita tidak akan tahu, bahwa batu hitam itulah “WUJUD ALLOH”, apabila Muhammad tidak meneriakinya “Allah”:

    Hadist ABU DAWUD, Book 10, Number 1813:
    Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas:
    Nabi SAW berkata: Orang yang melakukan umrah harus berteriak talbiyah sampai dia menyentuh Batu Hitam.

    Talbiyah adalah berteriak “Ya Allah, aku datang memenuhi undanganmu. Tiada sekutu bagimu…”

    Jadi, ibaratnya kita hendak menyongsong seseorang, di dalam perjalanan, kita berseru-seru: “Ya Alloh, aku datang menemuimu….” begitu terus diulang-ulang, sampai akhirnya kita persis berada di depan batu hitam, lalu kita menyentuhnya dan menciumnya. Jadi, BATU itulah ALLOH.

    Tidak heran, kenapa Muhammad di dalam Qurannya mengarang ayat ini:

    QS 27:91. Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

  9. ALLOH SEBAGAI BATU, SAMA SEPERTI ALLOH KAUM PAGAN

    Pendahuluan

    Biasanya, orang yg masih Islam suka mengejek umat agama lain sebagai penyembah berhala atau pelaku syirik.
    Kita tidak perlu marah atau malu bila diejek oleh mereka. Katakan saja begini kepada orang yg masih Islam tersebut, “Mengapa anda sujud ke arah Kabah? Bukankah di Kabah itu, ada berhalanya suku Quraish? Dengan anda sujud ke Kabah, sama halnya anda sedang mensujudi berhala suku Quraish tersebut.”

    Kalau orang yg masih Islam itu menjawab, “Itu hanyalah arah kiblat, untuk arah persatuan!”
    Jawablah orang yg masih Islam itu dengan logika sederhana, “Apakah anda juga akan percaya, kalau seandainya penyembah matahari membela diri dengan mengatakan matahari hanyalah sekedar sebagai arah kiblat?”

    Kalau orang yg masih Islam itu menjawab dengan ngotot, “Kami tidak menyembah batu, yang kami sembah adalah Alloh.”
    Jelaskan kepada orang yg masih Islam itu, “Di situlah jahatnya Arab, anda sudah ditipu. Karena sebenarnya, batu itulah manifestasi wujud Alloh.”

    Pembahasan

    Tahukah anda, bahwa Alloh, walau di Alquran dikonsep “tidak serupa dengan apapun”, namun sebenarnya Alloh itu memiliki wujud nyata di bumi ini? Wujud tersebut adalah BATU HITAM. Batu Hitam Hajar Aswad, adalah BERHALA KAUM QURAISH MEKKAH yang paling KERAMAT dan paling TINGGI kedudukannya. Berikut ini adalah riwayatnya:

    Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1 Halaman 162-163

    Konflik Orang-orang Quraisy dalam Peletakan Hajar Aswad

    lbnu Ishaq berkata, “Semua kabilah di Quraisy mengumpulkan batu-batu untuk pembangunan Ka’bah. Setiap kabilah mengumpulkan batu sendiri-sendiri, kemudian mereka membangun Ka’bah. Ketika pembangunan memasuki tahap peletakan Hajar Aswad, mereka bertengkar. Setiap kabilah ingin mengangkat Hajar Aswad ke tempatnya tanpa melibatkan kabilah lainnya. Itulah yang terjadi hingga mereka berdebat, saling sumpah, dan bersiap-siap untuk perang. Bani Abduddaar mendatangkan mangkok yang penuh dengan darah, kemudian mereka bersekutu dengan Bani Adi bin Ka’ab bin Luai untuk mati bersama dan memasukkan tangan mereka ke dalam mangkok darah tersebut. Oleh karena itu, mereka dinamakan La aqatu Ad-Dami (sesendok darah). Orang-orang Quraisy selama empat atau lima malam dalam kondisi seperti itu.”

    Penyelesaian Konflik

    lbnu Ishaq berkata, “Kemudian mereka bertemu di Masjidil Haram untuk berunding. Sebagian perawi mengaku bahwa Abu Umaiyyah bin Al-Mughirah bin Umar bin Makhzum, orang tertua di kalangan Quraisy berkata, ‘Hai orang-orang Quraisy, serahkan penyelesaian konflik kalian ini kepada orang yang pertama kali masuk ke dalam masjid.’ Mereka menuruti perintah Abu Umaiyyah bin Al-Mughirah, dan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjadi orang yang pertama kali masuk ke dalam masjid. Ketika mereka melihat Rasulullah Shaliallahu Alaihi wa Sallam sudah berada di dalam Masjid, mereka berkata, ‘Kami ridha terhadap orang yang terpercaya ini, Muhammad.’ Ketika beliau bertemu dengan mereka, maka diceritakan kepada beliau, kemudian beliau berkata, ‘Serahkan kain Ka’bah kepadaku.’ Kain Ka’bah diberikan kepada beliau. Rasulullah mengambil Hajar Aswad yang diperebutkan, kemudian meletakkannya ke dalam kain dengan tangannya sendiri dan berkata, ‘Hendaklah setiap kepala kabilah memegang ujung kain, kemudian mengangkat kain tersebut bersama-sama.’ Mereka menuruti perintah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ketika mereka tiba di tempat Hajar Aswad, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengambil Hajar Aswad dari kain tersebut kemudian meletakkannya di tempatnya. Sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menerima wahyu, orang-orang Quraisy menamakan beliau Al Amin (orang yang dipercaya memindahkan hajar aswad).”

    Di dalam hadist, Muhammad mengakui bahwa dia sangat menghormati batu tersebut:

    Hadist Sahih Muslim, Book 030, Number 5654:
    Diriwayatkan oleh Jabir Ibnu Samura bahwa Rasulullah SAW bersabda : Aku mengenal batu yang biasa aku berikan penghormatan di Mekkah, sebelum aku menjadi nabi dan aku mengenalnya bahkan sampai saat ini.

    MUWATTA, Book 20, Number 20.33.113:
    Yahya bercerita padaku dari Malik apa yang dia dengar bahwa ketika Rasul Allah SAW telah selesai Tawaf Kabah, sholat dua rokaat, dan ingin berangkat ke Safa dan Marwa, dia akan memberi hormat ke sudut tempat Batu Hitam berada sebelum berangkat.

    Bahkan tidak hanya dihormat, tapi juga dicium dan disujudi:

    Dari Ibnu Umar r.a. berkata, saya pernah melihat Umar bin Khattab r.a. mencium hajar aswad dan sujud di atasnya, kemudian kembali lagi mencium (lagi) dan sujud (lagi) di atasnya. Kemudian dia berkata, “Begitulah saya melihat Rasulullah saw. (berbuat).” (Hasan: Irwa-ul Ghalil IV:312 dan al-Bazzar II:23 no:1114).

    Tentu saja, kita tidak akan tahu, bahwa batu hitam itulah “WUJUD ALLOH”, apabila Muhammad tidak meneriakinya “Allah”:

    Hadist ABU DAWUD, Book 10, Number 1813:
    Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas:
    Nabi SAW berkata: Orang yang melakukan umrah harus berteriak talbiyah sampai dia menyentuh Batu Hitam.

    Talbiyah adalah berteriak “Ya Allah, aku datang memenuhi undanganmu. Tiada sekutu bagimu…”

    Jadi, ibaratnya kita hendak menyongsong seseorang, di dalam perjalanan, kita berseru-seru: “Ya Alloh, aku datang menemuimu….” begitu terus diulang-ulang, sampai akhirnya kita persis berada di depan batu hitam, lalu kita menyentuhnya dan menciumnya. Jadi, BATU itulah ALLOH.

    Tidak heran, kenapa Muhammad di dalam Qurannya mengarang ayat ini:

    QS 27:91. Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

    • kebenaran sejati ibarat cermin yang pecah berantakan, sedangkan kesadaran akal budi, kepercayaan, ajaran, sistem religi, kebudayaan, tradisi merupakan satu di antara serpihan cermin itu, akal bagaikan pisau bermata dua. Mata yang satunya dapat memuliakan manusia, mata yang satu lagi sebaliknya dapat menyebabkan sebuah malapetaka besar manusia menjadi makhluk paling hina di dunia.

    • Ulasan yg sangat menarik dan comprehensive dalam sudut pandang logika historis.
      Begitulah keyakinan terbentuk dari bangunan perjalanan manusia..
      Terimakasih mas…
      oOo

  10. Kepada sedulur muslim dimanapun anda berada dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar2nya terkait komen saya yang tidak berkenan dihati,sekali lagi mohon maaf lahir dan batin matur sembah nuwun

    • Para sedherek,

      Ini ada pelarangan sholat … di Jakarta ….di negara Pancasila .
      ————————————

      Dari Tambun Utara ke Istana Merdeka:
      Diskriminasi Ibadat Jemaat HKBP Filadelfia
      Oleh Evi Rahmawati*

      Barisan HKBP terdepan yang diisi oleh ibu-ibu harus berhadap-hadapan langsung dengan massa yang terlihat sudah cukup terbakar emosinya. Menghadapi teriakan massa, beberapa ibu-ibu dari jemaat HKBP hanya bisa menangis sambil terus mengatakan :”Kami hanya ingin beribadah, bukan berbuat rusuh.” Tetapi massa tidak mempedulikan tangisan mereka, bahkan seorang warga perempuan berjilbab yang merupakan bagian dari massa penolak, mengatakan :” Tangisan buaya, palsu!”
      Minggu terik (15/04) sejarah intoleransi terhadap jemaat HKBP Filadelfia berulang untuk kali yang tak terhitung. Setelah sebelumnya (25 Maret 2012) perwakilan mereka terpaksa menandatangani kesepakatan yang berisi melarang kegiatan ibadah karena massa yang berduyun-duyun memojokkan posisi dan mengintimidasi perwakilan dari jemaat HKBP itu.
      Di pagi ketika matahari telah meninggi, sekitar pukul 08.30, jemaat HKBP Filadelfia berduyun-duyun membentuk dua barisan menuju lokasi tempat pembangunan gereja mereka yang telah disegel. Sebelumnya mereka berkumpul di Villa 2 Bekasi, memarkir kendaraan masing-masing di depan rumah seorang anggota mereka, dengan bantuan penjagaan dari RT setempat yang siap siaga.
      Belum sampai di lokasi, kira-kira seratus meter dari tempat mereka berkumpul sebelumnya, jalan telah ditutup. Jemaat disambut puluhan massa yang telah berada di sana sejak pagi buta. Massa terdiri dari bapak-bapak berpakaian koko dan berpeci, anak-anak muda tanggung, hingga anak-anak kecil berusia belasan tahun. Juga ada beberapa perempuan yang sepertinya tinggal di sekitar jalan kampung yang mereka tutup tersebut. Teriakan-teriakan kasar mewarnai hingar-bingar dari massa penolak ibadah HKBP itu.
      Hampir saja terjadi benturan fisik ketika jemaat HKBP mulai merapat hendak menembus papan penghalang yang telah dipasang massa untuk menutup jalan. Adu argumen antara dua belah pihak terjadi cukup sengit. Barisan HKBP terdepan yang diisi oleh ibu-ibu harus berhadap-hadapan langsung dengan massa yang terlihat sudah cukup terbakar emosinya. Menghadapi teriakan massa, beberapa ibu-ibu dari jemaat HKBP hanya bisa menangis sambil terus mengatakan, ”Kami hanya ingin beribadah, bukan berbuat rusuh.” Tetapi massa tidak mempedulikan tangisan mereka, bahkan seorang warga perempuan berjilbab yang merupakan bagian dari massa penolak, mengatakan, ”Tangisan buaya, palsu!”
      Setelah hampir sepuluh menit dalam situasi yang tak karuan, antara tangisan dan cacian, akhirnya seorang polisi bernama Andri Ananta mengajak pihak HKBP Filadelfia berdialog. Ketika Pendeta Palti Pandjaitan dari HKBP memintanya mengawal jemaat HKBP sampai lokasi pembangunan gereja, Andri berusaha menjelaskan bahwa itu tidak mungkin, karena situasi yang memanas tersebut. Pendeta Palti menyanggah alasan polisi tersebut, bahwa seharusnya polisi bertindak sebagai pelindung mereka yang ingin melakukan ibadah, dengan mengamankan massa yang mengamuk itu agar tidak menghalang-halangi. Tetapi Andri berpegang pada hasil “kesepakatan” lalu yang menyatakan jemaat HKBP dilarang beribadah lagi setelah tanggal 8 April.
      “Kesepakatan itu sudah kami batalkan!” seorang ibu dari jemaat HKBP menjawab penjelasan sang polisi. Lantas polisi itu masih tetap berargumen, “Tapi pembatalannya hanya sepihak, Bu…”
      Rupanya ibu-ibu dari HKBP yang mendengar penjelasan polisi itu sudah tidak tahan dengan sikap aparat negara yang tak juga mau memenuhi permintaan mereka. Seorang ibu berseru, “Itu bukan kesepakatan, Pak. Itu paksaan! Ketika itu yang diundang hanya lima orang, tapi mereka datang ratusan, hingga perwakilan dari kami merasa terintimidasi dan terpaksa menandatangani surat itu! Makanya kami membatalkan kesepakatan itu!”
      Mendengar pernyataan tersebut, sang polisi tak bisa berkata apa-apa. Akhirnya ia berbalik menuju H. Naimun yang dipercaya sebagai perwakilan massa. Ketika ia menjelaskan pernyataan sekaligus keinginan dari jemaat HKBP, H. Naimun dengan lantang menolaknya dengan alasan yang terus diulang-ulang, bahwa ini sudah merupakan hasil dari kesepakatan. Bahkan di akhir pembicaraan, ia berteriak, ”Silakan datangkan dari Vatikan, warga saya akan melawannya di sini, kami berani!”
      Setelah proses dialog sama sekali tidak memungkinkan, akhirnya jemaat melakukan ibadah di jalan. Mereka duduk bersila di tengah teriknya matahari yang sangat menyiksa. Peluh bercucuran. Air mata berlinangan, menitikkan kepedihan mereka yang tidak tertanggungkan. Sementara itu massa masih belum tenang. Syahdu nyanyian rohani gagal menyentuh hati orang-orang yang tampak tidak mampu menahan amarah dan kebenciannya. Bahkan seorang laki-laki berteriak, “Ini sih nantangin!” Lalu teriakan demi teriakan bersusulan, mengalahkan suara-suara lirih jemaat HKBP yang mencoba mengadu pada Tuhan. Tidak kurang pula cacian kasar berhamburan dari kelompok penolak.
      Tidak berhenti hanya pada teriakan dan cacian, beberapa anak muda menghidupkan radio dengan suara maksimum dan mengarahkannya pada jemaat yang tengah beribadah. Maka, bersainglah lagu-lagu “picisan” dari radio yang disambungkan massa penolak ibadah pada sound system dengan lagu-lagu rohani yang dimadahkan para jemaat HKBP.
      Di tengah proses ibadah jemaat HKBP, massa berkali-kali hampir mengamuk. Provokasi disulut oleh beberapa orang, muda dan tua. Yang tua meneriakkan isu agama. Yang muda meneriakkan isu demokrasi yang sepertinya tidak begitu mereka mengerti. Akhirnya, jemaat HKBP Filadelfia menyelesaikan ibadahnya, karena waktu untuk mereka dibatasi hanya sampai jam sepuluh saja. Dengan wajah-wajah muram dan terbakar matari, mereka beranjak dari tempat yang terik itu. Massa bertepuk tangan riuh diselingi teriakkan takbir, “Allahu akbar, Allahu akbar…!”
      Sekitar pukul 12 siang, puluhan jemaat HKBP Filadelfia berangkat ke Istana Negara menggunakan bis tiga perempat yang mereka sewa. Di sana telah berkumpul jemaat dari GKI Taman Yasmin yang bernasib sama. Selain mereka, ada juga beberapa perwakilan LSM seperti dari LBH Jakarta, YLBHI, WI, TPKB, Setara Institute, SEJUK, Syiah, dan ICRP. Perwakilan Komnas Perempuan juga hadir. Aksi berlangsung damai dengan orasi-orasi perwakilan jemaat HKBP Filadelfia, GKI Yasmin dan Syiah Sampang yang mengeluhkan hak beragama mereka yang terpasung, diteriakkan di depan lapangan Monas seberang istana.
      Keluh dan perasaan teraniaya yang sempat mengendap di perjalanan dari Tambun Utara ke Istana Negara kembali diteriakkan di sana. Mereka berharap ada langkah tegas dari Presiden SBY terhadap pihak-pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi yang tidak mematuhi putusan hukum PTUN Bandung yang memenangkan perizinan pembangunan rumah ibadah HKBP Filadelfia. Mereka akan terus menagih hak-hak dan kebebasan beribadah ke pemerintah sampai benar-benat dapat terjamin dan terlindungi sesuai amanat konstitusi.

      Begitupun tuntutan yang sama disampaikan perwakilan jemaat GKI Yasmin agar dengan kewenangannya SBY menindak Diani Budiarto yang mengabaikan putusan Mahkamah Agung (MA) pada 9 Desember 2010 di mana GKI Yasmin memenangkan perkara dengan putusan menolak peninjauan kembali yang diajukan Pemerintah Kota Bogor berkaitan dengan IMB GKI Yasmin. Para aktivis ikut berorasi. Pada kesempatan itu pula Anggota Komisi III DPR RI Eva Kusuma Sundari turut unjuk penyesalan atas abainya Presiden SBY karena negara terus menerus mangkir dari kewajibannya menegakkan hak-hak dan kebebasan beribadah yang menimpa HKBP Filadelfia dan GKI Yasmin.
      Ratusan orang berkumpul mendengarkan orasi dari berbagai perwakilan, yang diselingi lantunan lagu-lagu rohani oleh para jemaat. Aksi dan ibadah ini berlangsung sekitar tiga jam. Seluruh kegiatan kemudian diakhiri dengan membacakan press release tuntutan mereka terhadap pemerintah sambil menghadap ke Istana Merdeka, dengan harapan segala ketidakadilan yang mereka terima kali ini benar-benar bisa sampai ke telinga presiden yang mungkin tengah menyaksikan dari balik pintu istana yang tertutup sangat rapat itu. Atau, mungkin tidak?

      * Evi Rahmawati adalah aktivis Komunitas Epistemik Muslim Indonesia (KEMI)
      Sumber : http://www.islamlib.com

      16/04/2012 | Reportase, |

      • Salam ILAHI.
        Sun-Ra-Ilah-Ilahi-Allah-Alloh…
        Selama matahari bersinar dunia dan alam semesta tidak pernah akan kiamat@ref.bag.brahman-tatwam-adityam.

        Hari minggu itu Sunday, di nusantara namanya Radite, Dewanya/Energinya Sang Hyang Raditya di pa’Sun’da menyebut Sang Surya. Hari minggu Energi matahari lebih mendominasi, warnan harinya “Kuning”.

        Hari Senin, monday, lebih dulu leluhur dinusantara menyebut “soma” energi “bulan” menjadi “som’ia” yg arinya peleburan, bila semua warna diputar/dileburkan maka warnanya “putih” maka banyak dari para spiritual lebih menyarankan hari senin lebih baik berpakaian warna putih..

        Dan seterusnya… hari punya makna dan “boso jowo” diakui sbg bahasa terhebat didunia ini oleh ahli sejarah dan kebudayaan dunia.
        Tergugah sedih membaca kabar dari anda, dimana beberapa sosok manusia berkumpul kompak untuk berseteru.. untuk membuat jurang perbedaan.. untuk bersakit sakit dan melukai hati masing masing diantara kita.. jauh dari ajaran tat-twam-asi bahwa kita semua sesungguhnya satu.. Yg justru sering saling berjarak kebencian untuk berbuat dengan dalih hanya untuk menyembah ” ILAH yang satu” itu.. Terutama yang ALLAH dan yang ALLOH..
        Padahal inti dari keduanya adalah merupakan manifestasi NARAYANA.

        Memang terasa sulit memberikan pengertian tentang hak dan kehakikian, dalam ranah kebebasan “Ra” yg ada didalam diri kita masing masing..
        Kesadaran yg bernuansa manusiawi, kesadaran dalam awalan pada otoritas sosok manusia yg namanya Isa “yesus” almasih.. pun jua kesadaran dari pengagum “muhammad” yg jauh dari hakekat “muhamadar-rasul-allah…!
        Yg menjadikan Keduanya justru menghambat kesujatian, kesucian ‘diri’.. dari hal yg ada diluar dirinya.
        Pertanyaan dari banyak kejadian “sara” di dunia ini…
        Apakah Allah, Alloh pernah terbukti membela penderitaan, kesengsaraan, sakit hati akibat pengeboman misa, umat di gereja ataupun masjid.. ???

        Hmmm saya tidak harus sedih dalam kesejatian nurani ini.. tapi sebagai manusia sosial kelayakan yg membuat saya untuk menulis ini dalam respektasi yang tulus…

        Kita tidak harus terbuai untuk “berhala” dalam membela Allah-Alloh yg tidak akan pernah anda mampu jangkau baik lihat dan rasakan..dalam ranah pikiran yg sempit.. Apalagi untuk terobsesi tentang hal “tempat” beribadat.. Dan CARA beribadat..

        Mari kita siarkan kegembiraan nurani dalam diri yg seperti kita BAYI dulu..karena saat ini kita hanya bisa pada tingkat ini.. yg jauh dari riskan menghadapi “manusia” yg penuh emosi.

        Perenungan adalah “meditasi”..
        Perenungan adalah pintu untuk eling lan waspodo…
        Maka….
        Bergembiralah selalu.
        oOo

  11. Sudah jelas SBY lah orang yang paling bertanggung jawab atas ketidak harmonisan antar umat beragama di indonesia buktinya fpi berbuat onar dia biarkan saja dasar plin plan tuh sby tidak punya pendirian.mikir apa ya SBY ? Selain mikir tdk mau lengser keprabon,kalo sdh tidak kuat mikir dan memimpin negri ini lebih baik turun saja pak gitu aja kok repot !

  12. 1 Juni 2012, Jumat Legi
    Katur Sesomo Jati Malelo Bang Wetan

    Mego mendung puputeng gunung 1000 parang kubito
    Majupatmo pondhan panjali simanjungeng simas
    Madharsandhi prachatmiko ing anggar manik jalu
    Mingkar mingkureng selo penangkep kukup guruh
    Mijel sang peksi jolo dhoro panggung gumilar

    Niswa mulki sindhoro gumulung janur kuning rinacut
    Ngracut busono pratiwi sidho mukti sang panji
    Ngraras sang Tunggul Manik nardyo pasunggingan
    Ngruntik jiwo estuty lir khanispo ginipat tunjung
    Njunggring manjuluk angling kusumo memayung lukito

    Tiris sapto nendro pustoko pinedati mayang jangkung
    Tarumo hargo dento garbo niti pralumpito abret
    Trisna mardhi siwi sumping dhiyah ayu pitaloka mawes
    Tantry anjumput anjung selo seto ndlumpak jangkung
    Trihapsari mengkang palpati gandarismo sang bayu aji

    Bromo jagad manjalmo ing potro kinaseh dhalem
    Brojo mukty sabdho pati angangklang jagad segoro muncar
    Bardha dharoda anjleting hyang gandarwo rojo jumedul
    Bebendu lumeber narcyo saptu lodyo jagad sak bumi rad
    Barihk-baruhk nunjang palang kadyo gabah den interi

    Sang narodho nggoncang samar bang patmo pandulu
    Sariro ngrimang cikal wulung asmo sekar bakung
    Sumirat sungker mego nondo pipes tebu kijalmo
    Sirno sumirep karwoheng pepaes koco brenggolo
    Syukur hyang tunggal akaryo jagad pramudhyto

    Cempo candhaning cinarito kaporwan endahing warno
    Cepak cakung chandeng angerat kinanty supo Hong
    Cineret centreng kidung trompet memanjang sebo yomo
    Cikarang ganeswara admo sajuli Tidar angruk – Bengko
    Candi punjung jong Biru Breh soga Bogo mlumpung

    Ireng * Wulung sang pamujang kelanggengan urip widhi
    Ilham labet mreng sapto pertolo panju pandu pandhito
    Irukky ondo mundhing layone ciung baung bangah
    000000000010 parang kalodran palang angkoro
    Ilari jejer sanup junup jombor jaring suro lawang

    Abang * Codro mowo narky Hyang Agny alam Bramurjarty
    Anjalukmo pralumpito Bumi Pertiwi Nusa bakti sindur Bungkus
    Azali ngarso kanalendran gardo cokro jagad ludiro andalas
    000000000210 Basung Karno mekar tites gurid jatu
    Amamaestu lireng puspo sang mawar arumeng suryo
    Kuning * Wiring anggiringake kasatriyan ndandris pucung
    Khalis stiyo tuhu bagas koro ginipat sidem bayu ratry
    Kinarbuko manah mayang golek tali jiwo lembayung
    000000003210 Hyang Bodro Brahmantyo kuncit
    Katulis weksi sindu dharmo projo nangrudyo mogo peksi

    Putih * Tapak suci sang paraksi dhanur wedyo angkoso
    Pepadhane anjalaksi Hargo pamulang panjalasikmo bali
    Pinesdhi samudro menep lareh lerem sumare ing moyo
    000000043210 Silem tanpo kesilem ing teleng ros
    Pustoko Roh Malakut mulat saliro karimah kaprawiran

    Ijo * Salembo kalpiko katentreman siti sri joyo madani
    Idhofi trucuing sarine roso anut purboning kaweknyo drupadi
    Ismayaning Dewi Rukmi nardi hasto kaendahaneng wedrotomo
    000000543210 ALAN (Allah lahir Anaknunggal) salam sakun cipto puspo puring
    Ika septy gadung waru mustiko kemolo sari hyang Nogo Gini

    Biru * Anggungeng anetep dharmaneng wantah kamukten
    Baruno Bonar anyembur tirto sanurepto mego Barzah
    Brantas patas kranggan Mojo Legi granesia samudro Biru
    000006543210 Tunjung Pudhak Mananggal arumeng jiwo
    Babareng lesung tlumpah telo moyo gunung pati nastity

    Ungu * Kawaskidhan jiwo Hyang Wisnu Sujadmiko Trimurty
    Ukel kancing Kencono sari nglerdyo pramucang gumiler condro
    Undur undur sapu samun Kresno duto antuking tajali
    000076543210 Hanoman prenggo seto kolo nagoro
    Urepno bumi langit cokro panggilingan memayu kaluhuran

    Lembayung * Sinirat kencono endhok amun amun Hyang Laroh Semar
    Lampah lakumu suminarang kusumo edi pamomong sejati
    Larum laruntih alang alang kumintir pandulu ndriyo
    000876543210 Jagat cilik jagad gedhe ing cupu manic purbo khayun-Mu
    Langgeng lamunto suare angejo wantah sang aji noto

    Dadu * Anjlumat gedhong samar mijel wewengkon pamangku
    Dhamar ginulung wulang pungkasan kapegot palang kusumo
    Dhanur jati rinonce sekaring jagad pramodya wardani Asri
    009876543210 Kahyangan lawang jati anyepti potro
    Drajad madinah jenjeming kawero kasupti Tri loko

    MU – Manunggal Urip kapatah dhatan tanpo niat
    Marganeng uwot ogal-agil Rigmo sinigar putusan karso
    Murbeng dumadi cipto ning sawijineng tanpo umpomo
    019876543210 Pranatan gedong samar 21 jaman baru
    Mahananing Asih tanpo pilih kasih sekabehaning darsih layu kayafu

    Mbanten Mbanyuwangi jambe sinigar sekaring mayang gading
    Mbasuh lahire satrio putusan pamungkasing Tanah Jawi Wetan
    Meh Raino suryo condro kartiko gumebyar tan keno aling aling
    119876543210 Sampurnaning Sampurno tamat alenging jagad
    Manjelmo Bagus twen Ayu Kusumo pinitrah suci dji do dji (101)

    12 * 21 ABAD baru ini, harus bisa membawa diri sebagai Manusia yang utuh dan murni, dan mencapai kesempurnaan yangs sesuai dengan pranatan Bumi Putih Condro Wulung Purwito.
    Penyatuan manusia dan mahkluk hidup yang ada di alam semesta harus tetap bersinergi dan berkasih saying dengan Tri Bawono (alam 3) Paspor (15).
    Biar dalam masa rehapan alam dalam rangka penetralan jagad dan isinya, kembali seperti awal mula dulu kala.
    Terlalu banyak dakjal yang masuk di semua rumah-rumah kosong (berbagai wahana), maka berhati-hati dan tanggap sasmito atau waspada jaga diri kalian masing-masing, utamanya keluarga kalian agar lepas dari pemutihan alam, “perjanjian bumi sereal”.
    Pilihan bibit jati yang bisa ditanam sebagai tangan-tangan penyelamat ala mini.
    Anak angger, apa yang kamu cari, semua leluhurmu sudah menyatu pada jiwa dan ragamu.
    Usahakan mengenali jati dirimu, agar dapat selamat dalam mengarungi dermaga kehidupan dan tercapai apa yang menjadi tujuan hidupmu.
    Salam Bahagia dan Kasih
    IBUMU

  13. IBUNDA RATU ADIL DAN KESEMBILAN PUTRA2 WALI ALVATARNYA SETITIK KOMAPUN TIDAK MERASA BERSALAH KARNA IBUNDA KAMI HANYA INGIN MENJAWAB DARI SEGALA TRIAKAN HATI NURANI DIMANAKAH IBUNDA RATU ADIL KINI.
    JIKALAU IBUNDA KAMI DIAM SAJA BUKANKAH IBUNDA KAMI SEPERTI BURUNG BEO DIDALAM SANGKAR ISTANA GUBUKNYA YG BERCAHAYA PUJI SYUKUR LAGI SEHAT2 SELAMAT DAN BAHAGIA .
    YG MANA KEBAHAGIAAN YG ADA DIDIRI IBU KAMI YG KINI DISAMPING KAMI YG SEDANG TURUT MENYUARAKAN ISI ARTIKEL YG DIBACA ANAK2 BANGSA KINI .
    KAMI MEMANG AL-FAKIR MURNI .
    TERKADANG KAMI HERAN DAN TAKJUB KPADA IBUNDA RATU ADIL KAMI YG SLALU MENOLAK PEMBERIAN HADIAH ATAU SEDEKAH YG BERLEBIHAN SEPERTI RUMAH ,MOBIL,ATAU INGIN MEMBAWA IBUNDA RATU ADIL KE LUAR NEGRI/MEKAH.
    TETAPI BILA DIBERI BAKSO, PISANG GORENG, SECANGKIR KOPI,DAN SEBATANG ROKOK JISAMSOE DI TRIMA IBUKU DGN RASA CINTA UNTUK BERBAGI RASA CERIA INDAHNYA HIDUP DIBUMI BAGAIKAN DI SYURGA .
    KINI AKU ANAK YG TERTUA TURUT MENSUPORT IBUKU KARNA TUHAN ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM YG MAHA BERKEHENDAK.
    LAGI MAHA MENENTUKAN.IBUKU TIDAK MEMILIKI SEORANG MUSUHPUN SEBAB IA MURAHMELUPAKAN KESALAHAN 2 YG BERLALU BEGITU SAJA .KINI AKU SI SULUNG MERASA TERGUGAH HERAN .APASIH YG DIMAUI UMAT MANUSIA INI ???
    MENGAPA HANYA BISA MENCIPTAKAN KEDURHAKAAN2 SEBAGAI PENGISI LEGENDA 2 SEJARAH PARA UTUSAN ALLAH YG DENGAN BER ASAH,ASIH, ASUH DGN PROSES BABAK BELUR LAHIR BATIN IBUNDA RATU ADIL YG DIRIDAKAN ALLAH (AFRIDA WATI BIN YUSUF DAUD AL WAHABY/PEMBERI NASEHAT DARI ALLAH YG BAKAL DIMUSUHI SAUDARA SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR .
    LAGIAN UNTUK APA KAMI BERBOHONG. MAU TOP ??
    MAIN FILM AJA .MAU KAYA ???MELIHARA TUYUL AJA .INIKAN SESUATU YG BERAT UNTUK MENGAKUI SESUATU YG DITUNGGU2 UMAT DIKARNAKAN RAMALAN2 DARI ALLAH YG DI ILHAMKAN KEPADA HAMBA2 YG DIPERCAYA ALLAH(JAYA BAYA).
    DAN BAGAIMANA DGN RAMALAN 2 GURU SEKOLAH ,TMAN2 IBUKU DI WAKTU REMAJA YG MENYEBUTKAN IBUKU MAHLUK YANG TURUN DARI PLANET /SUPER WOMEN/WONDER WOMEN ,DAN MACAM2 NAMA YG DITUJUKAN KEPADA IBUKU YG PADA SAAT ITU IBUKU MENANGGAPINYA SEPERTI DIRAYU OLEH PRIA2 /TEMAN2 YG DIKARNAKAN SUKA SAJA KEPADANYA .
    SEKARANG BILA MASYARAKAT TIDAK PERCAYA SYUKURLAH BAGI KAMI SEHINGGA KAMI BISA TERBEBAS DARI TANGGUNG JAWAB IBUKU YANG AKAN MENCERAHKAN INDONESIA KEDEPAN HARI ,TAPI KAMI BERSAKSI ATAS KALIAN SEMUA SEMENTARA WAKTU DALAM PENANTIAN MENYAMBUT IBUNDA SANG SURYA MATAHARI PAGI YG MENYINARI DUNIA .YG KALIAN TURUT BERGADANG MEMPERLAMBAT MALAM SEMOGA KALIAN MENEMUKAN IBUNDA RATU /RAJA PILIHAN 2KALIAN SENDIRI .
    SEMOGA KALIAN BERHASIL MENEMUKAN LAGI MENCIPTAKAN IBUNDA YG KALIAN INGINKAN .
    KAMI MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA HAMBA2 ALLAH YG HAUS AKAN SEGALA JENIS MINUMAN .AIR SUSU IBUADA YG DARI KOTAK STROBERI ,MANGGA ,PISANG, JAMBU DIBAWA2 PEDAGANG DARI PASAR SENEN ,RABU,DAN MINGGU .SEMOGA MANUSIA YG KALIAN SUKA SECEPATNYA BERTEMU DGN KALIAN YG MEMILIKI ISTANA MAUPUN STUDIO LAGI BANYAK BODY GUARDNYA KALAU AQU SIH CUKUP PARA SUPERMAN (MALAIKAT -MALAIKAT)YG MENGAWAL DENGAN KETAT DI SELURUH PENJURU BUMI PERSADA .
    TERMASUK MALAIKAT YG DIKIRI KANAN KALIAN SUNGGUHLAH LEBIH MENYAYANGI AKU DARI PADA DIRI KALIAN SENDIRI YG MENDUSTAKAN KEBENARAN YG HAK NYATA DALAM REALITA PADA ZAMAN MODERN YG INDAH INI NAMUN VIRUS-VIRUS IBLIS KEDENGKIANLAH YANG TELAH MENGUASAI MENGGELAPI WARNA JIWA YG MENJADI BUTEK AGAR TELIHAT MANUSIA ITU BERWAJAH KELAM LAGI KERAS DAN HAUS PERANG DARAH SAUDARA SENDIRI KEPADA SELURUH UMAT DIMUKA BUMI INI INDONESIA KINI MARI BERSAMA 2 KITA MUNCULKAN RATU2 IMITASI DI NEGRI INI ADAKAN TURNAMEN MEREKA SECARA ADIL PENDAFTARAN DIMULAI DGN SYARAT YG TAK BERSYARAT AGAR TERSIRAT UNTUK SEGALA HATI.
    MERDEKA BERKARYA SUARA JIWA NAN JAYA RASA CINTA SESAMA .AQU IBUNDA RATU ADIL SENDIRI NANTI AKAN TURUN SEBAGAI JURI DARI APA YG KALIAN PILIKAN DEMI KEADILAN ALLAH.
    AQU IBUNDA KALIAN RATU MASJIDIL ISTANA GUBUK RUMAH TANGGA CAHAYA CAHAYA AMPUNAN ALLAH DARI SEGALA KERIDHAAN ALLAH MEMBERI KESEMPATAN KEPADA ANAK2 BANGSA AGAR DAPAT MEMENANGKAN PERLOMBAAN2 IBUNDA RATU ADIL DI MIMBAR AKBAR YG INDAH DENGAN SLURUH INTER TIMEN DIKRAHKAN SBAGAI PENGHIAS MALAM ILMU SEJARAH PENGETAHUAN AWAL2 BUMI SAMPAI KE NEGRI SURGA SEMUA PELAJARAN2 PENGALAMAN2 DIMASA SEKOLAH DIJABARKAN DI ATAS PENTAS AKBAR AGAR DAPAT DI PANUTI LAGI DI PERMAISURI TAULADANI SAMPAI DIAKUI OLEH WARGA BELAHAN BUMI INI,SELURUH MAHLUK DIMUKA BUMI INI BERSAKSI LAGI MENYAKSIKAN DILAYAR KACA /CERMIN (ASALKU PANTAI CERMIN )DIHAMILKAN OLEH SEORANG IBU YG SUDAH BERUBAN /HAMIL DIATAS USIA 50TAHUNAN.
    DIMEDIA LAYAR KACA TV KEDEPAN HARI MENURUT YG ALLAH BERIKAN PENGLIHATAN 2YG ALLAH RIDHAKAN KEPADAKU YG KUBACAKAN APA YG TUHAN PRINTAHKAN .
    ADAKAN KONTES YG DIMULIAKAN ALLAH TERSEBUT.
    NANTI AKAN KALIAN SAKSIKAN BAGAIMANA UMAT YG MANA YG AKAN MENDURHAKAI IBUNYA SENDIRI SEMOGA WARGA KERAJAAN ALLAH TURUT BERSABAR DEMI MENAHAN MURKANYA KEPADA ANAK2 BANGSA AGAR LEBIH SABAR MENDENGAR LAGI MENCERNA DENGAN JERNIH LAKSANA IBU YG SABAR MENGHADAPI SEGALA WARNA JIWA 2GARUDA AL-VATAR YG BEBAS BERMAHAKARYA.AAAMIIIIIN
    EVERITING WILL TO BE ALL RIGHT GOOD BLASHING YOU!!!

  14. Ibunda Ratu Adil Sedari usia4 THN selalu dikejar mahkota diatas awan yg terbang dari langit menujunya,sehingga ia lari takut tertimpa timbunan awan tersebut .
    Semasa sekolah SDnya ia berpredikat Juara Ranking kelas(Juara1) slalu,di sekolah yg bernama (GURU PATIMPUS )SUMATRA UTARA,BILA DAHULU YG TERKENAL IBUNDA RATU KIDUL DARI PANTAI SELATAN. INSYA ALLAH Ratu Adil penutup kutub ,Dari Sumatra Utara (Pantai Cermin) Sebab dikabarkan ada 2 wanita bagaikan cermin yg kelak muncul sebagai duo ratu adil ….
    Sedari kecil beliau sudah merasa aneh dilahirkan dimuka bumi ini beliau merasa manusia disekelilingnya slalu bertindak batil tidak adil .
    Ratu Adil slalu bertemu orang yg slalu meramalan nasib beliau akan terkenal ditanah JAWA .Dahulunya ia fikir semua ramalan itu bisa terjadi dikarnakan ia sangat suka bernyanyi ,dan menari, serta olah raga,ataupun berakting didepan kamera juga ia suka dalam ilmu bela diri. Ia merasa sluruh manusia yg ia temui adalah anak cucunya maka rasa cinta kasihnya memenuhi segenap jiwanya yg sealam semesta. Ia sangat gemar berada ditengah2 masyarakat Al -Fakir Miskin dan menyanyikan lagu2 untuk menghibur penghilan luka lara,dan menciptakan suasana gembira….
    Di masa remajanya ia berkecimpung disetiap warna jiwa untuk ia pelajari sebagai bahan Dakwah /Nasehat yg Tajam lagi Jelas antara yg Hitam dan Putih.
    Beliau tidak BerDakwah di Masjid sebab ia fikir orang yg mau ke masjid itu sudah baik dan BerDakwah itu sungguh sangat salah bila di bayar dengan uang(amplop).
    Ratu Adil berdakwah di plataran parkir dihalte bus,diangkot ,dipasar,dan diamanapun beliau berada slalu Nasehat 2 pencerahan hati bernuasansa surga agar sehat gembira ..
    Apa yg manusia cari slama ini ???
    Keridha’an allah..
    Ibunda Ratu Adil..
    Bernama AF RIDHA WATI BIN YUSUF DAUD AL WAHAB.
    (Yusuf Adalah Nabi yg dimusuhi seluruh saudaranya)
    (Nabi Daud Adalah Hakim keraja’an yg adil)
    (Al Wahab Adalah pemberi).
    Di waktu ia masih memiliki putra nya yg ke5 ia bertanya kepada putranya yg per1 dan ke2 yg pada saat itu putranya bisa melihat sesuatu yg ghoib ,Siapakat diri ibundanya yg slalu dilanda Hal- Hal Mistery sedari kecil ???
    Putra2nya memejamkan mata seraya Membaca (Subahanallah) Berulang2 lalu menunjuk ibunya adalah Ratu Adil,ia terkejut Sehingga fikirannya menerawang mengingat segala pristiwa demi pristiwa ,ramalan demi ramalan ,dari guru sekolahnya (Kelas 5 SD)dan ramalan2 ,dan dari yg lainnya….
    Kini ibunda Ratu Adil tlah memiliki sembilan orang putra yg memiliki nama2 dari Ilham pesan Sang Pencipta untuk kaum Adam dibumi ini.Adapun kesedihan2 Ratu Adil melihat kaum Hawa yg sangat pembangkang Di Zaman kini terhadap takdir,kodrat iradatnya .Menciptakan lahirnya anak2 durhaka.Puncaknya kini Ibunda Ratu Adil yg tlah lama dikejar -kejar oleh Ramalan.Membuang mimpi….
    Kini mulai terbangun dari tidurnya dikarnakan sudah merasa resah dan malu kepada TUHAN Y.M.E. yg slalu menghubungi mata hatinya melalu petunjuk2NYA dalam Ilmu Tatanan JIWA yg perlu di Renovasi GLobal bagi umat terutama kaum Hawa.Perlu diketahui bahwa Ratu Adil melahirkan putra2nya dngan tanpa bantuan siapapun .Ialah yg membidani /yg memutus tali ari2 bayinya sendiri Disaksikan oleh suaminya di tunggui para tetangganya dihalaman rumah sampai hal tersebut ramai diperbincangkan orang sebagai manusia ,kluarga aneh Fenomenal di Cawang Kali Ciliwung,Mt,Haryono (Rumah dipinggiran kali ciliwung yg paling surut /kali kecil) Disamping CARRE FOUR)Bayi Terakhirnya adalah sepasang bayi kembar.
    Perihal ini ada Ramalan berita Ratu Adil .
    Ibunda Ratu Adil saat ini tidak memiliki umat sebab orang2 slalu membenarkan nasehatnya yg bertalenta sinar kebenaran lagi menyehatkan juga membahagiakan. namun di saat ia menyatakan tentang berita RAtu Adil semua pendengar meremehkan kemiskinannya dan banyak yg menyatakan ia gila bermimpi setinggi langit.
    namun dgn hatinya super tabah ia tersenyum tnpa letih dalam pencerahan Demi ALLAH Karna ALLAH .Ia kembalikan kepada ALLAH.Ibunda RAtu Adil kini berusia 39thn bulan kelahirannya di bulan april (sama dengan Nabi MUHAMMAD)bedanya Nabi Muhammad hari senin Ibunda Ratu Adil lahir di hari kamis diwaktu menjelang mahgribi(Malam jum’at)
    Kini banyak calon2 ratu adil lainnya Semoga Rakyat Indonesia lebih Sidiq dalam menanggapi hal2 lainnya .Semoga ALLAH DIKEBENARAN DEMI KEBENARAN AGAR CEPATLAH BERSINAR CAHAYA KEPULAUAN INDONESIA YG DIRAHMATI LAGI DI RIDHAI TUHAN SANG MAHA PRODUSER YG BERHAK AKAN SEGALA SKENARIONYA .
    AMIIIIN YA ROBBAL ALAMIIN.TAUBATAN NASUHA!!!
    Ratu Adil Saat ini dgn memberanikan Diri bersama Putra Pertamanya menuliskan hal ini diwebsite ini, Semoga ini semua disaksikan oleh TUHAN ALLAH YANG MAHA AGUNG,LAGI PERKASA SEGALA KEHENDAKNYA …
    MY PHONE NUMBER IS(021 91871179).

  15. Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
    Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
    Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
    Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
    Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
    Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
    Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
    Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
    Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
    Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
    Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

  16. Berikut cerita wawasan NUSANTARAnya :) :) :)

  17. Nah seperti inilah kapal laut yang bagus itu sebagai patokan wawasan NUSANTARA menuju negara maritim :) :) :)

    • Bayangkan isi kapal itu diganti dengan budaya NUSANTARA… :) :) :)

    • Bayangkan kapal itu merupakan bentuk dari suatu wilayah kecil seperti ada juga PASAR… :)

    • Bayangkan bila di dalam kapal itu ada pabrik PENGOLAHAN IKAN terapung… :)

    • Nah kalau sudah PABRIK KAPAL yang banyak dan punya kapal laut banyak dan multi-fungsi tentu harus punya tempat bersandar atau pelabuhan yang banyak pula… :)

    • Setelah orang di KELAUTkan saja untuk mencari nafkah (peluang terbesar), maka otomatis orang akan TURUN GUNUNG menuju laut, dan diharapkan dengan demikian pertumbuhan penduduk lebih merata dan tidak menuju satu titik pertumbuhan ekonomi bukan lagi malah naik gunung yang akan merusak keseimbangan alam dimana sungai2 yang mengalir dari hulu ke hilir itu seharusnya terjaga dengan baik, kawasan gunung dan sungai itu adalah tempat kehidupan alami yang harus terpelihara keseimbangannya, terdiri dari makhluk2 binatang tumbuhan juga penghuni gaib itu.

      NUSANTARA adalah daerah atau kawasan banyak gunung yang semestinya keseimbangan alamnyapun tumbuh dan dipelihara kelestariannya… :) :)

  18. @ ANTI KAFIR aka Bima/TS aka Pank Drack aka Banyu Segar,

    Kristen/Katholik tidak sama dengan Nasrani ? Kalau SIAPA SAJA diantara mereka yang benar2 beriman ? ‘Siapa saja ‘ itu maksudnya siapa ? Onta2 ? Kambing2 ?Tikus2 ? Kecoa2 ? Babi2 ? Sadarkah anda bahwa anda membantah sabda Allah sendiri ? Kalau membantah/ mendebat …. Sabdalangit, boleh2 saja … Tapi mendebat sabda Allah ? Ana ahaibaq (-:
    —————————————————————-
    Ini sengaja dibego2in atau memang Oon??? haha

    orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani (bukan Katholik/Kristen). Jangankan Al Qur’an, di kitab mu saja kata Katholik/Kristen itu tidak ada! hehe….

    SIAPA SAJA diantara mereka yang benar2 beriman ?

    mereka = orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani.

    GAK level ah……..hahaha…..males……!

  19. Saya tak akan jemu tu’ mengingatkan!

    Perintah Allah yang utama adalah SUJUD…..SUJUD….SUJUD…..!

    Seperti yg dilakukan oleh ‘Isa as a.k.a yesus mu di Getsemani.
    dan seperti para malaikat yg bersedia sujud kepada Adam as.

    Mengapa kalian ingkar kepada Perintah Allah itu?! padahal sejak lahir mu, kalian sudah dalam keadaan bersujud! Astaghfirullah. Jauihi lah perbuatan bathil itu.

  20. Seringkali aku merasa marah, muak bahkan ingin berontak dengan pemimpin2 di negeri yang katanya orangnya ramah tamah. Kenapa… ?? Kemiskinan, kemelaratan, ketidak adilan, penindasan sering ku jumpai sehari-hari. Mengapa masih banyak orang terlantar dan pengemis dinegeri yang subur dan makmur ini. Aku muak dengan wajah2 para pejabat kita, mereka sudah tidak pernah memikirkan rakyatnya. Dalam hati mereka yang ada hanya kekuasaan dan harta. Di TV mereka berpura-pura jadi orang yang paling peduli bagi mereka padahal itu hanya sekedar publisitas biar dianggap jadi orang baik. Kenyataannya bahwa rakyat yg miskin dan melarat seakan tdk pernah surut, bahkan seakan-akan bertambah. Rakyat yang mengingankan keadilan dipukuli dg popor senjata bahkan ditembakinya mereka. Sungguh kejam dan biadab para pemimpin bangsa ini. Hai… Presidenku bapak SBY, ingat dan tepati janji2mu..! Jangan jadi pemimpin yang tdk bisa memimpin.. jangan jadi penindas rakyatmu sendiri, jangan jadi pembela para koruptor, jangan jadi orang bangsat, jangan jadi orang munafik.. Jangan kecewakan rakyatmu yg menderita karena aku dulu pendukungmu… dulu aku merasa bahwa kau bisa memakmurkan dan mensejahterahkan negeri ini. Tolong anda luruskan semua keadaan ini, karena rakyatmu berhak mendapatkan kehidupan yg layak… Terima kasih mas sabda.

  21. Makanya turuti saja perintah Nya yang utama adalah SUJUD…..SUJUD….SUJUD…..!,
    untuk tunduk patuh, jangan bantah terhadap segala perbedaan yang diciptakan Nya dalam agama dan keyakinan apapun, dan jangan menentang melebihi kehendak dan kuasa Nya yang maha tahu dari keterbatasan fikiran manusia yang dungu.

    Mengapa ingkar kepada Perintah Nya ?! padahal sejak lahir sudah dalam keadaan bersujud/tunduk patuh terhadap ketentuan Nya,…..Astaghfirullah…..laaa dha laaah,
    Jauihi lah perbuatan bathil menentang segala perbedaan apapun yang di kehendaki Nya. Mengapa setelah dewasa menjadi penentang kehendak Tuhan atas segala perbedaan yang diciptakannya….??.

    manusia memang sering mumet dan mbingungi dirinya sendiri, di satu fihak sok ta’at kepada ketentuan Nya, dilain pihak menentang nya kehendak Nya…………???.

    betah juga ternyata disini………..penasaran nih ceritanya…..?

    Tidak ada satu manusiapun yang mampu merubah, mengganti, keyakinan kejawen di tanah jawa. Kejawen adalah kejiwaan yang menjiwai tanah jawa-jawi-jiwa, sudah terpatri di tanah, air, udara dan panas di dalam darah nyawa penduduk nya.

    Siapa yang mamapu mengganti dan merubah Ketentuan Nya ditanah Jawa…?, walaupun ia dakwah mencucurkan darah, nanah, air mata dengan penuh kedengkian, kebencian, penasaran, dan segala macam enyakit hati ….????, adalah sia-sia belaka, bahkan akan hancur lebur bagai debu beterbangan di lalap banaspati.

    Buktikan dalam agama dan keyakinan mu, dan mintakan kepada tuhan mu agar kejawen di jawa-jawi-jiwa seperti keinginanmu….., siapa yang mampu menentang kehendak Nya……?, sekali lagi sia-sia habis umur waktu dan biaya, sebab semua itu hanya menunjukan kelemahan dan kedunguan diri.

    “kalau memang darul akhirat hanya milikmu saja….?!!, maka mintalah kematian mu sekarang juga, kalau memang kamu orang-orang yang benar” .

  22. Bersorban ala Yaser arafat biar dikira orang arab. pas mati ehh… ga da lagi musim kain kotak2 tuh. amin

    Piara kumis jenggot tebal biar persis wedus
    Pasti jg ga pake celana dalam. biar gampang perkosa ya….. atau takut di bilang Kafir. soalnya cd nya merk Hugo Boss. wkwkwkwk….
    Gondal gandul kayak tunggangannya …Onta

    Plagiat Sejati.
    Plagiat kok sama Onta

  23. Sudah tau itu kotoranku.. mash saja kau sujud di belakangku Bima…

  24. Ngglosor Madhep Wetan

    Mas Bima, mengapa anda memaksakan apa yg anda yakini kepada saudara2 yg kristen ? menurut anda : Perintah Allah yang utama adalah SUJUD….. SUJUD…. SUJUD…..!
    sementara saudara2 yg kristen meyakini Perintah Allah yg utama adalah :
    1. Kasihilah Tuhan Allah-mu dengan segenap hatimu & dengan segenap jiwamu & dengan segenap akal budimu & dengan segenap kekuatanmu.
    2. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

    saya rasakan dengan jujur, kedua perintah ini, secara kebetulan memiliki persamaan dengan kejawen :
    1. Sembah bekti kepada Gusti Kang Moho Suci.
    2. Sembah bekti kepada Leluhur (orang tua, eyang, eyang buyut, dsb).
    3. Sembah bekti kepada Ibu Pertiwi.
    4. Sembah bekti kepada Kadhang Sejati.

    perintah2 inilah yg membangun tepa-salira supaya individu2 kejawen dapat memahami & menghormati saudara2nya yg berbeda keyakinan.

    Memang nafsu2 rendah manusia itu cenderung lebih kuat dibanding dengan keinginan2 spiritual. memang lebih mudah untuk mencaci-maki, memukul, mengayunkan golok, melempar batu, daripada memahami & menghormati perbedaan.

    dulu di jaman orang2 yahudi keluar dari mesir, jamannya musa kalau nggak salah, Tuhan menurunkan 10 Perintah Allah plus berbagai bonus aturan2 hukum, seperti mata balas mata, gigi balas gigi, nyawa balas nyawa.

    oleh isa (setahu saya nama aslinya berlafal yash’wa, tulisannya yshw – artinya Allah hadir – coba cek nubuat yesaya dalam bahasa aram) direvisi menjadi 2 Perintah Allah yg tertulis di atas. isa menjawab argumen orang farisi & ahli taurat, mengapa isa berani merevisi hukum musa, Tuhan menurunkan hukum itu lewat musa karena kedegilan hati orang2 yahudi yg sedikit2, bila mutung dengan Allah (yhwh), mereka membuat patung berhala untuk disembah2.

    berhubung isa dianggap penjahat oleh orang2 yahudi, maka Perintah Allah dari isa ini tidak dilaksanakan oleh orang yahudi, yg melaksanakan hanya murid2 isa.

    nah masalahnya, di dalam Al Qur’an di sebut2 isa (termasuk maryam ibu isa) tapi kenapa ajaran2 dari isa tidak tertulis di dalamnya ? mengapa ajaran2 di dalam Al Qur’an malah mundur ke jaman musa ? bahkan kekerasan2, polygami, mengambil apa yg bukan hak, ditiru dari jaman daud sampai sulaiman (salomo). sampai pada keculasan : berlindung di balik nama Allah atas apa yg telah dilakukannya secara pribadi.

    saya pribadi mumet mempelajari sejarah saudara2 kita yg kristen. setelah isa tidak ada di dunia (entah moksa, entah apa), terlalu banyak informasi secara lisan yg tersebar, maklum jaman itu pesan2 isa belum dibakukan / tertulis. turun temurun dari generasi ke generasi pesan2 ini diturunkan, tentu dengan bumbu2 penyedap.

    sehingga pencabangannya, secara garis besar, berupa : ajaran2 isa, model keimanan murid2 isa, kesaktian2 isa, sampai kepada rahasia2 keselamatan yg tidak boleh diketahui oleh orang banyak.

    akhirnya beberapa aliran membakukannya di dalam tulisan. ada yg berbahasa aram, yunani & ibrani. begitu banyak tulisan dengan banyak bahasa & budaya, pasti membuat pusing mereka yg mencoba menyatukan. akhirnya mereka memilih topik ajaran2 isa & model keimanan murid2 isa. mereka memasukkan sejarah pra-isa ke dalam Al Kitab karena ada proses penciptaan (campur tangan Tuhan ?) & nubuat nabi2 akan kedatangan yshw ini.

    di timur tengah sendiri ada begitu banyak aliran kristen yg dianggap bid’ah, karena tidak selaras dengan induk ajaran yg mereka yakini. apa hak mereka menganggap aliran kristen lain itu bid’ah ? mereka meyakini bahwa isa menurunkan tampuk pengajarannya kepada petrus yg nantinya diteruskan melalui proses suksesi. nah ajaran isa yg dianggap valid adalah dari aliran petrus.

    jadi bukannya tidak mungkin jika Nabi Muhammad SAW. memiliki pemahaman yg berbeda dengan saudara2 kristen aliran petrus, bahkan sampai menganggap sabda Allah di dalam Injil itu hasil dari plesetan & rekayasa orang2 kristen saja.

    Mas Bima & teman2 suka sekali dengan kata2 : kromo Injil, trinitas, dlsb.
    menurut Mas Bima & teman2, apa sih arti trinitas itu ? Allah punya anak ? saya confirm kepada teman2 theolog kristen, mereka saja tidak berani menyebutkan bahwa Allah itu punya anak. Bahkan mereka membenarkan surah Al Ikhlas, Allah tidak memperanakkan & diperanakkan.

    Lalu kromo injil, apakah injil itu hina buat Mas Bima & teman2 ?

    saya berkata panjang di sini, bukan untuk membela saudara2 yg kristen, pun siapa tahu ada yg kristen kejawen. namun mengajak Mas Bima & teman2 untuk mengingat kembali (saya yakin Mas Bima & teman2 juga sudah mempalajari hal ini) sejarah yg sudah terjadi di timur-tengah, yg membentuk agama2 samawi menjadi seperti sekarang.

    kalau dipikir2 enak juga jadi daud atau sulaiman, sedikit2 minta kepada Tuhan, lantas dipenuhi permintaannya. berbuat dosa, minta ampun2, dimaafkan Tuhan. enak sekali bukan ? saya juga mau banget jadi daud, sampai bisa dengan mudah mengambil istri cantik prajuritnya & membunuh prajurit beristri cantik itu dg mengirimkannya ke medan tempur paling ganas.

    tapi kalau kita mau buka2 hikayat saudara2 kristen, Tuhan sudah berubah setibanya isa ke dunia. Tuhan sudah berbeda semenjak isa datang, itu yg mereka imani. Bahwa manusia hidup itu, ya harus bekerja, jangan mau enaknya sendiri.

    mohon maaf jika ada Poro Sedulur yg sakit hati atas tulisan saya ini. maksud saya hanya untuk berbagi wawasan agar kita dapat saling memahami keyakinan saudara2 yg berbeda.

    sekali lagi mohon maaf bila ada dari Poro Sedulur yg hatinya tersakiti.

  25. Coba kamu saja yg bersujud dan tanyakan apakah kelakuanmu sudah benar.
    Paling pantatmu d sambar petir nti. hahahahahaha

  26. hahaha banyak belajar dari buku ya..??

  27. bima….. he..he anak kemarin sore…. masih dikuasai nafsu iblis. merasa dirinya paling suci, paling benar…… bertobatlah nak….. mumpung masih hidup….
    ——————————————————————-
    Sabda…..akhirnya kau berani muncul juga……hehe….

    hayo…dijawab pertanyaan yg sudah menumpuk 2011….

    “kamu hendak membahas tuhan dg meniadakan tuhan itu sendiri !”
    yang dicipta hendak meniadakan penciptanya…..ruar biasa gendeng nya.

    Benar2 konsep filsafat yg keblinger….kamu telah ter’telan oleh imu yg kau pelajari sendiri. Sadari lah itu!

    bertobat lah sebelum azabNya turun kepada mu…..h h h

  28. Cah Pathi

    Salam poro pinisepuh sedoyo,

    @Banyu segar,
    Sebenarnya apa maumu?Orang manakah anda?
    Siapakah TUHANMU?
    Jika anda mengatakan secara KITABMU, percuma anda menjelaskannya disini!
    Karena itu berarti anda sendiri belum memahaminya, itu tercermin dari setiap komentar anda, atau seperti itukah TUHANMU memerintahkannya?Kalau kamu kenal akan TUHANMU, seperti itukah perilakumu?
    Kalau Kamu belum paham dan kenal siapa TUHANMU, sini sekalian sama KYAI-mu , saya ajari biar kenal dan paham, gratis!
    ————————————————–

    tak usah banyak cakap!

    kamu tdk dapat menyangkal bahwa kejawen itu memang berasal dari Nepal bukan?!

    Dan kamu telah menghina agama lain dengan istilah ‘impor’ itu, sementara kamu sendiri meyakini ‘barang impor’ juga! hahaha….tipu daya mu pasti terbongkar!

    Dan kami mengetahui bahwa kalian adalah kresetan yg berkedok kejawen.
    hayo….mau ngeles apa lagi kalian!

    Hukum Qishash-Nya tetap berlaku. Insya Allah.

  29. betul….jgn sampai negara mengikuti brengseknya blog ini….! haha

    Dan sabda….ketika kamu belajar di smp dan ugm dulu, tentu lah guru dan dosen mu yg waras, tidak mengajarkan untuk ‘meniadakan tuhan’ dalam mempelajari filsafat.

    Mengapa kau lakukan perbuatan yg menyimpang itu?! Kembali lah ke jalan yg lurus, yakni jalan yg diridhoi Allah. Astaghfirullah.

  30. Gus Supri
    Desember 30th, 2011 pukul 18:32

    @Bima yang tercerahkan…
    Mana bukti Islammu adalah Rahmatan Lilalamin.???
    >>> ajaran TAUHID!

    Panjenengan tidak akan pernah bisa terima kalau bagi rekan-rekan Nasrani bahwa nabi Isa AS adalah nabi terakhir, adanya Trinitas dsbnya, sebaliknya beliau semua juga tidak akan pernah mau mengimani bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan terakhir.

    >>> Trinitas adalah doktrin Paulus. Nabi ‘Isa as a.k.a. yesus mu tidak mengajarkan ‘trinitas’. Tunjukkan dalam alkitab mu bahwa yesus mu mengajarkan trinitas. Bukankah Perjanjian Lama itu seluruhnya berisi tentang ajaran Tauhid?! Mengapa kamu ingkari Perjanjian Lama itu dg Perjanjian Baru yg dikarang2 oleh Paulus?!

    Terus solusinya apa mau beratem sampai pada mati baru terbuka rahasia dogma tsb ???.
    Kita tidak bisa memaksakan kehendak, walaupun punya 10.000.000 % keimanan dan keyakinan. Banyak jalan menuju Roma, mau jalan kaki, naik kapal laut, kapal terbang, atau berenang silahkan saja….

    >>> Allah menjanjikan RahmatNya bagi orang-orang yg patuh, dan Azab Nya bagi orang-orang yg ingkar dan durhaka.

    Mengingatkan atau mengajak boleh-boleh saja, pilihan tetap berada pada pribadi masing-masing.
    Kata orang bijak : ” …… dan sampaikanlah segala sesuatu itu dengan cara yang baik dan benar “.
    Mohon dibukakan pintu maaf, kalau panjenengan tidak berkenan….

    Semoga Damai dihati,…….
    ———————————————————————————
    Berulang kali saya sampaikan, jangan lah kalian campur adukkan agama-agama itu menurut selera kalian. Perbuatan kalian adalah perbuatan bathil, sedangkan kebathilan pasti akan musnah di muka bumi ini, sebagai Janji Allah yg tak dapat kalian hindari. Camkan itu!

  31. Gus Supri / Sapto…………………………….

    @Bima / Banyu Segar / Yasir / TS / Anti Kafir……………………………..

    Seandainya bisa bertemu muka, rasanya pingin sekali saya sujud sembah sungkem pada panjenengan yang sudah mencapai derajat ilmu ma’rifat tertinggi, karena panjenengan bisa memberi Cap Stempel kepada orang lain sebagai Kafirun atau murtadin, sementara Gusti Allah sendiri masih sering mempergunakan cara lain untuk menegur ciptaanNYa.

    >>> Sujud lah kepada yg lebih pantas, yakni Allah Sang Khalik Yang Maha Pencipta

    Sungguh saya kagum sekali kepada panjenengan, yang bisa memperoleh derajat yang begitu mulia itu, bahkan seperti bisa mengalahkan pemilik aslinya.

    >>> kami hanya lah mengingatkan kpd sesama manusia (kalau memang masih mau disebut sebagai manusia), dan kami tidak memandang apakah ia pejabat, penjahat, orang kaya ataupun orang miskin, ulama maupun pendeta.

    Biarkan kami yang panjenengan sebut kafir ini belajar dgn saling asah,asih dan asuh sambil terus mencari jawaban hakekat hidup fana ini dengan cara kami sendiri.

    >>> Bukan kah telah berulang kali saya sampaikan. Blog yg anda buat ini, dapat dengan mudah dibaca oleh siapapun termasuk generasi muda yg dapat dengan mudah terpengaruh oleh ajaran kalian yg bathil itu. Sepanjang itu pula saya akan meluruskan blog yg bengkok ini.

    Adalah kewajiban panjenengan untuk mengingatkan, tapi ingat, adalah hak kami untuk menerima atau menolak. Kalau Gusti Allah sendiri saja masih memberi kami kesempatan, kenapa panjenengan tidak bisa ???? Atau barangkali panjenengan memang punya derajat yang lebih tinggi lagi bila dibandingkan dengan Gusti Allah??
    Duh Gusti,

    >>> Dan bukankah juga telah berulang kali saya sampaikan, manusia yg sempurna adalah makhluk yg senantiasa membela yg hak dan menentang yg bathil.
    Kalau anda merasa termasuk yg bathil itu, berarti memang benar harus ditentang. Sebaliknya kalau anda tidak merasa, ya sudah…..itu lah SunahNya manusia, sebagai makhluk manusia yg sudah sepantasnya membela yg hak. cukup jelas bukan?! Insya Allah

  32. Gus Supri / Sapto

    @Bima

    Terus terang, saya tahu persis dogma Trinitas karena saya mantan calon pastur.
    Saya tahu persis Kitab Perjanjian Lama yang merupakan gabungan Kitab Zabur dan Taurat.

    >>> Jadi memang benar kan, sesungguhnya Perjanjian Lama itu juga menegaskan tentang Tauhid. Lantas mengapa kalian ingkar juga?!
    Pertanyaan saya, dalam prinsip trinitas siapa yg mempunyai otoritas tertinggi??? Tentu pada akhirnya anda akan menyebut…tuhan lah yg memiliki otoritas tertinggi. Lantas untuk apa lagi dipecah menjadi tiga yg setara. Bukan kah hal ini termasuk perbuatan mempersekutukan tuhan yang tak terampuni??? Pertanyaan selanjutnya, mengapa hanya tiga, boleh jadi dua, boleh jadi empat atau lima. Pada akhirnya bukan kah itu hanya lah buah pemikiran manusia yg relatif?! Coba anda jelaskan!

    Saya tahu pasti Ajaran Kitab Perjanjian Baru, yang adalah intisari saling asah,asih dan asuh sebagai aflikasi Hablur Minanas dan Hablur Minallah.

    >>> Tahu persis apanya, jelas Perjanjian Baru mendoktrinasi ajaran yg mengandung penyiksaan (dalam penyaliban) yang amat sangat brutal! Itu kah ajaran kasih yg kalian maksudkan?! Bukan kah tiap kali kalian beribadah di gereja, kalian didoktrin untuk senantiasa makan daging manusia dan minum darah segar melalui simbol roti dan anggur itu!
    Padahal telah berulang kali kami ingatkan, bahwa tidak ada satu pun perintah dalam alkitab yang menyatakan yesus telah minum anggur dari cawan. Dan tidak ada satupun perintah dalam alkitab yg menyatakan bahwa yesus adalah tuhan.

    Saya tahu persis Al Qur’an dan Hadist karena sekarang saya pemeluk Islam.

    >>> Kalau memang tahu persis, tentu anda paham apa yg diperintahkan tuhan kpd anda…..SUJUD LAH….SUJUD LAH….SUJUD LAH.
    Dan bukan kah telah berulang kali pula saya ingatkan, ketika di dalam rahim dan lahir pun anda sudah dalam keadaan bersujud. Bahkan yesus kalian pun bersujud. Mengapa kalian tetap ingkar dan durhaka???

    Dan
    Kalau kita bertemu di forum blog ini,
    Karena saya ingin mengaflikasikan pemahaman saya tentang hablur minallah dan hablur minannas secara indonesiawi…….!!!!!!!!!!!

    Apakah itu salah menurut panjenengan wahai ahli ma’rifat ????

    >>> Justru Allah telah menegaskan melalui Al Qur’an, bahwa manusia diciptakan dengan warna kulit yg berbeda2, dan sudah SunahNya pula bahwa kalian memiiki bahasa yg berbeda2 pula. Lihat lah agama dengan mata hati, bukan dengan mata.
    Pencipta mu adalah Yang Maha Tunggal, sudah tentu pula hanya ada satu agama yg diridhoiNya.
    Bagaimana halnya jika ada dua mulut dan dua hati dalam dirimu ?! atau kah anda menghendaki jumlah mulut dan hati mu sebanyak yg kau inginkan??? Tentu anda akan terlihat aneh di antara manusia lainnya yg waras.

    Rahmatan lil alamin harus diaflikasikan dengan mau mendengar pemahaman orang lain tentang taikid itu sendiri dan tidak hanya dengan pemahaman taukid yang sempit yang hanya bermakna kepada salah satu point asmaul husna.

    >>> Bukankah anda sebagai makhluk yg namanya manusia, sudah pasti memiliki kelemahan dan keterbatasan (sebagai SunahNya juga). Dan apakah anda hendak menipu diri sendiri untuk menembus keterbatasan itu, sedangkan di sisi lain anda menyadari bahwa anda diciptakan sbg manusia yg pasti memiliki kelemahan dan keterbatasan itu?! Jauhi lah sifat sombong dan angkuh kepada Yang Maha Mencipta mu.
    Anda manusia adalah salah satu makhluk yg relatif, tdk akan mungkin yg relatif itu dapat menandingi yg mutlak. Jangankan menandingi Penciptamu, kemutlakan hidup dan kemutlakan mati mu sendiri saja tdk akan mungkin dapat anda kuasai?!
    Jelas?!

    Gabungan pemahaman Kitab suci agama samawi, telah menjadikan saya islam moderat dengan derajat toleransi yang memadai dengan batasan surat Al Kafirun yang saya tanam dalam-dalam di hati sanubari ini.

    Jadi,…
    Mari berdakwah…
    Dengan benar dan santun…..
    Secara Indonesia……..!!!!!

    Salam Rahmatan Lil Alammin.

    >>> Bukankah pada posting sebelumnya sudah pernah saja jelaskan tentang surat Al Kafirun itu?! Anda mempelajari, meyakini, dan mengajarkan sesuatu aliran tertentu dalam prinsip perbedaan yg tak terbatas (padahal sudah diketahui bahwa manusia pasti mempunyai keterbatasan, lihat lagi di atas).
    Oleh karena itu, sudah tentu meyakini sesuatu agama tanpa adanya prinsip Tauhid justru akan menyesatkan manusia. Anda telah salah kaprah dalam memahami kebebasan dalam memeluk agama. Kebebasan dalam agama bukan lah berarti kebebasan untuk mendefinisikan tuhan itu sendiri. Cukup jelas?!

    Salam

  33. Salam Avatar Nuswantara.
    Kamu bicara banyak tentang hal hal perbedaan..
    Islam diturunkan lewat cakti(energy) ciwa-durga yg bisa berwujud apa saja..!
    yg kalian sebut sebagai Jibril..!
    Kalian tahu Muhamad bertapa di Gua Hiroq.? Siapa yg mengajari.?
    Kalian harusnya menyadari hakekat sholat yg diwajibkan buat kalian, karena kalian kebanyakan kasta wesyia dan sudra..!
    Agar kalian Selamat.! Tidak terus berperang..! Agar kamu tidak terus jahil dan Jahat.
    Kamu tahu muhamadar itu badan kamu yg akan menjadi bangkai..?
    Kamu tahu ilah allah..?
    Alqur’an ajaran buat kalian untuk bersujud, agar kalian sadar menjadi manusia… tidak lebih..!

    oOo

  34. Salam hormat kepada semua sedulur Nusantara…….

    Rumah mewah ini bisa terbakar api dan berkobar menghanguskan semuanya….petir sudah mulai menyambar dengan sangat keras…….

    Tulisan diblog rumah mewah ini adalah contoh nyata kehidupan masyarakat diluar sana…..Inilah permasalahan di Negeri ini dalam soal bertauhid dan berkeyakinan kepada Tuhan manusia…….
    Apakah gambaran dan hasil posting komentar ini apa sudah cukup dan sudah dipetik hasilnya oleh pemilik blog lalu apa kesimpulan dan langkah yang diambil oleh Mas Sabdo….melerai…membiarkan saling jotos dan bahkan diadu seperti acara hiburan rakyat….ADU DOMBA..atau Mas Sabdo bisa memberikan suatu jalan keluar untuk urusan yang menjadi semakin mbulet ini padahal dalam menyembah Tuhan itu tidak mbulet dan sangat gampang dan ada teorinya karena sudah ditulis komplit didalamnya , hanya saja dan sangat sayang semua tulisan ajaran itu mungkin tidak dijalankan dengan semestinya dan bahkan semakin melenceng dari rel ajaran hidup benar. lalu kita saling menyerang dan saling menghujat agama dan juga menghina RosulNya dan bahkan saling membunuh dan menyakiti sesama manusia negeri sendiri…….

    Semua kalimat dan keterangan yang disampaikan disini hanya seperti corat coret tulisan yang tidak diketahui dan tidak dimengerti maksud yang sebenarnya dan sudah tidak bermakna dan bertujuan asah asih asuh dan akibatnya.dan kita yang akhirnya tidak menjadi SADAR dan bahkan sudah terjerumus dalam NAFSU EGO kita masing masing….

    Kita sebagai tamu dan komentator di rumah ini menjadi kebingungan dengan keterangan.yang sudah dicetak disini…..mana yang salah dan mana yang benar dan semua tulisan disini menjadi semakin kabur mblawur dan semakin tidak terlihat kasih sayang Tuhan kepada kita semua dan KITA seperti MENGHINA DIRI SENDIRI dan tentunya menghina PENCIPTA DIRI KITA……….

    Jelaskan kepada kita semua agama apa yang sebenarnya paling benar dan buktikan kebenaran AGAMAMU kepada kita atau kepada NEGERI INI….negeri ini yang semua rakyatnya mengaku beragama dan berkeyakinan bertuhan tetapi tidak sangat terlihat dampak benar dan penernya dari agama yang dianut dan bahkan Negeri ini semakin hancur……
    Manusia dinegeri ini dalan beragama dan menyembah Tuhan hanya seperti menyimpan barang sakti yang berakibat sangat ajaib yang tetap selalu disimpan sebagai suatu ALIBI untuk menutupi kebohongan yang nyata….agama hanya sebagai hiasan dan topeng untuk menutupi wajah seperti setan atau binatang…….

    Bagi para pakar agama….TUNJUKAN kesalahan agama selain agamamu bila sudah merasa sangat DEKAT kepada NYA dan buktikan kepada kita semua bahwa Tuhan sudah menjawab soal agama apa yang PALING BENAR di Negeri ini dan saya hanya menduga jawaban tersebut bahwa yang TIDAK BENAR ternyata adalah pelaku agama itu …..beragama dan menyembah bukan dengan hati nurani tapi dengan akal yang sudah berpenyakit dan divirusi ego nafsu dunia…………

    Kita sebagai pelaku dan mengaku beragama dan bertuhan ketika sudah saling menghujat hanya seperti manusia tanpa nurani budi luhur….beragama dan bertuhan tanpa naluri dan nurani hanyalah menciptakan kerusakan dan huru hara…menjadi bengis seperti hewan pemangsa……..salam prihatin Nusantara….

  35. Pada saat seseorang merasa benar, maka pada saat itulah dia salah..

  36. jadi kok malah lucu saling rebut bener… padahal sama2 tidak tahu
    damai… damaii damai…

  37. Al Maeda 5:69 : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Katholik/Kristen, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Maeda)
    ——————————

    @Mas Bima/TS,ANTI KAFIR,banyu Segar yang terkasih,

    Coba copas perintah sholat 3/4 x di Al Quran …KALAU ADA … Ya kalau ada besok saya jadi orang Islam, bulan depan naik haji ….Syokran, ana a haibaq (-:

  38. @Mas Bima – yang bukan TS,ANTI KAFIR,Banyu Segar,

    Sebenarnya beragama atau TIDAK beragama sama sekali kan … hak asasi manusia ! Dijamin di UUD 1945 dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (PBB) , pasal 18. Tuhan kan super pinter dan arif, mosok nanti pertanyaanNya pada … manusia – yang telah mati – apa agamanya dulu waktu di bumi . Menurut saya perbuatan manusia lah, waktu di bumi, ketika masih bernafas, yang menentukan … nasib orang itu di ‘sono’ – kalau ada yg namanya sono itu tadi.

    Agama : Ini seharusnya (cuma) dijalani, dihayati sendiri2, bukan untuk didiskusikan. Itu seharusnya … Kenyataannya ? Bicara soal ini kadang ya seperti jual/promosi … kecap. Agama yang seharusnya soal … kasih (sayang), welas asih malah kadang sering jadi kecemburuan, kebencian, bahan gebuk2an … .

    @Mas Gus Supri,

    Nyuwun sewu – dollar, Euro nggih kula purun – njenengan kena … gertak (sambal) ‘adine Puntadewa’ yang lain, bukan yang di ‘atas’ …(-: (-: Orang tsb anti kejawen, apa saja yang tidak sesuai dengan Islam versinya, ya akan dia serang habis2 an. Dari dulu oknum ini mau blog ini bubar saja, datang kesini – blog ini – TANPA kulo nuwun, malah, seperti njenengan bisa lihat sendiri, menunjukkan ke …tidakhormat …nya pada yang punya blog,Mas Sabda. Saran saya : Njenengan tetap saja berbagi disini, jangan mau diapusi ‘londo didong’. Kalau njenengan diam saja,ya yang rugi … kami2 yang mau belajar dan berdiskusi di blog yang gayeng nyamleng ini ! (-: Njenengan, menurut saya, adalah satu ‘pemain’ di ‘orkes’ Sabdalangit.

    @Mas/Kang Gamalpra,

    Terima kasih atas ayat 153. Tapi sholat di situ kan cuma berarti … berdoa, bukan sholat 3,4,5 x se hari ? Sholat Yesus yang,mungkin,universal adalah dari Bapa Kami : …./ JADILAH KEHENDAKMU DI ATAS BUMI SEPERTI DI DALAM SURGA / … Ya pasrah (bongkokan), nrima ing pandum … Ada ‘sholat’, oops, ajaran, dari Konghucu yang universal juga : ‘ Jangan menggasak orang kalau tidak mau digasak orang …’ Dan,ajaran orang Jawa : Jangan mencubit orang kalau tidak mau dicubit. Adakah ajaran Islam yang universal, yang simple bin sederhana yang seperti contoh2 di atas ? Bisakah orang jadi orang Islam TANPA mesjid dan doa2 dalam bahasa asing ??
    Kalau (cerita) surga, saya tidak begitu … tertarik, wong IQ saya kurang cukup untuk memahami cerita ini …)-: )-:

    @Jeng Dewi,

    Terima kasih atas cerita pandangan mata mengenai Om (dari) Finlandia itu. Ceritanya jadi … meyakinkan, bukan apus2an, wong melibatkan anda sendiri… Hmm, seperti roda – kehidupan – yang berputar, semoga … pada suatu hari … kita, Nusantara bisa sepinter (orang) Finlandia…. Oh,tolong tanyakan om Finlandia itu, negaranya dibantu … leluhur mereka kah ? Ataukah kesuksesan mereka di Finlandia murni karena kualitas … otak mereka ?

    Salam katresnan pasrah dan tahun baru

  39. @Mas/Kang Gamalpra,

    Iya deh, SABAR dan berdoa . Konon, sabar itu juga amat sangat penting, mungkin lebih penting daripada (cuma) berdoa.

  40. Pada saat seseorang merasa benar, maka pada saat itulah dia salah..

    Koreksi:

    Pada saat seseorang merasa benar, maka pada saat itulah dia mampu membuktikan kesalahan!

  41. Al Maeda 5:69 : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Katholik/Kristen, SIAPA SAJA (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Maeda, bukan Al Qaeda)
    ——————————

    @Mas Bima/TS,ANTI KAFIR,banyu Segar yang terkasih,

    Coba copas perintah sholat 3/4 x di Al Quran …KALAU ADA … Ya kalau ada besok saya jadi orang Islam, bulan depan naik haji ….Syokran, ana a haibaq (-:

  42. BIMA……………….
    sifat menunjukkan adab, ucapan menunjukkan tingkat….
    dirimu sekarang ada di tempat yg tenang, seperti halnya tetangga kanan kirimu menilaimu dan melihatmu. kenapa juga dirimu tidak sadar. Tetanggamu juga butuh tenang…. janganlah karena gelora hati yg meluap, kursi yg kau duduki memukul dirimu hingga dirimu lupa di mana dan kapan ALLAH SWT, pernah memanggilmu

  43. persisi dong seprti kamu,…………….h h h h h

  44. tak usah banyak cakap!

    tunjukkan argumentasi dan ucapan mu, jika kamu adalah orang-orang yg benar! Jangan oot !!!

  45. KEDUA (setelah PERTAMA)

    Kamu telah berbuat bathil dan merusak aqidah agama Islam. Umat muslim akan senantiasa menentang dan mencari mu!
    Dan….Allah akan menurunkan azab Nya bagi orang-orang yang durhaka seperti kamu! Camkan itu!
    ———————————————————————————–
    BIMA………..
    oooooo…. rupanya dirimu ingin jadi seorang pengadil bagi-NYA ? Marilah kita sama-sama berdo’a……
    dirimu berdo’a kepada-NYA, agar apa yg menurutmu hrs terjadi, maka terjadilah, dan q akan menerima itu dengan ikhlas…. dan akupun akan berdo’a, untukmu dan juga orang-orang yg ada di sekitarmu dan di manapun engkau berada, agar menjadi tanda selamanya

  46. Kedua / Agung………….

    BIMA………..

    oooooo…. rupanya dirimu ingin jadi seorang pengadil bagi-NYA ? Marilah kita sama-sama berdo’a……
    dirimu berdo’a kepada-NYA, agar apa yg menurutmu hrs terjadi, maka terjadilah, dan q akan menerima itu dengan ikhlas…. dan akupun akan berdo’a, untukmu dan juga orang-orang yg ada di sekitarmu dan di manapun engkau berada, agar menjadi tanda selamanya
    ———————————

    Allah senantiasa menolong orang-orang mu’min yg ridho tu’ menolong agama-Nya. Insya Allah.

  47. KEDUA (setelah PERTAMA)

    monggo…. saya dengan senang hati melayani…….

  48. Yth bima..
    aku bertanya tentang wahyu ningrat sastra jendra….dan apakah kaitannya WNSJ dengan Huwal awwalu walakhiru wadohiru walbhatin wahuwa bikulli syaiin alym…..
    salam sejahtera

  49. Kenapa perlu ditolong, apa agamamu lemah apa Tuhanmu lemah?

  50. KEDUA (setelah PERTAMA)

    BIMA/BANYU SEGAR……………
    mungkin seperti inilah HABIL dan KHOBIL di waktu itu ya kang…. sama-sama memberikan persembahan kepada penguasa jagat hidup dan mati……. Tanda di mulainya yang bersih dan yang kotor, di saksikan alam maya pada juga jabalkud maut

  51. Yth RP….

    Betul anda ‘hendak membahas hal itu…atau hanya sekedar ‘mampir?! hehe….

    salam

  52. ada kalanya menghadapi orang seperti bima harus pakai pisau.karena dia adabnya ber pisau.
    kata almarhum Gus maksum..menyombongi orang sombong adalah amal ibadah.

    dari jawaban bima jelas gaya gaya salafy wahaby laknat yg muter2..ngaku islam,iman tapi keblinger.sedulur semua jika sering baca di blog2 wahaby akan tahu kalau debat mereka/wahaby ya begitu gak jelas.bhkan blog2 wahaby mereka kalah di debat hujah para aswaja mereka jawabannya msh muter2 seperti bima cs.

    cuekin saja orang2 seperti bima cs.nanti bima cs juga nangis sendiri.he3x

  53. KETIGA ( setelah PERTAMA dan KEDUA )

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM…………………

  54. ada kalanya menghadapi orang seperti bima harus pakai pisau.karena dia adabnya ber pisau.
    kata almarhum Gus maksum..menyombongi orang sombong adalah amal ibadah.

    dari jawaban bima jelas gaya gaya salafy wahaby laknat yg muter2..ngaku islam,iman tapi keblinger.sedulur semua jika sering baca di blog2 wahaby akan tahu kalau debat mereka/wahaby ya begitu gak jelas.bhkan blog2 wahaby mereka kalah di debat hujah para aswaja mereka jawabannya msh muter2 seperti bima cs.

    cuekin saja orang2 seperti bima cs.nanti bima cs juga nangis sendiri.he3x
    ————————————————————
    >>> Bukankah pada posting sebelumnya sudah pernah saja jelaskan tentang surat Al Kafirun itu?! Anda mempelajari, meyakini, dan mengajarkan sesuatu aliran tertentu dalam prinsip perbedaan yg tak terbatas (padahal sudah diketahui bahwa manusia pasti mempunyai keterbatasan, lihat lagi di atas).

    Oleh karena itu, sudah tentu meyakini sesuatu agama tanpa adanya prinsip Tauhid justru akan menyesatkan manusia. Anda telah salah kaprah dalam memahami kebebasan dalam memeluk agama. Kebebasan dalam agama bukan lah berarti kebebasan untuk mendefinisikan tuhan itu sendiri. Cukup jelas?!

    dan gunung-gunung berapi pun menangis untuk mu…..h h h

  55. KETIGA (setelah KESATU dan KEDUA)

    HABIL dan KHOBIL bukan lah nabi…..! lupa ya?!
    ———————————————————————–
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw…..
    owalah…. dirimu tu nabi ya…. waduh lupa q… zzzzzzz….. kalau q kan cuma orang biasa. NII… NII….

  56. KETIGA (setelah KESATU dan KEDUA)

    @BIMA
    HABIL dan KHOBIL bukan lah nabi…..! lupa ya?!
    ———————————————————————
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw…..
    owalah…. dirimu tu nabi ya…. waduh lupa q… zzzzzzz….. kalau q kan cuma orang biasa. walahdalah… ra ngerti q kalau nabine NII… jalmo dadi BIMA.. zzzzzzz

  57. Salam nuswantara..
    Inilah akibat menyiarkan isyarat yg sangat ‘pribadi’ pada masa yg belum waktunya sebagai seorang ‘guru penyiar’, sehingga terkesan sombong dibaca dan angkuh dirasa yg tentu terkesan fulgar atau ngawur di hadapan poro sedulur2 dan leluhur leluhur bangsa yg sudah lebih dulu mengetahui.

    Saya ulas lagi tulisan saya yg sekiranya sangat menusuk para sesepuh disini, terutama setelah membaca komentar@WM.(»Saya hanya menyampaikan getaran avatar yg ada dlm energi saya sendiri..

    Tapi saya sadari ternyata para winasis dan leluhur disini mempunyai kandungan menunduk/mengalah yg “kebangetan” disaat mana seorang atau beberapa manusia yg ngaku namanya bima, banyu seger, atau siapapun.., begitu lancang, sombong dan angkuh..

    Bima ataupun siapapun nama dan temanmu, kalau santun maka santun kamu peroleh, bgt juga sebaliknya kesombongan harus diterima..itu hal yg pasti..!
    Karena di blog ini ada darah buah mojo sing pahit, buah mojolengko yg benar benar pahit..spesial buat kamu!
    Katakan salah itu salah…
    Janganlah mengatakan “benar” itu tidak”salah” renungkan dalam harimu dikala mau tidur dan sepi.
    Kalau ksatria tidak suka membolak balik kata dan tentu tidak membiarkan “hinaan” lalu lalang dihadapannya, utarakan apa maumu, terangkan apa kemampuanmu, pasti ada yg membantu agar kamu lebih lurus didalam ajaranmu.
    Tidak perlu lagi sopan santun untuk mengalahkan kejujuran..
    Kalau merasa beriman kepada kitabmu ‘alqur’an’ bukankah sudah berulang kali dikatakan Kalijogo(krn beliau jauh lebih bisa dipercaya daripada kamu) dan kemudian diturunkan kesemua muridNya agar eling lan waspodo bahwa ‘muhammadar’ rasul allah itu berarti badan kamu yg akan menjadi bangkai busuk itu ada rasul/isi/roh/sang hidup didalamnya.
    Kenapa kamu begitu berbelit belit mengartikan kalimat syah adatnya kamu.. untuk justru menjadikan Muhamad yg manusia spt kita, sebagai mahluk yg luar biasa hebat dan agung diranah sanubari kalian..
    Bukankah kalian akan membuat RohNya Muhamad menjadi lebih tersiksa dihadapan Allah saat ini.? Bukankah Allah yg kamu maksud adalah Tuhan bagi segalaNya..!
    Kamu menyimpang mengartikan ‘utusan’ Allah..! kamu menyimpang dari hakekat syahadat ‘kalian’ sendiri yaitu “allah pencipta” bahwa semua mahluk ada utusanNya… yaitu Nur/Atma/roh agar kamu hidup.
    Janganlah mengobral ayat, surat, kitabmu disini, karena disini sdh punya kitab persis dari kamu, bahkan sumber dari kitab mu dan samawi mu..
    Yakini syahadat dirimu sendiri, agar tidak menyinggung sedulur kita yg benar2 meyakini ‘keselamatan’ ajaran Islam itu sendiri.. Hormatilah nabimu Muhamad, jangan justru merusak dan membandingkan dg nabi sebelum nabi Muhamad lahir..!
    oOo

  58. ngaji lagi mas,berarti anda benar benar memahami al kafirun cuma luar makna,apa anda lupa ada surat2 lain dan tuntunan bagaimana bersikap terhadap perbedaan.BERARTI ANDA INI MEMANG SALAFY WAHABY ANAK DAJJAL DARI NAJD KARENA UCAPAN ANDA TIDAK AKHLAKUL KARIMAH.

  59. KETIGA (setelah KESATU dan KEDUA)

    @BIMA
    nb.
    isi lah konsep ‘trinitas’ mu ke dalam titik2 di atas…..sanggup???

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw…….kurang 3w…. h h h
    ——————————————————————————-
    kalau matanya udah buta… selamanya juga akan buta,
    dan ngapain juga q hrs jadi trinitas ??? pelamuran berjama’ah !!!!!!!!!!!!!!!!!!

  60. KETIGA a.ka. SABDALANGIT

    @BIMA
    HABIL dan KHOBIL bukan lah nabi…..! lupa ya?!
    ———————————————————————
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw…..
    owalah…. dirimu tu nabi ya…. waduh lupa q… zzzzzzz….. kalau q kan cuma orang biasa. walahdalah… ra ngerti q kalau nabine NII… jalmo dadi BIMA.. zzzzzzz

    ——————————————————————————————–

    malu ya……

    mau menjebak….malah terjebak…. hehe…..

    hanya yang ‘satu ini…….di bukan ‘empat mata………………..hmmm

  61. sudah jelas bima wahaber anak kemarin…apa versi ketuhananmu paling benar.saya tanya kamu tapi ingat jawabanmu hrs sesuai komentar jgn mleset2 gak jelas.

    KALAU KAMU MERASA BENAR TUNJUKKAN 1 SAJA SANAD GURU FAHAM SALAFY WAHABY YG SAMPAI KE ROSULLOLOH….

  62. Memang saya berfaham salafy wahaby suka kafirkan,dan menjelekan islam hu.hu.hu..

  63. kata ndoro Sabda…..

    jangan lah saling menghujat dan melecehkan sesama…apalagi menuduh….hehe….

    monggo…. saya dengan senang hati melayani…….h h h (trinitas ni ye……)

  64. BanyuGeni….

    sudah jelas bima wahaber anak kemarin…apa versi ketuhananmu paling benar.saya tanya kamu tapi ingat jawabanmu hrs sesuai komentar jgn mleset2 gak jelas.

    KALAU KAMU MERASA BENAR TUNJUKKAN 1 SAJA SANAD GURU FAHAM SALAFY WAHABY YG SAMPAI KE ROSULLOLOH….
    ——————————————————-

    Rasulullah tdk mengajarkan tentang aliran/faham salafy wahabi. titik.

  65. mas…..kalo dah mentok…..jgn menjelekkan nama gitu donk……
    ga sesuai dg syiar nya Sabda…….h h h

  66. KETIGA (setelah PERTAMA dan KEDUA)

    @bima
    kata ndoro Sabda…..

    jangan lah saling menghujat dan melecehkan sesama…apalagi menuduh….hehe….

    monggo…. saya dengan senang hati melayani…….h h h (trinitas ni ye……)
    ————————————————————
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw……
    lamur…. lamur…….
    nabi NII lamur……… zzzzzzzzz udah di bilangin masih lamur, setelah matanya lamur, ganti kupingnya yg cureken ( lewer keluar nanah ). wkwkwkwkwkwkwkwkw… lama-lama masuk jadi hati hitam kelam (iya kalau hitam si hajar aswad, ini hitam pantat panci )

  67. Salam Banyu segar,

    tak usah banyak cakap!

    kamu tdk dapat menyangkal bahwa kejawen itu memang berasal dari Nepal bukan?!

    Dan kamu telah menghina agama lain dengan istilah ‘impor’ itu, sementara kamu sendiri meyakini ‘barang impor’ juga! hahaha….tipu daya mu pasti terbongkar!

    Dan kami mengetahui bahwa kalian adalah kresetan yg berkedok kejawen.
    hayo….mau ngeles apa lagi kalian!

    Hukum Qishash-Nya tetap berlaku. Insya Allah.
    ———————–
    yang banyak cakap itu kamu atau saya?
    saya tidak pernah menghina AGAMA lain, karena itu dicipta oleh manusia dengan ke- JENIUSAN-an SPIRITUALnya pada jamannya .

    NABI juga MANUSIA
    yang mempunyai kekurangan , kelemahan, dan kelebihan masing-masing.
    Kenapa para NABI mempunyai pencerahan yang sampai puncak?
    Pada saat MI’RAJ, dalam perjalanan sebelum langit tertinggi, siapakah yang menemui-nya,di langit 1-6 ?bukankah para NABI leluhur-nya sendiri? yang telah meninggal?
    Lalu makam siapakah yang ada di dalam KA’BAH?
    Siapakah yang membuat KA’BAH?
    Siapakah yang meminta agar umatnya ditelan air laut?, siapakah yang meminta umatnya agar ditelan air bah?Siapakah yang meminta agar umatnya ditelan bumi dan disambar petir?Siapakah yang meminta SULAIMAN menjadi raja yang tak ada duanya?
    Kenapakah Surah at-TAUBAH tidak disertakan BISMILLAHHRMN NRHM?
    Kenapakah tasbihmu, seperti kepunyaan para biksu?
    Bila anda bisa menjawabnya dengan benar dan pener, dan memahaminya, pastilah anda tidak akan merasa diri paling benar, paling masuk surga, dan paling suci.
    Hiduplah kamu di tanah ARAB sana, bila kamu sudah tidak betah tinggal di sini, biarkanlah kami hidup dengan keyakinan kami, pemahaman kami masing-masing.

    JIKA kamu, khawatir dengan pemahaman kami, kenapa kamu mengajaknya dengan cara yang tidak sopan, dan tidak menghormati kami? Sekarang, apakah kamu mau diajak masuk ajaran kejawen? hem… tidak mau bukan?
    SUDAH PERNAH-KAH KAMU MATI UNTUK MEMBUKTIKAN KEYAKINANMU? MEMBUKTIKAN SENDIRI, BUKAN DENGAN KATA-KATA…KATANYA?
    Silahkan datang kepada saya, kita buktikan bersama-sama, maukah anda? Saya menjamin keselamatan anda.

    SALAM DAMAI, BILA DIINGINKAN,

  68. @Banyu segar,

    -mau kejawen dari Nepal, dari Arab, dari Jepang, dari mana saja, atau gado-gado, yang penting lebih nikmat rasanya.
    -Hukum Qisash,
    Aku berlindung dari karmaku, karma leluhurku, dan karma poro sesepuh BUMI JAWA,

  69. Salam hormat kagem Mas Hredaya……..

    Mohon dimaafkan atas tulisan saya…….sebenarnya saya sangat malu kepada Njenengan ….Mas Sabdo para tamu. dan sesepuh disini…….

    Saya tidak ada maksud menyinggung atau menghujat agama Islam…..saya hanya mohon selalu ada asah asih asuh di tempat kahyangan ini ….berharap tidak ada pelecehan penghinaan antar sesama manusia dan agamanya dan selalu terjaga kerukunan dan perdamaian………sekali lagi mohon maaf kepada para tamu yang terhormat disini….salam rahayu…..

  70. berlaku untuk:

    kafir: orang-orang yg ta’ mau tau dan tak mau bersujud. titik

  71. @DOMBA GEMBEL+BIMA+BANYU SEGAR dan sakpinunggalane
    berlaku untuk:

    kafir: orang-orang yg ta’ mau tau dan tak mau bersujud. titik
    ————————————————————————
    kenapa juga hrs di perlihatkan di depan matamu yg buta, sujud itu urusan masing-masing dengan pemilik hidup dan matinya para makhluk juga semesta alam ini. Dasar cublek, cethek. OJO MUNG SEKEDAR SUJUD BADAN WAE. TETANDURAN, KEWAN, ALAM IKI KABEH LUWEH NGERTI, PIYE CARANE SUJUD SENG BENER IKU, TINIMBANGANE PORO MANUNGSO, SENG LALI PIYE CARANE SUJUD SENG BENER-BENER SUJUD.

  72. @Domba Gembel aka ANTI KAFIR aka Mas BIma/TS yang terkasih ,

    Itu CUMA rasullulah, coba camkan kata GUSTI ALLAH di Quran, ‘ TAK ADA PAKSAAN DALAM BERAGAMA.’ Jadi mau ikut Islam,Katholik,Kristen, Buddha, Kejawen,Hindu, Jedi -isme , dll , tidak boleh ada , itu tadi, paksaan. Mau ganti2 agama, saya kira Allah tidak peduli … EGP, kata Pak Allah …(-: Oh,ya menurut Al Quran saya orang2 mukmin, yang taat, orang YAHUDI, Kristen,Katholik, semua diberkati Allah.

    Oh ya, mengenai Injil : Kang Yesus pernah ditanya apa perintah Allah yang paling penting. Beliau berkata, ” Yang paling penting adalah mengasihi Tuhanmu dengan segenap akal budimu, DAN, tidak kalah pentingnya, mengasihi SESAMA MU seperti engkau mengasihi dirimu sendiri..’ (Matius 22: 37-39) Saya selalu … tergetar dengan sabda Kang Yesus yang ini ! Kata kuncinya : kasih.

    Sujud, sujud, kata anda, yang paling penting dalam Islam ? Coba anda copy/paste ayat itu di sini, kalau anda benar2 tahu Al Quran. Juga mengenai sholat 2,3 x se hari itu . Sulitkah ? Sudah lama saya tunggu lho ayat2 itu, siapa tahu Al Quran saya keliru … Kalau anda tidak bisa meng copas itu, ya berarti memang nggak ada di Quran ? Mohon pencerahan anda. Syokran. Ana a haibaq aquya Bima (-:

    Salam katresnan kejawen adhem ayem

  73. sudah tahu faham salafy wahaby tidak bersanad tapi mulut ,komentar kasar,.seperti wahaby.saya sebagai islam malu ada yg ngaku islam kok mencemooh faham lain.sunan kalijaga yg jelas islamnya hebat saja tidak mencemooh faham kejawen.

  74. bukan ayat mas….tapi surah demi surah…..
    di antaranya dalam surah AL MUZZAMMIL!

  75. calon sp??? waw….waw……

  76. Yth. Bima
    Pada saat seseorang merasa benar, maka pada saat itulah dia salah..

    Koreksi:

    Pada saat seseorang merasa benar, maka pada saat itulah dia mampu membuktikan kesalahan!
    ————————————–
    Maaf kang, orang yg merasa benar itu, hanya orang2 yang omong doang alias “omdo” tanpa bisa membuktikan apa2. Coba apa yg bisa anda buktikan dari pemahaman tentang keyakinan yang sampean anggap paling benar..
    ————————————–
    Ketika nafas kau hentikan dan air ‘mengalir 99% dalam dirimu.

    NEXT…..

  77. @ Sabda…
    Kenapa perlu ditolong, apa agamamu lemah apa Tuhanmu lemah?

    karena diri mu sendiri yg telah merusak agama yg Tuhan turunkan kpd mu! Jelas?!

  78. yg ini saya yakin benar:

    bukan ayat mas….tapi surah demi surah…..
    di antaranya dalam surah AL MUZZAMMIL!

    penasaran……dibaca dulu ndoro Tanwaskita…………………….h h h

  79. @Aquya Bima,

    Coba anda copy/paste Al Muzzammil itu disini, supaya jelas seperti ini :

    / Al Maeda 5:69 : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Katholik/Kristen, SIAPA SAJA (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Maeda, bukan Al Qaeda) /

    Syokran. Ana ahaibaq.

  80. Wow, dewi@ kamu bicara diskotik mayapada sebagai balasan gula galuku..
    Kulo merasa sedih kl bicara Genting High Land (GHL) nya malayu.. DR Mahatir Muhamad adalah salah satu insan hebat dalam menata “income” serba serbi pemuas nafsu bangsa luar-“biasa” dinegeri jiran malaysia. Beliau adalah ahli strategi ekonomi dan sangat liberal dlm menata (income) of his nation dari sektor ini, dia belajar banyak dari pataya, bangkok thailand, hongkong, tokyo, las vegas nevada usa, juga disney land hongkong dan jepang.
    GHL lebih mencakup kedua sisi gemerlap, seni, hiburan, wisata dan prostitute, drug and gambling.. pada awal dibuka yg paling rame mengunjungi adalah orang rupiah dan sin$ orang berkatepe islam ringgit forbidden tapi yg berkatepe islam rupiah sumonggo kerso.. Sekarang sepertinya “agak”lebih bebas untuk yg segala ringgit disegala zona asal cukup umur dan memperlihatkan “money card” cukup blh masuk, empty ditendang keluar.
    Diluar petronas income GHL adalah sebagai yg nomor tiga penyumbang devisa negara mereka… Hehehehe..uang haram kata mui atau a’ak a’ak, dan ulama kita, mereka belum tahu wts GHL justru yg sawomatang adalah 90% dari bangsa rupiah yg kalau lebaran berjilbab..! Mengenaskan bukan..?
    Mendiang Ali Sadikin adalah sosok yg mirip bahkan lebih senior dibanding Mahatir.. Yg saat ini menjadi soal RI adalah “kemunafikan akut” coba disurvey terutama masih sangat kental dg berkeliarannya prostitusi di Jakarta, surabaya, medan, ujung pandang, bali dll.. hampir 98% adalah berktp islam.. Tidak ada satupun Hotel dijakarta yg tidak menyediakan wisata dunia mak erot eh mak-siat.. tapi yg mengejutkan dari bangsa agamis terbesar didunia, katanya, ada tempat lokalisasi prostitusi terbesar di dunia.. adalah di surobejeh.. hahahaha..

    Masa ‘muda’ dlm pencarian pengalaman dan pengetahuan, tetap dalam kendali setidaknya agar kita bisa melihat dari sudut berbeda beda, ikut merasakan yg sesungguhnya menyakitkan dan menyisakan penyesalan terutama saudara2 kita “wanita” sebagai pelaku dunia diskotik sekaligus objek penderita… untuk menghidupi keluarganya… dikampungnya.

    Kang Baok@.
    Burung gagaknya Sawung Jabo kasian ya..
    Begitulah kang… kadang puisi sangat sulit ditangkap oleh telinga dari luar..
    Monggo dilanjut……nuhun.

  81. @Hredaya,

    Prostitusi : Apa tidak ada hubungannya dengan ‘supply and demand’ ? PKS : Pekerja Seks Komersiil itu kan ya orang2 yang perlu … cari nafkah untuk … makan … Asalkan mereka, para PSK, itu bekerja tanpa … paksaan, kan .. gak ada yang rugi ?! Wong mereka menjajakan kebahagiaan/kenikmatan je … Tidak ada yang nggebuk dan yang digebuki disini ?!

    Adakah negara – termasuk Amerika,Australia,Kanada, Inggris, Dubai,yg cukup kaya – tanpa PSK ini ?? Seks dengan PSK kan … a.l mengurangi kemungkinan seks dengan saudara sendiri – adik,kakak,ipar,dll (amit2 jabang bayi ..)

    Goenawan Muhamad yang dari Tempo pernah menulis mengenai PSK ini di catatan pinggirnya. Bisa dicari – Google. Ini merupakan bacaan wajib untuk yang masih punya … hati, perasaan … , untuk yang masih merasa jadi manusia – bukan monyet.

    Mana yang lebih … jahat, seks dengan PSK atau …tawuran ?

    Salam katresnan solider dengan yg terpinggirkan…

  82. jangankan dengan agama atau keyakinan lain
    dalam islam ada 77 golongan..
    antara 1 dengan lainnya saling merasa paling benar, dan mengapa terjadi golongan sehingga sebegitu banyaknya karena disesuaikan ” DENGAN DAYA TALAR DAN KADAR MANUSIA ITU SENDIRI DALAM MEYAKINI GOLONGAN mana yang diyakini paling benar dan cocok sesuai dengan KADAR dia sendiri..”
    semua mengklaim ahlul sunah waljamaan, yang berpegang patok pada alqur’an alhadis dan fatwa atau pola kebijakan kyai pemimpin golongannya masing masing..

    4 majhab besar mengidentikkan 4 golongan yang berbeda pikiran, beda keyakinan, beda penemuan tentang hadis yang shohih..
    lalu diurut dari atas maka sesungguhnya 77 golongan tidaklah akan terjadi jika awalnya hanya 1 mazhab..mengapa demikian, ke empat imam tersebut berbeda khadar penafsiran dan keyakinan..lebih mendasar karena mereka merasa dan melihat mendengar ” nabi seperti ini dan itu dalam menjalankan ini dan itu..”
    yang terpenting adalah universal secara mendasar bahwa sesungguhnya islam dengan banyak golongan harus saling bijaksana menyadari dan legowo menerima perbedaan diantara mereka yang satu wadah..karena setiap manusia memiliki khadar pemahaman berbeza beza..
    lebih jauh tentang ayat almaedah tentang / Al Maeda 5:69 : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Katholik/Kristen, SIAPA SAJA (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Maeda, bukan Al Qaeda) ..
    jangan jauh jauh keagama lain dan keyakina yang berbeda, tampak lihatlah mengapa islam sendiri memiliki 77 golongan..sementara sabda Rosul diantara itu yang paling benar hanya 1..lalu golongan manakah yang benar itu, sungguh akan sia-sia yang 76 golongan tersebut..
    setelah didalam diri baru lihatlah sekeliling bahwa Tuhan menciptakan maha beragam manusia dan isi alam semesta, serta rahasia yang masih banyak belum tersingkap oleh seluruh manusia..dan hanya Tuhan yang Tau tentang ITU…

    itu juga memberikan gambaran lebih luas, bahwa sesungguhnya seluruh alam semesta beserta isinya termasuk manusia dan jin serta malaikat ,apapun agamanya tetap diterima oleh tuhan yang maha esa apapun jalan yang mereka tempuh asal jangan menyekutukan tuhan, tuhan yang maha esa jelas jelas ESA…dan mereka semua ciptaan tuhan YME yang terpenting ada dalam dalam jalan KEBENARAN..kebenaran yang umum bukan benar sekarepe dewek

    semua agama dan kepercayaan intinya menuntut manusia untuk hidup didunia menjadi manusia sejati, manusia yang benar dalam melangkah dan menjalani hidup, sehingga makna Tuhan mencipatkan manusia keduni tidak lain hanya semata mata untuk beribadah, jika manusia melakukan segala sesuatu dengan niat ibadah karena maka niscaya manusia akan menjadi manusia sejati yang akan mengetahui arti sejati hidup siapa diri siapa tuhan untuk apa hidup dan dihidupkan dan kemana setelah hidup didunia…

    sebenarnya semua tau dan jelas dan memilah mana benar dan salah, namun tidak luput oleh satu hal yang absolut ” kadar “..setiap manusia memiliki kadar yangberbeda beda…maka berenanglah didalam samudra Tuhan Yang Maha Esa, seperti ikan bernafas didalam air….

    maka YTh Bima atau non islam..
    coba renungkan sastra jendra wahyu ningrat dan kalam HUWAL AWWALU WALAKHIRU WADHOHIRU WALBHATIN WAHUWA BIKULLI SYAIIN ALYM..

    amat sia sia manusia dengan perbincangan yang memperlihatkan kebodohan …
    semua hujungnya adalah menjalani kehidupan dengan benar, jujur dan lurus
    trisula

    wassalam

  83. Jendro Hayu Ningrat
    Dari bahasanya adalah sastra(petuah) kawi/jawi kuno leluhur nuswantara.
    Jendro(jalan/cara) Hayu(bertemu) Ningrat(derajat/martabat).
    Jadi jendra hayuningrat adalah jalan atau prilaku untuk mencapai derajat manusia tertinggi yaitu kesadaran diri, jati diri, maka lebih sering ketemu widodo tunggal(kesadaran absolut individual dalam keselamatan(rahayu) hidup..
    Menjadi : jendra hayuningrat widodo tunggal..
    Dalam Sastra ini tidak ada istilah perintah Tuhan, Allah, God, Dewa, yg ada hanyalah kesadaran AKU, keheningan dan kedamaian.

    Maaf, saya belum cukup mampu bahkan jauh dari percaya untuk sampai percaya “adanya” PERINTAH TUHAN anda harus ingat waktu Nabi Muhamad bertapa digoa hiroq dan katanya beliau dapat bisikan dari malaikat jibril..
    Dengan kata lain anda percaya Allah karena malaikat itu yang bilang.
    Disatu sisi anda mengakui derajat manusia lebih tinggi dari malaikat.. Bagaimana ini…???

    Tapi apapun itu.., bergembiralah anda dengan membuat orang gembira, jangan menyakiti kalau anda tidak mau disakiti.
    Begitu aja kok repot… kata GusDur waktu talkative with my grand teacher.

  84. Salam @Jubah Hitam,

    Jubah hitam,
    amat sia sia manusia dengan perbincangan yang memperlihatkan kebodohan …
    semua hujungnya adalah menjalani kehidupan dengan benar, jujur dan lurus
    trisula
    ————–
    Yap… leres Kang!, itulah konsep dasar semua ajaran.
    CAHAYA DALAM CAHAYA, SINAR di DALAM CAHAYA, dalam kesendirian–TERWUJUD-LAH,
    hanya yang beruntung, dan terpilih dalam kedisiplinan raga.
    Saya dukung 100 % Kang!
    yang penting batang pohonnya masih lurus dan tidak bengkok, saya dukung pemangkasan ranting-ranting, agar tidak terbakar api.

    SALAM DAMAI,UNIVERSAL GO!

  85. kamu yg mau belajar…..atau kah saya?!

    Coba kamu yg copy paste, bagian mana yg kamu belum mengerti. Tanyakan!
    Mungkin tdk perlu saya yg jawab, para pemirsa banyak yg sudah pinter2 kok….hehe……

    Dan kamu jgn lupa….kami tentu tdk asal ‘sembarang menunjukkan suratnya.

    baca aja dulu perlahan-lahan…..dan berulang-ulang…….
    belum tentu juga kamu bisa faham dalam ‘waktu singkat! dan mohon maaf juga kalau waktu saya pun terbatas untuk melayani pertanyaan2 yg umum.

    Salam.

  86. Jubah Hitam / Lintang….

    Al Maeda 5:69 : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Katholik/Kristen, SIAPA SAJA (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Maeda, bukan Al Qaeda)

    Kamu masih ngeyel juga menulis orang-orang NASRANI dg kata-kata Katholik/Kristen. Jelas menjadi berbeda maknanya. Itu lah dahsyatnya Al Qur’an. Ia tdk akan lekang oleh waktu dan tak akan mampu untuk diubah2 oleh tangan2 jahil seperti kamu.

    Dan sudah saya jelaskan pula bahwa orang-orang Nasrani jelas berbeda dengan orang-orang Katholik/Kristen.
    Nasrani –> orang-orang yg beriman kpd Nabi ‘Isa as dan kitabNya Injil.
    Katholik/Kristen –> orang-orang yg meyakini yesus dan alkitab (perjanjijan baru)

    sedangkan kata katholik dan kristen itu sendiri tidak ada di dalam alkitab yg diyakini nya.

    Bagaimana kamu dapat membicarakan hal lainnya, sedangkan kamu sendiri tidak menyadari apa yg telah kalian perbuat.

    Salam

  87. @ Aquya Bima yg terkasih,

    Mas Jubah Hitam mungkin sibuk. Ijinkanlah saya berkomentar. Salah satu – dari DUA -Al Quran saya berbahasa Inggris/Arab. Nah, yang berbahasa Inggris ( terjemahan A Yusuf Ali , published by ‘Islamic Propagation Centre’, Lahore ) – Sura 2 : 62 itu berbunyi :
    ….And the Christians and the Sabians ….

    Terjemahan ‘Christians’ ya ‘Orang2 Kristen/Katholik.’ Plus, TIDAK ADA catatan kaki untuk kata ‘Christians’ ini di Quran itu, wong menurut saya sudah jelas… Banyak teman yang beragama Islam yang bilang ke saya terjemahan itu sudah … betul. Nah, kalau aquya Bima bilang Nasrani TIDAK sama dengan Kristen/Katholik ya … terserah anda. Di thread yg lain anda menyebut-nyebut suster2 (Katholik) yg ber … jilbab. Lha, suster2 itu Nasrani atau Katholik ??

    Oh ya, yang namanya orang Islam itu kan cem macem. Saya pernah ketemu orang Islam asal Turki. Dia pernah bilang saya seharusnya tidak boleh memegang Al Quran karena saya bukan orang … Islam … Nah tu …

    Ngomong2 Nabi Isa aka Yesus Kristus pernah bersabda, ‘ Yang paling penting dalam perintah2 Allah adalah mengasihi Tuhan dengan segenap akal budimu, DAN mengasihi sesamamu manusia seperti mengasihi dirimu sendiri.’ (Matius 22 : 36 – 39)

    Mas Bima beberapa kali bilang SUJUD adalah perintah Allah yang pokok . Ayat yang mana itu ? Bisa di copas di sini ? Misalnya ada dalam Al Baqarah 2 : ayat berapa , jadi saya bisa cross check.

    Ngomong2 mengenai sujud, orang Jawa juga sujud, tapi dalam kejawen namanya SEMBAH. Mas Ngglosor Madep Wetan yang ampuh itu pernah menulis disini mengenai sembah2 itu. Sembah kalbu untuk Pangeran pencipta jagad,sembah jiwa untuk Ibu Pertiwi, dan sembah raga untuk kadhang sejati kita. Oh ya, orang Jawa bersembah dengan cara seperti sungkem , di atas kepala untuk sembah jiwa, di depan alis untuk sembah jiwa, dan di dada untuk sembah raga.

    Al Quran dan Hadis : Cuma ini yang sama dalam Islam. Lainnya ? Banyak sekali perbedaan. Ada orang Islam yang percaya agamanya mengajarkan dia untuk mengasihi orang lain , termasuk yang tidak Islam, ada yang percaya yang bukan Islam WAJIB digebuki. Ada orang Islam Sunni yang anti Islam Syiah, dan sebaliknya. Ada orang Islam yang bilang darah orang Ahmadiyah itu halal – mereka wajib digebuki atau dibunuh, ada orang Islam yang menganjurkan toleransi termasuk kepada saudara2 kita kaum Ahmadiyah. Ada orang Islam di Nusantara yang percaya Pancasila itu sudah betul dan wajib dijaga, tapi ada juga orang Islam yang mau mengganti Pancasila dengan sharia – membuat Indonesia menjadi negara seperti Iran atau Arab Saudi. Kalau Mas Bima termasuk Islam yang mana ? Islam toleran atau Islam garis keras ? Islam cinta Nusantara atau Islam cinta Arab ?

    Konon, paham satu ayat itu lebih baik daripada tidak tahu tapi pura2 tahu banyak ayat. Saya hafalkan dan pahami Al Baqarah 2: 62, dan Al Maeda 5: 69 dulu.

    ana ahaibaq, salam katresnan toleran Nusantara jaya

  88. sudahlah bima
    tiada guna memunculkan urat syaraf dalam memeperuncing keberagaman agama dan kepercayaan, bahwa sesungguhnya nabi muhammadpun hanya diperintahkan Allah hanya sekedar menyampaikan, tidak lebih dari itu, adapaun dari mereka tidak berkehendak dengan keyakinan yang dimiliki anda, sesungguhnya kadar manusia memiliki level berbeda beda, dan Tuhanpun tidak sia-sia menciptakan segala sesuatunya, justru anda sebagai muslim harus lebih legowo dan membuka diri..

    karena jika anda hanya bergelut dalam alqur’an alhadist dan fatwa imam golongan seperti kyai etc..akan sangat terbatas, masih banyak ilmu Allah yang tak tersurat dan tersirat…mengapa tuhan menciptakan manusia sebegitu banyak dengan sebegitu komplek perbedaan, itulah pembelajaran, banyak hal yang patut diambil hikmah dari agama lain dan kepercayaan lain, , yang justru akan memberikan hikmah sejati…

    seperti wahyu ningrat sastra jendra
    suatu logika kemasan keyakinan dari suatu faham keyakinan dalam mencari sejatinya hidup diri siapa aku dan siapa tuhan..
    sehingga jika sudah mencapai rasa itu. maka sesungguhnya diri ini sesungguhnya tak harus merasa” memiliki “, ,, hujung pencapaian kedamaian sastra jendra wahyu ningrat adalah ” menyatu dengan dzat yang maha esa, dzat yang menciptakan diri, dengan rasa rindu, rindu , mahabbah pada tuhan, kerinduan yang mengalahkan semua hal ” kebebasan yang hakiki, yang tak merasa bimbang dan resah…

    jika dihubungkan dengan hukum asma huwal awwalu..sesungguhnya tiada sesuatu sebelum apapun hanya ada Allah tuhan yang maha esa, wal akhir menasbihkan segala sesuatu diciptakan Tuhan dan nantipun ” semua akan sirna “…dan hanya tinggal Tuhan yang ada, lalu walbhatin wadhohiru..walbhatin yang maha ghaib, ghaib sangat berlapis, ghaib tak tampak oleh panca indra dan tak tertalar oleh rasa, dan ghaib itu hanya tuhan yang maha mengetahui, dhohiru, maha nyata….dan mengetahui segala sesuatu

    pemahaman sastra jendra adalah contoh perjalanan suluk manusia dalam melepaskan diri membebaskan diri dari sifat dunia, menuju cahaya yang akan tumbuh dan terlihat jika jiwa sudah sampai pada rasa rindu mahabbah pada sang maha pencipta, begitu asma allah diatas, mengingatkan dan menetapkan, bahwa segala sesuatu awalnya tiada nantipun sirna..

    jadi tak ada yang perlu diperdebatkan, jika merasa sudah mampu, carilah yang lebih meninggi bukan kembali menengok kebelakang, sehingga tercapai rahsa sejati …jangan terpaku oleh sesuatu itu itu saja,,,sandi sandi tuhan memberikan ilmu dan hikmah di berbagai hal dan berserakan…

    tanda menyadari diri dan benar tidak dialingi nafsu ego …lebih bijaksana dan menerima pemahaman orang lain, ,,memang susah menjabarkan sesuatu pada yang belum memahami, dan memang susah seseorang yang belum sampai maqom tertetnu untuk memahami hal tertentu tersebut…namun yang terbaik adalah yang memberi pemahaman berilah pemahaman disesuaikan dengan kadar sipenerima, dan sipenerima cobalah legowo dan menerima pemahaman baru dengan sigap, bersih hati pikiran dan kata kata…

    sesungguhnya segala sesuatu ingin damai
    dan segala sesuatu ingin mencapai hakekat sejatining rasa menyatu dengan kesirnaan tanpa beban dan berbahagian jiwanya..

    maka …memang diperlukan hal ” MEMAKSA “..namun memaksa seperti apa?

    apakah jika dewi gak mau saya kenyot harus dipaksa???? he he he

    cihuyyyy..
    bima adalah satria gagah perkasa, keperkasaanmu bukan untuk berperang, kegagahanmu tunjukan dengan HORMAT..jadilah bima yang terhormat bagi dirimu sendiri dan orang orang yang disekelilingmu…
    salam sejahtera

    ANTARA ISLAM DAN NASRANI ADA JURU DAMAINYA SENDIRI YAKNI BAGINDA ISA AS..yang notabene hanya beliau yang diwakilkan Tuhan YME ALLAH SWT untuk meluruskan pa apa yang porlu diluruskan…

  89. begitupun lainnya seperti yang punya blog..blog anda sungguh renyah dan sangat adem, namun kebodohan anda terlalu menyulut rasa dalam comen gerbang tinatar, mengapa susah susah kemekah bukan menghormati leluhur sendiri..aku sijubah hitam sangat hormat pada leluhur namun perlu dicermati kembali bahasa nada sabdo, entah anda hanya menimbulkan kontroversi supaya RAME blog ini..namun sungguh itu tak pantas…bila perlu kaji ulang dan hapus kalimat yang justru anda sendiri menyulut rasa api bagi sebagian orang yang memahami dan menunjukkan bahwa anda masih ortodok tumpul pola pikir, tidak legowo tidak toleran dan lebih bijaksana..

    ingat itu sabdo..
    wassalam

  90. Salam avatar nuswantara..
    Rwabhineda..
    Blog Sabda ini sesuai dg judulnya
    Membangun Budi Pekerti Luhur demi Negeri tercinta.
    Ada dua aspek pembelajaran asah asih asuh;
    JATIDIRI(individu) dan NEGERI(sosial-universal).
    Dari dua aspek tersebut wajar seseorang akan menjadi “cerah ceria” karena ada hal yg baru dimengerti, dan ada yg “meredup” karena marah(maksudnya apinya akan banyak keluar).
    Didikan membuat orang mencintai sesama mahluk, juga terkadang membuat kebencian kepada sesama mahluk Tuhan.
    Cinta membangun Loyalitas thd keyakinan yg selama ini dianut.. Urutannya spt itu…

    Perbedaan,Rwa bhineda bahasa kawi’) yg artinya “kutub kehidupan” energy dari kutub selatan dan kutub utara.
    »Kutub selatan itu “api” warna energynya “merah” avatarnya “brahma”…
    »Kutub utara itu “air” warna energynya “putih” avatarnya “wisnu”…
    »Hidup ini ada ditengah dlm perspektif sabdo-bayu-idep. Bahasa Sang Sekerta nya “tri-tunggal”
    »Bahasa indonesianya bhineka tunggal ika…
    Dialah..
    Akulah..
    Sang Saka merah Putih sebagai lambangnya..
    Pancasila sebagai landasan atau singgasana dalam ketata-negaraan dalam kebinekaan yg bersatu… menuju
    »KESEJAHTERAAN bagi semua penghuniNya…!

    Perbedaan tiada mampu dihapus..! Karena perbedaan yg menciptakan energy..!
    Perbedaan yg dimaksud adalah warna warni kehidupan yg menciptakan keindahan..
    Bebas terkendali sesuai dengan tugas hidup masing masing.

    Perbedaan bukanlah untuk menyakiti, apalagi menyengsarakan yg menimbulkan dendam sesama mahluk Tuhan apalagi dalam kurun waktu yg lama.

    @JH yg berjubah hitam..apakah anda betul betul berjubah hitam?
    Anda tidak perlu mengatakan itu kepada Ki Sabda yg sudah budiman menggelar ajaran Leluhur di blog yg mampu dibaca oleh sesama mahluk di mancabenua ini…
    Di Negeri ini belum memerlukan sopan santun untuk menyampaikan kebenaran dan kejujuran..
    Karena akhlak sebagian besar penghuninya sudah bobrok..

    Salam
    oOo

  91. Seng Penting bayarane………….
    Mau suruh saya untuk tidak mengobrak abrik blog ini dengan komen saya yang ga bermutu?

    WANI PIRO..???

  92. Tanwaskita…..
    Anda masih ngeyel juga ya…..baik lah saya tak akan jemu tu’ meladeni anda.

    Al Qur’an dalam bahasa arab menyebutkan “orang-orang Nasrani”, bukan katholik dan kristen.
    Menterjemahkan kitab suci, adalah ‘usaha’ untuk mempermudah dan mendekatkan bahasa Al Qur’an itu kepada ‘bahasa hati’ anda yg mungkin suci pula. Jelas?!
    Kalau belum mensucikan diri, tentu tdk akan nyambung. Oleh krn itu lah Allah menyebutkan: Qur’an diturunkan bagi orang2 yang berakal dan mau berfikir. Jelas?!
    Dan tentang kata dan harf “Nasarani” itu, saya bukan sedang membahas terjemahan atau tafsir Al Qur’an. Camkan itu!

    Suster Nasrani….suster katholik/kristen…semua berjilbab. mau menyangkal apalagi anda!.

    Dan tentang ‘sujud’, dalam kisah rasul-rasul mereka semua bersujud, bahkan ketika manusia pertama kali diciptakan (Adam as) sudah sunnahNya bersujud.
    Ketika anda dalam rahim pun anda berputar2 dan dalam keadaan bersujud.

    Allah melalui perantaraan rasul-rasulNya pun memerintahkan umat manusia untuk sholat dan bersujud. Nabi Isa as a.k.a yesus mu pun bersujud dan berdoa, bahkan ia pun berwudhu, yg kalian telah terkecoh dg istilah pembaptisan itu.

    Bukankah Simon Petrus (ketika di taman getsmani), memohon kpd “Isa as a.k.a yesus untuk dibasuh “kepala, tangan, dan kakinya”, lebih dari murid yang lainnya. Bukankah yg ia inginkan itu juga termasuk dalam mensucikan diri seperti halnya berwudhu?! Anda meyakini alkitab, tetapi anda tidak paham dg hikmah yg sesungguhnya dalam alkitab itu sendiri.

    Satu ayat saja, saya sebutkan dari alkitab: “Membungkus air dengan kain”, kalian dan pendeta2 kalian tentu tdk dapat memahaminya?! Bagaimana mungkin anda dapat menyebutkan bahwa kalian telah mendalami dan meyakini ajaran ‘kasih’ itu. Masih jauh mas anda harus banyak belajar lagi.

    Dan bukankah anda juga diwajibkan untuk mengikuti seluruh teladan nabi (yesus) mu secara utuh dan rinci?! bukannya setengah2 menurut selera anda itu?!
    Prinsip anda, mana yg enak mau dikerjakan, yg tdk enak bagi anda tdk perlu dikerjakan. Bahkan kalian membuat dan mengada2kan sendiri tata cara ibadah yang kalian karang2 itu, yg sudah jelas tidak diajarkan dalam agama maupun kitab agama manapun.
    Ini kah yg ‘disebut dg patuh dan beriman kpd Tuhan dan rasul2Nya?! Jelas kalian telah menyimpang jauh dari ajaran agama itu sendiri. Kalian telah mempersekutukan tuhan dengan karangan2 kalian sendiri!

    Atau kah memang dugaan saya benar, bahwa tujuan kalian memang hendak merusak agama2 yg ada di negeri ini?! Kalau memang tidak demikian halnya, tunjukkan dan buktikan secara sehat dan bertanggung jawab, bahwa apa yg telah saya sampaikan itu salah.

    Dan di dalam Al Qur’an, jangankan perintah bersujud, perintah ruku’ pun ada. Silahkan anda cari sendiri. mudah kan?! Apalagi saat ini, sudah banyak diterbitkan Al Qur’an dalam bahasa asli dan terjemahannya secara online.

    Lantas mengapa anda masih hendak mengingkarinya?!

    Selanjutnya:

    Pertanyaan saya,

    Sama kah SEMBAH menurut keyakinan mu itu dengan SUJUD itu sendiri?!

    Kalau memang sama menurut anda, bagaimana cara anda melakukan sembah itu dan apa petunjuk/pedoman ataupun referensinya?

    Monggo di jelaskan dan dijawab dengan rinci!
    Dan Sabda kamu jgn cuma memaki dan nonton aja ya…..hmmm.

    Salam.

  93. Mengapa anda menggunakan ID saya tanpa Hak!

  94. Tanwaskita…..

    @Mas Bima/TS,ANTI KAFIR,banyu Segar yang terkasih,

    Coba copas perintah sholat 3/4 x di Al Quran …KALAU ADA … Ya kalau ada besok saya jadi orang Islam, bulan depan naik haji ….Syokran, ana a haibaq (-:
    —————————————————

    kamu yg mau belajar…..atau kah saya?! Ingat kalimat mu sendiri:
    “Ya kalau ada besok saya jadi orang Islam”

    Coba kamu yg copy paste, bagian mana yg kamu belum mengerti. Tanyakan!
    Mungkin tdk perlu saya yg jawab, para pemirsa banyak yg sudah pinter2 kok….hehe……

    Dan kamu jgn lupa….kami tentu tdk asal ‘sembarang menunjukkan surat Al Muzzammil itu.

    baca aja dulu perlahan-lahan…..dan berulang-ulang…….
    belum tentu juga kamu bisa faham dalam ‘waktu singkat! dan mohon maaf juga kalau waktu saya pun terbatas untuk melayani pertanyaan2 yg umum.

    Membedakan harf Nasrani dan Katholik/Kristen saja belum mampu, apalagi surat yg lain?!

    Salam penasaran……hmmm.

  95. ‘…Sama kah SEMBAH menurut keyakinan mu itu dengan SUJUD itu sendiri?!m…
    Kalau memang sama menurut anda, bagaimana cara anda melakukan sembah itu dan apa petunjuk/pedoman ataupun referensinya? …
    Monggo di jelaskan dan dijawab dengan rinci!
    Dan Sabda kamu jgn cuma memaki dan nonton aja ya…..hmmm.’

    @Mas Bima ,

    Di Kejawen setiap orang berhak menjadi ‘utusan’ bagi dirinya sendiri. (Sabda). Kalau dalam Islam cuma nabi yg jadi utusan Tuhan. Lha, yang tidak (terlalu) setuju bisa digebuki, seperti orang2 Ahmadiyah itu.

    Alat manusia yang paling ampuh adalah … otak. Pemberian alam,Tuhan. Siapa yang mengingkari akal sehat sebenarnya mengingkari , kalau bukan menghina Tuhan/alam sendiri ! Anda senang mengutip kitab suci anda se akan2 kitab itu mak gedebug jatuh dari langit ! Tidak, kitab itu bikinan … manusia. Tuhan yang maha kuasa itu tidak cukup pinter untuk menjatuhkan kitab dari langit, tidak cukup pinter untuk mengirim email …

    Anda, dan banyak orang telah … keliru. Lho ? Anda mendahulukan kitab suci, baru otak/pemikiran. Makanya, yang pertama tahu banwa bumilah yang mengitari matahari dan bukan sebaliknya adalah bukan orang Islam. Karena kitab suci anda tidak membahas hal2 ini. Kalau mau menanam padi, ya kalau dicari di kitab suci anda tidak pernah ada, wong soal menanam padi itu kan memerlukan pengalaman lapangan, yang , sekali lagi,tidak ada di kitab ada.

    Menurut saya, yang adalah utusan bagi diri saya sendiri, melakukan sembah itu ya … urusan saya dengan Gusti saya… Caranya ? Ya seperti saya kutipkan dari tulisan Mas Ngglosor Madep Wetan : sembah kalbu,sembah jiwa, sembah raga.

    Dalam kejawen TIDAK ADA PAKSAAN. (Dalam Islam juga , katanya, tidak ada.) Jadi anda mau percaya atau tidak pada ajaran2 yg ada dalam kejawen, EGP….(-: (-:
    Kejawen juga tidak aktif mengajak orang untuk ikut; mau ikut silahkan, tidak mau ikut juga tidak apa2. Beda dengan Islam, yang tidak mau ikut kadang di … gebuki.

    Sebagai orang Nusantara, dan,kebetulan, Jawa, saya berhutang budi pada orang2 KAFIR yang memungkinkan saya berkomunikasi dengan anda dan dengan saudara2 di seluruh dunia melalui medium komputer,internet ini . Tanpa orang2 KAFIR ini, mana bisa saya kenal dengan Dewi Murni,Mas Tembayat, Mas JS, dll,dan terutama Mas Sabda sendiri ! (-: Tuhan maha adil, dia menciptakan orang2 KAFIR supaya orang2 yang beriman tapi kurang cerdas bisa berkomunikasi via email,internet !

    Saya juga sangat berhutang budi pada Mas Sabda yang telah menyediakan wadah yang bagus dalam bentuk blog ini. Kalau saja saya banyak duit, saya akan berbuat banyak untuk blog ini,Mas Sabda dan teman2 yang lain di sini. Saat ini cuma terima kasih saya pada beliau.

    Saya yakin Mas Bima TIDAK dari Nusantara. Dugaan saya anda ini dari daerah/negara lain. Lho ? Orang Nusantara biasanya ‘kulo nuwun’, permisi dulu kalau mau masuk rumah orang lain. Jarang ada orang Nusantara yang tidak hormat pada yang punya rumah .Mungkin lain daerah,lain peradaban ya ?

    Menurut saya, menurut otak pemberian Gusti saya , orang2 Kristen,Katholik,Buddha,Hindu, kejawen ,Baha’i, Jain,dll, bahkan orang atheis pun
    tidak dilupakan Tuhan. Menurut saya Gusti ini lebih mengasihi dan menyayangi manusia, jauuuh melebihi yang anda duga. Tidak hanya yang berdoa pakai bahasa Arab saja yang diberkati Gusti, Dia ni kan super pinter, multilingual, bahasa apa saja Dia bisa.

    Salam katresnan kejawen adhem ayem

  96. @ Mas Bima,

    Terima kasih untuk saran2 anda dalam membaca Al Quran yang dibuat oleh manusia itu. Mungkin saya akan lebih banyak membaca Al Quran nanti kalau saya punya lebih banyak waktu ; mungkin di kehidupan yang akan datang , atau setelah itu, atau setelah itu lagi. Lha saya kan akan kembali ke dunia ini ber-kali2 lagi (-: (-: Saat ini saya sibuk,asyik dengan kejawen yang ternyata gayeng nyamleng itu, lebih … cocok untuk saya. Untung ada medium buatan orang2 KAFIR ini – internet – saya bisa belajar kejawen disini.

    Salam katresnan kejawen adem ayem

  97. Nuwun sewu….. salam hormat kagem poro sepuh pinisepuh… salam sih katresnan..

    kok kliatannya tambah gayeng diskusinya…
    buat mas @Bima : saya mau tanya apa mas bima ndak percaya kalo kitab yg mas banggakan dan selalu sampean buat rujukan itu buatan manusia ?
    coba kalo mas liat para pejabat yg korupsi itu disumpah pake “kitab suci” pada saat pelantikan. dan nyatanya dia tetap korupsi dan santai2 aja tuh….

    salam

  98. Bersorban ala Yaser arafat biar dikira orang arab. pas mati ehh… ga da lagi musim kain kotak2 tuh. amin

    Piara kumis jenggot tebal biar persis wedus
    Pasti jg ga pake celana dalam. biar gampang perkosa ya….. atau takut di bilang Kafir. soalnya cd nya merk Hugo Boss. wkwkwkwk….
    Gondal gandul kayak tunggangannya …Onta

    Plagiat Sejati.
    Plagiat kok sama Onta
    ———————————————————————–

    pikirannya slalu saja ngeres…ga jauh dari cancut……………..

    seperti sembahannya…..yg slalu memamerkan cancut………. …………..

  99. semua orang juga tahu….kejawen adalah budaya…….

  100. jawawi
    Januari 6th, 2012 pukul 15:15

    kasihan BIMA dan konco2nya….. mereka cuma korban,….. korban indoktrinasi, dari kecil yg cuman dicekoki budaya dari tanah arab,….. jadinya ya gini deh…. gak punya toleransi…. tidak bisa membedakan benar dan salah….. mereka pikir dengan memaksa orang lain untuk menerima pendapatnya dan mengkafirkan orang lain bisa membuatnya masuk surga….. mereka pikir itu jihad…. :) …tidak beda jauh dengan trio bomber bali yg sdh berangkat ke akherat,…. kasihaaaaaaan…… semoga bima cs bisa bertobat……sebelum ajal menjemput…..
    —————————————————————
    kasihan yg non jawi la……haha….

  101. Tan samar / SABDALANGIT……………………….
    Januari 6th, 2012 pukul 22:34

    Sugeng dalu kagem mas Sabda salam kenal lan matur nuwon sampun ndamel blog meniko ingkang ndadosaken kawulo saget uri2 budoyo jawi warisan para leluhur, ugi salam kenal kagem poro sedulur wonten blog meniko,kawulo nyuwon agungipun pangaputen anggen kulo boten saget kromo inggil

    Buat mas bima yg terhormat yg modelnya kayak pandai dlm hal agama islam tapi knp kok dgn bernafsunya menghujat meng olok2 keyakinan orang lain,sdngkan kanjeng nabi Muhammad tdk pernah menghujat / menyesatkan orang lain,klau anda btl2 mengkaji al’quran cuma bisa baca pst tau makna ayat2 di dlmnya,sprt firman Tuhan (srt al ankabuut 49 – sebenarnya al qur’an itu adlh ayat2 yg nyata yg ada di dlm dada orang2 yg diberi ilmu dan tdk ada yg mengingkari ayat2 kami kecuali orang2 zalim)mas bima apa kita sdh merasa menjadi orang2 yg diberi ilmu tapi klau merasa diberi ilmu knp tetap aja saling menjelekan ? dan coba mas pahami al qur’an (srt al waaqi’ah 7 – 9 sesungguhnya al qur’an ini adlh bacaan yg sangat mulia,pada kitab yg terpelihara (lauh mahfuzh),tidak menyentuhnya kecuali hamba2 yg disuci) apa kita termasuk hamba2 yg disucikan mas bisa,tapi knp kita masih menuruti hawa nafsu.

    >>> karena kalian lah yg lebih dulu memulai dan melecehkan Islam, setelah kalian terpojok. Lihat sejak postingan saya dari ‘awal sekali hingga ‘saat ini. Dan pemirsa lain pun telah mempertanyakan: mengapa kalian hanya mendiskreditkan agama Islam saja?! Bukan kah hal ini merupakan bukti yg nyata, bahwa kalian hendak merusak aqidah agama Islam itu sendiri. Coba kalian jelaskan!

    Dan krn al qur’an berbahasa arab karena di wahyukan di tanah arab krn kanjeng nabi ada di arab,baca srt ibrahim ayt 4 kami tidak mengutus seorang rasulpun dgn bahasa kaumnya ……,apakah salah kami orang jawa memahami ayat2 Gusti Allah dgn bahasa kami sendiri dan cara kami sendiri bukakan Tuhan Sang Maha Tau,tolonglah jelaskan letak kesalahan orang2 yg kata sholat 5 wkt dan bahkan saudara2 kita yg ada di departemen agama yg semuanya pengerjakan sholat wajib sunah, pandai baca qur’an tapi kenapa kok tetap aja kasupsi kita knp ya mas,bagi kami orang jawa tdk akan pernah menghina atau menghujat keyakinan orang lain,kami hny mencari kesejatian hidup kami dan menjalankan perintah Gusti kang murbeing dumadi Memayu hayuning bawono dlm islam disebut rahmatan lil alamin….

    >>> Pelajari lagi apa itu yg dimaksud dg ‘kaum’?! dan ‘kaum berbeda dg ‘umat. Jelas?!
    Dan bukan kah sudah kami jelaskan berulang kali, bahwa sudah SunnahNya pula bahwa bhs arab itu memang sudah ada pada dirimu!
    Salah satu bukti: dalam mempelajari masalah ghaib, kalian selalu mengintip2 ilmu ‘yg terkandung dalam Al Qur’an itu. Mengapa kalian masih tetap mengingkarinya?!

    Kagem poro sedulur sedoyo monggo sesarengan mangsulaken masulaken male tatanan jawa kados jawa ingkang rumiyen dan sami2 suwon wonten ngarsanipun Gusti Kang Agung
    sugeng dalu rahayu wilujeng

    >>> Insya Allah umat muslim selalu diberikan kekuatan oleh-Nya dalam membela yg Hak dan menentang yg Bathil. Amin

    Salam

  102. KonthoRupo / SABDALANGIT…………..
    Januari 7th, 2012 pukul 01:03

    Buat mas BIMA…
    Islam itu sbenarnya indah dan damai…
    semoga Allah selalu menyayangimu…

    Buat para kakang lan mbakyu yg disini…
    pun ora usah digagas sesuatu yg berbau mancing utk berdebat adu argumentasi dsbnya… tiwas mangkel atine,,, akhire do podho eyel2an…
    toh yo wis kuwi pancen peran ngge BIMA…

    ayo dho diademke atine…diparingi banyune bumi… ben ayem..
    ben pas ono geni.. panggah ayem..
    monggo dilanjut ingkan manfaat…

    sembahnuwun…
    ………………………………………………

    Buat SABDA…
    Sesungguhnya Islam itu ‘indah dan damai…
    dan pemirsa tentu tak lupa, bahwa 70% isi blog ini adalah menghujat Islam.

    hingga Allah telah menutup ‘hati kalian yg ‘membatu…………Astaghfirullah.

  103. Salam kagem Mas Bima………

    Mohon maaf bila komentar saya sepertinya ikut ikutan melecehkan agama islam…… Saya sangat menghargai dan salut atas usaha Mas Bima dalam berkomentar di blog yang mewah ini demi membela agama islam dan tentunya membela Allah dalam ajaran kebenaran dan saya menghormati atas keteguhan iman Njenengan untuk seperti membela yang benar dan mengingatkan atau meluruskan yang seperti bengkok dan keliru.menurut pola pikir dan keimanan faham islam Mas Bima…….

    Saya juga belajar untuk mengerti isi dan maksud tulisan komentator dengan ikut membaca tulisan Mas Sabdo dan juga tulisan komentar rekan yang lain dalam mempertahankan faham masing masing dan mohon maaf hanya karena membalas komentar Mas Bima maka secara tidak langsung dan seakan akan agama islam menjadi faham yang sepertinya sangat salah dan keliru di negeri yang kita cintai ini dan sekan akan para leluhur kita yang beragama islam juga ikut menjadi salah dan seakan akan yang sudah diperjuangkan para beliau untuk kita semua menjadi seperti mubadzir dan tidak berguna…..sangat menyedihkan bila dan ternyata warisan ajaran dan budi pekerti para beliau yang berfaham islam tidak sangat mempengaruhi perilaku bangsa ini yang mayoritas islam……….

    Saya sangat meyakini bahwa islam diinegeri ini 90 % adalah islam KTP dan mungkin saya termasuk dalam golongan ini…..
    Rakyat anak bangsa negeri ini memeluk agama islam hanya sekedar sebagai cara dan sarana atau demi terpenuhi persyaratan dalam berwarga negaraatau hanya sekedar stempel KTP dan kartu keluarga…..memilh beragama islam hanya supaya terlihat lebih baik dan terhormat dari pada di cap orang atheis atau kafir……

    Saya juga membenarkan dan mengakui bahwa banyak orang waskito linuwih dan pinunjul yang terlahir di bumi pertiwi ini karena belajar dan mengambil dari isi kandungan agama islam dan saya juga tahu bahwa banyak orang berbudi luhur dan hidup pener karena akibat faham islam…mereka itu adalah para manusia yang menjalankan faham agama islam dengan amat sungguh sungguh dengan ikut menyertakan hati nuraninya….para beliau yang belajar tidak dipermukaan kulit saja tapi benar benar belajar isi….para beliau yang sedang dan belajar dalam hidup dengan faham islam bermaksud untuk mendidik dirinya sendiri dan mendidik keluarga atau kerabatnya dan mungkin para beliau itu faham beragama bukan bermaksud mendirikan golongan yang dianggap sebagai golongan suci dan paling benar kemudian golongan ini menerjang atau menyerang golongan lain yang tidak sefaham…….

    Saya tidak mempunyai kapasitas dalam urusan agama dan saya hanya mengamati perjalanan hidup dan pengalaman pribadi saya…anak anak saya atau para teman saya yang kebetulan mereka adalah orang faham islam dan kebetulan mereka orang khusuk tawadlu rendah hati…tidak sombong….ternyata selain mengambil pelajaran dari kitab atau alam masih ada pelajaran pandangan atau pendengaran gaib yang mereka peroleh dan hal itu mungkin sebagai hidayah dari Allah demi lebih tebalnya iman dan lebih sabar dan puji sukurnya dalam menjalani hidup ini……….

    Mohon maaf kepada poro sepuh di rumah kahyangan ini dan dari awal saya sudah berharap semoga perbedaan dalam faham agama untuk tidak diteruskan karena berakibat tidak baik dan membuat kita menjadi semakin jauh dari arti jati diri………salam prihatin…..Nuwun…..

    .

  104. Salam nuswantara.
    Membangun DIRI “bersama” menuju “kemakmuran” di Bumi Pertiwi Nusantara.

    Kalau kita sudah merasa makmur maka itu karena keimanan(baca;kemampuan) masing2 dari kita berdaya guna bagi kehidupan.
    Dan saya rasakan dalam gairah kegembiraan di kehidupan ini dipulau terpencil dari ribuan pulau di nusantara ini.

    Tapi tidak ada satupun kemakmuran yg terbukti tanpa adanya “kebersamaan” dalam wadah yg disebut sebagai “negara” atau “bangsa”,
    Saat ini kita menjadi manusia individu yg terlahir dalam “keSIALan” hukum sosial dinegara yg terasa “agamis” yg katanya mengedepankan “keimanan” dalam menuju kemakmuran kehidupan.

    Saat ini saya dan anda anda yg berbangsa ini harus menghadapi situasi seperti ini.. yg menusuk sendi citarasa kemakmuran individu yg tidak mampu untuk cuwek dalam ke-ego-an individu dalam kesedihan dan ketidak adilan sosial kenegaraan.

    Kita-kita, anda anda yg beragama “islam” ini tentu merasa trenyuh, serba salah, bahkan sudah sangat reaktif dg kejahatan semena-mena, dan serba salah yg dirasa oleh “kalian” sendiri penganut islam dalam membuktikan “ke-IMAN-an dalam kehidupan berbangsa.
    Karena anda semua adalah penganut islam terbesar dinegeri ini… dan juga harus mampu membuktikan ke-iman-an kalian di muka bumi ini sebagai umat ISLAM terbesar..

    @bima…
    Bagaimana keimanan anda untuk selalu diarahkan dalam sujud kehadapan Allah Akbar, disaat ini anda mengatakan Allah adalah SUMBER dari keimanan itu sendiri.?
    Untuk apa anda beriman untuk yg tidak pantas untuk diberi..?
    Iku jenenge kowe nguyahi segoro..!
    Itu namanya anda menggarami laut..!
    Pekerjaan dan prilaku yg bodoh dan sia sia..!
    -Untuk apa anda beriman kalau tidak untuk diri sendiri, keluarga, manusia sekeliling anda dan segala mahluk ciptaan Allah..?
    -untuk apa anda tidak merasakan bersalah, bahkan protektif serta melempar kesalahan pada manusia lain yg mencemooh agama terbesar negeri ini.. disaat anda mengaku penganut isalam yg luhur..?
    -Seharusnya anda lebih santun dan prihatin atas keterpurukan keimanan anda.. dan bukan untuk asyik bertameng membela islam yg sesungguhnya sdh dijanjikan sebagai agama terakhir yg dilindunginya sampai kiamat..!
    Apakah anda meragukan janji Allah Akbar anda shg anda begitu getol untuk membantu Allah anda dalam bertahan.?
    Apakah Allah anda berbeda dg Tuhan kami..?
    Apakah Allah anda berbeda dg kegembiraan saya dlm Sumber KEKUATAN ENERGY Alam Semesta..?

    Salam prihatin nusantara.
    oOo

  105. …Islam itu indah dan damai …
    ———————–
    DAMAI bagi yang mengiyakan omongan ustad2, TAPI tidak damai bagi yg tidak puasa di bulan puasa, tidak damai pada yang protes pengeras suara di mesjid terlalu bising,
    tidak damai bagi yang mengatakan masih ada … nabi setelah Muhamad – golongan Ahmadiyah, tidak ada damai bagi yang mengatakan ADA kebenaran diluar Islam ; Islam dan Islam saja yang benar, lainnya salah, Islam menurut yang menderita penyakit kurang PD, Inferiority Complex, yang nampaknya merajalela.

    Mengapa negara2 Arab yang notabene Islam itu SELALU … kalah (perang) melawan Israel yang berpenduduk tidak lebih dari jumlah penduduk Jakarta ?? Jawabnya : orang2 Arab jarang memakai … otak mereka … Bangsa pilihan ? Ya Yahudi, bukan Arab. Tidak percaya ? Bagi yg beragama Samawi ada kok , dikatakan di injil dan Quran.

    Islam indah dan damai ? Islam yang MANA ? Jelas BUKAN Islam versi Bin Laden, versi Amrozi, versi Mukhlas, versi AB Bashir, versi FPI,versi Bima/TS !

    Indah dan damai, IYA kalau versi : Abdurrahman Wahid, Ulil, Nurcholis Madjid, Cak Mus, Djohan Effendi, Gunawan Muhamad, Dawam Rahardjo,WS Rendra, dan orang2 Islam SELAIN Bima/TS. Islam KTP di sini pun jaaauuuh lebih baik daripada Islam versi Bima !

    Ada bermacam-macam aliran Islam – 70 lebih – dari Islam damai,Islam santun, sampai Islam terroris dan Islam bangsat. Cuma SATU yang benar, jadi jangan terkecoh dengan Islam yang bisanya cuma mengkafirkan orang lain !

    Orang2 Islam di dunia umumnya kurang .. pendidikan . Ada tabel perbandingan ‘ berapa lama di sekolah ‘ di sini beberapa waktu yang lalu. Norwegia,Finlandia,dan Australia di peringkat teratas, negara2 Islam termasuk Indonesia di peringkat bawah.

    *************
    Blog ini kadang2 terlalu … bagus, terlalu sopan. Banyak orang sopan, pintar maupun setengah pintar. Perlu ada … badut-badut ! Untuk selingan,intermezzo. Nyatanya di Indonesia banyak badut-badut : politisi,ustad2,polisi, dll. Send in the clowns – bawa kesini badut-badut itu ! Kadang-kadang kita perlu menonton ‘ komedi badut-badut’. Badut yang di sini namanya Bima/TS.

  106. R Gentholet
    Januari 7th, 2012 pukul 18:49

    Kalu sudah ta’ mampu berdiskusi dg sehat dan bertanggung jawab,
    daripada mengumpat dan mencaci-maki, lebih baik ber-wudhu,sujud dan sholat lah.
    Karena sholat akan membuat hati mu menjadi tenteram (seperti hal nya yg dilakukan oleh yesus mu dan sahabatnya petrus di getsemani). hmmm.

  107. Wongsorejo
    Januari 8th, 2012 pukul 01:09

    bayi ketika didalam rahim ibu bukan bersujud tetapi mlungker diringkes karena wadahnya terbatas, malah kadang2 sungsang……..yang diperintah sujud adalah malaikat bersujud kepada manusia bukan yang lain……
    …………………………………………………………………….

    Sholat ada berapa gerakan?! dasar…..dan nabi-nabi bersujud.

  108. Gus Supri / Cantrik Anyar

    Januari 8th, 2012 pukul 01:24

    @Bima,
    Sebelum lu perbaiki kelakuan orang lain, perbaiki dulu diri lu ndiri.
    Lu nyang bikin orang lain kagak sabar, jadi ya jangan ngeles..
    Ingat penawaran gue…
    Kita berdamai atawa diterusinnnn???
    ———————————————

    Lanjut donk…..mosok ente menyerah kalah begitu saja…….?! h h h

  109. Bima
    Apakah kamu juga sudah bisa berdiskusi dg sehat dan bertanggung jawab???
    Kalo jawabanmu ya berarti kamu bukan orang suci..
    Kalo jawabanmu belum artinya kamu penakut..

  110. @ Saudara sekalian,

    Ini co/pas , dengan perubahan sana sini. Kalau ada nama- nama yang sama, cuma kebetulan.
    —————————————–
    Arwah si pengebom bunuh diri sampai kedepan pintu surga. Ditanya sama malaikat Jibril. Malaikat agak bingung karena si arwah punya banyak alias.

    Malaikat Jibril : Mau masuk surga ya ?
    Si (pengebom bunuh diri) : Ya.
    M Jibril : Nama ?
    S : Bim ,Ha Hi, Surt,ding …
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : ST
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Bany Seg
    M Jibril : Nama ?
    S Bim : Diturunkan Az
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Dom Bot
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Dom Gem
    M Jibril : Nama ? !
    S Bim : Shabina
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Mus Sejat

    (Malaikat tahu orang ini suka ganti2 nama. Lalu interogasi dilanjutkan ..)

    M Jibril : Jenis kelamin ?

    S : Laki2.
    M Jibril : Agama ?
    S : Islam.
    M Jibril : Yang bener ?!
    S : Islam.
    M Jibril : Jangan ndagel lho, agama ?
    S : Islam

    M Jibril : Yang bener ? ! Kok matinya di gereja ?
    S : Saya ini ke gereja mau jadi pengantin surgawi !!
    M Jibril : Wah, calonmu Kristen ya ?! Kok dulu waktu masih hidup suka menertawakan orang Kristen ??

  111. abu amili………

    Mas bima kok gak di jwb pertanyaan saya tentang (surat al waaqiah ayat 7 – 9) apa saya anda dan saudara lainnya termasuk orang2 yg di sucikan ? apa jawabannya nunggu mukzijat dari arab sana !
    ———————————————————-
    hehe……salah-satu sifat dari orang2 kafir adalah tdk mau bersabar…..hmmm

    Tergantung, mas….kalau ente senang bergaul dg yg kotor2, ya berarti anda termasuk dalam salah satu ‘kotoran itu.

    Liha dalam Al Qur’an:

    laki2 mu’min akan berteman dg laki2 mu’min, perempuan mu’min juga demkian..
    Salam.

  112. Onta Arab / Abu Amili
    Januari 8th, 2012 pukul 14:11

    Bima
    Apakah kamu juga sudah bisa berdiskusi dg sehat dan bertanggung jawab???
    Kalo jawabanmu ya berarti kamu bukan orang suci..
    Kalo jawabanmu belum artinya kamu penakut..

    ———————————————————-
    Pedoman nya mudah mas….

    Selama berpegang pada yg ‘hak dan menjauhi yg bathil, tentu berdiskusi dg ‘sehat dan bertanggung-jawab ‘senantiasa terjaga. Salam

  113. Gagak Seta…..

    @bima…
    Bagaimana keimanan anda untuk selalu diarahkan dalam sujud kehadapan Allah Akbar, disaat ini anda mengatakan Allah adalah SUMBER dari keimanan itu sendiri.?

    >>> Bukan kah anda setiap harinya ‘berputar mengelilingi bumi, begitu pula bumi yg senantiasa ‘patuh berputar mengeliligi matahari, dan matahari yg mengelilingi ‘sunnahNya?! Tidak kah kau menyadarinya?!

    Untuk apa anda beriman untuk yg tidak pantas untuk diberi..?
    Iku jenenge kowe nguyahi segoro..!
    Itu namanya anda menggarami laut..!
    Pekerjaan dan prilaku yg bodoh dan sia sia..!
    -Untuk apa anda beriman kalau tidak untuk diri sendiri, keluarga, manusia sekeliling anda dan segala mahluk ciptaan Allah..?
    -untuk apa anda tidak merasakan bersalah, bahkan protektif serta melempar kesalahan pada manusia lain yg mencemooh agama terbesar negeri ini.. disaat anda mengaku penganut isalam yg luhur..?

    >>> manusia termasuk makhluk yg relatif…’mengasah iman menuju sempurna adalah taqwa, sedangkan taqwa adalah ‘pakaian yg Allah berikan kepadamu. Kalau kau tak mau belajar dan tak mau tau bagaimana cara menemukan dan ‘mengenakan pakaian itu, tentu kau akan terlihat ‘aneh.

    -Seharusnya anda lebih santun dan prihatin atas keterpurukan keimanan anda.. dan bukan untuk asyik bertameng membela islam yg sesungguhnya sdh dijanjikan sebagai agama terakhir yg dilindunginya sampai kiamat..!
    Apakah anda meragukan janji Allah Akbar anda shg anda begitu getol untuk membantu Allah anda dalam bertahan.?
    Apakah Allah anda berbeda dg Tuhan kami..?
    Apakah Allah anda berbeda dg kegembiraan saya dlm Sumber KEKUATAN ENERGY Alam Semesta..?

    Salam prihatin nusantara.
    oOo
    ————————————

    Telah rusak bumi dan seisinya, betul tidak?!
    Dan manusia2 yg telah merusak ‘dirinya sendiri tentu se-‘jogjanya ditolong, dan manusia2 yg selalu menyadari akan rusaknya bumi ini, tentu punya kewajiban tu’ menolong, begitu juga halnya dg agama.
    Salam

  114. Dewi
    —————————–

    ‘Bahtera’ jeng……bukan ‘kapal’…….

    di dunya kamu ‘tau nya cuma kapal…….?!
    dan dunya itu pula…..kamu ‘tau nya cuma ‘tongkat…..h h h

    Dewi
    Januari 8th, 2012 pukul 09:24

    @ BIMA,

    Semua orang juga tahu dongeng dan kitab nabi2mu dan rosulmu itu, janganlah menjadi ahli agama yang kesiangan/ kemaleman/ kesorean/ kepagian…

    Dalam berkeTuhanan, bangsa kita lebih mumpuni dalam spiritual, leluhur Nusantara mewariskan pemahaman jagad mikrokosmik ( manusia dan Tuhan), makrokosmik (manusia dan alam semesta) dan metakosmik (nirwana Tuhan), juga dalam hal segi peradaban, bangsa kita juga lebih maju terdepan, ada istilah jaman nabi muhammad mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negri china, maka jaman nabi ibrahim-musa, sudah mengakui sebuah bangsa yang paling beradap ada di tanah bani jawi/ nusantara, Benarkah ketika Firaun-Firaun Mesir sedang membangun Piramid,bangsa yang tinggal di Nusantara masih bercawat dan melukis gambar monyet di gua-gua? Nampaknya perdagangan rempah telah berjalan beribu tahun dahulu malah bangsa misteri di Nusantara telah mampu mengeksport emas dikala kerajaan lain hanya mampu memperdagangkan kendi-kendi, gendang dan ceramik purba.

    Kamu hanya melihat kami dengan kebutaan mata hatimu dan keangkuhan IQ mu yang tak cerdas sama sekali, seolah2 kami bangsa kere dan gembel dan terlunta2 kalau tanpa pertolongan mereka… mengapa mereka menurunkan kitab2nya Untuk menyuruh kami menyembah allah si dewa matahari mereka?… Dalam hal ini, siapakah bangsa yang sebetulnya parasit dan tong kosong nyaring bunyinya itu?…

    Kalau bangsa dan budayanya saja banyak aura dan lingkaran hitamnya, maka kitab yang di hasilkannyapun tak memiliki kualitas NYA yang sejati, kamu berdakwahpun selalu dengan meledek, mencerca dan memutar balikkan fakta.

    Salam Nusantara,

    Dewi
    ———————————————–

    ngeles ni ye……hehe…

    Maka na….kalau baca alkitab yg utuh ya mas Dewi…….hehe

    Dalam Al Qur’an tentang kisah nabi Nuh as, Allah menyebutnya dengan ‘bahtera, bukan ‘perahu ataupun ‘kapal, jelas?!
    Dan dan dalam kisah yg sama, tidak disebutkan perihal ‘bumi melainkan tentang ‘dunya. Jelas!

    mungkin kamu ‘tau nya cuma getek di tempat yg cetek2……hehe

    Salam jeng Dewi yg mau tau…….h h h

  115. wisnu tiang djawi

    ampunilah dia Tuhan, dia tidak tau apa yg tlah dia lakukan,,,,

  116. Dewi…..a.k.a Sabda….
    Januari 8th, 2012 pukul 10:00

    Makasih ya om, itu tandanya memang kemampuan situ hanya segitu saja, datang tak di undang, pergi ngeloyor kalau kalah argumentasi tanpa mengakui nilai kebenaran lawan diskusinya, lalu masuk lagi nyelonong tanpa pamit untuk meledek dan cari gara2 lagi, kalau sudah banyak yang nge push aja lalu pura2 alim dan mengajak semuanya kembali ke jalan agama yang lurus seperti orang s’arab.

    Salam jangan lelet,

    Dewi
    …………………………
    Lagi kesel ya mas Dewi……blog nya dah runtuh…..hehe….

    dan saya sarankan, kamu bisa membuat thread baru dg judul yg pernah diusulkan (as a top rank ‘story and ‘storm):

    “Runtuhnya blog ini Dinanti”……

    and, as another famous story:

    Kejawen yang dicuri’gay…………………haha

  117. BUKAN PENCURI ILMU

    itu lah makna dari kata me’lurus’kan ……

    Islam sebagai jalan hidup yg lurus bagi umat manusia. Insya Allah.

  118. Tumben Bima ngeles. jawab donk. ya atau tidak. jangan insa allah… ga pasti tuh

  119. laki2 mu’min akan berteman dg laki2 mu’min, perempuan mu’min juga demkian..

    Artinya Arab berteman dengan arab. Nusantara berteman dengan nusantara. Lalu kenapa kamu berteman dengan ONTA?? bukankah kamu manusia hi Bima. Kamu bukan binatang. tapi kelakuanmu melebihi sang ONTA.
    Kalo kamu ingin berteman dengan ONTA silahkan angkat kaki dari bumi pertiwi ini. Panjangkan bulu bulumu. begitu pula istrimu. kalo perlu pakai perban seluruh tubuhnya biar seperti MUMMI. tidak akan ada yang melihat aurat istrimu hi Bima.
    Gunakanlah bahasa KRITING mu jangan pake bahasa indonesia.
    Berjalanlah mundur dengan tangan dan bukan kaki seperti kamu terbalik dalam membaca bukumu. alhasil kamu akan terperosok dalam dosa karena ngintipin rok wanita d jalan
    salam buat AHMADMU. Tolong tanyakan apakah kursi yg ditengah diantara kursi AHMADMU dan kursi AWOHMU itu kosong. Bilang saya mau duduk di sana.
    Saya mnta jatah kursi. bukan ayat kursi

    Salam kursi tengah kosong

  120. maksud na anak TK itu….yang ini ya…..hehe

  121. KANG GLOSOR,
    Boleh nimbrung dikit ya,Memang Tuhan tidak beranak dan beristri ,pengertian/pemahaman anak adalah gelar pengangkatan.Isa Almasih/Yesus diangkat menjadi anak sulung(coba baca :Yesus/isa pernah bersabda seblum Abrahan ada aku sdh ada dll…).Istilah pengangkatan anak bukan pada Isa saja pada Daud juga diangkat jadi anak(silahkan baca di Injil),jadi pemahaman putera/anak adalah bukan anak dhohir manusia,tetapi kedudukan Ruh nya yg diangkat sebagai anak.Semua yg telah dibaptis/disyahkan dalam nama Bapa Putera(Firman) dan Ruhul Kudus itu artinya sdh dimeteraikan dan artinya diangkat/diwisuda menajdi anak-anak Tuhan dalam pengertian Ruhaniah bukan phisik.Kalau kangmas nggosor ambil anak dipanti asuhan lalu di syahkan ke catatan sipil apakah sebagai anak kang glososr apakah itu berarti anak secara phisk,kan bukan ?inilah yg sering diributkan dan diperdebatkan .

  122. @ Gus Supri,

    Oh nggih, semoga tetap semangat sampai di tempat tujuan dear abah…

    Dalam rangkah apa nih Gus?… apa menjadi duta untuk pembimbingan dan pembekalan ilmu spiritual di manca negara?… Bravo!

    Yes, i wish you all good and sukses, and wherever you go, you can visit this lovely discothique every time… cheeeeerrsss…!!

    @ Mbah Joko Gendheng,

    Pripun khabare mbah?.. putumu kangen lho mbah, ora pethuk sedino kok rasane koyo seminggu iki piye mbah? … time is money eh time is limit yo mbah?… xixixixixi….

    Maturnuwun dongengngane nggih mbah, kulo wingi supeh haturaken si mbah kecup lan sayang… hmmuuuaahh… hmmuuaahh!!…

    @ Yhredaya,

    Hello dear, i just call out your name to say i love you…. hmmuuaahh!

    My sugarland, I just called to say i love you… (by stevie wonder).

    Salam joyful N fun,

    Dewi

  123. @ Mas Ngglosor MW,

    Sebenarnya saya mau menanggapi tulisan njenengan ini kemarin, tapi saya nunggu apa mas Bima mau menanggapi dulu. Ternyata … tidak, belum (?) Ijinkanlah saya urun rembug. Mohon maaf kalau salah tembak. Peringatan : BAGI YANG FANATIK DALAM BERAGAMA , MOHON JANGAN DIBACA YANG DI BAWAH INI. Resiko ditanggung penumpang.

    Bagi saya yang (mantan) beragama x, sabda Yesus mengenai nresnani Gusti lan nresnani pepada/ sesama itu sudah … lebih dari cukup. Kalau mau di othak-athik gathuk persamaan sabda Kang Yesus itu ada di banyak ajaran lain, tidak hanya dengan kejawen.

    Bicara soal agama dan soal theologi ini sering … super mbulet ! (-: Agama, kepercayaan idealnya kan … dijalankan saja, bukan didiskusikan. Masalahnya, ada ajaran agama yang kalau betul2 dturuti maka akan terjadi … pelanggaran hukum , dan pelanggaran hak asasi. Di Iran dan Malaysia, misalnya, ada hukuman untuk orang2 Islam yang pindah agama. Biasanya ke Kristen. Tapi TIDAK ada hukuman di negara2 tsb untuk orang dari agama lain untuk masuk … Islam. Dasar hukum yang tidak masuk akal di negara2 tsb : Ada hadisnya. Kojor gak ? )-:

    Kita tahu beragama atau TIDAK beragama sama sekali sebenarnya adalah hak asasi manusia. Wong nyembah Allah kok diatur negara, ini kan lucu !

    Berbicara mengenai agama disamping mbulet juga sering menimbulkan kesalah-pahaman. Doktrin Katholik kan tidak sama dengan doktrin … Protestan. Bunda Maria itu penting dalam agama Katholik, tapi tidak begitu penting di Kristen Protestan.Disamping injil yang ‘baku’ kan masih ada injil2 yang lain, yang tidak (boleh) masuk di injil yang baku. Ya Injil ‘Gnostic’. Contohnya Injil Maria (Magdalena),Philip,Thomas, Yudas,dll.

    Yudas, miisalnya, dianggap sebagai ‘pengkhianat’ Yesus di injil baku, tapi di Injil Gnostic, injil Yudas, tidak ! Lha nek Kang Yesus tidak … mati, yang mau menebus dosa manusia siapa ?

    Tuhan orang2 yang beragama Samawi itu sepertinya mengikuti hukum evolusi Charles Darwin juga. Dulunya bengis, mau melenyapkan umat manusia dengan banjir bandang – cuma Nuh cs yg selamat – menghukum Adam dan Hawa yang mau ‘tahu’ , membuang mereka ke dunia, hingga manusia2 lain yang tidak tahu apa2 harus …sengsara di dunia – banyak lho yang sekarang tidak ajeg makan, harus nngemis, tidak punya rumah,gelandangan,dll. Sekarang, semenjak Yesus lahir Tuhan berevolusi menjadi maha pengasih dan penyayang …

    Allah Bapa,Allah SWT sebenarnya tidak perlu ditakuti. Yang perlu ditakuti itu kan … sementara orang yang mengaku menjadi pengikut2 Nya . Di Nusantara kita tahu ada kelompok2 yang atas nama Allah menggasak, menggebuki orang lain yang tak se paham dengan ajaran mereka. Di blog ini ada juga orang seperti itu, yang mau blog ini dibubarkan saja …

    Bandingkan, misalnya, dengan ajaran Buddha. Pernah dengar Buddha mengajari orang untuk menggebuk liyan ? Oh ya, mengapa Tuhan dalam agama Samawi … tidak bilang apa2 mengenai Buddha, mengenai orang2 Aborijin di Australia, mengenai orang2 Hindu di India ?

    Mas Bima punya masalah dengan injil dan Trinitas. Mungkin yang dimaksud trinitas adalah Tuhan dalam kesatuan Allah Bapa, dan putera Alllah – Yesus – dan Roh Kudus. Mungkin lho, saya cuma menduga-duga.

    Lha dalam Quran dikatakan Allah itu tidak beranak, dan Yesus itu cuma … utusan saja. Di Quran juga dikatakan cuma agama Islam yang diberkati Allah. Lha, Allah ini ternyata juga bisa … humor. Lha agama2 yang lain gimana ? Lha kok Allah lupa perintah Yesus,anak/utusan Nya, mengenai mencintai Allah dan SESAMA sebagai perintah2 yang paling PENTING ? Kok tidak diteruskan di Quran, malah ada kesan dilupakan ? Lha kok Allah nampaknya tidak tahu keberadaan Buddha, Konghucu, dan Hindu ? Mengapa Allah yang maha kuasa itu tidak menjatuhkan kitab Nya dari langit saja ? Mengapa Allah harus pakai … perantara untuk menyampaikan pesan2 Nya ? Mengapa Allah tidak menyampakan pesan2Nya melalui internet saja ? Tuhan kan bisa menciptakan internet dulu2 kalau Dia mau ?! Maha kuasa, maha pinter je …

    Bhinneka Tunggal Ika. Beragama,berkeyakinan apa saja lah, asal tidak merugikan orang lain. Beragama,berkeyakinan apa saja yang sesuai dengan kata hati (nurani) kita,tanpa tekanan dari siapa pun. Tuhan,menurut saya, tidak akan keberatan dengan paham ini …

  124. Dinul Islam sudah ada sejak zaman Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW, dan Dinul Islam itulah yang Allah SWT ridhai.

  125. @Tanwaskita

    Perjanjian Lama ———-> Tuhan Maha Tunggal
    Perjanjian Baru ———–> Tuhan Maha Trinitas ??? upsss……

    mau kitab katholik kek, protestan kek, gnostic kek, geologi kek,
    tetap aja semua setuju ——> yesus bersujud di bukit kecil………sep.

    dan saya ingat slalu pesannya kang Bima….

    Tuhan Maha Tunggal, agama yg diridhoi Nya pun pasti tunggal.

    dan pesan yg ini:
    bagaimana kalau mulut mu ada dua dan begitu pula hati mu?……kepriben la……hik

  126. Alhamdulillah…..

    ternyata masih ada muslim yg ber-hati ‘waja….

  127. Kalau memang Daud juga disebut anak…..
    berarti ia juga layak masuk dalam kandidat trinitas….

    bener kata kang Muslim Sejati………………………kwartenitas……………..$@*&#*^

  128. SHABIIN

    Kalau memang Daud juga disebut anak…..
    berarti ia juga layak masuk dalam kandidat trinitas….

    bener kata kang Muslim Sejati………………………kwartenitas……………..$@*&#*^

    …………………………………………

    ada 5 (lima), sama anaknya Daud………..jadi yg pener pancanitas…………???

  129. Salam nuswantara..
    Salam kenal..
    Berpikirlah sederhana..
    Kalau lapar makanlah
    Kalau haus minumlah
    kalau mau senyum senyumlah untuk semua maka alam akan membalas senyummu…

    Bila kamu berumur 30tahunan dan taat bersujud dihadapan Allahmu apa yg sudah kamu dapat.?
    Bila anda berumur 50tahunan apakah sudah mengerti Allah yg anda sujud itu.?

    Kalaupun “kamu” dan “anda” mampu menjawab pasti terkaan jawabannya adalah “suara burung beo” yg “kalian” baca di kitab yg kalian sucikan. Padahal kalian bukan burung beo..!
    Kalau babi itu haram maka ke-haram-an menjadi bagianmu, kalau kitab itu membuat suci.. itu karena kitab itu membuat kalian menjadi suci, tapi pengetahuan yg membuat kalian suci..
    Kitab tidak pernah suci karena itu hanyalah tulisan diatas kertas…diatas daun.. kitab adalah benda mati.. maka janganlah kalian terbalik balik mengatakan kesucian dan ke”berhala”-an,
    Babi itu tidak pernah haram.. karena “dia” itu binatang hidup, sesama pengisi alam ini.. maka janganlah “kalian” menaruh curiga..!
    Kitab itu pengetahuan hidup agar kalian semangat dalam menghadapi hidup agar kalian senang dan bergembira dalam kebanyakan masa hidup..!
    Kitab itu bukanlah “asuransi” yg menjamin hidup enak kamu setelah mati..! Kalaupun kalian anggap YA.. bagaimana kalian dapat rasakan disaat kalian mati.?

    Disaat kalian ada disini.. atau dimanapun kalian berada..
    dari mana datangnya “TERANG” untuk hidup..? Adakah matahari tidak terbit dari TIMUR..? Lalu kenapa kalian menyembah Sang Maha Terang dengan arah pantatmu dan berbagi kentut dg dibelakang pantat kalian..memberi pantat kearahNYA.?
    Kenapa kalian begitu akut dalam “keBERHALAan ARAH untuk menyembah SUJUD sebagai kiblat kalian..?
    Tapi kalian menghindar kalau seorang mengatakan kiblatmu adalah tempat allahmu..disaat lain kalian mencemooh kiblat yg berisi batu hitam itu…
    Pada saat siang hari kalian sering mengatakan DIA yang DIATAS, tapi disaat malam hari kenapa kalian tetap mengatakan ‘ilah’kalian diatas..?
    Apakah salah untuk mengatakan “kalian” terjebak dalam “ist’ILAH”..ALLAH..
    (Ilah il allah itu artinya dewa mataharinya ciwa),

    Gunakanlah akal pikiranmu(otak).
    Kalau perutmu besar dan gendut maka ber-olah ragalah.
    Kalau keringat bau amis maka kurangi makan daging setengah matang…
    Sederhana kan…?!

    Mengikuti Sang Madhep Wetan:
    Itu semua Jangan dibaca..hidup itu simpel kalau mau jujur. matur nuwun.
    Blog ini untuk yg mencari jatidiri, untuk yg bersedia meng-optimalisasi OTAK untuk berbudi pekerti luhur, tidak untuk mencari pengikut untuk membuat agama baru..
    Tapi mengharap pemimpin Bangsa yg CERDAS agar “kalian” yg kebanyakan ini tidak carut marut dan sengsara dalam kehidupan di negara gemah ripah ini.

    Bergembiralah.
    oOo

  130. Sugeng ndalu para sedherek sedaya..

    mb Dewi,
    Sebenernya simbah ki ndak pinter ndongeng.putu – putu mesthi langsung tidur, kadang pura – pura tidur begitu tau simbah mau ndongeng.tapi seandainya ada putu simbah yang ginuk-ginuk kayak sampeyan, waaa… simbah jadi semangat lagi buat ndongeng.. pokoke berasa muda kembali….hahahahaha

    bicara dongeng,simbah dulu suka cerita kancil nyolong timun. Ada tembangnya to ya;
    si kancil anak nakal suka mencuri timun
    ayo lekas diburu jangan diberi ampun
    sebenernya simbah kurang nggathuk sama lirik tembang itu. apalagi kalo diajarkan ke anak – anak. Yaa..namanya anak-anak,persepsinya kan masih lurus bin polos.sistem filternya belom jalan..bayangkan saja, nanti anak – anak akan mengira yang namanya kancil itu pasti nakal.. jahat..sukanya nyolong timun.yang lebih nggegirisi lagi, karena nakal kudu diburu tanpa ampun. Whaaa.. lha apes tenan sing dadi kancil.ndak peduli nyolong atau ndak nyolong timun, asal nampak batang hidungnya langsung dikejar-kejar, dibalang watu, mau digebuki hanya karena dia dilahirkan menjadi seekor kancil.

    karena ndak mathuk, crita itu perlu direkonstruksi sekaligus dikontekstualisasi agar pemahaman anak tidak salah kaprah & menjurus ke hal-hal destruktif.kalo ndak, nanti jadi crita basi. maka anak yang kritis akan bertanya, kenapa koq kancil sampai berani nyolong timun.iseng, serakah atau terpaksa karena keadaan? Wooo.. lha ternyata si kancil ini udah lama ndak makan, bingung mo cari makan dimana wong hutan tempat dia biasa nongkrong habis dibabat.alas wis gundhul. yaa..daripada mati kaliren, lha nekatlah sikancil nyolong timun di kebun.lha saiki yang nggundhuli alas ki sopo? sing sakjane serakah ki sopo? Nhaa.. khan jadi ada hikmah yang bisa dipetik oleh anak – anak. jadi orang itu mbok ya jangan serakah,weruh glondhongan kayu berkubik-kubik wae yo dipangan…minyak berliter-liter yo diglogok..kasian to sikancil jadi menderita kelaparan trus nekat nyolong. daripada mengutuk & ngoyak-oyak kancil, mendingan ayoo.. kita tanam pohon lagi, bikin hutan hijau kembali. biar kita tenang, kancilpun senang :) mumpung ini baru dikasih warning cuma timunnya dicolong, lha kalo sampe longsor atawa banjir, bukan cuma timun to, kebon,sawah bahkan nyawa ikut “digondhol mlayu” hehehehe…

    Itulah salah satu alasan simbah ini ndak pinter ndongeng.. lha jebule mengkontekstualisasi atau menselaraskan dongeng zaman dulu yang turun temurun menjadi sebuah kewicaksanaan penuh hikmah dizaman sekarang itu ndak gampang. Apalagi ngetrapke dalam perilaku kehidupan sehari-hari.. Ada faktor geografis, sosial, budaya, dll dll..
    Ini baru dongeng anak lhoo mbak.. Lha gimana kalo dongeng agama,coba? dongeng berumur ribuan tahun, yang entah nyampe ke kita setelah melewati berapa generasi dengan segala dialektika zamannya. zaman -zaman yang diwarnai intrik politik, perang perebutan kekuasaan dll dll. Duh Gusti…Opo ra pecas ndah simbah…

    Lha coba sekarang lihat para “pendongeng” agama di pelosok jagad ini. kalo miturut penerawangan simbah, koq ya kebanyakan (=ndak semua lho..) asal cerita saja. Boro-boro dikontekstualisasi & direkonstruksi, wong memahami yang tersirat wae ndak mau.. males.. yang dongeng dianggep nyata, yang nyata malah jadi kabur..hehehe.. lha apa yang dirangkum dikitab ditelan mentah-mentah, dipahami secara literer, dianggap kebenaran mutlak yang ndak boleh dipertanyakan apalagi dikritisi…. sadar atau ndak,para pendongeng agama ini alih alih menjelma jadi ” the preacher of hate” menyebar kebencian ke mereka yang bersikap kritis. kalo ada yang mengkritisi, ya siap – siap saja jadi kancil…mangkanya ada aja to yang jadi “kancil-kancil” dioyak-oyak, dikucilkan, kalo perlu digebuki meski ndak pernah nyolong timun…

    Hehehe..nyuwun ngapunten mbah Sabda, niki kula malah ndremimil…ngayawara ra karuan wonten griyane panjenengan..

    Pamit udud rumiyin…

  131. mana ayatnya yg berisi kata “gereja”……????

    jangan kabur kamu!

  132. Aku disini….. makanya jangan baca buku mbil teriak2… liat sekeliling
    hahahahahahahaha………
    Ternyata kamu berada jauh dari HABITATmu
    wkwkwkwk………….

  133. kesel niye…..

    ada ayat ada gereja…….ada gereja ada ayat…………………huahahaha….

    MANA AYATNYA??? JAWAB!…………..huhuhu……ga ada mas…………………..

  134. Tumben sadar.. kok sudah mau ke gereja… hmmm bagus itu
    lanjutkan…….

    maaf mas Onta Arab,
    sepertinya mas memang beragama kristen ya. atau kejawen?

  135. Kenapa dik manggil manggil mas
    wkwkwkwk…..

  136. Onta Arab

    Kenapa dik manggil manggil mas
    wkwkwkwk…..
    —————————————-

    sabda sabda……..kemampuan mu cuma segitu……haha…..

    ngeblock gagal…..ngirim script tak tendang………..huahaha haha…..

    MANA AYATNYA??? tu dua…………….tigaaaaaaaaa………….gedubrak….

  137. Onta Arab
    Januari 14th, 2012 pukul 23:21

    maunya kmampuan yg mana? coba bilang…. tp yg msuk akal ya..
    hahahaha……
    ————————————-

    sabdalangit’sssssssss melambung ke langitssssssssssss……….hahaha

    lupa ya ngebahas kejawen nya…………..dah ga laku tuuuuuuuh………hehe….

    MANA AYATNYA!

  138. SE MBAH
    Januari 14th, 2012 pukul 19:43

    kok sepi……?
    lagi kusuk di gereja ya???
    ————————————–

    tepatnya lagi ngubek kata “gereja”…….hehe

    kepriben to…..ora ono…..huahaha haha…..

    PERHATIAN PERHATIAN!….SADULUR SADAYANA…..
    KITA PERLU MEREVISI ALKITAB !!!…………………………. haha haha…..

    huuuuuuuuu…….palsu……palsu……palsu………………….

  139. SE MBAH

    kok sepi……?
    lagi kusuk di gereja ya???
    ————————————–

    tepatnya lagi ngubek kata “gereja”…….hehe

    kepriben to…..ora ono…..huahaha haha…..

    PERHATIAN PERHATIAN!….SADULUR SADAYANA…..
    KITA PERLU MEREVISI ALKITAB !!!…………………………. haha haha…..

    huuuuuuuuu…….palsu……palsu……palsu………………….

  140. maunya kmampuan yg mana? coba bilang…. tp yg msuk akal ya..
    hahahaha……

  141. ALKORAN kali yg di revisi
    hehehe kok dobel ngger…. terburu buru gtu
    wkwkwkwkwkwk…..

    Betul itu.. di gereja kusuk… kalo di masjid ya kasak kusuk….
    wkwkwkwk……

    Kepriben tho bukane mbahas agamane dewe malah mbahas agamane wong liyo
    wkwkwkwk… tukang ngrumpiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……

    NGUBEK pun karena ngladenin kamu biar kamunya seneng… tapi kamu malah seneng NGGEBUK in orang. hehehehehe

    sorry yee… ga sudi bantuin kamu… cari aja ndiri.. punya tangan punya mata ya d gunakan. jangan banyak tanya.. kliatan kalo bodo banget…. tanya melulu
    hahahahahahahaahahhaha……

    PERHATIAN PERHATIAN!….SADULUR SADAYANA…..
    KITA HANYA PERLU MENIMBANG PERMINTAAN DOMBA JELEK INI. APA PERLU DI BANTU APA TIDAK!!!…………………………. haha haha…..

  142. @Saudara sekalian,

    Masih ingat AMROZI ? Si terroris ,si Bali bomber. Ada cerita dia tidak mampus. Masih hidup, kok. Cuma, kerena takut kalau ketahuan polisi, namanya diganti. Nama barunya bermacam-macam : Bima,TS, Surti,HI HI HI, SP,Domba Botak, Domba Gembel,Muslim Sejati, Anti Kafir,Bukan Kafir,Banyu Segar, SHABIIN,Domba Gemblung,dll.
    Sama , persis plek dengan AMROZI : anti Pancasila,anti agama selain Islam WAHABI , anti kemajemukan, anti Bhinneka Tunggal Ika,anti Nusantara, pro Arab.

    Harap waspada !

  143. Wah… pertanyaan tolol… pinter dikit donk….
    hahahahahahaha…..

  144. Terima kasih……kalau memang itu jawabannya.

    salam kasih

  145. Teman Mesra
    coba pake nick yg biasa dipake. biar tdk salah tembak
    Salam kasih kembali

  146. salam rekan @Bnun.

    sy juga sama, makin bingung dg nama nama di blog ini:
    ketika sy reply mba Anita M U I, tampilnya sbg Wolo Wolo Kuwato?

  147. @Saudara sekalian,

    Menurut burung2 jalak di dunia maya : Kalau Ingat Bima/TS ingat Amrozi, si terroris , si Bali Bomber ,ya karena mereka memang sama. Kalau lihat Domba Gembel lalu ingat Amrozi, ya karena mereka memang sama, atau saudara kembar. Amrozi = TS,Amrozi = SHABIIN,Amrozi=Domba Botak,Amrozi=Diturunkannya Azab,Amrozi=Muslim Sejati,Amrozi=Surti,Amrozi=Hi Hi Hi. Sifat2 mereka sama : Anti Pancasila,anti agama selain Islam Wahabi, anti kemajemukan, anti Nusantara – pro Arab…hhhh

  148. Oh, tadi lupa. Terima kasih buat Kang Tanwaskita yang telah memposting aslinya, tapi mohon maaf, lahir batin, karena saya tambahi sana sini .

  149. assalamualaikum kang bima….
    Spt nya kamu tahu banyak ttg al-qur’an…..
    Saya mau tanya nih….
    Apa ajaran islam diturunkan ke bumi dg nama itu?apa ada saksi,selain muhammad pribadi?
    Apa manusia memang dipilah2 dg agama2 nya,bukan dari keimanannya?
    Apa benar kamu diciptakan oleh allah?ada yg tahu kalau allah menciptakan kamu?siapa?
    Bukan nya semua manusia sama ?asalnya dari air mani dan terlahir dari tempat pembuangan kotoran?
    Apa benar air dapat mensucikan jiwa kiita?
    Maaf kang bima itu saja dulu,sebenernya masih banyak yg ingin saya tanyakan,klo bisa lewat email saja biar lebih enak bgaimana?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 926 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: