Kemarahan, kegelisahan, kekhawatiran, ketakutan, kesedihan, rasa keinginan yang berlebihan, banyaknya beban pikiran, semua itu menjadi faktor penghambat  terbukanya cakra-cakra dalam fisik Anda. Sebaliknya, kebahagiaan, kedamaian, ketentraman, semangat adalah unsur perasaan yang mendukung terbukanya Cakra Anda. Cakra yang terbuka memiliki banyak kelebihan dan manfaat, sebaliknya cakra yang masih tertutup atau belum sepenuhnya terbuka menyebabkan beberapa kelemahan dalam setiap diri pribadi. 

  1. Root Chakra. Jika Chakra Akar Anda KUAT Anda berada di tempat mana Anda mencintai karir yang Anda jalani dan mendapatkan imbalan karena prestasi yang dapat Anda raih. Semua orang merasa kagum karena melihat kemampuan luar biasa Anda untuk memperoleh, menyimpan dan menginvestasikan uang. Anda selalu memiliki lebih dari cukup uang untuk pergi berlibur dan membeli apa yang Anda inginkan, tanpa merasa bersalah sesudahnya. Anda selalu merasa diinginkan dan dicintai oleh teman dan keluarga Anda, dan Anda merasa percaya diri ketika Anda melihat di cermin, baik secara fisik maupun emosional.  Jika Chakra Akar Anda LEMAH atau TERTUTUP Anda cenderung untuk terjebak dalam karir yang tidak memuaskan dan tidak menguntungkan, dan Anda sepertinya tidak pernah punya cukup uang, yang membuat Anda cemas dan terlilit utang. Menghabiskan uang adalah pengalaman mengerikan bagi Anda, karena Anda meragukan kemampuan Anda untuk anggaran secara efektif. Anda menderita masalah berat badan atau tubuh, yang membuat Anda merasa tidak layak dan tidak nyaman pada diri Anda sendiri.
  2. Chakra Sakral. Jika Chakra sakral Anda KUAT, Anda melihat seks secara positif yakni sebagai kegiatan mulia, menyenangkan dan sehat. Anda menikmati seks dengan penuh gairah, sering melakukan dan tahan lama dengan pasangan Anda. Orgasme yang berkualitas, dan Anda dengan pasangan sering mengalami orgasme pada saat yang sama. Anda menyediakan waktu untuk berhubungan seks setidaknya beberapa kali seminggu, bahkan jika Anda telah menikah atau melekat pada orang yang sama selama bertahun-tahun. Anda selalu dapat menarik mitra yang tepat, yakni orang yang mampu memelihara kompatibel Anda, mengisi hari-hari Anda dengan rasa sukacita dan dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih baik dan berkualitas lagi.  Jika Chakra sakralis Anda LEMAH atau TERTUTUP, ketika Anda berpikir tentang seks selalu dihantui rasa bersalah dan perasaan tidak menyenangkan muncul dalam pikiran Anda. Anda jarang memiliki waktu atau keinginan untuk berhubungan seks, dan ketika Anda melakukannya, Anda tak mempunyai gairah. Anda dan pasangan jarang orgasme pada saat yang sama, dan kemungkinan sering ada masalah berhubungan dengn ejakulasi dini atau gagal ejakulasi (layu sebelum berkemban). Anda BERJUANG untuk melihat diri Anda sebagai ‘seksi’, dan kadang bertanya-tanya bagaimana orang bisa tertarik kepada Anda. Saat memilih mitra atau pasangan, Anda sering salah pilih, tidak sesuai untuk Anda. Anda akan bertanya-tanya pada diri sendiri apakah dapat menemukan “satu” yang tepat.
  3. Chakra Personal Power. Jika Chakra Personal Power Anda KUAT, Anda akan dikagumi banyak orang karena rasa percaya diri dan harga diri yang positif dan ideal, baik dalam karir maupun kehidupan pribadi Anda. Anda tidak pernah takut untuk berbicara mengenai apa yang Anda pikirkan, dan Anda memberdayakan orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama. Keluarga, rekan dan masyarakat melihat Anda sebagai individu yang kharismatik. Anda juga mempunyai tekad menggunakan kharisma dan kekuatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan nyaman. Jika Chakra Personal Power Anda LEMAH atau TERTUTUP Anda cenderung berjuang dengan masalah harga diri, dan perasaan tidak layak. Anda cenderung untuk mempertanyakan diri sendiri ketika menghadapi keputusan penting seperti apakah akan pindah ke kota lain, mengubah karir Anda, menikah dengan pasangan Anda atau untuk memiliki anak. Anda merasa diri seperti menjadi “korban” di dunia ini, dan sering merasa tak berdaya dengan keadaan dan keinginan orang lain. Anda juga sering menderita sakit perut.
  4. Chakra Jantung. Jika Chakra Jantung Anda KUAT, Anda menikmati hubungan yang nyaman, penuh kasih dan empati di rumah, di tempat kerja dan di komunitas Anda. Anda cocok dengan keluarga Anda. Teman-teman Anda melihat Anda sebagai orang yang dapat diandalkan. Di tempat kerja, Anda dikenal sebagai salah satu orang bisa diajak bicara. Anda merasakan ketulusan dan rasa syukur atas betapa indahnya kehidupan yang Anda jalani dan memiliki sifat belas kasih untuk semua sekitar Anda. Jika Chakra Jantung Anda LEMAH atau TERTUTUP, Anda cenderung untuk menyabot hubungan Anda dengan ketidakpercayaan, kemarahan, dan perasaan bahwa Anda akan kehilangan kemerdekaan Anda jika Anda terlalu mengandalkan orang lain. Anda mungkin berjuang dengan komitmen, sering mengalami pertengkaran atau kesalahpahaman dengan orang yang Anda cintai, dan selalu merasa was-was atau khawatir bila sampai orang lain melukai hati Anda.
  5. Chakra Tenggorokan. Jika Chakra Tenggorokan Anda KUAT, Anda pandai menyuarakan pikiran-pikiran, ide dan emosi untuk orang di sekitar Anda. Anda dikagumi karena kemauan dan keterampilan komunikasi yang kuat, dan keyakinan Anda untuk berbicara kebenaran, bahkan saat Anda menyadari apa yang Anda bicarakan mungkin tidak nyaman bagi beberapa orang. Sebagai hasilnya, karir dan kehidupan pribadi Anda yang semakin dapat diandalkan dan meraih kekayaan.  Jika Chakra Tenggorokan Anda LEMAH atau TERTUTUP, Anda selalu merasa tak ada yang peduli tentang pendapat Anda, dan bahwa Anda tidak ada nilai untuk mengatakan. Anda cenderung dikenal sebagai seorang “pendiam” di kalangan profesional dan sosial. Dan Anda sering memilih, memutuskan, dan menyelesaikan pekerjaan Anda sendiri dengan mengikuti pendapat orang lain. Anda sering menderita sakit dan tersumbat pada seputar tenggorokan.
  6. Chakra Intuitif. Jika Chakra intuitif Anda KUAT, Anda mampu membuat keputusan intuitif yang akurat dan evaluasi tentang karir Anda, keluarga Anda dan niat orang lain. Anda sering tahu hal-hal tanpa harus tahu persis bagaimana Anda mengenal mereka. Anda merupakan figur yang mempunyaj kepribadian utuh, memiliki arah yang jelas, serta kejelasan dalam segala hal yang Anda lakukan. Anda memiliki gambaran yang jelas pada saat hidup Anda di pimpinan oleh orang lain. Namun orang-orang di sekitar Anda akan bergantung pada Anda untuk meminta bimbingan, saran dan nasehat.  Jika Chakra intuitif Anda LEMAH atau TERTUTUP, Anda memiliki kecenderungan untuk merasa tidak berdaya atau hilang ketika menghadapi keputusan dan panggilan untuk pertanggungjawaban suatu permasalahan atau pekerjaan. Anda ragu-ragu, tidak mengikat dan tidak percaya diri atas keputusan yang Anda buat sendiri, karena Anda memiliki sejarah pernah membuat suatu keputusan yang salah. Anda merasa kehilangan daya spiritual, dan tujuan sejati Anda tidak jelas bagi Anda. Anda sering mengalami sakit kepala, merasakan ketegangan otot dan saraf di daerah alis mata Anda.
  7. Chakra Mahkota. Jika Chakra Mahkota Anda KUAT, Anda terus-menerus merasa terhubung dengan kekuatan yang lebih tinggi, baik itu Tuhan sebagai kekuatan transenden, Kesadaran Universal atau hanya diri Anda lebih tinggi. Saat Anda melangkah menjalani kehidupan sehari-hari, selalu diingatkan bahwa Anda sedang diawasi atau semua yang Anda lakukan mempunya efek sebab-akibat secara langsung untuk kehidupan di waktu yang akan datang. Anda benar-benar merasa berterimakasih untuk cinta universal pada diri Anda sendiri maupum orang lain. Sementara bagi orang lain akan menggambarkan Anda sebagai “pancaran sinar” yang selalu menerangi orang-orang di sekitarnya. Jika Chakra Mahkota Anda LEMAH atau TERTUTUP Anda cenderung merasakan lemahnya koneksi dengan yang transenden atau tidak ada kekuatan yang lebih tinggi, dan selalu merasa sendirian. Anda merasa tidak layak mendapat bantuan rohani, dan bahkan mungkin marah karena kekuatan yang lebih tinggi telah meninggalkan Anda. Anda sering menderita migrain dan sakit kepala karena perasaan tegang, gelisah dan terburu-buru.

Harapan saya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk sedulur-sedulur semua pembaca blog yang budiman untuk menambah referensi dan usaha lebih dalam mengenali jatidiri dari berbagai sudut pandang (perspektif). Salam Karaharjan

About these ads