Misteri Jenglot (Bathara Karang)

Jenglot

PELAJARAN BERHARGA DI BALIK KISAH BETHARA KARANG (Jenglot)

Jenglot atau lebih populer dengan nama Bethara Karang telah lama dikenal sebagian masyarakat yang menggemari koleksi berbagai macam ajimat, pusaka, atau benda-benda keramat bernergi gaib. Bethara Karang (biasa disingkat; BK) wujudnya seperti mummy dengan ukuran panjang 5 cm, ada yang >10 cm. BK memiliki ciri khas, tubuhnya mirip tubuh manusia yang kurus kering seperti mummy, kukunya panjang bisa mencapai 2 cm lebih, panjang rambutnya biasanya melebihi panjang tubuhnya, matanya hitam tak mempunyai putih mata, tidak bisa berkedip alias selalu melotot. Wajah BK menyeramkan hampir mirip seperti topeng leak Bali tetapi berwarna hitam kelam. Sekitar tahun 1993 penemuan BK menghebohkan masyarakat hingga pernah di tes DNA oleh pakar medis UI, ternyata memiliki struktur kromosom yang mirip manusia. Pernah terjadi polemik tentang asal usul BK, di satu pihak dikatakan sebagai rekayasa belaka. Di lain pihak BK diyakini sebagai wujud manusia yang tengah mengalami hukuman Tuhan. Saya pun tak pernah ingin dan penasaran untuk mengungkap apa atau siapa sejatinya BK itu, sebab bagi saya pribadi “benda” itu tak memiliki keistimewaan apapun. Sebaliknya lebih banyak saya mendengar cerita buruk dari kisah BK yang dialami para pemiliknya atau pada saat benda tersebut dipamerkan di mal-mal. Misalnya, seorang pengunjung menatap mata BK kemudian tiba-tiba kesurupan. Rambut dan kuku BK atau Jenglot juga dapat tumbuh semakin panjang. Sehingga sejak itu setiap kali BK dihadirkan dalam ruang pameran pada khalayak matanya selalu ditutup isolasi warna hitam. BK juga harus diberi makan berupa darah golongan O dicampur minyak wangi, jenglot mampu menghabiskan 50 ml per 3-8 jam. Maka bagi pemilik BK, pada saat-saat tertentu harus membeli darah golongan O di PMI dan dicampur minyak wangi jenis tertentu lalu diberikannya kepada BK melalui saluran infuse yang ditempelkan ke dalam mulut BK. Entah benar atau tidak, ada lagi cerita bahwa BK ini dapat mendatangkan (mengganti) uang dalam jumlah hingga 2-4 milyar rupiah apabila “disempurnakan” oleh seorang Kyai di Ponpes Gontor di daerah Ponorogo. Maka jenis benda pusaka ini sering menjadi buruan orang-orang yang mempercayainya. Selain katanya karena khasiat atau keampuhannya yang dahsyat. Semua cerita itu menjadikan BK memiliki nilai ekslusif dan berharga mahal hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Terlepas dari semua cerita di atas, saya mengalami peristiwa secara tidak sengaja, terjadi pada 1 Januari tahun 2007 di Jakarta. Peristiwa ini saya anggap mempunyai pelajaran yang sangat berharga, dapat membuka makna akan rahasia gaib dan sangat berarti dalam memahami hakekat kehidupan ini secara lebih mendalam.

“PENAMPAKKAN” DI BALIK RUMAH RUNTUH

Saat itu bertepatan dengan malam tahun baru 2006/2007 kami semalam mengundang group musik keroncong untuk berdendang bersama rekan-rekan. Semalam kami berdendang hingga habislah suara buat cuap-cuap menjadi penyanyi dadakan semalam. Paginya sekitar jam 10.00 wib kami dikejutkan oleh gemuruh rumah runtuh yang berasal dari bangunan rumah tepat di depan tempat kami tinggal. Rumah satu lantai tetapi menjulang tinggi seolah berlantai dua. Kami berusaha menolong para penghuninya, dan ternyata yang ada dirumah itu seorang ibu rumah tangga yang kami kenal sebagai pemilik rumah tersebut. Walaupun keadaannya di seluruh badannya sudah penuh dengan debu reruntuhan, sehingga seluruh tubuhnya berwarna putih kecoklatan, tetapi masih bersukur terhindar dari maut. Sementara rumahnya masih dalam keadaan bahaya karena sebagian bangunannya yang masih berdiri kemungkinan akan segera menyusul roboh. Ibu tersebut kami suruh berlindung dahulu ditempat kami. Para tetangga berkerumun tetapi takut untuk mendekati rumah itu karena khawatir akan terjadi runtuh susulan. Setelah dua jam para tetangga membubarkan diri, keadaan telah sepi tinggal kami berempat. Saya kaget, tiba-tiba di balik reruntuhan rumah itu muncul “penampakan” sosok lelaki yang kami ketahui sebagai tukang ikan di pasar terdekat. Kami kaget kok ada orang lain di dalam, padahal menurut si Ibu empunya rumah dia berada sendirian di dalam rumah karena suaminya baru singgah di rumah istri ketiganya…wah wah, kasian betul..ibu ini, pikir kami.sudah dimadu, eh ternyata rumahnya malah runtuh. Tanpa mau berapriori, lelaki itu kami panggil agar menjauh dari rumah itu dan berlindung di rumah kami. Ia melompat pintu pagar yang keadaannya digembok dari dalam. Teman kami lihat lelaki itu datang masuk “rumah runtuh” itu sejak semalem kira-kira jam 21.00 wib. Saya hanya berfikir mungkin tukang ikan ini semalem hingga jam 10.00 pagi saat kejadian runtuh, ia sedang mbethet-i (membersihkan) iwak paus sing guedhe tenan, sehingga belum kelar hingga paginya..gitu aja. Yaah..tukang ikan yang mendapat dua kemujuran..patut “disukuri” he he !! kemujuarannya apa saja silahkan anda berandai-andai sendiri yah.

TAMU MISTERIUS DI MALAM HARI

Kembali keee..laptop. Hari sudah gelap, sepi, gerimis rintik-rintik, rumah runtuh yang mirip seperti rumah hantu, berantakan, gelap tak berlampu. Semua penghuninya sudah mengungsi, si Ibu empunya rumah telah dijemput suami yang sejatinya…ehm. Waktu menunjukkan jam 20.00 malam, tak ada angin tak ada gempa, tiba-tiba muncul suara menderit kencang diikuti suara yang lebih bergemuruh ketimbang tadi pagi. Runtuh susulan pikirku. Benar saja, rumah itu bener-bener ambruk, padahal rumah besar itu baru berumur sekitar 8 tahun sejak dibangun.

Jam 22.00 wib. Nggak tahu, kenapa tiba-tiba di kompleks perumahan kami suasananya malah menjadi semakin sepi mencekam, anak-anak kecil biasanya masih berada di taman bermain sebrang rumah. Tapi kali ini sungguh mencekam apalagi bagi anak-anak. Listrik tiba-tiba mati lampu. Gelap, hitam pekat. Lalu terdengar suara seseorang, sepertinya suara seorang kakek-kakek dengan suara bergetar. “kulanuwuuun…den..!” Saya bergegas ke depan rumah yang sepi dan gelap tak terdengar suara angin dan binatang satu pun. Tampak sosok laki-laki itu berdiri di depan pintu. Anehnya..pakaiannya seperti zaman ratusan tahun yang lalu. Siapa gerang kakek ini. Rambutnya telah memutih semua, kulit menghitam keriput, kurus kering, tampak tonjolan tulang belulangnya, agak bungkuk, tetapi baunya seperti ratus (dupa manten).

Saya berfikir, ini bukan lah manusia sembarangan. Saya bertanya pada kakek itu dengan bahasa Jawa halus, ..”Kakek siapa, hendak ke mana, ada perlu apa, adakah yang bisa saya bantu ? kakek itu diam sejenak, sorot matanya sangat tajam memandangku, aku menangkap getaran energi yang sangat besar. Hmmm..kakek ini bener-bener orang linuwih, gumamku dalam hati. Pelan, kakek itu mengeluarkan kata-kata dalam bahasa sansekerta dan Jawa Kawi yang kurang jelas dalam pendengaranku. Aku coba menangkap maksud kakek itu dengan mengerahkan ingatan kosa kata sansekerta dan Jawa Kawi, serta mencoba translasi secara batin. Ternyata kakek itu ingin ikut bersamaku. Belum sampai aku menjawab maksud kakek itu, lalu aku mendengar suara istriku dari dalam kamar, …jangan ikut kami mbah..jangan masuk, silahkan di luar saja ! Aku menangkap apa yang dimaksud istriku. Lalu aku tanyakan..”kakek anda siapa ? Nah..kakek itu menjawab..”saya empu Suna..nak ! Empu pikirku ??? bukankah seorang empu lazim menjadi sebutan nama di masa ratusan tahun yang lalu ? Kami coba lebih konsentrasi lagi, Oh..ternyata..anda itu manusia yang hidup ratusan tahun yang lalu. Si kakek bukanlah badan wadag tetapi badan halus. Lalu aku tanyakan, “..di mana jasad empu dikubur ? jasadku ada di atas lemarimu nak..! Aku bergegas memeriksa di atas lemari di kamarku. Ternyata istriku sudah mengulurkan tangannya, menyerahkan seonggok benda berujud jenglot (BK) kepadaku. “Inikah jasadmu kek ?, tanyaku. Mpu Suno mengangguk. Mpu..terimakasih sampeyan ingin ikut bersama kami, tetapi maafkan kami, seyogyanya Mpu tidak ikut bersama kami, ikut saja orang lainnya mungkin akan membuat Mpu lebih nyaman. Kira-kira apa yang bisa kami lakukan untuk anda..? Kakek itu tampak mengeluarkan air mata. Aku sebenarnya tidak tega, tetapi aku merasa tidak nyaman saja diikuti Mpu Suno.

MPU SUNO BERKISAH MEMILUKAN

Tiba-tiba saja Mpu Suno lenyap dari pandangan mataku. Listrik yang padam kembali menyala. Tetapi jasadnya yang berujud BK aku bungkus kain kafan kemudian ku taruh di atas lemari. Aku masih berfikir harus bagaimana bersikap. Besok malamnya, sekitar jam 00.00 Mpu Suno hadir kembali. Aku lihat ia menunggu di teras depan rumah. Ku hampiri Mpu Suno, sekalian kubawakan teh manis untuknya. Tapi Mpu Suno menolak…”terimakasih nak, saya sudah tak bisa makan minum seperti manusia umumnya, melainkan harus makan (minum) darah, bukan darah manusia tetapi darah binatang di mana saja yang dapat saya ketemukan.

“Kenapa Mpu Suno nasibnya sedemikian rupa, dan sampeyan hidup pada abad berapa ?. Jawab Mpu,”..aku hidup kira-kira sudah 1400 tahun yang lalu nak, saya termasuk orang yang sangat sakti mandraguna sulit mencari tandingannya. Karena kesaktianku yang sangat tinggi itu membuat ku merasa takabur, menjadi tak percaya lagi pada Hyang Wisesa (Tuhan). Selain itu aku juga memiliki ilmu keabadian, agar supaya badanku kekal tak akan mati. Aku berfikir dan bertanya dalam hati, tiap orang semakin tua usianya maka badannya semakin pendek dan mengecil pula, apakah Mpu Suno yang panjang badannya hanya tinggal 5 cm itu karena sudah hidup selama 1400 an tahun ? entahlah.

Aku beranikan diri untuk bertanya,”Mpu…kenapa anda tidak meninggal dunia hingga saat ini ? Jawab Mpu Suno mengejutkan,”…hingga saat ini aku tak bisa mati nak, tetapi keadaanku sangat tersiksa, aku tak bisa makan selain darah yang menjijikkan, aku tak bisa mati dan bumi pun menolak jasadku, sehingga jasadku tak membusuk dan hancur kembali menjadi tanah. Semua sudah menjadi karma Hyang Suksma atas semua kesalahanku yang teramat berat mengingkari Hyang Suksma dan “gegulangan” ilmu keabadian. Maka setiap hari tiada henti aku hanya memohon ampunan kepada Hyang Suksma supaya bisa mati, dan jasadku diterima bumi.

MEMINTA “DISEMPURNAKAN”

Lalu apa yang bisa aku lakukan untuk Mpu Suno ? Jawabnya,”…nak…jika berkenan, mungkin orang seperti istrimulah yang bisa menolongku ? menolong bagaimana Mpu ? tanyaku kepada BK yang namanya Mpu Suno itu. Mpu Suno melanjutkan, ”…menolongku untuk memohonkan ampunan kepada Hyang Wuhud (menyempurnakan) agar aku bisa mati. “Baiklah Mpu, kami akan berusaha menolongmu, tetapi semua tentu tergantung kemurahan Gusti Allah”, sergahku. Mpu Suno menyergah juga, “..Allah itu siapa nak ? Lho..Mpu tidak tahu to, Gusti Allah itu Tuhan pencipta alam semesta. Oo, maaf nak, di jamanku dahulu tidak pernah mendengar nama itu, aku sekarang mengerti, Gusti Allah itu tidak lain Hyang Wuhud Hyang Suksma, hanya berbeda cara menyebut manusia jaman dahulu dan sekarang.

Entah kenapa tiba-tiba Mpu Suno menghilang lenyap. Aku terheran-heran, ini bukan mimpi bukan juga khayalan. Mengapa bisa terjadi dan kualami hal aneh seperti ini. Aku menyesal lupa tidak aku tanyakan, mengapa kehadiran Mpu bersamaan dengan peristiwa rumah ambruk itu ??? adakah kaitannya ??

Belum lama aku berfikir dan bertanya dalam hati, dan siap melangkah masuk rumah, tiba-tiba aku merasa ada sesuatu yang ganjil di belakangku, aku toleh kebelakang rupanya Mpu Suno datang lagi dan berkata, “…nak, aku di sini karena dahulu aku dimiliki si …. (Mpu Suno menyebutkan nama suami si Ibu empunya rumah ambruk). Aku dijual dengan harga ratusan juta kemudian uang hasil penjualan jasadku dibelikan rumah yang sekarang ambruk itu. Aku tak bisa berkata-kata lagi, hanya terkesima. Dan Mpu Suno tahu-tahu sudah lenyap lagi.

Aku beranjak masuk ke dalam rumah, kuceritakan pada istri kejadian tadi, tetapi rupanya istriku sudah mengetahui juga. Malah sudah menyusun rencana kapan akan mencoba “menyempurnakan” Mpu Suno. Dipilihlah hari Senin untuk melakukan doa penyempurnaan. Aku tak pernah tahu dan tak menguasai bagaimana doa, rapalan, mantra penyempurnaan (permohonan ampunan) itu. Namun di hari Rabu jam 21.30 wib, Mpu Suno datang lagi saat aku nyetir di jalan tol menuju arah Bintaro sektor 9. Ia mengatakan jika besok hari Sabtu Pahing sudah akan “pergi”. Pergi ke mana aku masih mikir-mikir agak telmi. Mungkinkah Gusti Allah sudah menerima permohonan ampunan ini, sehingga Mpu Suno sudah akan “pergi”. Mudah-mudahan begitu. Istriku pun belum tahu apakah doanya dikabulkan Gusti Allah atau tak dikabulkan. Karena memang belum melihat tanda-tanda “isyarat” dari Tuhan. Sabtu Pahing, sebagai hari yang paling tepat untuk menyempurnakan semacam BK. Misteri Sabtu Pahing, memang acap kali ada hal-hal berhubungan dengan jenglot atau BK selalu tepat hari Sabtu Pahing, tetapi aku tak mengerti mengapa bisa demikian. Entahlah.

SETELAH MENDERITA 1400 TAHUN MPU SUNO DITERIMA BUMI & TUHAN

Hari Sabtu Pahing yang ditunggu-tunggu akhir datang juga. Waktu menunjukkan jam 20.00 wib, aku merasakan hal aneh dan ingin sekali keluar menuju halaman rumah. Benar, ternyata Mpu Suno sudah menunggu di sana. Ku coba mendekati Mpu Suno berdiri di sudut taman rumah tepat di samping pohon rindang tabib buya dan melati yang sedang berbunga lebat dan harum semerbak baunya. Tempatnya memang agak gelap karena tak tertimpa sinar lampu taman. Ia sepertinya ingin sekali menyampaikan sesuatu kepadaku. Benar saja, Mpu Suno menyampaikan pesan sebagai berikut;

“..nak, andai kelak menjadi orang pinunjul dan sakti seberapapun besar kesaktian hendaknya jangan sampai seperti saya yang lupa diri tidak mengakui Gusti Allah (kali ini Mpu mengikuti istilahku), apalagi gegulangan ilmu keabadian”. Akhirnya aku dapatkan karma, sekian ribu tahun hanya penyesalan yang ada, selalu mohon ampunan kepada Tuhan tak pernah aku dapatkan. Mungkin kali ini sudah menjadi garisNya aku bertemu angger dan istri.

Aku sempat bertanya apa yang menjadi pikiranku sedari tadi,”..apakah Mpu Suno telah cukup menebus semua kesalahan dengan penderitaan ribuan tahun lamanya, sehingga kelak di sana Mpu sudah lepas dari alam pembalasan ?” Oh, tidak nak angger…aku baru dikabulkan bisa mati saja sudah merupakan kanugrahan agung. Kelak aku belum tahu nasibku, aku merasa tetap akan mempertanggungjawabkan semua perbuatanku di alam pembalasan. Aku tak bisa balas budi kepada istrimu dan nak ngger, Gusti yang akan membalas kebaikan semuanya.

Sebelum berpisah, kiranya apakah aku boleh bertanya kepada Mpu ? Rupanya Mpu sudah membaca pikiranku, lalu menyergah dengan jawaban yang betul-betul aku tunggu, “nak..aku ini setiap saat yang ada hanya penyesalan, hanya memohon ampunan Gusti saban hari tiada henti. Cerita-cerita tentang sebangsaku yang dianggap benda keramat dan pusaka ampuh, itu tidak benar, atau bisa menukar dengan uang bila disempurnakan, itu semua tidak benar, sebangsaku ini tak bisa berbuat apa-apa lagi nak…! aku diperjualbelikan karena bodohnya manusia sendiri. Memang ada sebangsaku yang tetap tidak “eling” sehingga tetap saja neko-neko mau dipiara manusia hanya demi mendapatkan makan”. “Nak…sekali lagi terimakasih, aku sekarang hendak “pergi” Gusti Allah telah berkehendak memanggilku”. Selamat tinggal nak, ingat pesanku yang satu, selalu eling dan waspada, jangan sampai menjadi manusia seperti aku ini, mengejar nafsu adigang adigung adiguna, sombong kepada Gusti, dan ternyata berakhir dengan penderitaan berat sepanjang masa”. Kini bumi telah bersedia menerima jasadku”.

Tiba-tiba bayangan Mpu Suno raib. Mpu Suno telah pergi meninggalkan dunia. Aku teringat benda berujud jenglot atau BK yang kuletakkan di atas lemari. Bergegas aku masuk kamar, kuperiksa jenglot di atas lemari ternyata juga sudah raib entah ke mana.

sabdalangit

jenglotikanduyung

  1. Maaf kalu seandainya saya boleh tanya mas sabda, bagaimana jenglot itu bisa tiba2 diatas lemari?apakah datang begitu saja?kalu tidak salah jenglot itu sudah pernah dijual oleh yang empunya dan hasil penjualannya dipakai untuk mendirikan rumah yang ambruk itu.Mohon maaf kalu tidak berkenan, trimakasih.

    rahayu

  2. Matur nuwun Mas Ngabehi kersa pinarak
    istri saya tau ada jasad jenglot yg masuk rmh. tapi sudah dipersilahkannya. krn tau maksud kedatangannya tdk bertujuan jahat. saya mengambil hikmah bahwa dalam hal membantu dan menolong itu tak terbatas pada sesama di alam nyata. kita hrs lebih arif dan bijaksana lagi, krn begitulah interaksi manusia sesungguhnya meliputi 2 dimensi. hubungan kita dgn yg gaib dalam batas pergaulan, interaksi, dan saling menghormati atas kesadaran sama2 sbg makhluk ciptaan Tuhan. jangan sampai kita sombong merasa menjadi makhluk paling mulia/sempurna, hanya karena punya akal. karena akal ibarat pisau bermata dua. manusia akan mulia karena akal budinya tdk dikuasai nafsu. tapi manusia akan mjd makhluk paling hina di dunia apabila akal budinya dukuasai nafsu angkara. ya, lebih hina dari binatang, sebab binatang tak punya nafsu dan akal budi. hanya naluri saja.

  3. pengalaman yang luar biasa.

  4. Ass.wr.wb

    Nuwun sewu mas sabda,mungkin saya sangat ketinggalan membaca post saudara.
    Tapi sungguh’ itu pengalaman yg luar biasa.

    Berawal dari ketiadaan menjadi Ada dan kembali menjadi Tidak Ada. Hanya kepada Allah Azza wa Jalla segala sesuatu akan kembali.
    Innallillahi wa Inna Ilaihi Rojiun.

    Sebelumnya saya minta izin untuk membaca pengalaman’ saudara.

    Wass.wr.wb

  5. ini pada ngomongin apa sih yakz..?

  6. Ho’oh podho ngomongin apa yaa ?

  7. pengalaman yg luar biasa mas……1400 tahun yg lalu jaman kerajaan apa yach??

  8. 1400th y.l. jaman kerajaan kalingga,jepara dipimpin ratu shima

    ===============================
    hehehe, betul Mpu, ..btw ini namanya kita reuni lagi Mpu…. :)

  9. Assalaamualaikum…Salam kenal & salam sejahtera buat anda.

  10. subhanallah…benar2 pengalaman yg luar biasa..! Kebetulan skali aku warga jepara,memang sekitar 14 abad yg lalu konon ada kerajaan yg dipimpin oleh ratu shima tepatnya sekitar jepara utara yg memang sampe skrg masih menyisakan peninggalan 2 berharganya baik yg sdh ketangan manusia maupun yg mengambang,…smoga pengalaman anda smakin mempertebal keimanan kita pada allah dzat yg maha suci.

  11. Saya punya jenglot…. jika berminat bisa anda beli. Juga saya sedia anakan kidungan, harganya murah, untuk jenglot: 15 juta dan untuk kidungan: rp. 2.500.000,-

  12. asalamu alaikum wr. wb.

    salam kenal, trima kasih atas info yg bermanfaat lagi berharga.

  13. itu cerita pa mimpi yach@
    ===============
    Nalar/rasio (ragawi) yg sering diunggul-unggulkan Barat sebenarnya sangat terbatas kemampuannya untuk mengungkap hukum alam nyata (fenomena) apalagi eksistensi gaib di luar pikiran (noumena) ! Sebaliknya budaya Indonesia sebenarnya telah jauh lebih maju meninggalkan tradisi rasio itu sejak zaman animisme dinamisme. Sayangnya hegemoni tradisi pikir Baratlah yg banyak diserap dan dibanggakan generasi muda

  14. luar biasa mas pengalamannya kang…. jadi pingin ketemuan… ngasu kawruh lebih banyak lagi….

  15. Monggo mas Someone
    Mas someone mudah-mudahan bisa gabung ke undangan di rumah Ki Ngabehi ygl 4 april nanti ya.

  16. Pengalaman yang Luar Biasa…
    Boleh saya Bersaudara dgn Panjenengan…
    Salam..
    =============
    Mas Edi Kristiawan Yth
    Dengan senang hati mas, saya selalu terbuka pada siapapun tanpa membedakan suku, agama, ras. Bisa kontak email sy di forum tanya jawab.

    Rahayu

  17. mohon info kl ada cerita misteri, upacara adat mistik, boleh kita syut tlg info kpd saya untuk onair di tv, dimanapun di seluruh indonesia

    salam misteri,
    JAKATV
    +6014 2343 747
    +62812 9955 654

  18. Assalammualaikum.Wr.Wb. Mas sabda langit(SL) kiranya kita dpt bertemu lewat dunia maya ini ya mas.Saya ini sibodoh yang lagi mencari jawab atas misteri yg selama ini sy cari.Sudi kiranya panjenengan mau berbagi pengalaman dgn saya.Oh iya buat sabda66 sepertinya juga pernah kunjung kesini.Salam rahayu mas sabda66.Saya juga setuju mengenai pandangan SL mengenai BK atau jenglot tapi agak sedikit berbeda tapi namanya juga sibodoh jadi mohon dimaafkan jika ada yang salah.BK dan JENGLOT menurut bentuk fisik mempunyai bentuk berbeda BK lebih cenderung ke arah manusia dengan wajah hampir menyerupai golongan jin yang mengaplikasikan hasil pemanfaatan fantasi dari otak manusia hingga melahirkan cerita tentang perwujudan karuhun di suatu tempat yingit dan angker,tentunya dgn bumbu2 mitos,sedangkan JENGLOT lebih berbentuk menjelma sebangsa setengah binatang setengah manusia biasanya tergantung ilmu yang dia miliki semisal harimau dan ular.Tapi dari segi perjalanan ritual dalam mendapat keilmuan ada yang pasti yang paling menjurus yaitu kearah perjanjian kepada ghaib nakal tergantung perjanjiannya biasanya untuk keabadian raga (bukan jiwa) dan yang akhirnya mendapat laknat allah sehingga menjadikan raga tak diterima bumi dan jiwa menunggu dialam ghaib sampai akhir zaman nanti untuk menemani iblis dan kroninya menuju neraka akan tetapi jiwa bisa disempurnakan tapi atas seizin allah mungkin seperti kasus yang SL alami mohon maaf bukan saya tidak percaya tapi saya hanya ingin bersikap netral.Demikian saja dahulu takut banyk bicara nanti jadi tong kosong nyaring bunyinya salam kenal dari saya.Mungkin nanti bisa kita share lagi dalam waktu dan topik yang berbeda.Khususnya tentang barang antik yang banyak dicari oleh para petualang benda ghaib antik seperti MD,SAMURAI JEPANG,RANTAI BABI,KANTONG MACAN.Jika berminat menjalin silaturahmi dgn sibodoh ini sudi kiranya hubungi di joankhyouga@gmail.com.Wassalam.

  19. Salam kenal kmbali saudara Sibodoh Yth.
    Senang berjumpa dgn anda yg bnyak referensi. Terimakasih atas masukannya, mungkin perlu ada pembakuan resmi dlm perbendaharaan kata sukur2 oleh EYD dan lembaga bhs Ind. Minimal pembakuan nama scr resmi utk kalangan pecinta benda pusaka /unik/antik. Krn selama ini istilah2 semacam itu hanya berdasarkan kebiasaan & budaya masy setempat yg berkembang dari mulut ke mulut.
    Silahkan share via email saya Kang. Ada di media tanya jwb.
    Salam sejati

  20. soal jenglot saya percaya dgn asumsi begini klo nda salah dalam hadist/qur’an di terangkan Bumi tidak menerima jasad orang yg musrik.jenglot itu asal nya sebesar tubuh normal orang dewasa karena tidak di terima bumi maka jasad nya utuh lama2 akhir nya me ngecil lalu hilang.dugaan jenglot dari besar mengecil bisa di benar kan dgn kejadian kira2 waktu nenek saya R.E Asmaraningsih masih 10 Th ketika magrib di daerah babakan tereup ujung berung di kagetkan ada tanah kuburan longsor setelah di gali warga ada Batara karang ukuran kira2 se ukuran anak 10 th kuku rambut nya panjang dan sempat di tawar oleh seseoarng dgn harga yg sangat mahal tapi ahir nya oleh pihak keluarga di bawa pulang ntah kemana.sekian cerita nyata dari saya

  21. Assalamu’alaikum

    Singkat saja kami sekeluarga sedang ditimpa musibah ekonomi yg dahsyat..selidik punya selidik bapa sy sepertinya berurusan dg Jenglot / BK sepertinya sedang berbisnis barang2 ghaib dan sudahkurang lebih 150 jt utangnya..bgmn supaya bapak sy bisa disadarkan kembali..”pegangan” bp susah dicabut oleh beberapa orang bisa yg ingin menolong kami..tolong sy email/ym ke sutantoi@yahoo.com

  22. mass, alamat facebookke panjenengan nopo nggeh?kulo bade sinau kamanungsan kaleh panjenengan…facebookke kulo taufikakbar86@yahoo.com

  23. kathah manungso ingkang kesupen dhumateng sinten sejatine manungso, tanpo emut dhumateng Gusti Allah.

  24. Salam kenal . Mas Sabdo langit nyuwun pangapunten, mohon ijin untuk mencetak tulisan2 ini untuk saya sampaikan ke teman2 dirumah untuk pengetahuan semoga dapat menambah Ilmu dan wawasan karena banyak orang perlu penjelasan sesuatu tapi tidak punya tempat bertanya, dan saya rasa tulisan mas Sabdalangit sangat membantu untuk menjawabnya. Mohon keiklasannya dan doakan semoga bermanfaat bagi kami. Dan bila berkenan mohon bimbingan melalui email saya ini. Maturnuwun sanget dumateng panjenengan mugio Gusti Alllah paring pangapunten dumateng kito sedoyo.

    • @Setiono Yth
      Silahkan Mas Setiono, mudah-mudahan tulisan sederhana ini ada manfaat buat para dulur semua. Sebisa yg saya lakukan, saya akan ada tut wuri handayani kpd panjenengan dan rekan-rekan. Silahkan kirim e-mail ke saya (ada di media tanya jawab), akan saya bantu sebisa saya.

      salam asah asih asuh

  25. Salam kenal Mas Sabda Langit.

    Kisah jenglot ini memberikan hikmah kepada kita semua, bahwa dalam menuntut ilmu laduni jangan salah arah, karena tujuan kita sebenarnya hanyalah Allah. Sebenarnya apabila kita sudah bisa memasuki alam rasa dalam kesadaran jiwa dan roh, dapat mengingat dan merasakan kembali ketika kita mati dalam kehidupan terdahulu, ketika kita memasuki lorong cahaya dan ditempatkan dalam alam peralihan (alam yang terang apabila perilaku kita di dunia baik, dan alam yang gelap/siksa apabila di dunia, perilaku kita jahat), dan ketika kita dipersaksikan di hadapan Allah untuk dilahirkan kembali.

    Kita juga dapat melihat bagaimana perilaku diri kita dalam beberapa kehidupan kita terdahulu. Pada beberapa kasus yang saya temui, umumnya orang-orang akan menjadi semakin baik dalam mengenal Allah dalam setiap kehidupannya. Karena siklus kehidupan dan kelahiran (reinkarnasi) ini sebenarnya ditujukan sebagai proses pembelajaran kepada jiwa dan roh untuk lebih mengenal, mendekatkan diri dan kembali seutuhnya kepada Allah swt (Yoga).

    Untuk kasus jenglot ini adalah kasus dimana dia tidak dapat kembali ke alam kematian. Artinya selama 1.400 tahun waktu dia terbuang sia-sia. Dia tidak diterima di alam kematian dan juga tidak diterima di alam dunia. Proses reinkarnasi dan pembelajaran diri untuk lebih mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah swt. berhenti. Naudzubillahimindzalik, sungguh dia menjadi orang yang merugi.

    Namun Kasih Allah memang tidak ada batasnya, rasa penyesalan dari Mpu Suno didengar oleh yang Maha Mendengar. Dia memberikan hidayah kepada Mas SL dan istri Mas SL untuk membantu Mpu Suno kembali ke proses yang seharusnya. Alhamdulillah.

  26. ass ki sabdo BK/jenglot ini satu atau banyak, kenapa baru sekarng2 ini muncul tidak seperti gondoruwo atau pocong terima kasih sebelumnya…

  27. BK jumlahnya sangat banyak mas. Sebanyak orang yg gegulangan ilmu karang di zaman dulu. Mungkin ada kaitan dgn faktor alam yg mendukung, shg saat ini banyak sekali jenglot ditemukan.

    Rahayu

  28. Saya mengenal wacana tentang si BK tersebut saat berada di Jogja, di sebuah pameran Supranatural yang digelar di gedung …. (lupa tepatnya, di dekat IAIN Sunan Kalijaga). Tanya sana sini, maklum ki… wawancara untuk sebuah media Mistik. Sama persis deskripsi dengan BK yang Panjenengan sampaikan tadi spt minum gol darah O, dll… saat itu pemilik BK-nyanya orang Surabaya. Katanya, dia dapatkan BK itu dari daerah Blitar Jatim saat meditasi.

    Sepakat bahwa makhluk yang halus harus “disempurnakan ” agar bisa diterima makhluk Bumi. Sayangnya, banyak dari makhluk halus tersebut yang meskipun telah berdoa berkali-kali namun belum diijabahi Gusti dan masih kebingungan mencari jalan pulang yang abadi.

    Saya punya kisah kecil, suatu saat saat saya berada di gubuk di Jogja saya mendengar suara agar segera meluncur ke jalan kaliurang arah Gunung Merapi. Saya pun menuruti kehendak nurani saja, dan sampai disebuah sungai yang berbatu tiba-tiba sepeda motor yang saya tumpangi berhenti.

    Samar terdengar suara seorang makhluk halus perempuan (jenis jin seorang ibu) yang minta pertolongan ada salah satu anaknya sakit. Singkatnya, saya pun berdoa agar anak tersebut sehat secepatnya. Akhirnya, atas ijin Tuhan, saya pun diperkenankan pulang. Beberapa hari kemudian, setelah saya pantau terus keadaan keluarga Jin tersebut, akhirnya si anak sembuh.

    Itulah dunia gaib yang penuh misteri dan kita berada di pusaran warna-warni kegaiban yang tiada berhingga. Semoga kita semua selalu diberkahi sikap ELING dan WASPADA.

    Salam asah asih dan asuh.

  29. Kebetulan sy pernah juga berurusan dgn jin spt pengalaman Ki Wongalus. Waktu itu sy sdg banyak kerja lembur pulang tiap jam 23 selalu melewati kompleks PI kearah deplu. Dua kali ketemu jin bersila sambil memangku anaknya yg sakit. Posisi di trotoar dpn rmh mewah PI. Stlah dua kali ketemu nggak tega juga utk tdk menolongnya. Ternyata cpt sembuh dari dugaan semula.
    Setuju Ki Wongalus, makhluk gaib teramat kompleks utk dijabarkan.
    Salam asah asih asuh.

  30. Ass.wr.wb. Kulonuwun,met kenal ya bapak. Mau minta pendapat nich,teman saya kok disuruh kyainya cari barang anti cukur,atau BK skalian,katanya mau di proses,buat menghasilkan uang,kiayi bilang buat membangun pondok psantrennya. Apakah syah bila uang tsbt digunakan buat membangun?dan apabila BK dan pemroses sudah ada kesepakatan dan BK mau menghasilkan uang,uang tersebut digunakan buat kebutuhan sehari2,apakah ada dampak negatif pada pemakai uang itu,jadi celaka misalnya.Padahal si kyai tadi sudah berkata kalo itu syah dan tidak berdampak apa2,betul apa tidak yg dikatakan kiayi itu? Nyuwunsewu saya yg awam ini minta pencerahan lan pendapat saking panjenengan. Kalo ada kata yg salah nyuwun agungeng pangarsami.Wass.wr.wb.

  1. Ping-balik: Jika Asia Tenggara jadi Middle Earth , Nostalgia Lord of The Ring « Anton Belajar Menulis

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 937 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: