MEMBEDAH ALAM FIKIRAN SITI JENAR

TANYA JAWAB DENGAN SYEH SITI JENAR

 

     Ajaran Syekh Siti Jenar dikenal sebagai ajaran ilmu kebatinan. Suatu ajaran yang menekankan aspek kejiwaan dari pada aspek lahiriah yang kasat mata. Intinya ialah konsep tujuan hidup. Titik akhir dari ajaran Siti Jenar ialah tercapainya manunggaling kawula-Gusti. Yaitu bersatunya antara roh manusia dengan Dzat Allah. Paham inilah yang hampir sama dengan ajaran para zuhud, wali dan orang-orang khowash. Zuhud banyak dijumpai dalam dunia tasawuf. Mereka merupakan orang-orang atau kelompok yang menjauhkan diri dari kemewahan dan kesenangan duniawi. Sebab mereka mempunyai tujuan hidup yang lebih utama, yakni ingin mencapai kesucian jiwa atau roh.

     Inti ajaran Syeh Siti Jenar adalah pencapaian spiritualitas yang tinggi dalam penyatuan antara makhluk dengan Dzat Pencipta, yang lebih populer disebut sebagai manunggaling kawula-Gusti. Bagian-bagian dari ajaran itu adalah meliputi penguasaan hidup, pengetahuan tentang pintu kehidupan, tentang kematian, tempat kelak sesudah ajal, hidup kekal tak berakhir, dan tentang kedudukan Yang Mahaluhur. Paham yang hampir senada dengan falsafah Jawa kuno.

Suatu ketika Syeh Siti Jenar mengajarkan ilmu kepada para murid-muridnya. Syeh Siti Jenar berkata,”Manusia harus berpegang pada akal, meyakini pula dua puluh sifat yang dimiliki Allah”. Antara lain yakni; wujud, tak berawal, tak berakhir, berlainan dengan barang baru, berkuasa, berkehendak, berpengetahuan, memiliki ilmu secara hakikat dan sebagainya. Para santri mengajukan pertanyaan- pertanyaan sebagai berikut;

 

Tentang Ketuhanan

 

M (murid) ; Apakah wujud dari Tuhan itu dapat dimiliki oleh manusia ?”

S (Syeh Jenar) ; Memang, sifat wujud itu bisa dimiliki manusia dan itulah inti dari ajaran ini. Selama manusia mampu menjernihkan kalbunya, maka ia akan mempunyai sifat-sifat itu. Sifat tersebut pun sudah kumiliki. Kalian bisa melakukannya dengan mengamalkan apa yang hendak kuajarkan. Allah adalah satu-satunya yang wajib disembah. Dia tidak tampak dan tidak berbentuk. Tidak terlihat oleh mata. Sedangkan alam dan segala isinya merupakan cerminan dari wujud Allah yang tampak. Seseorang bisa meyakini adanya Allah karena ia melihat pancaran wujudNya melalui jagad raya ini. Allah tidak berawal dan berakhir, memiliki sifat langgeng, tak mengalami perubahan sedikitpun. Allah berada di mana-mana, bukan ini dan bukan itu. Dia berbeda dengan segala wujud barang baru yang ada di dunia.

 

M         ; Wahai Kanjeng Syeh, jelaskan kepada kami tentang hakikat kodrat !

S         ; Kodrat adalah kekuasaan pribadi Tuhan. Tak ada yang menyamainya. KekuatanNya tanpa sarana. kehadiranNya berasal dari ketiadaan, luar dan dalam tiada berbeda. Tak dapat ditafsirkan. Jika engkau menghendaki sesuatu maka pasti kalian rencanakan matang-matang dan pasti pikirkan berulang-ulang. Itupun masih sering meleset. Namun Allah tidak demikian, bila menghendaki sesuatu tak perlu dipersoalkan terlebih dahulu.

 

M         ; Kalau begitu Allah tidak memerlukan sesuatu ?

S         ; Benar Allah tidak memerlukan sesuatu. Karena itu jika kalian hidup tanpa memerlukan sesuatu, tanpa butuh harta benda, tanpa butuh jabatan, tanpa butuh pujian, maka kalian akan merasakan hidup yang sesungguhnya. Kalian akan memiliki sifat Allah tersebut.

 

M         ; Kalau manusia menghindari sesuatu dan merasa tidak memerlukan apapun, apakah akhirnya dapat disamakan dengan Allah ?

S         ; Tidak ! walaupun manusia hidup tanpa bergantung sama sekali kepada duniawi, namun ia tetap berbeda dengan Allah. Tidak bisa disamakan dengan Tuhan. Allah adalah pencipta dan kalian adalah yang diciptakan. Allah berdiri sendiri, tanpa memerlukan bantuan. Hidupnya tanpa roh, tidak merasa sakit dan kesedihan, Allah muncul sekehendaknya.

 

M         ; Jika Allah berkehendak, maka apakah kehendak seseorang itu karena kemauan Allah ?

S         ; Untuk sampai pada jawaban itu, kita harus membedakan seseorang mana. Manusia itu dibedakan menjadi beberapa tingkatan. Ada yang awam, ada  yang khowash. Orang awam hanya beribadah secara syariat, tanpa dapat memelihara kalbu, maka ia masih jauh bisa berhubungan dengan Allah. Sedangkan orang-orang khowash, termasuk para nabi, rasul, dan waliyullah, mereka beribadah secara utuh. Bahkan sampai pula pada tingkatan hakikat. Kalau kalbunya sudah bersih dari duniawi dan menyatu dengan cahaya Ilahi, maka kehendak dan kemauannya itu berasal dari Allah. Perbuatannya adalah perbuatan Allah. Maka jangan heran jika ada orang yang diberi karomah sehingga segala ucapannya menjadi bertuah.

 

M         ; Kalau begitu, ibadahnya orang yang sudah khowash itu merupakan kehendak Allah ?

S         ; Benar ! mereka mempunyai kejernihan akal budi. Memiliki kebersihan jiwa dan ilmu. Shalat lima waktu dan berzikir merupakan kehendak yang sangat dalam. Bukan kehendak nafsunya, namun kehendak Allah. Semangatnya sedemikian besar. Mereka shalat tidak mengharapkan pahala, tetapi merupakan suatu kewajiban (diri) dan pengabdian. Badan haluslah yang mendorong untuk menjalankan.

 

M         ; Banyak orang melakukan shalat tetapi tidak menyentuh kepada Yang Disembah. Ini bagaimana ?

S         ; Memang banyak orang yang secara lahiriah tampak khusuk shalatnya. Bibirnya sibuk mengucapkan zikir dan doa-doa, namun hatinya ramai oleh urusan duniawi mereka. Islam yang demikian ini ibarat kelapa, mereka hanya makan serabutnya. Padahal yang paling nikmat adalah buah/daging kelapa dan air kelapanya. Mereka sembahyang lima waktu sebatas lahiriah saja. Tidak berpengaruh sama sekali kepada akal budinya. Padahal sembahyang itu diharapkan dapat mencegah keji dan munkar namun mereka tak mampu melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalaupun hakikat shalatnya itu membekas pada budinya itupun hanya sedikit. Buat apa sembahyang lima kali jika perangainya buruk ? masih suka mencuri dan berbohong. Untuk apa bibir lelah berzikir menyebut asma Allah, jika masih berwatak suka mengingkari asma. Kadang-kadang pula mereka berharap pahala. Shalatnya saja belum tentu dihargai oleh Allah, tetapi buru-buru meminta balasan,…..aneh!

 

M         ; Wahai Syeh, ada hadits Rasulullah yang menyebutkan bahwa amal hamba yang pertama kali diperhitungkan adalah sembahyang. Jika sembahyangnya baik, maka semua dianggap baik. Ini bagaimana ?

S         ; Itu perlu ditafsirkan. Tidak boleh dipahami secara dangkal makna dari hadits tersebut. Hadits itu mengandung logika sebagai berikut; Orang yang tekun mengerjakan sembahyang dengan sempurna, maka perilaku, budi pekerti dan kalbunya juga harus terpengaruh menjadi baik. Sebab sembahyang yang dilakukan dengan jiwa yang bersih akan berpengaruh pula bagi cabang kehidupan lainnya. Lebih lanjut Syeh Siti Jenar mengatakan; sebaliknya hadits itu tidak berlaku bagi orang yang tekun mengerjakan sembahyang tetapi hatinya masih kotor, tersimpan keinginan-keinginan nafsu misalnya ingin dipuji orang lain, terdapat ujub dan sombong, serta budinya menyimpang dan menabrak tatanan yang dilarang.

 

M         ; Apakah ada tuntunan mengenai pakaian seseorang yang sedang melakukan sembahyang ?

S         ; Sesungguhnya aku (Syeh Siti Jenar) tidak sependapat jika ada orang yang mengenakan pakaian gamis dan meniru-niru pakaian orang Arab dalam melakukan shalat. Jika selesai shalat, jubah atau gamis itu dilepaskan. Sedangkan shalat orang tersebut tidaklah menyentuh hatinya. Meskipun berlama-lama merunduk di masjid, namun masih mencintai duniawi. Sembahyang yang pakaiannya kedombrangan, merunduk di masjid berlama-lama sampai lupa anak istri. Sedangkan ia masih menyintai duniawi dan mengumbar nafsu manusiawinya. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, ia seringkali menyusahkan orang lain. Maka orang yang demikian itu tidak terpengaruh oleh sembahyang yang dilakukan. Biasanya tipe orang seperti itu sibuk menghitung pahala. Dia sangat keliru dan bodoh. Pahala yang masih jauh tetapi diperhitungkan. Sungguh, sedikit pun tak akan dapat dicapainya.

 

M         ; Dzat Yang Luhur dan Sejati itu sesungguhnya siapa, wahai Syekh ?

S         ; Gusti Allah. Gusti Allah adalah Dzat yang tinggi dan terhormat. Ia memiliki dua puluh sifat, semua timbul atas kehendakNya. Ia mampu mencurahkan ilmu kebesaran, kasampurnan, kebaikan, keramahan, kekebalan dalam segala bentuk, memerintah umat. Dapat muncul di segala tempat dan sakti sekali. Aku (Syekh Siti Jenar) merasa wajib dan menuruti kehendakNya. Sebagaimana ajaran jabariyah, dengan kesungguhan dan konsekuen, selalu kuat cita-citanya, kokoh tak tergoyahkan terhadap sesuatu yang tidak suci, berpegang teguh kepadaNya selama hidup, tak akan menyembah terhadap ciptaanNya, baik dalam wujud maupun dalam pengertian.

 

M         ; Mengapa Kanjeng Syekh dianggap oleh para wali sebagai wali murtad ?

S         ; Karena ajaranku tidak mudah dipahami orang awam.

 

M         ; Bagaimana ajaran Kanjeng Syeh yang dianggap sesat ?

S         ; Aku adalah penjelmaan dari Dzat Luhur, yang memiliki semangat, sakti, dan kekal akan kematian. Dengan hilangnya dunia Gusti Allah telah memberi kekuasaan kepadaku dapat manunggal denganNya, dapat langgeng mengembara melebihi kecepatan peluru. Bukannya akal, bukannya nyawa, bukan penghidupan yang tanpa penjelasan dari mana asalnya dan kemana tujuannya.

 

M         ; Apa hubungannya antara kanjeng Syeh Siti Jenar dengan Allah, yang kau sebut sebagai Dzat sejati ?

S         ; Dzat yang sejati menguasai wujud penampilanku. Karena kehendakNya maka wajarlah jika aku tidak mendapat kesulitan. Aku bisa berkelana ke mana-mana. Tidak merasa haus dan lelah, tanpa sakit dan lapar, karena ilmu kelepasan diri, tanpa suatu daya kekuatan. Semua itu disebabkan jiwaku tiada bandingannya. Secara lahiriah memang tidak berbuat sesuatu, tetapi tiba-tiba sudah berada di tempat lain. Gusti Kang Murbeng Dumadi (Allah) yang kuikuti, kutaati siang malam, yang kuturut segala perintahNya. Tiada menyembah Tuhan lain, kecuali setia terhadap suara hati nuraniku. Allah Mahasuci.

 

M         ; Wahai Syeh jelaskan apa yang di maksud bahwa Allah itu Maha Suci ?

S         ; Allah Mahasuci itu hanyalah sebatas istilah saja. Merupakan nama saja. Sebenarnya hal itu dapat disamakan dengan bentuk penampilanku. Jika kalian melihatku, maka tampak dari luar sebagai warangka (kerangka), sedangkan di dalamnya adalah kerisnya (intinya) Hyang Agung, yang tak ada bedanya dengan kerangka. Tuhan itu wujud yang tidak dapat dilihat dengan mata, tetapi dilambangkan seperti bintang yang bersinar cemerlang.  Sifat-sifatNya berwujud samar-samar bila dilihat, warnanya indah sekali seperti cahaya.

 

M         ; Di manakah Tuhan berada ? kami membayangkan Dia ada di langit ke 7 dan bersemayam di atas singgasana layaknya raja.

S         ; Siti Jenar mendadak tertawa. Setelah tertawanya reda, ia berkata, “Itu salah besar, itu kebodohan. Sesungguhnya Tuhan tidak berada di langit ketujuh dan tidak bertahta di singgasana atau arsy (Kursi). Bila kalian membayangkan demikian, maka hati kalian sudah musyrik. Berdosa besar. Karena kalian menyamakan Dia dengan raja atau dengan penguasa.

 

M         ; Kami jadi bingung, Kanjeng Syekh, lantas Tuhan itu ada di mana ?

S         ; Kalau kalian bertanya demikian, maka jawabnya mudah.  Gusti Allah itu tidak kemana-mana, tetapi ada di mana-mana.

 

M         ; Kami semakin tak mengerti. Bisakah Kanjeng Syeh memberi penjelasan yang lebih gamblang ?

S         ; Gusti Allah itu berada pada dzat yang tempatnya tidak jauh. Dia bersemayam di dalam tubuh kita. Tetapi hanya orang yang khowash, orang yang terpilih dapat melihat. Tentunya dengan mata batin. Hanya mereka yang dapat merasakannya.

 

M         ; Apakah Allah itu berupa roh atau sukma ?

S         ; Bukan roh dan bukan sukma. Allah adalah wujud yang tak dapat dilihat oleh mata, tetapi dilambangkan seperti bintang-bintang bersinar cemerlang. Sudah kukatakan tadi, warnanya indah sekali. Ia memiliki dua puluh sifat seperti; sifat ada, tak berawal, tak berakhir, berbeda dengan barang-barang yang baru, hidup sendiri dan tidak memerlukan bantuan dari sesuatu, berkuasa, berkehendak, mendengar, melihat, berilmu, hidup dan berbicara. Sifat Gusti Allah yang duapuluh itu terkumpul menjadi satu wujud mutlak yang disebut dengan Dzat. Sifat duapuluh itu juga menjelma pada diriku. Karena itu aku yakin tidak akan mengalami sakit dan sehat, punya budi kebenaran, kesempurnaan, kebaikan dan keramahan. Roh ku memiliki sifat duapuluh itu, sedangkan ragaku yang lahiriah memiliki sifat nur Muhammad.

 

M         ; Wahai Syekh, bukankah Muhammad SAW itu seorang nabi. Apakah Syekh mengaku sebagai Nabi ? Sedangkan dikatakan bahwa setelah nabi Muhammad, di dunia ini tidak ada kenabian lagi ?

S         ; Jangan salah menafsirkan kata-kataku. Jika salah, maka kau akan sesat dan timbul fitnah. Tentu saja memfitnah diriku. Begini, bahwa rohku adalah roh Ilahi. Karena aku pun memiliki sifat duapuluh. Sedangkan badan wadag ku, jasadku ini, adalah jasad Muhammad. Dari segi lahiriah Muhammad adalah manusia. Namun manusia Muhammad berbeda dengan orang kebanyakan. Muhammad memiliki jasad yang kudus, yang suci. Aku dan dia sama-sama merasakan kehidupan, merasakan manfaat panca indera. Dan panca indra itu hanyalah meminjam.  Jika sudah diminta kembali oleh Pemiliknya akan berubah menjadi tanah yang busuk, berbau, hancur dan najis. Nabi atau wali, jika sesudah kematian jasadnya menjadi tak bermanfaat. Bahkan berbau, kotor, najis, busuk dan hancur. Warangka jika sudah ditinggalkan kerisnya maka tiada guna.

 

M         ; Jika seseorang sudah mati, berarti selesai sudah kehidupannya ?

S         ; Siapa bilang begitu ? Tidak ! meskipun jasadnya mati, tetapi sebenarnya ia tidaklah mati. Karena itu, kalian semua harus mengerti bahwa dunia ini sesungguhnya bukanlah kehidupan. Buktinya ada mati. Di dunia ini, kehidupan disebut kematian. Coba rasakan ! Aku mengajarkan kepada kalian untuk tidak menyintai dunia ini dan tidak terpesona terhadap keindahannya. Carilah kebenaran dan kebahagiaan sejati demi kehidupan mendatang, kehidupan setelah kematian. Kalian akan berarti jika telah menemui kematian dan hidup sesudah itu. Engkau harus memilih hidup yang tak bisa mati. Dan hidup yang tak bisa mati itu hanya kalian rasakan setelah nyawa terlepas dari badan. Kehidupan itu akan dapat dirasakan dengan tanpa gangguan seperti sekarang ini. Ketahuilah, hidup yang  sesungguhnya adalah setelah nyawa lenyap dari badan.

 

M         ; Agar dapat meraih kehidupan dalam kemuliaan  sejati kelak, dalam kehidupan di dunia ini dibutuhkan kebenaran dan kebahagian sejati. Bagaimanakah cara mendapatkannya Kanjeng Syekh ?

S         ; Jiwa manusia adalah suara hati nurani. suara hati nurani merupakan ungkapan Dzat Allah yang harus ditaati perintahnya. Maka ikutilah hati nuranimu.

 

M         ; Bagaimana caranya meyakinkan bahwa suatu bisikan adalah suara hati nurani yang sesungguhnya ?

S         ; Kalian harus cermat, karena hati nurani berbeda dengan akal budi,  jiwa itu milik Allah, sedangkan akal milik manusia.  Akal bersifat manusiawi, karena itu kadang-kadang akal tak mampu menemukan keajaiban Allah. Kehendak, angan-angan, ingatan, merupakan suatu akal yang tak kebal atas kegilaan. Suatu ketika akal bisa menjadi bingung sehingga membuat seseorang lupa diri. Akal seringkali tidak jujur. Siang malam membuat kepalsuan demi memakmurkan kepentingan pribadi.

 

M         ; Bukankah manusia menjadi lebih mulia jika dibandingkan dengan makhluk lainnya, karena manusia diberi akal oleh Allah ?

S         ; Ya, itulah yang membedakan. Tapi jangan lupa bahwa akal seringkali tidak jujur. Sering bersifat dengki, suka memaksa, melanggar aturan, jahat, suka disanjung-sanjung, sombong, yang ahirnya membuat manusia justru tidak berharga samasekali. Lebih hina dari makhluk lainnya.

 

M         ; Jadi kita harus menggunakan akal sesuai dengan jiwa atau kehendak Allah ?

S         ; Ya, benar. Jika seseorang mampu mengendalikan akalnya dengan ajaran Allah, dengan kebenaran, dan dengan jiwa yang bersih, maka ia bermanfaat. Menjadikan diri lebih mulia.

 

M         ; Apa yang menghalangi seseorang sehingga gagal dalam dalam menempuh manunggaling kawula-Gusti ?

S         ; Jangan mementingkan kehidupan duniawi. Sebab kehidupan duniawi yang kalian jalani penuh kotoran. Akal kalian mudah tercemar dengan kotoran sifat dan mudah dikuasai oleh nafsu, sehingga menghalangi kalian untuk bisa menuju pada tahap manunggaling kawula-Gusti.

 

M         ; Di dunia ini ada yang cantik, tampan dan gagah. Bagaimana kedudukan orang-orang tersebut jika kelak telah terlepas rohnya ?

S         ; Kalian jangan menyintai dan mengagumi bentuk yang cantik, tampan atau gagah. Sebab sebenarnya badan wadag (jasad) laksana sangkar yang mengurung jiwa. Badan wadag merupakan beban yang memberatkan dan menyakitkan roh kalian.

 

M         ; Wahai Syekh, benarkah sesudah kematian ada surga neraka ?

S         ; Para wali memang mengajarkan demikian. Inilah ajaran yang justru menurutku menyesatkan karena terlalu dangkal. Para wali hanya mengajarkan “serabut” atau kulitnya, tidak sampai pada isinya; tidak sampai pada hakikat yang sebenarnya. Para wali mengajarkan bahwa surga dan neraka hanya dijumpai kelak setelah kiamat. Adanya di akherat. Dan orang-orang awam menelan mentah-mentah keterangan itu. Siksa kubur hanya dijumpai dan dirasakan badan wadag ketika di tanam di kuburan. Para wali memang bertujuan baik, tetapi diputus sampai di situ. Mereka enggan menjelaskan lebih dalam dan lebih sampai pada makna yang hakiki.

 

M         ; Kalau menurut Syekh bagaimana ?

S         ; Begini, untuk menemui dan merasakan surga dan neraka maka seseorang tidak harus menunggu sampai mati atau sampai datangnya kiamat. Di dunia ini saja kita sudah dapat merasakan surga dan siksa neraka. Karena sesungguhnya surga dan neraka itu berada di dalam jiwa kalian.  Berada di dalam jiwa setiap manusia yang bernafas. Jika jiwa manusia telah bersih dari gangguan hawa nafsu dan dapat menyatu dengan Gusti Allah, maka di dunia ini ia akan merasakan suatu kenikmatan surga. Jika budi kalian, misalnya menolong orang lemah, lalu hati menjadi ikhlas dan puas,  maka itulah yang disebut surga. Sedangkan neraka, perwujudannya adalah jika hawa nafsu telah menguasai diri seseorang. Kemudian jiwanya meronta dan merasa bersalah. Maka dia tentu tersiksa. Ia tidak bisa tidur, gelisah pikirannya, sedih dan bermacam-macam rasa tak enak. Itulah yang dinamakan neraka.

 

M         ; Jadi surga dan neraka di akherat tidak berlaku ? maksud kami tidak ada ?

S         ; Surga dan neraka di hari kiamat, di akherat kelak, sudah diterangkan dalam Al Quran. Itu perkara gaib dan erat kaitannya dengan iman. Kalian harus meyakininya.

 

M         ; Untuk apa meyakini ? bukankah jika di dunia berbudi baik dan beriman kepada Allah sudah merasakan surga. Sedangkan surga dan neraka di akhirat hanyalah bersifat menakut-nakuti manusia agar tidak berbuat buruk ?

S         ; Pendapatmu memang cerdas dan kritis. Namun kalian tidak usah mempertanyakan, apakah kelak di akhirat ada surga dan neraka. Itu urusan Gusti Allah. Kalian harus meyakini. Karena meyakini hari akhir merupakan rukun iman. Sekali lagi, untuk mendapatkan surga pun kalian tak perlu menunggu datangnya hari akhir. Meskipun seseorang sembahyang seribu kali setiap hari, toh akhirnya mati juga. Walaupun badanmu kau tutupi dengan kain surban dan jubah, namun akhirnya menjadi debu juga. Maka jiwalah yang paling penting. Jika keadaan jiwa seperti Tuhan, maka surga akan didapatkannya. Kenikmatan luar biasa akan dirasakan.

 

M         ; Wahai Syeh, sesungguhnya yang menjadi pikiranku adalah sebelum ada dunia ini, apakah sudah ada dunia lainnya. Atau setelah kiamat, apakah Tuhan membuat dunia baru lagi seperti sekarang ?

S         ; Sebelum dunia ada, apakah ada dunia lain, itu hanya Allah yang tahu. Tetapi sekarang kita berada di dunia ini menempati ruang dan waktu. Dunia ini asalnya adalah baru. Kemudian mengalami kerusakan dan kelak akhirnya menjadi hancur. Lenyap tak berharga. Setelah kiamat, apakah Tuhan membuat dunia baru untuk keduakalinya ? Tidak !

 

M         ; Wahai Syekh, kalau begitu dunia erat kaitannya dengan raga kita, sedangkan jiwa erat kaitannya dengan alam akhirat ?

S         ; Benar, dunia itu erat kaitannya dengan raga. Raga mempunyai sifat seperti alam semesta, yang semula baru kemudian rusak. Sedangkan jiwa tidak akan mengenal kerusakan karena jiwa merupakan penjelmaan Dzat Allah. Ketahuilah bahwa raga adalah barang pinjaman yang suatu saat akan diminta oleh Pemiliknya. Ketahuilah wahai murid-muridku. Raga ini sesungguhnya sangkar yang membelenggu dan menyulitkan jiwa. Agar jiwa menjadi bebas, maka suatu saat kelak, kalian akan kuajarai bagaimana cara melepas jiwa dari raga. Ilmu melepas jiwa artinya bahwa kematian adalah titik awal kehidupan yang sebenarnya. Jika seseorang raganya mati, maka jiwanya menjadi merdeka, bebas dan tidak terkungkung lagi. Sebab raga berhubungan erat dengan alam semesta. Sedangkan jiwa berhubungan erat dengan Dzat Tuhan. selamanya jiwa tak akan bisa mati atau rusak.

 

M         ; Apakah yang dimaksud jalan kehidupan, wahai Syekh ?

S         ; Jalan kehidupan adalah jalan menuju kepada hidup yang sebenar-benarnya, setelah engkau mengalami kematian. Jika seorang bayi lahir, maka bukanlah awal kehidupan, namun merupakan awal “kehidupan palsu” seperti yang kalian rasakan saat ini. Inilah yang sesungguhnya kematian sejati.

 

M         ; Jika demikian badan ini tidak bisa merasakan kehidupan yang sebenar-benarnya ?

S         ; Ya, tidak bisa. Kehidupan sejati tidak dapat dirasakan oleh raga, karena jika raga mati akan tetapi dapat dirasakan oleh jiwa. Membusuk menjadi tanah.

 

M         ; Bagaimana jika sekarang ini seseorang berbuat dosa. Apakah jiwanya ikut bertanggungjawab. Sedangkan yang melakukan dosanya adalah raga.

S         ; Tetap ikut bertanggungjawab, karena jiwa yang menyatu ke dalam raga tidak bisa mencegah hawa nafsunya serta akal yang suka berbuat buruk.

 

M         ; Maaf saya belum paham Syekh.

S         ; Ketahuilah, setiap orang yang lahir di dunia ini maka jiwanya menyatu dengan akal. Selain akal dalam diri manusia juga ada hawa nafsu. Ketika seseorang berbuat buruk, berarti raganya didorong dan dipengaruhi oleh hawa nafsu dan akalnya. Akal dan nafsu memang suka  berbuat buruk. Apabila jiwa mencegah (melalui hati nurani), maka raga tidak akan berbuat buruk. Akan tetapi jika jiwa membiarkannya, maka raga tetap melakukannya. Karena itu bagaimanapun juga jiwalah yang akan mempertanggungjawabkan perbuatan baik dan buruk raganya.

 

M         ; Tadi Syekh mengatakan jiwa adalah penjelmaan dzat Tuhan. Mengapa kadang-kadang jiwa mau mencegah dan kadang membiarkannya ?

S         ; Perlu kalian semua ingat, bahwa di dalam raga ini terdapat nafsu-nafsu. Jika nafsu kuat menguasai, maka jiwa menjadi terbelenggu. Karena itulah mengapa aku katakan bahwa kehidupan sekarang ini adalah kematian. Sedangkan setelah ajal merupakan awal kehidupan. Sesudah kematian maka seseorang akan mencapai kebebasan jiwanya.

 

Ajaran Syekh Siti Jenar memang agak beda dengan ajaran para wali sanga. Siti Jenar mengajarkan bahwa Tuhan adalah Zat yang mendasari adanya manusia, hewan, tumbuhan dan segala yang ada. Keberadaan segala di dunia ini tergantung pada adanya Zat. Tanpa ada Zat Yang Mahakuasa, maka mustahil sesuatu yang wujud itu ada.

Ajaran ini tidak pernah disampaikan oleh para Wali Sanga. Mereka menyadari bahwa umatnya masih terlalu awam terhadap Islam,  sehingga memberi materi yang ringan dan praktis saja.

 

 

 

 

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on November 14, 2008, in Membedah Alam Pikiran SYEKH SITI JENAR and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 799 Komentar.

  1. sesama sifat tuhan yg beraneka ragam dan berbeda beda harus saling kenal mengenal kemudian silih asih dan bersatu lagi sebagai makna dari kata esa, akulah yg awal seperti benih atau biji sifat akar batang ranting daun bunga dan buah bersatu dalam biji, satu bintang maha raksasa, akulah yang akhir setelah terurai big bang harus harmonis didalam pohon dibumi, pecahan bintang yang padam mendingin memadat oxigen berpenghuni dst sifat tuhan harus besatu sebagai makna dari kata esa walaupu dalam prosesnya lewat penyebarab yang berdarah darah tapi akhirnya bangsa indonesia harus menyatukannya lagi setelah saling asih silih memaafkan dan berkumpul kerja keras bersama2 menegakan suasana surgawi dalam kehidupan sebagai makna dari kata esa, nkri mercu suar dunia itulah janji lelehur yang kita agungkan dan kita muliakan eh keliru leluhur bangsa asing ding 5000 tahun yll kepadsa tuhan: besuk putu ku yang akan melakukannya nggih gusti ning jagat dan janji diterima bangsa indonusia di berkati, tapi kok meneng wae maka tanah longsor dimana2 banjir pesawat jatuh demam bedaeah nogih janji …. meneng wae pengin yang lebih yak e yo enyong yo

  2. La nggih mbah….. biasa’a orang kl belom menderita banget ga bakalan inget sama gustine mbah…. lah wong sy d peringati wong tua…. leee,,, indonesia bakalan jd MERCUSUAR DUNIA tp orang’a ga se banyak sekarang ini…. trus kapan mbah… sekitar 2020 tp kl d percepat 2017…. lah ini jd mercusuar pa caos besar mbah… wis d tunggu wae… koe ojo melu” dadi dajal… lah dajal wis tak cajag nggo empan wedus mbah hee… heeeee….
    Tapi memang bener” waskito mbah jaya baya… sebab sebentar lg bakalan terjadi pepelinge….
    Dan memang benar setiap manusia itu tugas’a masing”
    Lah wong ndusun tur aki” rumah’a reot tp ko ya emas batangan’a peti”an… mbah ini mo buat apa’an… sy minta satu dong…. husss… durung waktune leee…. ini wat INDONESIA MERCUSUAR DUNIA lee…. lah wong peta pembangunan’a ja dah ada termasuk tol d atas laut utara & selatan… lah ni aki” ko bs nggambar kontruksi’a ya sy jd bingung….

    Sedulur ku se NKRI sy mohon ma’af yg se besar”a buka’a sy nakut”in cuman ngelingke biar selalu eling & waspada kt wujudkan INDONESIA MERCUSUAR DUNIA secara bersama” SAUDARA KU….

    SALAM INDONESIA MERCUSUAR DUNIA….

  3. jadi mengacu as syura ayat 7 kafir ya hanya sekitar mekah saja setelah menyerah pada masuk islam ya kafir habis sama seperti musa kafir ya hanya firaun saja tapi karena kerajaan ingin menaklukan kerajaan lain meniru vatikan dan romawi yang menjajah eropa untuk dijarah hartanya untuk baitul mall dan kejayaan kerajaan maka ontuk melegitimasi semua yg beda pendapat dikafirkan sambil teriak2 perbedaan adalah rahmat, semua adalah hasil karya malaikat pembangkang yapi leluhur kita tahu dan dalam sesaji disajikan kepala kerbau sebagai lambang kamu sampai anak cucu mu jangan bodoh seperti kerbau selalu eling lan waspada sama malaikat pembangkang/iblis/kebencian jangan di sembah2 dikira tuhan nya yang rohman rohhim benci dan membunuh orang yang beda pendapat

  4. jaya baya i000 tahun yll muncul membawa budi luhur dilanjutkan sabdopalon/khaki semar 500 tahun yll terus dipingit karena kontrak dajal membangun menara2 yang tinggi/gedung2 pencakar langit/peradaban modern belum selesai selama 500 tahun dan budi luhur diperkenankan muncul sambil bawa to LIONG to golok pembunuh naga/liong arti dari kata luhur/raharjo/rahayu/rahmat semesta alam jayo boyo mrimpenni enyong tiap 500 tahun dikirim penolong melanjutkan muhammad i500 tahun yll, yesus 2000 tahun yll, sidarta gautama 2500 tahun yll musa sampai ibrahim 5000 th yll dan terakhir diturunkan adalah penolong terakhir yaitu bangsa indonesia diwakili oleh budi luhur/budi raharjao dan setelah itu menurut :”sabda Illahi” tidak akan diturunkan lagi satu pun penolong lagi sekarang ini langit sedang menunggu MAHESA KARIBAN membeberkan budi luhur tapi mboh keset/ora kesusu/santai2 slak entek 2015 mentang2 masa berlaku budi luhur lamanyal 1000 tahun

  5. Ya wis mbah…. Ben wae & memang wejangan mbah jaya baya musti terbukti dl “wong jowo/nusantara kari separo” baru pd eling & kita pun cuman ngelingke mawon paling jg nanti d tanya ma hati nurani’a sendiri” & sadar eeee….. Jebule mung d bodoni wong arab tok ya… Brangkat haji d bela”in juat sawah tp ya ga nyampe tujuan jg….
    Cerita’a gini…. Mutih baru seminggu lah ko mbah putri ku suwargi dah nyari’in & aneh’a ko ga bs liat enyong padahal da d depan’a cuman enyong da d dalam ruangan yg depan’a pake kaca jd d liat dr luar ga keliatan….
    & memang mbah wongsorejo ni wejangan’a top markotop… Lah mbah putriku kan ahli ibadah (sareat) tur haji walaupun hrs jual sawah… Tp masih tetep d luar bait INGSUN… Sy pun makin salut dgn para leluhur bUMI putra krn ajara’a bener” sudah d dlm rumah ingsun maka yg d luar pun ga bs liat yg d dalam sebab hati ibarat kaca hee… Heeeee….

    Dalam hati pun berkata; yen pancen mbah putri pengin surga seperti yg d impi” kan orang ARAB… Di mana bs duduk” d bale & air mengalir jernih, lalu buah”an nya komplit ada anggur,jeruk,apel,salak rambutan,baso,somai,sate dll…. Dll….. & yg penting ada duit’a wat beli hee…. Heeee…. Hayo d dukung cucu” mu lan donga d donga ben indonesia jd mercusuar dunia mbah….

    Ya wis mbah wongso silahkan d lanjut wejangan’a…. Keluarin semua wangsit” yg tinggi” biar enyong tambah mudeng & memang skaranglah waktu’a…
    I LOVE spiritual GOOD BY doktrin & DOGMA…
    SALAM NKRI MERCUSUAR DUNIA….

  6. Winetou ketua suku apache

    pesan siti maryam / bunda martia : wis waktunya indonesia jadi pusat/center of exellence peradaban,tatanan’jembatan’lalan/ tangga baru dunia yang lurus/jempeng/

  7. Winetou ketua suku apache

    me minta2 tunjukan, tunjukanlah lah kami, tunjukanlah kami sudah habis masa berlakunya menunjukan bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang abadi kecuali awang2 uwung2, era baru adalah mari kita ber-sama2 sisingkan lengan baju bekerja keras mengucur keringat menghampar batu menyingkirkan kerikil2 tajam memadatkan nya menyiram aspal hotmix mengkonstruksi jalan tol yang lurus untuk anak2 cucu kita supaya bisa berjalan melenggang kangkung diatasnya pulang ke asal dengan mulus dan ceria…….. eh tentu saja ktta jangan ditinggal dibelakang….wis rekoso2….

  8. Winetou ketua suku apache

    ini lho sekarang tak tunjukan kepada dunia bahwa dimulainya bakal dari indonesia, tapi sabar buku petunjuk nya belum dibaca berisi petunjuk dari banyak sekali “sabda Illahi{” didalam nya…he…he…

  9. Winetou ketua suku apache

    duh pukulun eyang badranaya engkau panglma tertnggi dalam pertem[puran perebutan kedaulatan antara ingsun dengan batara kala, kalau kalah kiamatnya ancur2 an tuhan pun ikut hancur lebur, pasukanmu mau ngerjain apa tidak tahu apa2 harus mulai dari mana tidak tahu, wong baca buku petunjukmu saja tidak, enakan tidur lagi di awang uwung spt manusia gua dengam anjuingnya bangun setelah 200 tahun kemudian

  10. Tetep sabar mbah wongso…. kita jalankan tugas kita masing” ja & jgn khawatir soal’a para putu”a mbah kaki semar sudah pd tau sudah pd siap” semua tinggal hari H nya ja… RAWE-RAWE RANTAS MALANG-MALANG PUTUNG… yg menghalangi bakalan hancur lebur… teka sing lor balika ngalor.. teka sing kidul balika ngidul… teka sing kulon balika ngulon…. teka sing wetan balika ngetan… & wejangan mbah jaya baya harus terjadi dulu… ” wong njowo kari separo ”
    Jgn lupa tugas’a masing” setiap orang’a…
    Monggo d lanjut lg mbah wongsorejo…

    SALAM NKRI MERCUSUAR DUNIA…

  11. Winetou ketua suku apache

    wong jowo kari separo artinya bila budi luhur berhasil ditegakan maka separo bangsa indonesia kembali ke kearifan lokalnya separonya lagi tetep ikut ajaran asing, jaman dulu cino semua bangsa mongoloid termasuk jepang korea dll londo semua orang bule jowo penduduk nusantara atau indonesia, nek mati separo salah tafsir wong di amerika muslim mati 2 dibunuh ribu[nya bukan main

  12. Winetou ketua suku apache

    mimpi enyang benAr mbah putrinya nggak bisa masuk rumah kaca hanya muter2 di[uar 7x saja karena mengikuti ajaran asing yang arsinya 5 harus melewati arsi ke 6 dulu 666 yaitu adanya ketidak sempurnaan yang amat sangat mengerikan didalam penciptaan , baru bisa nembang ura2 tembang mupu kembang…. metu tilawang pinng pitu medal tilawang ping sanga…. yang artinya melewayi pintu arsi ke 7 keluar melalui pintu arsi ke 9 ….. mbeleh kebo sik kono he..he,,,

  13. Ngih leres mbah… sy acungi jempol 4 mbah wongsorejo panjenengan memang benar” orang jawa tulen yg ajaran’a hrs slalu positif tinking… walaupun dah tau nanti d kala orang arab di usir pulang k negara’a beserta ajaran’a itulah yg bakalan terjadi mbah…
    Tp ga papa wong perbeda’an kata’a rahmat jd jgn d jadikan debat hanya membangkitkan dajal yg dah di cajag wat empan wedus hee…. heee…
    Monggo d lanjut lg mbah….
    SALAM NKRI MERCUSUAR DUNIA…

  14. Rahayu mbah dan salam kenal

  15. Winetou ketua suku apache

    rahayu rahayu semua

    • Sugeng rahayu, Ki Sabda, Mbah Wongso, Sedulur danten.
      Dogma, larangan, hadiah, hanya cocok untuk anak balita. Anak sd hrs sdh mulai mengerti sebab akibat. Smp belajar bertanggung jawab. Sma berani bertanggung jawab. Kuliah mampu menganalisa dan menentukan pilihan. Dewasa sàdàr untuk memilih dan bertanggungjawab, meskipun kadang pahit.
      Bbrp orang dewasa ingin manusia selalu jd balita, mudah dikibulin, mudah diperas. Kasihan para balita yang terbuai kempong, udah kenyal sudupun ga ada.

  16. Winetou ketua suku apache

    @bocah ucul

    bicara sekolah ingar ajaran mathemarik beersifat umiversal dipakai seluruh umat manusia dar[ bantul amerika jepang dll tibak membenci ajaran biologi atau memusnahkan ajaran kimia harmonis ditangan seorang dokter pasiennya diberi obat kimia ada yg diber obat herbal jamu biologi dengan mathematik dia tahu hari ini keuntungan praktek 1 juta, kalau ajaran diorganisir sama negara dimulai dari vatikan romawi disebar keseluruh dunia ditiru saingannya diberi nama organisasi akibatnya medeni korbannya yang mati sudah banyak, yang nulis buku pelajaran kan manusia mosok nulis kamu jangan mati kalau bukan sebagai ahhi matematik kan menipu umat manusia jadinya lebih baik kita sebut…. ajaran …..saja bukan organisasinya yang kadang galak medeni banget, ajaran kan universal sesuai aslinya kan tidak menyakiti siapa2 orang lain tidak boleh tersinggung ajaran si a, ajaran si b,ajaran si c jangan dikelompokan berdasar sentimen keluarga 2 bersaudara itu kita kan bukan keluarganya jadi harusnya ora sah melu2 dsb kan enak ambil nilai2 luhurnya saja dari setiap /semua ajaran yang bersifat universal itulah budi luhur sayang mata pelajaran budi pekerti diganti…… kon mbeleh kebo wae sing ngganti

  17. Leres sanget niku mbah… sy pun ga mau jd orang yg munafik… pelajaran dr mbah mukhamad, mbah yesus, mbah sidarta gautama dll’a meski dr se ekor kucing pun sy pake selama itu membawa kebaikan untuk sesama…. tp kl yg jelek dah sy buang k tong sampah sebab mo d kembalikan k negeriasal’a ga punya ongkos’a hee… heee…. lah wong dah kerendem banjir d keringin pake hard reyer ga kering jg akhir’a d buang k tong sampah… trus da yg negor… mas itu kitab suci ga boleh d buang… heee… heee… suci dr mana lah wong iki kan cuman buku yg bikin ja tukang mabok lan maen judi.. tuh temen sy kerja d percetakan tiap kali dapet kerja’an bikin buku ginian hee… heee…
    SALAM NKRI MERCUSUAR DUNIA….

  18. Selamat siang yg punya rumah ki sabda langit, mbah wongsorejo lan saudaraku se NKRI mugi rahayu selalu…
    … gelitik hati ku …
    Ko ya ada ajaran yg begitu benci’a sama kafir & yahudi bah kan sampai meng khalalkan darah’a….
    Tapi pada praktek hidup’a ko ya menggemari banget produk kafir & yahudi itu sampai” di jilatin habis…. hee… heee…..
    Mbok yao pada mikir…
    Malah sudah sepatut’a berterima kasih sama mereka sebab berkat mereka dunia ini jadi terang (listrik)
    Berkat mereka mau ke mana pun jadi cepat (mobil/pesawat)
    Berkat mereka kita bisa internetan mo ngobrol sama ibu bapa pun jd gampang (telpon)… DLL….DLL…DLL…..
    MAKA jgn membenci lg….
    Jgn mau lg di nina bobo kan dgn dongeng” kebencian terhadap mereka… jgn mau di kotak”an lg… yg ada y cuman umat manusia… lah wong sejati’a ora ono opo” sing ono mung ingsun… hee… heeee…itu kata mbah wongsorejo nggih mbah….
    Mbah wongso da di mana nih tolong keluarin wangsi” ter anyar’a biar semakin banyak generasi penerus bangsa yg pada eling sama ibu pertiwi mbah… sumonggo….

    SALAM NKRI MERCUSUAR DUNIA…

  19. @enyong dengan adanya segala teknologi dan fasilitas modern, dan penemuan2, tanpa sadar masyarakat dunia telah digiring menuju Tatanan Dunia Baru, Dunia disetir dibawah sistem, Dunia mau dikuasai di bawah 1 pemimpin dan siapakah itu? merekalah illuminati dan freemason yg menyambut kedatangan dajjal, mereka orang-orang kafir yahudi, pantaskah kita membela mereka, dan inilah gunanya agama islam.Dan apakah jika kiamat tiba kita mau menjadi pengikut dajjal juga? tidak kan?
    Bank adalah contoh sederhana praktek riba yg diajarkan orang2 kafir yg menjerumuskan ke dalam neraka, dikarenakan bank menggunakan bunga, maka sbg muslim harus melakukan segala sesuatunya secara syari’ah.
    Ingatlah sabda nabi
    Dari Abu Said Al Khudri, Nabi bersabda
    “Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?”
    (HR. Muslim no. 2669).

    Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda
    “Kiamat tidak akan terjadi hingga umatku mengikuti jalan generasi sebelumnya sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta.” Lalu ada yang menanyakan pada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Apakah mereka itu mengikuti seperti Persia dan Romawi?” Beliau menjawab, “Selain mereka, lantas siapa lagi?“
    (HR. Bukhari no. 7319)

  20. Kulo nuwun sedoyo pinisepuh teng grione kisabdo, nyuwun gunging pangapunten nggih…

    @risqy saudaraku terkasih… saya jg inget pepatah ini… DI MANA BUMI DI PIJAK DI SITU LANGIT DI JUNG-JUNG…
    kalian pijak IBU PERTIWI kenapa yg kalian jung-jung bangsa lain… ni ada gelitik di hati ku lagi…
    ….WOLAK-WALIKING ZAMAN…..
    Ada orang siang malem kerja’an nya nakut”in manusia lain’a, terutama istri’a sendiri & kl dah takut dia kawin lg… lah ko malah di bilang’a ahli surga… hee…. heee….
    Maka jgn heran kalo k*** istri’a banyak… & setelah ku selidiki ternyata memang seperti itu lah pelajaran di buku panduan’a yg konon kt’a suci, kalo mo pegang ja harus cuci muka ma kaki duluhee…. heee…. sy pun tambah ter heran” lg setelah tau buku panduan’a… lah wong isi’a cuman dongeng perang masa lalu & kebencian terhadap kristen & yahudi… da jg tentang hak waris yg ga adil banget buat kaum perempuan, & ga kalah penting’a lg tentang kawin cerai… sy curiga lah ko hafal bener yah, jgn” yg buat buku’a tukang kawin x yah… hee…. heee….
    Buku isi’a cerita kebencian terhadap cipta’an tuhan lain’a ( kafir& yahudi ) di bilang suci… suci’a dr mana.. maka kl mo beli lg yg da terjemahan’a nanti kalian bakal tau saudaraku…. lah buku gini jah kl mo pegang mesti cuci muka ma kaki dl… hee… heeee….. lee…. lee… mbok wis podo elingo leee…..

    Ini ajaran inti’a ngiri sama keturunan mbah ibrahim yg lebih dulu kristen & yahudi…. coba kamu simak doa’a waktu sambil duduk… ya allah berkahilah mbah muhammad & keluarga’a seperti engkau telah memberkati mbah ibrahim beserta keluarga’a…
    Maka cerdas lah sedikit jgn ikut”an kita bukan keluarga mbah ibrahim… hee… heeee….
    SALAM NKRI MERCUSUAR DUNIA…

  21. Ketua suku badui dalam

    arsi lima adalah wilayah hukum2 baik hukum adat hukum konstitusi undang2 dasar kuhp dll termasuk didalamnya hukum illahi yang diwahyukan oleh malaikat dan tiap hari di tv kita nonton panggung hukum yang ributnya bukan main, dan penyelesaiannya di pengadilan setiap perintah dan peraturan tuhan kepada nabinya masih harus dicari dulu maknanya, carilah makna……;carilah makna dan penyelesainnya hukum2 di pengadilan terakhi setelah kiamat, bumi ini berputar di porosnya selama 56 milyar tanun dari iklan di tv dan masih akan berputar selama itu pula, jadi ngerti kenapa nabi muhammad bersabda aku adalah musafir yang sejenak melepas ;lelah dan melanjutkan lagi perjalanan yang tak berujung tak bertepi

    arwah mereka miminta tolong, ya nggak apa2 nanti ada waktunya semua kita tolang sebagai penduduk nusantara yang pinilih sebagai penolong terakhir messiah yang sejati yaitru penduduk asli nusantara yang selamainbi disembunyika tuhan piningit

    aku adalah sebagaimana yang kamu/hambaku sangka begitu firmannya di amerika ada sekelompok orang yang memuja srigala setelah mati mati di kuburnya tiap malam tertentu ada lolongan srigala dan serombongan srigala melintas di kegelapan malam

    suku badui dalam memilih hidup masih di taman firdaus dan menolak modernisasi yang menyebabkan kegelisahan dan saling curiga mencurigai tidak tahu apa2 tidak pernah tahu ada pengadilan terakhir segala setelah kiamat dibangkitkan lagi entah siapa yang ngajari enak nya memilih awang uwung ora ono apa2 sing ana mung ingsun tapi syaratna harus tetep hidup dalam suasana surgawi di taman firdaus tadak jatuh tertarik pada modernisasi/ keduniawian

  22. Ketua suku badui dalam

    arti sesungguh nya dar kata jihad adalah ber sungguh2 menegakan kebenaran sebelum dibelokan artinya oleh kerajaab arab untuk menaklukan kerajaan lain dan menjarah harta nya,di padang pasir tidak ada apa2 supaya kaya raya halal lebih baik meniru kerajaan vatikan romawi yang sudah kaya raya karena sudah 500 tahun menjarah upeti kerajaan2 di eropa denga mengatas namkan tuhan

    berita metafisis dari budi luhur yang sudah tidak dipingit lagi karena masa penangguhan hukuman iblis sudah berahir tumpesing jaman edan, dari sabdopalon/sabda illahi/wangsit…. ….jangan pernah mengatas namakan tuhan dalam setiap perbuatanmu karena kamu akan dengan mudah menyalah gunakan nya, semua menjadi tanggung jawab dirimumu sendiri…………al quran as syura ayat 7”’aku turunkan al quran berbahasa arab untuk penduduk mekah dan sekitarnya (*saja bukan untuk disebar kemana mana karena tiap bangsa masing2 sudah diberi kearifan lakal yang bersifat universal masing2 dan diberi bahasa daerah sendiri2 yang beraneka ragam dan ber beda2 jangan diseragamkan .

  23. Ketua suku badui dalam

    dzat illahi/ingsun dzat tidak berwujud, bila menyampaikan pesan suaranya terdengar sangat jelas dihati orang yang dipilihnya dan tidak ada wujudnya disampaikan langsung tanpa malaikat

    sifat selalu berpasang pasangan, sifat allah bapa satu2 nya yang berwenang dan mempunyai hak menurunkan wahyu,dengan perantaraan malaikat laki2 jibril wilayah turunnya wahyu di jasiurah padang pasir timur tengah, wahyu sudah habis dan allah bapa sudah tidak diperkenankan menurunkan lagi wahyunya,

    sifat pasangannya maha ratu alam semesta selalu muncul dari dalam taman bunga berwewenang menyampaikan wangsit wilayah turunnya wangsit seluruh dunia kecuali jasirah padang pasir timur tengah, wangsit tidak pernah dihentikan berupa pencerahan yang penuh makna dan lansung diletakan didalam hati sanubari orang yang pinilih

  24. Ketua suku badui dalam

    selama ini dunia hanya mengenal dan dikenalkan oleh satu sifat Allah Bapa saja, sifat maha ratu alam semesta tenggelam silau oleh konflik2 yang ditimbulkan oleh allan bapa

    sudah waktunya sifat feminim dari maha ratu alam semesta muncul mendampingi allah bapa untuk menenangkan kosmos dengan sifatnya yang lemah lembut dan mengharmoniskan tiga realitas dasar kembali

    tak sengguh penganten anyar……. ilir ilir….ilir.ilir………….

  25. Ketua suku badui dalam

    feasibility study/study kelayakan perencanaan design, lengkap dengan perhitungan2 konsruksinya, gambar cetak biru/blue print sudah ada, rencana anggaran belanja ada methode pelaksanaannya lengkap dengan pemenang tendernya sudah ada yiatu bangsa indonesia yang dulu diikenal dengan nama penduduk nusantara

    tapi bangsa indonesia malah tidak tahu apa2 karena tugas ini dipingit dan bangsa indonesia sampai sekarang tidak berbuat apa2 baca aja belum, apa lagi mempelajari dan siap2 melaksanakan, masih sibuk dengan kepentingan2 sesaat yaitu kepentingan tanah
    ndak yen ora korupsi ore kebagian

    dulu 5000 tahun yll lelehur nusantara mengangkat tangannya dan dengan gagah perkasa disertai sikap sangat tenang wong sumeleh ini maju menghadap Tuhan nya dan berkata ……biarlah kelak anak cucu kami yang akan menegakan kerajaan allah diatas bumi, ya tuhanku
    …….
    janji diterima oleh Tuhan YME dan bangsa indonesia diberkati, janji tersebut sangat dirahasiakan dipingit sendiri oleh tuhan karena tuhan tidak ingin bangsa indonesia gagal, nabi isa/yesus mengingatkan adanya janji ini ….datanglah kerajaanmu janilah kehendakmu (tenan to ini benar2 kehendak tuhan bukan ngarang2) diatas bumi…….

    lir ilir ..lir ilir.. (adanay janji yang ditanam) tanndure wong/wis sumilir (JANJI DARI WONG SUMELEH SUDAH JATUH TEMPO DAN WAKTNYA DITAGIH) untuk menegakan kerajaan allah di bumi kalau pakai bahasa nusantara, negaro yang ijo royo2 gemah ripah lohjinawi tata titi tentrem kerta raharjo, tapi bangsa indonesi jaman dulu ngertinya negara spt ini hanya ada dari cerita komik wayang, padahal ungfkapan itu titipan tuhan

  26. Ketua suku badui dalam

    tapi nggak papa keturunan luhur begitu disentuh hati inya akan kembali pada keluhuran kecuali yang terlanjur nginep di hotel prodeo

  27. Ketua suku badui dalam

    ini semua dalam tataran makrifat spiritual kebatinan levelnya oara sufi para spiritualis para pertapa dan ahli kebatinan yang mampu menerimanya dan ,juga bagi mereka yang jiwanya berbakat kearah sana,yang berpikir bebas merdeka dan berdaulat, kebanyakan mereka mengaku kaum berpikir tapi nggak mampu berpikir lagi karena pikirannya dibelenggu oleh doktrin dan dogma2, spt masuk wc harus kaki kiri dulu, keluarnya pakai kaki bukan pakai tangan dll… …sabar pelan2……untuk itu tunggu tiba saatnya tumpesing wolak walike jaman , tapi kalau nggak diberi tahu ya ngak bakal ngerti, kalau ahli syareat mendengarkan saja akan ngantuk angop ngak ngerti pikirannya penuh dengan kepentingan2 nya sendiri kalau ditanya jawabannya kesana kemari intinya duitku…..duitku….duitku, apalagi ulama su/duniawi yang hidupnya dari menjual ilmu2 agama paling takut kalau kehilangan pengikut, mbok niru abu bakar seorang khalifah kepala negara perbendaraan kaum muslimin ada ditangannya tapi kalau sore pulang kerja masuk hutan cari kayu bakar dipikul sendiri kepasar dijual untuk makan dan menafkahi keluarganya

    ee……..malah kotbah, era kotbah sudah selesai berganti dengan revolusi berpikir

  28. Ketua suku badui dalam

    sekarang ini hanya satu doa yang diterima tuhan yaitu doa supaya cepat selesai nya era tumpesing wolak walike jaman

    • Monggo dipun lanjut wejanganipun Mbah.
      Temen2 penganut dogma syareat perlu diajak petualang naik gunung, menelusuri rimba, mengarungi lautan. Sedikit provokatif utk menyadarkan bahwa mereka keturunan singa yg bertaring. Bukan keturunan ayam potong yg selalu ketakutan nunggu jadwal. Bukan pula keturunan srigala berbulu domba.
      Mari melompat lebih tinggi. Syareat sdh usang. Itu masa balita yg pantesnya netek simbok. Teman2 lain sdh pada sekolah sampe perguruan tinggi. Ada yg sdh jd presiden.
      Mari berkarya.

  29. Salam karaharjan smua saudara ku tercinta…
    ……… GELITIK HATI KU ……..
    lebih baik negeri ku tenggelam ke dasar samudra dr pada terus menerus;;
    **Bernegara menyembah AS.
    **perekonomian menyembah EROPA.
    **DAN spiritual menyembah TIMUR TENGAH.
    sudah habis semua tdk ada yg tersisa negeri ku yg malang…. negeri yg tanpa jati diri maka generasi penerus bangsa’a pd ling-lung kebingungan tak ada pegangan….
    duh IBU PERTIWI nyuwun pangapuro ibu ku yg malang….

    Mbah wongso ini kemana dah lama ga ngeluarin wangsit’a….
    Keluarin wangsit yg terbaru mbah biar cepat BANGUNLAH JIWA NYA, BANGUNLAH BADAN NYA HANYA UNTUK IBU PERTIWI…
    SALAM INDONESIA MERCUSUAR DUNIA…

    • Mungkin Mbah Wongso hadir di KAA dgn Pak Budi R, hehe. Sekitar gedung merdeka t4 berlangsung KAA 60 sangat meriah. Moga membuahkan hasil yg indah. Ditunggu kabarnya Mbah

  1. Ping-balik: MEMBEDAH ALAM FIKIRAN SITI JENAR - Dunia Supranatural - Article

  2. Ping-balik: Mewarisi Spirit Syech Siti Jenar | Dongeng Budaya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 978 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: