2012 (4)

Dulur-dulur semua yang budiman

Bulan Suro Culiko sebentar lagi usai. Kelanjutan bulan Suro-culiko, memasuki tahun wawu.

01. Tanggal Masehi : 28 Desember 2011
02. Dina – Pasaran : Rêbo Kliwon
03. Tanggal Jawa : 01 Sapar 1945 – Wawu
04. Tanggal Hijriah : 02 Shafar 1433 (H)
05. Windu-Lambang : Sengårå, Kulawu
06. Nama Wuku : Gumbrêg
07. Môngsô : Kapitu – Palguna (22/11 s/d 02/02)
08. Sadwårå : Wurukung
09. Haståwårå/Padewan : Guru
10. Sångåwårå/Padangon : Dadi
11. Saptåwårå/Pancasuda : Lêbu Katiyub Angin
12. Rakam : Kala Tinantang
13. Paarasan : Lakuning Srêngéngé

Persaingan antara kepentingan politik kian memanas, ketat dan carut marut. Masing-masing kekuatan jahat mengerahkan segala kemampuannya untuk memenangi pertarungan. Energi jahat melawan energi jahat.  Mulut-mulut lebar saling berkoar mencari menangnya sendiri. Sandiwara politik kian menggemparkan. Akrobat politik semakin menakjubkan. Semua berebut benarnya sendiri, berebut butuhnya sendiri, berebut menangnya sendiri. Skandal ditutup dengan kasus baru. Kasus-kasus lama diam-diam disimpan untuk amunisi bila kelak diperlukan. Manusia lupa kemanusiaannya. Mana sesungguhnya binatang mana sesungguhnya manusia sulit diidentifikasi. Banyak orang lupa siapa jati dirinya. Skandal ditimbun kasus baru. Gali kasus tutup kasus, gali skandal tutup skandal. Nasib bangsa ini berada ditangan generasi penerusnya. Kaum intelek dan akademisi, dan semua yang telah sadar akan jati diri. Yang telah merdeka lahir dan batinnya. Para putra-putri Nusantara yang telah kenyang akan segala macam ancaman dan intimidasi yang digemari oleh jiwa-jiwa fasis (termasuk “theo-facism“). Semua itu tak akan pernah ciutkan nyali jiwa-jiwa merdeka generasi penerus bangsa.

RUNTUH 2012

Menggah ingkang tansah eling lan waspada. Wus akeh pratanda jaman. Suro-culiko, mowo pratondo jugruging wewangunan. Runtuhnya beberapa jembatan, runtuhnya  tembok pembatas, runtuhnya tiang pancang, runtuhnya bangunan sekolah, runtuh tebing-tebing bukit menimpa rumah-rumah warga, runtuhnya pesawat ke belukar hutan, runtuhnya gerbong kereta, runtuhnya kapal besar ke dasar laut. Gunung-gunung meruntuhkan debu dan laharnya ke daratan. Sungai-sungai meruntuhkan tebing dan bantaran membawa reruntuhan pasir dan bebatuan.

Kita akan memasuki tahun di mana terjadi fase keruntuhan. Rutuhnya perekonomian nasional dalam kondisi paling parah sepanjang sejarah, akibat ulah para rampok dan gerombolan kecu kekayaan negara. Ditambah lagi efek domino runtuhnya perekonomian dunia. Runtuhnya wibawa politik para penguasa dan wakil rakyat akibat tindakan lacur dan lancung. Runtuhnya kredibilitas penegakan hukum akibat keberpihakannya pada uang dan jabatan. Runtuhnya kejujuran para pendakwah agama akibat kepentingan periuk  dan bermodalkan buaian kata-kata. Runtuhnya jiwa-jiwa manusiawi menjadi angkara murka. Runtuhnya humanisme menjadi sadisme. Runtuhnya adab menjadi biadab. Runtuhnya moralitas menjadi amoralitas.

Namun  prinsip balancing tetap berlangsung secara ilmiah dan alamiah. Suatu fase  dimulainya keruntuhan pola-pola pikir lama yang telah lapuk dan jamuran. Runtuhnya kesadaran palsu dan berseminya kesadaran sejati. Temuan-temuan dan bukti-bukti baru mengoreksi sistem pemahaman dan pengetahuan lama yang masih sangat terbatas. Demikian pula segala sesuatu yang telah lama diruntuhkan oleh ketidakadilan dan kebodohan kini pada gilirannya bersemi tumbuh kembali.  Menyingsing mentari harapan baru dari ufuk timur. Satu demi satu angkara murka di ufuk barat runtuh. Di penghujung keruntuhan dan kehancuran, perlahan namun pasti segala sesuatu kembali ke asal kesejatiannya. Mulih menyang sangkan paraning dumadi. Kiamat sebagai berakhirnya suatu hal, namun juga sebagai lahirnya sesuatu yang baru pula. Tesis-antitesis-sintesis. Hukum dinamika yang bisa saja tertunda oleh ulah manusia, namun tetap akan menggelinding tak terelakkan dan tak dapat dicegah oleh siapapun dan apapun juga.  2012 suatu waktu jutaan orang penuh takjub bercampur takut.  Gunung-gunung di seluruh negeri seolah ingin memberi bukti bahwa mereka adalah makhluk hidup juga yang harus dihargai dan dihormati bangsa manusia. Bagai dikomando, mampu meletus nyaris bersamaan, namun tak ada korban jiwa di antaranya.

Njeblosing bumi kairing tinarbukaning gunung anyar,
Gelap ngampar peteng ndedet lelimengan,
Kilat thathit teja mangkara-kara,
Toya segara kadya kinoclak-koclak,
Kawah condro kinebur-kebur,
Tidar mili lendut,
Bahrawa pening kinobar gni,
Kumitir lir pecut penjalin tingal,
Geni kalawan angin lir gundolo sosro
Kadya ta anjebolna bumi,
Sanalika byar padhang terawang,
Amijil satria kembar,
Dudukuh ing satengahe bumi segara umbel,
Lir tumetesing tirta kamandanu,
Pinangka tetulak goro-goro,
Murih tinarbuka gerbang Nuswantara.

“Selamat Tinggal”…

Selamat tinggal tahun 2011, tahun kawelasan, tahun yang tak pernah ada lagi dan tak pernah terulang sampai kapanpun juga. Sebagai tahun yang berat, tahun untuk mawas diri. Tahun yang telah sangat berjasa menggembleng mental lahir dan batin supaya menjadi pribadi-pribadi Nusantara sejati yang mumpuni. Tahun segala macam laku prihatin dan tahun untuk instropeksi diri untuk menuai hasil gemilang di tahun berikutnya. Kecuali yang ndablek, peragu, plinplan, akan menjadi semakin bingung dan membingungkan. Tahun untuk manêgês mohon kawêlasaning Gusti, kawêlasan bumi pertiwi, akan segera berlalu meninggalkan jejak langkah kaki kita. Yang akan segera menjadi sejarah dan hanya bisa dikenang di masa depan. Kita tanam segala macam kebaikan di tahun 2011 untuk mulai dituai pada tahun 2012.

Selamat datang tahun 2012,  terasa paradoksal, sebagai tahun wiwit silêmé prahu gabus (tenggelamnya “perahu gabus”). Mulai terjadinya segala sesuatu yang seolah tak mungkin terjadi. Sesuatu yang di luar nalar menjadi di dalam nalar. Tahun 2012 masuk ke dalam suatu fase di mana secara disadari atau tidak, seluruh makhluk dipaksa untuk bermeditasi oleh gelombang medan magnetik galaktika yang berubah secara signifikan.  Perubahan energi level makrokosmos sangat berpengaruh terhadap tatanan energi spiritual level mikrokosmos. Tahun 2012 masuk ke dalam suatu fase di mana secara disadari atau tidak, seluruh makhluk dipaksa untuk bermeditasi oleh gelombang medan magnetik galaktika yang berubah secara signifikan.  Perubahan energi level makrokosmos sangat berpengaruh terhadap tatanan energi spiritual level mikrokosmos. Setiap zaman baru akan meretas manusia generasi baru. Manusia baru yang telah dimeditasi oleh gelombang energi makrokosmos sejak di dalam alam kandungan ibu. Hasilnya lahirlah anak-anak indigo dan kristal sebagai manusia generasi baru yang akan mengisi zaman baru di mana kesadaran manusia tidak lagi bisa dikurung oleh dogma.

Dinamika meliputi seluruh lini kehidupan tanpa kecuali. Yang mampu berselaras akan lolos dan mendapat anugrah pencerahan hidup (awareness) yang lebih baik. Sehingga lebih mudah menggapai kesuksesan hidup, mampu menjadikan tahun 2012 sebagai tahun penuh keberuntungan dan berkah. Yang tetap bersikukuh untuk tetap berada di dalam “tempurung kesadaran semu” dan yang tetap nuruti rahsaning karep, akan semakin tidak memahami apa makna dari sinergisme : sing-gawe-urip–>urip–>nguripi. Sehingga beresiko besar menderita penyakit stress dan depresi berkepanjangan, yang dapat berujung menjadi kênthir dan majnun. Yang bernasib demikian ini, tahun 2012 bukan menjadi tahun keberuntungan tetapi awal suatu kesengsaraan yang berujung pada kandasnya perahu kehidupan.

Tahun 2012 fase runtuhnya ekonomi dunia, berimbas pada kebangkrutan parah tata perekonomian di Republik Indonesia. Situasi yang sulit terutama bagi yang belum begitu memahami kuncine urip. Sing sapa seneng gawe panguripan marang liyan, bakal antuk panguripan lan dayaning urip. Suwalike sing sapa seneng gawe pepati marang liyan, bakal nemahi bilahi lan pepati. Kita semua sedang memasuki fase runtuh. Nusantara memasuki saat-saat paling berat, seumpama sedang digodok di dalam kawah candradimuka. Bagi penguasa yang sedang berkuasa pun, tentu akan sangat berat melewati tahun 2012. Dan berakhir dengan ucapan,”selamat tinggal…rakyatku..! Hanya penguasa yang ampuh lahir batin saja yang mampu melewati tahun 2012. Dan hanya para kesatria bangsa yang selama ini masih piningit (sedikit bicara-banyak bekerja, tidak terkenal-namun banyak sekali jasa dan prestasinya) yang akan lolos seleksi alam. Para kesatria yang telah memenuhi syarat, genep lakune untuk mengemban tugas sebagai satrianing nuswantara.

Dirga-Hayu

Di tahun 2012, semoga keselamatan dan keberuntungan selalu berlimpah kepada sedulur-sedulur semua, kepada seluruh pembaca yang budiman di sini dan di manapun berada. Dan kepada seluruh warga bangsa Nusantara, rakyat Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Jayalah bangsaku, sejahtera lah negeriku.

01. Tanggal Masehi : 1 Januari 2012
02. Dina – Pasaran : Minggu Wagé
03. Tanggal Jawa : 05 Sapar 1945 – Wawu
04. Tanggal Hijriah : 06 Shafar 1433 (H)
05. Windu-Lambang : Sengårå, Kulawu
06. Nama Wuku : Warigalit
07. Môngsô : Kapitu – Palguna (22/11 s/d 02/02)
08. Sadwårå : Tunglé
09. Haståwårå/Padewan : Kålå

Biarpun negeri saat ini tengah dianiaya dan hendak dihabisi oleh penghuninya sendiri. Namun janganlah berkecil hati sedulur-sedulurku semua. Kita masih memiliki berjuta rakyat yang sadar diri sebagai manusia sejati. Yang telah memahami akan jati diri. Yang siap menebar benih-benih kedamaian & kasih-sayang kepada seluruh penghuni bumi pertiwi. Dan masih banyak para patriot bangsa yang penuh semangat juang demi membela keutuhan NKRI. Walau selama ini masih berdiam diri, hanyalah menunggu saatnya yang tepat tiba. Wilujeng rahayu kang tinemu, bondo lan beja kang teka. Saking wasesaning Gusti.

Salam karaharjan

Patriot Bangsa

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Desember 25, 2011, in 2012 (4). Bookmark the permalink. 1.058 Komentar.

  1. @mas BIMA yth muhammad s.a.w tdk pernah mengajarkan kpd umatnya dg ajaran seperti itu(saling caci maki membenarkan isi kitab al quran padahal wahyu itu tdk tertulis ! Saya tiap kali membaca terjemahan kitab al quran saya merasakan ada ketidak beresan dg apa yg sesungguhnya terjadi dg masa muhammad,saya merasakan apa yg tertulis itu hambar (sebagian besarnya)..soal sujud gusti allah tdk pernah memaksa umat manusia menyembahnya dg cara seperti itu,cukuplah di dalam batin saja krn Tuhan gusti allah tiada rupa tiada nama yg ada hanyalh dzatnya kita tdk perlu susah payah membangun masjid,gereja,kuil dlsb tempat peribadatan..cukup dilakukan di mana saja kita berada mungkin mas bima sudah tahu tnp harus sy jelaskan..soal suster yg memakai jilbab itu dimulai ketika para pengkhianat islam sewafatnya muhammad menyerang palestina tempat di turunkannya yesus dan para suster pun dipaksa memakai jilbab mengikuti tradisi arab jahiliyah padahl sejatinya dulu dimasa lalu kita bebas mau memakai pakaian apa saja tanpa harus dipaksa.mas bima yg terkasih mas bima sangat sayang kpd muhammad s.a.w bukan? Bila mas bima sayang kpd beliau jnglah menyakiti dan mempermalukannya dg cara ingin menangnya sendiri ingin benarnya sendiri tanpa mau memikirkan bagaimana perasaan muhammad begitu dilahirkan kembali ke dunia fana ini semoga mas bima menyadari tiada hal yg paling indah dan damai selain kasih sayang yg tulus tiada batas kpd sesama itulah dulu yg diajarkan oleh muhammad s.a.w di zaman jahilliyah bangsa arab dulu adalah bangsa bar-bar bangsa yg penuh dg hawa nafsu keangkara murkaan dan para avatar selalu datang dan dilahirkan kembali kedunia ini untuk menyadarkan manusia menuju kehidupan yg lebih baik tanpa pertumpahan darah.kepada seluruh para pembaca yg budiman dimana saja anda berada semoga apa yg saya tuliskan ini bisa menjadi sesuatu yg bisa dipelajari walaupun saya tdk menyadari apakah nanti tulisan ini akan menjadi sebuah awal yg baru untuk kehidupan kelak ?waktu yg akan membuktikannya percayalah

    • @ Widodo
      kalau bangsa arab dikatakan bar bar saya kira bukan dulu saja sampai sekarang pun demikian adanya , coba saja lihat berapa korban kepala tkw yang putus oleh tangan2 onta arab tanpa pengadilan yang fair, berapa tkw yang disiksa diperkosa dan tidak dibayar gajinya , berapa orang tkw yang pulang membawa bayi yang tidak jelas bapaknya . sebenarnya perlakuan bar bar itu teus berlanjut sampai sekarang tetapi kenapa ya orang indonesia paling demen sekali menjilat2 pantat onta arab ini.

      sekarang bandingkan dengan tkw yang bekerja di negara kafir seperti hongkong , taiwan , korea , cina dll, kita tidak pernah mendengar cerita2 sedih seperti di negara onta , bahkan para tkw tsb lebih maju cara berpikirnya bisa mengikuti model dan cara berpikir yang sesuai perkembangan jaman . dari sini kita bisa mengambil kesimpulan onta2 ini sebenarnya memakai agama untuk mengeruk keuntungan sebesar2 nya dari negara lain.

  2. Selamat Sore,

    Kagem Mas Tomy ingkang winasis,
    Matur sembah nuwun atas pencerahannya, hanya Gusti Allah yang bisa membalasnya. Amien.

    @Yasir,
    Sebagai orang Islam Abangan, sungguh saya merasa sangat beruntung kalau panjenengan mau menjawab pertanyaan saya.
    Saya juga pernah denger istilah tentang Alif lurus dan Alif bengkok itu pengertiannya apa sih ???

    @Rekan-2 yang lain
    Apa khabar ???
    Pada sibuk liburan lagi ya kok jadi sepi ???

    Salam

  3. @Bima yang tercerahkan…
    Mana bukti Islammu adalah Rahmatan Lilalamin.???
    Panjenengan tidak akan pernah bisa terima kalau bagi rekan-rekan Nasrani bahwa nabi Isa AS adalah nabi terakhir, adanya Trinitas dsbnya, sebaliknya beliau semua juga tidak akan pernah mau mengimani bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan terakhir.
    Terus solusinya apa mau beratem sampai pada mati baru terbuka rahasia dogma tsb ???.
    Kita tidak bisa memaksakan kehendak, walaupun punya 10.000.000 % keimanan dan keyakinan. Banyak jalan menuju Roma, mau jalan kaki, naik kapal laut, kapal terbang, atau berenang silahkan saja….

    Mengingatkan atau mengajak boleh-boleh saja, pilihan tetap berada pada pribadi masing-masing.
    Kata orang bijak : ” …… dan sampaikanlah segala sesuatu itu dengan cara yang baik dan benar “.
    Mohon dibukakan pintu maaf, kalau panjenengan tidak berkenan….

    Semoga Damai dihati,…….

  4. Entah mengapa saya ingin menulis ttg kejadian semalam,malam jumat sekitar jam 21:30 istri saya sehabis dari kulah/kamar mandi dibelakang rmh,mengaku mencium aroma tembakau yg harum dan saya pun ingat belum membuat kopi dan teh tubruk seperti yg biasa saya lakukan tiap malam jumat untuk menghormati para leluhur yg datang menengok anak turunnya. Jam 01:30 saya membakar menyan madu dibelakang rmh di kmr mandi yg masih kuno..setelah saya bakar menyan saya pun masuk kembali kedalam rmh,tdk berapa lama kemudian saya mencium bau pete/jengkol dan ada sesuatu yg hdr di dpn saya,sosok besar bertubuh manusia berkepala banteng,yg oleh kebanyakan org di sebut siluman.sosok itu duduk sambil berkata-”matur nuwun yo kang aku wis mbok kei mangan” saya pun menjawab:enjih sami2 podo podo mahluke gusti sing podo rukun yo..setelah itu dia pergi entah kemana.. Oleh sebab itu bila kita menyadari bahwa kita ini adalah ciptaan Tuhan hendaklah saling menghargai sesama mahluk termasuk jg mahluk halus tnp perlu kita usir memakai aji mantra tenaga dalam dsb dg maksud ingin melenyapkan mahluk itu agar tdk mengganggu lagi cukuplah di beri pengertian dg cara hidup harmonis saling berbagi sesama mahluk gusti tnp hrs memakai kekerasan,meskipun hanya memakai media menyan madu sesungguhnya hal itu sangat dihargai oleh saudara kita bangsa siluman sesama mahluk penghuni bumi nuswantara ini sekian semoga bermanfaat untuk para pembaca yg budiman yg msh suka mengkambing hitamkan para mahluk halus tanah jawa

  5. Kenapa harus mengikuti ajaran Muhammad yang sekarang tidak jelas nasibnya, menurut orang winasis yang sering berjumpa dengan leluhur, muhammad sekarang berada di alam penantian sambil disiksa habis2an untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan perbuatan orang2 pengikutnya saat ini dia sedang menjerit2 sekuat2 nya meminta tolong kepada leluhur orang Jawa supaya bisa dibebaskan atau paling tidak diberi keringanan hukuman tetapi hal itu rasanya tidak mungkin karena setiap kali ada pengikutnya yg melakukan bom bunuh diri dia kena siksa, setiap kali ada pengikutnya merusak tempat ibadah agama lain dia juga kena hajar jadi dia sebenarnya seandainya bisa ingin memberi tahu kepada pengikutnya untuk berhenti dari kebodohan dengan mengagung2 kan leluhur arab dan juga menyembah batu hitam tetapi apa daya dia tidak punya kemampuan seperti leluhur2 yang sudah mencapai alam kamulyan sejati oleh karenanya sebenarnya tindakan2 seperti bima , TS dan lain2 yang keras kepala menganggap diri paling benar dengan mengkafirkan orang lain yang tidak sepaham sebenarnya secara langsung juga sedang menyiksa Muhammad .

    sejak wafatnya sampai sekarang para pengikut Muhammad selalu mendoakan dia supaya mendapat tempat yang layak di sisi Allah tetapi hal itu tidak pernah terjadi karena sudah terlalu banyak orang yang tersesat oleh karenanya berbeda dengan leluhur Nusantara kita malah dilarang untuk mendoakan dia supaya masuk sorga karena para leluhur sudah berada di alam kamulyan sejati atau bahasa indonesianya sorga karena jika berdoa demikian itu merupakan suatu penghinaan kepada leluhur .

  6. @mas dodot jangan kuatir nanti pasti lengser juga tuh pak presiden SBY.tunggu tanggal mainnya ya..matur sembah nuwun

  7. @ Mas Widodo
    sugeng dalu , kalau boleh tanya kemampuan anda melihat alam gaib termasuk melihat mahluk2 tak kasat mata tsb anda peroleh dari mana ya dari menjalani laku atau memang bawaan wejak lahir kalau dari menjalani laku, bagaimana lakunya mungkin saya bisa belajar dari anda matur nuwun.

    salam katresnan

  8. Salam poro pinisepuh,

    SALAH PAHAM,
    Jika kita menyadari jagad mikro, jika kita menyadari jagad makro, lalu dimanakah letak jagad mikro berada? hem..tentunya di dalam jagad makro bukan?
    Jika jagad mikro tidak sejalan dengan jagad makro, hem… serasikah?
    Itulah kenapa jagad makro mempengaruhi jagad mikro, dan begitu sebaliknya, jagad mikro berpengaruh pada jagad makro, karena dia adalah satu KESATUAN, JAGAD MIKRO WUJUD DARI JAGAD MAKRO, lalu siapakah yang menggerakannya?hem…INTISARI ENERGI JAGAD MAKRO.
    Apakah Intisari ENERGI JAGAD MAKRO itu?Hem…..
    Mampukah JAGAD MIKRO melawan KUASA JAGAD MAKRO?Hem…..
    Bila kita tidak menyadari dan berupaya menyinkronkan jagad mikro dan jagad makro, siapakah yang disalahkan bila bencana datang? SANG CAUSA PRIMA-KAH ?
    Apakah tidak ada kesempatan untuk memperbaiki ?

    BUKU KEHIDUPAN ADALAH BENAR,
    SEMUA NABI ADALAH BENAR,
    LALU SIAPAKAH YANG SALAH?
    JIKA SEMUA BUKU KEHIDUPAN SALAH,
    JIKA SEMUA NABI SALAH,
    LALU SIAPAKAH YANG BENAR?

    LALU BAGAIMANAKAH SOLUSI NKRI JAYA?

    Salam Damai,

  9. @bpk ismail usman ingkang dahat kinurmatan matur sembah nuwun pak lan sugeng ndalu.boleh dibilang sejak lahir pak.namun pada saat saya berumur 9 th saya terserang penyakit types yg pada saat itu mewabah di kampung saya sejak saat itu saya seperti hilang ingatan,saya sendiri tdk tahu knp saya bisa melihat mahluk halus,terus terang saya tdk pernah menjalani laku seperti puasa,ngebleng dsbnya saya paling malas kalau di suruh melakukan hal itu entah knp,saya sndr juga heran,kemampuan saya ini serba otomatis kalau misalnya tdk ada pentingnya ya tdk bisa lihat atau jwb pertanyaan yg diajukan nyuwun pangapunten bpk ismail usman hanya itu saja yg bisa saya katakan mohon maaf bila mengecewakan bpk,maklumlah pak saya ini hanya manusia bodoh yg tdk tahu apa-apa semua datang begitu saja tanpa saya minta,tapi kalau maksa minta malah ndak dikasih begitulah ngelmu sejati mengalir saja mengikuti aliran air,sebenarnya cara meraih ngelmu sejati itu sudah bnyk di tuliskan oleh romo sabda selaku pemilik blog sabdalangit ini,belajarlah kpd beliau dg cara mempelajari tulisan demi tulisan yg ada dg cara membuka hati dan pikiran seluas luasnya suatu saat nanti kita pasti akan bisa ketemu jatidiri kita dimasa lalu,dan cara ini lebih aman tanpa efek kecemplung ke neraka,bebas tanpa batas dan murah meriah namun hasilnya mahaaal sekali bagi org2 yg rakus harta dan tahta,beruntung saya bukanlah orang seperti itu biasa ae dadi wong ndeso ora njelimet ribet mangan ora mangan ngumpul karo anak bojo lan keluarga cekap sekian dulu njih pak matur sembah nuwun

    • @Denmas Widodo,
      Itu bedanya minta dan dikasih den, terpilih dan dipilih.
      Kok kita mirip ya…????

      Salam pamuji rahayu…

    • @ Mas Widodo
      matur nuwun sanget wedaranipun, saya mau tanya lagi kalau panjenengan masih kerso menjawab pertanyaan kulo, pengetahuan anda tentang yesus itu didasari oleh iman dan keyakinan anda atau anda pernah bertemu langsung dengan beliau di alam gaib, saya sangat tertarik dengan tulisan anda terakhir yang menyampaikan bahwa kasih tiada batas itu hanya ada pada pribadi Yesus kristus . matur nuwun . Menawi kerso kulo badhe sinau babagan ilmu spiritual dumateng panjenengan supados kanthi sekeco anggenipun kito wicanten pripun menawi kito wicantenan wonten email ke mawon meniko email kulo : ismailusman78@yahoo.com
      matur nuwun sanget . mugi gusthi tansah mberkahi.

      usman

  10. habib berisik

    Kenapa harus mengikuti ajaran Muhammad yang sekarang tidak jelas nasibnya, menurut orang winasis yang sering berjumpa dengan leluhur, muhammad sekarang berada di alam penantian sambil disiksa habis2an untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan perbuatan orang2 pengikutnya saat ini dia sedang menjerit2 sekuat2 nya meminta tolong kepada leluhur orang Jawa supaya bisa dibebaskan atau paling tidak diberi keringanan hukuman tetapi hal itu rasanya tidak mungkin karena setiap kali ada pengikutnya yg melakukan bom bunuh diri dia kena siksa, setiap kali ada pengikutnya merusak tempat ibadah agama lain dia juga kena hajar jadi dia sebenarnya seandainya bisa ingin memberi tahu kepada pengikutnya untuk berhenti dari kebodohan dengan mengagung2 kan leluhur arab dan juga menyembah batu hitam tetapi apa daya dia tidak punya kemampuan seperti leluhur2 yang sudah mencapai alam kamulyan sejati oleh karenanya sebenarnya tindakan2 seperti bima , TS dan lain2 yang keras kepala menganggap diri paling benar dengan mengkafirkan orang lain yang tidak sepaham sebenarnya secara langsung juga sedang menyiksa Muhammad .

    sejak wafatnya sampai sekarang para pengikut Muhammad selalu mendoakan dia supaya mendapat tempat yang layak di sisi Allah tetapi hal itu tidak pernah terjadi karena sudah terlalu banyak orang yang tersesat oleh karenanya berbeda dengan leluhur Nusantara kita malah dilarang untuk mendoakan dia supaya masuk sorga karena para leluhur sudah berada di alam kamulyan sejati atau bahasa indonesianya sorga karena jika berdoa demikian itu merupakan suatu penghinaan kepada leluhur .
    —————————————————-

    tulisan mu…cerminan dari ajaran dan doktrin penyiksaan yg amat sadis dalam penyaliban! h h h

    • saya pun tahu hal ini dari belajar di doktrin kitab mu yang mengajarkan potong tangan, potong kaki , potong leher bagi orang yang murtad dan tidak mau membayar jizah kepada mayoritas , karena itu bertobatlah sebelum seluruh anggota badan mu dipotong2 di neraka nanti.

      • saya pun tahu hal ini dari belajar di doktrin kitab mu yang mengajarkan potong tangan, potong kaki , potong leher bagi orang yang murtad dan tidak mau membayar jizah kepada mayoritas , karena itu bertobatlah sebelum seluruh anggota badan mu dipotong2 di neraka nanti.
        ———————————
        bukan bagi orang yg murtad, melainkan bagi mereka yg ‘memerangi’ nabi dan yg berbuat kejahatan/kebathilan (mungkin termasuk dirimu juga….hmmm).

        Dan pelajari lagi berlakunya hukum Qishash itu:
        “terkecuali bagi orang-orang yg mau bertobat!” Jelas?!

        Membahas tentang hukuman, tanpa menyentuh agama mu pun banyak negara2 yg menerapkan hukuman tsb, termasuk hukuman mati, hukum tembak, kursi listrik, suntik mati, dan sebagainya.

        Lantas mengapa anda ributkan tentang hukuman penggal leher itu?! Apa bedanya dengan hukuman2 mati yg saya sebutkan di atas. Sudah tentu negara yang benar, tidak semena2 untuk menghukum warganegaranya hanya krn ‘murtad’. cukup Jelas?!

      • BIMA….
        BEKASI itu tempat yg tenang…… janganlah menjadikan ujarmu mendatangkan penafsiran yg berbeda, sedangkan dirimu sendiri masih bingung akan kemana, sedang duduk di mana !

      • PERTAMA

        BIMA….
        BEKASI itu tempat yg tenang…… janganlah menjadikan ujarmu mendatangkan penafsiran yg berbeda, sedangkan dirimu sendiri masih bingung akan kemana, sedang duduk di mana !
        ——————————————————————-

        Silahkan ajukan argumentasi mu dengan sehat dan bertanggung jawab, jika kamu mau mempertahankan ‘diri’ mu!

    • Silahkan ajukan argumentasi mu dengan sehat dan bertanggung jawab, jika kamu mau mempertahankan ‘diri’ mu!
      ————————————————————————-
      Untuk apa diri ini di pertahankan, tubuhku dan seluruh isinya ada yg memiliki, tentunya bukan untuk dirimu, bukan juga untuk yg halus, juga buka untuk di perjualbelikan kepada siapapun, dan itu cuma q sendiri yg tau untuk siapa.

      Sejak lama q ingin mengatakan, manusia itu penuh dengan syahwat, sama dengan dirimu dan juga yg lain. jadi percuma q berbicara denganmu masalah ini. bukan bermaksud menggurui, tapi di sini jelas terlihat. Salam terakhirmu, bukan untuk tetangga kanan kirimu, dan bisa saja salam itu salah tempat. karena dirimu benar** kering.

      setelah inipun jawabanmu tidak akan panjang, itu tanda dirimu sesungguhnya kering… kering…. dan sekali lagi ke…ring !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      • Silahkan ajukan argumentasi mu dengan sehat dan bertanggung jawab, jika kamu mau mempertahankan ‘diri’ mu!
        ————————————————————————-
        Untuk apa diri ini di pertahankan, tubuhku dan seluruh isinya ada yg memiliki, tentunya bukan untuk dirimu, bukan juga untuk yg halus, juga buka untuk di perjualbelikan kepada siapapun, dan itu cuma q sendiri yg tau untuk siapa.

        >>> mata mu di atas mata-hati mu, dan jiwa mu adalah dalam genggamanNya. Mungkin kah kau hendak ‘menggenggam sesuatu yg tak mampu kau genggam?! Akan kau letakkan kemana 2 jari mu yg lain?!

        Sejak lama q ingin mengatakan, manusia itu penuh dengan syahwat, sama dengan dirimu dan juga yg lain. jadi percuma q berbicara denganmu masalah ini. bukan bermaksud menggurui, tapi di sini jelas terlihat. Salam terakhirmu, bukan untuk tetangga kanan kirimu, dan bisa saja salam itu salah tempat. karena dirimu benar** kering.

        >>> Sudah Sunnahnya ruh ‘berdiri tegak dan jiwa mu ‘bersujud, dan kau tak menyadari…telah ‘membalik apa yg telah ditetapkanNya?!

        setelah inipun jawabanmu tidak akan panjang, itu tanda dirimu sesungguhnya kering… kering…. dan sekali lagi ke…ring !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

        Karena kau juga akan tetap ingkar, meskipun kau menyadari bahwa ruh dan jiwa mu adalah Mutlak dalam kekuasanNya, dan kau tak mungkin dapat ‘mengukur panjang ‘umur mu meskipun kau berjalan dalam 4 arah mata ‘angin?!

  11. habib berisik….

    kapir…..orang yg tak mau ‘tau dan tak mau bersujud!

    dan PERINTAH BERSUJUD, ada dalam IBADAH YESUS MU di dalam ALKITAB mu sendiri. Camkan itu!

    • aku bersujud menghadap Tuhan semesta alam bukan menghadap batu hitam buatan onta arab.

      • kalau mengikuti cara berfikirmu,
        sebelum membahas ka’bah, tentu lah sajadah (pelepah daun/alas sholat) yg lebih dulu anda anggap sebagai yg disembah?! hehe…

        Ka’bah adalah sebagai qiblat, anda paham apa itu qiblat?!…..pelajari dulu apa itu qiblat. Sudah tentu qiblat harus ada pedomannya yg berlaku universal.
        Kalau tdk ada pedoman, bgmana anda menentukan ‘arah’nya?! Ketika anda hendak menempuh jalan yg lurus, agar ‘teratur’ (tartil) dan terpusat (umul quro)…..sudah tentu harus ada pedomannya.

        bukan kah darah mu terpusat pada jantung mu,
        dan penglihatan mu terpusat pada hati mu?! atau kah sebaliknya?!

        Dan bukankah jantung menjadi pedoman bagi darah mu tu’ mengalir, dan hati menjadi pedoman bagi mata mu tu’ melihat??? Subhanallah.

  12. satu hal lagi Gus Supri…………..

    perbuatan kalian dengan memakai ‘kedok kejawen’ adalah perbuatan yg amat tercela. Berhenti lah melakukan perbuatan ‘munafik’ itu!

    • perbuatan kalian yang mengkafirkan orang2 lain yang tidak sepaham adalah perbuatan yang direstui nabi mu berhentilah berbuat demikian sebelum engkau disedot habis2 an oleh 72 bidadari di sorga esek2

      • habib berisik
        Desember 31st, 2011 pukul 08:42

        perbuatan kalian yang mengkafirkan orang2 lain yang tidak sepaham adalah perbuatan yang direstui nabi mu berhentilah berbuat demikian sebelum engkau disedot habis2 an oleh 72 bidadari di sorga esek2
        —————————————————————

        kalo yg ini gimana ndoro Sabda…….sohib mu ya?!….heh

    • Salam Nusawantara.
      Kepada ‘bima’ dan semua nama dg kemarahan kalian…

      Kejawen/Purwo, Hindu, Budha, adalah ajaran dg konsep ‘jatidiri’ dari dinamisme animisme energi Alam Semesta.

      Energy dynamic macro cosmos sebagai analog input yg ter-digital dalam control system micron-macro organism senjata chakra dalam Sang SEMAR’ANATA…!
      Akulah ajaran alas Purwo sumber dari semua ajaran di Alam semesta ini.!

      Kalian tahu siapa yg membisiki muhamad di gua hiroq.?!
      Seberapapun ilmu ‘kemarahan’ itu sangat kecil bagiKU..
      kamu tiadalah berarti bagiKU.
      Aku tahu siapa kamu..
      Apalagi Aku katakan Aku adalah Kamu..
      Aku sangat bisa menjelajah kamu yg tiada sadar menuju sesal setelah ajal…!
      AKU adalah energi yg menyatu dg SUMBER ENERGY marco cosmos..

      Aku tahu pikiranmu berada diluar jauh dalam keberadaan allah kecilmu karena kamu meyakini allah’mu berada diluar Allah Akbar kalian dan terpisah dari kamu dan kalian..!

      Aku ingatkan akan ENERGY ALAM yg ‘lebih besar” akan memberi contoh PENGHANCUR di negeri ini.. agar kalian sadar..!

      oOo

  13. @Bima / Banyu Segar / Yasir / TS / Anti Kafir……………………………..

    Seandainya bisa bertemu muka, rasanya pingin sekali saya sujud sembah sungkem pada panjenengan yang sudah mencapai derajat ilmu ma’rifat tertinggi, karena panjenengan bisa memberi Cap Stempel kepada orang lain sebagai Kafirun atau murtadin, sementara Gusti Allah sendiri masih sering mempergunakan cara lain untuk menegur ciptaanNYa.

    Sungguh saya kagum sekali kepada panjenengan, yang bisa memperoleh derajat yang begitu mulia itu, bahkan seperti bisa mengalahkan pemilik aslinya.

    Biarkan kami yang panjenengan sebut kafir ini belajar dgn saling asah,asih dan asuh sambil terus mencari jawaban hakekat hidup fana ini dengan cara kami sendiri.

    Adalah kewajiban panjenengan untuk mengingatkan, tapi ingat, adalah hak kami untuk menerima atau menolak. Kalau Gusti Allah sendiri saja masih memberi kami kesempatan, kenapa panjenengan tidak bisa ???? Atau barangkali panjenengan memang punya derajat yang lebih tinggi lagi bila dibandingkan dengan Gusti Allah??

    Duh Gusti,

  14. @Bima

    Terus terang, saya tahu persis dogma Trinitas karena saya mantan calon pastur.
    Saya tahu persis Kitab Perjanjian Lama yang merupakan gabungan Kitab Zabur dan Taurat.
    Saya tahu pasti Ajaran Kitab Perjanjian Baru, yang adalah intisari saling asah,asih dan asuh sebagai aflikasi Hablur Minanas dan Hablur Minallah.
    Saya tahu persis Al Qur’an dan Hadist karena sekarang saya pemeluk Islam.

    Dan
    Kalau kita bertemu di forum blog ini,
    Karena saya ingin mengaflikasikan pemahaman saya tentang hablur minallah dan hablur minannas secara indonesiawi…….!!!!!!!!!!!

    Apakah itu salah menurut panjenengan wahai ahli ma’rifat ????

    Rahmatan lil alamin harus diaflikasikan dengan mau mendengar pemahaman orang lain tentang taikid itu sendiri dan tidak hanya dengan pemahaman taukid yang sempit yang hanya bermakna kepada salah satu point asmaul husna.

    Gabungan pemahaman Kitab suci agama samawi, telah menjadikan saya islam moderat dengan derajat toleransi yang memadai dengan batasan surat Al Kafirun yang saya tanam dalam-dalam di hati sanubari ini.

    Jadi,…
    Mari berdakwah…
    Dengan benar dan santun…..
    Secara Indonesia……..!!!!!

    Salam Rahmatan Lil Alammin.

  15. dihadapan sp arwah nabi muhammad mengaku bahwa dia dan masyarakat penafsir saat itu masih bodoh dalam menafsirkan wahyu…..tugas nabi hanya mencegah kejahatan tidak merajalela saja tetapi mereka melampaui wewenangnya sehingga agama menjadi seperti sekarang ini

    agama lama sudah tidak dipakai lagi mari kita sambut kedatangan kembali god feminim ibu bumi yang sudah datang dengan berita papan tanpa tulis gunung gamalama sudah meletus…..

    jin itu selalu berusaha mengili kitik emosi manusia apabila terpancing maka terjadilah misalnya perceraian dalam keluarga, amarah, pertengkaran konflik yang tidak perlu, cara mengalahkan jin adalah jangan sekali-kali ditanggapi maka dia akan mati sendiri, kalau ditanggapi dia akan lebih ganas lagi semakin menjadi-jadi dan tak mau kalah…. yang menanggapi jin levelnya pasti lebih rendah dari jin itu sendiri karena emosional maka nya akan mudah dikalahkan dengan sedikit sentuhan irit saja

    jadi cara menghilangkan jin yang berbentuk manusia diblok ini penyembah jin, hanyalah apapun komen nya jangan dibaca dan jangan sekali-2 ditanggapi dia akan tewas dengan sendirinya

  16. Charles Joyo Wijoyo

    semoga diberi kekuatan menghadapi tahun 2012 ini,
    dan selalu menapak brsama para pandawa dlm meredam angkara murka sedulur kita para kurawa,
    agar kseimbangan antara kebajikan dan angkara murka bs slalu trjaga.

    • @ Charles Joyo Wijoyo ,

      Kurawa tidak selalu identik dengan … angkara murka . Lho ? Lha, disana kan ada Resi Bhisma – yang super ampuh, lebih ampuh dari Pendawa Lima , Baladewa, Durna – yg versi India, bukan versi Jawa/wayang – dan Adipati Karna. Siapa bilang mereka … jahat ? Salam katresnan wayang/Mahabharata .

  17. Charles Joyo Wijoyo

    sebelum nabi adam turun ke bumi anak” bliau tlah lbih dlu menghuni planet ini, jk adam adalah semar dan semar adalah muhammad..km akan tau kpn km mati..km jg bs tentukan sendiri wktumu utk mati,

  18. Sugeng nDalu,

    Yang terhormat,

    @Ki Sabda, Para Winasis, Para Sesepuh
    @WM, Yhredaya dan rekan-rekan blogger lainnya
    @Bima

    Pertama saya mohon dibukakan pintu maaf karena sudah membuat kegaduan di blog kita yang tercinta ini.

    Sungguh tidak ada maksud lain, kecuali untuk menyampaikan perasaan equality dan kebersamaan, mempertebal sikap toleransi antar sesama.

    Saya merasa sangat malu dan bodoh banget, ternyata dalam usia menjelang magribpun saya masih belum mampu mengelola friksi yang ada.

    Ki Sabda dan rekan-rekan lainnya,
    Sekali lagi saya mohon maaf dan untuk sementara akan belajar bersikap pasif saja.

    @Widodo, KangMas Tomy and Ki Sabda
    What can i said,
    hope you may appologize me rather than other’s

    Salam sejahtera
    Selamat Tahun Baru Masehi 2012…..

  19. Malam ini, malam terakhir bagi kita.

    Kalau benar bahwa kita tengah menghadapi “fase keruntuhan”, selayaknyalah tak usah berpura-pura berjingkat, kaget. Jauh di bawah sadar, kita telah meletakkan penantian itu, antara harap dan cemas, antara percaya dan tidak, juga antara doa dan sumpah-serapah. Bukan karena kita berharap akan kutukan, tapi, sebuah fase rasanya tak pernah lepas dari ruang dan waktu. Fase adalah sebuah periode, sepenggal babak dan sepotong kisah. Ia tak pernah lolos dari batas penantian. Fase keruntuhan, adalah batas dari sebuah fase, kita menyebutnya demikian.

    Walau belakangan kian sering kita melihat runtuhnya kepercayaan rakyat terhadap penguasa, runtuhnya kesabaran mereka yang terpinggirkan- yang berujung pada runtuhnya harga diri dan martabat manusia. Sementara di sisi lain, dengan kepentingan yang lain, kita bisa memberi nama dengan sebutan fase yang lain pula, “fase kebangkitan”, misalnya.

    Berbeda, adalah hal yang biasa. Akan menjadi celaka, ketika di sana menyelinap dan mengendap-endap dengan berbagai agenda. Jika kata tak lagi bernyawa, masih perlukah ada wacana?

    Berbeda, memang hal yang biasa. Kita tak sedang berada di alam keabadian. Di sana, tak ada istilah fase, juga perbedaan. Yang ada adalah terang yang bukan terangnya siang dan gelap yang bukan gelapnya malam. Tak ada waktu, tak ada ruang, hanya keluasan yang tanpa tepi
    “mung alam tumlawung ngalangut datan patepi”. Jiwa akan merdeka jika kita membiarkan diri menari dan membakar segala ikatan buta, yang kita bikin, jika dalam gerak itu, sang penari tak dijajah oleh hasil, oleh tujuan. Kita merasa di atas biduk, merasa hening dan tentram, dibawa gelombang tanpa kehendak tanpa arah, menyimak getar keabadian di langit dan melenyapkan diri ke dalam alam.

    Di sana, tak ada tahun baru. Waktu tak hadir, juga perbuatan. Malam ini, menjadi malam terakhir bagi kita.

    Selamat Tahun Baru.

  20. @ BANYU SEGAR, BIMA, TS dll…

    Kejawen bukanlah budaya dari Nepal (Himalaya), kejawen adalah budaya asli jawa/ nusantara, berpaham sinkretisme yang bisa melebur dengan agama2 lainya di muka bumi ini namun tetap berpegang pada ajaran induk/ babonnya, yaitu filosofy leluhur jawa. Kalau anda sebagai orang nusantara aja nggak mau mengakui kehebatan dan keaslian budaya kita sendiri, apa kita harus mendaftarkan budaya kejawen ini ke PBB sebelum di serobot dan di akui oleh negara tetangga?…

    Sudah sejak dulu kala leluhur kita sudah terkenal waskito dan linuwihnya di seluruh pelosok muka bumi ini, hingga ada seorang pendeta Hwuining dari Cina berguru kepada Jnanadadra (pribumi) di Dieng, Hwuining adalah pendeta Budha kelas tinggi. beliau ‘melihat’ ada teja/aura dari Jnanabadra hingga rela berguru bertahun-tahun. Dan itu jauh sebelum tahun kelahiran kangmas (Nabi) Muhammad yang baru lahir sekitar tahun 571 M dan kitab islam belum ada.

    @ Cah Pathi,

    Nggih leres mas, semua cerita Nabi2 itu memang benar dan ada, justru karena itulah kita bisa membaca dan mencerna kisah2nya, maaf kalau kadang saya juga masih mempermasalahkan dongeng adam dan hawa, menurut dari yang saya baca dan pelajari, mereka telah ada sejak 6000 th silam dan itu memang benar apa adanya, namun kalau mereka di sebut sebagai manusia pertama penghuni bumi, ini yang saya tidak sependapat.

    Terkadang kita harus keluar dari kotak (kitab2), untuk bisa menilai bagaimana isi kotak itu, jika kita hanya berada di dalamnya maka kita tak akan bisa melihat bagian luarnya… supaya kita bisa melihat dunia dari sudut pandang yang lebih terbuka dan lebih universal…

    @ Tomy Arjunanto,

    Maturnuwun mas, inilah yang di namakan romantisme ‘LastRI’… last Republik Indonesia… komunis hanyalah sebuah paham partai yang berbasis ekonomi kerakyatan yang sosialis/ centralis, indonesia telah melalui sejarah kelamnya atas perlakukannya terhadap warga ini yang di kambing hitamkan dan di manfaatkan oleh kepentingan politik lewat kudeta pemerintahannya.

    Rakyat indonesia adalah korban dari permainan kotor politik pemerintahannya pada waktu itu, … dan Gus Dur adalah sosok Agamawan, Negarawan dan Bapak Bangsa yang sejati, beliau membuka ‘kran’ perdamaian untuk menyelesaikan dendam masa lalu yang abadi dari dua kubu yang berseteru paham : komunis vs agama… yang hanya bisa di selesaikan dengan moral kemanusiaan.

    @ Yhredaya,

    Maturnuwun atas pencerahan Nusantaranya, saya selalu belajar dari tulisan2 njenengan… dan saya menanti ulasan njenengan selanjutnya tentang sosok semar : dari dan bagi kearifan lokal untuk dunia….

    @ Gus Supri,

    Maturnuwun Kangmas Gus Supri, saya selalu membaca uraian cerita njenengan, tulislah apa yang menurut nurani njenengan apa adanya, tulisan yang jujur dari lubuk hati yang terdalam, karena pengalaman dan proses perjalanan pribadi, jauh lebih bermakna ketimbang kata2nya…

    memang kalau melihat komment2 om TS cs, dari dulu ya begitu aja kommentnya…

    Inilah karakter Algojo2 mental, jika ada yang tidak sependapat akan ia hina, jika ada yang menjelaskan akan ia cela, jika ada yang beragumentasi akan ia maki, dan jika orang membiarkannya akan ia ejek, begitu saja seterusnya, bahkan ki sabda yang sudah berulang kali menjelaskannyapun selalu ia cemooh dan ia lecehkan…

    Lalu untuk apa ia selalu datang ke sini?…

    Untuk itu, janganlah pasive dalam belajar, tetaplah aktive menulis dalam memberi pencerahan Gus supri…

    @ O`on,

    Terima kasih kiriman video kartun ‘holy night’nya, sangat lucu dan menghibur, kocak abiss..!, sayang di indonesia belum di putar, saya juga gemar film sponge bob- square pants, tapi banyak yang lama dan di ulang2 terus, tak ada yang baru… qeqeqeqe….

    @ Edy,

    Terima kasih atas pencerahannya… malam ini hanyalah malam pergantian tahun saja… bukanlah malam yang terakhir bagi kita semuanya… esok kan kita jelang bersama perjalanan kelanjutannya… sebuah proses evolusi memang akan selalu berjalan peradabannya…

    @ Ki Sabda, JS-WM, BAYANGAN-BUNGSU, RD, RP, Tembayat, Dalbo, Baok, Tanwaskita, Wongsorejo, Gamalpra, Wohing Ranti, Widodo, Jagad Sasmito Jati, Ki Selo, SHD, Ismail Usman, Seloroh Pagi- Sang Dalang, Habib Berisik, Charles Joyo Wijoyo, TS- BANYU SEGAR, lan… @ Sederek Sedoyo,

    Saya mengucapkan Sugeng Enggal Warso, Selamat Tahun Baru, Happy New Year 2012… semoga di tahun baru ini membawa keberuntungan, kedamaian dan kebahagiaan kepada seluruh makhluk dan jagad semesta alam….

    Salam Cinta,

    Dewi

    • sayang di indonesia belum di putar
      —————-
      walopun di brodcast belum tentu laku kpd pemasang iklan ^_^
      apalagi tu serial ‘kanak-kanak’ bertipikal kayak gituh (parody), menurut si sy mengandung konten ‘sindir-menyindir’. ^_^
      skdr contoh lain, coba aja, mbak Wi di indon jualan berskala besar produk makanan (berdaging/berkonten hewan ternak), walopun dah teruji oleh dept. kesehatan maupun scr hukum utk brandnya, tapi jangan lupa tjap khas dari lembaga resmi suatu agama…yah. ^_^
      …yaaah (lagi) utk tjap itu mudah2an ndak ada extra cost. ^_^

  21. GEGER INDONESIA
    (PRASANGKA BAIK/POSITIF THINKING/HUSNUDZON)

    Jangan menangis Indonesia….
    Jangan berkecil hati kaum muslim…
    Ternyata geger alam dan geger manusia bukan hanya milik kita…
    Tapi milik masyarakat dunia,
    Baik di belahan barat, timur, utara, selatan bahkan indiapun terlibas…

    Bukan hanya kaum indonesia/muslim saja yg sedang dimarahi Tuhan…
    Kaum nasrani di eropa/amerika, kaum hindu/budha di indiapun sedang kena gusarNya…
    Kaum atheis di cina/rusiapun sami mawon….

    Jadi murka Tuhan bukan pada penganut agama tertentu saja,
    Tapi meliputi semua umat manusia yg menuhankan kesewenang-wenangan, keserakahan dan ketidakadilan… yg melupakan hati nurani, budi pekerti dan kasih sayang…

    Btw,

    Negeri luar mungkin luluh lantak…
    Tapi indonesia insya Allah tidak.
    Negeri luar mungkin habis penduduknya…
    Tapi indonesia insya Allah tidak.

    Allah telah menurunkan kekasihNya di bumi tercinta ini sebagai eksekutor,
    Sang eksekutorpun tidak akan tega terhadap saudaranya,
    Sehingga murkapun menjadi peringatan keras….,
    Dan azabpun menjadi pembelajaran…
    Sehingga tidak ada lagi tsunami seperti aceh dan gempa seperti di Jogja….
    Kecuali daerah tertentu saja yg dikuasai si dajjal.

    Yaa Allah, yaa Tuhan kami … kurangi dan kecilkanlah azabMu,
    karena kami tak sanggup menerima azabMu yang teramat pedih, amin.

    Alhamdulillah, korban jiwapun hanya 500 rb saja atau 21% dr jumlah penduduk..
    (Dan para korbanpun insya Allah dapat kompensasi yg sangat berarti….)

    “Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?
    dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
    yang memberatkan punggungmu.
    Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
    Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
    sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
    Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
    dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”

    Indonesia yg kocar-kacir akhirnya menyadari kekeliruan dan kesalahannya shg mulai menata diri.
    KekasihNya tidak usah diajari mengelola negeri karena ada ilmu laduni yg menyertai….
    Tidak terlalu cepat tidak juga lamban, 7 th cukup.
    Indonesia yg cepat bangkit dan stabil menjadi sorotan dunia karena negera lain masih terseok-seok mirip suster ngesot.

    Demi kemakmuran dan kebangkitan dunia,
    Maka berbondong-bondong bedol desa…..
    PBB…. pindah ke Indonesia,
    World Bank…. pindah ke Indonesia,
    Islam… berpusat di Indonesia,
    Hindu/Budha…. berpusat di Indonesia,
    Kristen/Katolik…. berpusat di Indonesia. (Vatikan runtuh, http://www.ccg.org/english/s/p288.html, edisi ‘malingsialan’ http://www.ccg.org/indonesian/s/p288.html)

    Dari UN, WB dan Ketua agama, semua berasal dari Indonesia, putra pilihan.
    (Khusus Kristen/Katolik, ketuanya tinggal pilih Kuda warna Putih atau Blek Beri… hehehe…)

    SELAMAT!
    CONGRATULATIONS!
    INDONESIA MERCUSUAR DUNIA!

    Believe it or not….
    “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

    Selamat tahun baru
    Selamat tahun lama
    Semoga selamat semua, amin.

    Salam,
    By mimpiku akhir 2011
    Sumber: dr blog ke blog
    ————–

    Bagi yang suka tulisan ini selamat menikmati,
    yang tidak suka, lupakan saja tulisan ini.

    Suwun kang n mbak Sabda,
    Numpang beken, posting dalam posting hehehe….

  22. sabar mas bima, mas tan

    QS Al Baqarah [2] ayat 153 Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

    maaf,
    nuwun

  23. Tahukah engkau siapa WISNU itu ?? wisnu itu krisna-krisna itu arjuna-arjuna itu gunawan wibisono-gunawan wibisono itu muhammad dan dia akan selalu datang karena muhammad adalah wisnu dan wisnu adalah para avatar(utusan)petualang sejati penjelajah alam semesta dan DIA sudah kembali ketempat asal muasal DIA dilahirkan ditengah tengah bumi nuswantara ini..tahukah engkau kenapa wisnu terlahir kembali ditengah2 bumi nuswantara ini ?? Karena umat manusia sudah lupa akan jati diri dan asal muasal leluhurnya dulu yang telah memberi kehidupan di seluruh negri ini dan di seluruh penjuru dunia yg kaya akan sumber daya mineral organisme hidup yg bermanfaat untuk menopang seluruh kehidupan di alam semesta hutan yg lebat dan subur gemah ripah loh jinawi semua telah dirusak oleh umat manusia yg serakah akan harta dan tahta..sungguh kejam bila ada yg mengatakan para utusan adalah penyebab kehancuran moral umat manusia..dengarlah hai manusia ! Tidakkah kalian sadar bahwa kalian telah di perbudak hawa nafsu kalian sendiri..!? Tahukah kalian tentang muhammad ? Dia tdk pernah mengajarkan umatnya berbuat aniaya seperti itu ! umatnyalah yg telah berbuat aniaya kpd diri muhammad di masa lalu dg cara keji MEMANFAATKAN KEJUJURANNYA ! Tahukah kalian ttg U tara ?? Itulah tempat kelahiran wisnu krisna arjuna gunawan wibisono ahmad muhammad sang avatar ! Dan istana para dewa jgnlah kalian mengganggunya lagi karena kalian sudah menyia-nyiakannya dan tdk bisa membedakan mana yg baik dan mana yg benar semua ingin diakui tanpa mau berpikir.apakah akan semudah itu kalian akan bisa mengetahui ttg avatar dia akan selalu menguji kalian dg harta yg kalian miliki kalian tdk akan bisa menemukannya kecuali org2 yg bersih hatinya sekian dongeng saya,selamat tahun baru 2012 berbahagialah wahai saudaraku sebangsa setanah air..waktunya akan segera tiba nuswantara akan menjadi kiblatnya dunia

  24. copas dari situs tetangga……
    semoga bisa menjadi bahan renungan buat kita, terutama buat yg muslim…. terutama buat mas Bima….

    Shanty Pertiwi AndriaYani
    alm bapak sgt mengidolakan Gus Dur.,pemikiran2 gus dur beliau ajarkan pada kami. salah satu hal yg mempengaruhi saya ada jawaban beliau tentang kristenisasi : dawuhe Gus Dur, hidup ber TUHAN itu adalah romantisme antara kita sama TUHAN,kita ndak bs menilai sedalam apa seseorang itu beriman / bertaqwa…..jangan sekali2 menganggap mungkin kita lebih baik dr org lain. jaga hubungan baik kita sama ALLAH SWT yang sebaik2nya. biar org lain menemukan TUHAN dg.caranya masing2 nduk. Islam itu jalan terbenar menuju ALLAH SWT & DIA pasti menjaga jalan itu. ojo kuatir.
    Betapa Pemikiran gus dur sangat mempengaruhi bapak dan beliau tularkan pada kami anak2nya.

    • @Paklekwi,

      Orang seperti Gus Dur kan …langka. (Citra) Islam di dunia internasional pasti tidak akan seperti sekarang ini – anti toleransi, bom bunuh diri,berjilbab – panas ,sumuk je – assalamualikum, yang tidak sejalan adalah kafir,dll – kalau ada banyak Gus Dur Gus Dur yang lain. Ada banyak ‘versi’ Islam, 70 an ? Mungkin versi Gus Dur lah yang … benar . Biasanya yang benar itu kan … minoritas.

      Semangat Gus Dur masih … hidup di Nusantara. Ya a.l di http://www.islamlib.com,islamlibdotcom, versi Islam modern yang dibenci kaum Islam aliran Wahabi.

  25. ‘Al Maeda 5:69 : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Katholik/Kristen, SIAPA SAJA (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.’ (Al Maeda, bukan Al Qaeda)

    @Mas Bima aka TS alias Anti Kafir alis Banyu Segar,

    Ada sekitar lima juta lebih orang Yahudi di Israel, dan lima jutaan lagi di Amerika, ada sekitar satu MILYAR orang Katholik – termasuk suster2 yg ber ‘jilbab’ – dan Kristen, dan dua milyaran SIAPA SAJA yang beriman kepada Allah. Heleluya,La Illah, om shanti om, byar padang terawangan ora ono opo2 sing ono ming ingsun,om mani padme hung, omitofu,kasihkasihkasihkasihkasihkasihkasihkasihkasihkasih………….

  26. ADAdanTIADA wahai manusia bagaimanakah perasaan kalian bila merasa telah dimanfaatkan untuk kepentingan golongan kalian sendiri setelah tercapai apa yang kalian inginkan kalian membunuh dan memfitnah para avatar yang di turunkan di seluruh penjuru dunia tanpa memikirkan akibatnya dimasa kini ketika insan kamil para utusan para avatar di masa lalu dilahirkan kembali kedunia fana ini.kalian masih saja bertengkar seperti anak kecil yang baru belajar berdagang saling berebut menawarkan dan mempromosikan dagangannyalah yang paling bagus dan tiada cacat..sesungguhnya manusia itu sendirilah yang membuat cacat ajaran para avatar.tidakkah kalian malu kepada diri kalian sendiri tidakkah kalian merasakan apa yang dirasakan para avatar yang telah dilahirkan kembali kedunia fana ini,dan apakah yang kalian rasakan ketika kekuatan alam semesta membalik pikiran kalian yang dangkal tanpa mau menggunakan hati nurani temukanlah jawabannya sendiri ditiap masa lalu kalian dan hari ini detik ini bila kalian merasa mahluk yang sempurna..niscaya kalian akan kebingungan mencari jawabannya karena kalian selalu saja mengandalkan teori tanpa mau menggunakan hati nurani dan mengendalikan hawa nafsu syahwat keduniawian keinginan untuk memiliki yang lebih dari cukup,kalian sama sekali tidak pernah merasa cukup selalu saja ingin menguasai tanpa mau menghargai dan meluangkan waktu senggang kalian untuk merenungkan bersama para insan yang serba kekurangan diantara kalian masing-masing belajarlah dari masalalu kalian dan belajarlah memperhatikan alam semesta dan seisinya gunakanlah hati nurani untuk menemukan diri yang sejati langgeng tan keno owah gingsir itulah Wisnu ADAdanTIADA carilah dia didalam diri kalian masing masing2 sampai ketemu

  27. Selamat Sore,

    Rekan-rekan terhormat, Jeng Dewi, Den Mas Tanwaskito,,,,,
    Terima Kasih atas attensi dan pencerahannya.

    Jujur rasanya saya merasa teragitasi oleh rekan Bima, tetapi beliau gak salah karena mengambil jalur dahwah jenis agitator yang diyakininya akan membawanya ke ridho Allah SWT.

    Yang menjadi penyesalan saya adalah kenapa saya ikut terbakar, padahal saya tahu itu tidak pada tempatnya. Sementara para mursyid dan pendamping spiritual saya mengajarkan islam dengan santun dan lemah lembut, penuh damai dan mengena di hati sanubari.

    Beberapa perjalanan astral yang saya lakukan juga telah membuktikan kesalahan beberapa pihak yang selama ini mengklaim kebenaran ajaran versi mereka, baik Islam, Nasrani, atau yang lain, tapi ya itu tadi; saya masih terpancing pola pikir yang lebih mengedepankan emosi ketimbang rasa dan nurani.

    Sementara sekian dulu excuse saya

    Salam Pamuji Rahayu…………

    • wajar saja, ….
      ya memang begitulah kalau sudah masuk basis BEKASI…. bukan begitu Kakang BIMA/BANYU SEGAR …………..

    • @Mas Gus Supri,

      We lha da la, njenengan ini dulu calon pastur, sudah melakukan perjalanan astral, dan belajar dengan orang2 ampuh, kok ya bisa … terpancing ‘kakang e Arjuna ‘ – yang ternyata cuma pinter ngapusi dan meneror orang yang tak sepaham dengan nya …

      Pernah terbakar : Ya itu kan kemarin, mosok sekarang masih ?! Kata orang Barat, ‘ Don’t let the heart control the head.’ Bahasa Wonosarinya,’ Ojo emosi. Mikir dulu,baru bertindak.’ Nek ra wae, Mas .

      We leh, cuma karena adine e Puntadewa yg palsu njenengan erosi, oops, emosi ..(-: Mbok mikiri kita2 yg miskin ilmu dan kearifan ini lho, kok malah mikiri wong sing ora nggenah … Yang mau blog ini bubar, yang tidak bisa menghormati orang lain, yang tidak bisa menghormati yg mbaureksa blog ini yg telah menyediakan ‘rumah’ yg bagus untuk belajar, berdikusi,berbagi . Saya , dan banyak yg lain disini, merasa rugi kalau njenengan … mutung, berhenti menulis … Lho, apa ini bukan tujuan cah ini, supaya blog ini SEPI, supaya orang2 ampuh seperti njenengan pergi dari sini , terus … blog ini bubar ??

      Saya pernah belajar dibawah pastur2 Jesuit, tapi karena IQ saya rendah ya yang saya pelajari tak bisa saya ingat semua. Tapi, saya punya ‘radar’ untuk mendeteksi ilmu betulan atau cuma ilmu apus2an ala Bim salabim … (-: (-;

      Mudah2 an njenengan mau berbagi kearifan lagi.

      Salam katresnan

      • Kang Mas Tanwaskita,

        Matur sembah nuwun atas pitutur dan piwulangnya
        Panjenengan estu winasis saget mangertosi sadoyo penggalih kawulo.

        Soal mantan calon pastur dan sekarang pemeluk islam, barangkali ya memang sudah di skenariokan demikian untuk saya, peran baru sebagai penengah kalau mampu tentunya.
        Cerita tentang perjalanan astral, bukanlah maksud untuk umbar wadhi, tetapi memang demikianlah yang saya alami sebagai jawaban atas keingin tahuan saya terhadap kegundahan hati pada pokok persoalan kehidupan yang hanya bisa terjawab oleh Sang Maha Tahu dan apabila memang dikendaki olehNya.
        Saya bukan siapa2, juga gak ngerti apapun soal unseen world , tetapi kenapa mendapat amanah begitu besar dan berat ini , yang saya sendiri merasa ragu akan kebenarannya, pun hingga saat ini.
        Itulah salah satu sebab saya bertamu ke blog Ki Sabda ini, untuk barangkali ( sekali lagi ) mendapat jawaban atas keraguan saya. Untuk itu seandainya Kang Mas berkenan, saya sangat berharap untuk memperoleh isyarat itu dari panjenengan ingkang kawulo hormati.

        Sembah sungkem soho salam pamuji rahayu.

  28. Sederek sedanten para winasis poro sesepuh terutama romo sabdopalon yang mbaurekso blog sabdalangit puniko matur sembah nuwun lan sugeng ndalu..@kagem bpk gus supri sebaiknya tak perlu dipikirkan apa kata mas bima biarkan saja itu hanya akal2an sang dalang biar tambah rame,,saya malah tersenyum geli bila baca2 komen lawas ngguyu dewe koyo wong kenthir..sebaiknya kita fokus saja dg langkah kedepan jg kebelakang nanti ya malah tambah kenthir terlanjur basah ya sudah mau diapakan lagi tenang saja pak saya ini aseli wong jowo berdarah sunda pajajaran dan jawa mataram aseli produk nuswantara bukan produk arab buktinya siapa dulu yg menemukan saya kan romo sabda dan para leluhur bumi putra nuswantara itu berarti saya akan selalu membela kejawen budaya tradisi nuswantara karena saya ini mustikaning nuswantara (bagi yang percaya) kalo di bali mustika air kalo di mataram balung kuning (mohon dikoreksi bila salah) terus terang pak pri saat ini blm ada yg perlu di bicarakan dari saya..@kagem bapa yohanes hardi sidharta gautama matur nuwun pencerahanipun mugi gusti tansah paring berkah wilujeng rahayu kang tinemu bondo lan bejo kang teko dumateng panjenengan sekeluarga lan damel seluruh rekan2 diblog ini semoga panjang umur sehat walafiat seger kuwarasane wilujeng rahayu kang tinemu bondo lan bejo kang teko matur sembah nuwun damai selalu di hati salam sihkatresnan tuk semua

    • Den Mas Widodo,

      Matur nuwun Den Mas untuk pencerahannya.
      Apakah ” Panjenenganne ” yang datang berkunjung ??
      Kalo benar, mohon dimaafkan sebab tidak bisa menyambut dengan semestinya, lha wong bisanya ngerti ya cuma kalau diperbolehkan njih. Nyuwun ngapunten Den Mas.

      Salam

    • CONDRO WULUNG PURWITO

      Purwo dumadi hang mahesty prapma tyastuty
      Purwo carito puspito palupi lumejaring jati
      Purwo kondo pilung sum madyaning gantang
      Purwo saasmitoning kha ingsun pandulu nastity
      Purwo pertelaneng awang pandriyo njeting lasty

      Kasmatro pepandaneng kaendahan bawono gelar
      Mulat sastro padyo Asto kondho cipto nendro
      Hamardika kastury hamay duratmuko gumebyar
      Mistah septy kanalendran sangguridno lerwo
      Haraf sandur windu repsy mayang anggar

      Madurikso kinodrat darmaneng wantah hasto
      Manduro hang batoro rukmi kinandy reksy
      Madurikmo jagad pramudito santy sapto
      Mondosio sirno jagad noto jadal lintusty
      Madukismo tumetes endahing westy raino

      Gong tinabuh peksi jolo dhoro ngracut jagad
      Lumejang jemparing anetep waton palpati jagad
      Larjaning paspanindarto anustry loka nadraud
      Lumayung hapsari jolo waseso angrekso jagad
      Ginipat mijil sumirad kencono juminten pinitrad

      Basung karno tundo songo hangrungkep bawono
      Sekaring puspito aruming citro satuhu wiknyo
      Pawedaring mustikaning bawono langgeng indroprasto
      Pramukty hang murty raksa mina kawero
      Binasdytho mandukoro ningsun trep ing karso

      Jagad loka nandiko pepaese hyang ambarukmo
      Sinoro jalmo masdy rumby narwedyo nirismo
      Sinipadmo hyang nardyapaty wiluyung ganistolo
      Jarmady narumy sapto gagakluma narjus tantro
      Sumby broto jambyias mobito tirto lireng kondho

      Prapteng jobonantang kawisnoto sambiluhung porbosari
      Pracyaparamita hamektunirwa mahty tradarty rarakadyta
      Sarmaytu kartyko gumebyaring tirtosari nebtu asty
      Suryo condro jagad sidhi hang marsyumi aristhupy
      Panji wulung lajer gading nggaleh mandher mujadhi

      Ngordy wardani maesty repsy namu wignyo hamumasty
      Ngarsa harjamasky andherepto dhateng hyang manonsy
      Nirmala manurky jalunendro tan kawuning ing sumantry
      Nuladhani Alisya trypitaka dhanur wendha wira tamaisty
      Ngajadro huning sawestry mangkareng patah moyojaty

      Dhurinding jumengglong sabrang arang kasirep pastu
      Dharmo manik kasupty enggrang siang aji larang
      Dharmi gupto nantuasty hyang zinantarup rarang
      Dhamar jati pudharing laku hanetep tlumpung
      Dhyah sayu sayong siniriyang ajupty poheng unjung

      Yoso weksi muriphondharty miranggung kaseban ratry
      Yasman ingsun njujalmo muncareng gong khayun maruto
      Yaromadjy antarekso hang ngumandang ing megononto
      Yaromoyo soastry cyrang karumerto njanty kalarky
      Yastan diyang nandraneng adiluhung bebuden mrising kanty

      Moncaring Ismandat dento ngampar ndheleng ratmo
      Marcytupa Anjely landadhupy ndareruji pyta jelmo
      Homayso Hong ardho ndadhaly manik tanto patmo
      Hanggaransah Hyang kawistu nuakrahty purwito
      Homemesty narcuadly zinan zahra narty Tarizo

      Somantantry arupeng merteng kanandhuro ngarco podyo
      Samun-samun sumandyating jayeng katon Bogononto
      Siansias sotasoma sundary murar arerucyng porbo
      Sasmitaning genesyara rerating agemaning cipto potro
      Samiaji nesty kairing lilawitaning darsih adynoto

      Tohjali janur mayong nardyo gumelar paanjalu
      Tajul mulky kahuripto narco sabtaning paldhatu
      Traheng noto angleng jusnu angkahtuto ndanu
      Trucuing Triniarsy jer manistydhuk ing ndaru
      Tarcyahapsy minisyurty wigati lejar mahanani ratu

      Palupito salembo turkyasty nirmamudyo awignyo
      Pandansari hang sulistyo ngalis waringin sungsang
      Paestro bawono walek puputeng ajipto pamungkas
      Pahardhikan centring manik altar matundho sabrang
      Pahatpati paru paruh posthu posthy supho sunter suhong

      Kanjarthy anyaping hargo jolo tundho tundhung drajad
      Kawiseso laras pegatroh larasati niti sariro kromo
      Kawedyo yusing insyuring yasmamurty tilam sari murcho
      Kawulaning ngranti adhilang pranatan nulistyo murdyo
      Kamulyan jagad puspito nersy samsy mesty mardhiko

      Cempho cedho centring cinarito wilwotikto
      Cermyasty darjah draniputro kautus nartyko
      Cokro dhoro cucuk ing ajurit projo ningkrat
      Candhaning menggung marsyam roso putih sutro
      Cindhuredhum prastyoneng tuhu jagad nggiri noto

      Janalandy jalandhuko narpasukmo andharbeni jiwo
      Joyo ningkrad jogo rogo paspo tatmolo hangrungkepi
      Joyo nagari porbo kusumo hamaljatun wijayanti
      Jumandhasdhitho karso rogo jati ing galunggung
      Jamas nitis nuspati kolo lareh lajur putung

      Duh putri windu kencono ukel gelungmu lamun niti
      Duh tryhapsari tepakmu reraheng rah ramukso asty
      Garbomu hanggarbini jagad royo winanci nitis wiji
      Gerbang tinatah tonggak jati kaukir juminten
      Dhasty monjy puanggrainy manjung kenzy maharany

      Hamengku buwono pinasty jung biru azhali rarakhim
      Hamarsudi anggar tetuko padmo jinanty dhunrokhim
      Hamusjapsko pambukaneng korry njunggring saloko jari
      Hangambar gondho aruming jiwo lumunturing pertiwi
      Hanjar sathy Rokhimineng ingsun 1001 Riso rinzi rekzy

      Purwo nyoto njleting vytaestu kusumo bagaskoro
      Agny bayu lembayung anyingsing sang kirono
      Tirto kahuripan rumembeseng madukismo rapsuko
      Dhahono muser eng tlatah sunter pasundan nugaino
      Endhaheng embun ndalu sumirep abuneng nannary

      Inkadarty yustyko mamitukho
      Hamkho mirshaduasty sami wisesha
      Mahestu hesty hyang hami wisesha
      Indrupady padmosri nungsy nahomasty
      Jagad blamashatu dhatu ilhamukty

      Hamudhastho bebandhu anjhalestu nirpadha
      Warkonastho dzinany malwy zhomzy Barhoky
      Morky sinin dhurko jendraning robisto
      Lampay santo hongkhosmo windu wicatry
      Hasto murbo sastro tiastu hyang karyo

      Namestuto sekareng bawono langgeng
      Kartyko Sumunar winadry shahraname
      Tanjung pundhak payung hangayomi sariro
      Jendra mardiko lumambaran bebudhen gauto
      Amaghsanty Mercury krawang ismuko jadmo

      Rahismuty noyodrono kasubty margo sampurno
      Nazarety nirwa mukty kinzy SO MO HO TO
      Lahsha nerdy songgo buono paku ngalam
      Rucy anglimbang sapu dhoto yamusha
      Ingku sasmarty haryo lumtuko Majusty

      Cengkar cengkeh cengker wulung kandang
      Natas nutus pupusheng jangkung Rojo
      Cemoro hargoneng dhampar kencono Retno
      Rikmo sinigar ngerat wulu sabto ayu kusumo
      Hang name sekar tajali samudraneng seh

      SESANTY LER KHALIS SAMBIKOLO RAHAYU
      MAHANANI TRESNO NENGSEH

      • @ Yohanes Hardi,

        Matur nuwun,Mas. Mbok tulung nek ana terjemahan bahasa Indonesia ne. Terjemahan bahasa Inggris ya gelem … Lha, kanca2 ne Wisanggeni,Ontoseno, Werkudoro ki rak pada ora isa .. krama ! )-: Kojor tenan ya, mas ?! (-: Eh, jan2 e sing ra isa krama ki rak … spesial, … spesial bodone …

      • HANG KASEBAT KAPORWAN DUMADI ING JAGAD GUMELAR

        Sampun titi lan wanci pepesdhen hang ngakaryo karso.
        Condro Wulung Purwito iku asmo kraton purwo nyoto 101 dengan bentuk dan perwujudan pintu 1001, yang semua bangunannya terdiri dari kencono dan berlian, juga penghuninya manusia sejati yang bisa digambarkan njunggring saloko / windu kencono.
        Kehidupan penuh kedamaian dan kasih sayang antar sesama, dikarenakan manusia sudah menempatkan posisinya sesuai dengan jati dirinya masing-masing, dengan kesadaran pribadi tanpa ada yang memerintah.
        Dengan wadah baru lahir fitrah sang kholik, yang berarti sampurno lahir (kencono) dan jiwa (intan / berlian)
        1. Timur (surya) banyu wangi
        2. Barat (lembayung) kiblat mbanten
        3. Selatan (air / tirtosari)
        4. Utara (es) embun kesejukan
        5. Tengah (pancer / as) jati diri tan keno owah gingser, pancer jagad kecil kapribaden.
        Pemaduan dari unsur jagad besar yang ada di alam raya ini ada 8 (cakra) yang harus disempurnakan (bumi, air, api, angin, langit, lintang, surya, rembulan). Untuk pencapaian sampurnane sampurno ditambah 3 dimensi, yaitu:
        1. dari Ageman (bajunya raga sifat 30)
        2. dari Isinya Jiwa (palungguhan sifat 20)
        3. pelaksanaan keseimbangan 50 sifat yang dinamakan condro.

        Condro adalah penyajian paspor bulan purnama atau cokro panggilingan atau bisa lahir membawa sejatinya, ngasto djitap soro, ngasto cangkok wijoyo mulyo atau bintang atau dalima jati.
        Wulung adalah pelaksanaan dari condro tadi dalam kehidupannya dengan membawa paweling (titah tetunggule leluhur / pepunden), hang asmo tunggul jati (wulung).
        Purwito adalah Tirto Wening (lembuting lembut / sari-sarine roso / utusan yang bisa membawa keblat seluruh alam semesta untuk kembali pada yang murbo wasesa (mengku jagad), dikarenakan alam seisinya sudah rusak dan perlu dibenahi / direhab sesuai dengan Tugas tangan-tangan penyelamat yang diteteskan sama wadah manusia yang dipercaya.

      • Salam nuswantara.
        @dewi, nuwun sewu.
        Disini banyak the master spiritual transformer, seperti yg ditulis bapak Yohanes Hardi ini sangat menggetarkan roso saya, awalnya saya sdh penasaran dg bahasa kromo inggil sampai saya harus berulang ulang membaca tetap juga penasaran..tapi ternyata master J Hardi budiman untuk membabarkan suluh dari inti dan makna kehidupan..
        (kalau saya rasakan ini se-suluh makrokosmos untuk menyadari kita adalah mikro-mikro yg harus selaras dlm medan energy atau kehidupan)…maaf bila saya salah nggih bopo Y Hardi.
        Tapi ada hal lain yg menarik..
        @wonsorejo, anda sering menulis SP, nabi adam dan “jin” saya memang masih tertarik dunia astral.., tapi saya mohon petunjuk akang bagaimana sih yg namanya JIN itu, ciri cirinya atau tanda tandanya, »kalau aura yg orang islam bilang malaikat itu saya tahu kurang lebihnya..
        bagaimana anda tahu yg rawuh ke GusDur itu Jin..
        Apa beda Jin dan Malaekat menurut penalaran atau pengalaman jujur anda.?
        Mohon dengan sangat amat agar anda berkenan menjawab,
        jangan bereferensi kitab alqur’an atau pakai istilah pengetahuan yg anda baca.

        @dewi, Eh kamu tanyanya kok anaeh aneh sih..?!
        siwa ratri(ciwaratri), memang harinya siwa, dlm proses pembelajaran hidup dan disarankan seperti itu, puasa: no eat, no talk, no sleep(36 hours less okey lah no problema krn kemampuan kita berbeda), meditasi, tapabrata, kenapa harinya di dark moon atau bulan mati (tilem tergelap dari tilem yg gelap, dlm susunan dimensi tata ruang dan waktu manusia di planet bimasakti), empu TanAkung yg punya rumusan.
        Logikanya kadang dari mengartikan, ciwa’ratri artinya hadiah dari Ciwa, seseorang kalau mau hadiah energy makrokosmos maka harus “laku” tirakat atau tapa brata, menembus triloka mencari hadiah di swahloka (kesadaran Ciwa).. hadiahnya adalah KESADARAN ardhanareswari yaitu kesadaran terindah dlm hidup…
        Ini ada kemiripan dg konsep Haji, tapi berbeda dlm “laku”, kalau islam orang di proses sebagai energy yg mengelilingi “lambang” Ciwa Lingga (hitam gelap) di ka”bah.. pakai baju putih,jalan muter muter 3kali(alam bhur, alam bwah, alam swah)
        hadiahnya ; HAJI mabrur..

        Kang@Cah pati, salam damai, matur nuwun atas asah asih asuh nya.juga semua @senkarna, baok, wm, dalbo, mas widodo ruaaaar biasa itu mas..!dan sedulur sedoyo se donyan…
        Rahayu.

        oOo

      • Yohanes Hardi
        Januari 6th, 2012 pukul 02:28

        HANG KASEBAT KAPORWAN DUMADI ING JAGAD GUMELAR

        Sampun titi lan wanci pepesdhen hang ngakaryo karso.
        Condro Wulung Purwito iku asmo kraton purwo nyoto 101 dengan bentuk dan perwujudan pintu 1001, yang semua bangunannya terdiri dari kencono dan berlian, juga penghuninya manusia sejati yang bisa digambarkan njunggring saloko / windu kencono.
        Kehidupan penuh kedamaian dan kasih sayang antar sesama, dikarenakan manusia sudah menempatkan posisinya sesuai dengan jati dirinya masing-masing, dengan kesadaran pribadi tanpa ada yang memerintah.
        Dengan wadah baru lahir fitrah sang kholik, yang berarti sampurno lahir (kencono) dan jiwa (intan / berlian)
        1. Timur (surya) banyu wangi
        2. Barat (lembayung) kiblat mbanten
        3. Selatan (air / tirtosari)
        4. Utara (es) embun kesejukan
        5. Tengah (pancer / as) jati diri tan keno owah gingser, pancer jagad kecil kapribaden.
        Pemaduan dari unsur jagad besar yang ada di alam raya ini ada 8 (cakra) yang harus disempurnakan (bumi, air, api, angin, langit, lintang, surya, rembulan). Untuk pencapaian sampurnane sampurno ditambah 3 dimensi, yaitu:
        1. dari Ageman (bajunya raga sifat 30)
        2. dari Isinya Jiwa (palungguhan sifat 20)
        3. pelaksanaan keseimbangan 50 sifat yang dinamakan condro.

        Condro adalah penyajian paspor bulan purnama atau cokro panggilingan atau bisa lahir membawa sejatinya, ngasto djitap soro, ngasto cangkok wijoyo mulyo atau bintang atau dalima jati.
        Wulung adalah pelaksanaan dari condro tadi dalam kehidupannya dengan membawa paweling (titah tetunggule leluhur / pepunden), hang asmo tunggul jati (wulung).
        Purwito adalah Tirto Wening (lembuting lembut / sari-sarine roso / utusan yang bisa membawa keblat seluruh alam semesta untuk kembali pada yang murbo wasesa (mengku jagad), dikarenakan alam seisinya sudah rusak dan perlu dibenahi / direhab sesuai dengan Tugas tangan-tangan penyelamat yang diteteskan sama wadah manusia yang dipercaya.
        —————————————–
        nah yg ini lumayan ngawurnya…..hehe…

        ane mau tanya mengapa bulan itu bergerak ZIG-ZAG?…….hmmm.

        dan bgmn kaitannya dg condro, cokro, dan combro mu itu?!…hehe

        ane tung tung ya…..salam.

      • Salam hormat kagem Mas Hredaya…….terima kasih dengan komen tentang cerita batu hitam dalam kabah… Ciwa lingga……kesadarn sebagai hadiah……..Nuwun…..

  29. Sugeng ndalu kagem sederek sedaya, nuwun nderek makempal ing pandapa Sabdalangit, dalem nembe kaping kalih mbikak lawang blog lajeng kesengsem. Salam tetepangan dumateng sederek sedoyo, maturnuwun dumateng engkang kagungan blog.

    (Daryanto / Palangka Raya)

    • Rekan Daryanto,

      Salam kenal, selamat datang, selamat bergabung.
      Jangan sungkan untuk berbagi kawruh.

      Salam asah,asih lan asuh

      • Maturnuwun sanget Gus, nuwun sewu amargi kiranging pangertosan sak untawis dalem nyuwun palilah nderek ngudi kawruh rumiyin, raos lingsem badhe medar kawruh menawi ningali ulasanipun sederek – sederek engkang sampun tebih lampahipun ing pangertosan, sepindah malih maturnuwun sanget.

  30. Salam,

    Para sedulur kinasih,

    Malam Tahun Baru telah kita rayakan,
    ada yang tertinggal, ada yang musti kita benahi di masa depan.
    Ada kenangan, ada harap serta asa…

    Dalam salah satu perjalanan astral yang ” kami ” lakukan, saya sempat bertemu dengan Nabi Sulaiman, yang menurut ceritanya adalah manusia terkaya di jagat fana ini. Nyatanya, dalam kesehariannya beliau hidup dengan penuh kesederhanaan, cinta kasih dan nrimo, jauh dari bayangan nyata saya selama ini dimana beliau pasti hidup glamour layaknya para manusia kaya di jaman ini.
    Saya sempat bertanya kepada beliau, kenapa tidak menikmati karunia hidup yang diterima dari Gusti Allah. Beliau menjawab, bahwa sesungguhnya kekayaan yang paling berguna adalah apabila kita mampu merasakan penderitaan orang lain pada saat kita berada pada posisi serba berkelebihan. Terus terang saya sempat dibuat bingung, padahal dari ceritanya kita tahu bahwa beliau memohon kepada Sang Maha Kaya untuk memiliki kekayaan dimana sebelum dan sesudah beliau tidak ada lagi manusia yang mampu menandinginya.

    Dari pertemuan itu terungkap bahwa ternyata beliau bukan memohon kekayaan materi tetapi kekayaan hati, agar beliau mampu merasakan kesusahan serta kesulitan orang lain pada saat beliau sendiri juga berada pada kondisi yang tidak jauh berbeda. Sungguh ini kenyataan yang bertolak belakang dari apa yang saya bayangkan selama ini dalam kehidupan nyata. Saat ini hampir semua orang berusaha untuk bisa kaya agar dapat menyombongkan diri diantara satu dengan yang lain, mendewakan kehidupan tanpa mau melaksanakan kewajiban memikirkan orang lain.

    Dalam beberapa ajaran agama samawi, hal ini juga sering kita temukan bahwa kita masih diajak hitung-hitungan dengan Tuhan terhadap Hak yang bakalan kita terima kalau kita mau melaksanakan ” kewajiban ” ini dan itu.
    Padahal sesungguhnya hakekat kehidupan itu sendiri adalah sekedar menjalani kewajiban tanpa harus menuntut hak yang akan secara otomatis diberikan pada saatnya nanti.

    Diperjalanan yang lain, saya mendapat pembelajaran mengenai hak serta kewajiban ini.

    Ada sebuah cerita mengenai seorang bapak yang memiliki 2 orang anak yang sama-sama baik budi, menurut perintah orang tua serta saleh menjalankan ibadah sebagimana yang diajarkan dan dicontohkan oleh sang bapak.
    Bedanya, anak yang satu selalu minta haknya manakala telah melakukan berbagai kewajibannya sementara anak yang satunya lagi melaksanakan semua tuntutan kewajiban itu dengan tulus ikhlas sebagai bukti cinta kasih serta pengabdiannya kepada bapaknya.

    Hingga sampailah pada suatu hari yang istimewa, dimana sang anak yang selalu menuntut haknya, masih ingin minta hadiah atas semua jerih payahnya selama ini.

    Anak pertama :’ Wahai bapakku, mana hadiah yang harus aku terima saat istimewa ini, aku kan sudah memenuhi segala perintah bapak ??

    Jawab Sang Bapak : ‘ Wahai anakku sayang, bukankah semua hak itu telah aku berikan dan kamu terima sesuai permintaanmu pada saat kamu memintanya ??

    Sang anak membenarkan dan terdiam kecewa tidak bisa memperoleh keinginannya.
    Sementara itu, sang bapak masih dibuat bingung oleh kelakuan anaknya yang lain, dan lalu bertanya kepadanya.

    Sang Bapak : ‘ Wahai anakku tersayang, kenapa kamu tidak pernah meminta apa yang menjadi hak kamu atas semua kewajiban yang telah kamu laksanakan itu ??

    Anak kedua :’ Wahai bapakku yang tercinta, sesungguhnya aku melakukan semua kewajiban itu atas dasar cinta dan pengabdianku kepada bapak yang selama ini telah memberikan semua yang aku perlukan tanpa aku minta. Masihkah aku punya hak lain untuk memintanya ??

    Mendengar jawaban anak keduanya, sang bapak menjadi terdiam namun sangat bahagia atas apa yang dilakukan anak keduanya serta dalam hatinya berjanji akan memberikan hadiah istimewa untuknya.

    Seandainya kita ikut bermain, mau pilih berperan sebagai ” anak ” yang mana…???

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 909 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: