MEDITASI CAKRA dan OLAH SEMEDI

MEDITASI CAKRA dan OLAH SEMEDI

Meditasi dibagi dalam dua alur besar. Yakni meditasi mikorokosmos atau pemusatan konsentrasi pada jagad alit yakni unsur-unsur yang ada dalam diri tubuh kita. Dan meditasi makrokosmos atau meditasi jagad ageng. Meditasi cakra merupakan subsistem dari meditasi mikrokosmos.

By sabdalangit

CAKRA DASAR, ROOT CHAKRA, Jayengdriyo, Muladhara :

Cakra pertama. Terletak di dasar tulang belakang, berfungsi meningkatkan kemampuan kita dalam bertahan hidup dan beradaptasi. Cakra ini sekali terbuka akan memberikan stabilitas yang kita perlukan untuk memikul beban kita sehari-hari. Ketika cakra dasar ini masih tertutup akan membuat kita takut pada perubahan. Tetapi sekali terbuka akan menciptakan peluang bagi kita untuk menggapai kesempatan merasakan indahnya kehidupan serta suatu kenikmatan dan anugrah yang menakjubkan dalam kehidupan ini.

SEXUAL CHAKRA, JANALOKA atau Swadhishtana:

Cakra kedua ini terletak di balik wilayah alat genital. Sepadan dengan bait al-mukadas. Cakra ini berkaitan dengan energi  dan gairah seksual. Apabila energi mengalir bebas diwilayah ini akan membawa energi positif dalam hidup kita. Penyumbatan di daerah ini dapat mengakibatkan masalah seksualdan reproduksi yang akan menghambat energi mengalir bebas dan menyebabkan energi negatif dalam hidup kita.

CAKRA PUSAR,  NAVEL CHAKRA atau Manipura :

Cakra ketiga. Cakra ini hubungannya dengan energi dan terletak di bawah pusar. Cakra ini merupakan pusat kekuatan tubuhdan merupakan titik luncur untuk energi prana. Meditasi pada cakra ini akan membawa energi besar dan dapat digunakan untuk menyerap energi yang besar pula. Biasanya meditasi cakra pusar secara efektif diterapkan untuk membangkitkan “tenaga dalam” dan untuk penyerapan energi alam seperti energi ombak laut, energi angin, energi api, energi matahari, energi rembulan, energi bumi dsb.

CAKRA HATI, HEART CHAKRA atau Anahata :

Cakra keempat. Sepadan dengan bait al-muharam. Panggulunganing raosing karsa.  Cakra hati terletak persis di daerah jantung-hati dan berhubungan dengan kebaikan yang besar dan cinta kasih. Meditasi pada cakra ini dapat memiliki pengalaman batin yang mendalam dan membuka hati untuk dapat merasakan keindahan sejati dalam memahami alam semesta. Cakra ini berfungsi pula untuk menghubungkan antara pikiran (kesadaran) tubuh (ragawi) dengan kesadaran jiwa (batin).

CAKRA TENGGOROKAN, THROAT CHAKRA atau Vishuddha :

Cakra kelima. Sepadan dengan bait al-makmur. Titik energi cakra ini terletak di dasar tengkorak. Pusat energi ini terutama terkait dengan kemampuan kita untuk mengekspresikan diri kita sendiri dan juga memiliki dampak langsung pada sistem kelenjar kita. Membuka cakra ini akan membantu mereka yang memiliki kendala sulit berkomunikasi.

CAKRA ALIS, BROW CHAKRA, PAPASU, atau Ajna :

Disebut pula cakra keenam. Alam papat (empat); sukma wisesa (alam nuriah), sukma purba (alam siriyah), sukma langgeng (alam hidayat), sukma luhur (alam jamma). Cakra ini terletak di antara kedua alis mata, disebut juga sebagai mata ketiga. Sebagai titik di mana alam pikiran sadar dan alam pikiran bawah sadar datang bersama-sama untuk membuka kemampuan kita secara psikhis (innerworld) dan intuitif (kebatinan).

Meditasi pada cakra mata ketiga (third eye) ini paling digemari para pemula meditasi. Karena diperolehnya wawasan yang dalam dan luas bahkan mata ketiga dapat mulai terbuka. Memungkinkan seseorang dapat melihat dimensi gaib dengan  mata batinnya (third eye vision).

CAKRA MAHKOTA, CROWN CHAKRA, atau Mahasrara :

Disebut pula sebagai cakra ketujuh. Alam langgeng, Uluhiah, Sang Jati. Ini dianggap sebagai chakra rohani, di mana orang dapat menemukan kebijaksanaan yang sejati di mana pengetahuan lahir dan batin, pengalaman fisik dan metafisik, wadag dan gaib, semua dapat dialaminya.

Cakra ini sebagai titik energi di mana pencerahan sejati dan bentuk realisasi diri dapat terjadi. Dalam tradisi Jawa, mengasah cakra mahkota dapat menjadikan seseorang menjadi Permana Jati. Yakni mampu weruh sadurunge winarah atau mampu melihat sesuatu yang bersifat futuristik, dan weruh kasunyatan jati atau mengetahui kenyataan sesungguhnya apa yang sebenarnya terjadi di alam fana (jagad wadag) dan alam keabadian (jagad gaib).  Dapat dikatakan, terbukanya cakra mahkota dapat membuat seseorang menyaksikan dan memahami suatu kenyataan, baik sesuatu secara fisik maupun gaib. Oleh karena itu terbukanya cakra mahkota dapat meraih  ngelmu kasunyatan (pengetahuan yang nyata) yang meliputi wahana fisik dan gaib. Kita jadi tahu apa yang sesungguhnya terjadi sekalipun di alam gaib. Oleh sebab itu, bermeditasi pada cakra ini akan menghasilkan efek yang mendalam dan harus didekati dengan cara hati-hati dan dibekali pemahaman yang memadai. Karena bisa jadi pelaku meditasi akan terkejut dan bingung melihat kasunyatan gaib (realitas gaib), ternyata tidak sesuai dengan apa yang tidak sekedar diyakininya (ujare, katanya) selama ini. Dalam spiritual Jawa seseorang yang dapat menerima “Wahyu Keprabon” atau wahyu kepemimpinan (wahyu singgasana kekuasaan untuk menjadi RI-1) atau dalam pewayangan dinamakan “Wahyu Makutarama” hanyalah orang-orang yang sudah terbuka cakra ketujuhnya. Sehingga akan membawa keberhasilan seorang Presiden dalam masa kepemimpinannya.

Meditasi merupakan PEMUSATAN PIKIRAN, mengkonsentrasikan DAYA CIPTA pada satu titik yang ada di dalam tubuh kita. Arah pemusatannya melalui jalan sugesti atau saran dari kekuatan pikiran. Pemusatan pikiran pada satu hal saja yakni pada cakra-cakra yang ingin dibuka atau dibangkitkan.

Sementara itu, olah semedi merupakan penghentian atas semua gerak-gerik cipta. Digantikan dengan PEMUSATAN pada RAHSA atau rasasejati untuk memahami sejatining rasa pangrasa. Pemusatan rasa akan terjadi setelah kita MELEPAS SEMUA KEGIATAN PIKIR-MEMIKIR. Sehingga akan dicapai keadaan “suwung” atau kosong dari segala pikiran dan kemudian masuk (manjing) ke dalam keheningan batin yang “suwung” (awang uwung).  Duwe rasa ora duwe rasa duwe, atau “punya rasa, tidak punya rasa punya”. Nah, untuk meraih keberhasilan dalam membuka cakra ketujuh, Anda harus melakukan olah semedi.

UNIVERSAL VALUE

Meditasi pada cakra-cakra kita merupakan cara yang efektif untuk membangun energi dan meraih kesadaran spiritual. Ada tiga cakra yang harus kita konsentrasikan untuk meraih keberhasilan. Hal ini akan membuahkan hasil terbesar serta meningkatkan kesadaran dimensi kita dalam waktu sesingkat mungkin. Ini sangat dibutuhkan bagi siapapun yang ingin meraih kesembangan yang lebih baik. Keseimbangan diri dengan dimensi sosial (self & social dimension), diri dengan alam (microcosmos & macrocosmos). Orang yang meraih “keseimbangan”  akan berada dalam irama yang harmoni. Yakni orang-orang yang selalu memperoleh berkah dan anugrah, yang selalu menebar berkah dan anugrah kepada seluruh makhluk. Itulah orang yang meraih derajat kemuliaan. DERAJAT KEMULIAAN ditentukan oleh apa yang diperbuat seseorang selama hidupnya. Apakah Anda percaya, jika kondisi seseorang menjelang ajal termasuk mencerminkan derajat kemuliaannya? Sudah berapa kali Anda menunggui orang di saat menjelang ajal? Cobalah cermati dgn kepekaan mata hati, dengan kebeningan mata batin, ternyata “keyakinan” seseorang tidak berhubungan langsung dengan kondisi akhir saat sakaratul maut tiba. Yang menentukan derajat tetap saj perbuatan. Bagi yang tak percaya boleh saja toh kelak akan membuktikan sendiri pada waktu yang sudah terlambat. Keyakinan yang dianut sebagai sarana pendidikan untuk membangun budi pekerti luhur bagi penganutnya. Budi pekerti menentukan “corak warna” apa yang diperbuat oleh seseorang. “Corak warna” perbuatan setiap orang lah yang pada akhirnya menentukan derajat kemuliaan. Yang ada adalah ngunduh uwohing pakarti, atau menuai buah budi pekerti, bukan ngunduh uwohing agami. Karena agami berfungsi sebagai salah satu “media tanam” bagi tumbuhnya “tanaman” bernama budi pekerti luhur.

Meditasi cakra merupakan salah satu cara di antara milyaran cara yang dapat dilakukan manusia untuk menggapai level keluhuran budi pekerti, untuk meraih derajat kemuliaan hidup yang tinggi. Seseorang yang telah terbuka cakra mahkotanya, ialah orang yang telah mencapai maqom ke 7. Tentu saja derajat maqom ini akan tercermin dalam pola pikir, segala sikap, dan tindak perbuatannya. Sebaliknya fanatisme terhadap suatu agama, budaya, dan falsafah hidup barulah mencerminkan terbukanya cakra level dasar.  Celakanya,  orang-orang yang baru terbuka cakra dasarnya biasanya justru bersikap seolah sudah menggapai maqom ke tujuh. Sudah merupakan hukum alam bahwa “air beriak tanda tak dalam”.

By sabdalangit

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Mei 11, 2011, in Meditasi Cakra & Olah Semedi, MEMBANGUN POTENSI DIRI and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 401 Komentar.

  1. kelawan nyebut asmane Pangeran Gusti Allah kang Moho welas tur Moho Asih….
    Mugi2 kito sedoyo angsal kinasih lan pawelasiPun……
    menawi kito purun mikir lan ngeroso,ngeroso sejati.NOPO ROSO SEJATI NIKU?
    Roso sejati Inggih meniko: Roso engkang rumongso piyambae mboten sopo-sopo,
    mboten saget nopo-nopo,mboten nggadah opo-opo,inggih leres nikiloh ROSO SEJATI.
    cobi jenengan angen-angen sinten menungso kang ngawiti menungso?
    cobi jenengan angen- angen sinten engkang dadosaken menungso?
    mboten salah nggih Gusti Allah kang Murbeng Jagad Alus lan Jagad Wadag
    monggo panjenengan sedoyo moco sejarah,sejarah nopoke mawon engkang wonten hubungane kale kamanungsan……….teng kitab-kitabe sedoyo agomo kinten2 kitab engkang saget di terimo akal sing pundi? mugi- mugi angsal pituduh saking GustiAllah
    ampun ngantos rumongso iso = anggak/sombong
    ampun ngantos rumongso sae = anggak/sombong
    sejarah syetan/ebless nggih kados mekaten….rumongso mulya lintu di anggep kurang sae lan awon,{sombong}
    MUGI KITO SEDOYO ANGSAL PITUDUH SAKING PANGERAN KANG AMURWA JAGAD,GUSTIALLOH GUSTI KANG MOHO SUCI TUR WELAS TUR ASIH TUR MOHO SADOYONIPUN……..

    Sejatosipun wontene/tugase kulo lan panjenengan sedoyo meniko namung setunggal nopo niku? Leres lan mboten lepat inggih namung muji lan bekti dumateng kang murbeng dumadi kaleyan ngelakoni sedoyo perintahe lan nebbehi sedoyo laranganipun
    nopo mawon perintah lan laranganipun? monggo moco=moco maleh…..

    • Ridlokamathlubii
      September 27th, 2013 pada 15:16

      ………………….
      Sejatosipun wontene/tugase kulo lan panjenengan sedoyo meniko namung setunggal nopo niku? Leres lan mboten lepat inggih namung muji lan bekti dumateng kang murbeng dumadi kaleyan ngelakoni sedoyo perintahe lan nebbehi sedoyo laranganipun
      nopo mawon perintah lan laranganipun? contone…..yen biso duwe bojo 4, perangi kafir & setan, ojo nuruti negoro sing hormat (nyembah) gendero (bendera) yen perlu jihad dadi teroris pateni kabeh …. lsp.

  2. perihal ckra kpan tahu saat itu terbuka ….dan ketika itu terbuka tanpa meditasi ataupun latihan dantanpa keturunan apakah mungkin.,,.,.,.,.,belajar 1 bulan langsung semua inti cakra terbuka ,..,.,,.,,.

  3. Salam kenal,,
    saya adalah orang yang tak pernah percaya diri dalam sgala hal dan selalu kaku, pasif dalam berorganisasi atau beradaptasi dg lingkungan.
    Saya minta bantuanya untuk memberi solusi dalam hal bermeditasi ini.
    Saya mohon sebesar-besarnya untuk dikirim lewat email saya, tahap dan caranya bermeditasi.

    Terimakasih.

  4. Saya sangat tertarik dengan artikel anda, apakah saya dapat berkomunikasi lebih lanjut Secara pribadi?

  5. Iya admin!! Apa ada tanda2 klo meditasi kita uda mencapai tingkat keberhasilan.mohon pencerahanx

  6. Kok ada lagi penjual jamu di halaman atas kok pake angka goib sgala??apa di sini tempatx orang main togel ?? Kok ada aki2 sgla lagi pake pampang nope lagi..kasian loe klo mau promosi ke web resmi yg di pake utk main togel.. skarang permainan togel jadi ajang penipuan plsa

  7. Yth kang Sabda langit sy belajar meditasi sendiri tanpa tahu cara yang tepat, sy tidak tau bagaiaman dn sperti apa tehnik meditasi yg benar dn apa2 sj yg bisa disebut kemajuan yg baik dlm bermeditasi. mohon bimbingan tehnik dn cara untuk meditasinya kang.
    Nuhun, suksma,terima kasih.

  8. Sala mu’alikum salam…
    Kenapa harus susah membangkitkan cakra a,b,c..dll sampek sulit memahaminya dengan kata2 yang ini itu apa lagi sampek kesakitan gara2 membangkitkan cakra. meditasi cukup hening, heneng, eling lan atul, tentramkan hati pikiran sampek nemu yang bening. asal awang uwung yo bali neng awang uwung. kalau sdh nemukan yang bening jgnkan cakra naga, cakra mbahnya nagapun udah bisa bangkit dgn sendirinya…
    Salam….

    Salam damai saudaraku….

    • SIMPLE
      :
      Jawi niku Sederhana

      Kagem sedaya sederek sugeng dalu
      Kagem kang Bintang Lelalana

      He he he
      Gendheng tenan, ” genah tur wis mudheng ” panjenengan
      Setuju banget
      Ngapunten terlalu banyak impor kalimat
      Tenang, hening… Wis dadi

      Sedaya kagem njagi Ibu Pertiwi lo dulur BL

      ” smile bird ”
      Kang kurunganne dijagi njih…seger waras..ttep sumringah nji…

  9. MALAM INI ELOK NIAN

    Sugeng Dalu kagem teman semua

    Padhang mbulan nih …
    Tradisi anak2 bernyanyi saat bulan terang
    Lagu anak anak desa kumpul teman, ama orang tua, tetangga
    Sepertinya di negeri kita aja..apa bener ya…

    Sejuk hati mengiring sejuknya udara ini
    Hatiku tenang memandan bulan
    Tenang, sejuk terangnya
    Bulat elok menerang malam
    Senyumlah bintang, cerialah Allam
    Semoga manusia hidup tenang
    Semoga Allam sanar melihat jumawa tingkahnya manusia

    Tenangkan hati, jernihkan jiwa
    Hidup tentram santun berbahasa
    Duhai malam iringku bersamamu
    Sejuk tenang segar di hati

    Uluk salam kagem mpunya blog, matursuwun sanget
    Sembah nuwun juga utk teman semua
    Kita jaga bersama media ini
    Media kita utk saling mengisi
    Apapun kita, kita satu saudara Indonesia
    Menyapa dunia utk kebahagiaan semua
    Damailah hati, damailah Dunia

    ” smile bird “

  10. salam damai sekalian alam..
    maua tanya kapan SO 5 diadakan mas …

  11. Maaf saya baru disini, tertarik dgn pembangkitan kundalini, yang saya ingin tanya bagaimana membuka nadi sushumna untuk jalan kundalini?

  12. kebiasaan orang yang baru mengetahui sedikit saja ilmu atau pengetahuan pasti kerjaanya ngoceh melulu pintar pintar goblok, pintar gak pintar goblok emang iya, maklum baru belajar koment sekedar praktek cara berkomentar eeeh itulah orang orang picik , coment tanpa dasar kalau lo yakin dengan keyakinan lo yakinin aja, iya coi utk rekan2 yang pada koment seperti mahasiswa semester satu aja baru tahu dikit sdh demo, kl bisa jangan jadi orang yang suka ngoceh tanya pada diri lo masing2 udah benar kagak ocehan lo ama kelakuan lo, orang2 seperti inilah yang berpotensi menghancurkan negara, kudu di berantas,

  13. assalamualaiqum.
    mohon izin untuk menjadikan situs ini sebagai perpustakaan untuk hati saya.
    banyak kebenaran yang terungkap selama saya menjalani meditasi (ngawur) yang saya jalani dan pada hari ini saya secara tidak sengaja menemukan situs ini.
    sak de’rengipun kulo aturi matur sembah nuwun.

  14. setelah sy menyimak dari berbagai commen di atas ,ternyata ada agen arab yg begitu gigih untuk membela tuannya.
    mereka itu kaum pemimpi yg mengejar surga yg berisi bidadari.
    aneh …kok gk sadar ya.mereka itu hidup di mana ?
    rahayu.

  15. minta tolong bagaimana menetralisir kundalini syndrome… email budinurgraha@yahoo.com

  16. sallamun alaikum warahmatullah.
    sugeng sonten.
    Bagaimana cara kita tahu bhwa di tingkat mana cakra kita tercapai ??
    Mohon pencerahannya Ki Sabda Langit.
    kalau hnya sekedar berbincang dgan lelembut itu sdah bisa saya lakukan sejak dari kecil dan baru saya sadari trnyata itu bkan imajinasi sejak saya di ahir SMA. Dan yg paling parah saya bisa membuat orang lain trluka walau hanya dgan memikirkannya. Mohon pencerahannya, agar saya bisa jadi orang yg manfaat.
    sallam..
    (maaf nama saya diatas itu tanpa arti)

  17. om swasti astu,,,orang yg slalu cri mnangnya sendri dan mnganggap tuntunan baik d anggap kliru,,biarkan saja nglah sja admin,,biar mereka bicara apa mereka kn cari umat,

  18. sebelumnya saya ucapkan trimakasih kepada ki sabda atas artikelnya.. menambah wawasan saya tentang hal2 gaib. Awalnya saya tidak sependapat dengan panjenengan, karena saya muslim jg yg ditulis panjenengan menyimpang dari ajaran islam. tetapi setelah saya membaca artikel panjenengan walaupun blm semuannya. setiap hari saya renungkan dan renungkan dan renungkan lagi, ternyata benar2 menyentuh dan membuka hati saya untuk memahaminya semua pesan yg panjenengan sampaikan melalui artikel ini. walaupun saya masih awam soal kegaiban, tetapi saya pengin belajar tentang hal2 gaib. kalau berkenan panjenengan membimbing saya walaupun lewat tulisan2 panjenengan. sekali lagi saya ucapkan banyak trimakasih, mugi2 keberkahan, kebahagiaan, ketentraman, keselamatan dst. selalu memberkati panjenengan sekeluarga .. amin

  19. Kalau cuman belajar cakra dasar dahulu ..bolehkah??

  20. walah…akeh sing takon ora dijawab karo admin….piye tho min min..ngunuh wae nggawe bahasan cakra/maqom….wani ngumbar warto yo wani nanggung jawabi pitakon nuh……

  21. Pengen belajar private . Boleh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: