Ratu Adil semakin dekat

Eyang Sabdapalon-Eyang Noyogenggong,

Satria Piningit, Ratu Adil

Prakata

Saya salut terhadap segenap upaya generasi bangsa saat ini yang peduli dengan nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal (local wisdom) yang pada zaman dahulu pernah mengantarkan bumi Nusantara meraih kejayaannya. Tampak geliat semangat ada pada para generasi muda bangsa yang gigih menelusuri jejak sejarah kebesaran para leluhur bumi putra bangsa besar ini. Bagaimana kita dapat menghargai bumi Nusantara jika kita buta dan tidak mau peduli apa yang terjadi di zaman dulu, apa dan bagaimana saja perjuangan para leluhur besar di masa silam.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa rekam jejak sejarah bangsa Indonesia mengalami berbagai upaya pemalsuan sejarah. Dengan tujuan dan alasan tertentu, yang positif maupun negatif. Misalnya untuk menyamarkan agar tidak terjadi pengrusakan dan pemusnahan. Namun tampaknya banyak pula upaya pemalsuan sejarah dengan tujuan untuk menghapus akar sejarah dan jati diri suatu bangsa. Jika jati diri suatu bangsa menjadi lemah dan tidak jelas, tentu bangsa itu pun akan menjadi bangsa yang lemah dan terombang-ambing dalam dinamika dunia. Menjadi bangsa primitif, tidak mempunyai prinsip tegas dan jelas, serta menjadi bangsa miskin. Bangsa yang kehilangan arah dan tujuan, karena selalu minder tak ada sesuatu nilai orisinil bisa dibanggakan. Nasionalisme pun akan menjadi lemah kemudian benar-benar runtuh.

Bagaimana ‘jiwa dan raga’ bangsa ini akan sehat sentosa, sementara konstruksinya terdiri dari ‘daging dan darah’ yang kotor, busuk, bau dan banyak penyakit. Berkali-kali saya pribadi melihat suatu kebenaran sejarah yang membuktikan keagungan penduduk asli Nusantara dalam spiritualitas, seni, budaya, politik dan ekonomi, tetapi sengaja maupun tidak justru ditutup-tutupi dengan ‘cadar’ agama, bahkan dengan dengan kekerasan fisik, ancaman-ancaman dogmatis, dengan tindakan-tindakan anarkhis, dengan kekuatan dan kekuasaan yang legal maupun ilegal. Banyak pula yang berani mengklaim diri sebagai pahlawan yang mengaku paling suci dan dijamin menjadi ahli syurga, dan mengaku pembawa ‘obor’ kehidupan dilengkapi dengan bom penghancur ‘dunia kegelapan’, serta mengaku sebagai pembawa ‘tongkat’ penegak kebenaran. Di mata masyarakat, tindakannya hanya mengesankan sebagai wujud tindakan jahiliah/bodoh dengan disertai wajahnya yang menyiratkan nafsu angkara murka.

Ironis sekali. Jika tradisi dan budaya luhur moyangnya sendiri dianggap sebagai sumber kesesatan, musyrik, syirik. Untuk itu budaya adiluhung sendiri harus dihina-hina dan dihancurleburkan agar tidak mengganggu sepak terjang para pengaku ‘utusan’ Tuhan. Sebagian penduduk lokal justru lebih menghargai nilai-nilai tradisi, budaya, dogma, yang diimpor dari leluhur bangsa lain. Lebih suka ngemut kerikil dari pada ngemut gula Jawa.

Meskipun demikian berbagai tindakan intimidasi dan provokasi tidak pernah membuat orang menjadi bergidik untuk kembali menelaah nilai-nilai kearifan lokal atau nilai luhur budaya Jawa, Tradisi leluhur kita sendiri yang terbukti pernah membawa pada era kejayaannya.

Sudah menjadi rumus-rumus yang tercantum di dalam hukum alam, (baca : kehendak Tuhan), bahwa kebenaran tak pernah bisa dikalah oleh kejahiliahan. Sekalipun kebenaran itu datang terlambat. Jika sudah tiba saatnya Tuhan berkehendak, maka tampaklah yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Hanya saja, tugas manusia harus eling dan waspada, sebab datangnya kebathilan, kebodohan, kejahatan, kedengkian, kemunafikan kadang lahir justru dari pemikiran-pemikiran fanatik, tekstual dogmatis, kedangkalan fikir, bahkan unsur manipulasi dalam memahami berbagai macam kitab suci apapun namanya. Jika penelaahannya mengesampingkan anugerah Tuhan paling besar yakni akal sehat, jiwa yang bening, hati yang bersih, –atau malah memanipulasinya untuk kepentingan kelompok, golongan dan melegitimasi suatu tindakan brutal dan anarkhis–, niscaya agama dengan dogma-dogmanya menjadi senjata canggih penghancur rumus-rumus Tuhan dan tatanan keselarasan dan sistem keseimbangan di planet bumi ini. Orang jaman sekarang tampak kesulitan membaca tanda-tanda kebesaran (bahasa) Tuhan. Orang tidak menyadari bahwa kebenaran bisa datang dari mana saja asal muasal sumbernya. Tidak selalu melalui dogma agama dan kitab suci, tetapi langsung dari Tuhan melalui bahasa alam yang tersirat dalam gerak-gerik seluruh mahluk penghuninya. Sayangnya, sebagian orang lebih sering menafikkan atau mengingkarinya secara sinis dan membabi buta. Mudah-mudahan seluruh pembaca yang budiman tidak termasuk tipikal manusia tersebut. Agar tidak bodoh dan hidup sesat, maka dalam khasanah spiritual Jawa dianjurkan kepada setiap orang untuk arif dan bijaksana dalam membaca tanda dan gejala alam, sehingga manusia bisa memahami maksud dan kehendak Tuhan, (Jawa:nggayuh kawicaksananing Gusti).

Wirayat Gaib

Menyibak misteri siapa sejatinya sang tokoh kembar bersaudara Sabdopalon dan Noyogenggong. Banyak analisa dan penafsiran yg mendekati pemaknaan yg masuk akal dan dapat menjelaskan secara rinci kronologi dan eksistensi Sabdapalon-Noyogenggong. Prediksi-prediksi atau ramalan yang ditulis sejak zaman dahulu seperti dalam serat Kalatida R Ronggowarsito, Jongko Joyoboyo ing Kadhiri,  KPH Cakraningrat, ISKS PB III,IV (serat Centini) dan PB VI berupa sanepan/cangkriman/ tebakan yg sulit ditafsirkan secara harfiah/wadag semata melainkan hrs melalui olah batin yang mendalam. Kecuali KPH Cakraningrat ada juga yg lebih lugas ditafsirkan yakni dalam serat Wedhatama karya Gusti Mangkunegoro IV dan Babad Centini sejak PB III s/d PB V, lebih eksplisit anda dapat meraba-raba siapa sebenarnya Sabdapalon & Noyogenggong.

Beliau Sabdapalon dan Noyogenggong bukanlah Satrio Piningit (SP)seperti disebut sebagian orang. Beliau berdua entitasnya sudah ada sejak 2500 tahun lebih, tentu saja sebelum dialektika misteri SP muncul dalam satra-sastra kuna. Beliau adalah sosok pamomong, pembimbing para Raja besar Nusantara, perannya sebagai penasehat, pelindung sekaligus guru spiritual para Raja-raja besar di Nusantara. Beliau bukan pemimpin atau raja tetapi sosok yang selalu mengasuh (Jawa:momong) kepada setiap raja-raja besar di bumi nusantara. SP konotasinya adalah kesatria yang berperan sebagai pahlawan atau pemimpin spiritual dan negarawan namun statusnya sebagai ksatria sulit disangka diduga. Sebelum beliau memimpin bangsa figurnya sulit terekspose oleh masyarakat umum, kecuali orang yang memiliki mata batin tinggi. SP tidak lain adalah Ratu Adil (RA). SP atau Ratu Adil adalah kesatria yang amat tersamar jati dirinya, maka disebut juga Satrio Piningit. Beliau TIDAK AKAN PERNAH MENGAKU (mengklaim) kepada khalayak apalagi mengekpose dirinya di depan publik sebagai Satrio Piningit atau Ratu Adil. Tetapi orang lain lah yang akan menjulukinya, karena seluruh karakter pribadi dan perjuangannya sesuai dengan misi sang Kalipatullah Paneteb Panatagama, Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu, Ratu Adil Herucakra, yang tanda-tandanya telah diungkapkan lebih dahulu dalam prediksi-prediksi kuno. Ratu Adil akan menjadi asuhan penasehat/pembimbing/dahyang para raja-raja besar dan pengasuh seluruh manusia Jawa yakni Sabdopalon dan Noyogenggong. Jadi konsep Sabdopalon-Noyogenggong, dengan Satrio Piningit atau Ratu Adil konsepnya berbeda, berdiri sendiri tetapi memiliki untaian atau rangkaian peranan yang sangat erat. Kehadiran mereka dikiaskan sebagai kepanjangan tangan Tuhan (kalifatullah), pemimpin (imam mahdi/messiah/ herucakra) yang bersifat universal meliputi seluruh agama, bangsa, suku, ras, golongan dalam upaya penyelamatan bumi khususnya bumi nusantara.

Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang konsep Sabdapalon-Noyogenggong. Tetapi akan mengupas makna dalam kiasan sastra kuno, tentang misteri SP atau RA dan kaitannya dengan Sabdapalon-Noyogenggong serta tanda-tanda zaman akan kehadirannya. Puji syukur kepada Tuhan YME, setelah melalui ‘laku’ spiritual yang sangat lama, Sabdalangit telah memperoleh sedikit sekali gambaran dan jawaban atas misteri besar tersebut.

Ratu Adil Berbeda figur dan person maupun konsep dibanding Sabdopalon-Noyogenggong. Ratu Adil juga memiliki konsep sendiri yang jelas. Ratu adalah sosok atau tokoh jenis kelamin perempuan yang menjadi ‘raja’ atau pemimpin, atau negarawan. Menjadi ‘ratu’ atas bangsa ini, dengan dasar sikap adil paramarta, hambeg lakutama, bèrbudhi bawaleksana, dikenal sebagai senjata trisula wedha) dan ‘pedang katresnan‘ sangat tajam berupa niat suci, dengan lautan kasih sayang. Bernaung di bawah payung kuning (kebenaran). Ratu adil berasal dari gunung srandil artinya puncak keprihatinan, topo broto, topo ngrame, loro wirang.

Berada di dalam kandungan/rahim ibu selama lebih dari telung podho (3 bait, maksudnya sewindu atau 8 tahun) untuk menggenapi tapa brata-nya. Jiwanya telah digembleng oleh para leluhur besar bumi nusantara. Ratu adil dari “tanah arab” (kebetulan KTP Islam) yang menegakkan ‘gama budi’.  Gama-budi bukan berarti secara harfiah adalah agama Budha, tetapi menjunjung tinggi budi pekerti luhur. (lihat; Betal Jemur Quraisin Adammakna/kitab Betal Jemur jilid 7). Kelak bumi nusantara akan adil, subur, makmur, menjadi ‘kiblat’ mercusuar dunia. Pada saatnya nanti masing-masing suku bangsa akan menghidupkan kembali nilai kearifan lokal (local wisdom) dan membuat hidup lagi budaya warisan leluhur bumi Nusantara yang pernah mengalami masa jayanya di masa silam. Perbedaan suku, ras, agama justru menjadi bahan untuk membakar semangat Bhineka Tunggal Ika, bersama-bersatu di atas ragam perbedaan, bermuara pada keutuhan dan kesatuan bangsa, di Bumi Nusantara.

Ciri-ciri Ratu Adil

  1. Ratu Adil: ratu memiliki makna seorang perempuan pemimpin nan cantik luar dalam, adil dan bijaksana sebagai pemimpin bumi nusantara menggapai kemakmuran, kesejahteraan,  ketenteraman dan kebahagiaan.
  2. Seorang yang memakai Nama Tua ; bukan berarti sebutan spt embah, ki, kyai, dst, melainkan nama tua yang sesungguhnya spt misalnya ‘Sekar Kedaton …..’
  3. Senjata Ratu Adil; Pedang sirulah/sir sejati atau (pedhang katresnan) rahsa sejati, senjata ratu adil antara lain berupa ‘pedang sangat tajam’ berupa niat suci dan lautan kasih sayang kepada sesama tanpa membedakan apa agamanya, suku bangsanya, ras dan golongannya.
  4. Di bawah payung kuning; payung kuning adalah lambang kemuliaan dan keluhuran budi pekerti. Juga bermakna keberanian yang berpijak pada suatu kebenaran universal.
  5. Lumuh bandha; walaupun Ratu Adil kelak merupakan sosok yang sukses ekonominya dan makmur, sejahtera, tetapi hidupnya tidak gila harta, justru dengan kekayaannya akan didermakan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan, sebab Ratu Adil gemar membantu orang-orang yang menderita, kesusahan dan kesulitan.
  6. Kalipatullah panetep panatagama; lahir di bumi nusantara untuk mengemban amanat Roh Jagad Agung (Hyang Jagadnata), sebagai pemimpin yang memberikan banyak pelajaran tentang makna hidup yang sejati. Untuk diimplementasikan di bumi (Nusantara. agar supaya manusia mampu memahami makna sejatinya dari agama. Pemahaman agama yang mendalam akan menumbuhkan rasa saling menghargai, bahu membahu, serta membantu seluruh umat beragama agar dapat memahami apa hakikat sesungguhnya agama itu sendiri, sehingga tidak ada lagi konflik antar agama, primordialisme, rasisme, sikap hipokrit. Minimal di bumi nusantara.
  7. Bayi calon Ratu adil dilahirkan oleh seorang ibu yg rambutnya sudah keluar uban, didampini dua bayi laki-laki yg  wajahnya tampan rupawan  sebagai saudara kembarnya. Bayi calon ratu adil lahir dari rahim ibu sekaligus kembar tiga (triplet), satu perempuan di tengah yang dua laki-laki sebagai kakak dan adik kembarnya. Kakak kandung Ratu Adil, sejak masih di dalam rahim ibu sudah terdapat tanda-tanda memiliki talenta luarbiasa dalam bidang medis, sedangkan adik kandung ratu adil, sejak masih di dalam rahim ibunya pula telah memiliki keajaiban super jenius yg kemampuan otaknya tidak bisa diukur. Kelak, sejak lahir ketiganya menjadi aset bangsa Indonesia yang akan mampu membawa kemakmuran dan keadilan seluruh rakyat.
  8. Ketiga bayi tersebut, sejak lahir (bahkan sejak dlm kandungan ibu) sudah bisa berkomunikasi dgn ibu dan bapaknya. Sebagai persiapannya menjadi aset besar bangsa dan calon penyelamat bumi nusantara, ketiganya digembleng sejak masih di dalam rahim ibunya tentang berbagai ilmu pengetahuan dan ilmu ‘linuwih’. Karenanya Ratu Adil sejak lahir sudah membawa talenta dan kemampuan luar biasa dalam hal ilmu agama, kesaktian, joyokawijayan, olah kanuragan (beladiri), kawaskitan lahir batin yg sangat tinggi, arif bijaksana, luhur budi pekertinya (sebagai warisan dari ibunya). Ratu adil memiliki keahlian dlm bidang tatanegara, politik, hingga kesenian misalnya beksa atau menari, seni tembang jawa, dan pandai pula dalam tataboga.

Sejak masih di dalam kandungan rahim ibu, badan halus dan sukmanya, sudah digembleng oleh para leluhur Ratugung Binatara, eyang-eyangnya sendiri dari kalangan priyayi dan bangsawan (garis keturunan dari sang ibu) yang dahulu menjadi Natapraja Ratu Gung Binatara. Dengan materi pelajaran meliputi ilmu kesaktian, kedigjayaan, tatanegara, hukum, politik, ekonomi, kesenian (menari dan tembang), memasak. Materi pelajarannya termasuk di antaranya serat Wulang Reh, Wulang Sunu, sejarah, berbagai macam suluk, kitab Wedhatama, Babad Centini, Pangreh Praja dan masih sekian banyak lagi kitab-kitab Jawa masa lampau. Keluhuran budi pekerti Ratu Adil diperoleh dari ibunya yang telah banyak sekali mengajarkan tentang keluhuran budi pekerti dan kebersihan hati sejak masih di dalam kandungan. Calon Ratu Adil juga mendapat bimbingan oleh para leluhur garis keturunan dari bapaknya yang dari kalangan rakyat biasa sekaligus  keturunan kyai, meliputi kesaktian, sipat kandel, diajarkan pula hakikat dari semua agama yang ada di bumi Nusantara. Sukma calon Ratu Adil, atas kehendak Tuhan YME, sudah dipersiapkan dan direstui oleh para leluhur besar bumi nusantara, termasuk para raja dan seluruh ratu/raja dari jagad gaib, di antaranya Kanjeng Ratu Kidul, Betara Kala, serta seluruh pembesar dari jagad maya di seluruh bumi nusantara memberikan doa dan memberikan restu kepada Calon Ratu Adil untuk kelak menyelamatkan dan memimpin bangsa ini menuju masa kejayaannya kembali.

PREDIKSI; mata batin RAHSA SEJATI

Untuk meminimalisir terjadinya berbagai kontroversi dan kesimpangsiuran, sejenak Saya mengulas tentang sejatinya Kanjeng Ratu Kidul. Beliau entitasnya sebagaimana manusia adalah tetap sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Beliau sangat religius, arif bijaksana, juga menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beliau bukan jin, bukan siluman, bukan sebangsa setan. Kanjeng Ratu Kidul adalah titisan dari bidadari yang diizinkan Tuhan menjadi ratu jagad maya pesisir selatan. Tuhan menciptakan entitas Ratu Kidul supaya menjadi bandul keseimbangan antara alam gaib dan alam nyata. Semestinya antara manusia dengan makhluk gaib, membangun sinergisme; dengan saling “silaturahmi”, menghargai, memiliki hubungan simbiosis mutual, serasi dan harmoni dalam bahu membahu menjaga alam semesta dari kerusakan. Manusia dengan makhluk gaib pada arasnya dapat saling melengkapi, saling mengisi kelemahan masing-masing. Tetapi manusia sering takabur, merasa sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna sehingga lebih suka menyia-nyiakan, menghina, aniaya, dan merendahkan, terhadap makhluk gaib (yang juga ciptaan Tuhan) secara pukul rata. Padahal kesempurnaan manusia hanya tergantung akalnya saja. Bila akal digunakan untuk mendukung kejahatan bukankah manusia tidak lebih mulia daripada binatang yang paling hina sekalipun.

Tidak seluruh makhluk gaib itu berkarakter jahat, seperti halnya manusia ada yang berkarakter jahat, suka mengganggu, tetapi ada yang berkarakter baik pula. Tetapi makhluk gaib terlanjur sering menjadi kambing hitam, oleh  manusia-manusia “jahat” agar dapat berkilah bahwa mereka melakukan kejahatan karena ulah “si setan”. Bukankah, manusia akan menjadi lebih bijaksana jika mengatakan bahwa manusia melakukan kejahatan karena menuruti hawa nafsunya (NAR/api/ke-aku-an) sendiri yang menjelma menjadi ’setan’. Pembaca yang budiman dapat saksikan sendiri, bilamana bulan suci tiba, setan-setan dibelenggu, tapi kenapa pada bulan puasa tetap saja banyak kasus korupsi, pembunuhan, maling, rampok, penggendam, penipuan, bahkan pernah saya melihat ada orang kesurupan, pernah pula melihat ‘penampakan’!? Mungkin manusia salah mengartikan, setan yang dibelenggu tidak lain adalah nafsu negatif kita sendiri. Dan yang membelenggu hawa nafsu negatif (NAR) tidak lain menjadi tugas kita sendiri, dengan borgol berujud jiwa yang suci (NUR) atau an nafsul mutmainah, dengan artikulasi akal dan budi pekerti yang luhur.

Berbeda dengan konsep Kanjeng Ratu Kidul, adalah Betara Kala disebut-sebut raja makhluk gaib dari ‘dunia kegelapan’. Sebutan itu muncul karena Betara Kala mencari korbannya yakni manusia. Tetapi seyogyanya jangan terburu-buru pada kesimpulan bahwa Betara Kala merupakan makhluk jahat dari dunia gaib yang ‘hitam’. Karakter ‘jahat’nya, karena Betara Kala hanya menjalankan titah atau kodrat Tuhan, sebagai eksekutor/algojo bagi orang-orang  yang melawan kodrat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan termasuk eksekutor bagi orang yang melanggar paugeran dan wewaler. Peranan Betara Kala sama halnya dengan Kanjeng Ratu Kidul sebagai penyeimbang antara jagad kecil dan jagad besar. Membangun sinergisme antara dunia manusia dengan dunia makhluk gaib. Jika manusia mempercayai peran-peran tersebut, manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari justru membangun sikap religius, kita menjadi lebih hati-hati dalam menjalankan roda kehidupan yang penuh “ranjau”. Manusia selalu menjaga diri dengan sikap eling lan waspada. Semakin banyak orang lupa diri; tidak eling waspada, suka melanggar wewaler,  maka cepat atau lambat Tuhan pasti memberikan azab, baik dalam bentuk bencana kemanusiaan maupun bencana alam di bumi nusantara.

Sekalipun saat ini semakin banyak orang-orang yang tampak sangat religius, mengaku sebagai pahlawan agama, jago ceramah, namun banyak pula di antara mereka yang sesungguhnya amat dangkal pengetahuannya, ilmunya sebatas “kulit”. Golongan ini tak menyadari jika sedang kekenyangan makan ‘kulit’(syari’at) saja. Selanjutnya muncul gejala semakin gencar manusia tampil sebagai pembela agama baik dengan menghalalkan cara-cara kekerasan maupun pedagog verbal. Semakin banyak jumlah orang-orang yang seolah-olah soleh-solehah, giat pergi ke tempat ibadah, tetapi semakin banyak pula mereka terbukti melakukan perbuatan keji, korupsi, selingkuh, merampok hak orang lain, memperkosa, mencuri, menipu, mencelakai orang, pagar makan tanaman. Tentusaja mereka melakukannya dengan kesadaran sambil mencari-cari dalil yang mengada-ada sebagai alasan pembenar. Kesalahan kecil dibesar-besarkan, namun jelas-jelas kejahatan besar tidak dihiraukan.

PERTANDA KEDATANGAN CALON SATRIA PININGIT

Jangkajayabaya; Sabda Gaib

Babon asli kagunganipun Dalem Bandara Pangeran Harya Suryanegara ing Ngayugyakarta

Sinom

Wirayat kanthi dahuru, lalakone jaman wuri, kang badhe Jumeneng Nata, amengku bawana jawi, kusuma trahing Narendra, kang sinung panggalih suci.

(Tanda-tanda dengan diawali munculnya huru-hara, kejadian zaman nanti, yang akan menjadi Pemimpin di tanah Jawa (Nusantara), seorang keturunan raja, yang memiliki hati suci.

Ing mangke karseng Hyang Agung, taksih sinengker marmaning, akeh ingkang katambuhan, mung kang para ulah batin, sinung weruh dening pangeran, iku kang saged mastani.

(Di saat nanti, sudah menjadi kehendak Tuhan Maha Agung, tetapi sekarang masih di dalam tabir rahasia Tuhan, banyak orang tidak mengetahui, hanya orang yang mau mengolah batinnya, diijinkan Tuhan mengetahui (sebelum terlaksana), itulah orang yang tiada diragukan lagi)

Dene wontene dahuru, sasampune hardi Mrapi, gung kobar saking dahara, sigar tengahira kadi lepen mili toya lahar, ngidul ngetan njog pasisir.

(Sedangkan munculnya huru-hara (ditandai) setelah Gunung Merapi berkobar hebat (meletus) oleh sebab adanya bencana (gempa bumi), (Merapi) terbelah tengahnya seperti sungai, mengalir di dalamnya air (hujan) membawa lahar dingin, arahnya ke tenggara, lahar dingin yang dibawa oleh air, hanyut hingga masuk ke laut selatan.

Keterangan: pertanda ini sudah terjadi pada tahun 2007 lalu.

Glacap Gunung yang bernama Gegerboyo Merapi (punggung buaya) kini tinggal kenangan

ini sebagai salah satu pertanda yang telah diprediksi ratusan tahun silam

gegerboyo

Myang amblese Glacapgunung, sarta ing Madura nagri, meh gathuk lan Surabaya, sabibaripun tumuli, wiwit dahuru lonlona, soyo lami soyo ndadi.

(Pertanda punggung G Merapi (populernya disebut punggung buaya atau geger boyo) amblas/longsor. Serta Surabaya dan Madura hampir bertemu daratan.

Keterangan: Geger boyo runtuh terjadi Mei-Juni tahun 2006 setelah terjadi gempa Jogja, disusul letusan Gunung Merapi yang dahsyat.

Pulau atau wilayah Surabaya-Madura hampir bertemu daratan, sudah terjadi karena jebolnya lumpur lapindo yang dibuang ke selat Madura. Penafsiran lainnya; jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan Madura atau jembatan Suramadu hampir selesai.

Temah peperangan agung, rurusuh mratah sabumi mungsuhe datan karuwan, polahe jalma keha sami, kadi gabah den interan, montang-manting rebut urip. Papati atumpuk undhung,desa-desa morat marit, kutha-kutha karusakan,

kraton kalih manggih kinkin, ing Sala kaleban toya, Ngayugyakarta Sumingkir.

(Setelah itu terjadi konflik besar, kerusuhan merata di seluruh bumi, penyebabnya tidak jelas, tingkah manusia sama saja, bagaikan gabah ditampi, kocar-kacir berebut hidup. Kematian massal terjadi di mana-mana, desa carut-marut, kota-kota banyak terjadi kerusakan, dua kerajaan (Jogja dan Solo) terjadi musibah, di Solo kerajaannya “terendam banjir”*. Yogyakarta tersingkir**.

Keterangan; *konflik antar pewaris tahta antara Hangabehi dengan Tejowulan,

**sementara Keraton Jogja tersingkir karena tidak mendapatkan anak laki-laki sebagai Pangeran Putra Mahkota calon pewaris tahta.

Saat ini sudah terjadi.

Ratunya murca sing Kraton, ngilang kalingan cecendis, sanget kasangsayanira, wus karsaning Hyang Widi, gaib ingkang kelampahan, kinarya buwana balik.

(Ratu/rajanya meninggalkan keraton, kemasyhurannya kalah dengan gaung keonaran para penghianat, semua itu sudah menjadi kehendak Tuhan, gaib yang terjadi, membuat keadaan zaman serba terbalik.

Jangka Jayabaya ; Catursabda

Pethikan seratan tangan

Kangge sambetan jangka triwikrama

Pameca wontening jaman dahuru, tuwin rawuhipun ratu adil panetep panatagama kalipatullah.

Pamecanipun sang prabu Jayabaya ing kadhiri. Kulup ingsun mangsit marang sira, yen ing tembe tanah Jawa wis kesingget-singget saenggon-enggon, desa-desa wus sigar mrapat, pasar-pasar ilang kumarane, kali ilang kedhunge, kereta tanpa turangga, lan ana satriya teka kang putih kulite, saka kulon pinangkane, nuli ana agama tatakonan padha agama.

(Mencermati terjadinya zaman kesengsaraan, hingga kedatangan Ratu Adil panetep panatagama, utusan Tuhan. Kewaskitaan Sang Prabu Jayabaya ing Kadhiri. Anak-anakku, ingsun berpesan (secara gaib) kepadamu, bilamana kelak tanah Jawa (nusantara)telah terpilah-pilah, pasar (tradisional) kehilangan gaungnya, sungai-sungai semakin surut airnya, kereta tanpa kuda, segera datanglah kesatria berkulit putih, dari barat asalnya, sejak itu terjadi perselisihan antar agama)

Apamaneh dhayoh mbagegake kang duwe omah, ana kebo nusu gudhel, endah-endah cacahing gendhing sekar kaendran, sanalika iku wong Jawa akeh kang tesmak bathok, sanajan mlorok ora ndelok, andheng-andheng dingklik,

lah ing kono kulup, ora suwe bakal katon alat-alate kang minangka dadi cacaloning Sang Ratu Adil panetep panata agama kalipatulah utusan kang ngemban dhawuhing Gusti, paribasane sumur marani timba, guru luru murid, prajurit ngunus pedang katresnan,

(apalagi (pertanda) tamu mempersilahkan tuan rumah, orang tua berguru pada yang muda, muncul beragamnya nyanyian dan musik yang populer, seketika itu pula banyak orang Jawa yang berkacamata tempurung (walaupun melotot, tetap tidak bisa melihat), tahi lalat di wajah (yang nyata ada pada diri sendiri tidak dapat diketahuinya), nah di situlah anakku, tidak lama lagi akan mulai tampak tanda-tandanya siapa yang akan menjadi calon Ratu Adil, utusan yang mengemban perintah Tuhan, diumpamakan sumur mendatangi timba, guru berburu murid, prajurit menghunus pedang kasih sayang)

nanging akeh wong-wong kang padha mangkelake atine, nyumpelake kupinge, ngeremake matane.

(tetapi banyak orang-orang yang membuat kesal hati, mentulikan telinganya, dan menutup mata (tidak peduli).

Nanging sapiro anane wong kang melek, padha ngrungu lan padha anggarubyung tut wuri lakune cacala mau mesthi slamet.

(tetapi seberapapun adanya orang yang peduli, mau mendengar, dan mengikuti jejak langkah Ratu Adil, maka mereka pasti selamat hidupnya)

…….awit sadurunge ratu adil rawuh, ing tanah Jawa ana setan mindha manungsa rewa-rewa anggawa agama, dhudhukuh ing glasah wangi, dadine manungsa banjur padha salin tatane, satemah ana ilang papadhange, awit padha ninggal sarengate, dadi kapiran wiwit timur mula.

(….sebab sebelum RA datang, di tanah Jawa (nusantara) muncul “setan” berlagak manusia “berbulu” lebat mengaku pembela agama, menetap di “glasah wangi” menjadikan manusia berganti tatanan, menyebabkan datangnya kegelapan, karena orang-orang meninggalkan tradisinya, lalai sejak masih muda)

Mulane wekas ingsun marang sira, sira kang ngati-ati, krana  gusti sang ratu adil, lagi tapa mungsang ana sapucuking gunung sarandhil,

(Maka pesanku pada kalian, kalian harus berhati-hati, karena gusti sang Ratu Adil baru melakukan penempaan diri dalam ‘pertapaan’nya)

mung gagamane bae golekana kongsi katemu, awit ing tembe bakal ana jumeneng ratu kang padha baguse, padha pangagemane lan iya padha paraupane, lah ing kono para wong-wong padha pakewuh pamulihane, satemah padha bingung,

(..hanya saja, carilah “senjata”nya (RA) sampai ketemu (budi pekerti luhur), sebab kelak bakal ada berdiri ratu yang sama cakapnya, sama pakaiannya dan juga sama wajahnya, nah di situlah orang-orang akan merasa malu sendiri, sebagian yang lain kebingungan (ket: karena orang yang sangka calon SP ternyata bukan).

Keterangan; Cermatilah ciri-ciri Ratu Adil sejati, karena ada yang seolah dianggap sebagai Ratu Adil, padahal ia palsu. Maka banyak orang yang menyangka, lantas menjadi malu dan bingung telah salah sangka.

…nanging luwih beja wong kang wis mangerti kang dadi pangerane, mulane sira kulup, dipoma aja nganti lali marang tetengering sang ratu Adil panetep panata gama.

(…tetapi lebih beruntung orang yang sudah mengerti siapa yang menjadi pemimpin dan panutannya, makanya kalian semua jangan sampai lupa akan ciri-khas atau tanda khusus siapa sang Ratu Adil panetep panata gama).

Dene sira wis ketemu aja nganti sira katilapan, tutu buriya ing satindake lan embunan tumetesing banyu janjam, mesthi slameta langgeng ing salawas-lawas…mung iki piweling ingsun marang sira kulup, poma den estokna.

(jika kalian sudah bertemu (calon SP), jangan sampai kalian terlena, ikutilah jejak langkahnya, pasti selamat, abadi selamanya…hanya ini pesan ku kepada kalian semua, maka patuhilah)

Jangka Jayabaya, pethikan serat tangan

Bilih sampun wonten tandha-tandha ingkang sampun celak rawuhipun calon Ratu Adil;

(Tanda-tanda kehadiran Ratu Adil sudah dekat:

Padha kaping 1

Besuk ing jaman akhir, sawise jaman hadi, ratu Adil Imam mahdi saka tanah Arab meh rawuh, tengarane tatanduran suda pametune, para pandhita kurang sabare, ratu kurang adile, wong wadon ilang wirange, akeh wong padu lan padha goroh, akeh wong cilik dadi priyayi, wong ngelmu kurang lakune lan nganeh-anehi.

(Kelak, pada saat Ratu Adil “imam mahdi” (pemimpin umat manusia) “dari tanah arab” (semacam kiasan: orang asli Indonesia tetapi kebetulan beragama Islam) sudah hampir tiba waktunya, tanda-tandanya adalah; tanaman berkurang hasilnya, para pemuka agama kehilangan watak sabarnya, pemimpin kurang rasa keadilannya, perempuan kehilangan rasa malu, banyak orang bertengkar dan berbohong, banyak orang kecil menjadi priyayi, orang berilmu kurang pengamalannya dan tindak-tanduknya janggal/aneh.

Dene yen rawuhe ratu Adil wis cedhak banget, ana tengarane maneh:

Tanda-tanda jika datangnya Ratu Adil sudah dekat sekali;

1) yen sasi sura ana tundhan dhemit.

(bulan sura ini terjadi pada sekitar Januari-Februari 2007, sebagai bulan sura duraka, di tahun kalabendu; maka banyak musibah dan kecelakaan mengerikan baik di udara, darat, laut (kereta, pesawat, kapal laut, bus, kendaraan)

2) srengenge salah mangsa mletheke.

(awal 2007 matahari terbit setelah jam 06.00 wib; seharusnya terbit mulai jam 05.30 wib)

3) rembulan ireng rupane

(dibarengi dengan kejadian gerhana bulan berturut-turut selama tiga hari, di tiga lokasi wilayah nusantara).

4) banyu abang rupane.

(awal bulan februari 2007 hampir diseluruh  wilayah Indonesia terjadi banjir, airnya keruh berwarna coklat kemerahan, lamanya sekitar 3-5 hari)

Tengara iki telung dina lawase, yen wis ana tengara mangkono, kabeh wong bakal ditakoni, sing ora bisa mangsuli bakal dadi pakane dhemit, sebab ratu adil mau rawuhe anggawa bala jim, setan lan seluman pirang-pirang tanpa wilangan.

(tengara ini 3 hari lamanya, bila sudah terdapat tengara itu, mulai memasuki zaman di mana semua orang akan ditanyai, yang tidak bisa menjawab bakal menjadi makanan makhluk halus, sebab ratu Adil kedatangannya membawa berjuta malaikat, jin dan makhluk halus (siluman) banyak tak terhitung.

Keterangan; semua orang “ditanyai”; dalam arti disodorkan dua pilihan, ingin jalan yang baik dengan mengikuti langkah RA atau memilih jalan kegelapan dengan menentang RA. Yang tidak bisa menjawab, berarti termasuk orang-orang menentang kedatangan RA utusan Tuhan. RA dibimbing dan dituntun (jangkung dan jampangi) berjuta leluhur bumi nusantara (mayuta malekat), sedangkan orang-orang yang melawan RA akan mendapatkan celaka sebagai hukuman tuhan.

Padha kaping 2

Dene pitakone lan wangsulane mangkene;

(Pertanyaan dan jawabannya sebagai berikut)

asalmu saka ngendi = saking kodratulah,

yen bali apa sangumu = sahadat iman tokid makripat islam,

apa kowe weruh aranku = Gusti Ratu Adil Idayatullah,

apa agamamu = sabar darana,

apa kowe weruh bapakku = Gusti ratu adil Idayat Sengara,

apa kowe weruh ing ngendi panggonanku dilairake = Kalahirake Hyang Wuhud wonten sangandhaping cemara pethak.

Keterangan: ratu adil imam mahdi dari tanah arab maksudnya, pemimpin umat manusia di bumi nusantara yang bersifat universal, kebetulan sebagai pemeluk Islam. “berbaju” Islam tetapi memperoleh “makrifat” seluruh agama di bumi.

Dari mana asalmu ? Jawab; atas kehendak Gusti Hyang Jagadnata. Ratu adil lahir di bumi nusantara,  sudah menjadi kehendak Tuhan. Jika ‘pulang’ mempertanggungjawabkan tugas manusia sebagai utusan Tuhan, bekalnya adalah ikrar janji dan menepati janjinya, sebagai manusia yang menggapai makrifat. Kesaksian bahwa Ratu Adil membawa amanat bagi kebahagiaan seluruh rakyat melalui ilmu makrifat yang  universal melampaui semua agama, suku, ras, golongan.

Apa kamu tahu namaku? Jawab; gusti Ratu Adil pembawa petunjuk dari Tuhan.

Apa agamamu? Jawab; kesabaran yang seluas samudera.

Apa kamu tahu bapakku? Jawab; gusti Ratu Adil Idayah Sengara, orang selalu mengutamakan keadilan dan keluhuran budi pekerti, dan hidupnya berada selalu dalam ‘laku prihatin’.

Apa kamu tahu dimana aku dilahirkan? Jawab; Dilahirkan oleh Hyang Wuhud, di bawahnya pohon cemara putih.

Maknanya; dilahirkan oleh seorang ibu yang berbudi pekerti amat luhur, suci hatinya, bersih lahir batinnya, cerdas pikirannya. Lahir di bawah (pohon) cemara putih, artinya RA dilahirkan dari rahim seorang ibu yang rambutnya sudah mempunyai uban, atau seorang ibu (yang secara teori), sudah tak mungkin bisa melahirkan anak.

Jangka Jayabaya

Salebare Raja Kuning

Babon asli kagungan Dalem

Bandara Pangeran Harya Suryawijaya

ing Ngayugyakarta

padha kaping 16

Ana ratu kinuya-kuya, mungsuhe njaba njero, ibarate endhog ngapit sela, gampang pecahe, nanging rineksa Hyang Suksma, mungsuhe kaweleh-weleh,

(ada ratu yang teraniaya, musuhnya luar dalam, ibarat telur terhimpit batu, mudah pecah, tetapi selalu dijaga keselamatannya oleh Tuhan, sehingga musuhnya menanggung malu sendiri)

ratu mau banget teguhe kinuya-kuya ora rinasa, malah weh suka raharja, kaesa mbelani negara sigar semangka, ambeg utama tan duwe pamrih, mung netepi kasatriyane, tambal bandha mau, mung ngengeti kawukane,

(ratu tadi sangat tabah teraniaya tidak dirasakannya, sebaliknya memberikan kesejahteraan kepada yang menganiaya, demi membela negara secara adil seperti membelah semangka, budi pekertinya yang sungguh mulia tidak memiliki pamrih, hanya memenuhi tanggungjawabnya sebagai kesatria (kodratulah), bersedia mengeluarkan hartanya karena ingat sejatinya tugas dan tanggungjawab manusia lahir ke dunia (sangkan paraning dumadi).

ratu mau putrane mbok randha kasiyan, kawelas arsa wit timur mial, sinuyudan mring pra kawula,

(ratu tadi putranya ibu yang (lama) menjanda dan selalu prihatin dan teraniaya, namun penuh belas kasih sejak usia muda, sehingga sangat disayangi dan hormati oleh banyak orang)

ratu mau ijih sinengker Hyang Widhi, mapan samadyaning rananggana, sajroning babaya, minangka tapa bratane, kesampar kesandhung nora kawruhan, kajaba wong kang wis kabuka rasane, meruhi mas tulen lan kang palsu, ing kono katon banyu sinaring, wong becik ketitik ala ketara, wong palsu mecucu.

(ratu tadi masih disembunyikan oleh Tuhan, bertempat di dalam wahana rahasia Tuhan, di antara berbagai marabahaya, sebagai wujud tapa brata-nya, dianggap remeh dan tidak disangka oleh banyak orang, kecuali orang yang sudah terbuka rasanya, mampu mengetahui mana emas tulen dengan yang palsu, kebenaran ibarat air yang tersaring, orang baik akan tampak baiknya, orang jahat akan  terlihat jahatnya)

Begjane wong sing padha eling, cilakane kang padha lali. Sing sapa krasa lan rumangsa, bakal antuk kamulyan lan karaharjan.

(beruntung bagi orang yang selalu ingat, celaka bagi yang lupa diri. Barang siapa yang dapat mawas diri, tahu diri, bakal mendapatkan kemuliaan dan kebahagiaan)

pada kaping 17

nuli ana ratu kembaran atismak bathok,

(kemudian ada ratu yang lahir bersama-sama saudara kembarnya,(atismak bathok = senajan melorok ora ndelok artinya walaupun orang bertatapan atau bertemu langsung, tetapi tidak menyadari bahwa dialah sesungguhnya calon RA dan saudara-saudara kembarnya)

dhepe-dhepe marang wong pidak pedarakan,

(Menjadi anak yang berlindung kepada bapaknya dari kalangan rakyat biasa)

nagara dadi siji, pinilih endi kang asih

(negara bersatu dalam kesatuan, akan terseleksi siapa yang mencintai negara)

pada kaping 19

ahire Pangeran anitahake, ratu adil imam mahdi, iya putrane mbok randha kasiyan, kang kesampar kesandhung, durung kinawruhan, ijih sinengker Hyang Widhi.

(akhirnya Tuhan mengutus, ratu adil imam mahdi, yakni putranya “mbok randa kasiyan” yang terlunta, belum terungkap jati dirinya, masih dirahasiakan Tuhan)

Keterangan: akhirnya Tuhan mencipta dan mengutus ratu adil sebagai pemimpin yang membawa amanat untuk membenahi kerusakan dahsyat bumi nusantara akibat bencana kemanusian dan bencana alam,

Ia adalah putrinya seorang ibu yang hidupnya selalu dalam lara lapa (penderitaan batin) tetapi banyak dikasihi orang dan menjadi tempat berlindung orang-orang yang lemah dan menderita. Seorang ibu yang hidup lama menyendiri seperti ‘menjanda’ karena perjuangan hidupnya sebagai single parrent dan single fighter, dalam kurun waktu lama puluhan tahun, kemudian bertemu laki-laki yang menjadi jodoh sejatinya (garwa), juga calon ayah sang ratu adil. Tetapi di mana mereka sekarang tidak banyak diketahui orang keberadaanya, karena masih tengah ‘menyamar’, dan dalam ‘persembunyian’ di dalam perlindungan Tuhan.

Hanya orang-orang yang beruntung, juga orang-orang linuwih yang memiliki kawaskitan sangat tinggi yang dapat mengetahui sejatinya siapa ‘mbok rondo kasiyan’, bapaknya, dan calon ratu adil, dan di mana keberadaannya pada saat ini.

pada kaping 20

Ratu iku asikep mbelani bangsa tansah ana samadyaning ranggana, nanging setengah ijih dadi buburon, marga dicurigani dening jaba jero,

luwih-luwih para pidak pedarakan sebab yen iku katon bakal mbabarake sakehing lalakon kang oran bener,

temah ora bisa kakeeh utawa aji mumpung, Karsa Gusti Kang Akarya Jagad wus cedak titimangsane,

arep binabar kanggo mlerat sakehing piala kang rumangsuk samungsa Jawa.

Babare (lahirnya) ratu iki mawa gara-gara sindhung riwut karawati ngakaka,

kilat thatit liliweran bledeg ngampar-ampar, kasusul panjebluging gunung Tidhar,

sasideming gara-gara, ing jagad padhang sumilak, pangeran paring pangapura, kang pepulasan melecet pulase, katon sawantahe, kang emas katon emas, kang timah katon timah, satriyo katon satriyo, kere katon kere, kang ala ketara, kang becik ketitik, kang salah seleh, rawe-rawe rantas, malang-malang putung.

Ratu mau ambleg utama, lumuh bandha, dahare mung sajung, marga saking welas asih mring kawula.

Julukane imam mahdi iya Kalana jayeng palugon, akedhaton ing grjiwati, tengah-tengahing bumi Mataram,

saiki kasangsaya lagi tarakbrata anglindhung mring pra kawula, entenana den saranta kalayan madhep Hyang Suksma.

Dene rawuhe Ratu Adil iku saka lor kulon, mulih mring pakuwone, ing kono mulyaning Nungsa Jawa, harja Kreta tan ana sakara-kara.

Mohon maaf; Silahkan anda telaah sendiri!

Kapan lahirnya calon ratu adil dapat dipahami dari tanda-tanda kehadiran kembali Sabdapalon-Noyogenggong. Sebab tugas Sabdapalon-Nayagenggong kembali hadir di bumi nusantara adalah dalam rangka mendampingi dan momong sejak Ratu Adil lahir dari rahim ibunya. Jika dilihat  tanda-tandanya maka pada saat ini sudah dekat kelahiran sang ratu adil;

Jangka Jayabaya

Sabda Gaib

KPH Suryanegara ing Ngayugyakarta

SINOM

1. Sesotyaning tanah Jawa. Oncat embananeki, owahing kang tata cara, golongan patang prakawis, aluluh dadi siji angrasuk kasudranipun, nagara tanpa tata, mung ngluru kasil pribadi, tingalira tumuju salak rukma.

2. Kusuma taruna tama, mbeg suci ngupala wening, linawuran dening Gusti Sang Jagadnata wus mantun denya piningit, kinen anyapih sami, kang samya gung perang pupuh, lan nyirnaken durmala, mamalaning Nungsa Jawi, gya tumindak nglakoni pakoning Gusti Sang Jagadnata.

3. Ngrabaseng prang mung priyangga, prasasat tan ngadu jalmi prajurite mung sirolah (baca;sirullah), tutunggaleng langgeng eling, parandene kang san ara mangsah kabarubuh, duhaka tutumpesan, tan lami pan sirep sami, ginantyaning ing jaman kreta raharja.

4. Pan wus ilang malaningrat, sinalin tulusing becik, lire murah sandang tedha, durwiala, dursila enting, enak atine sami, wong Jawa sadayanipun, sawusnya tentram samya, neng gih Sang Satriya Suci, pan jinunjung wong ngakathah madeg nata.

5. Ambawani tanah Jawa, julukira Narpati, Kanjeng Sultan Herucakra, ugi kangjeng Ratu Adil, kawentar asmaneki, tekeng tanah Sabrang kemput, tuhu musthikeng jana, nyata kekasihing Widhi, mila tansah pinuji mring wong sajagad.

6. Duh sanggyaning sanakingwang, mangga sami den titeni, dora tanapi temenya, ujare wirayat gaib, mugi saget netesi, yeku pitulungan agung, nging kedah sawi srana, sranane tobat mring Widhi, tobatira mung suci manah raharja.

7. Wirayat gaib kang weca, yekti nora cidra pasti, rawuhaw Sri Herucakra, lamun para pamugari, kang ngasta pusaraning, Tanah Jawa sami emut, marang para kawula, nanging yen katungkul sami salah wengweng rerebatan mas salaka.

8. Yen mangkono pasti gila, Herucakra Ratu Adil, nora teka malah lunga, sarwi nabda nyupatani, dhuh Gusti mugi-mugi, maringi enget pukulan, mring pra manggaleng praja, suci jujur eka kapti, yen mangkono Ratu Adil enggal prapta.

Jangka Jayabaya ‘Sabdapalon’

Babon asli Kagungan Dalem

Bandara Pangeran Harya Suryanegara

ing Ngayugyakarta

Sinom

pada kaping 5

…….pratanda tembayan mami, Hardi Merapi yen wus njeblug mili lahar

(…pertanda kadatanganku, Gunung Merapi bila telah meletus keluar lahar)

pada kaping 6

ngidul ngetan purug ira, ngganda banger ingkang warih, manggih punika medal kula, wus nyebar gama budi, Merapi jangji mami, anggereng jagad satuhun Rarsanireng jawata, sadaya gilir gumanti, mboten kenging kalamunta kaewahan.

(ke tenggara arahnya, berbau busuk airnya, itulah tanda kedatanganku, sudah mulai menyebar ajaran budi pekerti luhur, Merapi adalah janjiku, bumi bergemuruh menjadi hukuman Tuhan, semua bergilir silih berganti, tidak dapat dipungkiri dan dirubah lagi)

Keterangan: Tahun 2007 merapi sudah meletus ke arah tenggara (selatan-timur) yakni ke arah kali Kuning, laharnya menimbun sungai terbawa air hujan menyusuri sungai tanggung (tidak besar tidak kecil), memisahkan tanah antara Kraton Yogya dan Solo, dan di pertengahan 2007 lahar dingin merapi telah sampai di pesisir selatan masuk kedalam lautan. Peristiwa ini baru terjadi sekali pada tahun 2007.

Kawah Gunung Merapi
Saat meletus dahsyat 7 Juni 2006 atau seminggu setelah gempa Jogja. Tampak kawah sudah jebol ke arah tenggara. Baru kali ini terjadi fenomena seperti itu. (+- 500 tahun setelah Sabdapalon Nayagenggong muksa)

merapi4

Ngidul Ngetan (Tenggara) purug ira

dadi kali Tanggung nami

merapi5

Jangka Jayabaya,

Pethikan Serat Tangan

Pangkur

1. Sekar pangkur ginupito, wonten resi saking ing ngatas angin, ngajawi njujug ing gunung, kondhang tanah Ngayugya, asung weca yen hardi Merapi njeblug, benjing pecah hardi sigal, dadi kali Tanggung nami

(Tembang pangkur berkumandang, ada lah resi turun dari atas angin, keluar menuju ke gunung, sehingga tersohor tanah Jogjakarta, memberi tanda bahwa gunung Merapi meletus, besok akan terbelah gunungnya, kemudian menjadi sungai Tanggung (baca; sungai sedang)namanya.

2. Ngayugyakarta kalawan Sala, dadya pisah datan atunggal siti, sinela kali Tanggung, ilining ponang tirta, langkung banter anjog ing seganten kidul, para dhemit gegeran, wadyane sang Ratu Dewi

3. Jeng Ratu Kidul punika, lan para dhemit darat amor lan jalmi, sarengan lindu ping pitu, obah bumi prakempa, gara-gara gonjang-ganjing agumuruh, gunung kendheng lorot gempal udan awu wah kerikil.

(nomer 2&3: Jogjakarta dan Solo, menjadi pisah daratan, dipisah oleh sungau Tanggung, mengalirnya air lebih kencang memasuki laut selatan, sehingga membuat para makhluk halus geger, yakni rakyatnya sang Ratu Dewi Kanjeng Ratu Kidul, dan para makhluk halus pergi ke daratan bercampur aduk dengan manusia, bersamaan dengan terjadinya gempa sehari tujuh kali, bumi berguncang, gogo-goro gonjang ganjing bergemuruh di mana-mana, gunung merapi longsor, hujan abu dan kerikil)

Keterangan: menunjuk peristiwa 13 Mei dan 27 Mei 2006 di Yogyakarta.

4. Caleret tahun ngregancang, kilat tathit kukuwung obar-abir, rakarta pindahipun, tan kenging yen dinuwa, apen sampun pepesthi nira Hyang Agung, yeku negri Surakarta, karatone benjing angadeg

5. Kacrita wonten bengawan, pan ing wara ketangga manggih mukti, suli wirayat wau, longsor pecahing harga, ingkang tirta amili awor lan lendhut, lan rawa pening Bahrawa, mubal geni keh jalma

(…(geger boyo/glacap gunung Merapi) longsor karena pecahnya gunung (Merapi), muncul air yang mengalir bercampur lumpur, dan Rawapening di Ambarawa berkobar api,

6. Sinareng ing tanah Jawa, nuli wonten penyakit andhatengi, lamon triwulan iku, satanah Jawa wrata, pra kawula sami giris manahipun, kataman bebenduning Hyang, nyarengi mangsa paceklik.

(bersamaan di tanah Jawa, muncul berbagai macam penyakit, dalam tiga bulan itu, tanah Jawa rata, orang-orang kecil sangat ketakutan, terkena hukuman Tuhan, bersamaan dengan musim paceklik)

7. Jumenengira Narendra, kalamrecu candrane srinarpati, kalasesatihipun, ngalamat praja rengka, nagri pindah akathah bot reipun, kawulane saya ndadra, ing prakarti kan tan yukti

8. Kawastanan jaman edan, kathah jaman nglampahi sungsang balik taman ing kalabendu, mukarda ngambra-ambra para ambleg sarjan kontit kasingkur, kasor hardaning angkara murka candhalaning.

(Disebut sebagai zaman edan, zaman yang serba terbalik, terkena hukuman Tuhan,

9. Wong agung reren mbehahak, marang raja branartane wong cilik, lang tabete budyayu, kisruh adiling praja, pra kawula sami andhang pakewuh, wuwuh-wuwuh tanpa mendha, pinupu pajeg mas picis

10. Kathah solahing kawula, kukumpulan arsa ngupaya budi, nanging tawur-tawur tinalen ing pepacak, dening praja ingkang ngasta kum apus, kang tan welas mring kawula, ratu nakoda mbeg juti

11. Puniku pinanggihira, nanging wuri badhe atimbul malih, angsa tulung Hyang Agung, wangsul wahyu nurbuwat, tanah Jawa pulih di duk rumuhun, Majapahit du ing kina, nagri mandhiri pribadi.

(Ini pendapatku, tetapi kelak akan muncul lagi, sudah menjadi kehendak Illahi, kembalinya wahyu nurbuat, nusantara kembali seperti zaman dahulu, seperti waktu kejayaan Majapahit, negeri yang mandiri secara pribadi.

12. Gemah ripah harja kreta, tata tentrem ing salami-lami, ilang kang samya laku dur, murah sandang lan boga, kang hamangkuasih mring kawulanipun, lumintu salining dana, sahasta pajeg saripis.

(kemakmuran melimpah ruah, langgeng, tertib tenteram selamanya, hilang lah kedurjanaan, murah sandang pangan, pemimpin yang penuh tanggungjawab dan kasih sayang kepada rakyatnya, selalu tidak kekurangan uang, ibaratnya tanah satu hektar pajaknya satu rupiah.

13. Siti sajung mung sareal, tanpa ubarampe sanese malih, antinen bae meh rawuh, mulyaning tanah Jawa, awit saking tan karegon liyanipun, nakoda wus tan kuwasa, pulih asal mung gagrami.

Kelak, tanah yang sangat luas pajaknya hanya satu real, tidak ada tambahan pajak lainnya, tunggulah saja (Ratu Adil)hampir tiba saatnya kemuliaan untuk nusantara,

Piweling (Peringatan)

Nuli ana janget ing ngatelon, nalika iku Jawa kari separo, walanda kari loro, sedulur ilang kangene, wong lanang ninggal lanange, wong wadhon ilang wirange, saenggon-enggon akeh ratu apung gawane pating belasak, wong nonoman akeh kang dadi mantri Bupati lan punggawane.

…kelak di kemudian hari, Jawa tinggal separo, belanda tinggal dua, saudara kehilangan rasa rindunya, laki-laki meninggalkan sifat kelelakiannya, perempuan tidak punya rasa malu lagi, di mana-mana banyak ditemukan pemimpin palsu, kerjaannya tidak karuan, anak muda-mudi banyak yang menjadi pejabat.

Sajabane tanah Jawa ana perang gedhe, saenggon-enggon ana pailan, pageblug, rupa-rupa sangsarane, bebaya warna-warna, wong-wong padha mangan watu, mangan wedhi, omben-omben peresan blonthong, wong wadhon akeh kang kolu endhonge dhewe, amarga saka rusuhe wong lanang wadon akeh kang ketaman lelara bubrah paribasane jaman edan, yen ora ngedan samar yen ora keduman, mangkono wong kang ora duwe iman.

Di luar Jawa ada peperangan (konflik) besar, di mana-mana terjadi kejahatan dan pembunuhan, beraneka ragam kesengsaraan dan marabahaya, orang-orang pada makan batu, makan pasir, minum tirisan busuk, perempuan tega makan rahimnya sendiri, sebab saking rusuhnya laki-laki perempuan banyak terserang penyakit rusak, ibaratnya zaman gila, jika tidak ikut gila maka tidak akan kebagian, tetapi yang seperti itu orang tidak memiliki iman.

Nanging piweling ingsun, diawas dieling, jejegna imanira, turuten gustinira ratu adil panetep panata gama. Golekana gegamane sing nganti ketemu, turuten dalane, ngetutburia saparane, lumebuwa oparibasaning wadya balane, ora suwe bakal katon tanda tandhane rawuhing ratunira ngagem kamulyan gedhe, rawuhe liar kilat kairingake bala “malekat” mayuta-yuta cacahe, ngadeg payunge kuning, tegese bang-bang wetan karepe, wus ndungkap paletheking papadhang.

Tetapi pesanku, waspadalah dan ingatlah, tegakkan iman mu, jadilah pengikut Ratu Adil penegak kebenaran. Carilah ‘senjatanya’ (trisula wedha; tentang budi pekerti luhur) sampai ketemu, ikuti jalannya kemanapun perginya, jadilah, ibaratnya sebagai pasukannya Ratu Adil, tidak lama akan tampak tanda tanda datangnya ratumu yang mendapat kemuliaan agung, datangnya tiba-tiba secepat kilat, diiringi berjuta-juta “malaikat” (berjuta leluhur bumi nusantara), berdiri dengan payung kuning (kebenaran sejati), maknanya ‘bang-bang’ timur keinginannya (gerakan dari wilayah timur nusantara), maka terbitlah sinar yang terang.

Umbul-umbule alaras bendera pare anom, yaiku tandhane pangeran pati, denen titihane jaran napas, cumathine penjalin tinggal, jemparinge tekad suci kang mingis-mingis pucuke, mubyar-mubyar pamore, kakedher kendhenge, membat-membat gandhewane, lang ilang nalika iku kulup, kocapo ing kono banjur ana perang kang luwih gedhe, marga saka gedhene, gandarwa, thethekan, ilu-ilu, banaspati, sakehing iblis, jajalanat kabeh, padha buyar sar-saran padha ngungsi, saenggon-enggon mamangan wong padha ora sumurup marang ratu adil panata gama.

…umbul-umbul ditingkahi ‘bendera pare anom’ itulah pertanda pangeran pati, tunggangannya kuda nafas, cambuknya tunggak rotan, membawa panah berupa tekad suci yang sangat tajam ujungnya, sangat elok kharismanya, sangat berwibawa wajahnya, lengannya rampng tetapi amat kokoh, …

…ada perang yang lebih besar, saking besarnya, makhluk halus genderuwo, hantu, jin, berbagai macam iblis laknat, semua buyar lari tunggang langgang menyingkir, di sembarang tempat makan korban orang-orang yang tidak peduli dan tidak mengerti kepada Ratu Adil petunjuk kebenaran.

……………………………..ora antara lawas tumuli rawuh (ratu adil) jumeneng angratoni jagad rating kono, sawah sajung pajege mung sedinar, denen panggaweyan negara bakal padha ora anan, awit wong akeh kaperdi sembahyang marang Gusti Hyang Widhi bae. sarta memuji saben dina tanpa kendat.

…tidak berapa lama segera datang Ratu Adil duduk menjadi pemimpin dan suri tauladan di wilayah tersebut, sehingga menjadi makmur diibaratkan sawah yang sangat luas pajaknya sangat kecil, diibaratkan tidak ada lagi yang harus dilakukan negara, sebab saking adil makmurnya nusantara, ibaratnya kegiatan orang-orang tinggal terfokus untuk sembahyang kepada Tuhan saja, serta memanjatkan puji-pujian tanpa henti.

…………………………….iku kang ambuka agama kang samar-samar nanging sira do awas den eling, awit sadurunge ratu adil rawuh, ing tanah Jawa ana setan mindha menungsa rewa-rewa anggawa agama, dudukuh ana ing glasah wangi, dadine manungsa banjur padha salin tatane, satemah ana ilang papadhange, awit padha ninggal sarengate, dadi kapiran wiwit cilik mula.

…itu yang membuka mata hati manusia yang memaknai agama secara tidak karuan, tetapi kalian harus waspada dan selalu ingat, sebab sebelum Ratu Adil datang, di tanah Jawa ada setan berkedok manusia berbulu lebat seolah sebagai penegak agama, bertempat tinggal di ‘glasah wangi’, sehingga mengakibatkan manusia berganti tatanan, berakibat hilangnya petunjuk dan tatakrama kehidupan, sebab banyak orang meninggalkan syariat (sebelumya), sehingga menjadi terlantar hidupnya sejak kecil.

Keterangan; menungsa rewa-rewa anggawa agama maksudnya manusia dengan wajah penuh ditumbuhi bulu-bulu menyeramkan yang (mengaku-aku) sebagai penegak dan pembela agama. Tetapi perilakunya justru sebaliknya tidak simpatik, tidak tampak aura kasih sayang sesama manusia, dapat diumpamakan menyerupai karakter ‘setan’ yang membawa kerusakan di mana-mana, kerusakan baik lahir/fisik maupun kerusakan batin (fanatisme), pikiran (irrasional, egois (negative thinking) dan kerusakan hati, menjadi penuh dengan kedengkian dan nafsu angkara murka.

Wirayat Gaib;

Sastrajendra Hayuning-Rat (ilmu linuwih, ilmu tertinggi, sumber dari segala ilmu). Ilmu yang dapat dicapai siapapun, yang dapat menyatukan hakikatnya sebagai mahluk Tuhan dengan dzat Sang Khaliq.  Sastrajendra adalah Makrifat dari Tuhan yang kita peroleh setelah berhasil ‘manunggal ing kawula-gusti’.

Jika Gusti Sang Jagadnata sudah menghendaki, kelak akan lahir pada pertengahan atau akhir tahun tinarbuka, pada saat Nusantara dipimpin oleh seorang Satria Pambukaning Gapura), bila mana adalah seorang ibu yang rambutnya telah beruban tetapi melahirkan bayi triplet, dua laki-laki, dan satu perempuan. Bayi perempuan lahir dengan tangan kanannya menggenggam keris kecil (jawa;cundrik), tangan kiri menggenggam berlian, mungkin telah tiba saatnya, bagi beliau calon Ratu Adil imam mahdi menjadi pusaraning adil uga kamukten (mukti). Ibunya dari keturunan raja-raja besar sakti mandraguna, dan ayahnya tan kena kinira, tak ubahnya wong cilik. Calon RA akan lahir di tengah bumi Mataram, mungkin berada di sekitar wilayah keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kelak pada saat kelahiran calon RA akan diiringi aktivitas vulkanik gunung-gunung berapi yang serempak menyemburkan isi bumi, gempa bumi menghentak mengguncang bumi Nusantara, air laut pasang menghantam daratan, bukit kecil Tidar di kota Magelang sebagai pusat gravitasi pulau Jawa (puser bumi) mengejutan masyarakat dengan aktivitas-anehnya mengeluarkan semburan dari dalam bumi, berbarengan dengan peristiwa itu danau bernama Rawapening di pinggiran kota Ambarawa mengejutkan publik dengan berkobarnya api besar dari dalam bumi(mubal geni). Guntur, kilat menyambar-nyambar mengiringi kelahiran calon RA. Badai menyapu daratan, dan hujan lebat turun mengguyur bumi. Namun semua tidak akan mencelakai manusia sebab fenomena alam tersebut sebagai pertanda bahwa alam turut bersyukur atas lahirnya bayi Ratu Adil, yang serta merta lahir bersama dua bayi laki-laki calon aset besar bumi nusantara. Segera setelah itu, langit tampak byar padhang sumilak. Semua itu merupakan perilaku alam dalam menyambut anugrah Sang Jagadnata bagi bumi Nusantara.

Sekar kinanti karya Gusti MN IV tersirat;

jebeng…canggahku, Anjasmoro, besuk ingsun bakal titip getih kang edi peni kang bakal jumeneng ratu ing tanah Jawa. Genepono lakumu telung padha (tiga langkah –3 tahun– untuk laku prihatin yg amat sangat berat) kanggo njangkepi tapa brata mu, ojo parang tumulih, supaya antuk pitulungan saking ngarsaning Gusti Kang Maha Wisesa. Ing mbesuk tanah Jawa nemahi gemah ripah loh jinawi adil makmur tata titi tentrem kertaraharja dadi keblating dunyo.

Cucu ku, Anjasmoro, kelak aku akan titip darah yang elok, yang akan menjadi ratu di tanah Jawa. Genapilah perjalanan hidupmu tiga langkah lagi, untuk memenuhi tapa bratamu, jangan ragu, supaya mendapatkan pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa. Supaya kelak tanah Nusantara mengalami subur makmur melimpah, adil, tertib, tenteram, selamat selamanya, menjadi tolok ukur dan contoh untuk negara-negara di seluruh dunia.

Keterangan;

Telung podho maksudnya untuk melengkapi laku prihatin, supaya genap tujuh langkah (7; jawa; pitu= pitulungan; pertolongan Tuhan) yang 4 langkah adalah jumlah kaki sang ibu dan bapa yg telah lama dalam menempuh laku lara lapa, lara wirang, tapa brata, tapa ngrame, tapa mendhem, tapa ngeli.

Keterangan:

Tapa brata; mengekang semua hawa nafsu; nafsu lauwamah (hitam), amarah (merah), supiyah (kuning), untuk mencapai nafsul mutma’inah (putih).

Lara wirang; sering difitnah, dipermalukan, dihina, dicemooh

Tapa ngrame; ramai dalam bekerja (giat menolong sesama), sepi dalam pamrih (ikhlas).

Tapa mendhem; mengubur ingatannya, tidak pernah mengungkit-membangkit segala amal kebaikannya yang telah dilakukan kepada orang lain, dalam rangka hubungan dengan sesama manusia (hablum minan nas) dengan kadar keikhlasan yang mutlak.

Tapa ngeli; menghanyutkan diri ke dalam ‘aliran sungai’(kehendak Illahi) agar dapat mencapai muara dalam ‘lautan’ keberuntungan (kabegjan)

Kelak Sabdapalon dan Nayagenggong menitis sebagai Garujita dan Garumukti yg akan mengasuh kodratullah; Ratu Adil imam mahdi kalifatullah, panetep panatagama.

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on September 11, 2008, in Ratu Adil Semakin Dekat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4.579 Komentar.

  1. Hendra Gunawan, SS

    Hati2 dgn peringatan Ronggowarsito akan adanya wahyu yg bukan wahyu sejati. Contohnya dari Kyai Petruk, biasanya cuma kuat maksimal lima tahun he he he. Perlu dibuat aturan agar para guru honor negeri wajib dibuatkan SK Disdik walaupun baru mengajar tahun 2018. Jadi mereka semua bisa ikutan tes P3K. Rahayu rahayu rahayu.

    • mengaculah pad God

    • percuma jika semua honorer jadi pns semua, kebanyakan jadi malas setelah jadi pns (alias balas dendam puasa bertahun-tahun) maaf jika saya salah mohon dikoreksi.
      meskipun saya berharap semua honorer dibayar setara dengan swasta (minimal umr).

      menjalankan roda pemerintahan tak semudah memaninkan game real time strategi atau role player game yang ada saat ini (jangan berfikir memerintah negara tinggal ini dan itu, tuding sana tuding situ, bicara ini dan itu, mau itu jadi, mau ini jadi)

      anggaran pendidikan dijadikan 50% pun akan susah bersaing untuk maju atau bahkan sekedar selamat dari roda modernisasi.

      bangsa ini berbeda dengan bangsa lain.
      indonesia atau nusantara ini jaya jika sudah kembali ingatannya.

      kang hendra ini mendukung sekali honorer.
      ketika jadi guru honorer/tenaga honorer lainya aja nyogok/maen belakang/menjilat, maka jangan harap lebih untuk pendidikan/bidang lainya di negeri ini.

      • Hendra Gunawan, SS

        Ya tanpa guru nggak ada kita2. Bahkan mau jadi ahli kanuragan butuh guru dan mau jadi ahli kebatinan juga butuh guru. Guru malas tinggal dibina, kalau tidak bisa dibina ya tinggal dibinasakan alias mutasi ke tata usaha atau satpam sekolah. Rahayu rahayu rahayu.

      • Konon guru honorer gajinya plg banter 600rb..kadang macet..dirapel sampai 3 bulan..uang segitu menjadi momok yang menyengsarakan ummat….
        Atuh guru honorer kasih gaji UMR…

        ….minimal…
        Beras saja sudah 62rb 5 kg
        Telor
        Bensin
        Listrik
        Belum ini itu…
        Heum

      • #tak semudah itu ferguso

        tata pendidikan cukup rumit, 50 persen pendidikan disekolah negeri dijalankan oleh GTT/PTT, PNS banyak yg merasa jadi senior alias mandor.

        lingkaran ular yg sulit diputus!!!

        GTT/PTT katanya dapat tunjangan dari pem prov klo yg sma/smk sederajat.

        gmn mau maju
        klo 50 persen lebih diserahkan pada GTT/PTT
        untuk SD cuma dapat 200 rb- 400rb + tunjangan/insentif pemkot/kab
        untuk smp dan sma sederajat masih dibawah 30rb per jam
        (satu bulan hanya dihitung 1 minggu/ kurang lebih 30rb untuk 4x pertemuan) + insentif pemkot/kab/prov

        beruntung untuk daerah(kota/prov) yang maju/kaya dapat sesuai UMR

        dengan kondisi seperti ini mau pendidikan maju?
        sedangkan lebih banyak yang bernasib kurang baik terutama di daerah-daerah.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Rajin ngaji yasin 47x, al waqiah 17x dan 7 x al mulk, insyaallah dapat gaji dari Allah lebih dari UMR, tapi ajak sy ikut ngajinya sebab kata kang Hendra tanpa guru kita gak bisa apa2.
        Kemarin teman sy ngaji ayat tsb dgn jumlah tsb dapet pesan2 dari leluhur melalui surat (suratnya berupa uang 1 lembar rp 100rb gini pesannya “tahun Ba – Wau 2020 sejahtera dimulai dari th ini, ini kok hampir mirip dgn fenomena di NTT, ketika memotong ayam di hati ayam ada tulisan 2020 dan 10D2E01) dan dikasih juga pulpen untuk nulis “hajat/keinginan apa yg diinginkan”.

      • Raden Anom Jaka Surya 101

        Kata leluhur tahun ini ada rejeki tp msh kurang merata, ibaratnya rejeki 4 dibagi 7 org atau misalnya para guru honorer yg ikut test cpns, jumlah yg dibutuhkan sekian (rejekinya yg ada sekian) tp jumlah org banyak, jd gk kebagian rejeki (diterima cpns) sekian, sedih kan yg tdk dpt rejeki?
        Nah pesan leluhur th 2020 itu ibaratnya rejeki 7 dibagi 4 org, msh lebih rejekinya. Spt itu lah kira2 tafsir dari leluhur dari fenomena tulisan yg terdapat pd pulpen (juga ada tulisan spt itu) juga pesan tulisan (surat) pd kertas dan hati ayam.

    • Hendra Gunawan, SS

      Astagfirullah, maaf yang ngaku-ngaku paling baik dan paling jujur itu juga siapa?. Tapi betul olah rasa harus dilanjutkan ke maqom cipta rasa. Olah rasa itu maqom kanuragan/ maqom labil, kadang emosional kadang sabar. Kalau maqom kebatinan disebut juga maqom cipta rasa maqomnya orang2 pencipta kesabaran. Kalau mau ketemu Raden H. Surya Kencana ya sowan aja ke Gunung Gede banyakin baca/ hadiah Al-Fatihah. Insya Allah ditemui. Aamiin. Woullohua’lam.

  2. Mbok rondo kasiyah yang benar ,
    Berada di desa ngablak candirejo ungaran ,SEMARang
    Rt 01
    Rw 05
    Jalan kalasan 1

    Memiliki 3 orang putra
    NUR SAID
    RIFAN
    DOEL ROSID

    INGIN LEBIH JELAS BISA BERBAGI INFORMASI

    PHONE
    +6281805362111

    • Bener kata bang Doel, mbok rondo punya 3 anak

      1. Doel rasyid panggilannya bang doel
      2. Rifan panggilannya atun
      3. Nur said panggilannya mandra

      Apakah begitu bang doel ?? Ngomong2 oplet dipake ga ??? Mau minjem buat beli ikan di muara bangke..

  3. Salam sedulur sedoyo …
    Tangio siro kabeh TANGIO . . .
    ra nduwe isin temeeeen karo seng nduwe omah (ngapunten kang Sabda ngapunten kulo) do kemeruh neng kene, unggul-unggulan, lly,, tua ora temua, pinter nanging malah keminter lan cenderung keblinger sampean-sampean …
    Ndang tangiii siro kabeh, trus NGACA.!
    baunya kemana-mana tulisan2mu, efek dr tendensi (terselubung) yg tertuang dr eksisnya atensi wonten kolom niki. Cah cilik(pandangan) mungkin terkesima dg tulisan2 kalian, tp bagi yg non tendensi, akan melihat jelas mksud dan tujuan hina kalian corat-coret teng kolom niki. Sdikit sekali yg tulus mmbangun teng kolom niki lewat tulisane, lan kulo aturaken gunging pangaksami,, matur nembah nuwun.
    Ngapunten kulo ngapunten …
    Kang mas Sabda,, sehat selalu. Lahiriah, terlebih Bathiniah kulo lan panjenengan, semono ugo sedulur sedoyo …
    Sumangga Kesha Gusti … Sumangga
    #NusaJaya

    Wilujeung

  4. Hendra Gunawan, SS

    Ngampuro, guru honor negeri itu ada yg terima honor hanya 300 ribu perbulan dan itupun dirapel. Bandingkan dengan mereka yg bekerja di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila/ BPIP yg berlipat-lipat honornya. Cek yo ben yakin. Rahayu rahayu rahayu.

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Mungkin itu masukan buat calon presiden mendatang yah ms Hendra, untuk yg nyapres bisa angkat isu ttg gaji honor, semoga pemerintah (aparaturnya) juga bisa lebih bijaksana menerapkan gaji honor yg bekerja di dlm birokrasi pemerintah (mungkin yg diceritakan ms Hendra guru honor di sekolah swasta spt guru angon bebek, gajinya kecil )(harus jelas dong kalau ngetik). Gaji honor di lingkungan organisasi pemerintah itu yg horor eh maksud sy honor itu bisa diambil dari DIPA th tunggal yg sdg berjalan, dlm menentukan besarnya honor sdh memiliki standar yg dibuat oleh kemenkeu. Lah ini yg horor (yg serem) gajih horor baru masuk gol III itu menurut org gajinya 4.5 juta? Kemudian ada yg PNS (misalnya gol IIIb, masa kerja 30 th) cuma dpt gaji 3 juta? Gmn ngetungnya gaji gmn itu? itu horor nya? calon capres bisa angkat isu ini krn yg diomongin cuma besarnya gaji umr tp gaji yg udah lama kerja justru kalah dgn gajinya honorer yg baru masuk, boleh cek nanya ke pegawai pemerintah ms Hendra

    • Sudah mas hendra dan raden anom, drpd jd guru honorer di TK Pertiwi, mending main film lenong legenda aja..

      • saya absen..
        siapa yang merasa SP
        ayo
        jantan..ngacung…
        haha taunan ora mbejedul
        dari tahun 2008
        nongkrong disini..
        .

        so what gituloh..
        yang bilang hati hati ttg wahyu
        sudahlah
        urusan wahyu urusan TUHAN DAN SI SANAK MAKLUK MILIKNYA
        apakah wahyu itu turun dari langit berupa symbol kambing dan toke
        sah sah saja wis apa jare tuhan sajah
        yang bilang tendensi…
        heum ente nulis baru nongol sudah ngaco marah marah jagalah hatimu nak

        ini blog tahan.banting
        eddy.correct dongbud KO

        disini tempat manusia freedom
        yang baru belajar pasti akan kuaget
        dan saran pakailah bahasa indonesia

        pake bahasa jawamu itu pake otak ini indonesia
        orang sunda suku lain yang baca pasti pusing dan bilang anjing bahasa aneh aing teu ngarti atau goblog amat sanak pakailah bahasa indonesia
        bodo itu di cirikan dari tulisannya…

        ngaca
        ya

        wis percumah
        mau joko suryo ngomong busane se ribu baskom ga bakal bisa tau sejatinya sri krishna sp itu

        semua cuma dari katanya
        jare dan katanya..eceuk anu itu …

        heemmm

        GOBLOG KABEH

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Setahu sy, keneknya si doel itu si Mandra

      • ada saran
        hapus saja item ratu adil ini
        bikin sampah blog ini saja
        banyak item yang bagus jadi ngaco
        karena status ini

        ..ok ki sabdo langit…

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Setahu sy kalau jaman sekarang Sri kresna itu sama dgn pengacara, gitu
        agar pandawa bisa menang sengketa tanah warisan

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Enak aja loe Rp bikin saran yg gila, agar hapus blog ini, tinggal satu2nya grup Sp yg penghuninya serem2, setelah Eddycoret dan dongbud bubar, pd ngungsi kesini (termasuk loe).
        Sabar saja, ceritanya ntar juga mirip dgn kerajaannya sri kresna, yg terlalap sunami

    • Hendra Gunawan, SS

      Astagfirullah, maaf yg ngaku2 paling pintar itu siapa dan paling jujur itu siapa?. Yang Maha Pintar cuma Gusti Allah. Tapi kalau sdh mencapai maqom olah rasa (maqom kanuragan) sebaiknya ya diteruskan ke maqom cipta rasa (maqom kebatinan). Maaf maqom kanuragan itu labil kadang emosi kadang sabar diri. Maqom kebatinan itu maqomnya pencipta rasa sabar diri. Kalau ingin bertemu R. Haji Surya Kencana bisa sowan ke Gunung Gede dan baca Al-Fatihah yg banyak. Insya Allah akan ditemui Beliau. Woullohua’lam.

  5. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Kadang pikiran org beragama jaman now dgn ilmuwan (teori ini akan dimunculkan lagi oleh sp/ra) spt pikiran ilmiah Aristoteles “untuk menunjukan dan menjelaskan keberadaan tuhan, tdp 2 fenomena yaitu
    waktu
    dan
    gerak

    Aristoteles menjelaskan WAKTU adalah sesuatu yg tdk berawal dan tidak berakhir
    Gerak itu haruslah melingkar dan bersambung dalam tempat, shg gerak ini tidak berawal dan berakhir.
    Gerak pertama adanya asumsi adanya PENGGERAK PERTAMA yg bersifat azali dan substantif (Qodim).
    Penggerak pertama haruslah diam krn Ia lah yg menggerakan gerak yg azali tadi.
    Aktifitas tuhan hanya mencakup mewujudkan materi pertama (hayyu / abadi bersama tuhan).

    Lalu adakah kamu memulai dari sekarang bergerak/menggerakan hayyu abadi bersama tuhan wahai org2 yg bergama? jgn lah spt zombi (mayat hidup), org yg bodoh itu adalah mati sebelum mati.

  6. Hendra Gunawan, SS

    Jayabaya mengatakan bahwa salah satu tanda zaman edan adalah banyak janji tidak ditepati, apakah itu artinya janji kampanye?. Mohon penjelasannya para sedulur. Rahayu rahayu rahayu.

    • ramalan gue
      ada satu diantara kandidat capres yang meninggal
      bukan karena santet atau sejenisnya
      tapi karena usianya memang sudah waktunya kembali..

      jadi..jangan terlalu rame…
      siapa itu…lihat saja pertengahan maret..
      tandanya mulai terasa…penyakit mulai tumbuh di raganya…

      kehidupan ini sementara
      kehidupan ini sementara….

      juga si rocy gerung..
      terlalu melawan arus energi alam
      dia juga salah satu tumbal ibu bumi…

      pokonya seru lebih seru dari movie END OF GAME CAPTAIN MARVEL…

      anda tau film lucy..

      saat dia ditanya

      jadi yang berpengaruh dalam siklus kehidupan ini apa???
      WAKTU
      ..
      ruang dan waktu itu adalah ada saat makhluk diadakan..analoginya begitu
      jadi yang mengendalian kehidupan yang menciptakan makhluk kalau ruang dan waktu ada disebabkan makluk eksis ada…

      science tetap akan susah menembus batas cahaya….
      otak yang sudah 100 persen itu membuktikan bahwa material zat itu sejatinya satu

      dengan adanya iman
      dengan adanya keyakinan
      dengan adanya unsur ghaib
      unsur unmaterial

      itulah kunci KESADARAN
      menjaga yang ada bahkan yang tak nampak

      tidak lebur sia sia….

      malam dan siang
      nyata dan ghaib…

      ratu adil itu sendiri
      adalah pengejawantahan zat Tuhan
      dalam.rupa manusia yang serba wah
      melebihi manusia biasa
      yang mampu mengendalikan otaknya
      walau sudah mencapai 100 persen
      jika melihat prosentasi..
      jaka suryo dan js serta yg lainnya itu masih menggunakan otak diatas rata rata manusia biasa namun baru 11persen
      jadi masih dipandang primiti pola pikirnya…

      coba sesekali pake bahasa JIN

      • Ngomong ramalan.. tafsir jayabaya aja ga becuss.. ngomong orang jowo lah indonesia lah.. taunya itu aj.. pantas nanti tanah jawa kaping duo.. kasian… wong jowo nya banyak ngaku2.. ngaku2 jowo aslinya perusak moral..
        Jadi peramal yang berkualitas.. belekok..

      • Piyen kabare jin Rojo kodokmu? Ilang?
        Karo pusoko ning kraton? Sek iso ngadek opo ora kui? Du keratone kok diakon2i keratone. 😂

  7. Mbah Sabdo,
    numpang bertamu disini,
    bertamu di SP akigebleg selalu terkena senjata andalan SP masa kini yakni blokir komen.

  8. Hendra Gunawan, SS

    Untuk guru honor negeri k-2 atau yg senior kalau bisa sk ngajarnya boleh digabung dgn sk ngajar dari sekolah swasta juga. Guru2 swasta yg pindah ngajar ke sekolah negeri dipermudah pindah sertifikasi gurunya. Ini untuk mewujudkan program kampanye 10 juta lapangan kerja. Rahayu rahayu rahayu.

  9. Ada per AMAL JIN bilang calon presiden mati satu
    Dia bilang bulan tiga sa MATI ga.
    Kalo masih muda Ada nafsu wajar Kalo dah TUH A masih Nafsu itu MARUK / serakah kali yaaa… Aminin aja dah….wkwk…..
    maruk bener si amin…..

    • Raden Anom Jaka Surya 101

      Kalau mslah umur hanya tuhan yg tahu, tp th ini (dpt bisikan dari ghaib) tp entah bener/salah, akan ada sunami entah dimana lokasinya, waktunya ya menjelang natal, dajjal lg mencoba meronta keluar setiap bln tsb (coba perhatikan aceh, banten dan wilayah lain menjelang dekatnya acara tsb laut bergoyang, coba kita sama2 perhatikan menjelang mau datang acara tsb, bener atau gaknya, semoga dajal bisa lepas dari rantai yg mengikatnya di dasar laut. Biar dunia ini semakin ramai.

      • Dajal itu mahluk apa ? jenis entitas apa ???
        Dajal itu mahluk mitologi,kiasan,sanepo ( jawa )
        Demikian pula dengan RATU ADIL itu hanya idiom atau ungkapan yg dibuat manusia yg benar2 rindu akan keadilan

      • Dajjal itu benar benar ada
        Dia ada disegitiga bermuda dekat pantai florida
        Dia berbulu lebat seperti ratuning uler
        Uler bukan ular tapi hileud…
        Yang seram itu bukan dianya
        Tapi seluruh pasukannya..termasuk bangsa iblis yang bercokol di belahan kutub selatan dan utara…
        Dia sang dajjal
        Hanya mengeluarkan energi laknatnya melalui bau dan kentutnya…
        Sebagaimana hadis.nabi
        Sebagaimana pesan sepuh yang sudah.melihat langsung hileud buluan uyek uyekan itu…

        Oo
        Ada beberapa dari zaman lampau yang sudah menjadi batara karang mulai pasaliwer menawarkan diri….
        Wow..siap membantai katanya
        Saya disuruh menghitunh..
        Dikampungku saja hampir ada 80 manusia yang pantas dimakan…
        Weleh weleh…
        Ini darah iblis mulai muncul….lagi

        Lah…
        Mengapa kamu mau aku menerima tawaran kalian?
        Kaukan ratuna teluh sajagad buana…
        Ratu teluh kancra sajodo
        Nungapung di awang awang…

        Wow

        Gaji honor sungguh sangat memprihatinkan…dia pontang panting demi memenuhi kebutuhan hidup
        Dengan sabar tahun demi tahun dilalui
        Antrean cpns terus bergulir
        Diapun terus mencoba ….
        Gagal maning
        Gagal maning…son son…
        Mbok randane wis arep.kawin maning nang…

        Edisi NGACABLUK

      • Yakin munine hadist agomo selam metune si picak kui saka bermuda?

      • Si picak ora bakal iso metu sadurunge Ratu Adil metu, si picak iso metu yen pasukane gari sitik. Pasukan gabungane si picak diorak arik total segala penjuru karo Ratu Adil karo ngopi. Metu ora metu si picak tetep kalah haha.

      • Dajjal itu ada 2 type..
        Jangan sok tau kalau hanya katanya..
        Pertama
        Perwujudan dajjal bukan kata hadis atau buku atau atau…
        Dia berbulu sangat lebat bentuknya seperti hileud alias uler berbulu
        Uyek uyekan…matanya satu bukan picek karena binatang seperti itu matanya satu…
        Kedua dajjal bermain bukan dengan fisik tapi menyebarkan energi negatif yang super halus
        Sehingga hati mangsanya
        Selalu gemrungsung
        Iri dengki
        Hasud aniyaya dan berburuk sangka
        Yang terparah adalah jumhawa
        Jumawa..sombong…
        Merasa diri paling benar
        Merasa diri paling suci.
        Merasa diri mampu melakukan hal delusi halusinasi
        Padahal
        Ora iso opo opo
        Gak bisa apa apa..

        Pisang goreng

      • La yg barusan ngomong sok tau siapa?
        Berarti yg sombong siapa?
        Dari kata2 “sok tau” maka yg jumawa siapa?
        Kan saya tanya, apakah benar2 tau?
        Kan saya tanya, apakah benar sesuai apa yang telah diutarakan Nabimu tentang Dajjal?
        Koin itu 2 sisi.
        Politik itu ada 2 sisi.
        Pihak yg benar dan yg salah sama2 hasut.

        Pihak yg benar dimataNya diperintahkan untuk hasut/mengajak orang2 kepada kebenaran dan melawan kebatilan/pihak yang jahat (sifat) jika pihak yg jahat melakukan perlawaan baik secara terang maupun samar yo mosok ora dilawan?

        Pihak yg jahat dimataNya berusaha hasut/mengajak orang2 untuk selalu melakukan kejahatan dan kerusakan dimuka bumi.

        Dalam dunia militer ada yg namanya infiltrasi dan sabotase.
        Di pihak yg benar (si jahat) dia hasut agar orang2 yg benar tetap melakukan kesabaran dan memerintahkan agar orang2 yg benar membiarkan orang2 jahat leluasa melakukan kejahatannya.

      • Pohon bidara
        Pohon itu tidak ada didunia
        Adanya dialam antara..
        Alam.dari sisi dunia nyata dan dunia tak terlihat mata..
        Bidara adalah segara emas teratai jagadpati
        Kau mungkin lupa
        Dahulu pernah memakai kebaya merah marooon berlambang kujang sunda cakrabuana..
        Kelahiran baru itu menyisakan point file yang tak.bisa terformat
        Meyisakan benih
        Yang menjadi tanda keabadian cinta…
        Berlalu dan berganti
        Masa itu melalui lorong waktu
        Melewati untaian pohon bidara
        Pohon kesejatian warna ungu
        Merah yang bercampur madu…

        Aku lihat ditaman keputren
        Kau menari
        Kau bercanda
        Dengan kelinci kuning berbulu putih kesayanganmu
        Bungamu yang kau jaga sedari dulu
        Menangis
        Karena.sudah.beratus tahun ditinggalkan tuannya…
        Kelinci kuning berkalung sutra
        Sekarang masih tertidur pulas
        Karena.kau menjajikan
        Nanti aku akan kembali memabawamu dihadapan tuan kita
        Semoga pohon bidara
        Membangunkan jiwa relung nadimu
        Itupun aku sudah sampaikan
        Tidaklah perlu memaksakan kehendak
        Jika.bukan dimasa ini
        Nanti diapun akan datang kesini
        Aku masih ingat.saat kau berteriak polos.dengan pakaian seadanya….
        Kau menghardik aku saat aku berkuda.di kampungmu…
        Kau dengan lugu mengatakan…hai pergilah kau lelaki…aku tersenyum….aku terpaku menatap dirimu yang anggun menawan hati…bak bidadari yang turun dari.swargoka manikam indraloka….
        Aku pegang tanganmu.kau terdiam…
        Saat mataku menatapmu..
        Rupanya kau tau….aku ini ranting bidara yang menjadi manusia…….tunjungputih

      • Raden Anom Jaka Surya 101

        pohon bidara itu sama dengan batas

        batas keluar dari langit sap pitu, sesudah keluar dari batas tsb maka bleng/nol (spt peristiwa nb saw isromiroj)

      • Raden Anom Jaka Surya 101

        Dajal itu keluarnya dari dalam segi tiga
        jika dia keluar, ia akan MENGUJI MANUSIA
        jadi tugas DAJJAL adalah menguji manusia, menggoda manusia.

        sebenarnya dajjal itu gk cuma satu
        seperti kita melihat manusia misalnya Mas Marsono itu cuma satu tapi sesungguhnya di dalam dirinya itu ada sisi-sisi yg lain (lebih dari satu)
        itulah, dajjal itu lebih dari satu
        Dajal itu ghaib tapi ya bisa nyata
        nyatanya dgn kun fayakun

        makanya dlm cerita harta amanah, jika barang tsb keluar, barang ini menggoda manusia, misalnya jika barang yg keluar ini (dajal) digunakan yg melanggar agama, akibatnya fatal (istilah MBL atau mati, buta, lumpur) tapi jika diguanakan dengan benar maka aman, dan hampir3 di jaman dajal keluar bersamaan mahdi dan isa ini semua manusia memiliki banyak harta, sampai2 gak bisa sodakoh. Ini dajjal di sisi yg lain.

        Dajal di sisi yg lain bisa juga dianggap tuhan atau dituhankan oleh para pemuja harta dunia, menguasai dunia dengan uang dan teknologi, ini dajjal di sisi yg lain.

        ini menurut sy, jadi songsonglah 2020 dajal keluar, krn Mahdi keluar, tanpa Mahdi maka dajjal tidak akan keluar, karena Mahdi lah yg punya kunci segi tiga yg mengeluarkan dajjal, barangkali spt ini teorinya? wallahualam bishowab

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Bisa jd
      ngintip mctv ustad Danu di youtube, ada wanita yg tubuhnya dihuni Nyi Ronce dari Srandil (jd penasaran pingin nengok nyi Ronce kasihan, mungkin dia mau lihat wajah sy (bkn wajah ustad Danu) tp gk bisa krn sy bukan ustad artis jd gk bs lihat he3 bercanda.
      Jenis maklhluk ini siluman (siluman=bentuk binatang, 1/2 manusia 1/2 binatang) nyi Ronce jenis ular zzzzzz .
      Pd tayangan rahasia bhatin, Nyi Ronce sdh di islamkan oleh ustad Danu. Sy berfikir “bgmn mungkin mrk sdh muslim jika msh wujud ular? wujud yg indah itu wujud/pakaian manusia. Jika ia msh wujud itu (di alam ghaib) ia blm sadar akan jati dirinya (sebab dulunya makhluk2 tsb waktu hidup di dunia (alam manusia) adlh manusia, stlh matinya krn sebab tertentu menjadi makhluk samsara (kasta rendah rajas dan majas) terkena hukuman ada juga krn kutukan, kehidupan di alamnya ia sombong dan angkuh, kerjanya berperang, unggul2an (mrk para mkahluk tsb gk kan pernah rukun). Ada dalilnya org mabuk tak sadar diri perilakunya msh kafir (tdk percaya) bs aja iya spt itu (ngaku masuk islam) hanya krn takut, jin (kasta siluman/binatang) itu suka bohong. Kalau sy jd ustad Danu akan sy tolg dia kembali kewujud manusia utuh dgn pakaian bersih, ya dia sendiri yg berperang, perang bhatin untuk bisa merubah dirinya, sy cuma nuntun aja (guyon sy mah).
      Lalu sedikit2 ustad Danu pun menyinggung ttg “sajen” yg dilakukan oleh dukun2, itu syirik musrik, tp ada pengecualian jika budaya (sajen) itu tdk syirik/musrik?

      Kita bisa ambil ayat al-qur’an yg berkaitan dgn hidangan QS AL-MAIDAH (hidangan) 27
      “ceritakan kpd mrk kisah sebenarnya ke2 putra adam (habil & qabil) ktk ke2nya menyajikan persembahan.
      Persembahan salah seorang dr mrk ber2 diterima dan yg lain tdk diterima. Ia (Qabil) berkata “aku pasti membunuhmu”
      (Habil) menjawab “sesungghnya Allah hanya menerima dari org2 yg bertaqwa”

      dari surah tsb, apakah nb adam itu dukun? Nb adam berhubungan dgn jin? atau tuhannya Adam doyan makan hidangan spt itu? atau kah itu cuman budaya? Kalau gk ngerti ttg simbol2 ya lebih baik diem, itu lebih baik (maaf bercanda).
      Untuk mengikis budaya fasik manusia ktk berhubungan dgn tuhannya perlu QS al-maidah 27 simbol2 tsb, ktk sdg berkomitmen jgn lah berbicara sembarangan akan ada reksikonya, jgn fasik (jgn bohong) itu maknanya ktk berhubungan dgn ghoib (tuhan itu ghaib) dan jin adalah energi, energi yg mampu merubah perubahan hidup dan karakter, bertawakallah kpd Allah. Mari kita jinakan makhluk kasta rajas dan majas yg ada di dirikita dgn mendekatkan diri kpd robbul alamin
      wallahu alam bishowab

  10. Raden Anom Jaka Surya 101

    Bocoran lagi dari leluhur menjelang hari sebelum pilpres agar teman2 blog sabda langit waspada, dan berdoa semoga selamat, hampir mirip dgn yg dilihat oleh anak indigo asal surabaya Cicilia Theresia (anak ini bukan meramal tapi melihat pemandangan alam bawah sadar di tahun 2019) tingkatkan tali iman kita

    • Saya nonton ustad sakti ustad danu
      Katanya leluhur yang mukswa sudah mulai bersatu seperti budha prabu siliwangi. Ratu shima gajahmada
      Menyambut perang akhir jaman??
      Terus mereka itu akan melawan siapa apakah mereka satu musuh misal dajjal atau mereka tak mengenal nama dajjal
      Terus apakah hanya mereka saja yg bersatu
      Apakah para dewa
      Para wali
      Prabu prabu yg lain tidak muncul??
      Terus
      Dan terus
      Derlah budak angon alias joko suryo kumaha tah??

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Ramalan Nostradamus “mayat dari kubur akan bangkit”, fenomena ini mmg terjadi, banyak para raja2 purba pd bangkit dari kubur (bkn jasad) sbgmn yg diungkapkan oleh ustad Danu.
        Di youtube juga ada ulama yg mimpi “para wali banyak yg bangkit dari kubur, sebagian mrk ada yg berjalan menyentuh bumi, sebagian mrk pergi ke laut” dan selanjutnya tahun2 ini 2019 akan terus berjalan rentetan bencana alam.
        Lalu hadist nb saw di akhir jaman kiamat. Lalu tafsir ttg kiamat dari para ulama dan org awam pun beragam, ada yg bilang hancur2an bumi.
        Pdhl kiamat itu artinya kebangkitan dari kubur. Bangkit dari kubur krn kasih sayang Allah (dari sifat Allah Yaa Baitsu) disayang Allah (dari sifat yaa waddudu).
        Namun tdk mungkin mrk bangkit jika tidak ada yg menyentuh, menyentuh ini bisa diartikan adanya seseorang yg doanya makbul membangkitkan makhluk samsara tsb.
        Perang yg terjadi sesungguhnya perang di dlm diri mrk (makhluk samsara) untuk bisa kembali kpd tuhan mrk.
        Tokoh2 manusia pilihan dlm agama buddha yg mampu membangkitkan para makhluk samsara itu Surya Buddha Maetreya, Wanita berbaju putih (dlm candi2 prambanan, borobudur, kalasan, wanita ini adlh Dewi Tara Boddhisatva, yg welas asih, yg cepat menolong makhluk samsara) kalau di bibel wanita ini ratu dari selatan yg akan menghakimi kaum niwewa atau mendengarkan hikmah solomo, kalau di jawa (ada yg mengklaim candi borobudur adalah peninggalan sulaiman, yg mungkin saja ini yg dimaksud Dewi Tara, beliau akan mendampingi Surya buddha maetreya dlm misi memurnikan kembali tatanan dunia baru) tatanan dunia baru memang selalu ditandai dgn meletusnya gunung (sbg simbol siwa) sedangkan ombak yg menggulung (sunami) sbg simbol parwati.
        Pertanyaan siapa yg diperangi? Jawab sendiri2 saja deh

      • Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini
        Jika masa lalu mereka leluhur nuswantara banyak yang mampuh mukswa serta ngahyang
        Bukan hal yang mustahil mereka kembali kealam nyata
        Karena mereka mampuh dan bisa melakukan itu

        Tuhan itu Esa
        Tuhan dahulu saat mereka hidup dalam dunia nyata
        Dan saat mereka ada dalam dunia kesunyatan adalah sama
        Bahkan nanti saat mereka terpaksa kembali entah dengan wujjud lama atau wujud baru sekehendak mereka Tuhan tetap Sama
        Dan bagi mereka semua itu atas dasar jerih payah usaha mereka dalam mencapai jalan mukswa
        Tuhan diam namun berjalan seperti waktu tak terbatas namun memiliki ruang
        Mereka berkehendak Tuhan mempersilahkan
        Mereka diam
        Mereka bergerak
        Tuhan hanya sebagai fasilisator seluruh makhluk nyata dan ghaib
        Tuhan mempersilahkan seluruh makhluknya
        MOTAH bergerak berkembang sendiri tanpa limit
        Jika mampu dan mau jika itu harus

        PAra leluhur yang mukswa
        Punya kehendak sendiri
        Keputusan sendiri
        Kapan dimana
        Mau tidak mau mereka punya kehendak sendiri

        Jika mukswa itu belum dialamI
        Pasti tak akan faham dan memahami bagaimanapun caranya. Pandangannya tidak akan faham hanya meng ada ada menerka nerka dan menyatakan kalimat yang sebenarnya ia sendiri tak tau kebenaran itu seperti itu hanya sesuai olah bhatin dan pemikiran diri yang terbatas
        Maka akan nampak seperti
        Dipaksakan benar
        Padahal itu salah besar

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kalau sy percaya adanya hukum sebab akibat, gerak dan waktu.
        Boleh mingira tulisan teman atau al-qur’an dari pemikiran, adgkan kita merasa paling benar, boleh saja krn itu hak masing2 org, krn di al-qur’an pun banyak menceritakan manusia yg tdk percaya. Hanya ada 3 hal yg bisa menolong manusia yg sdh pulang membawa amal2nya yakni ilmu, amal perbuatan dan anak keturunannya (bisa juga kerabat/org lain) yg menyentuh mrk. Contoh jika leluhurmu jadi BK mampukah menjadi sempurna tanpa org lain? di alam kubur mrk menanti kiriman doa anak2nya, dan ini yg dimaksud mrk akan bangkit setelah ada yg menyentuhnya (sesuai surat al kahfi). Sy pernah (bukan hasil pemikiran) mendapatkan sahadat cipaku, kalimatnya ashadu sahadat cipaku SANG KUNCUNG BATARA WENANG, sy sdg lg ritual dgn teman, sy hanya mencoba menyentuh nama Sang Kuncung Batara Wenang, subhanalloh itu sosok itu benar2 hadir, postur tubuhnya lebih tinggi dari kita, dia sendiri bingung kok sy ada disini? dia terbangun dari masa lalu, dan kini masuk dimensi ruang dan waktu th 2019, dia cerita dahulu dia terhimpit lahar, kulit rubuhnya hitam dan kini kulitnya jadi beda (bersih). Terus sy hrs kemana? banyak pertanyaan dari mrk dsb. Hukum sebab akibat, waktu dan gerak berlaku dlm hal ini

      • Yang mokswa ngahyang itu
        Ada sebelum ajaran islam ada
        Dan mereka mampuh melakukan itu
        Kasihan sekali memaksakan diri memahami hal yang lama dengan yang baru inilah tendensi delusi yang tidak disadari
        Roda kehidupan ini mereka sudah fahami sehingga mereka tau kapan harus bertindak dan kapan harus diam
        Seakan akan semua itu sudah difahami oleh pemahaman yang sangat terbatas
        Tiada untungnya juga
        Nantikan saja
        Kemunculan beberapa dewa
        Kealam. Nyata
        Lengkap dengan atributnya tak kurang dan tak lebih
        Keniscayaan itu akan hadir pada setiap insan dan menjadikan benturan yang dahsyat semua terperangah
        Saat prabu judhistira muncul dalam keadaan utuh wadag dan ruhnya
        Membawa sesuatu
        Yang tak akan pernah ada yang tau sebelumnya
        Detik detik pemuka ageman terperangah kemunculan itu membuka tabir semua yang terjadi
        Roda roda kelam kembali menyingkap tak ada satupun didunia ini yang bisa lagi berbicara
        Kenyataan itu membuat rontok rambut seketika
        MembuaT pilu hati seperti sembilu

        Kejadian yang sudah diperlihatkan
        Namun kebanyakan manusia sudah tidak mengetahuinya

        Batarakuncung semar ismaya badranaya sabdopalon kipurohita purwagalih hyang greamarorahasuon adalah khidir yang berselimut salju
        Ketakutan yang tak beralasan
        Ketakutan yang tak berdasar
        Goncangan itu bukan hanya pada langit
        Pada bumi
        Pada anasir yang rumit
        Namun juga mengguncang nadi nadi jantung setiap makhluk yang memiliki jantung
        Dia manusia atau binatang
        Dia bergama ataupun tidaka
        Semua sama terguncang

        Saat satmata judhishitira menyatakan kembang bidara dihempas dalam. Nama sidrat muntaha yang dianggap jauh
        Padahal nampak jelas oleh mata

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Luar biasa angan2annya
        Moksa atau mokswa kemudian ngahyang ada juga istilah ngahyangkeun, dari sekarang belajar mengenal diri, mencari atman agar bisa bersatu dgn brahman (bersatunya brahman dgn atman = ngahyangkeun).
        Kalau gk paham itu mungkin matinya bisa jadi jenglot/BK, mengira dgn badannya bs hilang, fisiknya mengecil mengecil lalu macet … macet jd mengecil spt boneka.
        Dewa maupun kita itu sama (mkhluk) dari dulu sampai sekarang pun sama (tdk ada perubahan) jd bukan barang baru, jd apa yg dibedakan dari komponen diri?
        ah mungkin sy ini hanya tahu krn menyimak dan membaca ttg bgmn proses moksa, kayaknya sulit
        Proses penyatuan atman dgn brahman (Om) sama dgn muslim yaitu proses penyatuan alif-lam-ro pd QS ibrahim 1, Ro itulah jalan menuju nirwana, inalillahi wainalillahi RO jiun.
        Sbg org islam proses moksa itu gk boleh dilihat org atau dicari2 oleh keluarga/org lain kemana perginya, tapi kudu ditanam (di kubur) di dlm tanah, maka setelah 7 hari, galilah kuburannya jasadnya gk ada. Wah ini sulit untuk sy, biarlah yg penting dari skrg tali Allahu (penyatuan brahman dgn atman) gk putus, itu sdh baik buatku

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Sy jd inget yudistira sbgmn dikatakan prabhu
        Yudustira pernah jd bk, gk bisa moksa,
        ia tersandar di bawah pohon beringin (beringin bermakna berkeinginan untuk mati) tp gak bisa2, akhirnya duduk di bawah pohon, kukunya panjang melingkupi tubuhnya, rambutnya panjang. Sampailah tiba saatnya bertemu sunan kali jaga ktk itu sdg membuka lahan hutan glagahwangi, setelah disentuh oleh sunan kalijaga, ia bisa moksa dan menitipkan wayang ttg cerita pandawa dan astina, wallahu alam bishowab

      • Prabu judhistira adalah samiaji puntadewa atau balarama atau kimangun tapa atau aki hideung yang memayungi atau nunanggeuy cahaya gng tangkuban parahu sebagai asal ibu bumi bapa angkasa dan nunanggeuy gng ciremai indrakilla dalam kawasan jagadpati ..
        Beliau abadi karena memegang kitab tabut atau jamus kalimusada beliaulah musa as jamus kalimusada artinya ya musa kala bersabda
        Sunan kalijaga bukan sunan yang tapa menjaga kali
        Tapi saat ia dan delapan wali lainnya dalam walisongo dibaiat oleh djeng nabi khidir as atau ismaya atau umar maya atau kisabdopalon atau kipurohita purwagalih digng ciremai atau mahapurusha
        Sunan kalijaga dibaiat untuk menjaga kali kala waktu sejarah awal pewayangan
        Jadi prabu judhistira nanti akan muncul kembali lengkap dengan atributnya
        Nunanggeuy cahaya bandung pangeran santri
        Nunanggeuy cahaya tangkuban parahu jeung ciremai aki hideung kimanguntapa judhistira
        Nunanggeuy cahaya caruban nagari kumara angkawijaya tunjungputih

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Ponorogo warganya udah pindah ke Malang, menurut info dari youtube, alasan hijrah krn menghindar kiamat udah dekat (apa daerah ponorogo tsb deket laut?), pindah deketin sy aja, ngumpet di bawah pohon toge he3 (bercanda)

    • Ngampuro, kalau kita mau jadi arsitek, dokter, petani, nelayan, dll kita butuh guru ahli kanuragan. Mau jadi ulama tasawuf, pedende, biksu, dll kita butuh guru ahli kebatinan. Tanpa kebatinan kita mudah emosi spt teroris di Selandia Baru yg nembak orang2 yg sedang sholat. Astagfirullah.

      • klo butuh ahli, coba kontak pak ndul ahlinya ahli, intinya inti, core of the core mas semua pasti beres

  11. dongeng yang membingungkan buat arek tk, apalagi buat yang mau mampus

    • Buto itu…
      …hahaha

      • Menurut you tube
        Ratu adil berperawakan kecil
        Dia memiliki energi spiritual diatas jutaan ahli spiritual dan indigo nusantara
        Ia konon akan bersinergi dengan presiden RI
        Dan akan berkuasa dalam 5benua

        ….ialah sangnpemegang asset nuswantara bahkan dunia

        Wow…harta amanah
        Untuk the new order world
        TATANANNDUNIABARU

      • Kepada seluruh warga blog kisabdolangit
        Yang lagi ngintip
        Yang lagi baca doang
        Yg new be
        Yang exis
        Saya raja phandita
        Haha RP
        menyatakan pada kalian semua..

        Ingatlah kalimat saya ini

        “..ampun paralun kanu disuhun..
        Hampura samudaya kalepatan abdi…
        Maafkan lahir bhatin
        Sembah baktos dan bakti
        Pada semua sepuh blog
        Sekira banyak salah yang disengaja maupun tak sadar diri..
        Khususnya empunya blog
        Aki sabdolangit

        Semoga Tuhan yang maha esa
        Memberkati kita semua…

        Sepertinya saya harus akhiri dagelan hidup saya ini…
        Semoga semua sepuh harap maklum..
        Rp memang begini orangnya
        Sesungguhnya didalam hati sanubari kecil saya..
        Saya mengahturkan rebu maaf
        Dan terimakasih
        Atas segala wacana
        Ilmu
        Sejarah
        Wejangan yang poro sakdulur tuangkan di group ini..

        Terimaksih pada semuanya
        Salam sejahtera

        JAYA NUSA JAYA NUSANTARA
        JAYA NKRI
        SEMOGA DAMAI SENTOSA
        GEMAH RIPAH LOH JENAWI
        TENTREM RAHARJA
        PINUH KABAROKAHAN
        PINUH KU RIDHO NA GUSTI..

        saya rakyat kecil
        Rakyat ndeso
        Cuma berdoa
        Semoga lancar semuanya.semoga tetap jaya Nusantara…amien ya robbal allamien..

        Wassalam
        Salam santun
        Salam sadu shindu …

    • Katanya..
      Pemilu akan dimenangkan RI 1
      CAPRES kedua tidak terima
      Akhirnya demo
      Dan demo
      Ribut senegara
      Wah goro goro..bahaya
      Sing akur ya….

      • Kata siapa yg menang itu?
        Haha komentar ditempat orang2 pinter kok seperti ini?
        Padahal disini tak ada yg membahas 01 atau 02.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Goro2nya bkn manusia sikut2an, bocorin gak yah? waktunya goro2 juga blm ada pemenangnya

    • Tuan joko suryo
      Dewi yg dari langit ke 17
      Masuk partai apa…kasih tau dong rahasianya..beliau bunda dewi.kwan im ya….
      Salam kijoko….

    • Hendra Gunawan, SS

      Ngampuro Putri Sandal Biru, Alhamdulillah saya tidak pernah dan tidak mengaku-ngaku diri ini sebagai Satria Piningit atau Ratu Adil. Sejarah kita mencatat agar teliti mengkaji tentang Satria Piningit atau Ratu Adil. Westerling membuat Angkatan Perang Ratu Adil/ APRA untuk menyerang Divisi Siliwangi. Ratu Adil itu mewarisi sifat2 Nabi: Amanah: jujur/ nggak pernah bohong. Fatonah: cerdas. Tablig: menyampaikan informasi dengan data yg sangat akurat. Sidik: membela yang benar. Kalau seorang Ratu Adil bohong maka hilanglah wahyu Ratu Adilnya. Sebagaimana ketika kita menjelaskan manunggaling kawula lan Gusti. Kawula tidak mungkin akan sanggup manunggal dengan Gustinya terus-menerus. Harus hati-hati. Woullohu’alam.

      • Putri Sandal Biru

        Mengaku atau tidak saya tidak perduli tapi Anda pak hendra seolah2 seperti promotor mendukung golonganmu pihak yang paling benar seolah2 mengaku pengikut SP/RA !!
        Koreksilah diri Anda sendiri apakah pantas atau layak menjadi manusia pilihan Tuhan!! Lagaknya aja kelihatan baik tapi bisa saja penghianat atau pendusta

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Ms Hendra kena batunya dikritik tuan putri, kalau menurut sy, tuan putri ini bisa mengetahui sifat seseorg (tp tdk akan bisa menyentuh sy krn level spirit tuan putri masih dibawah sy he3 (sosok makhluk yg ikut di dlm tuan putri msh golongan makhkuk yg msh samsara shg amarahnya meledak2, apalagi jika ia melihat org ada yg fasik lawan bicara, ia akan menjawab (tanpa disadari) apa adanya) knp bisa begitu? hal itu terlihat putri tdk mampu menulis silsilahnya (tulis saja walau salah gk papa) yg kedua dia juga gk ngerti ilmu nafas (yg ia tahu olah rasa he3 itu spt juru masak sayur di dapur, olah rasanya bermain di lidah) itulah sy katakan yg didalam tuan putri msh golongan yg blm sempurna dan gk ada yg bisa ngobati tuan putri agar makhluk yg ada di dlm tuan putri (wanita) pergi atau mampu menuntun berubah menjadi makhluk yg bijak (mungkin hanya sy yg bisa), berobat kemana2 pasti hasiknya nol, berobat ke ustad Danu pun gak bisa, krn ustad Danu menurut sy lihat di TV, ia hanya spt paranormal biasa, blm bisa merubah/mengembalikan para makhkuk samsara kpd wujud manusia spt semula (dulu makhluk samsara tsb wujudnya manusia), ustad Danu hanya bisa membuka kunci agar makhluk samsara yg terjebak masuk di dlm tubuh seseorang (shg org kesurupan) dan sy lihat cuma sebatas mengislamkan (menurut sy sahadatnya yg diucap ustad Danu, sahadat untuk org awam yg dipakai, juga hasilnya blm islam sejati (krn makhluk tsb msh wujud binatang, jd kalai anda bisa melihat manusia hilir mudik di depan kita wujud di dlmnya bukan wujud manusia (itu ciri manusia yg jauh dari Allah atau diikuti makhluk samsara), coba bayangkan makhluk yg masih sansara (misaknya msh dlm bentuk ular di suruh sahadat, dlm rupa bentuk tsb sesungguhnya dia lg oleng/mabuk atau diluar kesadaran ya gk sempurna islamnya, makhkuk tsb jati dirinya sj msh lupa lalu bgmn ia bisa kemballi ke jati diri? sebaik2nya wujud adlh wujud manusia dan diakhir jaman para makhluk samsara akan kembali ke wujud manusia kembali ke kasta lebih tinggi dewa/dewi (cahaya nur muhammad) yg berpakaian bersih

      • Putri Sandal Biru

        Sok tahu anda pak Togog sombong sekali anda hanya anda yang bisa sembuhkan semua makhluk samsara/kutukan emangnya anda siapa?? ANDA PAK KUSANTO SENDIRILAH YANG TANPA SADAR SEBAGAI ZOMBIE
        Jangan mengaku putra kencana karena nama PUTRA SURYA KENCANA ITU pemberian syekh abdul qadir jaelani untuk SUAMIKU bakal KUWALAT BANGET ANDA PAK KUSANTO UDAH KELEWATAN BATAS BAKAL DICIDUK PETUGAS TUHAN YANG MAHA PERKASA

      • Putri Sandal Biru

        Sok tahu anda pak Togog sombong sekali anda hanya anda yang bisa sembuhkan semua makhluk samsara/kutukan emangnya anda siapa?? ANDA PAK KUSANTO SENDIRILAH YANG TANPA SADAR SEBAGAI ZOMBIE ALIAS EDAN KEBLINGER
        Jangan mengaku putra kencana karena nama PUTRA SURYA KENCANA ITU pemberian syekh abdul qadir jaelani untuk SUAMIKU bakal KUWALAT BANGET ANDA PAK KUSANTO UDAH KELEWATAN BATAS BAKAL DICIDUK PETUGAS TUHAN YANG MAHA PERKASA

      • Putri Sandal Biru

        Anda Pak Kusanto benar2 sangat kurang ajar yah pengakuan YANG JELAS SEKALI ANDA MERASA DIRI ANDA itu SP, RA, BA, IM padahal SING ISO NULUNG PORO SAMSARA IMAM MAHDI, SATRIO PININGIT, RATU ADIL DAN BUDAK ANGON !!
        Kelak Tuhan dan Leluhur saya bakal kasih tahu silsilah lengkap trah mataram

  12. Hendra Gunawan, SS

    Insya Allah benar 2020 NKRI bakal bangkit ya mungkin sampai tahun 2023 (masa makmur). Nah mungkin kurang syukur nikmat atau infrastruktur / fisik dibangun tanpa disertai pembangunan kebatinan. Banyak kompromi politik di 2020-2023, kok ya berikutnya ada banjir bandang dan ibukota NKRI pindah ke Magelang-Kedu. Woullohua’lam.

  13. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Baca2 teori bpk Fahmi (semoga beliau baca tulisanku) ttg candi borobudur peninggalan sulaiman, banyak yg pro kontra.
    Sy mulai buka rahasia, bhw teori bpk Fahmi adalah benar, dan jika saatnya tiba, bpk Fahmi akan bertemu sy, akan sy tunjukan dimana disimpannya tabut rahasia (tidak jauh dari sekitar candi borobudur) tsb. kelak dunia akan tertuju ke negri ini sbg pusat spritual di masa lampau *∆*

    • Putri Sandal Biru

      Waktu kemarin2 di malam isra mi’raj ada petunjuk dari Tuhanku bahwa wujud dari nafsu muzabur (kebrutalan) ibarat seperti binatang mengerikan dan menyeramkan makhluk aneh yang saya gak tau namanya dan belum pernah melihatnya di dunia ini sampe sedulur papat lima pancerku ada yang ketakutan menjerit-jerit menangis melihatnya yang jelas ada kerumunan orang banyak.
      ada yang dilindungi Tuhan dan ada yang enggak akan menjadi pasukan berbaris dajjal laknatullah yang terserang binatang rupa aneh itu namun alhamdulillah saya selamat dari incaran binatang nafsu mazabur itu !!

  14. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Poro kadang nuswantoro yg kumpul disini, ada amanah dari ibu KRK untuk sy (putra kencana/RM) agar membuat yayasan.
    aku minta arahan dari ibu, apa yah nama yayasan tsb? Yayasan Sabilulungan Nusantara

    apik yah? udah jd kita kumpul bareng di rumah yg teduh ini ya? kita bikin dulu rumahnya

    • Putri Sandal Biru

      Pak kusanto ibuk KRK itu gak pernah kenal dengan bapak kusanto alias putra kencana palsu jadi jangan sok kenal sok deket deh malu2in aja loh !!!

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Nama SABILULUNGAN itu artinya gotong royong, kumpul bersama, bersatu
      Nusantara

      Sesuai ugawangsit siliwangi Nusantara bersatu lagi (kumpul bareng) atau “jika nanti org sunda dipanggil panggil itu tandanya? kumpul bareng

      apik namanya
      anggaran pun ibu KRK sdh siapkan
      masalah sy palsu atau asli, tidak perdiperdebatkan, kan gk salahnya kita sabi lulungan … kita bantu fakir miskin, kita bantu/berdayakan anggota dlm satu wadah menjadi sejahtera jasmani dan rohani

      • Sampean ini dari kemaren2 selalu mengatakan anggarannya sudah ada sudah disiapkan, jika sudah ada lalu kenapa masih putar2 disini cari pengikut?

      • Putri andal Biru

        Pak Kusanto baca baik2 yah untuk menemui ibu kanjeng Ratu Kidul itu gak sembarangan masuk keluar begitu aja emangnya pak Kusanto itu siapa toh??
        Suatu saat nanti saya dengan suami saya bakal bertemu dengan beliau Ibu KRK namun ada syarat masuknya itu ibarat karcis/koin yang sudah didaftarkan

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Tapi memang jika dicermati pemberian nama dari gusti ibu ratu yaitu yayasan Sabilulungan Nusantara itu pas banget bhw itu harus wujud wadah sosial di akhir jaman sbg ikatan ikhwan asoib satu nafas perjuangan.
        Makna Sabilulungan itu sendiri dari sebuah gotongroyong adlh
        1. Seiya sekata
        2. Seayun
        3. Selangkah
        4. Sepengertian
        5. Sepemahaman
        6. Saling mendukung
        7. Saling menyayangi
        8. Saling membantu
        9. Saling bekerjasama
        10. Rasa persaudaraan yg sedemikian erat dan kebersamaan

        Lirik lagu Sabilulungan

        Sabilulungan dasar gotong royong
        Sabilulungan saling mendukung
        Sabilulungan genteng jangan patah
        Sabilulungan persatuan terlihat kuat perkasa
        Teguh tangguh prabawa
        Sabilulungan sedia sejiwa
        Rajin siap membasmi perbedaan
        Sabilulungan hidup rukun
        Sabilulungan saling menyayangi
        Sabilulungan saling membantu
        Sabilulungan kokoh persatuan
        Sentosa sejahtera
        Tenang berani menjaring kewibawaan
        Sejalan sepaham
        Negri beruntung berkah sabilulungan

      • Putri Sandal Biru

        Wow keren deh selama ini karangan2 fiksi pak togog kusanto spektakuler jg yah namun sayangnya tak sesuai dengan gambaran nyata kelak jadi perlu ingat om togog bahwa semua tentang RATU ADIL DAN SATRIO PININGIT ITU PROYEK TUHAN YANG MAHA KUASA SETELAH MEGA PROYEK RASULULLAH SAW SUKSES !!! MANUSIA TAK BOLEH IKUT CAMPUR DALAM PROYEK TUHAN INI DAN RATU ADIL DAN SATRIO PININGIT AKAN BERKUASA DALAM TATANAN DUNIA BARU (REVOLUSI BESAR) SELAMA 50TAHUN SEBELUM MUNCULNYA DAJJAL LAKNATULLAH

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Imam mahdi ibarat kapal (misalnya yayasan sosial) yg akan menjelajah dunia
        Putra Bani Ta-mim (dlm cerita ini putra bani tamim sama dgn putra kencana? yakni merujuk suatu nama RM Jk Surya (nama ghaib putra ibu KRK) yg akan mengeluarkan imam mahdi (kapal/yayasan yg didalamnya berisi ikhwan asoib (org2 yg tali Allahu nya hidup, kokoh yg sdh langka jumlahnya) yg dunia sdg menunggu.

        Mulanya (sebelum mendapatkan nama kapal tsb) sy nengok ke google, rupanya sdh ada 2 yayasan yaitu yayasan amalia dan yayasan SURYA nuswantoro (kelihatannya nama Surya itu nm (ghaib sy yg dipakai, raja majapahit (Surya Majapahit keturunan Solomon ibnu Daud dan Ratu Saba, memliki tanda khusus ditelapak rangan ada guratan tanda bintang daud atau cawan majapahit, ini tanda alam yg asli, yg bisa buka bank swiss) sy juga kurang tahu pemilik yayasan tsb yaitu Tuntas Subagyo ini memilki nama ghaib spt mirip nama sy dan tanda khusus tsb?
        Kedua yayasan tsb mengaku menguasai harta amanah Soekarno? pemuda tsb di dunia dijuluki M-1, 101, king of king, man from east atau king of solomon.
        Spt itu info dari google, sy juga msh blm tahu jelas mrk mengaku sbg pemegang harta amanah sukarno itu sebuah kejujuran atau cuma nembeng isu untuk keuntungan dirinya.
        Tapi jika menengok yayasan yg akan kita buat sbg kapal yg besar spt kapal nb Nuh, tp kapal ku tdk akan sy ijinkan binatang masuk di dlm kapal tsb, mk harus manusia utuh jiwa dan raganya, sebuah mimpi sy sejak lama, mungkin jika kita pernah ngobrol2 grup2 lama pasti mengenal sy, baik di grup eddycoret, dongbud, nurahmad dan sekarang sabdalangit, jenuh rasanya waktu lama sy mengetik dan sampai tahun 2019 ini msh berkutat cerita ini, adanya cuma dpt ejekan, curiga dsb

      • Masih saja mengklaim diri?
        Trus siapa yg mau ikut dengan anda?
        Tanpa membuat kapal, kapalnya sudah ada sendiri tanpa sebelumnya dia (si SP sejati) mengetahui. Dia mengetahuinya saat sudah memasuki kapal tersebut.

        Tanpa promosi sana sini, Tuhan akan mengarahkan langkahnya (si SP sejati).
        Al Hasyimi, Ad Tamimi, Bali, Demak, Majapahit, Padjajaran, dll. Mereka sudah mengenalnya. Tinggal Beliau meminta tolong pada saatnya, semuanya akan bergerak.

      • Putri Sandal Biru

        Haduh bukan ejekan ataupun curiga tapi memang Pak Kusanto togog ini susah banget dibilangin toh !!! Ndableg tenan wong iki…
        Udah gak usah bawa2 raja majapahit sudah waktunya akan menjadi majaMANIS jd gantian yang manis bukan yang pahit lg tunggulah dengan sabar pertolongan dari Tuhan yang Maha Adil…
        Saya sudah sangat malu sama leluhurku dari Kerajaan Mataram dan leluhur dari suamiku yang Kerajaan Pajajaran yang disadari maupun tanpa disadari sudah diAngon oleh para leluhur hingga perjalanan menuju kebenaran Tuhan yang akan terbukti rahasia pada waktunya tiba kelak.

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Tuan putri itu dari Mataram? silsilahnya dari keturunan ki ageng pananahan atau ki Ageng Giring?
        Kalau suami tuan putri dari trah pajajaran ambilnya dari trah siapa? kalau ambil dari istrinya sunan gunung jati yaitu putri ong tien nio itu kurang tepat, kalau ambil dari Suranggajaya/Arya Kemuning yg jd Sultan Cirebon II ini anak angkat ibu ong tien/sunan gunung jati (krn sbg pengganti putranya yg wafat) itu br bisa masuk akal (ini babad peteng) ibunya Rd Suranggajaya/Aryakemining itu adiknya ibu putri ong tien (banyak yg gak tahu cerita ini krn sejarah diumpetin) yg bernama ibu San Tan Hoat (makomnya ibu ada di Jkt) itu sy ada silsilah keturunan sampai mataram, begini silsilah ku, Ibu Mayang kuning binti Prabu Lang-Lang bhuana (penguasa kuningan) bin prabu Cakraningrat menikah dgn Rd Sanghyang/prabu surawisesa bin Ratu Sumur Bandung, ibu ratu kentringmanik mayang sunda
        dari pernikahan ini lahirlah Ki Gedeng Lurahgung x menikah dgn adiknya putri ong tien (istri gunungjati) lahirlah Rd Suranggajaya/Arya kemuning (memakai nama Arya Kemuning krn diasuh/dititipkan oleh kanjeng sunan gunungjati kpd Bratasenawa/Arya Kemuning dgn wasiat anak ini akan dijadikan pemimpin kuningan juga akan dijadikan sultan cirebon kelak), kelak juga beliau jd Adipati Jayakarta. Menikah dgn ibu Manawati raras binti Maulana Fatahillah, lahirlah Ratu Ayu Sukluh dan sultan sepuh cirebon.
        Ratu ayu sukluh memilki putri Ratu Kulon/Ratu Tinumpak permaisuri kraton kulon istri kanjeng sultan Agung Hanyokrokusumo, berputra Sunan Tegal wangi/Susuhunan prabu Amangkurat Agung (istri kraton kulon ini juga dari trah pajajaran namanya aku rahasiakan) lahirlah Susuhunan Prabu Anangkurat Amral, lahirlah Susuhunan Amangkurat Mas, lahirlah putra Mahkota yaitu Pangeran Buminata (makomnya di Mandiraja, Moga Pemalang) nah dri ini dst sampai ke sy (beliau mengalah tahta Mataram diambil oleh Mbahnya yaitu pangeran puger (PB I) ia pergi ke lereng gunung slamet ke desa tsb diatas ia dimakamkan. Pangeran Puger/PBI juga leluhur sy krn sy trah Pangeran Diponegoro (perlu sy jelaskan sampai sekarang pun nama pangeran diponegoro msh belum tuntas ditelusuri, org2 menganggap pangeran diponegoro itu yg dibuang di sulawesi pdhl bukan beliau, yg mengaku anak cucunya pangeran diponegoro di google pun menurut sy mrk msh pd bingung, krn diponegoro itu bukan nama org tp nama gelar) dan mbahku lebih baik jgn ada yg tahu siapa sesungguhnya beliau dan dimana makamnya biar menjadi rahasia. Itu sekelumit contoh mengaku keturunan tp ya kudu bisa menjelaskan mata rantai silsilahnya, mohon maaf hanya sekedar memberi contoh, bukan menggurui.
        Mengenai sy ini msh trah gusti KRA itu sy berdasarkan silsilah mataram atau pajang, mungkin ada kaitan, baik silsilah lahir ataupun bathin, mmg KRK msnggil sy anak cucu.
        Pernah waktu tahun lalu, sy pernah disuruh KRK yg disampaikantemanku agar sy mandi di sungai SAKAWAYANA (waktu itu sy gk tahu di pelabuhan ratu (gk jauh dari hotel samudra beach) itu ada sungai sakawayana. Tapi sy lihat disana banyak org yg pd ritual buang sial dgn melarung sesuatu di sungai tsb. Sy tahu cerita2 ttg ratu ratu yg dimakamkan di pelabuhan ratu itu ada 3 ratu dgn kurun waktu yg berbeda2, semisal putrinya prabu Nilakendra jisimnya waktu dulu juga di larung di sungai tsb, lalu ada juga ratu pajajaran yg lain di makamkan di karang hawu, sy tahu letaknya tp gk akan sy kasih tahu kpd siapapun dan sy pun mampu menarik garis keturunan ke beliau.
        Singkat cerita sy ditemani 2 org ustad dan driver, mencari juru kunci sungai sakawayana tsb namanya abah Ning, kami bertemu dan bincang2 lebih dahulu ttg pemandian sungai tsb yg mn pd saat itu aliran sungai sdg banjir.
        Sebelum ke lokasi (mandi) sy membuka kalimat “abah, mohom maaf sy disuruh ibu ku ysitu ibu Ratu, untuk mandi di sungai sakawayana”
        Abah pun mendengar kalimat ibu ku, pun menyelidik, apa bener nih org kok mengaku anak cucunya? krn kata Abah, banyak org yg mengaku2 anak cucunya ibu ditolak dan sampai hari itu sy datang blm pernah satupun yg diaku. Ada yg ngaku namanya jaka kelana dsb semua ditolak. Teman2 ku pun diam mendengar jawaban abah Euning.
        Kalu abah minta kopi pahit di warung tempat kami ngobrol. Lalu abah mencoba komunikasi dgn KRK dan ibu langsung ngendiko “dia itu anakku!”.
        Abah lemes mendengar jawaban ibu.
        Abah tingkahnya jd hormati sy, kemana2 sy diantar. Cerita2 spt ini sering sy mendapatkan pengalaman, misalnya sy diminta ambil buah pandan Cangkuang di danau cangkung, betapa sulitnya org lain meminta, tp sy cukup bilang sy disuruh ibu ratu minta buah pandan duri cangkuang. Org itu begitu denger nama ibu ratu, dia masuk kekamar rumahnya (mungkin dia komunikasi dulu, bener apa gk nih org), udah beberapa menit dia keluar dari kamar khusus langsung nebang itu buah, org2 pd heran, tp sy mah biasa aja. Ini contoh fakta, kalau gk percaya silahksn tuan putri tanya ke abah Euning juru kunci sakawayana pelabuhan ratu atau ngobrol sendiri, itu ID nama sy asli … kalau togog nama hiburan. Maaf hanya menjelaskan saja bahwa sy mengetik itu bkn mengada2 atau kepingin diaku atau sy nyari dukungan, gk pingin sy didukung, sy cuma nyari teman yg sesuai jidul nama sabilulungan (tolong menolong, persaudaraan) itu sj krn kedepan itu banyak yg prediksi banyak bencana alam dan banyak sdr2 kita yg membutuhkan pertolongan shg kita menjadi ikhwan dan asoib dlm satu aliran (nafas) yg membawa kapal ( yg bermuatan asma Allahu) sehingga kita bisa mendengar alunan musik kecapi dlm keheningan, untuk mengenal Allah dan rasulnya scr nyata bukan teori sj tp praktek nyata, tentunya setelah kapal tsb terbentuk

      • Trah Dipanegara? Apakah anda tau janji beliau?

      • Putri Sandal Biru

        Memang benar saya dan suami saya keturunan mataram dan pajajaran yang terbuang/tersisihkan jadi sudah wajar dong gak diakui anak keturunannya dianggap tidak ada apalagi dipercayai masyarakat awam seperti pak kusanto yang sok ngaku2 keturunan jg dari mataram??!
        Saya dari keturunan ibu KRK juga (Kanjeng Ratu Kidul/Bidadari)
        Suami saya dari keturunan Putri Ong tien

      • Putri Sandal Biru

        Argument Pak Kusanto tidak masuk akal bawa ajaran aliran NAFAS tapi yang benar adalah OLAH RASA pak togog !!
        Maksud Anda apa pak togog pamerin silsilah yang tak jelas begitu bangganya di publikasikan?? Hanya karangan palsu belaka yang dibuat sengaja agar memancing atau menguji RA/SP Keluar gitu yah ngadepin orang macem kaya pak togog yang hanya mencari pengakuan atau pengikut doang tapi dilapangan mah sama aja kelakuannya ky pengikut dajjal toh

    • Hendra Gunawan, SS

      Alhamdulillah isyarohnya benar akan ada kompromi politik. Kubu 01 mau sowan ke kubu 02. Semoga Indonesia adil makmur mulai terwujud ditahun 2020. Aamiin. Rahayu rahayu rahayu.

  15. Hendra Gunawan, SS

    Ngampuro baik keturunan Majapahit maupun Siliwangi ya akan berhulu ke Tarumanegara. Tarumanegara akan berhulu ke Salakanegara/ negaraperak yang didirikan oleh Aki Tirem diBanten. Aki Tirem ngahiyang diCihunjuran diPandegelang-Banten. Jadi buat apa ribut2. Yang penting doakan pemilu 2019 menjadi pemilu paling jujur, adil, dan damai dalam sejarah NKRI. Aamiin. Rahayu rahayu rahayu.

    • Putri Sandal Biru

      Pak Hendra Gunawan,SS
      Pak Hendra ini pinter sekali Rekayasa seputar SP&RA jadi keblinger tapi Anda Pak Hendra tak sadar karma instan akan menghampiri Pak Hendra karena berbuat segala sesuatu diluar batas(kelewatan/keterlaluan) !!!
      Sehebat2nya kalian semua beragumen dan memutarbalikan fakta pasti akan tercium bau busuknya ingat itu!!

  16. Hendra Gunawan, SS

    Astagfirullah, maaf yang berhak mengaku Paling Pandai cuma Gusti Allah. Olah rasa (kanuragan) sebaiknya bermuara pada cipta rasa (kebatinan). Ciptakan rasa sabar dan syukur pada diri kita. Kalau ingin bertemu Raden H. Surya Kencana maka sowanlah ke Gunung Gede dan bacalah Al-Fatihah disana yg banyak, Insya Allah akan bertemu Beliau. Woullohua’lam.

    • Ratu Sandal Biru

      Kalian dibayar berapa sama kaum borjuis semena-mena menfitnah SP&RA ?? Saya tidak mau ikutan edan apalagi kena pasal salah seperti kalian karena SP&RA sudah proyek Tuhan tak bakal bisa direkayasa atau dipolitisir !!!
      Jika kelak nanti ada yang memperkenalkan diri sebagai RA&SP ingatlah ada skenario Tuhan bahwa RA$SP masing2 ada kembarannya yang mampu mengimbagi kemampuan RA Asli tapi ada satu hal yang dia(kembaran) tidak mampu membuktikannya pada akhirnya yang berhak naik tahta adalah SP&RA Asli

      • Masih raker..
        Jadi sp atau Ra nya orang mana
        Kapan munculnya…
        Hehe
        Saya ko baru sadar
        ..
        Membaca postingan ratu adil jadi lucu
        Ini lagi rebutan APAAAN ya..

        Hehe
        Salam waras
        Dan salam berkhayal

        Suryo
        Sumur Bandung itu
        Buniwangi
        Itulah surawisesa dan nyai kentring sebenarnya
        Benar
        Raden suryakencana ada di gede pangrango
        Cocok…
        Dan benar Majapahit?
        Bukan
        Tapi trah Mataram Kuna masa Sanjaya
        Lalu Pajajaran akan merapat ke tarumanagara
        Lalu Kutai ke salakanagara negara perak…

        Lanjut kan
        ..
        Ada dalam buku kuno
        Nunanggeuy cahaya Bandung
        Pangeran santri
        Nunanggeuy cahaya Parahu dan Ciremai aki hideung /kimangun tapa alias prabu judhiatira
        Nunanggeuy Caruban nagari
        Tunjungputih

        Sudah jelas tunjungputih itu Kumara
        Hehe

        Just mampir sajah
        Salam waras

      • Hendra Gunawan, SS

        Alhamdulillah kalau keberadaan kerajaan Salakanegara diBanten mulai diakui. Nah Putri Sandal Biru maafkan saya, apa betul isyaroh 2020-2023 NKRI bakal jadi makmur?. Apa betul isyaroh 2024 NKRI bakal punya ibukota baru?. Tks. Rahayu…rahayu…rahayu.

      • raden anom jaka surya alias kusanto

        Ketika masing2 memiliki pendirian ttg Sp/Ra dan merasa paling benar menurut sy adlh baik, namun itu kan semua pendapat hasil wacana yg diperoleh dari hasil membaca, atau mengira2 spt itu, misalnya nama2 tokoh yg disebut baik oleh Rp, juga ms Hendra, juga bu Putri Sendal Biru, juga putra Panjalu, semua benar pendapatnya.
        Tp ketika teman kita berbicara aksi atau ttg tindakan nyata dan bukan berkutat masalah wacana melulu itu justru yg lebih baik dari yg prediksi.
        Misalnya sy bercerita ttg adanya perintah dari KRK agar membuat sebuah rumah/kapal, katakanlah rumah/kapal tsb itu sebuah organisasi sosial yayasan Sabilulungan Nusantara knp sy dicibir, seolah2 sy mencari dukungan kemudian teman yg lain mencibir ah mana mungkin KRK nyuruh spt itu dsb? ada apa kira2 mrk berbuat spt itu thdp sy? apakah dgn adanya statemen sy ttg rencana tsb sy mengganggu stabilitas kenyamanan teman2?
        Hr ini sy juga mengetik ttg tanggapan atas prediksi/tafsir dari Ratu Sarinah yg dlm emailnya mengaku dirinya itu KRK, aku pikir siapapun org yg mengaku dirinya sbg KRK boleh2 saja krn tokoh KRK itu kan mmg misterius dan masing2 org memiliki pendapat masing2, kemudian Ratu Sarinah juga bercerita ttg senjata Ra/Sp itu Trisula weda. Ttg Trisula weda juga setiap org memilki tafsir yg berbeda2, ada yg menafsirkan sebuah ajaran, ada yg menafsirkan kitab. Tp kan baik itu diartikan ajaran dan kitab kan msh wacana? jika ajaran itu ajaran siapa? jika itu kitab kitabnya mana dan siapa yg membuat kitab?
        Kalau menurut sy Trisula weda itu bkn ajaran atau kitab, dan sy bisa praktekan walaupun apa yg sy tunjukan org2 blm tentu menerima apa yg aku tunjukan itu adlh Trisula weda. Trisula weda itu adlh suatu tindakan memutar cakra, atau mudra (posisi tangan) pd saat meditasi gerakan tangan, kita sering lihat para pendeta buddha/brahmana melakukan mudra (jd sy mohon maaf mungkin kalimat yg sy sampaikan jika dibaca oleh para pendeta buddha kurang dpt dimengerti krn sy seorg muslim tp sy memiliki gerakan mudra ini dari dulu sy yg punya (bukan berarti sy adalah sang buddha maetreya yg bernama SURYA BUDDHA MAETREYA sy org biasa) dgn gerakan mudra trisula veda akan mengakibatkan gesekan alam ghaib, para makhluk samsara pun jika kesambar sinarnya bs kembali kewujud manusia lagi, bahkan mrk bisa terlontar masuk ke blackholle dimensi ruang dan waktu, dan bahkan simpanan harta amanah yg tertutup halimun terkena sambaran cahaya trisula weda bisa mengakibatkan harta tsb terlihat oleh mata telanjang. Jadi itulah senjata trisula weda (tri itu 3 atau segi tiga, sula/cula itu ujungnya segi tiga dan veda itu putaran (veda disini bukan kitab, tapi putaran) dgn 3 putaran itulah cahaya terang benderang akan muncul dan org yg melihat cahaya ini pun sedikit hanya yg bisa nol saja. Dan sedungguhnya petunjuk2 hadist nabi saw ttg trisula weda pun banyak menjelaskan ttg ini, spt hadist nb saw ttg 3 kalifah berperang (sebenarnya maksudnya bkn berperang spt berkelahi, tp trisula (3 ujung itu berputar) memperebutkan harta simpanan (ini cerita harta) dst… ada al-mahdi…” kemudian hadist nb saw yg lain menyebutkan ciri2 sebelum al-mahdi muncul itu pertama ada gerhana bulan matahari (iya betul, gelap awalnya krn ktk mata anda terpejam itu gelap keadaannya) lalu ada bintang berjalan (bintang (hadist nb saw tsb menjelaskan bukan bintang yg sesungguhnya di langut) bintang ini adlh telapak tangan sang buddha maetreya (katakanlah telapak tangan sy lah) yg pd posisi mudra, lalu sy putar 3x gerakan, trak trak…1/3, 1/3, 1/3 (trisula veda) lalu dilangit2 (langit disini ada dlm pengelihatan terang pd waktu terpejam) engkau akan melihat cahaya yg terang benderang … sampai disini saja sy critanya. Jadi kalau anda bercerita ttg tokoh2 yg bisa spt itu apakah tokoh tsb itu surawisesa? atau surya kencana dll? gak lah, justru mrk yg msh dlm kehidupan samsara menunggu datangnya ini tokoh pemilik trisula weda? wallahu alam bishowab

      • Yakin ngobrol dengan KRK?
        Coba tanya dia pernah dipukul seseorang ngga, coba tanya kapan dan karena apa dipukul?
        Dan orang mana yang memukul?
        Kemudian siapa yang mendatangi orang tersebut.
        Berapa jumlah yang mendatangi?
        Dan apa reaksi KRK?

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Kita sering mendengar dari celoteh org2 ttg sosok RK, spt tulisan pernah memukul RK, lalu ada juga paranormal bos Salva juga bilang RK sdh dibunuh olehnya, lalu bu Putri pun cerita ttg KRK dan ada juga di youtube berusaha menanyakan KRK itu ada dimanaaa? lantas nanya ke para dayang2nya dan juga kpd makhluk2 samsara (maung, ular, monyet) ya hasilnya gak dpt info.
        Aneh kalian, RK itu ya spt Semar, ada tiada tp ada, tp nyata adanya, ia ada di dlm hatimu … engkau tidak menemukan jika dgn hawanafsumu
        Leluhur itu tinggalnya DI DALAM BUMI yg subur, gemah ripah loh jinawi, bumi mu aja kering, nafasmu aja mati spt zombie mayat mayat hidup kok mau ketemu? itu semua omong kosong, hayalan semua

      • Haha, bilang saja tak tau. Pakai ngeles segala. Bilang ketemu lah, diperintahlah dll. Haha.
        Oalah le tole

  17. Ratu Sandal Biru

    Pak Kusanto itu gak tau istananya IM/almahdi kayak apa dan dimana dan belum pernah ketemu dengan IM/belum ditemuin IM versi Pak kusanto IM itu ya Budak angon pdhl IM dan BA itu beda/lain
    Kapan datangnya? Dimana munculnya? Itu semua masih dalam TAHAP SELEKSI !!
    Dan ke 4 nya itu wujud ghaib emang sejatinya beliau ber 4 itu ghaib bukan wujud dzahir/lahir yang wujud dzahir/lahir itu adalah manusia yang terpilih sebagai wadah SP, RA, IM, BA dan manusia yang terpilih sebagai ksatria pinilih.
    Kalo RA wadah lahirnya seorang wanita karena RA sendiri wanita emang ada apa mempermasalahkan beliau ber 4?
    SP RA BA IM itu cuma butuh wadah sepasang laki2 dan wanita yang dua ke wadah wanita dua lagi ke wadah laki2
    Yang kena MBL itu calon SP RA yang ngaku2 yang tujuannya menfitnah SP RA sekaligus memotong jalur jejernya SP RA kapok deh yg kena MBL haaah

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Susah sekali menjelaskan dgn kata2 … tepok jidad
      al mahdi itu cahaya terang benderang (beda dgn imam mahdi), mahdi bukan manusia tp nur/cahaya, munculnya mahdi itu ditulisanku udah sy jelaskan … nur itu berasal dari/melalui proses gesekan dari Trisula veda (segi tiga berputar) olah mudra (mumutar roda cakra), ini bukan teori tapi praktek nyata. ya sudahlah gak ada manfaatnya jelasin, biarlah ntar juga tahu sendiri saatnya tiba, jangan nengok kebelakang

    • Putri panjalu sendal biru itu satu orang joko suryo…
      .membosankan

  18. Ratu Sandal Biru

    Ampun deh emangnya saya gak tau trisula veda itu ibarat kelamin laki2 kan mirip tuh bentuk y dlm pusaka toh.
    Pak Kusanto ini benar2 gila pujian dan hormat tujuannya hanya ingin dikenal palingan nanti terkenalnya itu jadi seorang penipu atau tukang penebar fitnah nama baik SP&RA
    Hati2 banyak diblog2 internet gentayangan para siluman, orang2 negara yang memangkas/memotong kompas jalur munculnya SP RA mereka ini dibiayai oleh kelompok kaum borjuis loh.
    Wong inyong ngerti jalure kok mosok dikibuli hhhh
    Sono tanyakan langsung sama eyang maha patih gajahmada biar tau yang sebenarnya ben ora dadi fitnah

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Ngapain sy nipu2 org
      aku gk gila pujian, cukuplah pujian hanya untukNya
      Trisula veda kok spt kelamin laki2? ngawur koe nak … ada banyak yg mengira trisula weda itu benda pusaka, ya gak papa pendapatnya spt itu, tp itu pusaka TRISULA (tanpa embel2 Veda/Weda) trisula aja.
      Hayalan mu membawamu ke arah yg gk karuan, ngapain nanya ke Gajah Mada, gk ada kaitannya, pokoknya tulisanmu itu isinya cuma adanya curiga dan hayalan (gak pernah dijalani) juga ujare wong liyo terus ditulis

      • Ngapain nipu2? Ya memang nipu.
        Saya tambahkan lagi petunjuknya jika kesulitan ya le.
        Ada berapa orang utusan dari Kraton Yogja yang datang menemui?
        Ada berapa orang yang mendampingi KRK untuk menjelaskan kronologinya.
        Apa reaksi utusan dari Yogja tersebut setelah bertemu dan dijelaskan.
        Dan apa dan bagaimana reaksi utusan tersebut terhadap orang yang memukul tersebut.
        Dan bagaimana reaksi KRK sebelum pulang?

        Saya beri tau lagi tambahan petunjuknya “tahunnya tidak jauh.”
        Jika memang benar mengenal KRK dan jika mempunyai atau mengenal orang Kraton pasti mengetahui.

  19. Ratu Sandal Biru

    Lah wong perkataanku dan perbuatanku ini sesuai dengan isi hati saya kok jadi anda kira pak kusanto saya mencurigai anda gtu? Suudzon dong
    Saya tuh cuma kesal sama Anda tukang ngeyelan ndableg tenan, jika saya kesal pasti saya judes alias ketus itulah watak yuni tikus karena kelakuan anda ini pak kusanto benar2 seperti anak kecil yang gak mau kalah maen serobot nylonong nyolong merekayasa nama SP&RA kudune ya diwedeni MBL !!!
    Jika anda ingin tau kandidat calon RA itu ada 7 wanita pilihan yang salah satunya itu artis Desi ratnasari dan Kartika putrinya Ir soekarno dan lain2nya tapi kedua wanita ini tak lulus ujian karena gila harta dan zina jadi hanya tinggal satu yang lolos seleksi itu juga tetap diuji kesuksesannya sampe tahap tingkat akhir.

    • Ratu Sandal Biru

      Di khalayak umum yo pada gak ngerti nek Putri Melati Sari iku putrine eyang prabu silihwangi yang terbuang haaah
      Malah khalayak umum ora pada kenal haaah yaiku Kanjeng Ibu Ratu Kidul

      Khalayak umum tahunya putri dyah pitaloka itu putri dari pajajaran haaah gak tau kalo yang sebenarnya adalah putri titik11…..haaah

      Banyak jejak2 sejarah yang disembunyikan oleh pelakunya haaah
      Hanya kepada yang tertentu aja yang dikasih tau haaaah

  20. Ratu Sandal Biru

    Haduh saya salah sebut putri melati sari bukan Ibu Ratu Kidul tapi beliau ada bersama saya setelah saya resmi menikah

    • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

      Tuan putri mau salah sebut KRK kek, mau bener menurutmu, mau salah menurutmu itu terserah tuan putri aja. Org bingung itu ada dimana2, ada org bicara KRK menempeleng org kata itu org yogya, lantas engkau membenarkan? kenapa gk tanya sama yg nempeleng? kenapa nanya sy? ketika tdk puas atas jawaban org yg ditanya lantas putra panjalu memponis sinis kpd yg ditanya?
      Lalu ada yg bilang KRK itu udah mati dibunuh, dan ngomong ini disebar luadkan, dan itu org2 , mestinya memfilter lantas percaya jgn mudah percaya omongan/rujukan omongan untuk nyerang pendapat org laib, seolah2 org yg ngomong itu benar,
      ini benar2 terjadi di grup sabdalangit hari ini sy membaca perilakumu.
      Dunia spritual itu, mencarinya itu berkutat di dlm diri kita (lihatlah di dlm dirimu, semua ada disitu, silihwangi ini juga di dlm dirimu, SP juga, RA juga) galilah di dlm diri mu, tuhan pun ada di dlm diri mu, masuklah kalian ke dlm diri kalian jgn bermain spritual di luar diri , di luar banyak setan menyesatkan kalian. Jgn percaya omongan org … RK itu namanya banyak dgn berbagai gelaran, mau nama melati putih, melati ireng kek atau nama apalah jika, engkau melihatnya dari dalam sesungguhnya ya cuma satu. Leluhur itu berada di dlm Bumi yg makmur, jd makmurkan dulu bumi nya, siram dgn air yg bersih dan sejuk wahai mayat mayat bangunlah

      • Baca perlahan2 kalimat2 saya. Hehe mengklaim diri SP kok ora tajam blas.
        Siapa yang mengatakan KRK menempleng orang?
        Siapa yang mengatakan bahwa orang Yogja yang menempeleng KRK?
        Malah menyuruh saya bertanya kepada yang menempeleng, koplak.
        Saya bertanya kepada anda karena anda mengklaim diri bertemu KRK, mengklaim diri diberi wejangan ini itu.
        Ngapain saya bertanya kepada yang melakukan tindakan tersebut?
        La wong saya ada disitu kok. Haha.
        Saya bertanya karena anda mengklaim diri. Dan selalu.

        Haha anda paham? Menjawab dengan emosi menggebu hingga tumpul otak dan indera yang lain.

  21. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Celotehan tak ada manfaat
    Sosok ratu tk akan keluar dari kraton jika celitehan tak manfaat hanya menanyakan hal2 yg tak manfaat

    Hari rabu sy mencoba berkomunikasi dgn rob ku, wahai rob ku, waktu trs berjalan sekiranya Engkau akan menunjukan sesuatu hendaklah Engkau tunjukan kpd kami tanda2nya sebelum seauatu terjadi, sbgmn Engkau hendak mematikan hambamu juga demikian”
    Lalu rob ku menjawab “akan kami tunjukan tabda2 itu antara kamis dan jumat, jika itu tanda tdk ada mk sesuatu itu tdk akan terjadi, semua itu untuk sbg ingatan untuk manusia”
    Lalu hari kamis tanda itu terjadi di Aceh dan Garut gempa. Lalu apakah jum’at juga?
    Waktu terus berjalan tik tok tik tok

    • Kata siapa Ratu/Raja takkan keluar dari keraton?
      Hahaha.
      Siapa yang mengajari anda? Memangnya Ratu semut yang gk bakal keluar dari sarangnya?
      Hahaha.
      Td menggebu2 berbicara panjang lebar menyampaikan sana sini. Ditanya yang tidak tercatat tak mampu menjawab.

      Sekarang bicara dengan Allah. Jika memang sudah mampu berbicara dengan Allah lalu mengapa anda tidak diperjalankan ke kapal yang sudah tersedia oleh Allah dan ribut mencari pengikut?

      • Ratu sandal biru

        Saya itu bukan pak kusanto enak aja tuh beda bahasa beda tulisan beda orang y disamain dan saya wanita bukan laki2

      • Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

        Putri sendal itu memang tidak pandai membaca, pandainya menulis,
        apa yg ditulis itu membosankan org lain yg membacanya, itu maksud mrk …
        kalau saya mau muntah juga bosan

  22. Raden Anom Jaka Surya 101 alias kusanto

    Kamis, jum’at, sabtu, minggu, senin adlh nama2 hari … mudah2an tanda2 hari ini jumat di sulteng dan kamis di garut dan aceh ….
    nugel tanah jawa kari 1/2, rasanya pingin tidur, saat bangun, sesuatu telah berlalu.
    Semoga tdk terjadi, wahai rob, rakyat kelas bawah sdh susah … sabilulungan nusantara sdh waktunya, budak angon dan budak janggotan sdg pergi ke lebak cawene membuka lahan baru ntuk sabilulungan, nusantara jaya lagi, bumi nusantara subur lagi sebab rakyat jd giat berdzikir membasahi bumi yg gersang. Tanaman pun tumbuh ijo royo2

    • Krk…
      Percayalah pada diri sendiri
      Jangan .menduakan Tuhan
      Tuhamu ada pada dirimu sendiri…
      Masa iya ga waras waras orang 3 ini
      Joko suryo putri sendal dan panjalu..
      Silent

      Kasihan kamu ga waras waras

    • Alhamdulillah 3 hari sebelum pilpres situasi aman, msh spt yg lalu keadaannya dan mungkin skenario tuhan blm menambah daftar panjang jumlah nama presiden, RA/Sp masih ngumpet dan gunung2 dan bumi msh bersahutan menyambut datangnya. Menjelang tutup buku, nispu saban, buku catatan kita akan dibawa malaikat ke langit, di mlm tsb KRK menasehati anak cucunya agar dimalam sebelum dibawa buku catatan kita, mohonkanlah kpd Allah swt (1) panjang umur, (2) di limpahkan rizki dan (3) kuatkan iman islam. Betapa syangnya leluhur kita kpd anak cucunya. QS Ath – Thur 21 “walladzina amanu wa attaba’athum dzurri-yatuhum bi imanin alhaqna bihim dzuri-yatahum (tafsir surat ini adlh Allah memasukan anak cucu ke dalam surga lantaran kebajikan leluhur mrk). Bersyukurlah jika kita dipertemukan dgn leluhur kita sesuai surah tsb. Semoga catatan kita menjadi bersih dari noda (ditambah nanti dgn laku puasa di bln yg penuh kemuliaan) dan siap kita menghadapi hari ke depan yg penuh huru hara bencana alam semoga selamat dunia dan akherat, amiin, mohon maaf lahir bhatin

      • Kata siapa dia ngumpet?
        Perhatikan saja. Hehe

      • 3 hari sebelum dan sesudah nyoblos, pesan dari leluhur kudu waspada dan tidur jgn sore2 jaga keluarga, alasannya krn pd 3 hari tsb ada bul-bul atau hawa negatif, itulah catatan tulisanku di atas.
        Pesan tsb juga mirip dgn apa yg disampaikan mbah Panji yg tirakatan di Parangkusumo. Rupanya para sesepuh juga pd kumpul disana.
        Hari tlh berlalu, alhamdulillah tdk terjadi apa2 dan sehat wal’afiat.
        Mari kita lihat keanehan yg terjadi pd sekitar hari tsb
        Baru pertama kali ini ada pemilu yg memakan korban banyak petugas KPPS yang meninggal mungkin bisa sekitar lebih dari 500 org dan yang sakit masuk rumah sakit mungkin juga lebih dari 1.600 org yg tdk terekpos.

      • Menurut info leluhur 3 hr sblm pilpres dan legislatif, nasehatnya itu agar jaga2 jgn tidur sore jaga keluarga masing2 krn ada yg nyebarkan bul-bul (apa yah itu bul-bul? apa sihir atau apa yah) hawa negatif bs merusak otak dsb dan mungkin kematian. Saking seremnya dengerin petuah2 leluhur, yah akhirnya jd begadang deh aku. Tp berita agar jgn tidur sore2 di hr tsb rupanya petunjuk yg serupa juga diterima oleh beberapa org. Tanpa menuduh siapa yg berbuat atau penyebab meninggalnya ratusan petugas kpps perlu diinvestigasi krn dgn jumlah tsb tidak wajar, itu krn agar arwah mrk yg meninggal bisa tenang, bgmn jika mrk tdk tenang mrk bisa ikut demo krn meninggalnya juga lg ngurusin masalah politik, wallohu alam bisowab

    • Hendra Gunawan, SS

      Ya Allah ya Robbi korban pemilu 2019 ini sudah lebih dari 680 orang rakyat NKRI meninggal. Yang sakit jumlahnya ribuan. Ngampuro kayaknya Kang Sabdalangit dan teman2 yg ahli pengobatan medis dan non medis digrup ini harus kerja sama dengan para dokter untuk membantu mengobati para anggota KPPS yang sakit, agar korban yang meninggal tidak terus bertambah. Matur suwun. Woullohua’lam. Rahayu rahayu rahyu.

      • Dari sebelum pemilu, leluhur sdh bilang agar hati2, sptnya non medis, kudu melibatkan ahli non medis

  23. Hendra Gunawan, SS

    Mungkin maksudnya Putri Sandal Biru satu-satunya kandidat Ratu Adil yang lulus seleksi ya?. Sejak J. F. Kennedy dan Bung Karno disingkirkan. Dana trah sdh diubah oleh fungsinya oleh Grup Illuminati menjadi Letter of Credit/ LC lalu Kolateral. Nah bangsa Indonesia sdh tidak bisa lagi tarik dana dan harta trahnya sama seperti pemerintah Iran. Nah untuk bisa tarik dana tersebut satu2nya cara Indonesia harus kuat militernya spt RRC atau India. Harus kuat industri kita spt RRC atau India. India punya mobil nasional: Tata, RRC punya mobil nasional: Wuling. Nah coba Putri Sandal Biru juga buat mobil nasional ya. Semoga sukses. Rahayu rahayu rahayu.

    • Ms Hendra, bungkarno org kaya yah?
      kenapa waktu jaman bungkarno kok rakyat msh miskin? kan hartanya banyak?
      malah bungkarno msh berharap datangnya ratu adil yg ditunggu2 rakyat miskin.

      kalau baca2 sejarah, konon katanya harta2 tsb peninggalan nb sulaiman, lantas direbut para wali yg dipimpin oleh sultan demak (rajanya para wali) lalu harta tsb dititipkan kpd KRK (ini menurut kitab pangiwo panengen yg kitabnya diperpustakaan belanda).
      Namun KRK juga gk gampang menyerahkan kpd sembarang org, maksudnya benar2 org yg bersih hatinya. Bank swiss itu berdiri th kpan? lalu kapan bungkarno naruh harta tsb di bank swiss pdhl bungkarno juga gk bisa buka sandinya harta di bank swiss. Jika generasi akhir jaman bisa buka dokumen induk di bank swiss apa mungkin orgnya hidup di jmn generasi sekarang? pdhl itu org yg naruh di bank swiss hidup sejaman era sebelum bungkarno lahir, jgn2 ms Hendra itu pandai mendongeng? atau barangkali tokoh politik untuk memenangkan pilpres hrs pandai mendongeng agar rakyatnya gampang tidur terbuai mimpi? minta pencerahan ms Hendra

      • Kawin dulu biar tambah semangat.

      • Hendra Gunawan, SS

        Sumbangan Sultan Siak ke Bung Karno itu 10 juta Gulden, pampasan perang dari Jepang diberikan pada Bung Karno, belum sumbangan Daud Beureueh dari Aceh untuk Bung Karno, hasil nasionalisasi perusahaan2 Belanda, sumbangan para raja seperti PB 10, sumbangan HB 9, dll. Nah itu totalnya besar Bro. Disimpan Bung Karno kepada J. F. Kennedy. Tapi Bung Karno dan J. F. Kennedy disingkirkan oleh Grup Illuminati. Uangnya dibekukan terus diubah jadi Letter of Credit terus diubah lagi jadi kolateral. Makanya kita majukan ekonomi kita dgn industrialisasi 4.0. Baru kita punya duit terus ajukan kajian sejarah terus ajukan gugatan hukum ke Mahkamah Internasional. Gitu Bro. Woullohua’lam.

      • Hayo
        Mulai mikirin harta amanah
        Kalau bukan bagiannya ga usah pada sok pinter
        Kerja nyata
        Bukti nyata
        Cairkan kalau bisa..
        Ngobroooool pagadaganteh jang
        Waraslah suryo sendal jepit dan panjalu
        Ya alloh

      • Kerja nyata hm, seperti jargonnya seseorang mengklaim diri Ratu Adil di tahun 2014 ya..?
        Ga bisa membuka ya?
        Takut terbongkar ya?
        Haha.

      • Kerja Nyata hm, seperti jargonnya seseorang yang mengklaim diri Ratu Adil di tahun 2014 ya..?
        Ga bisa membuka ya?
        Takut ketahuan ya?
        Kami sangat mengetahui dan mengenal siapa kalian.
        Begitu juga kalian. Kalian mengenal kami. Namun kalian tidak mengetahui dan tidak menyadari.

      • Ratu Sandal Biru

        Penjenengan sampean2 kok pada saling menuduh aneh deh arah tujuan pembicaraan gak jelas banget??!

        Pdhl nih ya Bapak Presiden pertama Ir Soekarno itu masih hidup dan beliau sering keliling dunia karena istri anak keturunannya ada disetiap negara2 dunia !!

        Jika saya kandidat Satu2nya yang lolos seleksi jejernya RATU ADIL
        Diantara 7(tujuh) WANITA PILIHAN diantaranya artis Desi Ratnasari, Karina Kartika putrinya Ir Soekarno dan putri2 lainnya yang gak terpilih/lulus.
        Akan tetapi kemungkinan juga sa
        ya bisa ikut gugur bahkan bisa menjadi musuh Tuhan yang Maha Esa menjadi pengikut dajjal laknatullah maka dari itu saya pasrahkan total kepada Allah SWT yang penting mah saya bisa menjadi istri sholehah dan bisa menjalani visi&misi hidup rumah tangga dengan suami saya hingga bahagia dunia-akherat aamiin

      • Ratu Sandal Biru

        Haduh om om semua yang menyimak dengarkan saya baik2 yah !!
        saya mah gak terobsesi jadi RATU ADIL apalagi suami saya juga sama gak terobsesi jadi SP (satrio piningit) tapi yang jelas SP&RA itu sepasang suami istri.
        Kami mah tugasnya MEMBERANTAS ANGKARA MURKA karena suami saya juga dulu dialam sono(ghaib) sudah BERTEMU DENGAN RATU ADIL, SATRIO PININGIT, BUDAK ANGON DAN IMAM MAHDI jadi beliau berempat itu yang menemui suami saya bukan suami saya yang menemui sosok empat ini !!
        Suami saya itu sudah diangkat menjadi petugas teras SP (pusat) diantara 7 ksatria LAKI2 PILIHAN hanya suami saya juga yang lulus seleksi sukses akherat (WUSHUL) sampe sudah melewati jempatan siratol mustaqim secepat kilat.
        Sekarang mah tinggal fokus gantian sukses dunia seperti dicontohkan Rasulullah SAW dengan Ibunda Siti Khadijah ra semasa itu siti khadijah fokus akherat diusia 40th sevisi&misi dengan Rasulullah SAW prioritas akherat dan sama2 /bareng juga untuk mengapai sukses dunia bisa kaya raya untuk beramal sholeh.

    • Ngomongin aku yah? lain dgn surya dong, sdh sering buka, menikmati, disumbangkan anak yatim piatu rutin.
      Ms Hendra, sumbangan bungkarno itu kan bisa dicairkan waktu dia jd presiden (lama lho beliau jd presiden) sampai sekarang org2 bungkarno yg pd megang dokumen bodong udah banyak yg wafat

      • Ratu Sandal Biru

        Pak kusanto keliatan bodohnya yah yang namanya dana Amanah atau ada yang bilang dana aminah itu kan amanah/dapat dipercaya berarti harus sesuai perjanjian waktunya dong dicairkan.
        Beliau Ir Soekarno itu lagi sedang menunggu seorang TOKOH YANG AMANAH yang kalian sebut2 setiap hari SP&RA untuk menyerahkan dana tsb yang dijaga oleh Budak angon di Swiss.

      • Org kalau gk tahu itu jgn mengira-ira sok tahu

      • Gak ada hubungannya dgn sukarno, sukar no msh hidup aja gak bisa cairkan kok nunggu2 beliau.
        Dana amanah itu gk mesti ke swiss,
        emangnya swiss itu dimana putri?

      • Yg bodoh itu tuan putri
        Tak ada hubungannya dgn sukarno, sukar no msh hidup aja gak bisa cairkan kok nunggu2 beliau.
        Dana amanah itu gk mesti ke swiss,
        emangnya swiss itu dimana putri?

      • Ratu Sandal Biru

        Ydh berarti pak kusanto ini orangnya sok pintar banget tapi beliau banyak sekali yang berani mengaku2 sebagai SP&RA di youtobe makin banyak pendatang baru biarin aja biar makin rame dunia persilatan jeh jadi gak usah pusing itu udah aturannya dari Tuhan biar SP&RA yang Asli tetap tersembunyi tidak diketahui sembarang orang

      • Tambah kacau tulisannya bu putri, sok pinter, Sp/Ra itu tersembunyi di dlm diri manusia di dlm hati yg paling dalam, hanya yg beruntung yg menjumai adlh yg memilki tingkat kesadaran akan jati dirinya.

      • Ratu Sandal Biru

        Makin menggila aja sanggahan pro-kontra pak kusanto kayak makin kebelet banget jadi sosok SP&RA jadi Tenang aja pak kusanto kalo udah miliknya ngapain juga takut direbut semua orang mengaku/menyandang SP&RA
        Saya sudah menikah jadi gelarnya bukan putri lagi tapi NYIMAS RATU SANDAL BIRU

      • Semoga kalian cepet waras
        ..
        Fokus pilpres
        Yang bikin ribut dimakan BK
        Batara Karang..

        Yang menjajah negara ini ada 3 dari zaman dulu
        India
        China
        Arab

      • Kebo bule ngga disebut?
        Salah satu dari kebo bule?

      • Nyimas Sandal Biru

        Udah yah SP&RA itu RAHASIA TUHAN yang namanya RAHASIA yang belum waktunya dibuka jadi rahasia ya tetap rahasia sampai akhirnya Tuhan sendiri yang membuka rahasianya !!

      • Syukur kamu waras nyimas sandal biru
        Semoga suryo panjalu dan jepit pada waras
        Simpanlah energi kalian baik baik
        Menjelang kemunculan manusia neon
        Diangkasa jagad raya
        Bergemuruh
        Amienn

      • Budak angon?
        Mosok tidak tau siapa saya?
        Saya tidak waras atau anda yang tidak mampu menjangkau wawasan saya?
        Ojo gonta ganti jeneng ta wah. Hehe.

      • Nyimas Sandal Biru

        Rahasia bagi umum
        Tapi bagi petugas2Nya mah bukan Rahasia lagi dong sudah pakemnya gtu…
        Saya mah dari lahir sampe sekarang masih waras2 aja

  24. Salam Sejahtera…

    Salam Hormat dan Persaudaraan untuk sedoyo Panjenengan…

    Salam Lingsir Wengi..

    Rahayu

    • Hendra Gunawan, SS

      Ikut duka cita pada para korban pemilu 2019. Konon yg meninggal diprediksi lebih dari 480 orang. Semoga mereka mendapat pahala orang2 sholeh. Secepatnya Pak Presiden dan Pak Prabowo bertemu untuk mendinginkan swasana diNKRI. Pas ini bulan Ramadhan bulannya silaturahmi, bulannya kesabaran, bulannya kejujuran, bulan perdamaian, dan bulan yang penuh berkah. Aamiin. Rahayu…rahayu…rahayu.

      • Ma Hendra, apa bener konon kabarnya angka 1 juta akan dipensiunkan krn kinerjanya sdh kurang produktif, ikut sedih juga sy

      • Tak ada persahabatan kepada orang2 jahat. Jika orang2 jahat ingin mendapatkan kebaikan maka seharusnya dari dulu berbuatlah baik dan benar.

        Janganlah engkau mencampuradukkan antara yang haq dan yang batil.
        Yang haq katakanlah haq.
        Batil katakanlah batil.

        Budak angon ingin kawin.
        Kehancuran dan kebinasaan bagi para penjahat.
        Telinga budak angon telah ditutup. Hanya akan mendengar dan mematuhi perintahNya.

        Waktu telah diberikan.
        Portal telah dibuka lebih lebar.

      • Bulan ramadhan adalah bulan kawin.
        Bulan perjuangan.

  25. Baik untuk guru honorer ataupun PNS di bidang apa saja yg jelas kalau menurut saya hilangkan dulu budaya “mbayar” saat masuknya, krena rata2 mnrut pnilaian dan sudah menjadi rahasia umum ( kecuali tentu saja org2 munafik yang menyangkalnya) saya lihat dari 10 orang PNS kbanyakan yg 7 orang “titipan” ( ada yg bawa & tdak gratis, byar 100an jt lbih) yg 3 orang murni tes CPNS. Kalau budaya itu msih ada maka kualitas SDM yg ada patut dipertanyakan kembali. & bagaimana negeri ini bisa Jaya kembali apabila seorang yg tidak layak bisa menjadi seorang calon pejabat, krena dia punya banyak uang untuk “nyogok” masuk, otomatis secara rasio penalaran standardnya juga setelah menjadi PNS pun akan berpikir & mencari cara bagaimana bisa balik modal. Sedangkan gaji nya pun blum mencukupi untuk memenuhi kebutuhannya, akhirnya timbullah korupsi dslam berbagai ragam cara & tekniknya.
    Sebaiknya Penggal & bunuh dulu akar permasalahannya, bukan penggal yg mengkritisi karena takut aib terbongkar.
    Rahayu…rahayu

    • Hendra Gunawan, SS

      Semoga saja Bapenas juga mau meriset Magelang-Kedu sebagai salah satu calon ibukota baru NKRI. Kereta Cepat, LRT, MRT, underpass, sistem drainase, pertahanan rudal Patriot dan S-400, bunker2, solar sel, dll bisa dibangun hingga Magelang-Kedu. Aamiin. Rahayu…rahayu…rahayu…

  26. sulisno pratomo

    selamat dan sukses bagi yang menulis 👍Bagus artikelnya dan semuanya tidak ada yang salah dan pasti terjadi dan sudah terjadi bagi yang punya indra perasa batin yang kuat untuk melihat apa yang tersirat ramalan jaya baya ”
    kalau orang sekarang otaknya masih banyak mikir duniawi gak bakalan faham dan tidak akan pernah mengerti dan cuma akan jadi bahan candaan saja tentang Satria Piningit yang sejatinya benar dan sudah muncul di nusantara ‘ semoga pada sadar akan HIDUP setelah MATI dan awal manusia Tidak ada dan ada dan kembali tidak ada ☝

    • Hendra Gunawan, SS

      Ya Gusti Allah korban pemilu sdh lebih dari 580 orang meninggal. Yang sakit ribuan orang jumlahnya. Situngnya juga kadang2 masih ada yang eror. Harus secepatnya diadakan audit dan dievaluasi pemilu 2019. Rahayu rahayu rahayu.

      • ramalan anak indigo yakni Cecilia Theresiana “menjelang pilpres ada bencana, ibaratnya kunci telah dipasang tinggal di … “, ramalan tsb adalah yg dimaksud adalah tragedi ini? 580 org lebih korban yg meninggal dan 3 ribu dirawat di rumah sakit. Mungkin ada unsur kejahatan

      • Hendra Gunawan, SS

        Nah hasil sidang MK sudah menetapkan Presiden dan Wapres 2019-2024. Selamat bekerja membangun negara. Bangkitkan kejayaan Krakatau Steel sebagai industri baja nasional. Usut terus kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia, Hambalang, Century, e-ktp dll. Wujudkan masyarakat yg adil dan makmur. Merdeka. Rahayu rahayu rahayu.

  27. Hendra Gunawan, SS

    Pertemuan Presiden dan Pak Prabowo yg pertama dan utama adalah harus membahas audit dan evaluasi pemilu 2019. Mengapa sampai banyak korban?. Mengapa terjadi salah input data sampai berkali-kali dsb. Semoga Gusti Allah memberkahi kita semua. Aamin. Rahayu rahayu rahayu.

    • Kesalahan input itu ada pasalnya.
      Maka bisa dipastikan pemilu kali ini hasilnya adalah apa.
      Jadi, budak tumbal akan jatuh akibat ulah, kejahatan dan ambisinya sendiri.
      Mereka berusaha mencari cara agar lawannya yang dipersalahkan, justru mereka sendiri yang akan dipersalahkan karena kesalahan dan kejahatan mereka sendiri.

      Orang2 jahat yg pinter keblinger merasa mampu mengalahkan BA dan RA?
      Lucu. Hehe.

  28. Hendra Gunawan, SS

    Nuwun sewu saya orang bodoh mau nanya atau ngangsu ilmu. Aturan sidang Mahkamah Konstitusi/ MK mengharuskan untuk mendatangkan saksi dari setiap tps yg dianggap bermasalah. Nah kalau jumlah tps yg dianggap bermasalah ada ratusan ribu berarti perlu ratusan ribu saksi/ orang datang ke Jakarta/ sidang MK. Apakah ini termasuk people power atau bukan ya. Tks atas jawabannya. Rahayu…rahayu…rahayu.

    • 1 orang sudah dinamakan people power
      1 hewan dinamakan animal power
      Jika banyak maka menggunakan ‘s

      Didiskualifikasi karena syaratnya harus sudah resign dari BUMN

      Legitimasi sudah dibawah nol. Memaksakan diri dengan legitimasi dibawah nol?

    • Yang Unlike komentar2 siapa ya? Hahaha. Ta muncul mengeluarkan pendapat2nya namun kok tidak menyukai komentar orang lain. Jika berani demikian maka seharusnya berani mengeluarkan argumentasinya.

  29. Kolektor KAMPRET

    Ratu adil masih lama datangnya.
    Yang sedang memimpin sekarang hanyah satria sumelo atur

    • Hendra Gunawan, SS

      Insya Allah Ratu Adil ya nunggu Presiden RI ke-8. Baru era Budak Angon terus Budak Jenggotan terakhir Imam Mahdi. Ciri Mereka: makin lama makin dekat daerah kelahirannya dengan Gunung Lawu-Merapi-Segara Kidul. Woullohua’lam. Rahayu…rahayu…rahayu….

  30. Masa Bersiap 1945-1949

    Ratu adil tidak akan pernah datang.

    • Tidak pernah datang atau tidak mengetahui orangnya dan tidak mengetahui ciri kedatangannya?

      • Ratu Adil Trade War USA vs China

        Tidak datang kisanak, visanya ratu adil lupa di cap pas berangkat, jadi ketahan di imigrasi langit ke tiga, disuruh balik lagi.

      • Hehe budak mataram sedang bercakap rupanya dengan saya. Perhatikan itu bos2mu porak poranda.

    • Ratu adil telah datang dan si pengaku2 bingung dan ketakutan hingga meralat ucapannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: