SUATU HIKMAH (SAAT PERTEMUAN DENGAN GUS DUR)

Pagi ini, Jumat Pon 24 Februari 2012 pukul 08.30 wib, dalam pandangan metafisis tiba-tiba datang lah di rumah seseorang mengenakan pecis warna hitam dan kain sarung motif kotak-kotak. Terenyata beliau adalah mantan Presiden RI ke-4 KH Abdurahman Wahid alias Gus Dur (alm). Berbincang sejenak dalam bahasa Jawa ngoko alias kasar, beliau tetap dalam cirikhasnya suka berseloroh dan bercanda. Beliau meminta supaya rumah dibersihkan dari sampah dll, karena nanti malam akan hadir para leluhur di antaranya : Panembahan Senopati, Kanjeng Sultan Agung, Gusti MN IV, YM Sultan Aji M Sulaeman, Ki Ageng Mangir Wonoboyo, Sri Sultan HB VI dan IX, Bung Karno, Pak Harto,dan Gus Dur. Gusdur minta nanti malam dibuatkan wedang sereh pake gula batu. Saya tanya,”ngagem jahe mboten Gus? (Pake Jahe enggak Gus?) Beliau bilang dalam bahasa Jawa ngoko,”…iku lak senengane Mbah Mangir…sambil termehek, persis sebagaimana kebiasaan beliau sewaktu masih hidup dengan raganya. Para leluhur yang lain seperti biasa saja, air bening mateng, teh tubruk, kopi tubruk, jangan lupa wedang jahenya Mbah Mangir ya Le..! Dalam hati saya, gaib memang sangat jujur dan tak ada yang bohong, dan banyak hal rahasia dunia ini akan lebih mudah terungkap oleh para supernatural being. Kalau pun ada yang bilang gaib suka menipu, tentu saja hal itu disebabkan oleh terbatasnya kemampuan spirit kita dalam berinteraksi dengan gaib atau karena kekeliruan kita dalam memahami eksistensi supernatural being. Ya…memang benar, Ki Ageng Mangir Wonoboyo alias Mbah Mangir adalah leluhur penyuka wedang jahe pake gula jawa yang warnanya kuning. Bahkan beliau sering request jika malam Jumat Legi tiba.

Jika ada pertanyaan,”mengapa leluhur yang raganya sudah mati kok masih minum bahkan makan? Ya..memang demikian rumusnya, jika para leluhur masuk ke dalam dimensi bumi, maka akan terkena pemberlakuan rumus bumi atau jagad fisik, dimana semua yang hidup akan mengalami haus dan lapar, juga sakit. Hanya saja leluhur sudah tidak bisa mati, karena hukum kematian sebatas berlaku untuk “unsur bumi” yang ada dalam diri kita yakni jasad atau raga.

Gusdur bilang,”…aku teka mrene mergo bojomu njaluk aku supaya melu ndukung Pak Bupati…(IN) amargo deweke bisa njejegake soko guru bangsa. Yoh tak dukung Le… (panggil saya dengan sebutan Le..singkatan dari thole, merupakan sapaan untuk seorang anak muda atau anak kecil dalam konteks bahasa Jawa. Atau ujang dalam bahasa Sunda, Ucok dalam bahasa Batak). Gus Dur berseloroh,”…kenopo kok mengundang aku ? Saya jawab,”…Gus Dur kan salah satu guru bangsa, utawi sesepuh Nusantara yang memahami hakekat atau sejatine urip! Gus Dur cuma ketawa, lantas sambil berkata, iya, bangsane wis podo edan kabeh…hahaha koyo aku biyen…hahaha. Gus Dur berkelakar.

Sebelum pamit mau pulang, Gus Dur menyampaikan kalau pertemuan para leluhur besar nanti malam untuk membahas keadaan negara ini yang semakin genting. Saya sempat tanya,”..Gus…saya dapat info dari seorang sahabat, pimpinan redaksi media cetak di Jakarta katanya Pak SBY sakit tetapi masih selalu berusaha untuk tampil di depan publik. Esok harinya, atau kemarin siang (Kamis 23 Februari 2012) saya lihat Pak SBY pidato di TVRI. Jika penglihatan saya tidak salah, beliau memang tampak menderita gangguan jantung dan liver. Kasihan juga mungkin stress tidak kuat menghadapi situasi problem negara dan keluarga. Gus Dur hanya tampak mengangguk saja. Ya..sekali lagi pelajaran berharga dari semua peristiwa ini adalah, gaib dalam hal ini supernatural being, tak pernah bohong. Selain itu, dari peristiwa di atas kita jadi lebih memahami bahwa Tuhan ternyata memberikan ruang yang sangat luas bagi manusia dan roh (supernatural being) untuk berusaha.

Selanjutnya…semoga hasil dari pasewakan agung nanti malam, ada yang boleh dishare kepada dulur-dulur semua di sini. Ruang kosong di bawah ini akan kami lanjutkan untuk share hasil pertemuan nanti malam. Tentu saja jika beliau-beliau mengijinkan. Salam karaharjan

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Februari 24, 2012, in SUATU HIKMAH (saat pertemuan dengan Gusdur) and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 134 Komentar.

  1. mimpi ketemu gusdur insyaalloh jg pernah saya alami waktu gus dur nyalonin presiden mimpi beribu2 orang ngantri salaman ama seseorang gak taunya gus dur trus waktu giliran saya salaman di berondong peluru…saya takut dan menangis,saya terbangun langsung ternyata saya air mata menetes beneran .terima kasih

  2. salam……
    sy pernah mimpi ttg GUSDUR.. ceritanya begini..
    dalam suatu ruangan yang cukup luas terdapat banyak orang. sy juga termasuk di dalamnya. ruangan tersebut kisruh dan gaduh karena ada persoalan bangsa, sehingga mengharuskan negara ini harus berganti pemimpin.. namun tidak banyak orang yang berani keluar ruangan tersebut karena di luar banyak tentara. klu ada yang keluar dari ruangan dan melancarkan protes, maka langsung di ekseskusi oleh tentara. ketika ada beberapa orang yang memberanikan diri untuk keluar, sy pun ikut keluar dan membuat kegaduhan di luar.. tidak lama kemudian keluarlah sosok GUSDUR yang menurut penglihatanku keluar dari sebuah rumah dan memegang kunci.. ketika orang-orang melihat kunci itu, tangannye diulurkan ke arah GUSDUR hendak meminta kunci itu. melihat hal tersebut, sy pun ikut mengulurkan tangan.. ketika sy mengulurkan tangan, bersamaan pula kunci itu diberikan kepada sy. dan GUSDUR mengatakan “sekarang kuncinya ada sm kau”.

  3. Ga takut ktemu yg udah meninggal? Trs apa hasil rapatnya?

  4. salam buat ki sabda,
    ki???? apa alasannya orang yg sudah mati di undang kembali untuk hadir pertemuan dengan sampean???

  5. Pak sabda, saya 1 bulan yg lalu bertemu alm gusdur, dia memakai kopyah hitam baju kaos warna putih dan memakai kain sarung berwarna hijau, saya cuma ngobrol sesaat dgn beliau, karna tidak ada urusan yg penting beliau saya suruh pulang. Tapi beliau tidak minta wedang jahe kesaya.

    dan tak lama alm soekarno datang dgn baju dan celana warna putih memegang tongkat komando. Kami ngobrol2 sejenak, setelah itu beliau saya suruh pulang.

  6. Askum ki sabda dan smua pinisepuh disini.kulo bocah bau kncur nderek nyimak.salam takzim..

  7. ALAM BAYANGAN EMPAT

    Aku bersumpah demi Dzat yang ada Aku pada SyahadatNya…
    Seperti sumpah Demi Bintang dari Petala Tujuh Lapis Langit dan Tujuh Lapis Bumi…
    Yang di dalamnya ada Alam Arys Kubro dan Alam Arsy Sughro…

    Yang MENGGANGGUKU akan hancur lebur dengan sendirinya seperti sumpah dalam Surat Al-Fill…
    Yang MENYERANGKU akan terkena kilatan petir yang menghanguskan dari para Malaikat yang memegang busur panah yang menjaga Alam Dua…
    Dan yang MENOLONGKU akan mendapat imbalan dari apa yang telah diperbuatnya… Jannatun Naim…

    Rasakanlah Adzab dari Tuhanku seperti kisah Nabi Musa, Samiri dan Fira’un…

    Dan mohon dicatat… semuanya itu bukan Aku yang melakukan…
    Ada mekanisme Aku dan AkuNya…
    AkuNya yang akan melakukan itu…

    Aku hanya PALUNGGUHAN saja…

    Duh…. Padahal semuanya bisa menjadi PALUNGGUHAN itu…
    Baiklah, Aku yang akan memberi contoh tentang PALUNGGUHAN itu…

    ***

  8. masak sih mas sabdo tenan ra iki ojo ngapusi kejawen itu biasanya jujur jejeg resik lhoo

  9. Pitados. Dene sedoyo ingkang dipun sebat meniko bade rawuh ugi tasih mikiraken negari mergo sanget anggenipun tresno dateng bongso indonesia……kejobo……suharto. menawi harto meniko mergo dereng iklas ninggal bandane ugi dereng marem olehe ngeruk bandane bongso. nek perlu isih arep nyikso lan miloro koyo dene naliko arep munggah lan sak suwene 32th njajah bongso.

  10. Assalamu’alaikum…
    Bila kapan pesan ini di baca… Ki, saya mohon dengan hormat. panjenengan bisa datang untuk silaturahim ke kyai Sepuh Mbah KH. Kastolani di Yayasan Sosial Ki Ageng Giring. Desa Pekiringan Alit Kec/Kab. Kajen – Pekalongan. Trm Ksh…
    Wassalamu’alaikum Warahmatulloh..

  11. Aku jd pingin belajar langsung kale jenengan mas,dimana saya bisa bertemu jenengan nge mas swon ngapunten sak derenge soale kulo biasane ngundang poro sesepuh kulo sedoyo tp tata carae senk sopan mboten ngertos e senk delok malah konco2ku

  12. sy seringk sekali mimpi ketemu mereka2 itu, cuma yg sy heran sy pasti menggunakan pakaian yg tidak sepantasnya(celana pendek dan kaos oblong), nampu pertemuan itu di tempat yg sama yaitu di suatu ruang dg meja oval panjang dan tempat duduk, dan sy duduk di ujung dari meja oval itu sdgkan mreka pakaian yg berkebangsaan, smp sekarang hal itu msh sy alami, namun sy ga mampu untuk memahaminya

  13. kalo bertemu dengan ruh manusia yang sudah meninggal mungkin gak terlalu aneh, yang aneh itu kalo sang ruh itu masih bawa2 pusaka! kan sebenarnya benda pusaka itu punya kekuatan mistis karena ditungguin makluk seperti jin ato yang lain, lha masak tuan nya mati terus jin penunggu kerisnya juga ikut mati ini yang terkesan lucu bung sabda hihihi..

  14. Iya…ibaratna brebut tulank tanpa isiy sesama bangsa sendiriy…bikin kotor tangan saja…ngga* SEPADAN & LEGITNIAN…
    Cuman mo bilang : nyang laen udah ngga* penting penting amat kok susah banget sih…
    Udah bisa diatasin sama para ‘hidden power’…skalean nyang pd ‘topo wudo’…tggl ambil pasang…yg pd manut manut program generasi mbhelgedez beh…ato apalah namanya…
    Guwa mo jd peng’invite’ si ratu wangi meme pramboes ja…walo cuman garink an duank…ra po po…
    .
    Ciao!

  15. Ada pertanyaan???
    Yg ringan jaa…yg berats udah eneg sih…atow mo nambah ‘raptor’ lage???…kale aja loh…

  16. Hikmah yg semoga menjadi pelajaran.

Tinggalkan Balasan

