Acara Ruwatan Murwakala

Ruwatan Murwakala Para pembaca yang budiman, saudara-saudara di seluruh penjuru tanah air dan di manapun berada. Menimbangi posting saya terdahulu tentang ruwatan murwakala, perlu saya infokan bahwa semenjak 3 tahun yang lalu banyak saudara-saudara & para pembaca blog menanyakan melalui email, lewat telpon, maupun disampaikan secara langsung kapan sekiranya akan diadakan acara ruwatan murwakala mohon supaya bisa diberikan informasi. Maksud hati ingin sekali saya dapat membantu memudahkan terlaksananya harapan saudara-saudara semua. Namun karena berbagai kendala barulah kali ini dapat kami tetapkan rencana untuk pelaksanaannya. Berbagai pertimbangan terutama persoalan dana yang cukup besar untuk ruwatan murwakala menjadikannya niat dan keinginan selama ini selalu tertunda-tunda.  Terlebih lagi jika acara ruwatan murwakala dilaksanakan sendiri. Butuh dana yang cukup besar antara 20-50 juta belum beaya-beaya tak terduga. Itu pun tergantung siapa dalang yang akan meruwat, semakin tenar dan mumpuni dalangnya maka akan semakin besar pula beayanya.

Puji sukur kepaRuwatan by sabdalangitda Gusti Sang Jagadnata, roh jagad agung, spirits of the universe telah merespon keinginan dan harapan kami, harapan kita semua yang sedang berniat melaksanakan acara ruwatan murwakala. Kami semua, paseduluran Sabdalangit bekerjasama dengan Cv Lakutama selaku EO akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ruwatan murwakala yang terbuka untuk diikuti siapa saja yang merasa perlu melakukan ruwatan, tanpa membedakan agama, suku, bangsa dan bahasanya. Pada awalnya kami sekedar menanggapi permintaan beberapa sedulur yang ingin diruwat yang mengajukan permintaan melalui email dan secara lisan. Sedianya ruwatan hanya akan kami lakukan sesederhana mungkin dan semampu kami lakukan. Terutama akan dilakukan oleh istri saya yang wetonnya senin pon. Misalnya cukup dengan bancakan weton, cukur kuncung gelung, dan beberapa ritual khusus. Barangkali alam semesta dapat merasakan apa yang menjadi getaran rahsa sejati kami hingga akhirnya niat dan harapan itu mendapat kesempatan karena kami mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik beaya, pikiran maupun tenaga.

Atas terlaksananya rencana ruwatan murwakala ini kami menghaturkan terimakasih dan presisasi yang setinggi-tingginya kepada :

  1. Para abdi dalem Pasarean Agung Kotagede khususnya dan Pasarean Agung Pajimatan  Imogiri yang telah memberikan dukungan pemikiran, iguh pretikel, tenaga dan waktu demi terlaksananya ruwatan murwakala. Matur sembah nuwun, atas kesetiaannya kepada para leluhur bumi putera bangsa, menjadikan doa-doanya sangat tijab.
  2. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang telah memberikan dukungan moril dan sarana. Sehingga acara ruwatan murwakala diberikan tempat yang istimewa dan sakral, secara leluasa di halaman depan Pasarean Agung (makam raja-raja Mataram) di Kotagede, Yogyakarta.
  3. Kepada Bapak IR. H. Isran Noor M.Si selaku Bupati Kutai Timur sekaligus Ketua APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) atau lebih familier menjabat sebagai ketua Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, dan juga saat ini beliau menjabat sebagai  ketua BTN (Badan Tim Nasional) yang baru dilantik untuk mengemban amanat mendamaikan kisruh di PSSI. Berkat dukungan financial dan dukungan moral beliau, menjadi pemompa semangat kami. Dukungan yang sangat berarti bagi kami dan seluruh peserta ruwatan (para sukerta) sehingga dapat meringankan beban beaya yang harus ditanggung oleh seluruh peserta ruwatan murwakala kali ini.
  4. Kepada teman-teman, sahabat, sanak saudara, dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ruwatan murwakala. Tenaga, pikiran, dan kepeduliannya sangat berarti demi sukses dan lancarnya mata acara demi acara. Dan yang lebih utama meringankan tugas-tugas dan tanggungjawab serta menyiapkan ubo-rampe dan  kebutuhan para peserta ruwatan murwakala beserta keluarga yang akan mendampinginya.
  5. Kepada Ki Dalang Hadi Sudarsono, di usianya yang ke 81 masih kerso memberikan pengorbanan kepada kami semua, kepada seluruh peserta ruwatan. Kami sadar bahwa yang diperlukan tidak sekedar kemampuan meruwat, lebih dari itu dalang ruwat sudah mempersiapkan diri secara lahir dan batin untuk menghadapi segala resiko terberat demi mengupayakan nasib orang lain supaya lebih baik di waktu yang akan datang.

Kami sangat menyadari tanpa adanya kekompakan dan dukungan dari berbagai pihak, apalah artinya tenaga dan pemikiran kami untuk memberikan wahana bagi seluruh saudara-saudara yang akan melaksanakan ruwatan.

Ttd

foto koleksi sabdalangit

Ruwatan Murwakala by Sabdalangit

Sabdalangit

****************************************************************************************

JADWAL ACARA PROSESI RUWATAN
DI KOMPLEKS PASAREAN AGUNG KOTAGEDHE YOGYAKARTA

 
(Semua Kegiatan akan didokumentasikan : Foto & Video)
Dirangkum Oleh Ketua Panitia :
R. Joko Sigit Pangarso

IMG_20120408_211641Acara Ruwatan Murwakala ini dijadwalkan sekaligus sebagai penutup rangkaian acara rutin tiap tahun Nawu Jagang dan Sendang Seliran di sekitar kompleks Pasarean Agung Raja-Raja  Mataram di Kotagede yang dimulai sejak tanggal 18 hingga 21 April 2013. Pada hari Minggu pagi 21 April 2013 hingga siang dilangsungkan acara Kirab Budaya dan pengarakan dua gunungan berisi hasil bumi dan beraneka ragam kuliner tradisional khas Kotagede dan sekitarnya. Di belakang Gunungan akan diiringi kirab budaya diikuti sekitar 80 bregodo  (kelompok barisan) prajurit Kraton hingga kesenian rakyat dari berbagai kalangan masyarakat DIY, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulonprogo dan Kota Madya Yogyakarta. Pada acara tersebut akan dihadiri pula oleh Bapak Ketua Apkasi dan dari beberapa Kerajaan  yang ada di Nusantara.

MINGGU, 21 APRIL 2013

WAKTU TALENT ACARA KETERANGAN
09.30 – 12.30 Peserta Ruwatan Rias  dan BusanaBeskap (Kakung)Kebaya (Putri) Busana Tradisional Jawa (Seragam)Fasilitas :Welcome Snack, Sewa Busana,  Jasa Perias.
12.30 – 13.30 Peserta Ruwatan, Panitia, Tamu Undangan Makan Siang dan Briefing Persiapan  Acara Ruwatan Makan Siang PrasmananFasilitas :Makan Siang Peserta, Co-Card.
13.30 – 16.30 Peserta Ruwatan, Panitia, Tamu Undangan Acara Inti : Pagelaran Wayang Kulit Ruwatan (MURWAKALA)  oleh : Ki Dhalang Ruwat (Ki Hadi Soedarsono) dari Sanden, Bantul. Sebelum acara Wayang Kulit selesai, secara bergiliran, peserta akan ganti busana Kapanditan (kakung) dan Kawidodaren (Putri)Fasilitas : Busana Ruwat (Lawon), Busana Pethuk untuk Ki Dhalang Ruwat,Snack  + Unjukan
16.30 – 17.45 Peserta Ruwatan Siraman dengan Toya Sekar Setaman  yang diambilkan dari tujuh sumber mata air di Gunung Lawu. Kepada setiap peserta akan dilakukan : Pemotongan Rambut / Tigas RekmoSiraman dengan Toya Sekar  Setaman  (diruwat sukertonya) oleh Ki Dhalang Ruwat, selanjutnya setiap peserta otomatis menjadi “Anak Angkat” dari Ki Hadi Soedarsono.
17.45 – 20.45 Peserta Ruwatan, Panitia, Tamu Undangan Ganti Busana Biasa / Bebas, Makan Malam, Istirahat secukupnya dan Pisowanan Ke Pasarean Para Nata Raja-Raja mataram(ada briefing dr panitia/ Lurah Pasarean sebelum pisowanan) Semua Pakaian yang dikenakan peserta + Kain Lawon/Mori + Potongan rambut peserta ruwatan akan di labuh di Laut Selatan oleh Panitia bersama Abdi Dalem Pantai Parangkusumo.Fasilitas :Makan Malam, Sekar Setaman untuk Pisowanan. 
20.45 – 22.00 Peserta RuwatanDan Keluarganya yang berminat Pengenalan dan Bimbingan Meditasi oleh : Ki Sabdalangit Ae Banyusegoro, SIP, MM BONUS
20.00 – … Peserta Ruwatan, Panitia, Tamu Undangan  dan Masyarakat Umum. Pagelaran Ringgit Purwa Semalam Suntuk. Lakon : SEMAR MANEGES dengan Dhalang : Ki Seno Nugroho. BEBAS

 

CATATAN PENTING :

  1. Kunci dari “Berhasil atau Tidaknya” Ruwatan ini adalah SECARA NYATA bisa menghadirkan ‘BETHARA KALA’ sewaktu Pagelaran Wayang Ruwatan (Murwakala).  Untuk keberhasilan acara ini kita pasrahkan sepenuhnya kepada Ki Sabdalangit, Bu Ageng R.Ay. Untari dan Ki Dhalang Ruwat yang akan saling bekerja sama.
  2. Acara Ruwatan adalah acara yang sangat SAKRAL dan RELIGIUS, maka sangat diperlukan persiapan-persiapan yang sangat SERIUS dan OPTIMAL. Selain Ki Dhalang harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya (Puasa seminggu sebelum acara ruwatan, mempersiapkan sesaji yang lengkap/komplit, dll.). Pihak Panitia/Penyelenggara pun juga mempersiapkan yang terbaik untuk segala sesuatunya (Mengupayakan Sponsor/Donatur sehingga memperingan  unit/cost setiap peserta ruwatan, Pengadaan Toya siraman di ambil dari Pringgodani, Gunung Lawu, kerja sama dengan Para Abdi dalem Kraton yang bertanggung jawab di Pasarean Agung Kotagedhe maupun Pantai Selatan Parangkusumo, dll).
  3. Untuk Peserta Ruwatan yang mengajak keluarga, diharapkan keluarganya dapat menyesuaiakan diri dengan agenda tersebut di atas. Khusus untuk konsumsi, jika peserta menghendaki penambahan untuk keluarga yang diajak, konsekuensinya akan berkaitan dengan budget/pembiayaan.  Mengenai besaran tambahan biaya konsumsi per orang, bisa dikomunikasikan dengan Panitia Penyelenggara di : 081-22-4545-727.
  4. Untuk Acara Pisowanan Nyekar Para Natagung Raja-raja Mataram di Astana Kotagedhe karena harus memakai “Pakaian Pisowanan Khusus” (pranakan), bagi yang tidak memiliki bisa menyewa kepada Para Abdi Dalem yang bertugas. Jasa busana satu perangkat pakaian pisowanan Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah).  Dan sebagai ucapan rasa terima kasih kita kepada Para Abdi Dalem yang telah menghantarkan pisowanan serta yang telah merawat, memelihara (ngrekso) pasarean, juga sebagai sedekah ‘tanda tresna’ kita akan memberikan ulu bekti dengan melakukan ‘bantingan manasuka’ dan kita serahkan semuanya kepada Para Abdi Dalem.

PENDAFTARAN PESERTA

Acara Ruwatan Murwakala dibuka untuk siapapun yang merasa perlu diruwat, dan tidak ada batasan usia, suku, maupun agama. Bagi yang berminat dapat langsung menghubungi Panpel Ruwat Murwakala  ke Nomor 081-22-4545-727. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 18 April 2013.

SYARAT-SYARAT PESERTA

  1. Peserta harus datang sendiri (tidak boleh diwakilkan)
  2. Boleh mengajak keluarga untuk mendampingi
  3. Menyebutkan nama lengkap diri dan kedua orang tua
  4. Menyebutkan tanggal lahir (weton) dan jenis sukerta
  5. Sebelum acara ruwatan, seluruh peserta mengisi formulir yang telah disediakan oleh Panpel
  6. Menyebutkan ukuran pakaian dan selop

BEAYA

            Pada ruwatan murwakala kali ini, akan dilakukan secara besar-besaran oleh dua dalang sekaligus. Ruwatan dilakukan oleh dalang sepuh Ki Dhalang Hadi Soedarsono (usia 81 tahun) dengan lakon Murwakala dan dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan lakon Semar Maneges oleh Ki Dhalang Seno Nugroho. Untuk beaya kedua dalang sudah ditanggung oleh Bapak Bupati Kutai Timur Ir H Isran Noor M.Si (KPH Hamengkunagoro/KPH Condronagoro) sekaligus selaku Ketua APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dan Ketua Badan Tim Nasional PSSI atau Ketua Bupati dan Walikota seluruh Indonesia. Sedianya kami Panitia Pelaksana berusaha akan menggratiskan semua beaya yang harus ditanggung peserta ruwat. Akan tetapi ternyata  peserta ruwat justru harus mengeluarkan beaya sendiri terutama untuk perlengkapan utama misalnya sesaji, kain mori, dan larungan. Artinya sukerta tidak boleh berhutang jasa dan budi baik pada saat membersihkan sukertanya. Kami paham, karena memang amal kebaikan, sedekah, membantu sesama merupakan salah satu cara “meruwat” diri sendiri.  Yang ditanggung oleh peserta tinggal beberapa keperluan  sebagai berikut :

  1. Semua jenis sesaji dan ubo rampe yang diperlukan
  2. Sewa busana tradisional dan bea perias
  3. Kain lawon/mori
  4. Konsumsi 2 kali makan prasmanan dan snack
  5. Prosesi labuhan/larungan di laut selatan Parangkusumo
  6. Sedekah abdi dalem dan perawatan makam
  7. Sekar setaman untuk ziarah Pasarean Agung Panembahan Senopati
  8. Dokumentasi dalam bentuk CD akan dikirim ke alamat peserta

Setiap peserta memberikan konstribusi beaya sebesar RP. 1.117.000,-

Dapat ditransfer ke rekening BCA 169-184-0072 a/n R.Ay Untari SL sampai tanggal 18 April 2013. Bukti transfer dapat di mms/sms/forward ke No Telp. 081-22-4545-727 atau Email ke suketz@gmail.com

Alamat :
Panpel Ruwat Murwakala
Jalan Kenekan No 2A Panembahan, Kraton Yogyakarta
Telp. 081-22-4545-727

Panpel Ruwat Murwakala :

Penyantun                                 : Ketua APKASI dan Bupati Kutai Timur
Penasehat & Pembimbing    : Ki Sabdalangit Ae Banyusegoro SIP, MM & R.Ay. Untari SL
Ketua                                            : R. Joko Sigit Pangarso
Sekretariat & Dokumentasi : Ki Soenarto SS
Bendahara                                  : RM Herdjuna Satrijaningrat SSi
Humas                                          : Ki Purwanto Hadi , Jontex Kurnia Permana
Umum                                          : Mulyono, Susilo, Tono
Transportasi                              : Bayu Purnama
Keamanan                                   : Para Abdi Dalem Pasarean Agung Kotagede, Mulyono, Susilo, Tono

Di dukung oleh  :

  • Dinas Pariwisata dan Budaya Propinsi DIY
  • Bupati Juru Kunci Kartasura Pajimatan Imogiri
  • Lurah Abdi Dalem Pasarean Agung Kotagede RT Pujodipuro
  • dll

Rahayu Sagung Dumadi, Suradira Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Maret 18, 2013, in Acara Ruwatan Murwakala and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Mugi-mugi sukses acaranipun wilujeng rahayu kang tinemu bondo lan bejo kang teko soko kersaning gusti matur sembah nuwun

    • aminnn…………

      • Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,,suatu hari saya dapat informasi dari teman bahwa MBAH KARMOJO bisa memberikan angka tembus. akhirnya saya ikuti 4D nya yaitu (4098) dan alhamdulillah meman bener-bener terbukti tembus.saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH saya sekaran sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka usaha matrial dan istri saya buka butik pakaian muslim.!!! Jika anda mau buktikan silahkan hubungi MBAH KARMOJO di nomor 0823 2825 4444

      • BAGI ANDA YANG PENCINTA TOGEL JANGAN ANDA RAGU UNTUK MENGHUBUNGI LANGSUN MBAH KARMOJO KARNA SAYA SENDIRI SUDAH LIHAT BUKTINYA,ATAS BANTUANNYA SAYA YANG DULUNYTIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMENANGAN DALAM PERMAINAN TOGEL KINI ALHAMDULILLAH SEKARAN SAYA SUDAH BISA MERASAKANNYA..DAN BERKAT BANTUAN MBAH KARMOJO SAYA SANGAT BERSYUKUR KARNA SEKARAN SAYA SUDAH BISA MEMBAHAGIAKAN KELUARGA SAYA..BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HBG 0823=2825=4444 MBAH KARMOJO

      • TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA MBAH KARMOJO,NOMOrR YANG MBAH KASI 4D[3101),TERNYATA BENAR2 TEMBUS 100%,SAYA TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR,AWALNYA SAYA KURANG YAKIN KALAU ANGKA YANG MBAH BERIKAN AKAN TEMBUS 100%,TERNYATA ALHAMDULILLAH SAYA MENANG ANGKA 4DNYA DAN PERHIASAN YANG PERNAH KUGADAIKAN 1 BULAN YANG LALU GARA2 MAIN TOGEL SEKARANG SUDAH BISA KUTEBUS LAGI,BAGI ANDA YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA HBG,MBAH KARMOJO.DI NO:0823_2825_4444 ,ANGKA GHOIP YANG DI BERIKAN,MBAH KARMOJO ,TIDAK PERLU DI RAGUKAN LAGI,SAYA JAMIN 100% TEMBUS SOALNYA SAYA SUDAH PERNAH MEMBUKTIKANYA 3X BERTURUT2 MENANG.

      • ALHAMDULILLAH SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SAYA JUGA SANGAT BERTERIMAKASIH KEPADA MBAH KARMOJO KARNA ATAS BANTUANNYA SAYA YANG DULUNYA CUMA SEORANG TUKAN PARKIR TAPI SEKARAN SUBAHANALLAH SAYA SUDAH PUNYA USAHA SENDIRI ITU SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH KARMOJO.KINI KAMI SEKELUARGA SUDAH TIDAK SERBA KEKURANGAN LAGI DAN SEMUA HUTANG HUTANG KAMI JUGA SUDAH PADA LUNAS SEMUA…SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK YAA MBAH DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI MBAH KARMOJO DI 0823=2825=4444 NOMOR GHOIB DARI MBAH KARMOJO MEMAN 100% TERBUKTI TEMBUS,

    • Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!

      Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!

      Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!

  2. Semoga acara berjalan sukses sesuai harapan semua dan ini menjadi penyemangat bagi sedulur2 di Nusantara lainnya untuk kembali melestarikan budaya leluhur kita yang sangat agung…

  3. mugi lancar sedayanipun….
    dipun video’in nggih
    salam saking tanang sabrang

  4. mugi-mugi saged lancar ruwatanipun lan sedayanipun..amin..

    salam saking bocah ngenger.

  5. ancang-ancang :

    ready,, steady,, GO !!! heheee

    Turut berdoa smg sukses acaranya,, semoga terbuang sukerto dan semoga beroleh keberuntungan buat saudara2…

    Salut buat Ki Sabda yg menebar kebaikan kebijaksanaan dan kearifan dimana-mana..semoga tuhan YMK membalas dgn berlipat budi mulia anda, amin ya robbal alamiiiin…

    wassalam

  6. hatur nuhun KI

  7. Nderek bingah mugi hajatan ageng puniko lancar sukses kalis ing rubeda nir ing sambikala. Rahayu.

    • Ki Alus, kang Karto, Mas Mochtar ingkang satuhu kinurmatan saha Mas Widodo, Mas Muh Sadeli, Mas Irwan Yth
      Matur sembah nuwun awit donga pangestunipun Ki Wongalus, mugya sageta migunani tumrap sedaya poro kadhang.
      Rahayu, rahayu

  8. Sugeng rahayu poro pinispuh lan poro dulur
    Mugi-mugi poro sedulur yang mengikuti ruwatan ini mendapatkan restu dari segenap leluhur jagat nusantara dan semua unsur alam semesta

  9. @ Ki Sabdo,
    mohon bantuannya untuk menelaah,Apakah saya Perlu diruwat saat ini,
    sebab setelah saya sakit parah dan dirumah sakitkan medio thn 2012 lalu ( Saat Itu Ki Sabdo juga sempat dan berkenan untuk turut serta membantu proses kesembuhan saya dirumah sakit ),saya kembali sakit parah diawal bulan januari hingga akhir bulan february 2013,.( sakit yang kedua dan ketiga x nya ini,saya ndak sempat ngabari )
    saya mohon bantuan Ki,.apakah ada sukerta,atau faktor lain yg membelenggu diri,serta hidup-kehidupan saya dan keluarga,.
    Matur Sembah Swuhn,.
    Salam Hormat dari Makassar

  10. Mugi2 sukses acaranipun. Ngapun ene , sagede namung ndongakaken mawon. Nuwun. Rahayu..

  11. A§§alaмüalaîküм
    Saya haturkan salam kenal saya kepada ki Sabda beserta seluruh seduluran yg ada ​​ϑi blog ini tanpa terkecuali. Semoga acara ruwatan yg akan ​​ϑi laksankan bisa berjalan lancar dan sukses! Besar harapan saya sebagai makhluk yg masih harus banyak belajar tentang kaweruh,yg saya pribadi (maaf) belum sanggup u/ menghadirinya karena berbagai keterbatasan diri,sehingga dalam acara ini nantinya bisa lebih menyeimbangkan alam Nusantara melalui petujuk a/wejangan dari para leluhur tanah jawa ! Karena dalam beberapa minggu ini sudah mulai muncul femomena sebuah perselisihan antara seorang artis dengan seorang panuntunnya !! Yang mulai membawa-bawa serta memonopoli sebuah keyakinan yang dipertentangkan dengan keyakinan lainnya !!
    Salam Rahayu

  12. Niat yang baik & luhur, lakon yang mulia. Mugi-mugi Gustiaallah memayungi harapan dan memperlancar tindakan kita tanpa halangan…. ammiin

  13. lop you ki sabda dan smua <3

  14. Joko Sigit Pangarso

    Sugeng siyang para sedherek sedaya. Rahayu…!!!

    Sampai dengan hari ini, SABTU (13 April 2013)
    sudah ada 25 (dua puluh lima) peserta yang terdaftar ndherek ruwatan.

    1. R. M. Herdjuna Satrijaningrat, S.Si. (Yogyakarta)
    2. R. Ay. Birat Citradhati Lilantari (Yogyakarta)
    3. R. Aj. Amalinda Norma Dhewi (Yogyakarta)
    4. R. M. Nugraha Yesaya Raditya (Yogyakarta)
    5. R. M. Nugraha Yeremia Raditya (Yogyakarta)
    6. R. Irwan Kusnadi, MBA. (Jakarta)
    7. R. Gatot Yusianto, SE. (Jakarta)
    8. R. Antari Yulianto (Jakarta)
    9. R. Aries Harsiwianto (Jakarta)
    10. R. Bagas Rinaganto Pangestu (Jakarta)
    11. Tintin Prihatiningrum, SIP. (Jakarta)
    12. Ari Purna Irawan (Bandung)
    13. Yuli Tri Handayani (Bandung)
    14. Fathoni (Palembang)
    15. Muryani (Palembang)
    16. Susanti Irayanati (Jakarta)
    17. Nurah Tomo Widiarto (Cilacap)
    18. Wiwin Winarsih (Jakarta)
    19. Sutanto Wibisono Imam Surojo (Jakarta)
    20. Drs. Boedi Santosa (Semarang)
    21. Dyandra (Magelang)
    22. Cahyanto Candrakusumah (Kalimantan Selatan)
    23. Tatik (surabaya0
    24. Ardhika Permada (Bandung)
    25. Ardhissa Pramesti (Bekasi)

    Pendaftaran Peserta Ruwatan Murwakala bersama ini masih dibuka sampai dengan tanggal 18 April 2013.

    Sekedar informasi saja, bahwa dalam Acara Kirab Budaya Agung Mataram dan Ruwatan Murwakala Bersama ini akan dihadiri oleh :
    1. Ketua APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia)
    Bapak Ir. H. Isran Noor, Msi.
    2. Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)
    Bapak KRMT Roy Suryo Notodiprojo
    3. Walikota dan Bupati se – DIY

    Silakan hadir untuk memeriahkan acara tersebut di atas.
    Matur nuwun. RAHAYU…!!!

  15. Walaupun saya ikut bangga dan bahagia karena ada yang mengadakan kegiatan untuk nguri-nguri kabudayan Jawi niki. Ning kok kadose wonten ingkang ganjel. Ruwatan mboten wonten ing sasi sura menika nopo sampun trep? Mbok menawi pancen sampun bener ning nopo pener. Rahayu.

    • Kang Raja Panda Yth
      Ternyata mboten kedah wulan Sura. Ingkang baku, sampun pikantuk palilah, restu saking poro leluhur agung ingkang sumare di Puralaya Kotagede. Pinangka talanging basa dipun pandegani Ki Juru Martani, Ki Ageng Mangir, Sinuhun HB II.
      Rahayu

  16. saya kemarin turut hadir menyaksikan acara ruwatan ini di komplek makam panembahan senopati….
    salut kagem poro penerus budaya jawa, yg tetep eksis di antara budaya budaya baru yang berdatangan dan mungkin lebih populer dikalangan generasi muda….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 895 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: