RAHASIA JANIN

Janin usia 40 hariMelanjutkan kisah Rahasia Di Balik 40 Hari pada thread terdahulu, kali ini saya ingin berbagi pengalaman berhubungan dengan rahasia dan apa yang terjadi dengan janin selama “bertapa” 9 bulan berada di dalam goa garba (rahim) ibu. Pengalaman ini kiranya perlu saya sampaikan dengan harapan dapat diambil manfaatnya. Terutama bagi saudara-saudara, para pembaca yang budiman yang selalu membuka pikiran dan hati untuk menggali wawasan yang lebih luas lagi. Anggap saja tulisan saya ini sebagai tantangan bagi para ahli medis untuk melakukan penelitian sebagai upaya pembuktian. Sejak terjadi  pembuahan oleh sel sperma terhadap sel telur, sejak itu calon janin segera membutuhkan  makanan yang diperolehnya melalui penyerapan sari makanan dari ibunya. Selanjutnya janin atau embrio yang berusia 40 hari sudah memiliki ruh atau sukma. Hal ini tentunya agar dapat dijadikan paugeran para dokter kandungan atau anak, serta siapapun bila ingin melakukan tindakan medis seyogyanya dapat menjadikannya bahan pertimbangan. Sebab bila sampai terjadi resiko kematian –apalagi bila dilakukan secara sengaja– sejak janin menginjak usia 40 hari, konsekuensinya sama halnya anda melakukan pembunuhan terhadap orang dewasa.  Jika hal itu terjadi karena suatu halangan atau ketidaksengajaan, tentunya perlakuannya seperti halnya memperlakukan kematian seseorang pada usia dewasa atau tua. Dilakukan segenap upacara penyempurnaan arwah, memberikan nama, dan tidak lupa melaksanakan selamatan hingga 1000 hari akan jauh lebih baik.

Lebih dari itu sejak usia 40 hari janin akan memerlukan suplai makanan pokok berupa sperma dari suami. Dalam ilmu pengetahuan Jawa kuno terdapat nasehat, “..orok iku kudu “disirami” supaya slamet kabeh sak jabang bayine. Dahulu sebelum saya pernah “menyaksikan” sendiri, saya belum mampu memahami apa arti dari kalimat pepeling di atas. Bahkan sebaliknya, dominasi rasio saya dengan serta merta menyangkal, dan menganggapnya sebagai kalimat sekedar bermakna basa-basi dan hanya gugon tuhon, ela-elu, dan tidak mempunyai dasar yang kuat. Nah, setelah pengalaman spiritual yanng saya alami berlangsung, barulah mengerti apa maksud disirami. Ternyata tidak lain untuk membahasakan kegiatan hubungan suami istri sebagai bentuk memberi makan kepada si jabang bayi dalam kandungan ibu. Dalam kesadaran ini hubungan suami istri tidak saja sebagai pemenuhan nafkah batin atau psikhis maupun biologis, lebih dari itu sebagai tanggungjawab sang ayah memenuhi nafkah biologis (dan juga psikhis) bagi sang janin, yakni suplai makanan berupa air mani dari sang ayah.  Mungkin bagi sebagian para pembaca hal ini dianggap aneh dan mengada-ada. Namun apakah anda memiliki argumen untuk menyanggahnya ? Jika mengabaikan pun resikonya hanyalah seperti yang akan saya paparkan pada alinea di bawah.

Sumber Makanan

1. Ibu; sumber makanan dari ibu berfungsi menopang pertumbuhan dan kesehatan janin atau embrio. Namun pertumbuhan embrio dan kualitas kesehatan masih tergantung pula pada kualitas suplai makanan untuk embrio. Kualitas suplai makanan dari ibu  tentu saja sangat tergantung oleh kualitas makanan yang dikonsumsi ibunya. Maka sebaliknya semakin buruk kualitas makanan yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh besar pada kesehatan dan pertumbuhan embrio. Jika suplai makanan ke embrio sangat terganggu misalnya karena si ibu sakit berat, resikonya dapat mengakibatkan kematian pada janin.

2. Bapa : sumber makanan embrio selain dari ibu juga diperoleh suplai makanan dari ayahnya berupa sperma. Lantas apa akibatnya jika janin tidak mendapatkan suplai makanan dari ayahnya yang berupa air sperma. Tentu tidak beresiko terjadi kematian pada janin. Namun kita ketahui bahwa sperma memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, selain bermanfaat untuk kesehatan janin lebih dari itu berfungsi membangun kecerdasan otak. Jika kondisi bayi terdapat diagnosa kurang sehat, lemas, kecapaian, dsb embrio perlu protein tinggi untuk mengembalikan stamina. Dalam kondisi embrio demikian hendaknya justru suami-istri melakukan hubungan agar janin cepat pulih (recovery). Hal ini justru sering dihindari oleh pasangan jika mendapati janin kurang sehat sehingga memperbesar resiko keguguran atau kematian janin. Silahkan anda membuktikan sendiri. Dari keadaan di atas, saya bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa kasus-kasus hamil di luar nikah dan ditelantarkan oleh pihak laki-laki/pasangannya biasanya janin yang akan lahir dengan mengalami berbagai masalah seperti misalnya daya pikir rendah hingga cacat. Bisa jadi hal itu menimpa pasangan resmi, misalnya bagi yang mempunyai kendala teknis untuk berkumpul dan melakukan hubungan suami-istri selama masa kehamilannya. Bisa disebabkan oleh perpisahan jarak yang cukup jauh, intensitas bertemu atau berhubungan suami istri yang jarang terjadi, atau ketakutan melakukan hubungan disebabkan masalah kesehatan atau kurangnya informasi tentang pendidikan dan informasi kesehatan janin. Resiko tersebut dapat terjadi dari kasus yang paling ringan hingga paling berat seperti berikut :

1. Kebodohan / lemah daya pikir
2. Kenakal dan disorder
3. Sakit-sakitan
4. Cacat fisik
5. Cacat mental
6. Kematian setelah kelahiran janin

minggu ke 2 ectoderm

Hal itu masih berkaitan erat dengan kondisi mental kejiwaan dari sang ibu selama hamil. Jika mengalami tekanan batin terus menerus secara mendalam selama masa kehamilan,  akan membuka resiko timbulnya masalah dan cacat pada bayi. Bagi para pembaca yang memiliki latar belakang ilmu medis terutama pendidikan dokter atau dokter spesialis anak, silahkan memberikan input dengan segenap argumen yang ada. Saya pribadi sangat terbuka kritikan, dan silahkan dibuktikan melalui penelitian ilmiah agar dapat terbukti kebenarannya. Bahwa bayi selama masa di dalam kandungan ibu akan  mengkonsumsi sperma dari ayah/pasangan hidup si ibu.

Wewaler dan Pepeling Jawa

Kehamilan merupakan peristiwa sakral yang dialami oleh ibu, janin dan ayahnya. Kehamilan dianggap sebagai “laku” tapa brata, mengendalikan nafsu terutama yang bersumber dari indera mata, telinga, hidung, dan mulut. Pada saat menjalani kehamilan harus ada kekompakan antara suami dan istri. Pasangan harus menghindarkan diri dari percekcokan, tengkar mulut, bergunjing, menyakiti hati orang lain.

Saat kehamilan merupakan “laku” prihatin yang berat terutama bagi istri dan juga suami. Seluruh organ tubuh si ibu semua turut menjalani prihatin, gentur laku. Betapa tidak, karena organ tubuh harus bekerja dua kali lipat untuk menopang kehidupan tubuhnya sendiri dan tubuh si jabang bayi.  Jantung bekerja untuk memompa dua sirkulasi darah. Paru-paru digunakan untuk memompa udara agar tersebar ke dalam dua tubuh. Protein, vitamin, karbohidrat semuanya harus dibagi menjadi sumber hidup dua kehidupan. Kandungan kalsium ibu akan berkurang banyak (terutama jika mengandung bayi laki-laki), bahkan harus mengorbankan gigi-gigi dan tulang sang ibu untuk merelakannya menjadi keropos. Rambutpun menjadi kurang suplai makanan. Ibu harus rela berbagi kalsium atau zat kapur, pigmen, dan vitamin sehingga berakibat terjadinya kerontokan rambut yang parah. Enzim dan hormon ikut diperas untuk konsumsi si embrio sehingga sering menimbulkan guncangan emosi, stress dan depressi yang dialami ibu hamil maupun pasca melahirkan bayi. Di saat melahirkan, ibu masih harus berjuang meregang nyawa untuk mempertahankan kehidupan baru, yakni si jabang bayi sebagai generasi penerus kehidupan. Selama menempuh “laku prihatin” itu semua, si ibu tak boleh menggerutu, ngedumel, grenengan, sebagai pertanda ikhlas dan ketulusannya. Penderitaan dan keprihatinan yang mendalam yang dilalui dengan tulus akan mendatangkan berkah Tuhan Yang Maha Kuasa, merubah ucapannya menjadi idu geni. Apa yang dimohon dalam doa mudah terwujud (makbul). Apa yang dikatakannya mudah numusi (tijab).

Tugas suami adalah memberikan kasih sayang yang lebih, merawat, siap melayani 24 jam. Suami harus menciptakan suasana yang nyaman, tenteram dan aman agar diperoleh ketenangan lahir batin. Siang malam ibu bapa berdoa mohon keselamatan jiwa dan raga, untuk si jabang bayi, si ibu, dan keluarganya. Itulah sebabnya, jika wewaler dan pepeling tersebut apabila bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka sudah menjadi keadilan Tuhan jika masa-masa kehamilan akan disertai berkah dan anugrah agung untuk keluarga. Hanya saja, dibalik tijabnya perkataan (idu geni) ternyata berlaku untuk semua perkataan yang keluar dari mulut. Baik istri maupun suami harus eling dan waspada selalu menjaga tabiat, perbuatan dan ucapannya agar melakukan hal-hal yang sebaik-baiknya. Karena sifat idu geni berlaku untuk kalimat dan kata-kata yang baik maupun yang buruk. Jika yang keluar dari mulut selalu perkataan baik, jika terjadipun merupakan hal yang baik. Sebaliknya jika yang terucap dari mulut merupakan perkataan kotor, jorok dan buruk akan sangat berbahaya jika numusi untuk si jabang bayi dan diri sendiri. Maka terdapat larangan (ora ilok atau pamali) jika bertingkah dan mengatakan hal-hal yang sifatnya buruk, misalnya bergunjing, memaki, dan mencela orang lain, bahkan mencela serta menyakiti binatang pun tidak boleh dilakukan. Sampai-sampai saat istri hamil, si suami tidak boleh melakukan sendiri menyembelih ayam atau kambing sekalipun untuk suatu keperluan dan acara.

Contoh Kisah

Sewaktu saya masih duduk di bangku kelas 1 SD saya pernah diajak piknik ke kebun binatang Gembiraloka, saat itu kami pergi bareng-bareng nyewa andong bersama para tetangga. Satu di antara tetangga ada yang tengah hamil. Saya menyaksikan sendiri dia orangnya kurang bisa menjaga mulut. Saat di kebon binatang melihat seekor anak gajah yang matanya buta satu karena cacat bawaan lahir. Tetangga saya yang sedang hamil sambil teriak-teriak dalam bahasa Jawa kasar,”…itu lihat matane gajah sisih tengen picek siji…gajah ko picek !!. Lalu di lain tempat sedang nonton induk gorilla yang kebetulan kaki kirinya agak kecil sebelah karena cacat. Induk gorilla itu berjalan tertatih pincang / dengklang. Tetangga saya yang hamil berteriak-teriak lagi dalam bahasa Jawa kasar, “…iku delengen, munyuke sing ireng kuwi pincang cokore kiwo. Mulane mlakune semperlucu hihihi !!”. Selang 3 bulan kemudian, tetangga saya melahirkan bayi laki-laki. Namun ada hal yang sangat mengejutkan, ternyata bayi laki-lakinya mengalami cacat fisik mata sebelah kanannya buta permanen, sedangkan kaki sebelah kiri yang tadinya tampak normal, namun setelah usia 8 tahun barulah disadari kaki sebelah kirinya tidak berkembang, alias menjadi kecil sebelah dan jika berjalan pincang hingga saat ini.

Kisah di atas hanya satu contoh saja, sebenarnya masih ada beberapa contoh lain, dan juga contoh yang sahabat saya saksikan sendiri.  Namun bukan tujuan saya untuk melakukan penelitian dan mengharuskan anda percaya sepenuhnya. Saya pribadi cukup bersikap yang antisipatif, harus selalu eling waspada apalagi pada saat istri sedang hamil. Deskripsi di atas kiranya dapat dijadikan pepeling bagi yang masih ngugemi paugeran. Maka orang-orang apabila melakukan sesuatu yang kurang baik, walau secara tak sengaja atau terpaksa, sering sambil berkata,”…amit-amit jabang bayi…!” hal itu dimaksudkan sebagai sikap hati-hati dan selalu mewaspadai akan segala ucapan dan perbuatan kita yang kurang baik, jangan sampai mengalami akibat buruk gara-gara keteledoran kita kurang mampu mengendalikan nafsu.

Untuk itu, dalam adat Sunda, Tana Toraja, Bali, Minang, Bugis, dst terdapat berbagai tradisi selamatan. Khususnya di Jawa terdapat berbagai selamatan selama ibu pada masa-masa hamil. Misalnya acara selamatan 4 bulan dengan membuat bancakan biasa dengan bumbu urap tidak pedas, kemudian mitoni atau selamatan 7 bulan (untuk yang hamil pertama) dan selamatan saat hamil anak yang ke tiga (medeking). Semua ditujukan sebagai upaya memohon keselamatan lahir dan batin kepada Tuhan, baik untuk keselamatan ibu serta si jabang bayi.

Tulisan ini saya persembahkan untuk saudara-saudara semua di sini, para pembaca yang budiman, dengan harapan bisa memberikan sedikit manfaat bagi anda atau istri anda yang sedang menjalani masa-masa kehamilan. Dengan harapan semoga diberikan kesehatan, keselamatan, ketentraman dan kebahagiaan lahir dan batin. Semoga buah hati kelak menjadi orang pinunjul, linuwih, hambeg paramarta lakutama, saget mikul dhuwur mendhem jero dumateng tiyang sepuh, lan migunani tumrap ing sesami. Salam kasugengan, rahayu, karaharjan, sentosa, widodo nir ing rubeda, kalis ing sambekala. sabdalangit

Iklan

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Juli 28, 2009, in RAHASIA JANIN and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 82 Komentar.

  1. Terimakasih Mas..Menarik sekali babarannya..Kudu selalu menjaga fikiran, perkataan dan perbuatan selama kehamilan istri..Pada waktu pemeriksaan kehamilan pertama, janin kami masih berbentuk titik/nutfah, kemudian seminggu kemudian sudah ada detakan jantung dan sudah segumpal daging..Disini saya juga baru mengerti, kalau janin itu ruhnya sudah ada ketika segumpal daging dan dalam proses pembentukan kepala, badan dan tangan kaki lainnya..analoginya mungkin denyut jantung ada ketika ruh sudah ada, apa benar demikian?

    Kehamilan istri saya sudah memasuki 3 bulan, masih muntah-muntah dan mual, karena tajamnya penciuman istri di rumah kami seperti yg sering kita bicarakan di telfon..Terakhir USG, Janinnya lincah sekali selalu bergerak-gerak, kadang udah mutar2 salto, terlentang seperti balerina saja..

    Kalau menurut medis, fase mual muntahnya ini bisa berlanjut hingga 4 bulan..tapi sangat tergantung ibunya, karena tiap ibu hamil pengalamannya berbeda2..Kakak Ipar saya justru 9 bulan full mual muntah..Nah yang saya sedihkan, si Ibu mau saya titipkan dulu sementara ke rumah mertua di Medan, karena kami cuma berdua saja di rumah, sering kasihan kalo istri ditinggal sendiri kalau saya kerja..fisiknya sering lemah, seperti tulang lemas, begah perut, muntah2 dsb..Mudah2an anaknya laki-laki..Makannya pun ga bisa makan rumahan, karna ga ada yg masakin..semoga di rumah mertua, istri dan janin bisa lebih leluasa dan penuh dengan asupan gizi dan ada yg selalu menjaga, dan merawat..Walaupun saya sedih juga bakal ditinggal sendiri di rumah..Mudah2an setelah istri mulai kuat dan tenang tidak mual2 muntah lg, bisa kembali ke rumah..Untuk melahirkanpun kami pengen di Medan saja, biar istri bisa sekalian belajar ama ibunya menangani anak bayi (mertua bidan)..

    Mohon doanya agar anak kami selamat hingga kelahirannya, sehat sempurna fisik, mental dan spiritualnya..Tidak diganggu dan dilindungi dari keberadaan makhluk2 berenergi negatif ya mas (dalam cerita di sumatera seperti pelasik dan makhluk2 lain)..Amiin..

  2. Mas Sabda Yth

    Melanjut kisah sy diatas,stlah sy pelajari,sy berdialog dg DIA yg di atas sana,mslh yg terjd pd kelg teman sy itu bukanlah mslh yg ringan atw biasa.Trnyt ini ada hub nya dg KEHIDUPAN MS LALU,masa yg duluuu……..saat kita ini blm memakai “pakaian” wadag sprti yg skrng ini.

    Trnyt teman laki2 sy ini dahulunya saat pertama kali di ciptakan/diturunkan kemuka bumi ini adlh seorng Pangeran/Priyayi Bangsawan…….Nah sprt yg mas tau,seorng bangsawan itu sll mempunyai “kelebihan2” yg ternyt terus di bawanya sampai sekarang dlm kehidupan yg skrng,yg entah sdh brp kali putaran.
    Nah kelg besar sang istri ini “tau” akan kelebihan2 ini makanya dlm pernikahan merekapun terkesan se olah2 seperti di rekayasa yaitu dgn memakai ilmu gendam atw apalah namanya krn “dilihatnya” laki2 ini adlh seorng yd bakalan kaya raya,entah dr sudut ilmu kanuragan atw hartanya.Mkny untuk mewarisi itu semua kelg istri ini harus mengupayakan adanya keturunan atau anak,mk ditempuhlah cara2 yg tidak halal sprt termaksud di atas (pembuahan dg bangsa jin).

    Pastiny ini di luar sepengetahuan pasutri teman sy ini……nah krn sy di tugaskan untuk menolong,mk sy lah yg di utus melakukan prosesi penyelamatan,penyempurnaan,dll nya tnp sepengetahuan ortu si jabang bayi ini.
    Klo mas td meminta sy utk berdialog/bertanya kpd leluhur2 ini yg notabene mrupakan keturunan penganut ilmu hitam mrk minta mahar atw penebusnya adalah NYAWA sbg alat pemisah pasutri teman sy ini krn terus terang sbtulny rumah tangga mrkpun tidak harmonis dan sll dilanda musibah yg sampai mengantarkan mereka tidak punya lg sumber rejeki alias pengangguran.
    Oh ya mas sbg informasi teman sy yg laki2 ini pernah bermimpi melihat 3 kuburan di dlm rmh mertuanya dan salah satunya sudah dlm keadaan terbuka dan teman sy ini dipaksa atw diceburkan kedalam kuburan yg terbuka ini akan tetapi beliau bs menyelamatkan diri wlu msh saja berputar putar disekitar rumah tsb.

    Jd kesimpulan yg sy dpt memang berat skali tapa broto yg harus dilalui bapak ini(ayah si jabang bayi,yg saat ini sdh tumbuh jd anak balita) klo dy mau memutus karma nya

  3. wolo wolo kuwato

    saya ada pertanyaan mas.seperti yg di terangkan dalam thread ini,bahwa kehidupan itu sudah ada pada saat janin/ jabang bayi masih di dalam kandungan.
    pertanyaannya apabila ibu hamil (masa kehamilan udah tua) melakukan puasa contoh puasa romadhon.hal ini apakah juga termasuk laku prihatin bagi jabang bayi tsb? dan apakah hal ini juga berpengaruh bagi kehidupan jabang bayi kelak di dunia?
    nuwun…

  4. salafi ahlussunah wal jamaah

    menurut saya anda salah.g ada yg seperti itu. Rasulullah SAW sama sekali tidah mencontohkan hal itu.bahkan dianggap BID’AH.bid’ah adalah sesuatu yang diada adakan dalam agama,sesuatu yang diada adakan adalah sesat.kesesatan tempatny dineraka.
    Na’udzubillahi min dzalik…

  5. hanya mengada ada….
    jelas tidak ada dalam sunnah RasuluLLah SAW.
    kita harus berpegang teguh dan menggigit dengan gigi geraham kita dengan firman ALLAH dan sunnah RasuluLLAH SAW dan sunnah Khulafaur Rasyidin…..
    keluar dari itu adalah BID’AH = SESAT = NERAKA….
    saya tanya sumber dari yang diatas dasarnya apa?

    • hehe betul kata mas sabda…lalu ilmu2 medis, teknologi, psikologi, neurologi adalah sesat=bid’ah = neraka? jangan hanya karena berbau mistik/di luar logika lalu anda cap sesat, hehehe..sekarang kita cermati yg pasti anda anggap mistik, ilmu hypnoteraphy seperti di TV2 Uya Kuya itu sesat yah? tapi mereka menjawabnya jujur, ga berbohong, hehhe..

      Sunnah Nabi itu sebenarnya intinya meneladani akhlak Nabi dari perkataan, perbuatan beliau..Namun walaupun begitu, hadist hanya sebagai penguat dan penunjang AQ..Bukan sebaliknya malah didewa2kan, lalu muncul ilmu sanad2 dgn sarat sanad tak boleh putus dsb..Sedang yg sanad tak terputuspun bisa muncul kehilangan inti pesan atau minimal terjadi perubahan. maksud.Mereka para wali/sufi/ahli mukasyafah tak perlu mendewakan hadist, karena mereka sendiri bisa langsung bertemu dan menanyakan kpd RAsul..Maka ada Wali yg menyindir, ulama syariat berlandaskan pada hadist dari si anu dari si anu yg mana merupakan orang2 yg telah mati, kebenarannyapun sulit ditentukan sahih atau bukan..Sedang wali mampu langsung bertanya pd sumbernya/Rasul

      Sekedar intermezo aj

    • Salafy@ “Bid’ah” : ayat mana dalam Qur’an ada kata2 bid’ah?. mohon pencerahan!

  6. Salafy Yth
    Panjenengan tanyakan dasarnya apa?
    Sy jawab: Dasarnya adalah pengalaman. Bukan sekedar katanya.
    Ilmu pranata mongso, astrologi, fisiologi, antropologi, ilmu menanam jagung, ilmu rasi bintang, filsafat, geofisika, cybernet, teknologi nano, semua ilmu tsb tidak ada dlm sunah. Apakah jg termasuk bid’ah = sesat = neraka?
    Sy justru merasa beruntung bisa menyaksikan dgn mata kepala sendiri kekuasaan tuhan yg maha. Gara2 sy menjadi org yg mbalelo, mbejujal, tidak dilimput rasa takut oleh kungkungan dogma.
    Rahayu karaharjan

  7. mas sabda..

    menarik sekali ulasan2 di web ini ..

    saya mau menanyakan mungkin ada saran dari mas sabda bagaimana caranya lelaku atau apa namanya biar saya dan istri yang sudah 4 tahun lebih menikah cepat di beri momongan / kepercayaan dari Hyang Widhi…

    terimakasih wejangannya..

    • Mas Ajeg Yth
      Coba saja minum jamu rebus. Bahannya sederhana saja yakni umbi rumput teki. Siapkan 1 kg umbi rumput teki, cukup ambil 17 biji saja lalu direbus dengan 11 gelas ukuran tanggung sampai mendidih. Matikan api, biarkan dingin, selanjutnya air rebusan tersebut diminum setiap saat sampai habis. Lakukan selama 35 hari berturut-turut. Rebusan sebaiknya hanya sekali pakai saja selanjutnya diganti dengan yg baru. Jika panjenengan dekat dengan kota Solo, ada toko bahan2 herbal di Jl dr Rajiman. Sekitar 200meter setelah pasar Klewer, tepatnya di samping kanan toko oleh-oleh Varia.
      Selain itu istri anda bisa pula minum jamu rebusan empu kunir (bonggol kunir) dipadu dengan kunir putih. Dengan perbandingan 2:1. Kedua macam kunir tsb diiris tipis lalu direbus dengan air secukupnya. Minum selama 35 hari. Resep ini telah dicoba oleh banyak sedulur dan membuahkan hasil sesuai yg diharapkan.
      Semoga lekas mendapatkan sang buah hati
      salam karaharjan

  8. matur nuwun mas …

    mau di coba dulu …

  9. @ all man/ calon ayah/ para ayah

    Ehm…ehm…, Bapak-bapak kalau lagi berkumpul ngobrol ternyata bisa seru juga ya. Komentarnya Lucu2, polos dan mengesankan (!), saya hanya bisa senyum-senyum saja… he he he…

    saya salut dengan semangat ‘ikut cawe2’ anda. bahwa masalah janin tidak hanya sepenuhnya milik sang ibu saja tetapi sang ayah pun juga punya yang andil besar bagi ‘perkembangan’ sang jabang bayi.

    Saya mengucapkan ‘SELAMAT HARI AYAH’ atau ‘HAPPY FATHER`S DAY’ untuk anda semuanya.

    Hari Ayah adalah perayaan menghormati ayah, Ini melengkapi Hari ibu, perayaan menghormati ibu.

    Biasanya Hal ini dirayakan pada hari Minggu ketiga bulan Juni di banyak negara dan pada hari-hari lainnya di tempat lain. Namun pada perkembangannya, hari ayah di seluruh dunia tidaklah sama tanggal harinya. Di eropa hari ayah sangat populer dan disusul oleh negara2 lain di dunia.

    Bagaimana dengan perayaan hari ayah di indonesia?

    Hanya anda para ayah/ calon ayah yang bisa menghidupkannya… sebagai halnya bentuk sumbangsih obligasi ayah, dan pengaruh ayah dalam masyarakat.

    Salam Sayang Ayah,

    Dewi

  10. Alhamdulillah saat ini istriku hamil anak pertama kami usia kandungan 7 bln…mohon doanya agar istriku nanti bisa melahirkan anak kami dgn lancar dan selamat….amien ya rabb

    • Mas Andy Yth
      Selamat atas kehamilan istri panjenengan. Semoga istri dan janin dalam keadaan sehat selalu serta selamat semuanya sampai melahirkan. Semoga sang anak kelak menjadi anak yg selalu welas asih dan bermanfaat utk seluruh makhluk, utk lingkungan alam, bumi pertiwi. Menjadi anak yg selalu menjalani “lakutama”, mikul duwur mendhem jero ortu. Anak yg titis tatas tetes.
      Salam karaharjan

  11. Pakde Sabda…
    Mau ikut nanya… anak saya yang no.4 baru umur 1 tahun masih netek ibunya, tetapi istri saya sudah hamil lagi sekarang. pertanyaannya apakah ASI yang sekarang masih boleh buat anak saya yg no. 4 itu..? atau itu jatah bakal anak saya nanti..?? mohon penjelasannya… Matur Suwun..

    Eko Wahyu Nugroho

    • Ahurairah (Mas Eko Wahyu Nugroho) Yth
      Itu namanya KESUNDULAN. Sebaiknya ASI utk putranda yg ebrumur 4 tahun dihentikan, krn tdk baik terhadap pertumbuhan keduanya. Isilahnya bisa kecenthet, pertumbuhannya menjadi terganggu. Sebaiknya, utk ke depan, selama istri masih menyusui ASI, selama 6 bulan jangan tercampur oleh “air” ayahnya, krn hampir pasti si anak akan muntah pada saat menetek ibunya. Utk itu perlu memakai kondom saat berhub intim. Setelah usia bayi 6 bulan, barulah boleh tanpa kondom. Itu sdh rumus alam, sebenarnya sang bayi kecil pun secara tidak langsung mencegah agar tidak terjadi kasus KESUNDULAN.

      Mbak Ike Yth
      Sepertinya anda butuh keluarga dekat yg bisa menjadi pelindung. Dan bisa memecahkan kebuntuan atas persoalan yg anda hadapi. Tak perlu berlarut utk menyesalinya, krn semua sdh terjadi dan ada janin di dalam rahim. Penyesalan sama halnya menyesali janin dan rohnya yg merupakan putra anda sendiri. Yang penting saat ini bagaimana solusinya. Melihat posisi tawar anda, anda kurang bargaining power utk menyelesaikan persoalan ini sendirian. Carilah org yg tepat atau keluarga yg mau melindungi anda (tdk cuma mengungkapkan kemarahan saja), yakni org/keluarga yg bisa bersikap dewasa, arif, dan bijaksana. Ungkapkan segala persoalan padanya, dan minta supaya membantu menyelesaikan persoalan ini. Krn anda butuh “bargaining power” vis a bis pasangan anda yg maunya mengulur2 waktu utk menikah resmi. Pesan saya, kesulitan ini jalani saja mengalir, anggap saja sebagai eksekusi (hukum sebab-akibat) atas apa yg selama ini Anda lakukan. Semua itu adalah pilihan hidup dan semua ada plus minusnya, ada resikonya. Jika kesulitan ini dijalani dengan kesadaran “utk” menebus kekeliruan pd saat mengambil pilihan hidup, justru kesulitan akan segera usai. Semoga persoalan segera selesai sesuai yg diharapkan, anda dan janin selamat dan sehat. Utk ke depan, cobalah memahami dengan tepat apa sesungguhnya kehidupan ini. Agar tak ada lagi kasus salah ambil pilihan, dan salah sikap. Lakukan kebaikan, membantu, menolong kdp banyak org, kpd siapapun, tanpa pilih kasih, agar senantiasa “pagar gaib” selalu melimput-melindungi setiap perjalanan hidup Mbak Ike.

      Salam karaharjan

  12. pakde sabda ..
    ini dengan ike 22thn asal surabaya , permisi saya mau tanya .. kebetulan saya ini sedang hamil jalan 4bln kurang 1mgu ..
    saya blm menikah krn masih takut menbicarakan ini terhadap org tua masing2 , pasangan saya meminta saya u/ ‘membuang’ janin ini , tp demi Allah saya ga mau , kdng terbesit dalam pikiran saya , lbh baik tdk bersuami dia drpda ank saya yg celaka ! tp stelah saya bca ttg artikel pakde yg blg kalau janin jg perlu asupan gizi dr sperma sang ayah .. saya jd bingung lg pakde 😦 saya benex pngen cepet2 meresmikan hubungan , tp kok ya dia nya ngulur2 itu lho ! saya sudah ngoyo2 jaga kandungan ini , beri susu tiap hari , beri vitamin , obt penguat kandungan , jga prilaku , tp ayahnya itu lho yg kurang bisa jaga sikap , bisanya marah2 , ngolokin saya n ngumpat2 gtu , sudah setres urusan kantor , ditambah kena omelannya dia , saya jd pusing pakde 😦 tolong sarannya apa yg hrs saya lakukan dlm waktu dekat ini ,,

    Terima kasih 🙂

  13. salam rahayu…
    Maaf, Ki…saya mendapat PR yang menurut saya ‘agak’ sulit…harapan saya Ki Sabda dapat membabarkan, begini Ki, saya mendapat PR untuk menjawab : “Siapa nama ‘bantal’ yang menemani ‘jabang bayi’ selama berada di dalam pertapan sang ibu. ” Matur sembah nuwun sebelumnya…

  14. Ratu adil menyiratkan suatu hal yang sudah selesai dikerjakan.

    Pemuda gembala yang suka berceloteh, menggembalakan ajaran-ajaran. Pemuda gembala tidak alim.

    Pemuda berjanggut adalah sosok alim yang menuntun pemuda gembala agar sesuai prilakunya.

    Ratu Adil adalah kesempurnaan setelah seluruhnya jadi. Dalam hal ini ratu adil adalah sosok berbaju polisi robot berwarna merah.

    Kermbali saya tuturkan bahwa saya tidak peduli jika orang mau jadi sp. karena saya tidak merebutkan dan meributkan hal itu. saya cuma sekedar berbicara sesuai pemahaman.

    saya tidak bisa digunakan oleh siapapun. dewa saja tidak bisa menggunakan saya. saya tidak mau digunakan oleh siapapun. tentang banowati umur 15 tahun itu cuma bercanda saja. sesekali orang perlu bercanda. kalau tidak perlu, ya pesawat saya tidak turun ke umur itu. banyak diluar.

    sampai jumpa lagi. sekali lagi, kadang-kadang saya cuma bercanda.

  15. Sebelumnya saya ucapkan salam hormat pada seluruh rekan-rekan majapahit yang ada disini, juga terhadap sabdo langit.

    Tahun pertama Dhammanta oktober 2010 – oktober 2011, adalah kegiatan Jesus dalam memperolok-olok para sp palsu.
    Tahun kedua Dhammanta oktober 2011 – oktober 2012, adalah kegiatan Jesus dalam mencari shakti.
    Tahun ketiga Dhammanta oktober 2012 – oktober 2013, Jesus berkuasa.
    Tahun keempat Dhammanta oktober 2013 – oktober 2014, Nusantara diterpa bencana mahadahsyat akibat pertukaran poros bumi.
    Tahun kelima Dhammanta oktober 2015 – oktober 2016, Jesus menata kembali seluruh agama yang ada.

    Demikianlah.

  16. saya membaca tulisan ini dengan perasaan merinding terus…setiap tulisan om memberi aliran energi aneh buat saya…seperti kesenthil dan diwejangi sama eyang2…banyak hal yang pengen saya tanyakan soal “penyempurnaan arwah, pemberian nama dan selamatan” saya butuh pengetahuan tentang hal tersebut…bisakah saya kirim Privat Message ke om sabda?

  17. Yth. Eyang sabda langit
    saya mau tanya apa yang terjadi ngeh kl jabang bayi digugurkan karena satu sebab mengingat usia dari janin tsb sudah lebih dari 40 hari. Dan apa dampak dari kejadian tsb bagi orang tuanya??
    Matur nuwun penjelasannya.

  18. Kangmas Sabda Yth @
    Sembahnuwun postingannya Kangmas. Pengalaman saya tentang “nyirami winih”. hasilnya luar biasa, secara fisik kedua anak saya punya rambut hitam yang lebat & sehat. Tentang nyidam, istri saya tidak nyidam khusus, tapi hanya pingin makanan/minuman yg masuk kemulut saya. sampai kedua anak saya juga berlaku sprti itu. Jadi lebih hati2 memilih/ membawa makanan yang saya bawa kerumah. maturnuwun

  19. mohon petunjuk bagaimana.merawat ruh bayi yang di aborsi
    dikubur di makam tapi tidak dengan cara yang benar dalam artian ritual dan slametan
    sudah diberi nama dan stiap jumat legi selalu disekar
    apakah dia bisa sempurna????

  20. wah…keliru kau bang…janin dalam kandungan yang terbungkus kokoh oleh rahim memperoleh makanan hanya dari ibu melalui tali pusarnya..justru sperma yang masuk ke dalam vagina dapat menyebabkan kontraksi otot rahim hingga memicu lahir prematur (makanya disarankan sperma masuk ke dalam vagina setelah janin berusia 40 minggu untuk merangsang proses kelahiran) “dibawah 40 minggu dilarang keras”

  21. ki sabdalangit yth,

    2minggu yg lalu istri saya hamil 8mggu,periksa ke dokter di usg klo blm ada detak nya.trs skrg usia kehamilan istri saya masuk mggu ke 10,,,udh periksa lg klo janin tdk berkembang dari mggu ke 8 dan disarankan dokter utk di kuret,,,

    baru saja istri saya cerita pas kehamilan usia 8mggu ,pernah mimpi klo istri saya dikasih tau org tua kami klo skrg lg belajar hamil

    yg saya tanyakan,
    1.apa penyebab janin tdk berkembang dari mggu ke 8 mnrt ki sabdalangit?
    2.klo dikuret apa janin yg usia 8mggu(blm ada detak) mesti dikubur?
    3.selama kehamilan memang saya jarang berhubungan suami istri dikarenakan saya krj pulang nya seminggu sekali,apa itu bisa jd penyebab?
    4.klo istri saya dikuret apa nanti istri saya bisa hamil lg?krn ini adl kehamilan pertama istri saya
    saya sadar klo semua kehendak Allah,tp saya pengen tau penjelasan dari ki sabda

    mohon tanggapan ki sabda,terima kasih sblmnya

    • Mas Tio Repro kunurmatan
      1. Mungkin kondisi rahim bln siap/matang. Atau memang jabang bayi yg dikandung bayi istimewa dan.calon bocah pinunjul. Hingga perlu dipersiapkan lbh bagus. Termasuk program medis utk perencanaan dan mempersiapkan kehamilan. Mudahan kuret menjadi lantaran utk membersihkan rahim.
      2. Dikubur Mas kayaknya yg dewasa.
      3. Belum tentu mas.
      4. Bisa dengan mudah Mas. Mungkin antara 6-8 bulan kemudian sdh hamil lagi. Dan sukma Si Jabangbayi kembali lagi masuk ke janin.kedua.
      Rahayu sagung dumadi

  22. terima kasih atas jawaban ki sabda

    apakah kami sebagai orang tua perlu melakukan selametan seperti penyempurnaan arwah,krn kami kasihan klo ruh anak kami penasaran kaya di artikel “rahasia dibalik 40 hari”

    Sekali lagi,saya ucapkan terima kasih

    • Mas Tio Repro Yth
      Tidak akan penasaran krn roh janin masih sempurna luput dari kesalahan. Jangan disempurnakan nanti diambil atau diajak eyang2nya kembali ke alam abadi. Justru sering2 ucapkan kata-kata utk meminta roh anak kembali masuk ke rahim Ibu. Ada baiknya diberikan nama agar mudah memanggilnya.
      Rahayu sagung dumadi

  23. Tq..untuk semua informasiy.tulisan y bermnfaat.wlu dlm ilmu kdoktran hndari seks dlm trsmster 1.tulis lg penglman apa sbab khmilan sulit?

  24. ora_go_gandhie_loh

    ada kupu kupu e kali
    hee palane gedhi
    hi hi
    salom!

  25. Mksh atas smua info”nya nambah pengalaman banget buat sy…sekali lg mksh

  26. Maaf mas sya mau tanya blm llama ini saya hbs melagi anak saya yg ke 4 anak saya cwo tapi allah lebih syg ama anak saya mas allah tlah ambil anak saya dalam usia mask 40 hari aja jdi sya cma dikasih 40 hari aja tok meberikan kasih sayang dan perhatian buat anak saya itu kira2 sya dpt hml lgi tdk Yαααº°˚ª˚°ºα trus kira2 anak saya di surga sana bahagia tdk Yαααº°˚ª˚°ºα trus kira2 nanti saya dpt hamil lgi tdk dan dptkan anak laki2 lgi tdk seperti anakuitu tdk terima kasih tlg infonya mas

  27. terima kasih artikelnya bagus dan sebelumnya sama mau tanya mass sabdalangit kalau janin yang sdh digugurkan terus janin itu mendatangi ibu dari janin lewat mimpi maksudnya apa ya mass apa itu pertanda bahwa ibu itu akan celaka terimakasih sebelumnya

    • Dulur Sam Yth
      Apa maksud si janin datangi ibunya bs diketahui lewat apa yg diucapkan, diminta atau diperintah kan. Jika ia hanya diam ada banyak kemungkinan misalnya.
      1. Peringatan ada bahaya yg mengancam ibunya.
      2. Kemungkinan makam si jabang bayi terlantar.
      3. Si bayi minta diberikan nama, atau minta spy disempurnakan, atau ia datang minta utk dirawat scr layak seperti anak2 lainnya yg bs lahir dan hidup.
      4. Ada kemungkinan juga si anak mengabari bahwa ia ingin ikut dan mendampingi ibunya hidup di dimensi fisik.
      Semoga jawaban saya berguna
      Rahayu sagung dumadi

  28. Terima kasih,,Artikelnya bagus,, dan sy mau tanya mas sabda langit, yg mau sy tanyakan kondisi istri sy skrg ini lg hamil anak pertama, umur janin 2 minggu mnrt perhtngn dokter, ap yg hrs dilakukan suami agar calon anak/buah hati sehat jasmani rohani, sehat, normal dan kelak menjadi orang pinunjul, linuwih, hambeg paramarta lakutama, saget mikul dhuwur mendhem jero dumateng tiyang sepuh, lan migunani tumrap ing sesami.,,trima kasih , matur nuhun,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: