NPWP ; GRATIS, PROSES KILAT

Apabila anda berencana ke Luar Negeri, hati-hati jangan sampai tidak memiliki NPWP. Apabila anda tidak memiliki NPWP siap-siap membayar fiskal Rp. 2,5 juta per orang. Nah, bandingkan apabila anda memiliki NPWP, kewajiban fiskal anda menjadi Rp. 0,- . Oleh karena perbandingannya menurut logika saya sangat signifikan untuk penghematan duit bagi yg belum memiliki sebaiknya anda saat ini mengurus NPWP, cukup NPWP PRIBADI. Toh sebentar lagi NPWP harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Karena ID keWNIan akan menjadi satu ID yang disertai NPWP. Apalagi dalam program pemutihan NPWP ini tidak diperlukan memiliki Akte Badan Usaha , bahkan tidak perlu punya HO dan SIUP terlebih dulu. Kali ini caranya sangat mudah, sebagai berikut ini;

1. Jika KTP anda status pekerjaan WIRASWASTA dapat mengajukan permohonan NPWP badan usaha. Jika tidak, berarti masuk NPWP perseorangan/pribadi. Ini tidak masalah ! Yang penting punya NPWP.

2. Siapkan copy KTP anda cukup 1 lembar, bawa ke kantor pajak di mana anda berdomisili.

3. Sebelum datang ke kantor pajak hendaknya telpon dulu ke kantor pajak tersebut, tanyakan apakah mengeluarkan kartu elektrik (semacam kartu ATM) atau tidak. Perhatikan dengan benar, karena tidak semua kantor pajak mengeluarkan atau dapat melayani pemutihan NPWP ini.

4. Jika anda mendaftar NPWP di mal-mal, NPWP anda tidak bisa langsung on line. Alias anda harus kerja dua kali, pergi ke kantor pajak melakukan VALIDASI/aktivasi. Jadi musti ngantri lagi.

5. Perhatikan; mengurus NPWP saat ini gratis 100%. Di proses dalam waktu CUKUP 24 jam. Tapi bisa saja hanya perlu waktu antara 30 menit – 2 jam sudah beres. Tergantung banyaknya masyarakat yg mengajukan aplikasi. Tapi jangan salah, 24 jam adalah hitungan waktu kerja, alias 3 hari 🙂  

6. Oh ya, bagi yang mengisi aplikasi NPWP untuk jenis badan usaha,  jangan lupa menyiapkan materai Rp. 6000,-. Bagi yg mengaplikasi NPWP pribadi tidak perlu meterai

Monggo segera manfaatkan kesempatan mudah mendapat NPWP dalam program pemutihan NPWP; karena di tahun 2009 ke depan NPWP sangat bermanfaat sekali bukan untuk negara saja, tetapi untuk semua warga karena antara lain bermanfaat mempermudah segala urusan fiskal anda.

Semoga bermanfaat

sabdalangit’s web

Iklan

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Januari 9, 2009, in - and tagged , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Kalau sudah mempunyai NPWP bilamana bepergian ke LN tidak dikenakan biaya fiskal seperti tahun sebelumnya (saya kena satu juta dua ratus lima puluh ribu rp)
    Mudah-an benar kebijakan ini, he he he

  2. Benar Mas Suko..sy ke LN ternyata fiskalnya GRATIS. Seorang Bapak-bapak bersama 3 anaknya yg antri di belakang sy tdk memiliki NPWP; maka kena 10 jt untuk 4 org. pdhal thn lalu sy kena 1 jt dan 1,250 sperti panjenengan.

    Rahayu

  3. wah…ikut bikin npwp ah.
    mau modern nih kayak amerika.
    tp ntar setiap barang2 kita dipajekin donk???
    duh

  4. 🙂 lebih baik punya NPWP Om… lebih banyak manfaatnya
    Kalau barang2 produksi olahan dari dulu pun sudah dikenai pajak (PPN) kecuali barang konsumsi hasil bumi bukan olahan.
    Kalau penghasilan (PPh), jelas ada batas minimalnya.
    🙂 seperti agen perpajakan aja ya.. btw it’s constructive chat.
    love Indonesia, love nationality
    save our nation

  5. Punya NPWP ke LN bebas fiskal,bagaimana untuk anak2 yg belum punya KTP ?
    Apakah cukup orang tuanya saja / anak2 nya yg masih pelajar juga bebas fiskal ? Toh bisa dilihat dari keterangan KARTU KELUARGA /paspornya ?
    Kadang praktek aturan di bandara berbeda dng aturan diperpajakan didaerah lho !
    Mau ikutan ngurus NPWP ah,lihat cucuku dinegeri sakura.
    Matur nuwun infonya.

  6. Sepertinya yg trkena pajak di belakang sy antri anak yg umurnya sdh dianggap dewasa Yang Kung. Mungkin kalau masih kategori anak cukup dengan copy Kartu Keluarga. Dan ortunya pnya NPWP. Kalau suami istri bisa cukup suami saja. Tetapi harus bawa buku nikah (copy) dan KK (copy).
    Kalau Yang Kung jadi tengok cucu ke negri sakura, jangan lupa oleh-olehnya Yang…
    Berkah Dalem Gusti Ingkang Maha Lestari…
    Nuwun

  7. KENAPA NGAK DIBIKIN SEKALIAN “SOCIAL NUMBER” KAYAK DILUAR NEGERI??
    Jadi kan semua terintgrasi dari mulai urusan perpajakan, kesehatan, kriminal, keuangan. Emang sih awalnya membutuhkan biaya yang banyak buat membangun teknologi dan infrastrukturnya. apalagi negara kita negara negara kepulauan, bersuku2. Tapi pasti kegunaannya akan lebih banyak.

    THX

  8. Kagem warga ingkang perlu NPWP menika batas minimal pendapatan pinten dimas Sabda Langit?
    Manawi perlunipun kagem tindakan LN kados tiyang alit (sak kulo) berarti mboten perlu NPWP?
    Mugi tansah widodo nir ing sambekala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: