PENYEMPURNAAN ARWAH (roh)

PENYEMPURAAN ARWAH (ROH)

Banyak sekali terdapat tata cara penyempurnaan arwah. Masing-masing daerah, wilayah, budaya, ajaran, memiliki tradisi masing-masing. Penyempurnaan arwah bukan berarti sepenuhnya “nasib” tergantung dari orang yang menyempurnakan. Namun demikian, penyempurnaan sebagai wujud aklamasi, yang melibatkan kedua belah pihak, yakni pihak roh dan orang yang masih hidup. Aklamasi berisi ungkapan rasa perpisahan tanpa ada ganjalan lagi. Masing-masing, baik yang meninggalkan maupun yang ditinggal merasa ikhlas dan rela. Dan masing-masing menyadari bahwa sudah berbeda alam dan berlainan urusannya. Bagi keluarga yang ditinggalkan sudah merasa ikhlas dan memberikan doa restu bagi arwah untuk melanjutkan “perjalanan” ke alam baka, alam kelanggengan tempat di mana  kehidupan yang sejati berada. Bagi arwah sendiri, telah rela melepaskan segala urusan keduniawian, dan menetapkan dalam satu tujuan yakni menghadap kepada Sang Causa Prima Pencipta alam semesta. Sehingga bagi arwah sudah tiada lagi urusan duniawi yang mengganjal atau yang masih membuat penasaran (arwah penasaran). Semua urusan duniawi telah diikrarkan untuk dilanjutkan dan dituntaskan oleh segenap keluarga yang ditinggalkan.

Tatacara yang sejauh ini saya ketahui, misalnya dalam tradisi Nasrani dikenal dengan Missa Arwah. Dalam tradisi Islam dikenal dengan tradisi selamatan doa Yaa-Sin (Yaksinan), baca doa Al-Mulk dsb. Dalam tradisi Hindu dan Budha, Kong Hucu dst tentu saja dikenal tradisi penyempurnaan arwah yang berbeda-beda. Pun demikia pula setiap suku dan budaya memiliki tradisinya masing-masing. Berikut ini saya kemukakan menurut tradisi Jawa.

Tradisi Tumpeng Pungkur

Dalam upacara penyempurnaan arwah menurut tradisi Jawa dikenal dengan uborampe tumpeng pungkur. Dilakukan pada saat kematian seseorang, bisa pula pada hari ke 3, ke 7, ke 40, ke 100, ke setahun, atau hari ke 1000-nya. Adapun uborampe yang diperlukan adalah sbb :

  1. Sayur 7 macam, mislanya : kangkung, kacang panjang, bayem, kubis, kecambah, wortel, buncis dsb.
  2. Daun pisang.
  3. Nasi untuk membuat tumpeng.
  4. Telor ayam 1 butir direbus.
  5. Bumbu gudangan tidak pedas, mirip seperti bumbu bancakan weton (selapanan) untuk bayi. Bumbunya bisa dilihat di sini .
  6. Kembang setaman.
  7. Saringan santan kelapa dari bambu atau kalo.
  8. Cobek tanah terbuat dari liat.

Kalo dan cobek harus yang baru atau belum pernah digunakan sebelumnya (tidak boleh bekas pakai).

Cara membuat :

Pertama-tama alasi kalo dengan daun pisang. Kemudian cetaklah nasi dalam bentuk tumpeng dengan ukuran sedang atau kecil. Diameter tumpeng pada bagian bawahnya kira-kira cukup antara 10-20 cm saja. Tumpeng dicetak tepat di tengah-tengah kalo yang diletakkan di atas cobek. Setelah tumpeng tercetak, kemudian dibelah dengan menggunakan pisau menjadi dua, tepat dari ujung hingga pangkal tumpeng, masing-masing bagian diusahakan seimbang tidak besar kecil. Setelah tumpeng terbelah menjadi dua bagian, masing-masing bagian diputar 180 derajat menjadi saling berungkuran atau saling membelakangi (lihat gambar).

Seluruh sayuran dan telor ayam direbus. Kangkung dan kacang panjang harus dipotong-potong. Selanjutnya ketujuh macam sayur diletakkan di dalam kalo melingkar mengelilingi tumpeng nasi. Letakkan bumbu gudangan di antara tatanan sayur tersebut. Telor ayam yang sudah direbus lalu dikupas, kemudian dibelah menjadi dua pula. Masing-masing bagian ditempelkan secara terbalik ke punggung tumpeng. Siapkan delingo dan bengle, iris beberapa potong dan letakkan secara acak di sekitar tumpeng pungkur. (lihat gambar)

Siapkan kembang setaman di dalam mangkuk isi air, boleh juga di dalam piring dialasi daun pisang.

Setelah semua uborampe siap, kemudian bagi yang muslim bacakan doa al fatikah, al ikhlas lalu al mulk. Bila kebetulan agama Kristen, bisa dilakukan doa-doa biasa digunakan dalam missa arwah. Namun dalam tradisi Jawa berikut ini doa pengkabulannya :

Niat ingsung nyampurnaake arwah jabang bayine … (sebutkan namanya). Tali wangke sampar wangke, terusno lakumu, aja parang tumuleh, lepaso parane jembaro kubure, sing ditinggal slamet sing ninggal slamet, soko kersane Gusti”.

Setelah itu tumpeng pungkur dan kembang setaman diletakkan di dalam rumah saja selama satu malam. Keesokan harinya tumpeng pungkur dan bunga setaman bisa dibuang. Namun lebih baik dihanyutkan saja di sungai/air yang mengalir.

Adapun efek dari tumpeng pungkur dapat dibuka di sini.

tumpeng-pungkur

Tumpeng Pungkur

sabdalangit

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Mei 1, 2009, in Ritual Penyempurnaan Arwah and tagged , , , . Bookmark the permalink. 58 Komentar.

  1. budaya yang sangat keliru,,, baginda Rasulullah dab para sahabat tidsk pernah mengajarkan hal tersebut,,,

    • @riko jhoker yth…apa-apa kok disamakan dengan rosul to mas…setiap orang kan nggak harus ikut rosul panjenengan…buat saya panjengan dhewe sing keliru…yaitu keliru meng-kelirukan pendapat orang…!!!

  2. arwah mujahidin fisabillah akan berglantungan d pohon surga bersama arwah para nabi kecuali mereka yg masih punya hutang akan di tahan Allah d langit. tp bukan brarti bergentayangan apalagi mengganggu manusia.itu mah kerjaan setan. selain arwah mujahidin akn d kembalikan ke alam barzakh. di senangkan atau di siksa hingga kiamat. enak dong jadi arwah gentayangan gak kena siksa kubur……

  3. Contoh Orang Yg Tak BerIman Yg Melakukan Amalan Demikian, Karena Sudah Jelas Itu Ada Lah Perbuatan Syirik/Bid’ah, Bagaimana Mungkin Arwah Seseorang Lolos Dari Malaikat Di Alam Kuburnya, Itu Mungkin Jika Yg Mempercayainya Adalaah Syirik

    • @ Anjas Basri

      Sudah saatnya buku kitab Anda ditutup saja atau dibuang ditempat sampah , …

      Anda mengatakan tentang alam kubur dan malaikat …tapi sebenarnya sampean dan para pengajar kitab tidak sangat tahu tentang arwah , alam kubur , alam arwah dll…. bahkan nabimu sendiri juga tidak tahu nasib dirinya dan ibunya ketika mati….sangat aneh …

      Anda dan kepercayaan agama Anda hanya bisa menuduh syirik bid’ah sesat dll…..

      Coba terangkan bagaimana ujud ruh ketika akan meninggalkan badan jasad / meninggal , bagaimana ujud pedamping si fulan ketika nazak dan bagaimana ujud pemandangan tempat manusia ketika bertempat tinggal di alam kubur…..

    • Maka janganlah heran nanti ketika anda sudah mati dan ternyata apa yang anda fahami tidak sesuai dengan yang di gembar gemborkan selama ini ……cerita dari buku kitabmu ternyata tidak sama dengan kenyataan nya alias SALAH…..jangan menjustice faham lain salah karena anda dan kelompok anda juga tidak sangat tahu soal arwah , alam kubur dll , hanya percaya buta dan fanatik membabi buta…..anda telah terdoktrin dan berakibat mata dan telinga anda tertutup rapat untuk belajar dan mengetahui peristiwa sebenarnya….

      Siapa sebenarnya yang sesat , sirik bidah sebenarnya ??……faham anda ( faham padang pasir yang sangat benci dan suka menindas kepada banyak faham ) atau faham pemaham agama / kepercayaan lain….??.

      Faham anda menciptakan banyak sosok petugas Allah yaitu malaikat untuk menyaingi para dewa agama Hindu atau agama dewa Yunani dll…..

      • Pada dasrrnya…..Anda semua ( faham ilmu padang pasir ) SOK TAHU soal Tuhan , soal Hidup , soal kebenaran dll…..merasa paling benar dan suci mulia…..

        Bermohon ampunlah kalian semua kepada Tuhan Sang Pencipta….karena faham Anda semua telah melukai dan menfitnah Tuhan Sejati , faham anda telah begitu merendahkan manusia yang tidak sefaham ( non Islam )….

        Tuhan sejati begitu kasih dan pemberi kepada mahluk tanpa terkecuali , kecoak , tikus got , lalat nyamuk dan bahkan cacing pemakan jasad anda di liang kubur dll….

        Tuhan PASTI bersifat NETRAL dan SUCI , tidak seperti yang anda percayai , Tuhan anda yang seperti membela negeri padang pasir sontoloyo itu dan memusuhi umat yang lain…..siapa sebenarnya Tuhan yang anda sembah itu ??….Tuhan sejati atau Tuhan abal abal ??

  4. Bau busuk pasti disembunyikan……

    Lembaran yang bagus pasti ditunjuk tunjukan agar dibaca dan dipercayai……

    Bagaimana dengan lembaran yang lain , lembaran yang mengakibatkan hati nurani terbelalak kaget , karena lembaran itu sangat sarat dengan kejahatan , kedholiman dan kenistaan…….

    Dulu orang berguru dan ingin belajar ilmu perlu beaya besar , waktu , tempat jauh dan guru yang mumpuni / ampuh dll, tapi terkadang si murid bertemu dengan guru yang tidak bijak dan tidak adil dan bahkan jahat , berakibat si murid juga berfaham dan bersikap tidak adil dan tidak bijak…..menjadi jumawa dan selalu ingin diakui sebagai paling benar dan paling dengan Tuhan ( allah sebagai tuhan mereka )….

    Di jaman milenium dan canggih serba komputerisasi , kita bisa belajar apapun lewat internet , bisa belajar dan mencari GURU yang BENAR dan BIJAK serta ADIL, belajar sejarah , melihat tempat , benda , binatang , alam semesta dll dan ingin tahu tentang biografi dan sejarah sosok sosok manusia besar di jaman nya….

    Kemajuan teknologi ini adalah hasil karya Tuhan melalui manusia yang dipilih ( para ahli / sain dalam segala bidang , mereka kebanyakan adalah orang kafir…he he )…

    Apa yang dulu dipercaya sebagai kebenaran dan suci semuci mungkin bisa berubah menjadi rendah , karena hal hal yang buruk selalu disembunyikan dengan rapat selama ribuan tahun karena ditakutkan kehilangan kepercayaan dan pengaruh…..

    Tapi sekarang semua sudah dibuka oleh Tuhan , dengan diturunkan ” wahyu baru ” yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi kepada manusia milenium , sehingga diketahui peristiwa yang sebenarnya , meluruskan yang bengkong dan membuka bau bangkai busuk yang selama ini ditutup rapat…agar manusia kembali menjadi manusia yang berfaham hati nurani , berfaham atas RASA dan tidak fanatik dengan faham agama…..

    Agama bisa menjadi alat tunggangan , sebagai politik dan alat untuk mencari nikmat dunia dan nikmat akherat, pengaruh dan kekuatan…..

    Agama hanya ada 2….agama Tuhan dan agama kegelapan , maka agama apa yang sekarang ini sedang berkembang dan besar ??…..agama apa yang berdasar dan berlandaskan hati nurani ??

  5. Pak apak benar tumpeng pungkur ini untuk.orang meninggal yang masih lajang .kalau untuk bapakbapak atau ibu2 namanya tumpeng apa ya

  6. Mas Sabda,

    bgmn cara kerja tumpeng pungkur? apa ini semacam sesaji/sesembahan untuk mahkluk roh? apa beda dgn tumpeng2 yg lain?

    Rahayu

    • Lux Ferre yth
      Itu bahasa mas. Bentuk ikrar bahwa tugas duniawi si arwah yg masih mengganjal atau blm selesai, akan diteruskan oleh kel atau kerabat yg masih hidup. Atau bentuk pernyataan bahwa yg ditinggalkan sdh iklas dan mempersilahkan si arwah melanjutkan perjalanannya.
      Semoga penjelasan ini berguna, rahayu sagung titah dumadi

  7. Pd gambar, kok ada tambahan ya mas, pincuk godong itu bubur merah atas putih ya, yg ada telur separo itu loh,

  8. dadi wong yo seng sabar … sabar kasihane gusti allah ..amin

  9. Bagaimana cara mengetahui apakah roh yg mati tersebut kembali ke semestinya atau msh penasaran?
    Apakah ada parameter yg bs kita gunakan?
    Tdk adakah ilmu niteni atau sesrawungan alam sebelah yg bs dijadikan jembatan mengintip hal ini?

    Ngapunten, nembah nuwun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: