Ratu Adil semakin dekat

Eyang Sabdapalon-Eyang Noyogenggong,

Satria Piningit, Ratu Adil

Prakata

Saya salut terhadap segenap upaya generasi bangsa saat ini yang peduli dengan nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal (local wisdom) yang pada zaman dahulu pernah mengantarkan bumi Nusantara meraih kejayaannya. Tampak geliat semangat ada pada para generasi muda bangsa yang gigih menelusuri jejak sejarah kebesaran para leluhur bumi putra bangsa besar ini. Bagaimana kita dapat menghargai bumi Nusantara jika kita buta dan tidak mau peduli apa yang terjadi di zaman dulu, apa dan bagaimana saja perjuangan para leluhur besar di masa silam.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa rekam jejak sejarah bangsa Indonesia mengalami berbagai upaya pemalsuan sejarah. Dengan tujuan dan alasan tertentu, yang positif maupun negatif. Misalnya untuk menyamarkan agar tidak terjadi pengrusakan dan pemusnahan. Namun tampaknya banyak pula upaya pemalsuan sejarah dengan tujuan untuk menghapus akar sejarah dan jati diri suatu bangsa. Jika jati diri suatu bangsa menjadi lemah dan tidak jelas, tentu bangsa itu pun akan menjadi bangsa yang lemah dan terombang-ambing dalam dinamika dunia. Menjadi bangsa primitif, tidak mempunyai prinsip tegas dan jelas, serta menjadi bangsa miskin. Bangsa yang kehilangan arah dan tujuan, karena selalu minder tak ada sesuatu nilai orisinil bisa dibanggakan. Nasionalisme pun akan menjadi lemah kemudian benar-benar runtuh.

Bagaimana ‘jiwa dan raga’ bangsa ini akan sehat sentosa, sementara konstruksinya terdiri dari ‘daging dan darah’ yang kotor, busuk, bau dan banyak penyakit. Berkali-kali saya pribadi melihat suatu kebenaran sejarah yang membuktikan keagungan penduduk asli Nusantara dalam spiritualitas, seni, budaya, politik dan ekonomi, tetapi sengaja maupun tidak justru ditutup-tutupi dengan ‘cadar’ agama, bahkan dengan dengan kekerasan fisik, ancaman-ancaman dogmatis, dengan tindakan-tindakan anarkhis, dengan kekuatan dan kekuasaan yang legal maupun ilegal. Banyak pula yang berani mengklaim diri sebagai pahlawan yang mengaku paling suci dan dijamin menjadi ahli syurga, dan mengaku pembawa ‘obor’ kehidupan dilengkapi dengan bom penghancur ‘dunia kegelapan’, serta mengaku sebagai pembawa ‘tongkat’ penegak kebenaran. Di mata masyarakat, tindakannya hanya mengesankan sebagai wujud tindakan jahiliah/bodoh dengan disertai wajahnya yang menyiratkan nafsu angkara murka.

Ironis sekali. Jika tradisi dan budaya luhur moyangnya sendiri dianggap sebagai sumber kesesatan, musyrik, syirik. Untuk itu budaya adiluhung sendiri harus dihina-hina dan dihancurleburkan agar tidak mengganggu sepak terjang para pengaku ‘utusan’ Tuhan. Sebagian penduduk lokal justru lebih menghargai nilai-nilai tradisi, budaya, dogma, yang diimpor dari leluhur bangsa lain. Lebih suka ngemut kerikil dari pada ngemut gula Jawa.

Meskipun demikian berbagai tindakan intimidasi dan provokasi tidak pernah membuat orang menjadi bergidik untuk kembali menelaah nilai-nilai kearifan lokal atau nilai luhur budaya Jawa, Tradisi leluhur kita sendiri yang terbukti pernah membawa pada era kejayaannya.

Sudah menjadi rumus-rumus yang tercantum di dalam hukum alam, (baca : kehendak Tuhan), bahwa kebenaran tak pernah bisa dikalah oleh kejahiliahan. Sekalipun kebenaran itu datang terlambat. Jika sudah tiba saatnya Tuhan berkehendak, maka tampaklah yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Hanya saja, tugas manusia harus eling dan waspada, sebab datangnya kebathilan, kebodohan, kejahatan, kedengkian, kemunafikan kadang lahir justru dari pemikiran-pemikiran fanatik, tekstual dogmatis, kedangkalan fikir, bahkan unsur manipulasi dalam memahami berbagai macam kitab suci apapun namanya. Jika penelaahannya mengesampingkan anugerah Tuhan paling besar yakni akal sehat, jiwa yang bening, hati yang bersih, –atau malah memanipulasinya untuk kepentingan kelompok, golongan dan melegitimasi suatu tindakan brutal dan anarkhis–, niscaya agama dengan dogma-dogmanya menjadi senjata canggih penghancur rumus-rumus Tuhan dan tatanan keselarasan dan sistem keseimbangan di planet bumi ini. Orang jaman sekarang tampak kesulitan membaca tanda-tanda kebesaran (bahasa) Tuhan. Orang tidak menyadari bahwa kebenaran bisa datang dari mana saja asal muasal sumbernya. Tidak selalu melalui dogma agama dan kitab suci, tetapi langsung dari Tuhan melalui bahasa alam yang tersirat dalam gerak-gerik seluruh mahluk penghuninya. Sayangnya, sebagian orang lebih sering menafikkan atau mengingkarinya secara sinis dan membabi buta. Mudah-mudahan seluruh pembaca yang budiman tidak termasuk tipikal manusia tersebut. Agar tidak bodoh dan hidup sesat, maka dalam khasanah spiritual Jawa dianjurkan kepada setiap orang untuk arif dan bijaksana dalam membaca tanda dan gejala alam, sehingga manusia bisa memahami maksud dan kehendak Tuhan, (Jawa:nggayuh kawicaksananing Gusti).

Wirayat Gaib

Menyibak misteri siapa sejatinya sang tokoh kembar bersaudara Sabdopalon dan Noyogenggong. Banyak analisa dan penafsiran yg mendekati pemaknaan yg masuk akal dan dapat menjelaskan secara rinci kronologi dan eksistensi Sabdapalon-Noyogenggong. Prediksi-prediksi atau ramalan yang ditulis sejak zaman dahulu seperti dalam serat Kalatida R Ronggowarsito, Jongko Joyoboyo ing Kadhiri,  KPH Cakraningrat, ISKS PB III,IV (serat Centini) dan PB VI berupa sanepan/cangkriman/ tebakan yg sulit ditafsirkan secara harfiah/wadag semata melainkan hrs melalui olah batin yang mendalam. Kecuali KPH Cakraningrat ada juga yg lebih lugas ditafsirkan yakni dalam serat Wedhatama karya Gusti Mangkunegoro IV dan Babad Centini sejak PB III s/d PB V, lebih eksplisit anda dapat meraba-raba siapa sebenarnya Sabdapalon & Noyogenggong.

Beliau Sabdapalon dan Noyogenggong bukanlah Satrio Piningit (SP)seperti disebut sebagian orang. Beliau berdua entitasnya sudah ada sejak 2500 tahun lebih, tentu saja sebelum dialektika misteri SP muncul dalam satra-sastra kuna. Beliau adalah sosok pamomong, pembimbing para Raja besar Nusantara, perannya sebagai penasehat, pelindung sekaligus guru spiritual para Raja-raja besar di Nusantara. Beliau bukan pemimpin atau raja tetapi sosok yang selalu mengasuh (Jawa:momong) kepada setiap raja-raja besar di bumi nusantara. SP konotasinya adalah kesatria yang berperan sebagai pahlawan atau pemimpin spiritual dan negarawan namun statusnya sebagai ksatria sulit disangka diduga. Sebelum beliau memimpin bangsa figurnya sulit terekspose oleh masyarakat umum, kecuali orang yang memiliki mata batin tinggi. SP tidak lain adalah Ratu Adil (RA). SP atau Ratu Adil adalah kesatria yang amat tersamar jati dirinya, maka disebut juga Satrio Piningit. Beliau TIDAK AKAN PERNAH MENGAKU (mengklaim) kepada khalayak apalagi mengekpose dirinya di depan publik sebagai Satrio Piningit atau Ratu Adil. Tetapi orang lain lah yang akan menjulukinya, karena seluruh karakter pribadi dan perjuangannya sesuai dengan misi sang Kalipatullah Paneteb Panatagama, Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu, Ratu Adil Herucakra, yang tanda-tandanya telah diungkapkan lebih dahulu dalam prediksi-prediksi kuno. Ratu Adil akan menjadi asuhan penasehat/pembimbing/dahyang para raja-raja besar dan pengasuh seluruh manusia Jawa yakni Sabdopalon dan Noyogenggong. Jadi konsep Sabdopalon-Noyogenggong, dengan Satrio Piningit atau Ratu Adil konsepnya berbeda, berdiri sendiri tetapi memiliki untaian atau rangkaian peranan yang sangat erat. Kehadiran mereka dikiaskan sebagai kepanjangan tangan Tuhan (kalifatullah), pemimpin (imam mahdi/messiah/ herucakra) yang bersifat universal meliputi seluruh agama, bangsa, suku, ras, golongan dalam upaya penyelamatan bumi khususnya bumi nusantara.

Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang konsep Sabdapalon-Noyogenggong. Tetapi akan mengupas makna dalam kiasan sastra kuno, tentang misteri SP atau RA dan kaitannya dengan Sabdapalon-Noyogenggong serta tanda-tanda zaman akan kehadirannya. Puji syukur kepada Tuhan YME, setelah melalui ‘laku’ spiritual yang sangat lama, Sabdalangit telah memperoleh sedikit sekali gambaran dan jawaban atas misteri besar tersebut.

Ratu Adil Berbeda figur dan person maupun konsep dibanding Sabdopalon-Noyogenggong. Ratu Adil juga memiliki konsep sendiri yang jelas. Ratu adalah sosok atau tokoh jenis kelamin perempuan yang menjadi ‘raja’ atau pemimpin, atau negarawan. Menjadi ‘ratu’ atas bangsa ini, dengan dasar sikap adil paramarta, hambeg lakutama, bèrbudhi bawaleksana, dikenal sebagai senjata trisula wedha) dan ‘pedang katresnan‘ sangat tajam berupa niat suci, dengan lautan kasih sayang. Bernaung di bawah payung kuning (kebenaran). Ratu adil berasal dari gunung srandil artinya puncak keprihatinan, topo broto, topo ngrame, loro wirang.

Berada di dalam kandungan/rahim ibu selama lebih dari telung podho (3 bait, maksudnya sewindu atau 8 tahun) untuk menggenapi tapa brata-nya. Jiwanya telah digembleng oleh para leluhur besar bumi nusantara. Ratu adil dari “tanah arab” (kebetulan KTP Islam) yang menegakkan ‘gama budi’.  Gama-budi bukan berarti secara harfiah adalah agama Budha, tetapi menjunjung tinggi budi pekerti luhur. (lihat; Betal Jemur Quraisin Adammakna/kitab Betal Jemur jilid 7). Kelak bumi nusantara akan adil, subur, makmur, menjadi ‘kiblat’ mercusuar dunia. Pada saatnya nanti masing-masing suku bangsa akan menghidupkan kembali nilai kearifan lokal (local wisdom) dan membuat hidup lagi budaya warisan leluhur bumi Nusantara yang pernah mengalami masa jayanya di masa silam. Perbedaan suku, ras, agama justru menjadi bahan untuk membakar semangat Bhineka Tunggal Ika, bersama-bersatu di atas ragam perbedaan, bermuara pada keutuhan dan kesatuan bangsa, di Bumi Nusantara.

Ciri-ciri Ratu Adil

  1. Ratu Adil: ratu memiliki makna seorang perempuan pemimpin nan cantik luar dalam, adil dan bijaksana sebagai pemimpin bumi nusantara menggapai kemakmuran, kesejahteraan,  ketenteraman dan kebahagiaan.
  2. Seorang yang memakai Nama Tua ; bukan berarti sebutan spt embah, ki, kyai, dst, melainkan nama tua yang sesungguhnya spt misalnya ‘Sekar Kedaton …..’
  3. Senjata Ratu Adil; Pedang sirulah/sir sejati atau (pedhang katresnan) rahsa sejati, senjata ratu adil antara lain berupa ‘pedang sangat tajam’ berupa niat suci dan lautan kasih sayang kepada sesama tanpa membedakan apa agamanya, suku bangsanya, ras dan golongannya.
  4. Di bawah payung kuning; payung kuning adalah lambang kemuliaan dan keluhuran budi pekerti. Juga bermakna keberanian yang berpijak pada suatu kebenaran universal.
  5. Lumuh bandha; walaupun Ratu Adil kelak merupakan sosok yang sukses ekonominya dan makmur, sejahtera, tetapi hidupnya tidak gila harta, justru dengan kekayaannya akan didermakan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan, sebab Ratu Adil gemar membantu orang-orang yang menderita, kesusahan dan kesulitan.
  6. Kalipatullah panetep panatagama; lahir di bumi nusantara untuk mengemban amanat Roh Jagad Agung (Hyang Jagadnata), sebagai pemimpin yang memberikan banyak pelajaran tentang makna hidup yang sejati. Untuk diimplementasikan di bumi (Nusantara. agar supaya manusia mampu memahami makna sejatinya dari agama. Pemahaman agama yang mendalam akan menumbuhkan rasa saling menghargai, bahu membahu, serta membantu seluruh umat beragama agar dapat memahami apa hakikat sesungguhnya agama itu sendiri, sehingga tidak ada lagi konflik antar agama, primordialisme, rasisme, sikap hipokrit. Minimal di bumi nusantara.
  7. Bayi calon Ratu adil dilahirkan oleh seorang ibu yg rambutnya sudah keluar uban, didampini dua bayi laki-laki yg  wajahnya tampan rupawan  sebagai saudara kembarnya. Bayi calon ratu adil lahir dari rahim ibu sekaligus kembar tiga (triplet), satu perempuan di tengah yang dua laki-laki sebagai kakak dan adik kembarnya. Kakak kandung Ratu Adil, sejak masih di dalam rahim ibu sudah terdapat tanda-tanda memiliki talenta luarbiasa dalam bidang medis, sedangkan adik kandung ratu adil, sejak masih di dalam rahim ibunya pula telah memiliki keajaiban super jenius yg kemampuan otaknya tidak bisa diukur. Kelak, sejak lahir ketiganya menjadi aset bangsa Indonesia yang akan mampu membawa kemakmuran dan keadilan seluruh rakyat.
  8. Ketiga bayi tersebut, sejak lahir (bahkan sejak dlm kandungan ibu) sudah bisa berkomunikasi dgn ibu dan bapaknya. Sebagai persiapannya menjadi aset besar bangsa dan calon penyelamat bumi nusantara, ketiganya digembleng sejak masih di dalam rahim ibunya tentang berbagai ilmu pengetahuan dan ilmu ‘linuwih’. Karenanya Ratu Adil sejak lahir sudah membawa talenta dan kemampuan luar biasa dalam hal ilmu agama, kesaktian, joyokawijayan, olah kanuragan (beladiri), kawaskitan lahir batin yg sangat tinggi, arif bijaksana, luhur budi pekertinya (sebagai warisan dari ibunya). Ratu adil memiliki keahlian dlm bidang tatanegara, politik, hingga kesenian misalnya beksa atau menari, seni tembang jawa, dan pandai pula dalam tataboga.

Sejak masih di dalam kandungan rahim ibu, badan halus dan sukmanya, sudah digembleng oleh para leluhur Ratugung Binatara, eyang-eyangnya sendiri dari kalangan priyayi dan bangsawan (garis keturunan dari sang ibu) yang dahulu menjadi Natapraja Ratu Gung Binatara. Dengan materi pelajaran meliputi ilmu kesaktian, kedigjayaan, tatanegara, hukum, politik, ekonomi, kesenian (menari dan tembang), memasak. Materi pelajarannya termasuk di antaranya serat Wulang Reh, Wulang Sunu, sejarah, berbagai macam suluk, kitab Wedhatama, Babad Centini, Pangreh Praja dan masih sekian banyak lagi kitab-kitab Jawa masa lampau. Keluhuran budi pekerti Ratu Adil diperoleh dari ibunya yang telah banyak sekali mengajarkan tentang keluhuran budi pekerti dan kebersihan hati sejak masih di dalam kandungan. Calon Ratu Adil juga mendapat bimbingan oleh para leluhur garis keturunan dari bapaknya yang dari kalangan rakyat biasa sekaligus  keturunan kyai, meliputi kesaktian, sipat kandel, diajarkan pula hakikat dari semua agama yang ada di bumi Nusantara. Sukma calon Ratu Adil, atas kehendak Tuhan YME, sudah dipersiapkan dan direstui oleh para leluhur besar bumi nusantara, termasuk para raja dan seluruh ratu/raja dari jagad gaib, di antaranya Kanjeng Ratu Kidul, Betara Kala, serta seluruh pembesar dari jagad maya di seluruh bumi nusantara memberikan doa dan memberikan restu kepada Calon Ratu Adil untuk kelak menyelamatkan dan memimpin bangsa ini menuju masa kejayaannya kembali.

PREDIKSI; mata batin RAHSA SEJATI

Untuk meminimalisir terjadinya berbagai kontroversi dan kesimpangsiuran, sejenak Saya mengulas tentang sejatinya Kanjeng Ratu Kidul. Beliau entitasnya sebagaimana manusia adalah tetap sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Beliau sangat religius, arif bijaksana, juga menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beliau bukan jin, bukan siluman, bukan sebangsa setan. Kanjeng Ratu Kidul adalah titisan dari bidadari yang diizinkan Tuhan menjadi ratu jagad maya pesisir selatan. Tuhan menciptakan entitas Ratu Kidul supaya menjadi bandul keseimbangan antara alam gaib dan alam nyata. Semestinya antara manusia dengan makhluk gaib, membangun sinergisme; dengan saling “silaturahmi”, menghargai, memiliki hubungan simbiosis mutual, serasi dan harmoni dalam bahu membahu menjaga alam semesta dari kerusakan. Manusia dengan makhluk gaib pada arasnya dapat saling melengkapi, saling mengisi kelemahan masing-masing. Tetapi manusia sering takabur, merasa sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna sehingga lebih suka menyia-nyiakan, menghina, aniaya, dan merendahkan, terhadap makhluk gaib (yang juga ciptaan Tuhan) secara pukul rata. Padahal kesempurnaan manusia hanya tergantung akalnya saja. Bila akal digunakan untuk mendukung kejahatan bukankah manusia tidak lebih mulia daripada binatang yang paling hina sekalipun.

Tidak seluruh makhluk gaib itu berkarakter jahat, seperti halnya manusia ada yang berkarakter jahat, suka mengganggu, tetapi ada yang berkarakter baik pula. Tetapi makhluk gaib terlanjur sering menjadi kambing hitam, oleh  manusia-manusia “jahat” agar dapat berkilah bahwa mereka melakukan kejahatan karena ulah “si setan”. Bukankah, manusia akan menjadi lebih bijaksana jika mengatakan bahwa manusia melakukan kejahatan karena menuruti hawa nafsunya (NAR/api/ke-aku-an) sendiri yang menjelma menjadi ’setan’. Pembaca yang budiman dapat saksikan sendiri, bilamana bulan suci tiba, setan-setan dibelenggu, tapi kenapa pada bulan puasa tetap saja banyak kasus korupsi, pembunuhan, maling, rampok, penggendam, penipuan, bahkan pernah saya melihat ada orang kesurupan, pernah pula melihat ‘penampakan’!? Mungkin manusia salah mengartikan, setan yang dibelenggu tidak lain adalah nafsu negatif kita sendiri. Dan yang membelenggu hawa nafsu negatif (NAR) tidak lain menjadi tugas kita sendiri, dengan borgol berujud jiwa yang suci (NUR) atau an nafsul mutmainah, dengan artikulasi akal dan budi pekerti yang luhur.

Berbeda dengan konsep Kanjeng Ratu Kidul, adalah Betara Kala disebut-sebut raja makhluk gaib dari ‘dunia kegelapan’. Sebutan itu muncul karena Betara Kala mencari korbannya yakni manusia. Tetapi seyogyanya jangan terburu-buru pada kesimpulan bahwa Betara Kala merupakan makhluk jahat dari dunia gaib yang ‘hitam’. Karakter ‘jahat’nya, karena Betara Kala hanya menjalankan titah atau kodrat Tuhan, sebagai eksekutor/algojo bagi orang-orang  yang melawan kodrat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan termasuk eksekutor bagi orang yang melanggar paugeran dan wewaler. Peranan Betara Kala sama halnya dengan Kanjeng Ratu Kidul sebagai penyeimbang antara jagad kecil dan jagad besar. Membangun sinergisme antara dunia manusia dengan dunia makhluk gaib. Jika manusia mempercayai peran-peran tersebut, manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari justru membangun sikap religius, kita menjadi lebih hati-hati dalam menjalankan roda kehidupan yang penuh “ranjau”. Manusia selalu menjaga diri dengan sikap eling lan waspada. Semakin banyak orang lupa diri; tidak eling waspada, suka melanggar wewaler,  maka cepat atau lambat Tuhan pasti memberikan azab, baik dalam bentuk bencana kemanusiaan maupun bencana alam di bumi nusantara.

Sekalipun saat ini semakin banyak orang-orang yang tampak sangat religius, mengaku sebagai pahlawan agama, jago ceramah, namun banyak pula di antara mereka yang sesungguhnya amat dangkal pengetahuannya, ilmunya sebatas “kulit”. Golongan ini tak menyadari jika sedang kekenyangan makan ‘kulit’(syari’at) saja. Selanjutnya muncul gejala semakin gencar manusia tampil sebagai pembela agama baik dengan menghalalkan cara-cara kekerasan maupun pedagog verbal. Semakin banyak jumlah orang-orang yang seolah-olah soleh-solehah, giat pergi ke tempat ibadah, tetapi semakin banyak pula mereka terbukti melakukan perbuatan keji, korupsi, selingkuh, merampok hak orang lain, memperkosa, mencuri, menipu, mencelakai orang, pagar makan tanaman. Tentusaja mereka melakukannya dengan kesadaran sambil mencari-cari dalil yang mengada-ada sebagai alasan pembenar. Kesalahan kecil dibesar-besarkan, namun jelas-jelas kejahatan besar tidak dihiraukan.

PERTANDA KEDATANGAN CALON SATRIA PININGIT

Jangkajayabaya; Sabda Gaib

Babon asli kagunganipun Dalem Bandara Pangeran Harya Suryanegara ing Ngayugyakarta

Sinom

Wirayat kanthi dahuru, lalakone jaman wuri, kang badhe Jumeneng Nata, amengku bawana jawi, kusuma trahing Narendra, kang sinung panggalih suci.

(Tanda-tanda dengan diawali munculnya huru-hara, kejadian zaman nanti, yang akan menjadi Pemimpin di tanah Jawa (Nusantara), seorang keturunan raja, yang memiliki hati suci.

Ing mangke karseng Hyang Agung, taksih sinengker marmaning, akeh ingkang katambuhan, mung kang para ulah batin, sinung weruh dening pangeran, iku kang saged mastani.

(Di saat nanti, sudah menjadi kehendak Tuhan Maha Agung, tetapi sekarang masih di dalam tabir rahasia Tuhan, banyak orang tidak mengetahui, hanya orang yang mau mengolah batinnya, diijinkan Tuhan mengetahui (sebelum terlaksana), itulah orang yang tiada diragukan lagi)

Dene wontene dahuru, sasampune hardi Mrapi, gung kobar saking dahara, sigar tengahira kadi lepen mili toya lahar, ngidul ngetan njog pasisir.

(Sedangkan munculnya huru-hara (ditandai) setelah Gunung Merapi berkobar hebat (meletus) oleh sebab adanya bencana (gempa bumi), (Merapi) terbelah tengahnya seperti sungai, mengalir di dalamnya air (hujan) membawa lahar dingin, arahnya ke tenggara, lahar dingin yang dibawa oleh air, hanyut hingga masuk ke laut selatan.

Keterangan: pertanda ini sudah terjadi pada tahun 2007 lalu.

Glacap Gunung yang bernama Gegerboyo Merapi (punggung buaya) kini tinggal kenangan

ini sebagai salah satu pertanda yang telah diprediksi ratusan tahun silam

gegerboyo

Myang amblese Glacapgunung, sarta ing Madura nagri, meh gathuk lan Surabaya, sabibaripun tumuli, wiwit dahuru lonlona, soyo lami soyo ndadi.

(Pertanda punggung G Merapi (populernya disebut punggung buaya atau geger boyo) amblas/longsor. Serta Surabaya dan Madura hampir bertemu daratan.

Keterangan: Geger boyo runtuh terjadi Mei-Juni tahun 2006 setelah terjadi gempa Jogja, disusul letusan Gunung Merapi yang dahsyat.

Pulau atau wilayah Surabaya-Madura hampir bertemu daratan, sudah terjadi karena jebolnya lumpur lapindo yang dibuang ke selat Madura. Penafsiran lainnya; jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan Madura atau jembatan Suramadu hampir selesai.

Temah peperangan agung, rurusuh mratah sabumi mungsuhe datan karuwan, polahe jalma keha sami, kadi gabah den interan, montang-manting rebut urip. Papati atumpuk undhung,desa-desa morat marit, kutha-kutha karusakan,

kraton kalih manggih kinkin, ing Sala kaleban toya, Ngayugyakarta Sumingkir.

(Setelah itu terjadi konflik besar, kerusuhan merata di seluruh bumi, penyebabnya tidak jelas, tingkah manusia sama saja, bagaikan gabah ditampi, kocar-kacir berebut hidup. Kematian massal terjadi di mana-mana, desa carut-marut, kota-kota banyak terjadi kerusakan, dua kerajaan (Jogja dan Solo) terjadi musibah, di Solo kerajaannya “terendam banjir”*. Yogyakarta tersingkir**.

Keterangan; *konflik antar pewaris tahta antara Hangabehi dengan Tejowulan,

**sementara Keraton Jogja tersingkir karena tidak mendapatkan anak laki-laki sebagai Pangeran Putra Mahkota calon pewaris tahta.

Saat ini sudah terjadi.

Ratunya murca sing Kraton, ngilang kalingan cecendis, sanget kasangsayanira, wus karsaning Hyang Widi, gaib ingkang kelampahan, kinarya buwana balik.

(Ratu/rajanya meninggalkan keraton, kemasyhurannya kalah dengan gaung keonaran para penghianat, semua itu sudah menjadi kehendak Tuhan, gaib yang terjadi, membuat keadaan zaman serba terbalik.

Jangka Jayabaya ; Catursabda

Pethikan seratan tangan

Kangge sambetan jangka triwikrama

Pameca wontening jaman dahuru, tuwin rawuhipun ratu adil panetep panatagama kalipatullah.

Pamecanipun sang prabu Jayabaya ing kadhiri. Kulup ingsun mangsit marang sira, yen ing tembe tanah Jawa wis kesingget-singget saenggon-enggon, desa-desa wus sigar mrapat, pasar-pasar ilang kumarane, kali ilang kedhunge, kereta tanpa turangga, lan ana satriya teka kang putih kulite, saka kulon pinangkane, nuli ana agama tatakonan padha agama.

(Mencermati terjadinya zaman kesengsaraan, hingga kedatangan Ratu Adil panetep panatagama, utusan Tuhan. Kewaskitaan Sang Prabu Jayabaya ing Kadhiri. Anak-anakku, ingsun berpesan (secara gaib) kepadamu, bilamana kelak tanah Jawa (nusantara)telah terpilah-pilah, pasar (tradisional) kehilangan gaungnya, sungai-sungai semakin surut airnya, kereta tanpa kuda, segera datanglah kesatria berkulit putih, dari barat asalnya, sejak itu terjadi perselisihan antar agama)

Apamaneh dhayoh mbagegake kang duwe omah, ana kebo nusu gudhel, endah-endah cacahing gendhing sekar kaendran, sanalika iku wong Jawa akeh kang tesmak bathok, sanajan mlorok ora ndelok, andheng-andheng dingklik,

lah ing kono kulup, ora suwe bakal katon alat-alate kang minangka dadi cacaloning Sang Ratu Adil panetep panata agama kalipatulah utusan kang ngemban dhawuhing Gusti, paribasane sumur marani timba, guru luru murid, prajurit ngunus pedang katresnan,

(apalagi (pertanda) tamu mempersilahkan tuan rumah, orang tua berguru pada yang muda, muncul beragamnya nyanyian dan musik yang populer, seketika itu pula banyak orang Jawa yang berkacamata tempurung (walaupun melotot, tetap tidak bisa melihat), tahi lalat di wajah (yang nyata ada pada diri sendiri tidak dapat diketahuinya), nah di situlah anakku, tidak lama lagi akan mulai tampak tanda-tandanya siapa yang akan menjadi calon Ratu Adil, utusan yang mengemban perintah Tuhan, diumpamakan sumur mendatangi timba, guru berburu murid, prajurit menghunus pedang kasih sayang)

nanging akeh wong-wong kang padha mangkelake atine, nyumpelake kupinge, ngeremake matane.

(tetapi banyak orang-orang yang membuat kesal hati, mentulikan telinganya, dan menutup mata (tidak peduli).

Nanging sapiro anane wong kang melek, padha ngrungu lan padha anggarubyung tut wuri lakune cacala mau mesthi slamet.

(tetapi seberapapun adanya orang yang peduli, mau mendengar, dan mengikuti jejak langkah Ratu Adil, maka mereka pasti selamat hidupnya)

…….awit sadurunge ratu adil rawuh, ing tanah Jawa ana setan mindha manungsa rewa-rewa anggawa agama, dhudhukuh ing glasah wangi, dadine manungsa banjur padha salin tatane, satemah ana ilang papadhange, awit padha ninggal sarengate, dadi kapiran wiwit timur mula.

(….sebab sebelum RA datang, di tanah Jawa (nusantara) muncul “setan” berlagak manusia “berbulu” lebat mengaku pembela agama, menetap di “glasah wangi” menjadikan manusia berganti tatanan, menyebabkan datangnya kegelapan, karena orang-orang meninggalkan tradisinya, lalai sejak masih muda)

Mulane wekas ingsun marang sira, sira kang ngati-ati, krana  gusti sang ratu adil, lagi tapa mungsang ana sapucuking gunung sarandhil,

(Maka pesanku pada kalian, kalian harus berhati-hati, karena gusti sang Ratu Adil baru melakukan penempaan diri dalam ‘pertapaan’nya)

mung gagamane bae golekana kongsi katemu, awit ing tembe bakal ana jumeneng ratu kang padha baguse, padha pangagemane lan iya padha paraupane, lah ing kono para wong-wong padha pakewuh pamulihane, satemah padha bingung,

(..hanya saja, carilah “senjata”nya (RA) sampai ketemu (budi pekerti luhur), sebab kelak bakal ada berdiri ratu yang sama cakapnya, sama pakaiannya dan juga sama wajahnya, nah di situlah orang-orang akan merasa malu sendiri, sebagian yang lain kebingungan (ket: karena orang yang sangka calon SP ternyata bukan).

Keterangan; Cermatilah ciri-ciri Ratu Adil sejati, karena ada yang seolah dianggap sebagai Ratu Adil, padahal ia palsu. Maka banyak orang yang menyangka, lantas menjadi malu dan bingung telah salah sangka.

…nanging luwih beja wong kang wis mangerti kang dadi pangerane, mulane sira kulup, dipoma aja nganti lali marang tetengering sang ratu Adil panetep panata gama.

(…tetapi lebih beruntung orang yang sudah mengerti siapa yang menjadi pemimpin dan panutannya, makanya kalian semua jangan sampai lupa akan ciri-khas atau tanda khusus siapa sang Ratu Adil panetep panata gama).

Dene sira wis ketemu aja nganti sira katilapan, tutu buriya ing satindake lan embunan tumetesing banyu janjam, mesthi slameta langgeng ing salawas-lawas…mung iki piweling ingsun marang sira kulup, poma den estokna.

(jika kalian sudah bertemu (calon SP), jangan sampai kalian terlena, ikutilah jejak langkahnya, pasti selamat, abadi selamanya…hanya ini pesan ku kepada kalian semua, maka patuhilah)

Jangka Jayabaya, pethikan serat tangan

Bilih sampun wonten tandha-tandha ingkang sampun celak rawuhipun calon Ratu Adil;

(Tanda-tanda kehadiran Ratu Adil sudah dekat:

Padha kaping 1

Besuk ing jaman akhir, sawise jaman hadi, ratu Adil Imam mahdi saka tanah Arab meh rawuh, tengarane tatanduran suda pametune, para pandhita kurang sabare, ratu kurang adile, wong wadon ilang wirange, akeh wong padu lan padha goroh, akeh wong cilik dadi priyayi, wong ngelmu kurang lakune lan nganeh-anehi.

(Kelak, pada saat Ratu Adil “imam mahdi” (pemimpin umat manusia) “dari tanah arab” (semacam kiasan: orang asli Indonesia tetapi kebetulan beragama Islam) sudah hampir tiba waktunya, tanda-tandanya adalah; tanaman berkurang hasilnya, para pemuka agama kehilangan watak sabarnya, pemimpin kurang rasa keadilannya, perempuan kehilangan rasa malu, banyak orang bertengkar dan berbohong, banyak orang kecil menjadi priyayi, orang berilmu kurang pengamalannya dan tindak-tanduknya janggal/aneh.

Dene yen rawuhe ratu Adil wis cedhak banget, ana tengarane maneh:

Tanda-tanda jika datangnya Ratu Adil sudah dekat sekali;

1) yen sasi sura ana tundhan dhemit.

(bulan sura ini terjadi pada sekitar Januari-Februari 2007, sebagai bulan sura duraka, di tahun kalabendu; maka banyak musibah dan kecelakaan mengerikan baik di udara, darat, laut (kereta, pesawat, kapal laut, bus, kendaraan)

2) srengenge salah mangsa mletheke.

(awal 2007 matahari terbit setelah jam 06.00 wib; seharusnya terbit mulai jam 05.30 wib)

3) rembulan ireng rupane

(dibarengi dengan kejadian gerhana bulan berturut-turut selama tiga hari, di tiga lokasi wilayah nusantara).

4) banyu abang rupane.

(awal bulan februari 2007 hampir diseluruh  wilayah Indonesia terjadi banjir, airnya keruh berwarna coklat kemerahan, lamanya sekitar 3-5 hari)

Tengara iki telung dina lawase, yen wis ana tengara mangkono, kabeh wong bakal ditakoni, sing ora bisa mangsuli bakal dadi pakane dhemit, sebab ratu adil mau rawuhe anggawa bala jim, setan lan seluman pirang-pirang tanpa wilangan.

(tengara ini 3 hari lamanya, bila sudah terdapat tengara itu, mulai memasuki zaman di mana semua orang akan ditanyai, yang tidak bisa menjawab bakal menjadi makanan makhluk halus, sebab ratu Adil kedatangannya membawa berjuta malaikat, jin dan makhluk halus (siluman) banyak tak terhitung.

Keterangan; semua orang “ditanyai”; dalam arti disodorkan dua pilihan, ingin jalan yang baik dengan mengikuti langkah RA atau memilih jalan kegelapan dengan menentang RA. Yang tidak bisa menjawab, berarti termasuk orang-orang menentang kedatangan RA utusan Tuhan. RA dibimbing dan dituntun (jangkung dan jampangi) berjuta leluhur bumi nusantara (mayuta malekat), sedangkan orang-orang yang melawan RA akan mendapatkan celaka sebagai hukuman tuhan.

Padha kaping 2

Dene pitakone lan wangsulane mangkene;

(Pertanyaan dan jawabannya sebagai berikut)

asalmu saka ngendi = saking kodratulah,

yen bali apa sangumu = sahadat iman tokid makripat islam,

apa kowe weruh aranku = Gusti Ratu Adil Idayatullah,

apa agamamu = sabar darana,

apa kowe weruh bapakku = Gusti ratu adil Idayat Sengara,

apa kowe weruh ing ngendi panggonanku dilairake = Kalahirake Hyang Wuhud wonten sangandhaping cemara pethak.

Keterangan: ratu adil imam mahdi dari tanah arab maksudnya, pemimpin umat manusia di bumi nusantara yang bersifat universal, kebetulan sebagai pemeluk Islam. “berbaju” Islam tetapi memperoleh “makrifat” seluruh agama di bumi.

Dari mana asalmu ? Jawab; atas kehendak Gusti Hyang Jagadnata. Ratu adil lahir di bumi nusantara,  sudah menjadi kehendak Tuhan. Jika ‘pulang’ mempertanggungjawabkan tugas manusia sebagai utusan Tuhan, bekalnya adalah ikrar janji dan menepati janjinya, sebagai manusia yang menggapai makrifat. Kesaksian bahwa Ratu Adil membawa amanat bagi kebahagiaan seluruh rakyat melalui ilmu makrifat yang  universal melampaui semua agama, suku, ras, golongan.

Apa kamu tahu namaku? Jawab; gusti Ratu Adil pembawa petunjuk dari Tuhan.

Apa agamamu? Jawab; kesabaran yang seluas samudera.

Apa kamu tahu bapakku? Jawab; gusti Ratu Adil Idayah Sengara, orang selalu mengutamakan keadilan dan keluhuran budi pekerti, dan hidupnya berada selalu dalam ‘laku prihatin’.

Apa kamu tahu dimana aku dilahirkan? Jawab; Dilahirkan oleh Hyang Wuhud, di bawahnya pohon cemara putih.

Maknanya; dilahirkan oleh seorang ibu yang berbudi pekerti amat luhur, suci hatinya, bersih lahir batinnya, cerdas pikirannya. Lahir di bawah (pohon) cemara putih, artinya RA dilahirkan dari rahim seorang ibu yang rambutnya sudah mempunyai uban, atau seorang ibu (yang secara teori), sudah tak mungkin bisa melahirkan anak.

Jangka Jayabaya

Salebare Raja Kuning

Babon asli kagungan Dalem

Bandara Pangeran Harya Suryawijaya

ing Ngayugyakarta

padha kaping 16

Ana ratu kinuya-kuya, mungsuhe njaba njero, ibarate endhog ngapit sela, gampang pecahe, nanging rineksa Hyang Suksma, mungsuhe kaweleh-weleh,

(ada ratu yang teraniaya, musuhnya luar dalam, ibarat telur terhimpit batu, mudah pecah, tetapi selalu dijaga keselamatannya oleh Tuhan, sehingga musuhnya menanggung malu sendiri)

ratu mau banget teguhe kinuya-kuya ora rinasa, malah weh suka raharja, kaesa mbelani negara sigar semangka, ambeg utama tan duwe pamrih, mung netepi kasatriyane, tambal bandha mau, mung ngengeti kawukane,

(ratu tadi sangat tabah teraniaya tidak dirasakannya, sebaliknya memberikan kesejahteraan kepada yang menganiaya, demi membela negara secara adil seperti membelah semangka, budi pekertinya yang sungguh mulia tidak memiliki pamrih, hanya memenuhi tanggungjawabnya sebagai kesatria (kodratulah), bersedia mengeluarkan hartanya karena ingat sejatinya tugas dan tanggungjawab manusia lahir ke dunia (sangkan paraning dumadi).

ratu mau putrane mbok randha kasiyan, kawelas arsa wit timur mial, sinuyudan mring pra kawula,

(ratu tadi putranya ibu yang (lama) menjanda dan selalu prihatin dan teraniaya, namun penuh belas kasih sejak usia muda, sehingga sangat disayangi dan hormati oleh banyak orang)

ratu mau ijih sinengker Hyang Widhi, mapan samadyaning rananggana, sajroning babaya, minangka tapa bratane, kesampar kesandhung nora kawruhan, kajaba wong kang wis kabuka rasane, meruhi mas tulen lan kang palsu, ing kono katon banyu sinaring, wong becik ketitik ala ketara, wong palsu mecucu.

(ratu tadi masih disembunyikan oleh Tuhan, bertempat di dalam wahana rahasia Tuhan, di antara berbagai marabahaya, sebagai wujud tapa brata-nya, dianggap remeh dan tidak disangka oleh banyak orang, kecuali orang yang sudah terbuka rasanya, mampu mengetahui mana emas tulen dengan yang palsu, kebenaran ibarat air yang tersaring, orang baik akan tampak baiknya, orang jahat akan  terlihat jahatnya)

Begjane wong sing padha eling, cilakane kang padha lali. Sing sapa krasa lan rumangsa, bakal antuk kamulyan lan karaharjan.

(beruntung bagi orang yang selalu ingat, celaka bagi yang lupa diri. Barang siapa yang dapat mawas diri, tahu diri, bakal mendapatkan kemuliaan dan kebahagiaan)

pada kaping 17

nuli ana ratu kembaran atismak bathok,

(kemudian ada ratu yang lahir bersama-sama saudara kembarnya,(atismak bathok = senajan melorok ora ndelok artinya walaupun orang bertatapan atau bertemu langsung, tetapi tidak menyadari bahwa dialah sesungguhnya calon RA dan saudara-saudara kembarnya)

dhepe-dhepe marang wong pidak pedarakan,

(Menjadi anak yang berlindung kepada bapaknya dari kalangan rakyat biasa)

nagara dadi siji, pinilih endi kang asih

(negara bersatu dalam kesatuan, akan terseleksi siapa yang mencintai negara)

pada kaping 19

ahire Pangeran anitahake, ratu adil imam mahdi, iya putrane mbok randha kasiyan, kang kesampar kesandhung, durung kinawruhan, ijih sinengker Hyang Widhi.

(akhirnya Tuhan mengutus, ratu adil imam mahdi, yakni putranya “mbok randa kasiyan” yang terlunta, belum terungkap jati dirinya, masih dirahasiakan Tuhan)

Keterangan: akhirnya Tuhan mencipta dan mengutus ratu adil sebagai pemimpin yang membawa amanat untuk membenahi kerusakan dahsyat bumi nusantara akibat bencana kemanusian dan bencana alam,

Ia adalah putrinya seorang ibu yang hidupnya selalu dalam lara lapa (penderitaan batin) tetapi banyak dikasihi orang dan menjadi tempat berlindung orang-orang yang lemah dan menderita. Seorang ibu yang hidup lama menyendiri seperti ‘menjanda’ karena perjuangan hidupnya sebagai single parrent dan single fighter, dalam kurun waktu lama puluhan tahun, kemudian bertemu laki-laki yang menjadi jodoh sejatinya (garwa), juga calon ayah sang ratu adil. Tetapi di mana mereka sekarang tidak banyak diketahui orang keberadaanya, karena masih tengah ‘menyamar’, dan dalam ‘persembunyian’ di dalam perlindungan Tuhan.

Hanya orang-orang yang beruntung, juga orang-orang linuwih yang memiliki kawaskitan sangat tinggi yang dapat mengetahui sejatinya siapa ‘mbok rondo kasiyan’, bapaknya, dan calon ratu adil, dan di mana keberadaannya pada saat ini.

pada kaping 20

Ratu iku asikep mbelani bangsa tansah ana samadyaning ranggana, nanging setengah ijih dadi buburon, marga dicurigani dening jaba jero,

luwih-luwih para pidak pedarakan sebab yen iku katon bakal mbabarake sakehing lalakon kang oran bener,

temah ora bisa kakeeh utawa aji mumpung, Karsa Gusti Kang Akarya Jagad wus cedak titimangsane,

arep binabar kanggo mlerat sakehing piala kang rumangsuk samungsa Jawa.

Babare (lahirnya) ratu iki mawa gara-gara sindhung riwut karawati ngakaka,

kilat thatit liliweran bledeg ngampar-ampar, kasusul panjebluging gunung Tidhar,

sasideming gara-gara, ing jagad padhang sumilak, pangeran paring pangapura, kang pepulasan melecet pulase, katon sawantahe, kang emas katon emas, kang timah katon timah, satriyo katon satriyo, kere katon kere, kang ala ketara, kang becik ketitik, kang salah seleh, rawe-rawe rantas, malang-malang putung.

Ratu mau ambleg utama, lumuh bandha, dahare mung sajung, marga saking welas asih mring kawula.

Julukane imam mahdi iya Kalana jayeng palugon, akedhaton ing grjiwati, tengah-tengahing bumi Mataram,

saiki kasangsaya lagi tarakbrata anglindhung mring pra kawula, entenana den saranta kalayan madhep Hyang Suksma.

Dene rawuhe Ratu Adil iku saka lor kulon, mulih mring pakuwone, ing kono mulyaning Nungsa Jawa, harja Kreta tan ana sakara-kara.

Mohon maaf; Silahkan anda telaah sendiri!

Kapan lahirnya calon ratu adil dapat dipahami dari tanda-tanda kehadiran kembali Sabdapalon-Noyogenggong. Sebab tugas Sabdapalon-Nayagenggong kembali hadir di bumi nusantara adalah dalam rangka mendampingi dan momong sejak Ratu Adil lahir dari rahim ibunya. Jika dilihat  tanda-tandanya maka pada saat ini sudah dekat kelahiran sang ratu adil;

Jangka Jayabaya

Sabda Gaib

KPH Suryanegara ing Ngayugyakarta

SINOM

1. Sesotyaning tanah Jawa. Oncat embananeki, owahing kang tata cara, golongan patang prakawis, aluluh dadi siji angrasuk kasudranipun, nagara tanpa tata, mung ngluru kasil pribadi, tingalira tumuju salak rukma.

2. Kusuma taruna tama, mbeg suci ngupala wening, linawuran dening Gusti Sang Jagadnata wus mantun denya piningit, kinen anyapih sami, kang samya gung perang pupuh, lan nyirnaken durmala, mamalaning Nungsa Jawi, gya tumindak nglakoni pakoning Gusti Sang Jagadnata.

3. Ngrabaseng prang mung priyangga, prasasat tan ngadu jalmi prajurite mung sirolah (baca;sirullah), tutunggaleng langgeng eling, parandene kang san ara mangsah kabarubuh, duhaka tutumpesan, tan lami pan sirep sami, ginantyaning ing jaman kreta raharja.

4. Pan wus ilang malaningrat, sinalin tulusing becik, lire murah sandang tedha, durwiala, dursila enting, enak atine sami, wong Jawa sadayanipun, sawusnya tentram samya, neng gih Sang Satriya Suci, pan jinunjung wong ngakathah madeg nata.

5. Ambawani tanah Jawa, julukira Narpati, Kanjeng Sultan Herucakra, ugi kangjeng Ratu Adil, kawentar asmaneki, tekeng tanah Sabrang kemput, tuhu musthikeng jana, nyata kekasihing Widhi, mila tansah pinuji mring wong sajagad.

6. Duh sanggyaning sanakingwang, mangga sami den titeni, dora tanapi temenya, ujare wirayat gaib, mugi saget netesi, yeku pitulungan agung, nging kedah sawi srana, sranane tobat mring Widhi, tobatira mung suci manah raharja.

7. Wirayat gaib kang weca, yekti nora cidra pasti, rawuhaw Sri Herucakra, lamun para pamugari, kang ngasta pusaraning, Tanah Jawa sami emut, marang para kawula, nanging yen katungkul sami salah wengweng rerebatan mas salaka.

8. Yen mangkono pasti gila, Herucakra Ratu Adil, nora teka malah lunga, sarwi nabda nyupatani, dhuh Gusti mugi-mugi, maringi enget pukulan, mring pra manggaleng praja, suci jujur eka kapti, yen mangkono Ratu Adil enggal prapta.

Jangka Jayabaya ‘Sabdapalon’

Babon asli Kagungan Dalem

Bandara Pangeran Harya Suryanegara

ing Ngayugyakarta

Sinom

pada kaping 5

…….pratanda tembayan mami, Hardi Merapi yen wus njeblug mili lahar

(…pertanda kadatanganku, Gunung Merapi bila telah meletus keluar lahar)

pada kaping 6

ngidul ngetan purug ira, ngganda banger ingkang warih, manggih punika medal kula, wus nyebar gama budi, Merapi jangji mami, anggereng jagad satuhun Rarsanireng jawata, sadaya gilir gumanti, mboten kenging kalamunta kaewahan.

(ke tenggara arahnya, berbau busuk airnya, itulah tanda kedatanganku, sudah mulai menyebar ajaran budi pekerti luhur, Merapi adalah janjiku, bumi bergemuruh menjadi hukuman Tuhan, semua bergilir silih berganti, tidak dapat dipungkiri dan dirubah lagi)

Keterangan: Tahun 2007 merapi sudah meletus ke arah tenggara (selatan-timur) yakni ke arah kali Kuning, laharnya menimbun sungai terbawa air hujan menyusuri sungai tanggung (tidak besar tidak kecil), memisahkan tanah antara Kraton Yogya dan Solo, dan di pertengahan 2007 lahar dingin merapi telah sampai di pesisir selatan masuk kedalam lautan. Peristiwa ini baru terjadi sekali pada tahun 2007.

Kawah Gunung Merapi
Saat meletus dahsyat 7 Juni 2006 atau seminggu setelah gempa Jogja. Tampak kawah sudah jebol ke arah tenggara. Baru kali ini terjadi fenomena seperti itu. (+- 500 tahun setelah Sabdapalon Nayagenggong muksa)

merapi4

Ngidul Ngetan (Tenggara) purug ira

dadi kali Tanggung nami

merapi5

Jangka Jayabaya,

Pethikan Serat Tangan

Pangkur

1. Sekar pangkur ginupito, wonten resi saking ing ngatas angin, ngajawi njujug ing gunung, kondhang tanah Ngayugya, asung weca yen hardi Merapi njeblug, benjing pecah hardi sigal, dadi kali Tanggung nami

(Tembang pangkur berkumandang, ada lah resi turun dari atas angin, keluar menuju ke gunung, sehingga tersohor tanah Jogjakarta, memberi tanda bahwa gunung Merapi meletus, besok akan terbelah gunungnya, kemudian menjadi sungai Tanggung (baca; sungai sedang)namanya.

2. Ngayugyakarta kalawan Sala, dadya pisah datan atunggal siti, sinela kali Tanggung, ilining ponang tirta, langkung banter anjog ing seganten kidul, para dhemit gegeran, wadyane sang Ratu Dewi

3. Jeng Ratu Kidul punika, lan para dhemit darat amor lan jalmi, sarengan lindu ping pitu, obah bumi prakempa, gara-gara gonjang-ganjing agumuruh, gunung kendheng lorot gempal udan awu wah kerikil.

(nomer 2&3: Jogjakarta dan Solo, menjadi pisah daratan, dipisah oleh sungau Tanggung, mengalirnya air lebih kencang memasuki laut selatan, sehingga membuat para makhluk halus geger, yakni rakyatnya sang Ratu Dewi Kanjeng Ratu Kidul, dan para makhluk halus pergi ke daratan bercampur aduk dengan manusia, bersamaan dengan terjadinya gempa sehari tujuh kali, bumi berguncang, gogo-goro gonjang ganjing bergemuruh di mana-mana, gunung merapi longsor, hujan abu dan kerikil)

Keterangan: menunjuk peristiwa 13 Mei dan 27 Mei 2006 di Yogyakarta.

4. Caleret tahun ngregancang, kilat tathit kukuwung obar-abir, rakarta pindahipun, tan kenging yen dinuwa, apen sampun pepesthi nira Hyang Agung, yeku negri Surakarta, karatone benjing angadeg

5. Kacrita wonten bengawan, pan ing wara ketangga manggih mukti, suli wirayat wau, longsor pecahing harga, ingkang tirta amili awor lan lendhut, lan rawa pening Bahrawa, mubal geni keh jalma

(…(geger boyo/glacap gunung Merapi) longsor karena pecahnya gunung (Merapi), muncul air yang mengalir bercampur lumpur, dan Rawapening di Ambarawa berkobar api,

6. Sinareng ing tanah Jawa, nuli wonten penyakit andhatengi, lamon triwulan iku, satanah Jawa wrata, pra kawula sami giris manahipun, kataman bebenduning Hyang, nyarengi mangsa paceklik.

(bersamaan di tanah Jawa, muncul berbagai macam penyakit, dalam tiga bulan itu, tanah Jawa rata, orang-orang kecil sangat ketakutan, terkena hukuman Tuhan, bersamaan dengan musim paceklik)

7. Jumenengira Narendra, kalamrecu candrane srinarpati, kalasesatihipun, ngalamat praja rengka, nagri pindah akathah bot reipun, kawulane saya ndadra, ing prakarti kan tan yukti

8. Kawastanan jaman edan, kathah jaman nglampahi sungsang balik taman ing kalabendu, mukarda ngambra-ambra para ambleg sarjan kontit kasingkur, kasor hardaning angkara murka candhalaning.

(Disebut sebagai zaman edan, zaman yang serba terbalik, terkena hukuman Tuhan,

9. Wong agung reren mbehahak, marang raja branartane wong cilik, lang tabete budyayu, kisruh adiling praja, pra kawula sami andhang pakewuh, wuwuh-wuwuh tanpa mendha, pinupu pajeg mas picis

10. Kathah solahing kawula, kukumpulan arsa ngupaya budi, nanging tawur-tawur tinalen ing pepacak, dening praja ingkang ngasta kum apus, kang tan welas mring kawula, ratu nakoda mbeg juti

11. Puniku pinanggihira, nanging wuri badhe atimbul malih, angsa tulung Hyang Agung, wangsul wahyu nurbuwat, tanah Jawa pulih di duk rumuhun, Majapahit du ing kina, nagri mandhiri pribadi.

(Ini pendapatku, tetapi kelak akan muncul lagi, sudah menjadi kehendak Illahi, kembalinya wahyu nurbuat, nusantara kembali seperti zaman dahulu, seperti waktu kejayaan Majapahit, negeri yang mandiri secara pribadi.

12. Gemah ripah harja kreta, tata tentrem ing salami-lami, ilang kang samya laku dur, murah sandang lan boga, kang hamangkuasih mring kawulanipun, lumintu salining dana, sahasta pajeg saripis.

(kemakmuran melimpah ruah, langgeng, tertib tenteram selamanya, hilang lah kedurjanaan, murah sandang pangan, pemimpin yang penuh tanggungjawab dan kasih sayang kepada rakyatnya, selalu tidak kekurangan uang, ibaratnya tanah satu hektar pajaknya satu rupiah.

13. Siti sajung mung sareal, tanpa ubarampe sanese malih, antinen bae meh rawuh, mulyaning tanah Jawa, awit saking tan karegon liyanipun, nakoda wus tan kuwasa, pulih asal mung gagrami.

Kelak, tanah yang sangat luas pajaknya hanya satu real, tidak ada tambahan pajak lainnya, tunggulah saja (Ratu Adil)hampir tiba saatnya kemuliaan untuk nusantara,

Piweling (Peringatan)

Nuli ana janget ing ngatelon, nalika iku Jawa kari separo, walanda kari loro, sedulur ilang kangene, wong lanang ninggal lanange, wong wadhon ilang wirange, saenggon-enggon akeh ratu apung gawane pating belasak, wong nonoman akeh kang dadi mantri Bupati lan punggawane.

…kelak di kemudian hari, Jawa tinggal separo, belanda tinggal dua, saudara kehilangan rasa rindunya, laki-laki meninggalkan sifat kelelakiannya, perempuan tidak punya rasa malu lagi, di mana-mana banyak ditemukan pemimpin palsu, kerjaannya tidak karuan, anak muda-mudi banyak yang menjadi pejabat.

Sajabane tanah Jawa ana perang gedhe, saenggon-enggon ana pailan, pageblug, rupa-rupa sangsarane, bebaya warna-warna, wong-wong padha mangan watu, mangan wedhi, omben-omben peresan blonthong, wong wadhon akeh kang kolu endhonge dhewe, amarga saka rusuhe wong lanang wadon akeh kang ketaman lelara bubrah paribasane jaman edan, yen ora ngedan samar yen ora keduman, mangkono wong kang ora duwe iman.

Di luar Jawa ada peperangan (konflik) besar, di mana-mana terjadi kejahatan dan pembunuhan, beraneka ragam kesengsaraan dan marabahaya, orang-orang pada makan batu, makan pasir, minum tirisan busuk, perempuan tega makan rahimnya sendiri, sebab saking rusuhnya laki-laki perempuan banyak terserang penyakit rusak, ibaratnya zaman gila, jika tidak ikut gila maka tidak akan kebagian, tetapi yang seperti itu orang tidak memiliki iman.

Nanging piweling ingsun, diawas dieling, jejegna imanira, turuten gustinira ratu adil panetep panata gama. Golekana gegamane sing nganti ketemu, turuten dalane, ngetutburia saparane, lumebuwa oparibasaning wadya balane, ora suwe bakal katon tanda tandhane rawuhing ratunira ngagem kamulyan gedhe, rawuhe liar kilat kairingake bala “malekat” mayuta-yuta cacahe, ngadeg payunge kuning, tegese bang-bang wetan karepe, wus ndungkap paletheking papadhang.

Tetapi pesanku, waspadalah dan ingatlah, tegakkan iman mu, jadilah pengikut Ratu Adil penegak kebenaran. Carilah ‘senjatanya’ (trisula wedha; tentang budi pekerti luhur) sampai ketemu, ikuti jalannya kemanapun perginya, jadilah, ibaratnya sebagai pasukannya Ratu Adil, tidak lama akan tampak tanda tanda datangnya ratumu yang mendapat kemuliaan agung, datangnya tiba-tiba secepat kilat, diiringi berjuta-juta “malaikat” (berjuta leluhur bumi nusantara), berdiri dengan payung kuning (kebenaran sejati), maknanya ‘bang-bang’ timur keinginannya (gerakan dari wilayah timur nusantara), maka terbitlah sinar yang terang.

Umbul-umbule alaras bendera pare anom, yaiku tandhane pangeran pati, denen titihane jaran napas, cumathine penjalin tinggal, jemparinge tekad suci kang mingis-mingis pucuke, mubyar-mubyar pamore, kakedher kendhenge, membat-membat gandhewane, lang ilang nalika iku kulup, kocapo ing kono banjur ana perang kang luwih gedhe, marga saka gedhene, gandarwa, thethekan, ilu-ilu, banaspati, sakehing iblis, jajalanat kabeh, padha buyar sar-saran padha ngungsi, saenggon-enggon mamangan wong padha ora sumurup marang ratu adil panata gama.

…umbul-umbul ditingkahi ‘bendera pare anom’ itulah pertanda pangeran pati, tunggangannya kuda nafas, cambuknya tunggak rotan, membawa panah berupa tekad suci yang sangat tajam ujungnya, sangat elok kharismanya, sangat berwibawa wajahnya, lengannya rampng tetapi amat kokoh, …

…ada perang yang lebih besar, saking besarnya, makhluk halus genderuwo, hantu, jin, berbagai macam iblis laknat, semua buyar lari tunggang langgang menyingkir, di sembarang tempat makan korban orang-orang yang tidak peduli dan tidak mengerti kepada Ratu Adil petunjuk kebenaran.

……………………………..ora antara lawas tumuli rawuh (ratu adil) jumeneng angratoni jagad rating kono, sawah sajung pajege mung sedinar, denen panggaweyan negara bakal padha ora anan, awit wong akeh kaperdi sembahyang marang Gusti Hyang Widhi bae. sarta memuji saben dina tanpa kendat.

…tidak berapa lama segera datang Ratu Adil duduk menjadi pemimpin dan suri tauladan di wilayah tersebut, sehingga menjadi makmur diibaratkan sawah yang sangat luas pajaknya sangat kecil, diibaratkan tidak ada lagi yang harus dilakukan negara, sebab saking adil makmurnya nusantara, ibaratnya kegiatan orang-orang tinggal terfokus untuk sembahyang kepada Tuhan saja, serta memanjatkan puji-pujian tanpa henti.

…………………………….iku kang ambuka agama kang samar-samar nanging sira do awas den eling, awit sadurunge ratu adil rawuh, ing tanah Jawa ana setan mindha menungsa rewa-rewa anggawa agama, dudukuh ana ing glasah wangi, dadine manungsa banjur padha salin tatane, satemah ana ilang papadhange, awit padha ninggal sarengate, dadi kapiran wiwit cilik mula.

…itu yang membuka mata hati manusia yang memaknai agama secara tidak karuan, tetapi kalian harus waspada dan selalu ingat, sebab sebelum Ratu Adil datang, di tanah Jawa ada setan berkedok manusia berbulu lebat seolah sebagai penegak agama, bertempat tinggal di ‘glasah wangi’, sehingga mengakibatkan manusia berganti tatanan, berakibat hilangnya petunjuk dan tatakrama kehidupan, sebab banyak orang meninggalkan syariat (sebelumya), sehingga menjadi terlantar hidupnya sejak kecil.

Keterangan; menungsa rewa-rewa anggawa agama maksudnya manusia dengan wajah penuh ditumbuhi bulu-bulu menyeramkan yang (mengaku-aku) sebagai penegak dan pembela agama. Tetapi perilakunya justru sebaliknya tidak simpatik, tidak tampak aura kasih sayang sesama manusia, dapat diumpamakan menyerupai karakter ‘setan’ yang membawa kerusakan di mana-mana, kerusakan baik lahir/fisik maupun kerusakan batin (fanatisme), pikiran (irrasional, egois (negative thinking) dan kerusakan hati, menjadi penuh dengan kedengkian dan nafsu angkara murka.

Wirayat Gaib;

Sastrajendra Hayuning-Rat (ilmu linuwih, ilmu tertinggi, sumber dari segala ilmu). Ilmu yang dapat dicapai siapapun, yang dapat menyatukan hakikatnya sebagai mahluk Tuhan dengan dzat Sang Khaliq.  Sastrajendra adalah Makrifat dari Tuhan yang kita peroleh setelah berhasil ‘manunggal ing kawula-gusti’.

Jika Gusti Sang Jagadnata sudah menghendaki, kelak akan lahir pada pertengahan atau akhir tahun tinarbuka, pada saat Nusantara dipimpin oleh seorang Satria Pambukaning Gapura), bila mana adalah seorang ibu yang rambutnya telah beruban tetapi melahirkan bayi triplet, dua laki-laki, dan satu perempuan. Bayi perempuan lahir dengan tangan kanannya menggenggam keris kecil (jawa;cundrik), tangan kiri menggenggam berlian, mungkin telah tiba saatnya, bagi beliau calon Ratu Adil imam mahdi menjadi pusaraning adil uga kamukten (mukti). Ibunya dari keturunan raja-raja besar sakti mandraguna, dan ayahnya tan kena kinira, tak ubahnya wong cilik. Calon RA akan lahir di tengah bumi Mataram, mungkin berada di sekitar wilayah keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kelak pada saat kelahiran calon RA akan diiringi aktivitas vulkanik gunung-gunung berapi yang serempak menyemburkan isi bumi, gempa bumi menghentak mengguncang bumi Nusantara, air laut pasang menghantam daratan, bukit kecil Tidar di kota Magelang sebagai pusat gravitasi pulau Jawa (puser bumi) mengejutan masyarakat dengan aktivitas-anehnya mengeluarkan semburan dari dalam bumi, berbarengan dengan peristiwa itu danau bernama Rawapening di pinggiran kota Ambarawa mengejutkan publik dengan berkobarnya api besar dari dalam bumi(mubal geni). Guntur, kilat menyambar-nyambar mengiringi kelahiran calon RA. Badai menyapu daratan, dan hujan lebat turun mengguyur bumi. Namun semua tidak akan mencelakai manusia sebab fenomena alam tersebut sebagai pertanda bahwa alam turut bersyukur atas lahirnya bayi Ratu Adil, yang serta merta lahir bersama dua bayi laki-laki calon aset besar bumi nusantara. Segera setelah itu, langit tampak byar padhang sumilak. Semua itu merupakan perilaku alam dalam menyambut anugrah Sang Jagadnata bagi bumi Nusantara.

Sekar kinanti karya Gusti MN IV tersirat;

jebeng…canggahku, Anjasmoro, besuk ingsun bakal titip getih kang edi peni kang bakal jumeneng ratu ing tanah Jawa. Genepono lakumu telung padha (tiga langkah –3 tahun– untuk laku prihatin yg amat sangat berat) kanggo njangkepi tapa brata mu, ojo parang tumulih, supaya antuk pitulungan saking ngarsaning Gusti Kang Maha Wisesa. Ing mbesuk tanah Jawa nemahi gemah ripah loh jinawi adil makmur tata titi tentrem kertaraharja dadi keblating dunyo.

Cucu ku, Anjasmoro, kelak aku akan titip darah yang elok, yang akan menjadi ratu di tanah Jawa. Genapilah perjalanan hidupmu tiga langkah lagi, untuk memenuhi tapa bratamu, jangan ragu, supaya mendapatkan pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa. Supaya kelak tanah Nusantara mengalami subur makmur melimpah, adil, tertib, tenteram, selamat selamanya, menjadi tolok ukur dan contoh untuk negara-negara di seluruh dunia.

Keterangan;

Telung podho maksudnya untuk melengkapi laku prihatin, supaya genap tujuh langkah (7; jawa; pitu= pitulungan; pertolongan Tuhan) yang 4 langkah adalah jumlah kaki sang ibu dan bapa yg telah lama dalam menempuh laku lara lapa, lara wirang, tapa brata, tapa ngrame, tapa mendhem, tapa ngeli.

Keterangan:

Tapa brata; mengekang semua hawa nafsu; nafsu lauwamah (hitam), amarah (merah), supiyah (kuning), untuk mencapai nafsul mutma’inah (putih).

Lara wirang; sering difitnah, dipermalukan, dihina, dicemooh

Tapa ngrame; ramai dalam bekerja (giat menolong sesama), sepi dalam pamrih (ikhlas).

Tapa mendhem; mengubur ingatannya, tidak pernah mengungkit-membangkit segala amal kebaikannya yang telah dilakukan kepada orang lain, dalam rangka hubungan dengan sesama manusia (hablum minan nas) dengan kadar keikhlasan yang mutlak.

Tapa ngeli; menghanyutkan diri ke dalam ‘aliran sungai’(kehendak Illahi) agar dapat mencapai muara dalam ‘lautan’ keberuntungan (kabegjan)

Kelak Sabdapalon dan Nayagenggong menitis sebagai Garujita dan Garumukti yg akan mengasuh kodratullah; Ratu Adil imam mahdi kalifatullah, panetep panatagama.

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on September 11, 2008, in Ratu Adil Semakin Dekat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4.357 Komentar.

  1. yth jaka anom..
    mantaps ulasan BA nya
    setidaknya jika bukan pengalaman pribadi
    kemungkinan akan tidak selancar itu
    anda menceritakan ttg BA
    terlepas dari apakah anda ini BA asli
    atau bukan
    saya taruh hormat
    dan salam hormat
    ….
    cerita anda walau bagi sy yg awam
    sedikit mengreyitkan dahi.karena kisah anda
    mungkin hanya akan dipahami oleh
    pinisepuh yang sudah makan garam..

    saya cuma penghibur saja..

    ohya
    tuan JOKO SURYO
    sekira anda sudi berbagi wejangan
    saya ada sedikit pertanyaan
    tentang mimpi saya…
    secara pribadi ini menjadi satu kepenasaran
    walau saya pribadi tidak memahami tujuannya
    saya cukup tertarik dengan mimpi itu..
    belum puas rasanya jika sudah mengetahui
    makna dan maksud perlambang mimpi itu

    awalnya nampak.asap putih tebal
    lalu
    sekonyong konyong muncul segitiga
    dengan setiap titik ada huruf
    diatas huruf alif..
    dikanan pojok huruf lam
    dikiri pojok huruf mim
    garis sebelah kanan warna merah
    garis di bawah putih
    dan garis sisi kiri warna biru

    lalu ditengah segitiga itu
    ada sebuah angka
    angka 83

    …saya sempat tertegun saat dalam mimpi
    melihay penampakan lambang itu
    .sekira tuan BA sudah berbagi pengalaman
    atau ada rahasia apa dengan perlambang mimpi
    itu
    saya ingin tau
    maksudnya apa dan maknanya apa…
    setidaknya pastilah ada makna dan tujuannya dari mimpi tersebut..

    sekian
    terimakasih
    semoga tuan BA sudi mawejang hal itu.
    salam sejahtera

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Salam Rp

      Setahuku segi tiga itu kunci (pasword)
      83 itu = 3 3 3 ( 8 itu dari gabungan angka 3, menyatu jd angka 8 ) Alif – Lam – Mim – Alif – Lam – mim – Alif-Lam-mim

      Trisulawedha (Trisula = 3, vedha/wedha = perputaran (bukan diartikan ajaran) tekhniknya rahasia.
      Senjatanya BA ktk membuka (pasword) menyingkap, roda darma menuntun makhluk samsara menuju kebaikan.
      Ini teknik rudra (posisi tangan) ketika sang buddha maetreya bekerja memutar roda dharma (cakra panggilingan).

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Pemilik kunci ini tdk sembarangan dapatnya, kudu ada trah leluhurnya yg dahulu kala memiliki.

      • nah kalau mimpi itu datang kesaya maksud dan tujuannya apa itu ya..mksh..sebelum mimpi iti saya mimpi didatangi seekor singa putih yang memandang dari jarak 30meter..dia seperti menyuruh membuka sebuah almari di sisi saya…lalu saya buka ada tulisan SALLAMUN KHOULLAM MIRROBIRROHIM…LALU setelah mimpi yg segitiga saya diberi mimpi aneh..saya berada di alam lain disekumpulan orangndengan ketuanya adalah seorang wanita..saya susah payah dengan rekan rekan menghalau sekumpulan singa dan macan yang meronta disuatu penjara besi seperti sumur yg besar dan tinggi..kami tusuk kami pukul biar mereka tak naik keluar..namun satu demi satu mereka keluar..saya dan kami kewalahan..lalu wanita ketua itu menghadao kami.kamipun beekumpul…dia berkata tanpa suara ..kata dia..SEGERALAH.KALIAN MASUK KE ALAM DUNIA…CARILAH OLEH KALIAN ENERGI SRI KRISHNA…HANYA ENERGI DIALAH YANG BISA MENGHALAU MEREKA SEMUA…lalu kami berangkat ber tiga..sedekat pintu gerbang kami pamitan ke ibu ketua..ibu ketua menatap kami dengan penuh harap..lalu masuklah kami bertiga kegerbang itu…dan….jrut saya ada disuatu desa disekitar kuningan dilereng gng ciremai…ko ada disini…lalu saya tanya sama ibu tua pedagang surabi…nenek kami mencari energi sri krishna dimana??..ooo tuan itu disana sambil menunjuk pada suatu pohon tiga berjejer sangay besar sekali…terimakasih nek….lalu kami mendekati posisi pohon itu ..sekonyong konyong perubahan terjadi dinampakkan suatu pemandangan masa lalu tempat itu..rupanya tempat itu sudah ada sejak jaman purba seiring tumbuhnya pohon yg berada disamping makam iti..apakah itu makam?..di perjelas ternyata itu bukan makam seseorang hanya berupa ciri tanda bahwa disanalah ada terdapat suatu tanda energi sri krishna..sayapun mendekati makam itu..dan sekonyong konyong nampaklah lambang trisula biru dijidat saya..lalu mereka memandang aneh…dan saya pun berjalan masyarakat memandang aneh rupanya tanda itu jelas nampak sekali dijidat saya..
        BA joko suryo…
        jangan mrngira saya ingin ini itu atau merasa ini itu.ini murni saya TIDAK FAHAM….sekira bisa mawejang haturnuhun..senang saya mrmbaca ulasan anda.mksh

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Mimpi yg indah dan penuh makna, sy blm pernah ke gunung cermai, pernah teman sy disuruh ibu ketua untuk naik ke gunung cermai, disana ada tanda batu lingga (itu pintu masuk ke istana pajajaran) masuk ke sana itu bawa bekal budin (singkong) beserta batangnya di bakar (budin bermakna budi pakerti) sampai ke tempat tsb tidak boleh melewati waktu duhur, jd berangkatnya dari subuh (kalau gak capai mendaki gunung aku juga pingin ikut tp kebayang lelahnya biar teman sy yg kesana), sy manfu aja dari jarak jauh, sampai disini dulu critanya

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Mimpi yg indah dan penuh makna, sy blm pernah ke gunung cermai, pernah teman sy disuruh ibu ketua untuk naik ke gunung cermai, disana ada tanda batu lingga (itu pintu masuk ke istana pajajaran) masuk ke sana itu bawa bekal budin (singkong) beserta batangnya di bakar (budin bermakna budi pakerti) sampai ke tempat tsb tidak boleh melewati waktu duhur, jd berangkatnya dari subuh (kalau gak capai mendaki gunung aku juga pingin ikut tp kebayang lelahnya biar teman sy yg kesana), sy manfu aja dari jarak jauh, sampai disini dulu critanya

        Nb. Masuknya cuma nempelin jidad ke batu tsb, ntar pintu tebuka

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Cobalah kang Rp 100 pergi ke gunung cermai lakukan yg sy ketik, ntar namamu bukan Rp 100 tapi Rp 1.000.000.000.000 bagi sy yah ntar he3

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Cobalah kang Rp 100 pergi ke gunung cermai lakukan yg sy ketik, ntar namamu bukan Rp 100 tapi Rp 1.000.000.000.000 bagi sy yah ntar he3

      • BA kok pakai gerakan2 segala

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Itu semua (gerakan) itu arahan dari ibu ketua.
        Ngomong2 pakai ID panjalu,
        emang trah Panjalu ?

  2. apa makna lambang segitiga itu

    saya masih belum faham
    mengapa saya ditunjukkan lambang itu
    dan apa hub maknanya…
    salam

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Kalau ingin tahu makna segi tiga itu ya artikan sendiri dari huruf Alif – Lam – Mim atau Trisula wedha.
      Misalnya
      Alif artinya jujur/lempeng, Lam artinya yakin/bener, mim artinya angin yg terus berputar (muhammad) laa maujud bilhaqqi ilallah, yg ada hanya Allah. Mana jalan yg lempeng/lurus, mana jalan yg bener dan mana jalan yg berputar, diartikan ini juga bisa

      dan kalau menurut musarar jayabaya ” trisula wedha itu bener – lurus – jujur juga bisa, jadi terserah kang Rp menafsirkan apa yg diimpikan

      • maaf kalau menyelang tuan
        silahkan lanjutkan cerita BA nya
        saya menyimak elok nian
        menambah mistery semakin seru pula..

        hamba menyimak saja..
        sila lanjutkan tuan BA..
        …..
        salam

      • saya aku indak ambil pusing pula
        jika itu ada kaitan dengan umum
        ah itu mimpi tidak jelass
        biar mereka sibuk sendiri mengapa memilih aku yg bodoh ini..
        itu pula aku yang goblog
        membawa mimpi sampai jadi ilusi..
        salam sekalian manusia
        aku hanya menyimak saja
        cerita anda anda
        lumayan daripada manyun…
        salamun koullam mmirroborrohim
        ka ta nya.

  3. pengamat spiritual
    terimaksih atas wejangan anda
    setidaknya .memberi warna…
    walau belum masuk kriteria…

    aku sendiri mengartikan
    saat sang surya bercahaya
    menyinari ketiga dewa trimurti utama
    yaitu semar dihujung atas
    togog di sudut kanan
    manikmaya disudut kiri
    karena sinar dari sang maha cahaya
    maka ketiga formasi itu melebur menjadi SHIVA
    maka shiva membawa tongkat trisula
    tanda tiga dewa utama
    akan mampuh menikam membunuh menghancurkan siapa saja
    termasuk memenggal leher brahma atau menusuk dada vhisnu
    dengan tri sula sejati

    lalu shiva sebagai pengejawantahan kekuatan energi itu
    menjadi leburan alam semesta
    maka terventuklah roda dunia roda alam ini
    dalam cakra dewanawasanga
    ia shiva sebagi pancer
    sebagai pengendali roda kehidupan…
    sang surya sebagai kekuatan adikodrati bersemayam
    dikening shiwa…
    cakra dewanawasanga..di wakili 8 dewa utama
    dengan shiwa pancernya
    untuk memutar roda cakra alam
    maka diwakilkan oleh pembentukan trimurti tahap dua
    shova itu sendiri vhisnu dan brahma
    maka bola cakra berputar dalam 8 penjuru mata angin..

    lambang shiva adalah i dan ya
    i alif
    ialah pengejawantahan tuhan itu sendiri sebelum sri krishna terlahir…

    shiva dwngan i dan ya menjelma
    dalam i diawal suroh alif lam mim
    dan ya dalam yaa dan shien
    antara ya illahi tuhan dan shien inshan alias.she
    karena adanya manusia.karena ada she siti hawa parwati

    angka 83 tu maknanya 8 tu hujung cakra dewanawasanga
    dikendalikan 3 oleh trimurti itu sendiri

    essensi ya shien.dan cakra.dewa nawa sanga
    adalah 8-3-1
    delapan penjuru
    tiga trimurti
    satu pancar as shiva sendiri

    lalu pancamahabhuta
    alias sakdulurpapat
    alias nafsu samsara adam bagi manusia
    yang memenjarakan manusia dalam karmanya
    menutupi pintu cahaya yang didalamnya ada inti shiva
    energi illahiyah..
    manusia ternoda karena karma.adam
    manusia terpaku dalam nafsu panca mahabhuta
    8-5-3-1
    dibalik
    1-3-5-8
    satu yaa shien
    tiga kendali trimurti
    58 sallamun khooulam mirrobirrohim kunci
    kunci pandawa paramartha
    kunci salam tuhan illahi
    kunci menuju titik cahaya
    kunci menuju gerbang sastra jendra
    kunci menuju al haq
    ruh khudus yang terpenjara nafsu
    kunci pembuka gerbang illahiyah..
    lima pancamahabhuta
    nafsu
    yang memenjarakan ruh suci
    diri swjati
    dengan asma
    maha welas
    maha.asih
    lalu
    ya rahman ya rahim
    …haha ini rahasia imam besar akhir jaman??

    AKU HANYA MANUSIA.EDAN…..
    lalu apa yang dicari setelah berjumpa dengan kunci keselamatan pelepasan samsara menebus dosa

    ya rahman yarahim
    dalam.segitiga lambang angka 83
    itu jumlah ayat seluruh yassin jumlahnya 83
    menunjukkan segitiga semua terangkum dalam yassin
    sebagai jantungnya alquran
    sebagai rahasia menebus dosa
    yaa shien
    lambang kujang
    kujang siliwangi
    kembar
    silih asah asih asuh…

    dia sisinga putih.menamakan diri Robbi..TUHAN
    BENARKAH TUHAN SEPERTI ITU
    KONON
    LAESA KAAMESLIHI SYAEUN
    TIADA SEBANDING DENGAN APAPUN
    BAHKAN KISEMAR LANTANG DALAM KAPITAYAN
    JIKA ADA MANUSIA MENGANGGAP TUHAN ITU SEPERTI INI DAN ITU
    JIKA SANG TAYA DI REKA REKA DIA ADALAH MANUSIA EDAN…

    LALU…
    UNTUK APA KAU TUHAN MENUNJUKKAN SEMUA RAHASIA MU
    PADAKU
    SEHINGGA AKU TAU BAHWA SAMSARA SEJATI
    ADALAH TERPENJARANYA NUR ENERGI ILLAHI
    DI PENJARA DALAM NAFSU…
    LALU…
    HANYA SEKEDAR ITU SAJAKAH

    SEKEDAR MIMPI SAJAKAH..

    APAKAH AKU DELUAI
    ILUSI
    SAMPAIKAH ANDA SEKALIAN PADA PEMAHAMANKU INI….

    AKU EDAN
    AKU GILA MEMBAWA MIMPI MENJADI DELUSI…

    KUNNCI WELAS ASIH ..UNTUK APA….
    BERGUNAKAH KEKUATAN KEKAYAAN KEJAYAAN DENGAN WELAS ASIH..
    APAKAH BANDINGANNYA…

    SILA BERFIKIR

    KALIAN MELUPAKAN SIPUTIH DALAM JIWAMU….

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Kang Rp
      Kita banyak teori ttg segi tiga,
      lalu apakah kita hanya cukup puas dengan teori- teori tsb, tanpa membuahkan manfaat?
      Teori tanpa pernah dipraktekan, tak ada gunanya
      Apa yg kita ceritakan sebaiknya telah kita praktekan dan nyata hasilnya itu baru cakep

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Wujudkan mimpi kang Rp agar bisa bukti manfaat buat kejayaan/kesejahteraan diri kita dan org banyak, itu baru cakep.

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Sy banyak diberi coin coin dari Nini Ireng dan Kaki Ireng (nama samaran leluhur, tinggalnya di gunung Srandil, mungkin bg yg pernah kesana tahu sosok yg pakai nama samaran tsb (ghaib) tp bukan mas murni, bahkan malam ini (tgl 22/11/2018 mlm jumat) pun beliau selalu hadir, memberi coin2 tsb. Banyak sy kumpulin dgn sabar sy simpen (ini bukan teori, nyata tp ya gk manfaat, beliau cuma bilang ntar waktunya juga akan bisa).
      Sampai hari ini, dari sekian lama sy kenal beliau selalu jadi guru sy. Pd malam ini beliau bilang “coba bikin dari Emas murni berbentuk segi tiga, ntar di ajarin bgmn caranya, nanti liat aja apa yg akan terjadi”.
      Wah ini isyarat 2019 jgn2 mulai babak baru kejayaan dan kemakmuran nih (seneng juga sih, ternyata bener kata sepuh sabda langit, siapa yg berbakti kpd leluhur akan (mungkin krn blm) mulya?
      Pelan2 pasti kita diajarin hal2 yg tidak tahu sampai menjadi mengerti, mesti sabar dan tawakal

      • Saya nyimak saja..
        Biar nanti jika memang ada sesuatu dari leluhur biar mereka yg ngasih penjelasan…

        Tidakpun tiada masalah
        Bukan saya yg minta…

        Kesibukan saya sekarang
        Saya nonton si somad

        Sampai beberapa x saya meneteskan
        Airmata
        Saya sapuh air suci itu
        Saya teteskan ke cincin merah…
        Biar dia minum air suci dari jiwa…

        Somad namanya
        Baru beberapa hari ini saya iseng buka
        Rupanya dia
        Seseorang yang memiliki sesuatu

        Ada kefikiran
        Dia pantas jadi menteri agama indonesia

        Saya nitip somad jadi menteri… Agama

        Somad
        Membuat bulu kuduk saya merinding
        Hat jantung saya bergetar
        Saat mendengarkan kepiluan dari
        Jiwanya…

        Seandainya tiap kota ada ahli seperti somad jujur polos dan cerdasnya
        Akan indah lambaian angin itu..

        Somad
        Sehari saya tonton sampai 20 x video youtubenya…

        Apa yang sudah saya lakukan…

        Tak ada..
        Saya hanya sok pintar di blog
        Sok berani comment di blog
        Padahal didunia nyata..
        Sedikit saja manusia dohitung jari
        Yang bisa baik dan memahami saya
        Itupun karena mereka sudah faham
        Saya setengah edan…
        Cara perilaku perbuatan saya sudah dianggap aneh…
        Tak umum
        Maka sering benturan
        Manalah mungkin
        Aku bisa membawa cahaya
        Diriku saja… Tak bercahaya

        Insya allah
        Sekira itu kuasa tuhan

        Ada visi misiku
        Ingin menjadikan ragaku bercahaya
        Aku ingin terbang keangkasa
        Aku ingin kembali kemasa lalu
        Yang kadang membingungkan
        Akan aku bawa hadiah terbaik

        Obat penawar hat heart jantung yang berdegup
        Entah apa
        Entah kesampaian atau tidak

        Wollohuallam

        Selamat menonton si somad…

        Lanjutkan BA

        Cerita dong ttg posisi sp sekira paduka sp sebenwrnya sudah terlahir belum
        Jika sudah dimanakab beliau
        Jika anda merasa sp
        Coba tunjukkan link wajah anda
        Hamba ingin melihat wajahmu
        Sekira kau yang agung itu
        Maka wajahmu pastilah seagung namamu
        Sang kumara. Tunjungputih…

        Salam sejahtera

        Saya hanya sekedar menghibur diri

        Tuan BA ABAIKAN SEMUA COMMENT SAYA

        LANJUTKAN
        SAYA SENANG MEMBACA KISAH KISAH ANDA..

        APAKAH ANDA TAU BANGSA. DEWI LANGIT DEWI PLANET DILUAR BUMI
        DONGENGKAN DONG
        MKSH

    • Siapa yg mengajari anda angka 1-3-5-8?

      Lalu apa arti angka 72?
      Jika anda telah diajari angka 1-3-5-8.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Setahu sy sdh tidak ada Togel
        knp msh bermain angka-angka perkiraan (hasil mimpi).
        Jika angka2 tsb bermanfaat dan ada buktinya lanjutkan, tp kalau cuma sangkaan sangkaan tinggalkan.
        Mending ikutan tes ambang batas 201 untuk ekonomi kreatif dan 101 untuk sosial kemanusiaan, bukti nyata di lebak cawene. Wallahualam bishowab

  4. Yth Kisabdolangit

    sekira anda sudi berbagi wejangan
    saya ada sedikit pertanyaan
    tentang mimpi saya…
    secara pribadi ini menjadi satu kepenasaran
    walau saya pribadi tidak memahami tujuannya
    saya cukup tertarik dengan mimpi itu..
    belum puas rasanya jika sudah mengetahui
    makna dan maksud perlambang mimpi itu
    awalnya nampak.asap putih tebal
    lalu
    sekonyong konyong muncul segitiga
    dengan setiap titik ada huruf
    diatas huruf alif..
    dikanan pojok huruf lam
    dikiri pojok huruf mim
    garis sebelah kanan warna merah
    garis di bawah putih
    dan garis sisi kiri warna biru
    lalu ditengah segitiga itu
    ada sebuah angka
    angka 83

    terimakasih ki…salam sejahtera

  5. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Kang Rp
    Untuk cerita dan praktek ttg segi tiga ini tidak semua tahu dan paham, hanya pelaku yg tahu, sedangkan pemimpi juga gak akan tahu, pemimpi hanya anugrah illahi yg cukup diperlihatkan.
    Semua kisah dan tanda tsb sdh diceritakan oleh para pujangga spt UWS, Musarar Jayabaya, hadist nb SAW.
    Trisulaweda (segi tiga) sbg pelebur/siwa samsara (karna karma dan sebab lain, tp bukan krn sebab Adam ( spt perkiraan Rp) dan oleh sebab itu di alam ghaib menjadi wujud kasta Rajas dan Majas (arura naga, binatang) diluar wujud dewa/dewi (manusia).
    Dgn bersenjatakan Trisula tsb para makhluk samsara akan berubah bentuk (naik kasta) dari kasta rendah ke kasta yg lebih tinggi (dewa/dewi). Tugas ini (menolong mrk juga dasarnya QS Ibrahim 01 agar nur yg gelap menjadi terang, ibu ketua berbaju putih (ini juga misterius sosoknya, mungkin beliau ini dewi kwam in (kitab kalacakra juga menceritakan ttg yg berbaju putih, kemudian Muhammad dan mahdi) menugaskan itu.
    Maka ketika Budak Angon dlm penggembaraannya mencari/menemukan daun, ranting kering dan potongan pohon (silsilah leluhurnya) msh dlm bentuk binatang, ia budak angon mengembalikan ke wujud manusia spt dulu kala. Dalam UWS disebutkan “yg digembalakan bukan maung, wedus, sapi tapi daun ranting kering dan potongan pohon”.

    Kemudian segi tiga itu bukan 1 (satu) jumlahnya tp 2 (dua), segi tiga bertumpuk bolak balik atau BINTANG DAUD,
    dan jika Rp keturunan/berdarah DAUD akan memiliki telapak tangan bergaris tangan simbol Bintang Daud. Yg memiliki garis tangan spt ini Isa dan Raja Majapahit (Hayamwuruk), maka coba perhatikan simbol SURYA Majapahit Bintang Daud atau CAWAN MAJAPAHIT. Budak Angon itu memilki ciri itu, dan namanya juga SURYA.
    Dan posisi rudra (yoga rudra) dlm prakteknya memutar roda dharma mirip patung2 yg ada di candi borobudur (coba perhatikan sikap jari jari tangan ktk sdg melakukan yoga, itu budak angon dibekali pengetahuan itu oleh leluhur.
    Nah yg punya tanda dan pola yoga itu itulah yg memiliki pasword membuka gudang gudang yg tertutup kabut. Dan orgnya juga gak banyak cuman satu, krn ia putranya ibu ketua di alam sana (dalamnya) luarnya mah bodoh, org biasa dan bukan org pemimpi.

    • telapak tangan saya
      kalau disatukan
      saya liat seperti ujung panah besar..kebawah

      apakah ada hubungannya dengan saya
      atau apa hub saya ada dengan ibu ketua..

      saya cuma penasaran saja…

      • lalu apa yg harus saya lakukan

        ttg mimpi
        dahulu saya pernah menjadi singa putih
        lalu saya pernah berjumpa siputih mengkilat yang mengataka tabbarokalladzi biyadihil mulku….

        apa kaitan itu semua dengan saya
        apa yang harus saya lakukan…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy kalau baca tafsir al-qur’an suka bingung, maksudnya yg menafsirkan kalimat al-qur’an suka gk singkron dgn hatiku yg bolak-balik.
        Coba sy minta tolong Kang Rp, barangkali nanti bisa memahami apa yg dikatakan Singa putih (setahu sy singa putih itu pastinya adlh raja pajajaran, kalau macan/maung kumbang (hitam) itu para panglimanya) yang mengatakan kpd kang Rp “Ta-ba- ro – ka- ladzi -ya -dhihil-mulku” (QS al-mulku) surah ini kalau sy yg baca bisa membangkitkan ruh yg gk bisa bangkit dari kubur, jd banyak yg gak bisa bangkit dari kubur org yg maut, ini juga jenis samsara juga. mrk bisa bangkit krn sebab nama Allah yaa baitsu (kebangkitan dari kubur) yaa wadidu (krn kasih sayang Allah).

        Coba artikan dulu arti ta ba ro ka ladzi yadzihil mulku.
        Sebab ini nanti ada kaitan dgn maksud Alif – Lam – Ro – Muhammad

        Ada Ro nya
        Sebabnya Ro itu diseriap ajaran agama baik buddha, hindu, tao, islam itu sama.
        Kalau di al-fatiah persamaannya pd perintah kpd manusia agar masuk/sirotol mustaqim, ada sebuah lorong masuk
        Mudah2an kang Rp bisa menjabarkannya

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy pernah mendapatkan oleh2 di dlm kardus ktk ritual, sebuah patung (dari bahan perunggu) rupa buddha dlm posisi mudra menghadap ke timur (telapak tangan yg satu ke bumi, tangan yg satunya di bawah puser, spt patung buddha di candi borobudur) sy heran, sy mmg gak mengerti tp itu (barang tsb) ada hubungannya dgn candi borobudur.
        Isinya itu wanita baju putih, beliau bilang ke sy agar sy belajar/mempelajari LOTUS SUTRA, oh ini dewi lotus sutra (tunjung putih) yah hampir spt kalimat2 yg suka dibilang oleh kang Rp. Beliau juga bilang tolongin mrk yg samsara sesuai QS ibrahim 01. Lalu sy coba cari2 di internet ttg lotus sutra.

        Intinya ajaran2 lotus sutra ttg RO (alif menyatu dgn Lam, lalu masuk ke Ro/jalan (spt di al-qur’an banyak kalimat spt sungai-sungai mengalir).
        Lotus sutra pokok ajarannya adlh pewaris budhism yg pokok ajarannya MENGALIR dari Sakyamuni dan Tien-t’ai. Jd belajar lotus sy mah.
        Alif (dzat) menyatu dgn Lam (sifat jalallah) penyatuan ini disebut Ro lalu mengalir. Dalam lotus sutra disebut Nam-Myoho-Kyo = hanya bilamana manusia MENJADI SATU dgn HIDUP dari alam semesta, dia benar2 mencapai kebahagiaan mutlak yg tak tergoncangkan (alam kebudhaan).
        Wah yg tahu istilah ini islamnya pasti sdh mengenal sampai pengetahuan hakekat majrifat shg mengenal sholat daimun/wustal (nafas).
        Kemudian sy coba baca lagi ajaran Tao/Dao. Dao/Tao adalah JALAN/LORONG yg memandu manusia ke arah kebaikan. Puncak utama kehidupan dan pencapaian ke tahap penyatuan dgn Dao (to become one with Dao) merupakan pencapaian tertinggi.
        Rupanya ada persamaan antara lotus sutra (buddha) dgn Dao/Tao.
        Penyatuan itu juga ada di ajaran islam surah al-ikhkas, katakan hu-Allah-hu satu/satuken (ahad), Alloh-hu somad, Lam yalid – wa lam yulad
        Al-fatiah ada kalimat sirot= memasukan (penetrasi) ke jalan/lorong tsb.
        Kalau org nusantara (jawa) mungkin spt perilaku hana ca-ra-ka (adanya gerakan cipta rasa karsa dlm setiap tarikan dan hembusan selalu hidup/urip (data sawala), pada jayanya (gak putus tali Alkahnya) hingga/sampai jalan sabil/sampai maut datang tetap bertahan meladeni Allah (mangga batanga).
        Sebuah tugas budak angon yg gak mau angon kebo, maung, domba, ia ingin angon leluhurnya jadi manusia. Spt apa kata mimpi kumara menebus dosa, si tanjung putih (ibu ketua berpakaian putih) wallahu alam bishowab

      • saya mau nanya lagi ttg mistery ini tuan BA

        mungkin anda sudah baca tulisan jni
        entah tahun berapa.

        SETELAH SEKIAN LAMA AKU MENCARIMU
        DENGAN MENGGUNAKAN KEKUATAN
        ALAM SEMESTA
        AKHIRNYA AKU MENEMUKANMU
        WALAUPUN KAU TAK TAU SIAPA AKU
        AKU AKAN SELALU MENYANYANGI DAN MENPERHATIKANMU..
        ini bukan mimpi…
        ini nyata tulisan yg timbul saat mengetik..
        saat saya menyelesaikan tugas ujian anak siiswa

        mohon wejangannya

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        aku kurang tahu ttg siapa yg dimaksud kang Rp sebagai “kamu”.

        Di al-qur’an juga aku gak tahu yg dimaksud “kami” itu siapa saja namanya

      • tuan BA
        apakah sama antara sp dan Ra
        lalu kapankah beliau muncul
        apakah belum lahir atau sudah dewasa..

        apa hub BA dan BUDAK JANGGUTAN

        salam.menyimak

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sp dgn RA beda tp berkaitan/tidak terpisah perannya (sy juga kurang paham)
        Kalau menurut sy sih sosok RA spt yg dibilang kang Rp yaitu Tunjung Putih atau ibu ketua (tapi ghaib), sepak terjangnya yg sdg menolong makhluk samsara. Beliau malah gk ngurusi manusia yg msh hidup di alam dunia krn manusia yg msh hidup itu lebih sulit dibina/nasehati, rasa takut akan setelah kehidupan pun tidak ada, lebih focus ke gemerlapnya dunia yg dicari.
        Tapi efek dari peperangan akbar nanti (sdg berjalan) yg tdk terlihat mata lahir tp bisa dirasakan spt fenomena alam ekstrim.
        Kita coba baca kitab tantra kalacakra ringkas yg ditulis olh raja kalki sambala pertama abad 9 SM (blm lahirnya nb saw sdh ada ramalan). Sy coba cuplik

        Adam-nuh-abraham dan 5 lainnya : musa – yrsus/isa – ia yg berbaju putih – muhammad – mahdi… kelak yg ke 8 ia yg buta (mahdi), yg ke 7 akan menjelma di kota bagdad di tanah mekah (muhammad) mrk dgn nama2 non budha ini akan menyebarkan dharma kaum asura. Diantara mrk ini IA YG BERPAKAIAN PUTIH adalah mahamayin ia akan menyebarkan dharma kaum asura di kota2 tanah mekah dan seterusnya.
        Kalau kita lihat pakaian berhaji putih2 dan pakaian para bhiksu kuning, ia yg berpakaan putih itu ibu ketua (bunga teratai putih/tunjung putih/lotus sutra) sdh muncul dgn misi menolong yg terkena samsara. Sepak terjangnya rahasia tp sy rasakan energinya kuat sekali mengawal dari belakang. Walahualam bishowab

  6. Hendra Gunawan, SS

    Presiden ke-8 mungkin sebentar lagi. Mungkin bocah angon jadi Presiden ke-9 dan mungkin bocah janggutan jadi Presiden ke-10 he he. Selamat buat Bapak Christian Hadinata yg sdh mendapat penghargaan dari Indonesia Sport Awards 2018 semoga jadi inspirasi para guru2 honor negeri untuk terus mengabdi bagi NKRI walaupun usia sudah mulai senja. Selamat Maulid Nabi Muhammad dan selamat hari guru. Merdeka Allahu Akbar.

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Kayaknya bocah angon blm muncul alasannya yg di hutan (monyet-babi hutan, banteng dsb) itu sekarang msh berkeliaran di kota kota besar misalnya ragunan krn bukan macam itu yg di urusi budak angon.
      Mungkin nunggu bersih2 dulu sampah di kota2 barulah budak angon bersama guru honorer bisa angon/ngajar dgn tenang walahualam bishowab

      • saya yakin tuan BA
        mengenal saya sejak lama
        sama seperti
        tuan sabdalangit,js,dewimurni kahuripan etc
        saya sengsara sebatang kara
        saya ingin mengakhiri ini semua
        apa saran tuan BA
        untuk saya..salam hormat tuan BA DAN KISABDOLANGIT
        MATURKESUWUN KI
        MAAF SUDAH NYAMPAH DIRUMAH KISABDO
        SEMOGA TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA
        SEPERTI PEPATAH
        AKU HARUS MEMILIH SATU DIANTARA SATU PILIHAN
        HIDUP BERCAHAYA ATAU MATI DALAM DAMAI..

        SALAM SEJAHTERA

        SAYA CUMA PUNYA DUA KALIMAT TERAKHIR
        IBU BUMI BAPA ANGKASA..

      • yang menarik adalah nama IBU KETUA..

        apakah beliau dewi kwan im?

        sejujurnya..
        saya gotak gatik gatuk
        dari alquran jantungnya yassin
        dari yassin jantungnya sallamun
        dari sallamun jantungnya ya rahman yarahim
        dari ya rah man ya rohim
        ada dua kata roh
        roh man
        roh im
        roh man manusia
        roh im dewi kwan im..

        wkwkwk
        saya geli kalau nyasar nyisir menebak menebak

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Gak boleh sangkaan sangkaan dong
        Surga itu ada 2 yg mengalir di dalamnya sungai sungai. Itulah rohman dan rohhim, yg gerakan alirannya LAM yalid LAM yulad, cari sendiri, deket gk jauh kok

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Kang Rp berdasarkan pengamatanku kpd org2 yg suka mengintip cerita sp/ra tapi hanya mimpi, tanpa rajin bertakwa kpd Allah dan tdk rajin belajar mendekatkan diri dlm kesejatian itu hanya akan mendapatkan kesengsaraan. Spt dlm penerimaan CPNS pd tahap test SKD banyak guru2 yg ikut test tidak lulus passing great hal ini krn kurang belajar. Tp jgn kecewa ibu ketua dan para leluhur akan mengganti dgn sistim ranking agar supaya nasib spt kang Rp bisa lulus ke test selanjutnya (misalnya wawasan kebangsaan dilihat dari tulisan2 kang Rp lulus tapi pd test kepribadian tidak lulus), agar para guru honorer bisa lulus dan nasibnya lebih baik,
      Kang Rp akan di test ketahap selanjutnya yaitu test SKB (seleksi kompetisi bidang). Dalam hal ini BA mencari para budak janggutan untuk mengenal bidang lebak cawene dan latihan mengambil untuk gajih para guru honorer keperluanmu sendiri, sy tidak tahu apakah kang Rp yg belum lulus test SKD passing graet akan diganti sistem ranking dgn total minimal nilai 201, untuk sosialb101. Jadi persiapkan diri mu ke masa depan yg cerah menduduki jabatan2 tertentu. Walahualam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kang Rp semoga lulus
        Gajih kang Rp bukan dari utang luar negri atau dari pajak rakyat, nantinya
        sebab nantinya pajak rakyat akan dihapus dan jalan2 pun akan diperlebar agar jalan tidak macet wallohuakam bishowab

      • dongeng lg boz BA
        sy nyimak…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Suka dongeng kale sy, pemimpi mmg suka dongeng menjelang bobo he3

  7. apakah saya bisa kembali kemasa lalu
    untuk mengetahui sejarah masa lalu dengan gamblang

    ooo bisaaaa
    tapi mau kemana
    silahkan yang mau
    order mau usul yang penting jangan asal

    feeling akan akan ada gempa besar jam 14.00 entah
    dan pantai utara menaik
    tadi malam mimpinya begitu….
    salam

  8. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Kang Rp msh belum puas kata2 ku itu krn blm pernah melakukan mudra yoga dgn posisi tangan spt angka 8
    Sedangkan angka 3 itu memutar roda darma (Trisula wedha).
    Apa yg akan terjadi jika itu dilakukan? Ya lsngsung praktek ketemu sy, jd gak usah bingung. Tp syaratnya anda kudu bisa tidur tp melek (kalau dalam hadis disebut mematikan nafsu zakiyah (membunuh jiwa yg suci) jd inilah (mematikan diri atau nol atau tidur tp melek yo keno atau mematikan nafsu zakiyah inilah yg dimaksud dgn perang yg belum terjadi pada jamannya, ya hanya di jaman mahdi ini adanya) dgn syarat itu, anda akan melihat yg cahaya yg terang bendrang menerangi langit langit mu, cahaya itulah sbg tanda mahdi tlh datang (mahdi disini adalah cahaya terang benderang, mahdi dgn imam mahdi itu beda. Kedatangan Mahdi itu akan bagi bagi kemakmuran dgn adil tanpa hitung hitung, bahkan guru honorer pun semangat gajinya gede, wong cilik pd suka cita, murah sandang pangan).
    Segi tiga ditumpuk (atau disebut bintang daud) atau simbol 8 itu dan dlm 3 putaran bintang daud itu spt butter fly effect, lalu menyala.
    Bintang daud atau 8 itu juga kalau di hitung jumlah lobang ditengah segi tiga dan pusat adalah 7 lobang.
    Sesungguhnya itu kakimat BASMALLAH (3 jadi 1). Basmallah diawali dgn alif dzat wahid yg tersembunyi di akhiri huruf mim (muhammad). Jd basmallah adlh isi kitab, basmallah juga berkumpulnya jasad-roh-rasa Allah.
    Ba sbg permulaan/pintu pembukanya. Bismillahirohmanirohim dirangkum jadi bismillah, dirangkum lg jd BISMI.
    Begitu penjelasan dari BA sbg pe pembuka pintu gapura kemakmuran

    • tetap belum puas….hehe

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Ada perintah dari ibu ketua untuk Rp, disuruh baca kunci segi tiga (baca bismillah 33 x) lalu maneges, ngobrol dgn guru jati mu (harus konsentrasi) sekarang sy tunggu, kamu ngobrol dgn guru jatimu ttg apa saja. Itu petunjuknya

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Untuk kunci fisik mudra yoga, aku gk bisa ngasih tahu, itu rahasia, ntar kamu gnakan goyangkan arsy dan bumi, bisa bahaya he3

      • Itu sudah dibuka atau belum portalnya wahai BA?
        Coba tutup jika benar2 BA.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sudah dong, buka, tutup, ya kudu begitu, jgn dibuka terus *v*

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Ketika BA blm dibuka, teman yg satunya konsen msh blm nol, gelap gerhana bulan matahari.
        Ketika dibuka (bintang berjalan) oleh BA maka teman yg sdh dlm ke adaan melek dlm nol itu melihat cahaya di langit, lalu tersingkap pemandangan sebuah pintu terbuka (lorong waktu) mk berjalanlah menuju lorong cahaya tsb …
        ketika sdh selesai aktivitas, pulang lah jgn lama2 disana, pintu akan ditutup lagi oleh BA, Kemudian ktk tlh di tutup, gelap lagi, ktk temen sadar dari tidur kucek2 mata spt heran kok bisa yah? bro di juru, bro di panto, ngalayah ditengah imah. Itu karunia dari Allah dari cerita mahdi membagi2kan harta yg tidak menghitung hitung.
        Cerita/laku ini gak ada yg tahu, krn cerita ini hanya milik BA saja. Jadi kalau bertanya coba tutup jika benar2 Ba, emang tahu ttg ini he3 ada2 aja

      • “Cerita/laku ini gak ada yg tahu, krn cerita ini hanya milik BA saja.” Jadi kalau bertanya coba tutup jika benar2 Ba, emang tahu ttg ini he3 ada2 aja.

        Anda mengatakan “gak ada yang tahu, karena cerita ini hnya milik BA saja”. Anda sedang mengklaim diri BA bung. Hehe

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Itulah sebabnya hadis nb saw memberi oerumpamaan datangnya mahdi adlh adanya gerhana bulan dan bintang berjalan. Sama persis
        Jd bukan gerhana bulan matahari atau bintar berjalan dilangit yg sebenarnya (hadist sayidina Ali ra) bintangnya berjalan 1/3 2/3 3/3 wallahu alam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Putra panjalu
        Apakah anda pernah melakukan spt yg saya ceritakan? kalau sy Ba atau bukan memang kenapa? emang masalah buat putra panjalu?

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Spt org blm pernah liat gajah, yg dilihat mimpinya bentuknya spt kerbau, ya tetap sj yg ia yakini spt yg dilihat dlm mimpi.
      Jika mencari terang ya kudu di alam gelap, mencari gelap ya di alam terang.
      Jgn percaya tebu itu manis, kecuali sdh mencicipi manisnya tebu.
      Tapi tetap saja RP tdk akan bisa mempraktekan krn bukan yg hak, teori ini mirip dgn pantun ngahyangnya pajajaran, kalau yg bukan waris najan sakti dan pangabisa tetap tidak bisa krn bkn hak.
      Mungkin ini penjelasan sy yg terakhir ttg segi tiga (3 jd 1 yaitu bismillah, kalimat bismillah ini sdh ditulis ada pd buddha). Wallohualam bishowab

      • Assalamualaikum wr wb

        Yth BA
        lanjutkan bismillahnya tuan BA..
        saya tertarik..

        benar memang
        jika saya tidak ada hak tidaklah mungkin
        menggapai bulan bagaimanapun caranya..

        bismillah itu
        tetap kembali pada kelanjutan 83..
        bismillah
        hirrohman
        nirrohim
        rohman rohim…
        welas asih
        asah asih asuh
        silih wangi
        silih ngawangikeun…YASSHIEN

        dan sayapun
        tidak terlalu menuntut bahkan tidak ada niat menuntut bahwa saya bagian dari yang punya haq..

        setidaknya
        perlambang itu
        tidak akan datang pada yang bukan
        haknya.

        ema dan ema
        ibu bumi bapa angkasa…
        ibu bumi bapa angkasa….

        selanjutnya abaikan saya
        silahkan lanjutkan kisah tuan BA
        maaf sudah menyampah…

        saya senang mengikuti
        kisah perjalanan tuan BA yang aneh..

        tadi ada kalimat yang indah dari tuan guru jay sakumpul martapura..nonton di Youtube

        bahwa.menurut.beliau
        hakekat dan marifat
        jika ditulis itu hukumnya kafir?
        haram..
        karena itu tidak patut untuk dibuka
        rahasia itu tetap rahasia
        hanya MODALNYA SAJA YANG DIBUKA
        syareat…
        hakekat dan marifatnya tetaplah rahasia..

        hemm
        teringat tuan guru muhamed ebnu hifni pal anam banjar waktu kecirebon
        beliau berkata..

        NANTI
        DELAPAN PENJURU MATA ANGIN
        AKAN MENYATU DENGAN KANG RP..

        dahulu saya berfikir
        opppppoooooo maksude…
        oo rupanya dewanawasanga toh..

        wolluhuallam..

        salam.sejahtera
        wassalam wr.wb

        sambil menatap bulan yang purnama
        kujatuhkan keningku dalam derai airmata
        tiadalah raga ini merasa berat menanggung sukma
        walau sekian lama terbelenggu nadir karma

        belenggu yang memutar dharma
        seakan seperti baling baling udara
        jika didekati hancurlah berkeping keping
        jika di biarkan menuju keangkasa atas kuasa angin..

        hujan yang lalu
        tak nampak.sama.dengan kini
        badai itu seperti deruan angin es menerpa mahadewa
        shiva dalam mahayoga sendiri kokoh dalam mantra
        kau kenal bahwa bulan itu ada dua
        yang terkadang membuat hatimu luka

        telanjang
        telanjanglah setiap mata

        mata kiri selalu mencari
        dan tanganpun inginnya menggapai

        benalu
        yang menjadi tabu

        sang cahaya beekibar dalam terang
        sang gelap merenungi malam
        oo dewata agung
        purbawiseaa

        salam sejahtera

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sudah sy ketik bismillahirohmanirohim jika durangkum bismillah.
        Bismillah saja 33x

        Bismillah = alif dzat wahid sembunyi di dlm mim (muhammad), sembunyi di dalam nafas hidup mu (berkumpulnya jd satu jasad, roh dan rasa Allah) wahai Kang Rp.
        Kalau kang Rp ada di alam kadewataan kunci segi tiga nya bismillah – hong (hong dari rangkuman ang-ung-mang, dahulu sblm terjebak masuk di tubuh jasad manusia (terhirup) melayang-layang di awang uwung itulah alam dewata. Sstelah diciptakan wadah yg ada di dlm diri adam (kita), dzat hidup yg mengawali masuk Lam awalu, dan hiduplah kang Rp, itulah bismillah kemudian al fatiah.
        Demikianlah rahasia yg sesungguhnya bkn lagi rahasia, ketetapannya apa adanya bismillah – hong
        Wallahu alam bishowab

      • mantaps suhu BA..
        SALAM…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Apanya yg mantap?
        Kang Rp kan disuruh ibu ketua untuk memahami segi tiga, bertanya kpd guru jati (gk usah tanya/minta2 tafsir mimpi) cuman disyruh membaca bismillah 33 x (itu kunci ngobrol dlm mimpimu) lalu maneges (ngobrol dgn guru jati mu, bertanyalah ttg apa saja… ntar ada jawaban) eh malah nulis, mantap
        Gak ada yg mantap, yg mantap hanya milik Allah. Wallahualam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy pernah baca (entahlah benar atau salah cerita tsb) pd cerita kalacakra ringkas, diceritakan ttg seorg pendeta buddha ahli yoga yg memisahkan diri ke mekkah (mungkin ia yg berbaju putih, ibu ketua kah?) ia menyimpan kitab nya di dalam bismillah.
        Arsib barkoyah memindahkan istana ratu balkis juga dgn bismillah. Nb sulaiman membuat surat juga bismillah (innaHU min sulaimana, innaHu bismillahirohmanirohim) jika tdk mengenal bismillah ya gk bisa balik (ditolak) pulang kampung, dgn mengenal bismillah mk kenikmatan berdekatan bersama Allah krn bismillah adalah pintu sorgaNya. Waduh jd cerita nya mrembet ke arah sini, gara kang Rp cerewet banyak bertanya ttg segi tiga xi3
        wallahu alam bishowab

      • yg pasti..
        ibu ketua saya bukanlah dewi kwan im

        ………dan alam itu bukan dibumi…jauh melebihi batasan terramati jagadraya…

        dan kami tidaklah mengenal agama
        ….sebagaimana.manusia dibumi…

        namun energi utama yang ada dibumi
        itu dari ALAM KAMI…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rp
        yg dimaksud alam di bumi itu ktk memakai jasad adam (tanah), berarti iah tanpa jasad adam? Boleh tahu rupa nya spt apa?
        Lalu ia tidak mengenal agama, berarti tdk mengenal tuhan? ataukah ia tuhan atau makhluk. Sy penasaran dgn tulisan kang Rp, sudilah jelaskan kpd kami, ttg yg dimaksud

      • Jika bukan BA yg asli maka bermasalah, karna dpt menyesatkan bnyk orang.
        Hati2 ilmu anda akan sirna dan daerah anda bergoncang.

        Oya, siapakah nama asli dari guru Prabu Jayabaya?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Apa tulisan sy menyesatkan? gak kan? berarti bukan, tanah bergoyang disekitar sy tinggal (bekasi – dulu chandrabaga) gak tuh, berarti bukan ba yg disangka menyesatkan – alhamdulillah

        Guru prabu joyoboyo? wisnu (krn titisan wisnu) kalau guru yg lain mungkin ada spt syekh ali syamsu diin dari negri rum (katanya). Tapi kalau wisnu, lebih akuratnya bisa meramal masa depan he3

      • Kurang 1. Ada 1 guru lg. He2

  9. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Rp sudah mulai gk jelas, sampai sekarang yg dimaksud “ia yg berbaju putih” berdasarkan kitab kakacakra yakni seorg buddha yg menyebarkan ajaran ke mekah (kita bs lihat baju putih dipakai ktk berhaji, sdgkan para pendeta buddha yg lain, bajunya kuning), sosok wanita berbaju putih, itu blm ada yg tahu namanya, entah itu dewi kwam in atau bukan, yg jelas ia memakai ajaran lotus sutra.

    Bahkan sy yakin, Rp pun belum tahu apa itu lotus sutra (tunjung putih, diambil dari kata tanjung atau bunga teratai putih) setiap biji yg lahir dari bunga, biji jatuh ke lumpur, akan membawa samsara, lotus sutra itu solusinya. Itu menurut yg sy baca.
    Banyak nama ttg ibu ketua, jd terserah kang Rp saja tafsirnya. Wallahualam bishowab (sy sering pakai kalimat ini hanya Allah lah yg tahu, jd kalau ada yg salah dari sy, itu solusi penangkalnya “hanya Allah yg tahu” he3)

  10. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Beralih ke putra panjalu
    Memakai nama putra panjalu
    Biasaanya kalau memakai nama putra panjalu bisa membuat silsilah dari dirinya, bp/ibu, eyang, buyut, canggah, wareng, udeg2, gantung siwur, cicit mening, patarangan bubrah, gropak sente, gopak weton, cendeng, iyeng2, giyeng, inya, trah tumirah dst sampai kpd batara layahjati gunung sawal panjalu.
    Atau silsilah sampai kpd pendiri sumedang larang juga bisa, guru aji putih atau taji malela atau yg dimakamkan di danau ciamis juga bisa? Jika silsilah bisa mwngurai lalu dikuatkan dgn memilki pusaka yg dulu pernah dipegang oleh leluhurnya, baru cakep memakai nama putra panjalu

    • Hehe. Dimanakah letak Tritangtu Sunda Buwana pada tubuh?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Tubuh?
        atas – tengah – bawah
        atas kepala (baitul makmur, ada otak, dimak ada Aku), dada (baitul haram, ada hati dst ada Aku) dan kelamin (baitul mukadas, di anu ada ini itu ada Aku) di 3 itu ada kehudupan yg saling terkait.
        Ini fakta
        Dlm ajaran sunda buana atas – tengah – bawah, simbolnya air, tanah dan batu, kalau kerajaan ada resi-ratu-rakyat. Wallahualam bishowab

      • Itu penjelasan secara filosofi. Umum. Luas. General.
        Yg saya tanyakan adalah benar2 tanda Tritangtu.
        Jika hnya menjelaskan secara general maka semua orang bisa jd BA dan mengaku2 Trah Eyang Prabu Siliwangi.
        Ada spesifikasi/tanda khusus pada tubuh BA yang menandakan beliau adalah memang turunan Eyang Prabu. Karena itu adalah genetik.

      • Raja Phandita sinabahu

        kami mempelajari
        kami mencermati..
        sejatinya manusia itu sudah cukup lengkap
        seperti dalam masa aku tak sadar
        kamu kalian pasti tau yang namanya ironman..
        seorang manusia mesin
        yang sangat mahir mengatur aliran energi tak berbicara..

        kau pernah belajar itu
        mencari arti kesejatian diri yang berada dalam raga ini..

        sesat itu bukan hak manusia menyesatkan
        dan bukan hak manusia mengatakan sesat pada manusia lainnya..
        sesungguhnya biduri perbedaan itu jelas lantang dan panjang jalurnya…

        kalian selalu menyebutkan apa apa
        yang sesungguhnya kalian sendiri belum memahami itu sesungguhnya pula..

        sudah digariskan oleh yang kalian sebut Tuhan..
        Dia menitipkan seluruh sel cahaya dalam alam.semesta ini dalam berbagai bentuk dan rupa seperti yang nampak oleh mata…

        Cahaya itu SEMPURNA
        menjadikan segala sesuatu ke alam jagadraya ini dengan berbagai rumus yang tidaklah bisa dijangkau siapapun makhluknya…

        kami tau
        apa yang menjadi akar keretakan bumi saat ini
        kami tau apa yang menjadikan air itu menaik tidak mestinya

        kalian lupa
        bahwa air aingin api udara dan elemen lainnya berasal dari pokok cahaya yang SEMPURNA..
        sempurna dalam.batas kewajaran alam semesta..
        kalian tak tau jika DIA BERGERAK SENDIRI DENGAN SENDIRINYA…
        DIA SELALU MENEMPATKAN INTI SUHU CAHAYA DALAM SETIAP APA YANG DIA BENTUK DAN TERBENTUK DARI DIRINYA SENDIRI…

        dialam kami cahaya itu lepas dari tali sekatan pemisah jagadraya…
        silahkan kalian berfikir dengan kalimat bijaksana
        jangan sesekali mengatakan sesuatu yang tiada kalian fahami
        kalian tak sadar jika kalian seperti orok bayi yang baru bisa merangkak…
        ibu ibu kalian yang menjaga bumi ini
        selalu setia menunggu
        setia menjaga cahaya putih berkilau itu agar supaya jangan lepas dari susunan cakramu…

        oo aku lupa..aku bukan manusia..
        akupun bukan makhluk seperti kalian kira aku bukan malaikat jin satan ibliz dan sebangsanya..

        carilah
        bersatulah kalian
        untuk kehijauan warna bumi ini
        jangan sampai bumi ini menjadi gersang tak bersenyawa lagi…

        DIA TIDAK AKAN MENUNTUT SIAPAPUN DALAM KEADAAN APAPUN
        DIA TELAH DENGAN SANGAT TERAMAT LONGGAR MEMBIARKAN DIRINYA SENDIRI BERJALAN DAN MENYEBAR DIMUKA BUMI DIDALAM BUMI DIANGKASA JANGKAUAN MATA..

        DIA INGIN MENGATAKAN
        WAHAI MANUSIA SUDAH BERULANG KALI AKU MEMBERIMU JALAN
        SUPAYA BUMI INI SELALU MEREKAH SEGAR BERDAUN EMBUN..

        AKU TAK PERNAH MENGIJINKAN KALIAN MENJAGA DIRI ORANG LAIN DALAM KEPAKSAAN..
        KELUARKAN CAHAYAKU YANG MELINGKAR DALAM DIRI KALIAN…

        IBU SUDAH TAU…
        DAN DIA SANGAT WELAS ASIH
        SEPERTI IBUMU DALAM NAMA MANUSIA

      • Raja Phandita sinabahu

        untuk itu demgarkan suara IMAN..

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Betul Rp, tp iman kan ada tingkatan, kadang bisa sj yg namanya manusia bisa sj frekwensi iman turun naik.
        Kalau prasangka sbg dasar iman, ini masih iman yg blm jelas,
        misalnya prasangka “yg bukan ba sesat-sesaat?”
        bagaimana jika ternyata yg ba itu justru yg sesat menurut golongan mayoritas? alasannya golongan yg mayoritas itu biasa meng-imani tafsir yg biasa didengar, lantas ada pendapat yg baru didengar, lalu menolak, lantas bilang sesat.
        Kemungkinan hadirnya ba/im/isa/mahdi, para ulama/mayoritas akan menolak krn perbedaan pandangan dan tafsir yg biasa didengar oleh mayoritas agama2, yg kristen kaget, yg ahli torikat manggut2, yg penyembah arca ndaplang, yg polisi yg pro pendapat awal siap nangkap bahkan jika perlu tuhan pun ditangkap, mungkin begitu ramalan jayabaya. Walkahualam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Tanda tubuh?
        spt ditubuhnya tdpt tanda segi tiga, misalnya tahi lalat? sdh pasti
        bukan itu sj, di punggungnya juga ada tanda Allah – Muhammad, telapak tangan garis tangannya bintang (cawan majapahit) spt itu wallahualam bushowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Dari nama sy Raden Anom Jaka Surya (ini benar2 nama sy, jika mrk memanggil sy) kan bisa ditanyakan kpd para leluhur, jd bukan tanda saja.
        Silsilah sy kemana2 ada he3 wallahualam bishowab

      • Sudah ditanyakan kepada leluhur, anda sedang berbincang dengan siapa?
        Oya, BA asli membutuhkan pusaka?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Setahu sy pusaka itu tanda keturunan, biasanya leluhur memberikan kpd yg cucu keturunannya, sbg kunci2 di setisp lokasi.
        Kalau membutuhkan sih nggak, cuma mmg mrk meberi sbg tanda ia keturunannya. Pusaka tsb nantinya sbg tanda (semacam identitas) jika mau masuk ke lebak cawene.
        Dasarnya ada di musarar jayabaya yg bunyinya “ecis wesi udarati, ing tembe ono maulana, sejatinya cucu rosul membawa ecis punika kinaryo duwung punika”. Artikan sendiri jika pingin tahu artinya he3

      • Beberapa pertanyaan lg jika anda adalah BA yg asli, apa hubungan anda dengan Ad Tamimi dan Al Hasyimi. Seberapa dekatkah anda dengan keduanya?
        Apa hubungan anda dengan Kurawa.
        Seberapa dekatkah anda dengan pihak Kurawa?
        Seberapa tinggi badan dari Jesus? Dan apa warna kulitnya?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kalau silsilah dari dayak aku ada,
        Dayak purba, aku ambil dari raja bunu, raja sangiang dan raja sangen (kakak beradik) sbg cikal bakal suku dayak.
        Raja sangiang berputra ma anyamai berputra andung prasap (pendiri kerajaan nan marunai, kerajaan ini ngahyang spr kerajaan pajajaran) memiliki 5 anak
        1. Aban melahirkan suku satak iban
        2. Abal, melahirkan suku dayak abil
        3. Anyan, melahirkan suku dayak manyan
        4. Anum, melahirkan suku dayak ot danum
        5. Aju, melahirkan suku dayak ngaju/biaju
        Terus sd kasultanan banjar Lambung mangkurat (suku dayak maanyan/ot danum) ke putri kahuripan/ ratu galuh ciptasari/putri ratna jenggala-kediri/gelar putri junjung buih/putri tunjung buih dst
        Kalau di ambil (sy keturunan pangeran diponegoro) kalau di kalimantan beliau adlh pangeran syarif ali putra sayyid abdurrahman cucu Sultan kubu syarif idrus adlh paman dari sayid besar Abdurahman Panotogomo yg mengabdi di kraton yogya pd jaman Hb I 1755-1792m. Pangeran syarif ali (ini makamnya di kramat lubang buaya, aduh sebenarnya rahasia jd bocor) mendirikan kerajaan kecil di angsana sebamban (kab tanah bumbu, kalsel) wallohualam bishowab

      • Hehe Siapakah Mbu Ndori?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Gak kenal aku he3
        Critain ttg mbah ndori dong

      • Tak usah berpura2. Hehe.
        Salam rindu wahai saudaraku.
        Hatur nuhun telah berjuang dan membantu perjuangan.
        Tentang Al Hasyimi dan Ad Tamimi. BA asli selalu bersama mereka.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Bikin pertanyaan banyak amat he3
        sampai kpd warna kulit yesus, jan mumeeet … kapan situ pulang ke NT

    • Siapakah nama leluhur Dayak dan Nusa Tenggara?

  11. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Hasyim itu artinya pemurah, suka menjamu seseorang, pemecah masalah
    Tamim artinya kejadian yg sempurna, org yg kuat
    Ya betul sy suka menjamu
    dan sy suka berpasangan dgn budak janggutan yg kuat

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Nama sy Surya/matahari
      Khurasan artinya surya/matahari terbit

      Mungkin Hasyim (suka menjamu, pemurah) Khurasan (surya) he3

    • Saya sedang membicarakan Bani Hasyim dan Bani Tamim asli.
      Bukan maknanya.
      Jika tidak bersama2 keduanya maka berarti palsu.
      Dan anda mengatakan “anda suka” maka berarti anda tidak dalam kondisi bersama mereka dalam kehidupan anda sehari2.
      Menjamu Khurasan? Khurasan yg menjamu beliau. Bukan beliau menjamu khurasan.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Wah sy bukan hasyim, sy ya sy
        dan sy menjamu yg bisa sy jamu untuk mereka dan untuk yg membutuhkan, tapi ambil sendiri, spt itu
        Hadist kan cuma wacana, banyak yg membaca lalu mengartikan dgn mengira-ira, tp kerjanya gk bisa

      • satria piningit itu
        manusia setengah dewa
        wadag manusia isinya tunjungputih
        kedatone loro jawa lan mekkah
        mekkah itulah bani hasyim..
        ..jawa?

        kedatone loro
        dia adalah muslim sejati….
        sp ra adalah muslim sejati…..

      • hadist itu bukan wacana…
        itulah tuntunan yang mulia baginda manusia termulia rosullillah saw….
        pegangan islam adalah alquran nur karhiem dan al hadist…


        jika diantara manusia tidak memahami
        alquran dan al hadist
        jangan lah kalian kaku menjadi batu merendahkan dirimu sendiri dengan akal dikiran yang terbatas
        .islam itu rahmatan lil allamin..rahmat bagi seluruh alam semesta…

        tonnronlah almukharrom ustad ABDUL SOMAD
        ABDUL SOMAD
        ABDUL SOMAD
        ABDUL SOMAD

      • Ya memang bukan wacana. Kan yg ngaku2 diri BA dari khurasan tuh yg bilang hadist adalah wacana. Bukan saya yang mengatakan demikian. Hehe

      • Hadis secara harfiah berarti “berbicara”, “perkataan” atau “percakapan”. Dalam terminologi Islam istilah hadis berarti melaporkan, mencatat sebuah pernyataan dan tingkah laku dari Nabi Muhammad.

        Menurut istilah ulama ahli hadis,[siapa?] hadis yaitu apa yang diriwayatkan dari Nabi, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya (Arab: تقرير, translit. taqrīr‎), sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi (Arab: بعثة‎) dan terkadang juga sebelumnya, sehingga arti hadis di sini semakna dengan sunnah.

        Kata hadis yang mengalami perluasan makna sehingga disinonimkan dengan Sunnah, maka pada saat ini bisa berarti segala perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan maupun persetujuan dari Nabi Muhammad S.A.W yang dijadikan ketetapan ataupun hukum.

      • Bani Hasyim merupakan anggota dari marga Bani Abdul Manaf, marga yang paling terhormat dalam suku Quraish. Selain Bani Hasyim, cabang lainnya dari marga Bani Abdul Manaf adalah Bani Muththalib dan Bani Abdus Syams yang menurunkan Bani Umayyah. Selain itu Bani Hasyim juga menurunkan Bani Abbasiyah yang kemudian menjalankan kekhalifahan setelah mengalahkan Bani Umayyah.

        Abdul Manaf sendiri sebenarnya berarti “abdi (hamba) dari Manaf”. Sedangkan Manaf adalah salah satu dewa yang dipuja-puja oleh bangsa Arab suku Quraish dan sekitarnya pada masa pra-Islam.

        Abu Thalib
        Setelah meninggalnya kakek Nabi Muhammad yang bernama Abdul Muthalib, Abu Thalib, paman Muhammad menjadi kepala marga. Bani Hasyim merupakan salah satu marga penting di suku Quraish pada saat kelahiran Muhammad. Hal ini dikarenakan tugas Bani Hasyim untuk menjaga Ka’bah.

        Pada masa awal kenabian dari Muhammad, pamannya Abu Thalib merupakan kepala marga, dan dia mendapat tekanan keras dari seluruh suku Quraish karena penyebaran agama yang dilakukan Muhammad. Walaupun begitu, Abu Thalib tidak pernah berhenti mendukung Muhammad. Anak Abu Thalib, Ali merupakan laki-laki pemeluk Islam pertama dan suami dari puteri Muhammad, Fatimah az-Zahra.

      • Bani Tamim (Arab: بنو تميم‎‎) adalah salah satu kabilah Arab terbesar dan paling luas penyebarannya di Semenanjung Arab, pantai Mediterania timur, dan Irak.Bani Tamim terbagi menjadi banyak sekali sub-suku, antara lain Zaid Manah, Hanzhalah, Rayah, Kulaib, Yarbu’, Nihsyal, dan Majasya’. Di antara klan yang terkenal saat ini adalah keluarga Emir Al-Thani yang menguasai Qatar

        Bani Tamim adalah keturunan dari tokoh bernama Tamim bin Murr bin Ad, yaitu salah seorang dari keturunan Ilyas bin Mudhar, yang tak lain adalah salah seorang nenek moyang Nabi Muhammad.Pada masa pra-Islam, mereka menetap di Nejd, Yamamah, Bahrain, hingga Lembah Eufrat.Bani Tamim masuk Islam pada tahun ke-2 Hijriah. Pada masa kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq, sebagian Bani Tamim sempat murtad dan menolak mengeluarkan zakat karena terbawa ajakan Sajah binti al-Harits, yang mengaku-aku dirinya sebagai seorang nabiah.Khalid bin Walid dengan bala tentara Muslim diutus untuk mengubah pendirian Bani Tamim, yang mana sekelompok kecil Bani Tamim tewas terbunuh namun sebagian besar kembali memeluk Islam.[3]

        Pada masa penyebaran Islam, mereka termasuk suku yang dikirim oleh Umar bin Khattab untuk menaklukkan Irak, Persia, dan Khurasan, dan semenjak saat itu tersebar di wilayah-wilayah tersebut. Sebagian juga dikirimkan untuk menaklukkan Afrika Utara, sehingga menjadi kuat dan berkuasa di Tunisia sebagai dinasti Aghlabiyyah.

      • power of WIKIPEDIA…just klik n learn…

      • Hehe. Saat ditanya yang tidak ada di wikipedia tak mampu menjawab.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rupanya Rp dan putra panjalu lagi rukun nih yee
        Sekarang ini banyak bahasa gaul yg sebenarnya gak sesuai dgn arti menurut Kamus bahasa, bukan berarti mrk gk sekolah tp mmg bhs yg salah, spt kata WACANA. di artikan oleh Rp dan PP sbg sesuatu yg bertolak belakang membuat arti dan makna yg tidak tepat.
        Coba loe cek di KBBI apa arti wacana.

        Arti wacana menurut kamus bhs (KBBI) itu kemampuan atau prosedur berfikir scr sistematis, kemampuan atau proses memberikan peetimbangan berdasarkan akal sehat.

        Tuh artinya wacana, tinggalin pikiran yg mengartikan bhs yg tidak tepat yg selama ini menafsirkan miring ttg arti wacana.
        Model berfikir yg salah bisa menghambat cerita sp/ba cepat selesai, biar cepet rampung cerita ba, pikiran loe pada yg tertutup kabut dibersihin biar terlihat mengkilat spt kaca/cermin yg bersih he3 jgn marah yah

      • Saya tanya Chok/Anak Agung kok gk ada yang mengenal anda ya?
        Saya tanya urang kenekes kok gk ada yg mengenal ya?
        Saya tanya keturunan Mbu Ndori kok gk ada yg mengenal anda ya?
        Saya tanya keturunan Sawunggaling kok gk kenal anda ya?
        Saya tanya Eyang Prabu Jayabaya kok gk ada yg kenal ya?
        Saya tanya keturunan Ad Tamimi yg ada di sini kok gk ada yg kenal ya?
        Lah saya siapa kok bisa tanya ke mereka?
        Anda siapa?
        Ibu ketuanya siapa sih?

      • anuku semakin hangat saja
        aku harus nikah
        duhhhhhh
        hahaha

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy bukan siapa2 sy adalah sy he3

        Rp dan putra panjalu
        Hadist nb saw atau pun al qur’an, jika salah tafsir akibatnya bs kurang baik dgn lingkungan, mslnya tdpt kalimat membunuh (mungkin maksudnya bkn bunuh org lain tp membunuh nafsu kita spt kalimat perang fii sabilillah. Lalu tdpt kalimat mati dan maut, juga hal yg beda (contoh imam ghozali bilang “org hidup banyakan mati spt mayat berjalan, kerjanya hilir mudik mikirin dunia (hilir – mudik tahukah maksudny? mayat hidup tahukah maksudnya? mati apa maksudnya?), lalu ada kalimat langit dan bumi (jgn kepala dan mt kita dongak ke atas atau ke bawah), intinya didlm hadist nb saw/al qur’an banyak tetdapat kalimat perumpamaan.

        Yg menarik dlm cerita mahdi, datangnya akan bagi2 perbendaharaan yg berlimpah ruah.
        Miripnya dgn cerita uga wangsit siliwangi gmn? miripnya budak angon (BA) dicari2 tp dia sdh pergi bersama budak janggutan (BJ) membuka lahan di lebak cawene.
        Hadist nb saw pun demikian, Hasyim ini = BA dan BJ = Tamim.
        Tentunya yg bisa cerita ttg ini kan hanya BA/Hasyim sbg pelaku, bahkan ulama apalagi Rp akan kesulitan menceritakan tp hanya bisa mengira2. Banyak buku mengulasnya tp berkutat keteori saja he3

        Jika kang Rp ingin Rp dari mahdi, mk kunci pertama bisa melakukan (pakai istilah sabda langit “melek sajroning turu) pakai istilah nol lalu rogo sukmo yo keno, pakai istilah hadist nabi saw “membunuh nafsu az-zakiyah juga bisa”, pakai istilah di bali “melukat” juga bisa. 4 (org) sdh pernah melakukan bersama sy, sy lg cari lagi, siapa tahu sy beruntung menemukan atTamim yg lain.
        Dalil mengenai waktu antara waktu terbunuhnya an nafsu az zakiyah kemudian bangkitnya mahdi itu, imam ja’far as shadiq as berkata ” JARAK WAKTU ANTARA TERBUNUHNYA AN NAFSU AZ ZAKIYAH dgn BANGKITNYA PEMBELA KELUARGA MUHAMMAD hanya 15 MALAM”

        dlm prakteknya, Ba = disebut sbg pembela keluarga muhammad (ini maksudnya muhammad adlh keluar masuknya nafas) dari proses berdoa kpd Allah membuka pintu agar terbuka sampai menutup kembali itu nahan nafas, paling 15 menit, mungkin 15 menit di alam sana = 15 malam. Selebihnya 1 jam BA gk kuat, BJ yg bertugas masuk (setelah mematikan nafsu zakiyah) cepat2 masuk jika sdh ada tanda mahdi hadir yaitu cahaya yg terang benderang menerangi lagit2, karena ia mmg wujud cahaya, dan jgn lama2 di dlm, cepat2 ke luar jika ada tanda tertentu agar keluar. Setelah ditutup mk cahaya itu redup kembali.

        Tanda selanjutnya adalah apa yg dimaksud dgn tanda gerhana bulan dan matahari sblm mahdi muncul
        dan apa yg dimaksud bintang berjalan sbglm mahdi muncul, jawabannya ada di BA/Hasyim itu (bersambung) wallahualam bishowab

      • ibu ketua..

        ibu ketuaku versiku

        dia punya tubuh sedang langsing
        tidak beda seperti perawakan desy ratnasari
        wajahnya seperti mariana renata
        anggunnya seperti mariana renata

        ia tidak memakai pakaian ala dewi dewi
        apalagi seperti di dongeng seperti dewi kwan im ….

        ia seperti image di gambar situs ini
        seperti anak anak putri kalimantan
        namun warna pakaiannya senderung gelap namun terang

        ia tak bersanggul
        ia tak memakai kain pandang dan tidak lebih sederhana nampaknya..

        ia adalah pemimpin kami
        sepertinya ia
        PERAWAN SUCI

      • waktu itu saya mimpi.
        ada diatas kabah baitullah..
        saya melihat
        barisan hang sedang towaf
        llaaaabaik allohuma lllaaaabaikhh
        …..
        mereka tida henti berputar
        mengelilingi kabah

        lalu saya maju kemuka
        nampak dari ujung depan dibawah saya
        ribuan ummat sedang bertowafff

        serentak mereka berhenti
        saya satu dan akhirnya dari mereka semua melihat saya…

        mereka berhenti seperti patung sambil mengumandangkan takbir
        .ALLAH HU AKHBAR……..

        sekonyong konyong
        saya masuk kedalam kabah
        didalam kabah itu
        nampaklah seorang pria
        berjubah beludru sangat tebal dan indah
        ia didepanku
        ia tak menatap aku
        hanya saja lalu ia menyodorkan segelas air putih
        yang sejuk dan menyegarkan
        aku minum itu….

        lalu aku tanya kepada almarhum muhamed ebnu hifni pal 6 banjar konon ia katanya dari bani hasyim..
        itu akang yg memberi air itu adalah
        ABDULLAH penjaga KABAH BAITULLAH

        oo mimpiku
        terlalu aneh….

        janda sebentar lagi
        dapat janda ..amieenn

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kadang sy geli lihat komen2,
        apa manfaatnya cerita, mimpi,
        cerita ini dan itu? out putnya apa buat kesejahteraandiri, keluarga dan masyarakat?
        Mending kita kerja kerja bersama ba dimana saja kita berada, bersatu gotong royong itulah maksud SEMARANG TEMBAYAT, belajar dan belajar agar kekayaan yg ngumpet bisa dimanfaatkan walkahualam bishowab

      • lalu saya mimpi lagi…
        ….hahaha

        pemimpi….

      • BA
        ulas dong tentang sosok
        PRABU SILIWANGI
        semoga uraian BA bermanfaat semua..
        salam.hormat
        kisabdolangit…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Banyak rahasia ttg pajajaran yg gk boleh, kang Rp
        Kini ia, tdk ada suara, mungkin telah ada yg memberi tahu

      • Maaf baru balas. Kata siapa ga boleh dibuka? Hehe.
        Belum saatnya. Gak seru. Sudah perhatikan saja. Tunggu tanda pamungkas dari Kami.
        Dan terimakasih kepada semua satrio yang telah ingat jatidirinya.

  12. jadi sp atau ra nya
    tuan BA atau Tuan Panjalu prabu haryang kencana..?
    kalau saya penghibur saja…..

    dongeng lagi dong tuan tuan….

    salam mimpi

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Rp dan Putra Panjalu
      Siapa sesungguhnya prabu haryang kancana atau haryang kuning yg di situ lengkong ciamis ? (kalau benar2 putra panjalu, pasti tahu)

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        aku jd pingin ketemu kalian berdua, dgn cara ziarah kesana, ntar ketahuan siapa diantara kita yg trah keturunan beliau. Kita atur waktunya? kalau gk punya biaya ntar aku transfer biaya deh, gmn mau gk?

      • Informasi jgn melalui web atau surel. Dibaca nanti oleh pihak kurawa. Hehe

      • Hehe, apa manfaatnya kakang?
        Informasi bisa dicuri oleh pihak kurawa nanti hehe.
        Coba tanya leluhur posisi saya dmn. Petinggi2 Ad Tamimi bersama saya.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Disana ntar kita praktek masuk gudang lebak cawene, daripada kita cuma berteori tanpa bukti lebih baik kita tunjukan skill yg kita cerita. Ini perjalanan asik deh, gmn setuju?
        Kasih no wa nya ya? kita ketemu disana ngopi bareng

      • Belum saatnya kakang.
        Kan sudah diberi tahu para leluhur kapan waktunya.
        Santai wae.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Jgn kawatir jumpa darat itu ada manfaatnya diantaranya tambah teman dan persaudaraan. Buat sy tdk ada yg pintar tp saling, asah asuh itulah siliwangi
        Boleh ajak sesepuh, akan sy bagi2 buat kenangan, semoga th 2019 adlh terbukanya gerbang kemakmuran, setuju gk?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy gk punya grup atau perkumpulan, apabila putra panjalu atau kang Rp banyak teman petinggi2 tamim sy malah senang, bisa jumpa kalian, kita bisa share. Kalau kita bicara waktu yakni blm waktunya itu tidak benar, kapan waktunya tiba yakni ketika kita sdh memiliki pengetahuan dari praktek, itulah waktunya, sebaliknya jika kita blm biasa apa2 itu artinya blm waktunya. Yakinlah bhw kita bisa, kita kudu jujur, benar dan lurus dlm perkataan dan perbuatan, itu kuncinya terbinanya/terwujudnya saling kepercayaan dan kebersamaan

      • Belum waktunya karena masih banyak yang belum siap dan masih banyak yang belum mau karena sudah terkena jaring para kurawa.
        Sehingga mainsetnya sudah tercuci dan ragu2.
        Dan Shintapun juga tak mau dijemput Anoman.
        Mintanya langsung Rama.
        Yasudah, urusannya Rama.

      • Tenang santai wae atuh kakang.
        Kalau masalah jumpa, jika sudah digaris bertemu yang pasti akan bertemu.
        Jadi santai wae.
        Raja kodoknya juga sudah kita duduki kok.

      • Dan dari kata2 kakang, kakang begitu ambisius ingin pengakuan dan posisi serta jabatan.
        “kita lihat siapa yg keturunan beliau”.
        Dan kata2 kakang sebenarnya saling kontradiksi antara kata2 saling asih, asah,asuh dengan kata2 “kita lihat siapa yang keturunan beliau”

        Nanti jika benar digariskan bertemu nanti kakang bisa lihat tanda tritangtu saya pada tubuh.

        Kakang, apakah kakang ingin memimpin?
        Sok atuh kang, kan tinggal debat aja dengan para kurawa di masing2 rumah mereka jika kakang adalah BA.
        Lagipula Shinta tak ingin dijemput selain dijemput oleh Rama.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Ya sudahlah,
        tp ngomong2 kok ada kalimat shinta? ada wanita juga toh

      • BA VS PUTRI PANJALU

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Jika benar ada putri panjalu sungguh sy sangat senang, atau sy jemput aja? jd gk usah ke situ lengkong ciamis, cukup di rumahnya saja bru dijuru, bro dipanto ngalayah ditengah imah. Jika belum bisa berprestasi akan sy bimbing agar bisa melek sakjeroning turu atau bhs hadist nb saw membunuh nafsu as syakiah. Kita lebih kepada karya nyata daripada cerita sy ini siapa tp tdk bisa apa2, sy mimpi mk wujudkan mimpimu Rp, jgn banyak nanya arti mimpi. Wallahu alam bishowab

      • yang punya wewenang lakon urip itu
        TUHAN YME
        so..
        rilex saja kawan..
        mari.berdendang lantunkan lagu sayang …..
        hujan yang turun ber jalan melewati awan…
        badai menderu mengabarkan derita angkasa…

        wajah yang layu seperti mata yang berdebu..
        ujung sayap terbelah menjadi nada rindu

        kalau warna bisa dirubah selalu
        hitam itu seperti yang merana…

        tirai bambu bergerak sendiri
        seakan nafas menanti desahan..

        aku melihatmu dalam cahaya temaram
        hinggaplah bunga diatas mahkota bidara..

        lambai melambai dalam haluan rasa
        sayappun mengepak tegaklah hati

        kumara mengintai putri hatinya
        kumara menyapa yang tertutup awan

        kumara tau
        kumara merasakan

        hati yang lalu lamban mengadu
        hati yang lalu berharap satu mata..
        mata yang hijau bundar menawan

        hati….

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Pohon bidara, kalau menurut sy di dlm segi tiga ada lobang menuju arasy, maksudku yg dimaksud isro miroj menuju sidratul muntaha (sidratul = pohon bidara dan muntaha = batas menuju arasy) yg bisa keluar hanya yg gol kanan yg mengenal tali Allahu. Sdgkan golongan kiri (yg anginnya panas, yg anginnya hitam pekat, lah kok angin? ada di surah al waqiah sbg gol yg merugi) pohon bidaranya berduri.
        Jd apa yg tenang kang Rp hidup ada yg ngatur? urip mu tergantung kang Rp, urip nya urub (nyala) atau padam?
        Sy yakin datangnya SP/Ra pasti akan ditentang oleh mayoritas agama2 kulit yg blm mengenal pohon bidara. Wallahu alam bishowab

      • bidara itu jenjang daungnya tiga
        seperti sidrath muntaha yang yang melengkung

        warnanya hijau nampak kebiruan
        kalau dipandang haruslah dengan hat
        heart…soul of god..

        jauh melanglang terbang diawan
        namun sesungguhnya ia tetap ada disitu

        dimana
        digunung sinabahu kawah mahapurusha

        oo dewa ku yang agung
        prabu judhistira…

        oo sang hitam pekat berkuping GAJAH

      • dewa berbadan manusia..
        dewa bertubuh manusia

        himpunan energi para dewa/DEV
        menyatu dalam satu nama
        kumara
        angkawijaya
        sang TUNJUNGPUTIH…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy punya pusaka, pusaka ini di dlmnya menyimpan (visualisasi di dlmnya) ada kerajaan hastina pura, megah (apa mungkin kerajaan tsb disimpan di pusaka tsb?) sy biasa memanggil rosul hu bilghoibnya ANGKA WIJAYA (kalau bhs jawa Ongko Wijoyo), beliau dgn sabar membimbingku, ketika sy kurang sopan, beliau mengingatkanku agar sopan dan santun kpd leluhur (ia mmg kadang sy adigung adiguno) sy pun malu, dan segera merubah diri sopan dan santun.
        Bunga sri tanjung putih semune pudhak kasungsang, pudhak itu daun pandan dan kasungsang itu kebalik, keris itu lah yg disebut/dimaksud kasungsang (kebalik) itu bg yg mengerti dan memahami. Ada raga (rangka/rumah) ada nafas (billah) qs ak hadid (besi) 7, mk jika yg tidak mengerti filosofis keris ttg ajaran nafas ya jgn memegang keris, jd bkn krn di flmnya ada jin, tp sebuah ajaran agar mengenal Allahu (al hadid 25 ” … waliyak lam Allahu, man suru hu ). Wallahu alam bishowab

      • Wih ngeri, dijual saja kerisnya Kang, bisa dapat triliunan itu. Jadi bisa langsung fight untuk rakyat. Langsung karya nyata Kang..

      • rangkaian belenggu melingkar rapat
        seakan akan tiada lagi harapan

        bunda yang gemilang matanya biru
        sanggulnya bak bongkahan pucuk daun kejora berkibar

        ia sungguh ayu nan anggun menatap semua yang hadir

        mengapa dirimu masih sendiri bunda

        mengapa dia tak kunjung tiba

        bunds yang agung serpiha mu memawan hati..

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rp pandai membuat kalimat yg romantis, tp kenapa msh jomblo yah?
        Pastinya begitu wanita yg dituju terkena rayuan Rp tentunya klepek klepek pasrahkan diri ho hooo he3
        Siapa tuh yg matanya biru, Rp?

      • oo simata biru dari alisnya ada celah hati
        rambutnya terdiam halus bergelombang

        pundaknya begitu lembut bak gayung dari beludru

        kau simak jenjang pinggangnya
        berjarak jauh namun nampak dekat

        jemarinya ranum seindah pipinya

        kau lebiih indah dari lagu matahari
        kau lebih anggun dari tatapan purnama

        bajuku lusuh sayang
        mataku lelah kasih

        celah mata putih singaku mulai redup

        aku ingin tidur dalam pangkuanmu

        nafasku sudah seperti hendak berhenti
        pundakku sudah mulai berganti posisi

        tanganku linu
        jariku menahan dadaku

        kembali pada butiran syurga
        yang terdampar terhimpit dialang alang

        matanya menatap bulu bulu angin yang menari
        ia bangkit menahan hentakan bumi yang bergoyang

        ia. berdiri dalam mata yang berbinar

        oo sungguh indah matanya
        yang biru merona dua
        terlintas cahaya sang surya
        menjilat indah matanya
        sungguh anggun dan teramat menawan

        ooo daun hijau yang semuanya ranum
        melambai membelai belahan betisnya yg sangat hangat menggelora
        mereka bahagia
        bisa membelai sang ibu bumi

        ibu bumi
        bapa angkasa masih terpecah oleh cahaya surya suryamu suryaku dan surya seisi jagad raya

        sendiri sangbunda
        bidadari maha anggun….

      • Fade To Black”

        Life, it seems, will fade away
        Drifting further every day
        Getting lost within myself
        Nothing matters, no one else

        I have lost the will to live
        Simply nothing more to give
        There is nothing more for me
        Need the end to set me free

        Things not what they used to be
        Missing one inside of me
        Deathly lost, this can’t be real
        Cannot stand this hell I feel

        Emptiness is filling me
        To the point of agony
        Growing darkness taking dawn
        I was me, but now he’s gone

        No one but me can save myself, but it’s too late
        Now I can’t think, think why I should even try

        Yesterday seems as though it never existed
        Death greets me warm, now I will just say goodbye

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Itulah payahnya generasi yg mengaku putra sunda/panjalu yg sdh tidak lagi mengenal peninggalan leluhur, melihat keris akan bicara ngeri? sarannya pun luar biasa di jual aja. Jd ragu sy ttg sosok spritual yg bernama putra panjalu, sejauh mana memahami budaya nusantara. Yuk kita ketemuan bicara ttg keris? boleh tahu tinggalnya dimana? bisa jelaskan pohon silsilahnya sampai leluhur panjalu (yakin sy ragu bisa menampilkan silsilah sampai kebeliau, hal ini terlihat dari tulisan2nya) he3

      • Haha padahal para leluhur sudah memberi tahu. SP asli tak membutuhkan jimat, aji2 tapi sakti mandraguna.
        Budaya itu ilmunya (isi) atau kulitnya?
        Malah menghina orang lain anda Kang, hehe.
        Padahal saya hanya menguji anda Kang, dan padahal anda sendiri yang mengatakan bahwa lebih utama isi daripada kulit.
        Kontradiksi lagi.
        Gatotkaca pusakanya ada di dalam tubuhnya. Hehe.

      • Yang ketiga, BA dan SP asli pandai bersiasat/berstrategi.
        Jika siasat seperti ini saja luput lalu bagaimana jika pecah perang sesungguhnya?
        Apakah benar2 mampu memenangkan seluruh perang yang akan dipimpin?

      • Dan satu lagi Kang, Kakang keliru fokus. Jelas2 sama2 satrionya malah Kakang hina dan berusaha Kakang singkirkan. Apakah Kakang telah dibutakan oleh ambisi/nafsu?
        4 penjuru memiliki 4 perbedaan karakter.
        4 penjuru memiliki tanda sifat asli.
        Dan itu telah diberitakan secara implisit oleh Eyang Prabu.

      • Yang kedua, Kakang selalu mengatakan bahwa lebih baik langsung memberikan karya nyata daripada teori dan pamer2 ini itu.
        Lalu dimana letak kesalahan kata2 saya?
        Itu hanya besi.
        Yang penting adalah ilmunya.
        Besi bisa diisi lagi, atau isi dari keris tersebut bisa ditarik lagi dan dipindah ke keris yang baru.
        Kurang tajam mata Kakang.
        Apakah anda benar2 BA?jadi ragu saya Kang. Hehe

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sptnya putra panjalu ini usianya msh muda, berkecimpung di dunia perkerisan msh mengira2, hal ini terlihat dari komentar isinya keris bisa dipindahkan ke keris yg lain? spt dukun aja ceritanya he3 tp mmg dipikiran masyarakat umum spt itu.
        Pernah juga seorg ustad yg spt pemahamannya mirip putra panjalu, sy suruh ilangkan isinya jika ada jin yg bersemayam di dlmnya, dia hilangkan yg menurutnya ada isinya (lucu sy liat tingkah org2 dungu) bahwa power (sawab) sebuah pusaka keris itu bisa dari tempaan besi/meteor yg berulang kali, dari tempaan pertama api merah, ditempa lagi shg apinya menjadi putih/kebiru2an, hasilnya power/energinya luar biasa (QS al hadid 25 “terdapat kekuatan yg sangat (basu syadidun). Kemudian ciri sifat bahan besi juga mempengaruhi powernya, ditambah dgn doa dari mpu yg disertai puasa, dia berdoamemohon kpd tuhan yg mh kuasa agar keris ini bermanfaat sesuai fungsi2nya (qs al hadid “wamaa nafi’u linnasi (bermanfaat buat manusia) jd itu yg membuat pusaka memiliki daya tuah, jd bukan jin yg spt putra panjalu pikirkan.
        Keris juga mengajarjan manusia mengenal alif lam lam haq (disingkat Allah) qs al hadid 25 ” wa liya’ lam Allahu man yan suruHu. Kalau di ajaran klasik persatuan raga (rangka keris) dgn billah (besi/braja/nafas yg berisi kalimat Allah) itu spt manunggaling kawulo gusti, ngerti asal usul dari mana kamu berasal dan kembali keasal.
        Pemahaman ttg keris yg msh dangkal dan perlu diluruskan.
        Al qur’an surah al hadid 25 dan al kahfi ttg zulkarnaen membuat tekhnologi dari besi.
        Kemudian putra panjalu menyebut sebuah perang? sptnya pikirannya berkonotasi dgn perang antar manusia (jd sp/ra akan ada perang antar negara, antar org he3 tafsir yg salah) perang fii sabilillah itu bukan perang diluar tp perang di dlm diri sendiri mengalahkan hawa nafsumu. Wallahu alam bishowab

      • Buahaha. Ngakak kulo Kang.
        Kakang sendiri yang mengatakan bahwa di dalamnya keris ada istana bla bla bla.
        Tapi malah yang dihina adalah orang lain. Hahahaha.
        “Sepertinya” masih muda.
        Katanya sakti. Namun mengatakan “sepertinya”.
        Katanya ngobrol dengan banyak leluhur.
        Namun tak mendapatkan jawaban sinten sejatine kulo.
        Hanya menerka2 saja.
        Oalah Kang2.
        Kulo kiro sopo sampean Kang.
        Diceluk Kakang langsung ndangak sirahe.
        Haha.

      • Kulo kan hanya mengatakan “perang”.
        Apakah ada kata2 “perang fisik”. Lagi2 menerka2 dan memfitnah sesama satrio.
        BA SP bisa memimpin umatnya berperang melawan hawa nafsunya.
        Padahal kulo hanya mengatakan kata “perang”. Hehe.

      • haha
        memperebutkan peepsan kosong

        …saya nanya sama kalian berdua
        1. anda tau jalur silsilah nabi ibrahim dari ayah dan ibunya?? silahkan tanya embahmu jinmu qhorinmu tuhanmu googlemu…
        2 apakah anda percaya atau tidak ada agama yang lebih baik dari islam? alasannya kenapa
        3. apakah ada atau akan ada atau tidak manusia yg lebih mulia dari rosul Muhamad saw ???
        4, tahukah anda dimana letak madinah dan mekah asli? ada sareat ada hakekat
        5. percayakah anda jika negara ini akan diganti ke sistem kerajaan lagi dan adanya perdana menteri bukan presiden…
        sekian dulu…
        comment jawaban anda akan menilai isi anda masing masing…

      • Haha dari kemaren omongan Kakang sebenarnya menghina Kakang sendiri.
        “Berebut pepesan kosong”
        Yg menggebu2 mengatakan “mari kita buktikan siapa yg keturunan bla bla bla siapa?

        Pamer ini itu, trus manfaatnya buat rakyat itu apa?
        Lagi2 terus menerus kontradiksi omongannya.
        “Buat apa pamer ini itu, cerita mimpi dll, lebih baik karya nyata bla bla bla.”

        Silahkan lah kalo memang sakti, langsung saja sikat tuh para Kurawa. Tunggu apa lagi, kita tinggal lihat di TV sepak terjang kesaktiaan Kakang.
        Kan telah disampaikan bahwa “jika bertarung sendirian, SP sakti mandraguna”
        Hehe.
        Buktikan Kang, kita support dari belakang, kita lihat pergerakan Kakang dari TV, Kakang beri tanda. Hehe.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy pernah dikasih batu hitam (mungkin pecahan baru hajar aswar di kabah) oleh batara brahma atau sri maharaja sunda putranya batara guru + dewi umay, hadir juga istri beliau ibu siti katurah “pegang ini kunci nusantara kelak ada gunanya”.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Agama islam adalah ajaran nb ibrahim, ajaran nafas (yg disimbolkan dgn filosofis dari jaran keris ) syariat, tafikat, hakekat, makrifat (ajaran ini sekarang ini sdh mulai tdk diminati), sejarahnya anak2nya siti katurah membawa besi yg pergi ke negri timur. Dari keturunannya siti katurah lahir 6 anak diantaranya Madyan dsb, putrinya madyan nanti diperistri nb musa (tongkat musa itu pemberian mertuanya).
        Ajaran keris itu ada di nusantara itu warisan dan pesan dari nb ibrahim yg dibawa oleh anak2 siti katurah yg membawa pesan dan wasiat bani jawi. Kini ajaran itu tidur dan dilupakan.
        Ecis udarati ing tembe ono maulana pergi ke tanah jawa membawa ecis punika sbg punden tanah jawa kinaryo duwung pinika he3 agak lupa

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Tidak ada yg mulia dari nabi mihammad rosululloh sholollohu alaihi salam.
        Muhammad itu nafas (keluar masuknya nafas), nikmat dan mulia jika nafasmu dekat dgn Allah (rasa/rosul bersama Allah) dalam setiap tarikan nafas, itulah nabi kita muhammad. Semua malaikat bertasbih kpd nabi kita. Itulah ajaran keris yg diajarkan oleh nb ibrahim.
        Nafas itu ada ktk adam tercipta, mk jgn heran jika nb adam melihat ke langit ada nur muhammad. Gk pernah Allah memanggil “hai Ahmad bin Abdullah” yg pasti yg dipanggil bukan dia (ahmad bin abdullah), sejak kapan ahmad bin abdullah ganti nama muhammad?
        Aneh jika mengaku umat nb muhammad saw tp nafasnya mati ? spt mayat berjalan? yg dilihat bukan jidad yg hitam tapi ada gk nafasnya isi atau tidak si jidad hitam itu. Wallahu alam bishiwab itu jawaban atas pertanyaan Rp

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Jd spt somad yg pintar cwramah itu nafasnya isi gk, itu yg tahu hanya Allah dan dirinya dan yg tahu Rp itu suka mimpi itu ya dirinya

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Ramalan jaya baya itu benar, kelak keris itu dijual di pasar, hampir mirip keterangan putra panjalu di jual aja itu keris he3

  13. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Adakah teman disini yg tinggal di yogyakarta? aku lg ada acara di yogya, jumpa darat yuk?

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Ki Sabdalangit dimana alamatnya? aku pngin sowan/jumpa temu kangen nih

      • alam semesta jagad raya ini luas
        bumi hanya satu dari milyaran planet
        yang BERPENGHUNI…

        …….
        seandainya kamu joko suryo
        dan kamu panjalu
        terlahir di bali dan menganut bhakta shiwa mahadewa
        mungkin beda lagi ceritanya…

        ……

        panjalu
        pan jalu
        ja lu
        lu ja
        lujak asem.haha

      • coba tulis nama leluhur. nabj ibrahim as
        dari bapaknya dan ibunya
        yang lengkap sampai adam sesuai agamamu….
        jika anda joko suryo atau anda panjalu
        manusia setengah dewa..
        jika.bukan
        menyimak saja
        jangan ngedongeng ae….mulek

        saya..
        hanya penghibur saja di dunia sp

        kacau sekali kalian berdua…

      • Waduh Kakang ikut2an juga. Padahal saya tak ada membahas tentang Kakang 01 loh..
        Memang dari awal saya selalu menyimak.
        Dan jika ada yang janggal baru saya mencoba masuk.
        Dan apakah Kakang tau saya hanya mendongeng atau tidak?
        Jika tidak maka bisa timbul fitnah.
        Yang rugi Kakang sendiri jika fitnah..
        Saya sebenarnya hormat kepada niatan Kakang 01. Tentang melerai. Namun jika ditambahi kata2 yang demikian, ya jadinya kemungkinan hilang keberkahannya, namun semoga tidak hilang keberkahannya.. 🙏

      • Sama, saya juga hanya penghibur juga kok. Saya juga mencari namun juga tidak hanya mencari.
        Maaf ya Kang jika terganggu..
        Orang yang bahagia dengan kemeriahan ya diberi kemeriahan, orang yang bahagia dengan ketenangan ya diberi ketenangan.. 🙏

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rp, sy bisa menulis silsilah dari adam sd ibrahim sampai parikesit sampai ke sunda-galuh-majapahit-mataram islam, tp sy gk mau ngetik, ntar loe ngintip / nyocok-nyocokin data dari sy, yg menurut sy silsilah tsb rahasia.

      • wkwkwk..
        mama mia
        joko suyo..mantaps
        panjalu juga mantaps..

        ko cuma kita bertiga ya penghuni group gede ini khususnya status ratu adil..wkwkwkwk..

        oh ya ini sy kasih kabar
        ini bukan dari mimpi
        atau buku alias kitab asal..

        jni sebenarnya rahasia bukan rahasia
        soalnya dibilang rahasia ya sudh diposting kikerta kusuma di fb
        kalau rahasia bisa juga sih soalnya bisa bikim manusia umum yg awam jadi MABOK..pusing..

        tentang kitab PANDAWA PARAMARTHA KUNINGAN KAJENE…

        seperti
        ISMAYA ING JASAD UMAR MAHDI JAGADPATI ING JASAD NABI KHIDIR ING JASAD ZEUS…
        dan menariknya awal kitab ini dimulai dengan
        SALLAMUN QHOULLAM MIRROBIRROHIM…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        ada rohman ada rohim,
        untuk memahami mestinya tahu ilmu nafas dulu, jd dgn mengenal roh (roh man dan rohim) baru bisa Rp mengenal salam tsb (salamun kaulam mirobi rohim)

        Maka salam kpd yg ada di dalam (rohim) kpd rob mu (atma/dzat kita) itu artinya masing2 manusia/makhluk hidup punya rob / dzat yg ada pd setiap
        aliran keluar – masuk nafas yg disebut lam (sifat Allah), aliran keliar – masuk nafas tsb = lam yalid – lam yulad.
        Salam kpd rob mu ( yg di dlm / rohim) kira2 Rp jawabnya apa?
        Rp kirim salam “salamun kaw LAM mir robi ROHIM”
        lalu ada jawaban dari dalam “salamullah”, apakah pak abdul tahu maksud ini jawaban ini? si Rp mendengar jawaban dari rohim “salamullah” (salam dari Allah), apakah Rp mengaku sbg Allah?
        Lalu apa yg dibayangkan oleh Rp atau putra panjalu jika memang tugas mu meluruskan tulisan yg dianggap bengkok. Wallahu alam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Dgn mengenal ilmu nafas mk makhluk mengenal robnya, dan yg terkena samsara pun kembali jd manusia.
        Qs ibrahim 01
        Dan sy pun pernah diberi hizib yg ktk ritual disamping sy ada bacaan ini dari kanjeng ibu ketua.
        Al iklas
        Alif – Lam – Ro – Muhammad
        Laa ila ha ilalloh muhamnad rosululloh saw

        itu bagi yg memahami ilmu nafas. Tp ajaran ini kan sdh tdk dimengerti di zaman now

      • ilmu nafas
        jadi teringat bacaan dialog antara dahyang semar dengan siti jenar

        kata kuwu semar
        ajaranku kapitayan juga punya jalur yang berbeda walau tujuannya sama ke sang taya
        hanya saja ajaran ini lebih menonjol pada material dan lambat laun diselewengkan oleh sang kere alias si idazil sang juling mata juling dengan nama ajaran ilmu nafas..nah loh???

        konon yang pegang rahasia
        sallamun kawlam mirrobir rohim
        adalah IMAM BESAR
        ALIAS PADUKA SP RA SEJATI

        konon katanya..
        wah.

        tambah.seru…

        roh man
        dan roh im

        teruss???

      • kenapa aku bukan tambah pinter
        malah tambah oon?
        ko yang aku pikir cuma perut..
        bukan delusi ilusi halusinasi atau mimpi memecah elemen lima hidup dalam keadaan tidur merogo sukmo atau opo itu ya…

        ini malah ngebahas perut????

        kenapa dari perjalanan puluhan tahun baru kepikir ttg perut..??
        filter
        saringan…
        kalau bisa
        makanan yang tidak sehat jangan sampai masuk ke perut maaak
        karena
        nanti diolah diperut
        kemudian akan diserap anggota tubuh
        darah daging tulang etc
        mesin tubuh yang sempurna diciptakan sang PENCIPTA dengan rumus Sempurna sehingga ia berfungsi sesuai tugas dan fungainya masing masing..

        perut itu tempat bahan bakar

        weeh malah bahas perut

        jika perut di iisi bangke bangkai
        kebayang maaaak
        bangke itu akan menyebar keseluruh elemen raga…

        susu
        susu putih
        susu yang baik
        makanan yang baik
        semua yang dimakan diminun harus yang baik baik

        bersih suci

        penyaringan

        dimesin kehidupan..

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rp udah pernah cerita ttg pohon bidara, kan udah diceritakan di al qur’an ttg PERUMPAMAAN POHON BIDARA, ibaratnya Rp terjebak di dalam sebuah ruangan tertutup (ruangan tertutup itu spt pohon bidara tsb, yakni batas menuju langit spt pesawat menembus langit langit (pd cerita isro miroj menuju sidratul muntaha, sidratul itu pohon bidara, batas lapis langit 7, menuju arasy), kudu belajar keluar dari sekarang, ntar kalau udah biasa pulang balik dari langit biar ketemu tuhanmu.
        Ya kudu mengenal rohman rohim (ilmu nafas) kamu itu terjebak di dlm lapisan nafas. Selama ini Rp kerjanya mimpi terus sih

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kalau udah bisa dan biasa olah nafas hu hu hu .. spt nyanyian sunyi dn hening terdengar alunan tsb di kalbumu dan di meditasi yoga mu, berarti sdh mulai mengenal rasa itu, alunan lagu itu mengalun di dlm aliran sungai yg gemercik, airnya bening, minuman segar, engkau teguk nikmatnya air kehidupan tsb, panjang uripmu lama urubnya, spt itulah gambaran janatun, yg penuh kenikmatan lebih nikmat rasanya dari sanggama (bolak balik nafas itu spt gambaran sanggama bersatu dgn kekasihmu (itu gambarannya) tapi syg krn Rp masih jomblo jd blm bisa merasakan nikmatnya sanggama ha3
        Jangan jinah kamu Rp, belajar ilmu makrifat tdk boleh mencuri, kudu sah ijab kabulnya semoga menjadi muhammad yg muhammadin (dinullah), apakah ada yg lebih indah dari islam?

      • kang raden anom jaka surya boleh minta wa ya soalnya ada yang mau saya tanyain.

        kalo boleh lo ya kang hehehe

      • Ya kudu mengenal rohman rohim (ilmu nafas) kamu itu terjebak di dlm lapisan nafas. Selama ini Rp kerjanya mimpi terus sih..

        haha ini kalimat bersakti yang paling saya suka
        pemimpi..
        tapi tuan mimpiku bukan mimpi biasa
        mimpi yang tak kuundang
        didalam diriku ada makhluk yang ingin memberitahu sesungguhnya siapakah diriku ini yang terpenjara dalam wadag
        ..
        bidara tak berduri dan berlapis senggama..
        zinah..zin ah haha

        by the way
        average 3
        movie yang top markotop
        saat big bang
        lalu energi itu berubah menjadi alam semesta jagad raya dan syimpul kunci energi tersebar menjadi 6 batu utama
        wooow

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kitab zabur nb daud itu keris, keris dibuat dari meteor, bintang daud. Selama ini org2 kan blm menemukan kitab zabur, sy menemukan sesuai QS al hadid (besi) 25 “aku turunkan (dari langit) kitab ntuk berbuat adil (dgn keris ini bisa menunjukan/menjabarkan/menjelaskan ttg informasi apa saja (sebuah kitab yg tanpa papan) dan caranya yaitu kudu mengenal ilmu nafas (hati/kolbu) itu caranya Qs al hadid 7 ada pahala besar jika menafkahkan di dlm nafas (coba baca ayat tsb lalu renungkan itu jika kalian beriman).
        Jika nafas itu masuk ke dlm raga itu sama dengan nafas kita masuk, sebaliknya jika kita keluarkan nafas itu dari dlm raga sama dengan bi llah (bi Allah) kita keluar dari rangka/wadah/sarung. Itu jika kalian memahami. Jd bukan jin, ini ajaran adi luhung yg tlh hilang, aku menemukannya.
        Lalu sehubungan dgn kasus mimpi Rp yg selalu bertanya dlm hati “siapakah sesungguhnya yg terjebak di wadag sy (kalau keris, siapakah nama sosok yg masuk/manjing ke wadagku sih? sama bhsnya).
        aku teringat 3 th lebih ada seseorang yg memilki rasa penasaran spt yg diderita Rp, namanya pak Nur usia 70 th.
        Kata sy gampang caranya, sy akan menggali info dgn kirab zabur, nanti ada keterangan ttg siapa kamu, kataku
        akhirnya dptlah info nama tsb yg terjebak di wadagnya namanya (aku agak lupa, yg jelas dia seorg brahmana menetap di gunng halmahera (krn tua nya sosok tsb shg para sepuh selalu hormati beliau yg ada di dlm wadagnya).
        Lalu selanjutnya, bkn lagi pakai keris, krn sdh tahu namanya dari info gunakan kitab zabur tsb, lalu temen sy pak Nur melakukan meditasi mijil, tiba2 pak Nur nyembah (gerakan posisi nyembah, tubuhnya gerak sendiri gk digerakin, hormat banget, aku yg lihat pemandangan ini ya gumun hi3
        Terjadi dialog “sudah tua kok baru tahu nama saya?” endingnya pak Nur ya malu banget dikatain sudah tua kok baru tahu dirinya

      • nafasmu ha hu ha hu
        yahu huya yahu …
        jokosuryo pengen jadi superman
        atau jadi apa nak…

        sepertinya
        tidak ada yg lebih pintar dan hebat dari anda

        cing tanya
        siapa yang ada diwadag saya ini

        kalau kejawab dan benar
        saya undur undur eh undur diri selamanya dari ngerumpi di group ini

        …joko kenapa namamu tidak ahmadinezan sajah atau saimin atau paijo haha
        wassalam

    • roh man
      roh im
      ???????”‘@@@@@$’//’—”!!!!’/@$$”//-==/””/*/”()’////”==””@//

      • Kenapa kok tidak ro hm an?
        Kenapa kok tidak ro hm in?
        Bung Kus sudah mampu menguasai ilmu manunggaling kawula Gusti?

        Kakang 01, bagaimana menurut Kakang tentang ilmunya Bung Kus?
        Beliau sangat sakti kelihatannya. Hm.

      • roh man

        roh im
        roh man im
        roh manim…'”::/$/$*””++”/”*((*(+(:+*:”,!”,/,/+

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Putra panjalu ESQnya perlu ditingkatkan, penjabaran keterangan sy terlalu dalam, ada yg bisa menjagkau menyelaminya ada yg sulit menyelaminya. Sy tdk sakti, org biasa.
        al fatiah “… arohman arohim malikiyaumidDin (tafsir yg sulit malikiyaumiddin ditafsir umum hari pembakasan? aneh lah, knp din nya kok gak diartikan … rohman rohim maliki (kembali) ke Din (arti addien itu ada 5 makna), ah udahlah bicara dgn yg gak nyambung alias gagal paham capai, adanya cuma kedengkian yg muncul

      • Lagi2 kembali ke kakang sendiri hinaan Kakang.
        Ciri orang yang mudah dengki yaitu gemar menyombongkan diri dan mudah menghina orang lain.
        Saat ada orang lain bertanya langsung negatif thingking dan langsung mendeskreditkan.
        Haha.
        Bertanya malah dihina.
        Haha.
        Sudah dapat ditarik kesimpulan bahwa Kakang bukan BA bukan SP.
        Hehe.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        ttg ESQ, sebenarnya sdh sejak dulu kita mendapatkan/diingatkan oleh pendahulu kita pd huruf hanacaraka (cipta – rasa – karsa). Banyak tafsir yg datang dari ahli tafsir ttg makna dan arti dari hanacaraka dst …
        Sesungguhnya ini cerita ttg adanya hidup (nafas) keluar – masuk nafas, beruntunglah bg pelaku ciptakan rasa karsa bersama Allah dlm setiap tarikan dan hembusan nafas, kenalkan dan dekatkan roh mu kpd Allah (roh man rohim) agar bisa kembali kpd Allah, darimana kamu dulu berasal.
        Nah ilmu/ajaran ini disimbol dgn KERIS sbg simbol nafas, Dora dan Sembada itu simbol nafas sepasang.
        Aji saka belajar kpd Muhammad (muhammad di sini sbg keluar masuknya nafas, jika ada muhammad ada Allah yg tak terpisahkan).
        Ciptakan kebijakan untuk selalu mengingat dzatullah, yg terjebak dlm tubuh halus yaitu nafas, urip dan uruplah sampai jalan sabil, berperang sabilillahlah agar beruntung kelak di akherat.
        Hana caraka, dat (dzat) sawala (maju mundur) padajayanya (yg kokoh (jaya) tali Allahnya) mogobotongo (sampai jd batang/sampai meninggal) insyaallah itu jalan kita pulang arahnya.
        Keris itulah simbolnya ilmu nafas yg dibawa ke negri timur ya nusantara ini oleh anak2 nabi ibrahim/brahma/sri maharaja sunda di gunung mahera, untuk dikenang kelak ktk ajaran ibrahim dilupakan, ketika muhammad cuma jd buah bibir oleh umat yg mengaku2 umat nabi muhammad. Wallahu alam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sakti (shakti) itu arti bahasanya bertuah
        atau memiliki energi yg mampu membuat lawannya (misalnya lawan bicara) mampu berubah ekspresi psikologi, misalnya ktk bungkus nulis atau bicara itu lawan bicara bisa bahagia, nangis, bahkan emosi menumpahkan amarah, lantas balik menghatam dgn bhs tubuh he3
        Seperti contoh saktinya kun fayakun.
        Ilustrasi di alog antara bungkus dgn tuan Rp
        Bungkus “apakah tuan Rp percaya kalau kalimat itu sakti? dgn kalimat bisa bergeser itu barang dari sana ke sini”.

        Tuan Rp “(diem) iya kale”

        Coba buktikan jika iya! kata bungkus minta bukti, sambil megang rokok tapi gak ada korek api.
        Lanjut “kalau sy bisa buktikan, tuan Rp tolong korek api mu bawa kesini”.

        Tuan Rp segera bergeser dari depan jalan menuju ke bungkus memberikan korek api.

        Lalu bungkus berkata “ini bukti bahwa kun fayakun atau sebuah kalimat itu sakti, mampu mendatangkan korek api ha3 mrk berdua tertawa

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy kok gak pernah baca tulisan putra panjalu yg isinya sebuah karya tulisannya
        yg mencerahkan,
        yg menarik dan
        yg kubaca bhsnya spt itu terus,
        Mana tulisanmu yg indah
        Tulisan ada cermin dari pola pikir dan spritual

      • Tulisan mencerminkan pola pikir dan spiritual. Tepat sekali. Haha

      • “Saya bukan orang sakti, saya orang biasa”.
        “Kata2 saya terlalu dalam, ada yang bisa memahami, ada yang sulit memahami”
        Wkk. Ajor pak eko dunia persilatan jika model gurunya seperti ini.
        Kesombongan anda lebih besar dari ilmu anda.

        Ini coba berhenti dulu beberapa bulan. Coba getarkan lagi jika memang anda adalah termasuk di golongan yang benar.
        Jika tidak maka anda hanyalah pendusta.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Saran sy
        kalau gk ada ide2 yg cemerlang yg encerahkan
        lebih baik membaca sj jgn nulis
        org lain yg melihat dan membaca itu akan menilai dungu

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Tuangkan ide2 mu disini ttg apa saja yg positif, misalnya berpuisi spt tuan Rp rajin menulis puisi

      • Tuangkan yg positif.

        Sing nilai negatif sopo?
        Sampean dewe sing nilai negatif.

        Semar samar.
        Opo sing sampean delok durung karuan iku.
        Sampean kiro iku ternyata du iku.
        Sing ternyata du iku ternyata iku.

        Iki ilmu opo du?
        Opo sampean nyadari hal iki?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Jika mengkritik tulisan org,
        org lain juga pingin tahu ttg pendapatmu, teorimu, secara detail, apa yg menjadi tidak setuju agar dijelaskan, jgn mengutip copy paste tp apa yg dikutip ttg pendapat org itu dijelaskan misalnya pendapat sy spt ini bla bla bla … gak menemukan tulisan sanggahan dari tulisan putri panjalu, coba jabarkan perbedaan dan persamaan teorimu dengan perjalananmu selama ini, senua org juga pingin tahu knp kamu mencibir tapi tidak menuangkan kalimat sanggahan yg mencerahkan?
        kalau sy yg nulis itu ya spt itu pengetahuan sy dan perjalanan sy. Jika kurang paham kan bisa bertanya, lalu kau juga menjabarkan teorimu, biar kita tahu warna mu itu spt apa

      • Tidak mencerahkan kan menurut anda.
        Karena anda sudah mengunci diri anda seperti itu.

        Warna kulo pelangi.
        Di dalam sebuah kalimat ada pelajaran.
        Di dalam kritik ada sebuah pelajaran.
        Tak perlu menjelaskan pelajarannya jika pemikirannya memang benar2 sudah sangat tajam.

  14. ijin nyimak para sepuh pinisepuh semoga bermanfaat dan nambah wawasan.
    he he he

  15. Iso ndelok sing samar opo ora sampean?
    Ngomonge iso ndelok ghoib nanging ora iso ndelok sing samar.

    Sek ono belek e mripate sampean Kang.
    Kurang tajem.
    Kulo ra perlu ngajari sing muluk2.
    Sing cetek wae sampean rung cetha.

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Bhsnya dari atas sampai kebawah cuma bhs spt itu, coba ceritaka ttg yg seharusnya, misalnya ttg cara delok ghoib, dsb tulis, jgn suka mengkritik saja, kita juga pingin tahu, sy mmg gk bisa liat ghaib itu benar, mripat ku kurang tajam, terus putri panjalu mungkin lebih tajam coba ceritakan, aku kan gak pernah ngomongin org hai matamu kurang tajam … 10 para normal itu saking tajamnya, semua analisanya beda2, itu bisa terjadi, krn ibaratnya jurusan pertanian, medis, perikanan, sosial, tentu beda sudut pandangnya ya pasti beda2, mungkin sudut pandang putri panjalu spt itu, org lain spt ini, ya jgn lantas memaksakan pendapatnya. Ibaratnya 5 org berbeda agama ya tentu beda beda, yg penting itu rukun, spt itulah pendaoat sy

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Satu lagi, kok jd kriting jariku
      Hidayah yg dietrima sbg kerunia tuhan, itu berbeda2 antar org, ada yg tajam di mata, ada yg tajam di otak, ada yg tajam di hati, ada yg tajam di mulut dan ada yg mampu melihat mimpi jd kenyataan, jd jgn lah kita merendahkan karunia masing, diciptakan perbedaan itu agar mrk bersatu

      • hehe saya gak bisa buat puisi kang, tapi saya hanya ingin bercerita dan ada yang ganjil yang mau saya tanya kan ke akang jaka anom.
        hehe saya juga tidak bisa komen apa” dari tadi hanya nyimak dari penjabaran akang” ini.
        trimakasih

      • Kata2 sampean bijak.
        Namun tindakan tidak mencerminkan nasehat yg terlontar.
        Nah kui ciri2 wong sing ya opo?

        Nah, ning njero kritik kui ono pelajaran opo ora?
        Opo iki ora termasuk silih asah, asih, asuh?

        Sampean ngongkon ngene ngono, seharusnya gini, kmudian mendeskriditkan yang tidak sesuai pemikiran anda.
        Kui cocok karo nasehat2 bijake sampean opo ora?

        Iki negatif?
        Sampean dewe sing nilai negatif.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Cocoknya emang jd komentar si putri panjalu, tp komentare ra jelas, bures he3 spt komentar nonton sepak bola, tp cuman gebrak2 meja, ngomong dong seharusnya bgmn, tulis yg seharusnya he3
        komentator itu bkn pemain, dibelakang layar tp lebih pinter ngomongnya, misalnya para komentator coba jd pemain area sepak bola, gojek bolanya pasti blepotan, pasti gk bisa nulis

      • Haha mung wong sing anti kritik ternyata. Ra mutu blas.
        Wong munafik. Omongan karo tindakan ra cocok blas.
        Ra penting blas ngomong karo koe le.
        Ora iso njupuk pelajaran nanging sok2an ngajari.
        Sok2an ngerti opo sing wes lan lagi ta lakoni padahal ra ngerti blas.
        Mung nerka2 tok. Ngiloke mas 01 pemimpi, padahal koe sing pemimpi le.
        Tukang ngibul. Hehe. Pindah channel.
        Ra mutu. Wuss. Hehe.

      • Padahal wes jelas kudu lapo le tole. Kok sek tekon harus bagaimana.
        Yen dikritik kui yo berarti sing kudu dilakoni kui walikane.
        Ngono wae sek tekon nanging sumbunge ra ktulungan.
        Oalah le tole.
        Wes ta pindah channel. Kono doleko mangsa sing kena koe apusi.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        ds yg ganjil yg mana, coba tanyakan
        tulisanku kdg hurufnya suka gk bener, maklum hpnya kecil, jari suka kepleset

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Ds itu nama lain dari Rp atau bukan,
        ini ganjil (namanya gonti ganti)
        kalau nanya “ttg mimpimu, siapa yg terjebak di dlm wadag”
        jujur aku gk bs jawab, mataku itu buta liat yg ghaib2, nebak isi dompet aja aku gk mampu jika dompetnya diumpetin.
        Silahkan nanya yg udah sy ketik jgn nanya yg belum sy ketik.

      • hehe ini beda orang kang.
        tapi kang rp kok gak keliatan lagi ya dari tdi.

        ini hanya cerita mimpi kang
        waktu itu saya pernah mimpi didalam mimpi saya itu saya ada didalam medan perang disuatu gunung entah itu digunung mana saya kurang tau tapi gunung itu dihiasi dengan rumput yang kehijau hijauan dan yang bikin ngilu itu ada ratusan orang bahkan ribuan orang yang ikut perang bahkan senjata yang digunakan pun tidak ada yang nama ya senjata api semua prajurit menggunakan pedang, tombak, temeng ada yang berkuda membawa bendera dsb seperti zaman dahulu.

        yang bikin aneh tuh gini kang kenapa saya ada dibarisan terdepan dan memegang pedang namun saya diberi arahan seseorang kakek” paruh baya yang ada didepan saya berpakaian jubah warna hijau dan dilapisi pakaian warna coklat seperti layaknya adat jawa dan memakai sorban, tapi kakek ini tidak membawa sejata apapun melainkan tongkat kecilnya, dia hanya berbicara gini sama saya apa kamu siap menghadapi musuh yang ada dipan mu yang berjumlah banyak bahkan ribuan.
        saya hanya berdiam diri saja sambil memandang lawan yang di didepan .

        mohon pencerahanya kang soal ya saya masih bingung dengan itu semua bahkan saya tanyakan ke spiritual tapi belom ada jawabanya.

        semoga bermanfaat bagi saya kang
        maaf kalo mimpi ya bikin ketawa kang

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Salam Ds, maaf kirain anda juga Rp. mungkin visual perang itu gambaran/rekaman peristiwa ms lalu , hal ini terlihat dari pakaian adat jawa dan senjatanya juga tradisional, mungkin anda dulunya seorang tokoh pejuang (entah siapa namanya) mungkin jika dlm rekaman visual tsb anda bawa cirikas misalnya senjata sbg cirikasnya waktu itu jd mudah dikenali.
        Tp sy yakin perang yg dlm mimpi bkn perang pd jaman now, jaman now di alam manusia sdh masuk pd jaman tekhnologi (bkn lg pedang, tombak) spt pestol, bom, bahkan nuklir).
        Menurut sy, dan menurut cerita kitab kuno, perang pd era mahdi/sp/ra ini perang yg belum pernah terjadi pd jamannya, ada 2 perang (1) perang menuju ke arah perubahan kasta di alam ghaib dari kasta rendah yakni kasta rajas dan majas (makhluk samsara (wujudnya binatang) krn terkena hukuman ms pd lalu ktk hidup di alam manusia, diantaranya penyebabnya adlh ms hidupnya tidak mengenal kesejatian (tidak mengenal tuhan, atau tdk belajar kesejatian tp lebih ke arah mencari kesakatian), saling kutuk, bunuh diri dsb. Kasta ini berusaha perbaiki diri dgn cara perang atau kalau di alquran diceritakan pd surah al hasyr (pengusiran) kalau dlm agama buddha/hindu usaha untuk keluar dari kasta rendah (rajas dan majas) menuju ke kasta lebih tinggi lagi yakni kasta dewa/dewi (wujud sempurna menjadi kembali ke wujud manusia lagi), ms msh perputaran (siklus) roda dharma, sedangkan di islam ms ini ms perjuangan hijrah dari kekafiran menuju beriman kpd Allah (qs al hasyr) istilahnya ia terusir dari kaum kasta tsb menjadi wujud manusia lagi (yg mana sebelumnya berwujud bnatang dan endingnya disebut kiamat atau hari kebangkitan, bangkit dari samsara menuju kebaikan), semuanya memakai istilah perang.
        yg ke 2 perang berbut harta (ini yg menarik) selama ini kita dipertontonkan sebuah cerita harta amanah, ada yg tertipu dan ada yg menipu dgn kata2 “blm waktunya”, ada yg membawa2 dokumen tp palsu, ada yg bilang curiga ntar direbut kurawa. Sesungguhnya dlm cerita mahdi/sp/ra cerita harta ini dikuasai oleh bangsa makhluk samsara tadi, ada yg terjebak tipu daya makhluk samsara shg kelak matinya menjadi bagian dari golongannya. Cara mendapatkan harta ini ada di cerita QS al hasyr (namanya harta faiii atau harta tanpa perang) artinya makluk samsara yg menguasai harta tsb ini hijrah dari kekafiran menjadi beriman kpd Allah, krn ada sosok mahdi itu. Perebutan harta tetap sj dimenangkan oleh ilmu keris he3 hadis nb saw “3 anak2 kalifah berperang memperebutkan harta perbendaharaan tp tidak mendapatkan, sampai datang pasukan panji panji hitam dari timur yg hatinya bagaikan kepingan2 besi, ditengah pasukan tsb ada al mahdi, barang siapa menjmpainya berbaiatlah walau merangkak di atas salju”. Wallahualam bishowab

  16. owh gitu ya kang tapi aneh juga sih kang semenjak mimpi kayak gitu mimpi” yang saya alami jadi makin aneh” kang.
    sudah beberapa kali mimpi melihat bumi yang saya pijak ini hancur rumah” yang berdiri kokoh seakan” dilalap oleh bumi jalanan menjadi jurang orang” pada lari kesana kemari mencari tempat yang aman bahkan bumi tidak mau berhenti seakan ingin mengancurkan apa yang ada diatas ya, gunung pun ikut bergumuruh menyemburkan larva ya kemana” menjadikan bumi tidak seimbang.
    yang bikin heran kenapa saya tidak ikut seperti mereka yang berhamburan kesana kemari untuk menyelamatkan diri tapi saya hanya bisa melihat dan menyaksikan itu semua didepan mata tentang kemarahan bumi yang dasyat.

    maaf kang saya jadi dongen kemana” heehehe

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Kadang mimpi itu bisa jd kenyataan,
      semoga kita semua dlm lindunganNya
      Tapi memang kenyataan saat ini banyak kejadian spt mimpi kang Ds itu

    • mungkin saat itu kang ds sudah almarhum
      jadi tidak merasakan kejadian itu
      jadi ruhnya menyaksikan itu semua..
      itu analisa saya…

      tentang mimpi saya pernah melihat cahaya TUHAN..
      Dia mendekat
      dan saya mengatakan
      oh ini toh Tuhan itu.
      cahaya gemilang yang indah tiada tara
      SANG MAHA ENERGI
      SANG MAHA CAHAYA
      SANG CAHAYA YANG TIDAK SEPERTI YANG ADA PERNAH SAYA LIHAT..
      benarkah itu TUHAN
      lalu menurutmu
      TUHAN ITU AKAN MAWUJUD SEPERTI APA
      Tuhan TIDAK BBISA DIBANDINGKAN DENGAN APAPUN JUA
      MAKA APAKAH WUJUD TUHAN ITU BERUPA LAFAD ALLAH
      BERUPA MANIISFESTASI KRISHNA
      ATAU seperti apa menurrut kalian yang sudah merasa serba tau…
      rahasia TUHAN ITU MAHA GHAIB
      HANYA DIA YANG MENGUASAINYA SEGALANYA
      terkadang manusia itu sombong
      seakan akan bisa memindahkan gunung

      bawa rumah sendiri aja seperti superman ga bisa….hehe

      penghibur ini namanya

      lambat laun merpati itu akan terbang
      mencari. TUANNYA

  17. hehe trimakasih kang anom atas penjelasannya semoga bermanfaat bagi saya.

  18. hehe trimakasih kang 01 atas penjelasanya jadi gemeter saya kang.

    tapi mimpi” yang kang 01 alami masya allah sungguh berkesan indah lanjutin lagi kang mimpi” ya.

    hehe sebelum ya maaf tidak bisa beri masukan apa” kang hanya bisa membaca saja mohon dimengerti.

    • puisi pohon bidara…ANTARA TUAN DAN NYONYA PENGUASA ANGKASA..aku terdampar dilembah cahaya, kenari itu menyambar pohon bidara, bidara yang lembut nan indah tiada tara…langit membelah saat warnamu melayang kemuka angkasa..badai itu seaaat berhenti ,terhalang lantunan seruling jiwa,, jiwa yang lama terpenjara oleh nama nama tanpa rupa, oleh jiwa jiwa yang terpenjara dalam satu wadah yang terbaharukan, aku berteriak ,dia meronta, suaranya yang liirih sambil membawa bunga bidara amanat para leluhur nuswantara, kau tak bisa pergi anakku kau harus membawa trisula cahaya vedhamu dulu, ooo tuan angin masaku sudah berlalu,mengapa kau terus mengejarku sampai dimasa ini, bidaramu sayang tak mungkin mau bersama selain tuannya…aku tersesat saat dirimu mencari cinta,kau bukan manusia seutuhnya,jiwamu.bukan untuk satu orang,kau adalah pondasi langit bertajuk kumara,berbalut benih cinta sang tunjung putih….akulah mega yang melintasi waktu…aku geram dengan guratan nafas yang selalu mengikutiku..itu bukan kutukan anakku sayang..jika demi cinta kau rela melepaskan bunga bidara sidqrth muntaha..maka menangislah seluruh padi dan bunga sealam semesta..oo nestapamu ibu aku fahami….

      • sepi
        sendiri
        seakan dunia ini hanya diriku
        ramai
        disana sini..namun aku sendiri
        telingaku mendengarkan suara.beramai macam
        mataku melihat lalulang dan keramaian
        namun aku
        merasa sendirri
        sepi
        adakah yang sudi
        menemaniku
        menemani diriku
        disampingku
        hatiku mulai beku.rasa itu terasa mulai memudar
        kesepianku sempurna
        anganku
        rinduku
        rasa cintaku
        birahiku
        mulai memudar
        akankah aku
        jadi batu
        diam dan terdiam
        hingga
        mataku aku tutup dengan tenang
        sehingga otakku cahayanya
        AKU MATIKAN..

        OO BIDARA
        SEMUA TERTIPU.
        OO BIDARA..MATAKU MULAI TERSAPU

        OO BIDARA JARI MANISKU MULAI KAKU

        OO BIDARA
        ADA APAKAH DENGAN JARIMANISKU

        OO BIDARA
        SELAMAT JALAN DUNIA

        SENYUMKU TAK BERNAMA
        SENYUMKU TAK BERJUMLAH
        NAMUN IA DATANG DAN HADIR
        DARI RAHSA YANG MEMAKSA MULUTKU TERSENYUM
        BUKAN ITU
        HATIKU BAHAGIA
        BERSAMA KALIAN
        WAHAI BIDARA
        JAGALAH
        YANG PATUT KAU JAGA

        SELAMA OMBAK ITU BELUM MENAIK
        BERILAH MEREKA URAIAN CAHAYAMU

        SELAMAT KEMANA AKU BERAKHIR
        DALAM SATU TAK BER KELANJUTAN
        TIADA YANG DAPAT DIBAYANGKAN

      • tadi malam saya bermimpi
        dilangit yang cerah
        nampak sosok SRI KRISNA
        dalam wujud wayang kulit biru
        dalam bingkai bundar seperti lingkaran..

        lalu iapun menghilang
        kemudian datanglah burung kenari tiga
        ia terbang dengan sangat cepat
        sementara LANGIT BEGITU LUAS DAN

  19. Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon Bidara yang tidak berduri dan pohon buah yang bersusun-susun dan naungan yang terbentang luas dan air yang tercurah serta buah – buahan yang banyak. (QS. Al-Waqiah 56 : 27-32).
    Sidratul Muntaha digambarkan sebagai Pohon Bidara yang sangat besar, tumbuh mulai Langit ke-Enam hingga Langit ke-Tujuh. Daunnya sebesar Telinga Gajah dan buah- buah nya seperti bejana batu. (HR. Bukhari 3207 : Muslim 164).
    Menurut Kitab As-Suluk, Sidratul Al-Muntaha adalah sebuah pohon yang terdapat dibawah Arsy, pohon tersebut memiliki Daun yang sama banyaknya dengan sejumlah mahluk ciptaan Allah.
    Dalam Etimologi bahasa..Sidratul Muntaha berasal dari kata Sidrah dan Muntaha. Sidrah bermakna Pohon Bidara dan Muntaha bermakna Tempat Berkesudahan.

  20. Hendra Gunawan, SS

    Dear Putra Panjalu, maaf orang Panjalu sejati itu punya ciri dikukunya. Itu sdh genetika. Kalau yg kebatinannya kuat maka akan bisa merasakan getaran hati nuraninya/ sirrnya orang. Kuncen saja yg kerja dimakam Sultan Hasanuddin-Banten ketika “melihat” keturunan Sultan Hasanuddin-Banten sejati maka mereka akan mempersilahkan keturunan Sultan Hasanuddin untuk ziarah sendiri dimakam leluhurnya. Nah untuk Presiden NKRI ke-8 yg sudah dekat tanyalah pada sirr atau hati nurani kita masing2. Kelak setelah era Ratu Adil dan kemakmuran Nusantara serta era Lebak Cawene, Insya Allah akan datang komet2 besar ke bumi. Sebagian manusia yg kufur musnah. Timbul kabut dan gelombang elektromagnetik yg membuat teknologi serta peradaban modern hancur. Umat Islam kembali beriman. Manusia kembali kezaman abad pertengahan. Perang pakai pedang, keris, kujang, dan tombak. Itulah masa munculnya Imam Mahdi yang akan memimpin umat Islam. Woullohua’lam.

    • Dear, Hendra Gunawan. Maaf, apakah panjenengan memiliki tanda garis putih lurus di kuku panjenengan?

      • umar maya alias ismaya alias semar alias kudapawana alias kisabdopalon alias kipurohita purwagalih alias astagina alias kisancapurwa alias kilengser alias KHIDIR AS
        Nabi dijamannya dengan ageman KAPITAYAN AGEMAN TAUHID MENG ESAKAN HYANG TUNGGAL HYANG TAYA SANG MAHA TIADA LAESSA KAMESLIHI SYAEUN TUHAN YANG TIADA BISA DIGMBARKAN DISAMAKAN DENGAN SESUATU APAPUN alias TUHAN YANG MAHA ESA..kapitayan adalah ageman TAUHID DAN BUDI LUHUR…ia saat menjadi kilengser memomong asuhnnya raden anom aria santang sang brahmawangi …ia turun dari mandala samar alam nur muhamad karena bosen berada terus dimandala delapan..ia pula yang mendapingi prabu siliwangi saat namanya KIPUROHITA PURWAGALIH dan BRAWIJAYA saat ia Bernama KISABDOPALON NOYOGENGGONG ..dan nanti ia akan kembali muncul mengasuh asuhnnya yang terakhir AVATARA VHISNU KE 10..Asuhannya yang terakhir sang satrio piningit alias kumara ya sri krishna ya angkawijaya ya sang tunjungputih semune pundak kesungsang….salam

  21. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    01
    Sandinya Kaki Ireng (aku memanggil beliau) dan Nini Ireng (memanggil istrinya Semar) beliau meminta kpd ku memugar gunung srandil – cilacap, biayanya untuk pembangunan dari beliau. Tp aku juga agak bingung mlm jumat aku dikasih teko emas setinggi 30 cm, bingungnya pertama simbol teko ? simbol bangun srandil ? aku kan org suka dgn simbol2, jd bingung, srandil = sarana kang adil (tp aku kan bukan ratu adil), simbol teko emas (teko kencono) = teko tempat minum (memberi kpd yg kehausan), tp scr lahir kayaknya sih membangun bener “selama ini yg di bangun kan yg di depan, tp yg di dalam itu gak”, ini fisik, tp aku ya bingung jgn2 tafsir yg lain 2019 kan udah deket, akan ada apa?
    Kang 01, mirip dgn sandinya ki semar 001 hanya kurang jumlah 0 nya saja he3 aku juga dikasih no pin (asset) di gunung srandil ini rahasia, yg diemong oleh ki semar itu banyak orgnya, dan mmg benar beliau guru sy yg sangat tauhid ajarannya ya ajaran nafas, maka sandinya 001

  22. Hendra Gunawan, SS

    Dear Putra Panjalu, hampura saya bukan orang Panjalu makanya tidak punya tanda dikuku. Tetangga saya punya dan ada tanda dikukunya. Rahayu rahayu rahayu.

  23. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Hari kamis ada tugas kerjaan ke Bandung, biasanya kalau mlm jum’at kliwon sy suka tawasul (hampir mirip dgn ramalan nostradamus sang pembangkit raja2 purba, the man from the east itu suka merayakan hari kamis sbg hari besar ritual he3 ) bingung milih tempat. Ah pilih tempat di Sumur Bandung aja.
    Tanya sana sini dimana letaknya lokasi tsb, di alun2 ada gedung PLN.
    Kami bedua mirip dgn cerita ugavwangsit siliwangi 2 org yaitu budak angon dan budak janggutan (sy mah budak angon palsu), sampailah di gedung PLN, ijin masuk ke satpam, sampai dalam clingak clinguk berdua, susana hal parkir gedung, rada malu.
    Ada org yg mau pulang kerja, nanya “kang hampura lokasi sumur badung di sebelah mana?”, dijawab “itu tuh sumur badungnya”.
    Bingung lagi, gmn nih malu rasanya kalau berdua nongkrong disitu, ah duduk dulu di teras, sambil cari petunjuk. Ah dpt petunjuk “dulu ada makom ibu ratu Nyimas Centring Manik Mayang Sunda, ibu di sana ada mushola, oh disana siap bu!
    Sambil masih menikmati udud, datang rombongan org2 yg mmg suka tawasul di samping sumur tsb, mrk mulai gelar karpet, sy mah pergi ke mushola krn di situ lah adanya lokasi makom ibu (sebenarnya ini rahasia, tulisanku ini dibaca org ntar jd penuh tuh mushola, ah biarin aja toh mrk yg tawasul itu mmg datang untuk karuhun sunda, dan mrk yg datang ke sumur mmg mengharapkan berkah dari air sumur yg airnya memilki 40 rrasa, anggap aja beruntung bagi warga singgah di rumah sabdalangit dpt info dari budak angon palsu ini). Ramai diluar di samping sumur bandung, sy berdua khusuk di dlm mushola, jadir ibu ratu diapit 2 wanita (entah siapa namanya) dan juga si belang, si loreng dan eyang rekso juga datang nyambut sy. Ibu ratu senang sekali kami datang.
    Lokasi tsb mmg gudang asset dan banyak berserakan peti2 ya pantesan kalau soekarno suka datang kesitu, selesai tawasul kami pamit, di dlm tas sdh ada cindramata 1 iket uang dan kujang mata 4, sebelum pamit pulang sempat sholat syukur dan syolat tobat, ini kebiasaan sy bersyukur dan tobat kali2 ada kesalahan.
    Kapan2 sy ke bandung lagi sy akan sowan lagi.

    • nyai mas kentring manik mayang sunda ken buniwangi..adanya di lembah lembang antara lembang dago…di hutan bambu buniwangi
      disitulah dahulu kala kumara di turunkan oleh vhisnu dilereng lembah.dekat danau purba
      dan diasuh oleh raden purbaya pemegang kujang sunda cakrabuana…

      maka sejarah itu akan kembali
      dengan aktor yang sama pada masa dan atribut yg berbeda
      lembang
      lembah hyang
      lembahnya para sanghyang
      dimana sanghyang shindu lahyang sangtamblegmeneng berada

      lebak ciwene bambu pohon putri kuning
      berawal dari IBU BUMI BAPA ANGKASA
      akan kembali ke mereka

      PA RA HU..

      ceritakan kisah BA di pajaratan buniwangi
      apa yang kamu rasakan dapat disana
      dimana guriang 7 bertapa disana

      ada tangisan kumara angkawijaya putra..
      di rincik hujan rintik sebelum diasuh ki purbaya..

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rp/sabdopalon
        Pada NASKAH CARITA PARAHIYANGAN (ke Bandung dari jakarta ke bandung kita bisa naik kereta Parahiyangan) naskah yg menceritakan latang (surat) yg ditujukan kepada guriang 7 (guriang itu adalah kiasan dari org portugis, menceritakan ttg kisah pd era prabu surawisesa cucu ibu ratu Centring Manik Mayang Sunda dgn prabu siliwangi (situs yg berkaitan dgn prabu surawisesa ada di Batu Tulis Bogor).
        Teka teki ttg siapa Mundinglaya dikusumah yg berhasil mencuri surat (surat ini surat perjanjian antara pajajaran dgn org bule (portugis) ) dari Guriang (org portugis) yg diantar ke Malaka? kemudian portugis akhirnya datang menjajah ke bumi sunda-galuh?
        Lalu yg jadi pertanyaan siapakah tokoh misterius yg memiliki nama Mundinglaya dikusumah?
        apakah prabu Surawisesa (justru tokoh ini yg mengadakan perjanjian dgn portugis/guriang) ataukah ada tokoh lain?
        Mimpi yg baik itu jam 00, jika mimpi di siang bolong itu kurang akurat. Dan Sumur bandung itu juga lebak cawene, kekayaan milik warga bandung yg memberi berkah, bahkan nanti dari lebak cawene (sumur bandung) ini jika dibuka oleh budak angon, bandung akan kelelep ,,, (kelelep apa yah? kekayaan yg terpendam mungkin) atau mungkin kelelep air. Dongeng ini mah

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rp/sabdopalon, sy banyak salah ketik misalnya cucu seharusnya anak, layang ditulis latang (surat).
        Dulu ada perjanjian pita resep antara nyi roro kidul dgn para wali yg disekap di sumur tsb, di sumur bandung tsb ada naga yg nunggu aset (mitos). Hasil investigasi ke lokasi ada 3 sumur (lebak cawene) yg lokasinya berpencar-pencar, yg di gdg PLN itu ibunya, sumur yg satunya lagi di samping madjid agung alun-alun itu anakanya dan yg satunya lagi, sy blm ketemu. Intinya sumur yg baik untuk diambil airnya 2 lokasi yg Kahuripan dan kejayaan. Yg kahuripan ini harta/aset yg untuk sosial dan yg kejayaan itu untuk keperluan bisnis, dua ciri sumur ini ada beberapa titik di wilayah nusantara Menurut Pujangga Manik yg telah menelusuri, tidak jauh dari sumur sumur (lebak = tuh air yg keluar dari dlm tanah lalu menggenang dan genangannya disebut dgn sumur/beji/kolam, dan cawene = pemandian yg disakralkan, air jenis ini di masa lalu disakralkan krn dianggap suci untuk mandi dan wudu, tp di balik itu ada rahasia besar yg org awam tidak tahu) tidak jauh dari sumur itu ada MANDALA spt makam, candi, dan hanya budak angon dan budak janggutan disebut pd naskah uws yg datang ke tempat tsb “membuka lahan tsb”, entahlah apa maksudnya membuka lahan baru, sampai2 di akhir cerita naskah tsb nusantara bersatu lagi, nusantara jaya lagi.
        Saking penasaran para ahli tafsir di berbagai tulisan di blog2 ttg lebak cawene menulis dgn tafsir ada yg menyebut tanah cekung, ada yg nwnyebut barang awewe dsb, jd bebas2 aja ttg tafsir, tp yg jelas tafsir budak angon lah yg sdh pasti benar tafsirnya krn ia tokoh sentral pelakunya. Tp sy sy kan budak angon palsu dan sy menunjukan yg dimaksud lebak cawene itu sumur/beji/kolam yg disakralkan, ayo kita buktikan bersama ttg cerita UWS “nanti jika ada yg minta tolong di gunung halimun (halimun itu kabut, asetnya itu mmg tertutup kabut (jala sutra) lalu siapa yg minta tolong? org2 yg membutuhkan pertolongan dong?) itu tandanya ada yg menikah di lebak cawene”. Ini menariknya naskah UWS, mencari jejak asset nusantara melalui naskah UWS, bahkan menurut sy, Bung Safari yg membuat buku ttg harta amanah belum menyentuh ke UWS ini?
        Naskah UWS “sebab mencari aset pajajaran yg hilang tdk pakai amparan, alias sok tahu”

      • kamu Ba membabar sejarah sunda
        seperti orang padang memaksakan diri menceritakan sejarah sangkurian
        belepotan

        kamu mau cerita ketemu ratu jin leluhur etc silahkan
        ada saran lebih baik diam
        menyimak saja ya nak….

        guriang tujuh kau bilang ttg penjajahan

        salah.besar
        guriang tujuh itu salah satunya aki hideung kimanguntapa prabu judhistira

        kamu tidak tau hub air pancuran tujuh buniwangi…

        masyarakat awam
        atau manusia jaman sekarang yang merasa ngelmu dan punya elmu hanya tertarik energi sumur bandung

        biarlah
        kerahasiaan leluhur sunda terjaga rapih ibu bumi bapa angkasa
        sangguriang nagih janji
        bandung kelem sumedang jaya

        sekarang masa

        galudra neteskeun enogna
        sagara kaler bedah

        akan muncul manusia setengah.dewa
        menjelang akhir tutup tahun..

        kamu blepotan bahas sunda…

    • Opo kui “harta rahasia” Nusantara?
      Ngomong ora nanging kebelet pengen dilantik dadi Rojo nantangi wong akeh.
      Yen pancen weruh endi kui lebak cawene berarti BA lan RA asli.
      Yen BA lan RA asli lapo kok ora ndang dibuka?
      Jare weruh kuncine gawe mbuka.

      • ramalan embah nuswantara

        sudah ga usah pada ribut
        memperebutkan pepesan kosong saja..
        hahaha…

        engke jaga mun teungah peuting
        kadenge tatabeuhan
        ti gunung halimun
        tah dia kabeh saturunan ngaing ( hanya keturunan siliwangi saja )
        digeroan
        kunu rek kawin
        dilebak.ciwene

        tapi…
        ulah talangke
        galudra neteskeun enogna
        krakatau child meledak
        sagara kaler ngaguruh
        sepanjang pantai utara mengguruh
        ombak pemusnah putri ambar ketawang dewi lanjar linggarbuana dilepas…

        …..menjelang
        akhir
        tutup tahun
        akan muncul manusia setengah dewa..

        kumara
        angkawijaya
        tungjungputih
        semune pundak.kesungsang

        jowo
        kari separo
        wong cino
        kari sejodoh…

      • Yang berebut itu juga siapa? Haha.
        Ora perduli mahkota, ora perduli tahta, ora perduli duit.
        Ora penting blas.
        Hahaha.

        Artine Jowo kari separo.
        Chino kari sejodo.
        Bule kari sejodo kui piye Kang?

      • sangguriang nagih janji
        sangguru hyang nagih janji
        sangguru hyang shindu lahyang
        hyang tambleg meneng…putra ibu bumi
        bapa angkasa…nagih janji
        bandung kelem
        sumedang jaya
        raja tanpa mahkota
        sakti tanpa aji
        mustikanya
        trisula BENTANG TIGA ditapak tangannya…

        seperti
        memercik AIR BRAJAMUSTI…

        Manusia setengah dewa
        badan manusia isi dewa
        ya kumara.
        angkawijaya
        ya KRISHNA…….
        parasnya seperti kreshna…?
        ya iya memang kreshna…
        senyumnya manisa sekali…
        sifatnya baladewa…
        dialah anak terkasih betara indra
        mahadewa indra raja para dewa
        mahadewa indra raja syurga indraloka
        mahadewa.indra berwujud elang emas perkasa
        ya garudra indonesia…
        garudra neteskeun enogna
        putra indra terlahir kembali..

      • wong ageng
        semarang tembayat..
        ki js tukang solder
        sekarang ada yg ngintip juragan sugeng pakar code event procedure
        bahasa inggris. ujian niron …wkwk

      • Trus wonten kode
        “menjelang
        akhir
        tutup tahun
        akan muncul manusia setengah dewa”

        Nah iki piye artine. Kapan waktu tepatnya?
        Kulo pengen tekon bagi sing bener2 ngerti. Du sing abal2.
        Bakal kelihatan mana yang asli mana yang abal2 saka jawaban teko kode kuwi.
        Bakal kelihatan mana yang benar2 Satria2 Jendral2nya Beliau, kelihatan yang mana BA nya, dan yang mana RA nya.

  24. Salam Rahayu Mas Sabdo Langit…

    Salam Mas RP…saya ijin nyimak saja…

    Semoga sedoyo sedulur di blog Mas Sabdo sehat dan damai…

    AMIN…

    • …Rp bingung…

      ..
      ujian lagi,..
      lagi ujian?
      kapan lulusnya?
      kalau lulus?
      kalau ga lulus?…

      sampai kapan ujian itu..

      kenapa ada ujian..
      kenapa harus di uji
      kenapa harus ikut ujian………
      hemm

      ujian…ujian tiada pernah berhenti???
      atau ini akhir ujian…

      oo SAMSARA

      • rocky gerung..heboh
        semua benci kata DUNGUNYA
        semua terpaku kata demi kata yang rocky ucapkan..
        seperti satu kali tarikan kalimat
        seperti satu anak panah
        saat dilepas..menjadi seribu.

        kalau satu jelas arahnya.kalau banyak anak panah mau mengarah kemana…
        satu titik dibidik
        ribuan mata anak panah memcari target

      • Kan tenan, ora ono sing wani njawab.
        Ndi wong2 iki?
        Do ate ndoleki jawaban nandi?
        Buku?
        Opo nandi?

        Jarene Putra Indra didampingi Si Mbah.
        Si Mbah bayangan Putra Indra.
        Opo Putra Indra bayangan Si Mbah?

        Anak panahe Arjuno canggih, multifungsi.
        Ngeri2 sedap.

    • salam sejahtera Ki JS
      Dan putra panjalu…
      ..
      hasil mandeng kaca benggala segede spion
      pandengannya yo sempit ….
      (menjelang akhir tutup tahun
      akan muncul manusia setengah dewa..)

      menjelang..artinya mendekati hari H
      Bisa satu dua hari
      sebelum tahun akan berganti…
      menjelang magrib..
      beberapa saat lagi magrib akan tiba
      menjelang waktu yang tinggal 10% atau 5% lagi menuju magrib
      menjelang akhir tutup tahun..
      antara tgl 29..30 dan 31..
      dari tgl 29 star menuju akhir tahun
      bisa juga dimulai seminggu sebelum tgl 31 des

      misal hari ini..ini sudah menuju akhir tutup tahun menjelang akhir tutup tahun
      tahunnya..
      apakah tahun versi jawa saka?
      versi arab suro atau muhamaram..atau masehi

      saka tahun ini sudah lewat
      muaharam alias suro sudah lewat
      nah sisa masehi ya minggu ini

      lalu jika
      manusia setengah dewa muncul
      apakah akan menimbulkan sesuatu..
      yaaa
      alam akan bergolak
      jika beliau muncul
      maka baunya tercium oleh semua.yang ada hubungannya dengan beliau
      baik kerabatnya dimasa lalu
      musuh musuhnya dimasa lalu semua akan
      merasakan kehadiran kemunculan kebangkitan juragan kumara…

      yang menjaga bumi bangkit
      yang menjaga laut bangkit
      yang menjaga tebing turun
      yang menjaga gunung bangun
      yang menjaga pohon akarnya.dicabut
      yang menjaga angin keluar

      yo GORO GORO

      …..apakah akhir tahun ini?
      saksikan saja…
      gelagatnya? krakatau meletus???
      sagara kaler BEDAH?

      OMBAK PEMUSNAH PERNAH MAU NAIK
      TAPI DITAHAN
      KALAU SEKARANG DINAIKKAN
      SIAPA YANG MAU NAHAN

      cuma saran
      Yang berada sepanjang pantai utata tempatnya dewi linggarbuana ambarketaawang dewi lanjar…waspada saja..jangan jangan garis pantura akan menaik …itu bisa saja beliau ambar ketawang bangkit karena tau bahwa kumara angkawijaya kekasihnya dahulu bangkit..
      dan
      naga hijau putri tunjungemas
      bidadari yang dikutuk kaisar langit menjadi naga hijau bangkiat pula….manakala sang bunga tunjung putih yang dahulu pernah ia curi dan makan dan yang pernah meenjadi awal karmanya atas keserakahan dan atas pengkhianatan terhadap dewa indra suaminya..putri tunjungemas tega dan dengan nafsu harta tahta ia makan bunga tunjungputih itu…
      DAN BUNGA ITU
      SANG TUNJUNG PUTIH
      SUDAH NGAWARUGA KABADAN MANUSA
      MANJING KADIRI JALMA
      MANUSA SETENGAH DEWA
      WADAG MANUSA ISINA DEWA
      YA KUMARA
      YA ANGKAWIJAYA
      YA HERUCAKRA
      YA TUNJUNGPUTIH
      YA SRI KRISHNA….
      GALUDRA NETESKEUN ENOGNA
      SAGARA KALER NGAGURUH
      ..

      pantai selatan digeboy naga hijau
      pantai utara ambar ketawang menanti
      bumi di goyang akarnya ibu
      IBU BUMI BAPA ANGKASA

      • GALUDRA NETESKEUN ENOGNA
        SAGARA KALER BEDAH

        namun sebelum itu ada tanda
        DIAWALI SUARA BUNYI BUNYIAN DI GUNUNG HALIMUN TENGAH MALAM
        menandakan
        AKAN DIADAKAN PERNIKAHAN SESEORANG DILEBAK CIWENE

        apakah menurut anda
        itu pernikahan antara wanita dan laki
        pernikahan manusia biasa

        saya kira BUKAN
        pernikahan itu PENYATUAN

        WADAG YANG DIPINGIT
        AKAN SELESAI MASA PINGITANNYA
        SYMBOLIK SAJA MENIKAH
        penyatuan SEMPURNA
        antara WADAG ANYAR DENGAN ISI…

        apakah TAHUN INI?
        SIAPA yang suka bencana…?
        jangan bilang itu AZAB
        jika saat keluargamu semua yang kena bencana MAKA KELUARGAMU KENA AZAB…SUNGGUH MENYAKITKAN DIHINA LEBIH RENDAH DARI KURA KURA…

        bau mulut manusia sudah melebihi AZAZIL
        lebih berkuasa dari para satria AVENGER
        seakan akan mulutnya bisa nelawan HULK SUPERMAN .etc

        hahaha
        DELUSI
        HALUSINASI
        HAYALAN
        MIMPI…
        TERSESAT DIJALAN YANG BENAR
        rocky gerung
        MENGANGGAP SEMUA ..DUNGU…

      • raden anom jaka surya alias kusanto

        disaat goro-goro datang
        sy sbg titisan dewo ruci dan ismoyo

        berpesan “jangan putus tali Allahu”
        slamet teguh rahayu …

        jika dia datang, berlindunglah di dlm gua, mereka kekal di dlmnya untuk selama2nya itu yg selamat

      • Salam sejahtera.
        Tujuannya menuliskan kode ya memang untuk mempersempit/mempermudah pencarian bagi yang telah mencapai taraf ilmu standar untuk dapat membaca kode tersebut.
        Standarnya siapa? Standarnya si Mbah.

        Jika belum mencapai standar ilmu yang disyaratkan si Mbah untuk dapat menerjemahkan kode tersebut, ya kalimat tersebut menjadi luas maknanya..

        Yang dapat melihat dan menemukan yang dicari ya yang selevel atau hampir menyamai ilmu si beliau ini. Dan beliau sendiri. Namun beliau juga akan mencari si beliau ini.

        Saya ulangi lagi kalimatnya.
        “menjelang akhir tutup tahun
        akan muncul manusia setengah dewa.”
        “putra batara indra”

        Dan untuk yang mengaku Ismoyo. Pecahkan dulu kode ini haha.

      • Bisma Sri Kresna Baladewa Batara Surya Gatot Kaca Rudra Indra Batara Guru.

      • Ono tetengger lintang kemukus.
        selet-selete yen mbesuk ngancik tutuping tahun
        sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu.

        Yen ono klaim nanging lahire
        Sadurunge lintang kemukus = abal2.
        Samarine Taun sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu = abal2.

  25. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Tafsir sy bait 160 musarar jayabaya, begini (tp jgn iri ini cuman otak atik gatuk, sy kan palsu, jd abaikan sj apa yg aku ketik)
    Sadurunge ono tetenger lintang kemukus,
    Sebelum Surya/pangeran matahari itu terlihat oleh org, itu ada tanda bintang berjalan (nama bintang itu mirip nama saya kamu Kus, ditulis Kemukus (sebenarnya ya kamu kus. Dan disebut juga di arab ya nama sy juga Den masKus (hadist tsb sengaja nutupi biar gelap menjadi Damaskus (harusnya denmas kus) ditulis mahdi itu keluarnya dari kota Denmaskus (mereka menyangka Damaskus di sir siriya) aneh kan).
    Yg punya tanda bintang yg cuma 1 org, gk mungkin lebih dari 100 org ya itu si Surya, nama raja majapahit mknya simbol kerajaan majapahit itu Surya Majapahit dan simbolnya juga bintang atau cawan majapahit.
    Lanjut ke teori bait 160, setelah bintang itu berjalan tak tak tak … maka batara surya terlihat, sebuah cahaya terang benderang (spt kita merokok merk rokoknya surya di dlm gelap, maka korek nyala nah itu tandanya sdh terlihat (jumedul bhatara surya) pintu pun terbuka … lalu ada kalimat itu tandanya dibagi2kan anugrah tsb kpd wong nusantara yg sdh sangat prihatinnya kelantur-lantur.. gitu
    bhatara indra itu raja majapahit dan sabdo palon itu juga ngasuh raja majapahit.
    wallahualam bishowab, ampura para karuhun buka rahasia xi3

    • Mang Kusnadi, Kusnanto, Kusbiantoro wkk.
      Lanjutken. Xixixi.

      • Folder Pembaca. Penulis : Kang RP. Katagori Sastra. Tulisan ini dipindahkan dari komentar di halaman Satria Piningit, komentar no 12591, 19 April 2015 / 4:25 pm

        Kumara menebus dosa. Tunjung putih semune pundak kesungsang. Kisah lengkapnya ada dalam weda jawa diblog abhimayunarendra.blogspot.com

        Saat itu mahadewa indra raja dewa dikahyangan sangat bersenang hati karena istrinya sang tunjung emas sedang mengandung. Dilain sisi dilangit teratas kaisar langit murka karena bunga tanda kesucian para dewa yaitu bunga tunjung putih raib dari tempatnya… Hari terus berganti kandungan istri dewa indrapun semakin membesar dengan sangat cepat , namun terdengar rintihan kesakitan dari putri tunjungemas semakin hari semakin menjadi Tak kuasa menahan iba akhirnya sang dewa indra membelah perut istrinya dengan belati emasnya. Apa yang terjadi?

        Dari perut istrinya bukan seorang bayi yg ada tetapi sebuah bunga ,yah bunga tunjungputih ..bingunglah indra mendapati kenyataan itu, akhirnya diketahui, demi memenuhi ambisinya siputri terpaksa memakan bunga itu dengan harapan jika bunga itu dimakannya maka kakaknyalah yang akan menjadi raja para dewa menggantikan dewa indra dikemudian hari!! Pengkhianatan istrinya membuat luka jiwa mahadewa indra..tak termaafkan. Sahdan setelah diketemukannya bunga tunjungputih maka kaisar langit mengutuk putri tunjung emas menjadi naga hijau,dibuanglah ia kealam manusia , dibelahan bumi nusantara sebelah selatan (pantai selatan). Kejadian itu memukul dewa indra indra ( sakitnya tuhh disiniii)

        Berkumpulah para dewa juga dihadiri ramandaguru betaraguru sanghyang manikmaya..adik dan kaka2 dewa indra seperti brahma,shiwa, wisnu etc. Ayahandaguru apa yg harus hamba lakukan dan perbuat dengan bunga tunjungputih ini. Betara guru berkata , jika ananda ingin memiliki putra dari bunga itu maka turunlah kedunia kealam manusia, bunga itu akan menjadi seorang bayi asal dimakan oleh seorang manusia yang suci,dan dia harus rela berkorban hingga melahirkannya. Akhirnya sang mahadewa indra turunlah ia ke alam manusia dengan merubah wujud menjadi elang emas raksasa yg teramat indah gagah dan berwibawa.

        Turunlah ia kegunung dha hyang ( dieng ) mengitari gunung lawu ,gunung merapi. Nampaklah disekitar gelangapi ( magelang ) ada puluhan bhiksu dan seorang bhiksuni yang sedang muja samedhi melantunkan doa puji kepada betara indra,mereka berharap dewa indra berkenan menurunkan hujan, karena sudah bertahun lamanya hujan tiada turun ditanah djawa. Terjadilah dialog singkat antara para bhiksu dan sang elang emas..disepakati. Indra siap menurunkan hujan asal sang bhiksuni sudi memakan bunga tunjungputih , sekaligus mengandung dan melahirkan putranya. Hari yg ditunggupun tiba

        Bhiksuni akhirnya mengandung dan melahirkan putranya. Namun sang bhiksuni meninggal setelah melahirkan putra sang dewa indra..sungguh pengorbanan yang teramat besar dan agung dari sang bhiksuni. Mahadewa indra dengan suka cita kemudian memberikan hadiah hadiah kepada para bhiksu terutama untuk sang bhiksuni. Mahadewa indra dimalam yang purnama. Berdiri ditengah danau purba gelangapi(magelang). Dengan bersakti dia gurat tanah didanau itu dengan mustiaka belati emasnya,sekonyong2 surutlah danau itu seketika. Dewa indra akhirnya memecah diri menjadi 17 diri. Dalam semalam berdirilah candi borobudur. Stupa yg terbesar sengaja diskosongkan

        Diapanggilah sang gajah tunggangan dewa indra yg ber kaki 8. Gajah membawa teratai tempat taopanya dewa indra dikahyangan, ditempatkanlah teratai itu distupa yg tertinggi dan terbesar. Lalu naiklah betara indra kekahyangan membawa putranya. Namun sungguh kaget sang indra ,wajah putranya mirip sekali dengan sang putri. Luka jiwanya terusik, indrapun tak kuat menatap putranya. Saudara saudaranya siwa brahma wisnu etc dan ayahanda mereka yaitu betaraguru senang sekaligus bimbang dengan apa yang terjadi pada indra dan putranya. Dibujuk dan rayu indra tetap tak mau dekat dengan putranya. Akhirnya difahami oleh betaraguru dan putra2nya yg lain alasan mengaopa indra begitu tega tak mau mengakui putranya sendiri. Keputusan terpahit dan terbaik disepakati

        Kumara…. yah kumara sang putra indra itulah namanya dengan terpaksa akan diturunkan kedunia kealam manusia biar sang kumara diasuh oleh bangsa manusia karena walaupun dia berasal dari bunga kesucian paradewa ,namun raganya berasal dari gol manusia. Sebelum diturunkan kedunia sang kumara dibekali mustika oleh kakek ayah dan paman2nya. Dari betaraguru sang manikmaya diberkati cangkok wijaya kusuma dikening sang kumara, dari siwa tumbak halilintar dipunggungnya, dari wisnu cakra manggilingan didadanya, dari narayan wisnu sabuk bercincin mata satu dipinggang sang kumara beserta kutang ontokusumo dilengan bahu. Dari ayahandanya sang indra sijabang bayi kumara diberi trisula bintang 3 trisula di telapak tangan kanannya..

        Dengan berat hati indra melepas putranya ( wahai putraku yang terkasih,bukanlah aku tega terhadap dirimu ,namun engkau harUslah faham , aku tak kuat menahan derita jiwaku ini , ,jadilah engkau cahaya dunia dengan bekal trisula wedhamu yang teramat terang bercahaya) Kumara putra sang indra akhirnya dibawa oleh pamannya sang wisnu turun kealam manusia. Tibalah ia disuatu pegunungan yang asri dimana didekatnya ada danau purba yang teramat besar dan luas dikelilingi gunung2 (Bandung). Sang wisnu membawa peti kumara ketempat raden purbaya seorang bangwasan sunda yang menjadi peternak sapi. Singkat kata kumara akhirnya diketemukan oleh raden purbaya, akhirnya diasuhlah dan dianggap anak oleh purbaya. Raden purbaya sang pemegang kujang kembar memberikan nama baru pada kumara yaitu raden angkawijaya. Kumara atau raden angkawijaya

        Raden angkawijaya memiliki kekasih putri ambarketawang (aka ratu pantai utara dewi lanjar) diantara mereka berdua terjadi jalinan asmara namun tidak sampai kepelaminan karena sang kumara raden angkawijaya raja kerajaan emas pasundan raya lebih memilih bertapa…dimana? Kisah ini menurut wedja djawa terjadi sekitar 15000 SM

        Kumara menebus dosa
        Tunjungputih semune pundak kesungsang
        Sangguriang nagih Janji bandung kelem sumedang jaya
        Sima wiwaha

  26. Hendra Gunawan, SS

    Kesenjangan ekonomi yg semakin besar ditangani Presiden Kedelapan dan Wakilnya dengan memakai konsep pemerataan ekonomi, rupiah emas dan rupiah perak mulai diedarkan. Para Raja diNusantara dan para agamawan serta tokoh kebatinan yg ilmuwan/ ilmuwati mendukungnya. Aturan hukumnya pasal 33 UUD 1945. Koperasi diperkuatnya untuk menghadapi konglomerasi. Koperasi…koperasi…koperasi soko guru ekonomi. Hutang pada IMF dan World Bank dihentikannya. Riset, ritual, dan kebatinan ditumbuhkannya. Impor distopnya. Eksport dibayar dengan emas dan perak. Nusantara jaya kembali. Datanglah era Ratu Adil lalu era Budak Angon dan Budak Jenggotan lalu era Imam mahdi. Woullohua’lam.

    • maaf kang, kalau via pemilu kyknya mustahil, itu terlaksana. pemilu cuma sekedar perebutan kekuasaan menurutq.

      yg dinanti ogah muncul, yg menanti udah ga sabar dengan angan-angan keadilan dan kemakmuran.

      jangan berharap matauang emas/perak.itu ndak akan terjadi, kecuali kapitalisasi tiada.

      Para Raja diNusantara dan para agamawan serta tokoh kebatinan yg ilmuwan/ ilmuwati mendukungnya(jangan berharap/berangan lebih, selama mereka masih tergoda dunia).

  27. Hendra Gunawan, SS

    Hutang kepada RRC juga dihentikan oleh Presiden Kedelapan dan Wakilnya. Dipakainya Rupiah emas dan Rupiah perak adalah bukti cinta pada NKRI. Bukti cinta pada nilai2 leluhur yg luhur. Bukankan Pajajaran, Mataram Kuno, Sriwijaya, Samudra Pasai, Majapahit, Ternate, dll memakainya dizaman dulu?. Bukti cinta pada budaya Nusantara. Uang kertas yg merupakan budaya asing gampang terkena inflasi dan merosot nilainya. Rahayu rahayu rahayu.

    • maaf kang. zaman udah ganti. mereka pun kalau sekarang muncul akan jadi jadul dan digilas zaman modern ini.

      leluhur boleh keren dan hebat, tp mereka ada zamannya masing-masing.

      oleh sebab itu mereka menyebut ratu adil sangat luar biasa untuk jaman mereka. karena zaman makin modern manusia makin kompleks kebutuhan, keinginan, dan pemikiranya.

      bagaimana bisa menjadi mercusuar/hebat kalau berfikirnya jadul?

      • Mata uang logam kui ora jadul.
        Justru mata uang logam kui tanda puncak pemikiran.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Pendapat sy, manusia adalah khalifah di bumi, manusialah yg menentukan logam atau kertas yg akan dipakai.
        Mungkin knp manusia modern memilih kertas? krn jumlah stok bhn kertas bisa dibuat oleh manusia dlm jumlah banyak. sebaliknya logam buatan tuhan stoknya terbatas. Lalu manusia berfikir (berfikir itu bagian dari alat kerja khalifah) logam emas yg cadangan terbatas itu bisa dibuat sbg coleteral (penjamin) pembuatan uang kertas (logam emas dijaminkan untuk cetak uang kertas, alhasil uang kertas yg beredar dan logam emas sbg jaminan uang beredar transit di bank penjamin tercetaknya uang kartal.
        Emasnya masih disimpan utuh dan sbg wakil emas tsb yaitu uang kertas lah yg beredar.
        Lalu dimana letak kejahatannya?
        Letak kejahatannya adlh mencetak uang kertas tanpa emas (katanya AS begitu nyetak dollar tanpa ada emas, udah harganya dollar mahal tanpa imbangan emas) dan tngkat turun naiknya harga mata uang krn inflasi, akibat perdagangan dunia.

        Kalau sy sih mending ada uang kertas sbg alat jual beli, lah nanti jaman elektronik alat jual beli cuma angka-angka.
        Punggung sy bengkek, nyangkul nanem padi dll, sy jual ke org kaya, cuma dibayar dgn transfer angka2, ijab kabulnya cuma dgn angka2, lama2 kertas juga akan hilang, yg ada adlh angka-angka, dan anehnya antara angka2 yg di bank dgn uang fisik di bank gak sama? mungkin hanya ada 5% persediaan fisik uang. Kalau bank mau ngeluarin uang fisik yg ditarik nasabah, harus colling bank-bank tetangga dulu (nunggu waktu) baru lah bisa kumpul untuk diberikan nasabah… kejahatan elektronik itu spt itu

      • mungkin bener wejangan leluhur
        bumi sejengkal kena upeti
        mati dilumbung padi
        yang jujur ajur
        bromocorah pada mujur

        ketika tatanan akan kembali
        gunung bersorak
        bumi bergoyang
        laut dan sungai melompat
        langit menari
        awan dan angin menyanyi
        dan manusia ingat janji
        batasan dan aturan dijalani

        semoga kita semua termasuk “manusia sing eling lan waspodo”

  28. byuuhhh,,,,,,,,cinta monyieett,,,,,,,,ketumbur wedoeess,,,,,,,,,,,,,,hahahahaha
    ha njedut,,,,,,,,,,,,,,,,
    wua’ a’ a’ a’ a’ a’

  29. ra kacek,,
    balik topo maningg,,,

  30. Dear raden anom, semoga sehat selalu..
    Mau tanya, kenapa sih dikatakan Isa Al-Masih dan Al-Masih ad-dajjal, terus hubungannya Isa dengan Nusantara/ratu adim itu apa..

    Mohon pencerahannya den anom menurut tafsir ilmunya ya.. bukan tafsir kitab2 yg ada.. jawabnya yang sederhana ya..
    Maaf masih newbie ni,, he3x

    Hatur nuhun..

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Dear tukang ojek, semoga sehat dan banyak yg numpang (enak kerjanya jalan2 dpt duit, dapet senggolan tetek dari yg duduk mepet di belakangnya) he3
      agak bingung jelasin krn ada yg sependapat ada yg sebaliknya tersinggung. Menurut aku nih ya, manusia itu khalifah di bumi, dgn pikirannya bisa bikin proyek/kegiatan atau produk apa saja, intinya produk manusia yg bisa mempengaruhi org lain, merubah budaya, bermain politik untuk mencapai kekuasaan (ini prespektif produk manusia sbg khalifah di bumi) dan yg kedua ada produk tuhan, yg manusia gk bisa bikin buatan tuhan spt hidup kita ini lah produk tuhan.
      Dalam kaitan ini
      Isa al masih produk tuhan
      Isa amadih ad-dajal produk manusia, dgn proyek besarnya memasukan dokrin/ajaran ke pikiran manusia, alhasil banyak agama2 (termasuk islam) kena pengaruh teori konspirasinya.
      Produk tuhan misalnya yaitu ttg isa al masih itu kan dzat/pemberi hidup, nafas kita itu kan adlh hidup itu sendiri sbg produk hidup, mk gsk mungkin nafas punya anak dan diperanakan, tali Allah kan gak mungkin beranak. Sahadat misalnya diartikan yg spt ini “tidak ada yg patut di ibadahi kecuali urusan Allah”, apa yg jd urusan Allah? ya hidup itu.

      Lalu isa almasih addajal adlh proyek buatan dari khalifah yg namanya manusia, isa produk tuhan (tauhid, Allah tdk beranak, tafsir yg umum maksudnya itu) menjadi isa addajal sbg produk manusia, shg ajaran nabi nabi hanya ini (produk manusia) yg beda, berhasillah si djjal mpengaruhi pikiran shg penganut agama2 pun jd spt zombi mayat hidup berjalan di muka bumi.
      Akhir jaman akan ditampakan bencana di nusantara ini berupa air bah yg mengguyur daratan jelang akan peringatan hari lahirnya isa addajal, aceh udah, banten udah, th ini nanti juga tgl itu, sing eling lan waspada, jika ia datang maka bersembunyilah di dlm gua dan di dlmnya mohon keselamatan (al kahfi 1-10) dia mencari si zombi mayat hidup. Wallahu alam bishowab

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Semua bencana bisa kita memohon kpd yg ngatur kehidupan alam semesta, minimal meminimalisasi reksiko kerusakan bumi, spt halnya dulu bumi nusantara itu keadaannya sangar dihuni oleh makhluk tak kasat mata, mrk juga makhluk tuhan yg hidup berdampingan dgn manusia. Sbg khalifah manusia yg arib dan bijaksana dlm mensejahterakan alam di bumi nusantara harus mengerti tatanan kehidupan didunia ini. Awal dihuninya bumi nusantara ini adalah rombongan manusia yg perahunya terdampar selepas air bah menenggelamkan bumi, dan stelah surut airnya, pulau2 sdh terpisah2 adlh rombongan nabi purba yaitu Semar. Setelah mendarat di bumi nusantara ini sdh ada penghuninya berupa monyet2 raksasa dan juga yg tdk kasat mata. Banyak manusia dari rombongan semar yg tewas dlm peperangan dgn makhluk2 tsb, alhasil diadakan perjanjian antara Semar dgn mrk, pertama hidup di alam nusantara ini kudu tauhid, mengikuti akaran Semar yaitu kapitayan memuja sang mh hidup, yg esa (sanghyang tunggal), jika tataran manusia blm sampai pd tahap spritual mk bisa menggunakan (dlm penyembahan) tata cara pemujaan melalui simbol2 alam spt nabi adam ktk menyelesaikan masalah qobil dan habil (hasil pertanian dan ternak) dgn peribadatan ini dgn cara ini (dgn kitab alam sbgmn org nusantara lakukan sama dgn memakai kitab tanpa aksara yg dimaknai pd setiap simbol yg diaturkan kpd sang mh hidup dan dgn cara ini pun bs dimengerti dan dipahami oleh para ghaib shg para ghaibpun ikut berdoa kpd yg mh ghaib yg mh hidup agar apa yg dihajatkan bs terkabul.
        Kemudian ada yg perantara pusaka sbg wasilah menuju hyang mh hidup untuk mendapatkan informasi ttg apa saja (ajaran Togog yg ini juga dipakai).
        Dlm perjalanan selanjutnya iblis ikut nimbrung agar manusia tersesat dgn cara menggelincirkan manusia dgn melalui pengurbanan darah manusia dan juga darah binatang (ini bukan ajaran Semar dan Togog, namun oleh pengikut Togog yg tlh terinfeksi ajaran iblis pun ada yg melakukan).
        Jaman terus berjalan, ajaran semar luntur, datanglah dari Rum seorg pendeta Syek Subakir, kedatangannya disambut Semar krn ajarannya yg dibawa pun sama, hanya Semar mengingatkan ttg sejarah ms lalu bahwa bumi nusantara itu memilki suatu perjanjian dgn para makhluk tan kasat mata (tali Allahnya putus bisa jd santapan makhluk2 tsb salah satunya itu), rombongan pendatang dari negri rum pun berkali2 tewas, disarankan Semar agar menumbali beberapa titik di gunung2 agar makhluk tsb pergi ke laut. Tumbal pun dilaksanakan;(dajal pun kalah), akhirnya bisa di huni oleh rombongan dari Rum, kemudian berdatanganlah manusia dari berbagai negara ke negri ini.
        Datang lagi para ulama wali sana, diantaranya Syekh Abdul Jalil/ Siti Jenar dgn ajaran tarekat akmaliah ktk sdg berjalan dgn sultan cirebon, bertemu juga dgn Semar, kedatangannya menyebarkan din islam, Semar pun menceritakan hal yang sm spt ia ceritakan kpd Syekh Samsudin al farasi yg dulu numbalin tanah jawa, lalu syekh siti jenar pun ikut menumbali yg sama dgn menebarkan tanah yg diambil dari (lupa aku). Datang lagi penyebar agama yg lain dari portugis, belanda yg dgn sangat kuatnya para pejuang din (pejuang tali Allah) agar ajaran tsb tidak masuk ke nusantara, tp takdir tuhan pun berbeda dgn harapan mrk. Tp perjanjian anatara Semar (nabi purba) dgn para ghaib penghuni nusantara ini hampir bhkan mungkin sdh waktunya ditagih, dajal itu akan datang dari laut …
        wallahu alam bishowab

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Lupa hub dgn nusantara dan ratu adil
      ya nanti produk tuhan lah yg akan diimani, bukan iman di mulut tp juga dlm kolbu, shg setelah si zombi hilang (paling 1/3 aja yg hidup, dan para ghaib itu tahu mana yg hidup mana yg zombi, gk sewenang2 menyaringnya) sjg itulah saat muncul manusia yg bersih hatinya wallahu alam bishowab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: