Review SO~5

CINEMA TEASER KEGIATAN SO~5 KLIK DI SINI  plaosanKami segenap panitia pelaksana mengucapkan beribu terimakasih kepada sedulur-sedulur peserta SO~5. Dengan segala kekurangan yang ada, kami selalu berusaha memberikan apresiasi dan penghormatan yang setingginya kepada dulur-dulur semua yang datang dari penjuru tanah air. Tambah sedulur merupakan sebuah kebahagiaan yang sulit dicari pembandingnya.  Kita sama-sama belajar, belajar untuk saling asah asih asuh. Selama perjalanan banyak kenangan manis, perjuangan pahit dan getir hingga kita semua bisa berkumpul dalam satu kegiatan untuk menggugah kesadaran kita semua bahwa tempat kita hidup di Nusantara ini terlalu banyak yang bisa dibanggakan, dihargai, dan dihormati. Tidak perlu harus berkiblat ke Negara lain. Kita hidup di Nusantara yang merupakan hamparan luas terdiri daratan dan lautan yang menyimpan berjuta misteri sekaligus potensi. Kita adalah bangsa besar, dan selama beribu tahun nenek moyang telah mengukir kearifan local yang penuh kebijaksaan ilmu hidup, diturunkan secara turun temurun sebagai bekal hidup bagi generasi penerus bangsa.  Namun selama 100 tahun terakhir ini, terasa ada mata rantai yang terputus (missing link). Kualitas generasi bangsa menjadi hanya lebih modern disbanding nenek moyangnya. Tapi sulit mengatakan generasi sekarang lebih pandai, bijaksana, dan berkesadaran spiritual sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan generasi bangsa yang hidup di masa sebelum 100 tahun lalu. Dengan kata lain, kemunduran signifikan tengah terjadi pada generasi bangsa besar ini. Generasi bangsa yang tercerabut dari akar jati dirinya sendiri. Generasi bangsa yang durhaka kepada para leluhurnya sendiri. Generasi bangsa yang mengardik warisan nilai-nilai luhur nenek moyangnya sendiri. Semoga kegiatan ini dapat menggugah kesadaran kita semua, bahwa ada tugas besar di pundak masing-masing generasi bangsa, untuk menjaga keutuhan NKRI,  melestarikan bumi pertiwi dengan segenap harta pusaka warisan leluhur, seni-budaya dan spiritualnya. Menjadi tanggungjawab siapa lagi untuk menggugah kesadaran akan adanya persoalan-persoalan krusial di atas ? Tentu saja menjadi tanggungjawab kita semua yang berdomisili di Nusantara. Yang menggantungkan hidupnya dari tanah, air dan udara Nusantara. Dan yang berdarah Nusantara di manapun berada. Kegiatan Spiritual Odyssey yang ke lima ini hanya mengambil bagian kecil di antara perjuangan yang dilakukan oleh berjuta generasi bangsa yang sudah mulai tersadarkan akan arti pentingnya telapak kaki untuk selalu berpijak di bumi-pertiwinya sendiri. Apa yang sedulur-sedulur lakukan, merupakan tindakan yang mulia. Bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi kita bersama-sama bahu-membahu memberikan kelangsungan hidup bagi generasi yang akan datang. Bukan hanya generasi bangsa manusia, tetapi juga generasi bangsa tumbuhan, dan binatang. Anda sedang menyalakan lampu kehidupan anda. Agar supaya uripe murub. Siapa yang uripe bisa murup, pastilah alam semesta akan selalu berpihak pada diri Anda. Anda berada dalam rengkuhan Sang Hyang Jagadnata, Roh Jagad Agung (spirit of the universe). Anda benar-benar menjadi “ti Hyang Jawi”. “Jiwa kang Kajawa”. Setelah setahun melalui tataran prihatin yang tidak ringan, mukti apa mati, semoga kegiatan ini dapat menghantarkan sedulur-sedulur meraih kesuksesan dan kamukten di tahun Sura Pinunjul tiba gedhong ini. Sedulur-sedulur semua, dipersilahkan untuk memberikan kesan-pesan, dan sharing berbagai pengalaman yang diperoleh selama mengikuti kegiatan agar menjadi sarana tukar kawruh dan saling asah asih asuh. Doa restu kami kepada sedulur semua : Wilujeng rahayu kang tinemu, bandha lan begja kang teka saking kersaning Gusti. Suradira jayaningrat lebur dening pangastuti. Jaya-jaya wijayanti…untuk kita semua.

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on November 3, 2014, in ACARA KKS (Kadang Kadeyan Sabdalangit), Review SO~5 and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 29 Komentar.

  1. monggo sedulur dshare pengalamanny,spya yg belum sempat ikut SO5,bsa mengambil hikmahny . . . . Dan mungkin dilain kesempatan bsa mengikuti jejak2 smpean semua . . . . Terimakasih

  2. keren banget lihatnya,,, di youtube 🙂

  3. Wilujeng Rahayu, Pak Sabda & dulur-dulur..
    Ketika lihat vidio SO-5 terasa suhu di dalam badan saya bergerak naik…ada rasa terharu, senang, kangen…
    Nusantara Jaya-Jaya Wijayanti

  4. Mantaps…. semoga makin banyak sedulur yg tersadarkan untuk lebih mencintai negeri dan tanah kelahirannya sendiri, bangga dan makin menghargai para leluhurnya sendiri. Dan tentunya makin “murup” uripnya …

    Surådirå jåyåningrat lêbur déning pangastuti. Jåyå-jåyå wijayanti.

    video yg lebih panjang : https://www.youtube.com/watch?v=ToYOiNUuf9M

  5. Sembah Sujudku Untuk Ibu Pertiwi… ” Aku bangga jadi orang Indonesia “… Menemukan persaudaraan sejati tanpa syarat, tanpa batas…Rrrruuaaarrrr Biaasaaa!!! Berkanjang dalam lautan berkah para Eyang Leluhur Bangsa ( Haru…Syukur…Damai…Ketenangan… Tentram.. Bahagia…Powerfull )

  6. Yang di Youtube: Grande…megah binggit…merinding…haru…kangen. Salute Tim KKS (namamu akan selalu hidup … dalam sanubariku) Merdeka!!! Jayalah Nusantaraku!!!

  7. sugeng dalu ki sabdo,,,,,& dulur dulur smg anda semua mndptkn mnfaat dr acara so 5, q bangga pd kalian dulur2ku,walaupun q blm bisa ngikutin acaray, tp drku sdh mrskn kedamian bersm kalian, smg nusantara ttp jaya selamany,rahayu,,,,,,!

  8. Rahayu Ki Sabda, sy masih belum dpt mengikuti SO 5. Kaki masih belum kuat akibat patah kemaren, doa saya semoga nanti SO 6 sy bisa ikut..

  9. dereng saget tumut…optimis laen wktu…

  10. Siapalagi yg hrs peduli dan bangga pd leluhur bangsa Indonesia jk bkn anak cucu bangsa Indonesia sendiri.
    Leluhur bangsa Indonesia harus lebih diperkenalkan pd generasi muda agar semakin cinta tanah air dan tidak mudah silau pada bangsa lain.
    Sudah seharusnya kita membanggakan leluhur bangsa sendiri, kita diturunkan dari beliau2 tsb.

  11. memang beda rasanya ketika sudah berrasa beda…

  12. ….
    ketika sedulur-sedulur di jawa (jogja) menggelar SO-5, dalam waktu yang sama kami yang di lampung juga mengikuti pagelaran acara; Larungan Agung Ruwatan Nasional 1 Suro. acara mengambil tema; Pengamalan Pancasila, dan berlokasi di Pesisir Pantai Cinta Damai, Pematang Sawah kab.Tanggamus.
    sesuai dengan nama lokasi, cinta damai, maka alangkah indahnya hidup ini jika ber-damai. berdamai dengan jagat alam, berdamai dengan sesama manusia, berdamai dengan makhluk hidup&tak hidup, berdamai dengan diri sendiri dan “berdamai” dengan Sang Pencipta.
    kami yang berjumlah seratusan orang dari berbagai kabupaten berkumpul menjadi satu. acara dimulai malam hari dengan menggelar doa yang menyentuh jiwa. doa yang panjang tapi tidak membosankan karna dibaca dengan bahasa sendiri, bahasa orang indonesia.! sehingga doa bisa lebih menyatukan antara yang memohon dengan yang dimintai permohonan. bukan ‘doa palsu’, doa kbanyakan yang sering dibaca. memohon tapi sebenarnya ogah-ogahan. memohon dan meminta-minta sesuatu -yang biasanya banyak & berlebihan- tapi dengan cara sombong.
    dilanjut dengan menghadirkan tokoh-tokoh para founding fathers negeri ini lewat lagu-lagu nasional yang syahdu, menggetarkan sanubari & menggelorakan semangat.
    acara diteruskan pagi hari dengan upacara terlebih dahulu, bendera merah putih bersanding dengan bendera majapahit ! berdoa kembali dan lagu-lagu nasional dikumandangkan. larungan-pun dimulai.
    larungan, menurut pemahaman saya, adalah bentuk penyambungan serta penyatuan dari berbagai elemen. fisik dan non-fisik, jiwa dan raga, yang ghaib dan yang maujud, jagat alit dan alam raya. larungan juga adlah bentuk peluruhan ego, bahwa sebenarnya kita ini siapa, punya apa, akan kemana….

    mas sabda..
    saya baru sekali ikut acara ini, bagaimana/apa pendapat mas sabda? bahkan acara ini jg dihadiri oleh adik kandung mbah marijan (alm) jogja, yang tinggal di lampung.

    • Mas Abuzahr Yth
      Acara yg bagus sekali. Cara sederhana yg efeknya sangat positif dan efektif. Itu merupakan harmonisasi dan penyelarasan dengan hukum tata keseimbangan alam. Getaran kasih sayang yg terpancarkan dari dulur semua (jagad alit), akan diterima dan selaras dengan Roh Makrokosmos, Roh Jagad Agung. Alam semesta segera merespon dengan memberikan segala kasih sayang dalam bentuk kemudahan2, ketentraman, kedamaian dan kesejahteraan karibedan batin. Terlebih lagi, larung juga merupakan kasih sayang yg nyatadalam bentuk sedekah utk seluruh makhluk hidup baik yang agal maupun halus. Sudah menjadi hukum alam yg maha adil, bahwa seluruh makhkuk akan membalas dengan kasih sayang pula. Sebaliknya bagi penebar kedengkian, iri hati, panasten, permusuhan, cepat atau lambat itu merupakan tindakan nyata menghancurkan jiwa raganya sendiri.
      Rahayu sagung dumadi

  13. Salam persaudaraan sedulur NKRI semua.
    S.O mendatang jk tdk brhalangan sy bisa ikut bergabung.
    salam khusus buat pak sabda

  14. ……..
    kami kan slalu mengenangmu
    sampai diakhir masa
    pada amanahmu yang suci
    kan menjadi pelita jiwa kami..

    wahai paduka yang mulia
    begitu besar pengorbananmu
    bumi dan langit jadi saksi
    nama besarmu kan tetap abadi..

    kami seluruh anak bangsa..
    bersumpah setia slalu berbakti
    setia pada ibu pertiwi
    cita-citamu kami junjung tinggi..
    ……..

    ternyata dimasa ini ada nada yang begitu indah tuk dikumandangkan selain musik-musik modern. ada energi yang merasuk jiwa ketika menyanyikan bait demi bait lagu Anak Bangsa ini. terbayang dipelupuk mata betapa negeri ini dibangun dengan pengorbanan yang luar biasa. waktu, tenaga, harta, jiwa dan raga nenek moyang kita terkuras hanya demi kesejahteraan kita anak cucu keturunan mereka. agar generasi penerus mereka tidak mengalami apa yang mereka rasa. agar generasi penerus mereka merasakan ‘kemerdekaan’ yang mereka tidak rasakan. apakah kita tidak malu, apa yang sudah kita lakukan untuk sekedar menghormati leluhur kita? atau sadarkah kita bahwa kita telah dibela sampai titik darah penghabisan? dan apa yang sudah kita perbuat untuk negeri indah ini? apa alasan yang tepat jika kita dipertanyakan di hadapan mereka; mengapa kau lupakan kami para pendahulumu?

    kita dipercaya maka kita ada, ketika tidak dipercaya maka tidak ada. berarti sebuah ke-percaya-an hidup adalah anugrah. sekencang apapun teriakan kita orang lain takkan mendengar, ketika kita tidak dipercaya. sehalus apapun yang kita lakukan, jika didasari sebuah amanat, yang lain akan merasakan efek manfaatnya. inilah mungkin yang menurut bahasa mas sabda; urip (sing) kudu murup.

    oleh karena hidup adalah sebuah kepercayaan. jika mengaku hidup tapi tidak mampu dipercaya berarti ia sudah tidak hidup dan menjadi mayat hidup. urip sing ora murup. apakah kita sudah menjadi mayat hidup dengan tidak mampunya kita memegang amanat para leluhur kita untuk setia pada ibu pertiwi? melupakan dari siapakah kita berasal dan generasi ‘model’ apakah yang akan kita wariskan nanti?

  15. sugeng siang matur sembah nuwun ki.. atas bimbingan dan kesabaranmu dalam membimbing kami di dalam S-O5.. sehingga kami bisa tau betapa berharganya kita sesama mahluk hidup di alam raya ini bisa saling menghormati.. dan menjaga.. demi kelangsungan dan welas asih yg bisa di turunkan keanak cucu kita..maaf ki kemarin waktu di astana girilayu waktu dalam semedi terlihat ada seperti seorang dayang yg membersihkan bangunan makamnya di tempt sultan..apa itu sebuah maksud utk kita semua atau hanya utk saya manusia yg penuh dosa ini ki..matur sembah nuwun..

    • Mas Mukondirin Yth
      Itu pesan dalam bentuk simbul utk bersih2 atau merawat, atau menghargai baik terhadap pasarean lêluhur maupun terhadap diri sendiri. Merupakan bentuk.bakti kita terhadap para lêluhur. Juga bersih2 diri, agar selamat lahir San.hatin. Sesuai sinengkalan tahun ini : Ngesthi Rahayu, Gapuraning Aji. Berusaha dgn supenuh hati meraih keselamatan jiwa raga, agar terbuka kemuliaan utk dirinya sendiri.
      Rahayu sagung sumadi

  16. menurut kiahi sabdalangit, apakah pengetahuan kejawen (ke-jawen) saat ini telah agak bergeser dari hakekatnya / telah banyak kemelencengan?

  17. allhamdulillah dan maatur nuwun sanget kagem gusti ingkang akaryo jagat,saya juga ucapkan banyak terima kasih kepada ki sabda dan seluruh kru SO5 juga temen temen yang ikutan acara so5,saya ingin sedikit berbagi cerita bagaimana ikut acara SO5, dari awal perjalanan dari rumah di malang sampai jogja alhamdulillah saya tidak mengalami hambatan berupa apapun justru kebahagiaan selama perjalanan yang saya dapat,saya sendiri heran saya tidak mengalami rasa capek sedikitpun baik saat berangkat maupun pulang semuanya berjalan amat lancar,ki Sabda sebenarnya saya memiliki keinginan yang sangat kuat seolah ada yang menuntun untuk berziarah ke makam para leluhur tanah jawi, dan perasaan ini muncul sudah 2 tahun yang lalu dan baru kemarin bisa terlaksana saat mengikuti so5 dan kenapa ya ki sabda setelah semua keinginan ziarah terllaksana saya seolah2 tiadk punya hutang dan perasaan ini menjadi sangat plong dan seolah sudah tidak ada gandolan atau sesuatu yang nggandoli dan yang paling aneh yang saya rasakan saya kok tidak merasa asing dengan ki sabda seolah2 sudah kenal begitu lama tapi saya lupa dimana ,jujur aja ki sabda sewaktu saya di pesarean kota gede saya begitu terharu bahkan sya tidak kuat menahan air mata,getaran di dalam dada saya begitu kuat bahkan waktu itu kalau diperbolehkan saya sebenarnya ingin berlama2 ada rasa kebahagiaan yang tiada tara dan badan ini terasa sejuk dan air mata ini tetap tak terbendung,demikian ki sabda curhatan saya,pertanyaan saya ada apa dengan semua ini

    • Mas Agungmalang Yth
      Matur sembah Nuwun sdh kersa sharing pengalaman selama mengikuti SO~5. Saya yakin banyak sedulur2 merasakan berbagai kebahagiaan dan ketenangan. Yg belum sempat dishare maupun yg sdh melalui media komunikasi dan interaksi yg disediakan dulur KKS, baik melalui FB grup, milis, WA dll.
      Apa yg panjenengan rasakan merupakan panggilan darah dalem yg mengalir dalam raga panjenengan. Saya optimistis, apa yg panjenengan rasakan itu merupakan “gapuraning aji”. Terbukanya gerbang kemuliaan, kamukten, kesuksesan hidup lahir dan batin panjenengan dan keluarga.
      Rahayu sagung dumadi

  18. mugi sedoyo wilujeng lan bahagia pinaringan nikmat ,rahmat , kebarokahan kemulyaaan kang luhur kang agung dumugi Gusti Allah Kang Moho agung ,sedoyo sampun sampun kasampurnan dining kuasanipun Gusti Allah

  19. Matur Sembah Nuwun.. atas penjelasanya yg begitu gamblang, walaupun masih banyak yg harus di ceritakan di dlm blok ini..emang bener seperti yg di bilang mas agungmalang seolah gak mau utk berpisah dan masih banyak kaweruh yg harus di pelajari dari kisabda org yg begitu tulus meneruskan ajaran tanpa pamrih apapun..dan waktu di makam para leluhur di astana girilayu entah dorongan apa yg membuat air mata yg mengalir dan rasa yg begitu sangat kuat dr lubuk hati yg paling dlm dan tak bisa di tahan..begitu pula waktu perpisahan KKS di candi plaosan saya seperti anak kecil yg mau kehilangan bapaknya sehingga bisa nangis tersedu sedu tanpa bisa tertahankan gak tau malu. dalam pelukan ki sabda yg begitu tenang. dan kl teringat sampai skrg pun air mata ini masih berkaca kaca..entah makna apa itu saya jug gk tau..dan maaf ki mau berbagi cerita dan bertanya setelah dari acara KKS..mendapat mimpi seolah olah di beri muntahan oleh kanjeng sultan dan di tadah dengan dua tangan.. mungkin ada maksud apa ya ki…matur sembah nuwun.. mugi rahayuo sagung dumadi..3X..

  20. Selamat pagi, mas.
    Yg saya rasakan hampir sama dg sedulur2 lainnya. Ada rasa panggilan yg kuat utk mendalami kejawen. Dulunya coba saya abaikan, tp rasa gelisah yg saya dpt. Sebenernya maksud panggilan darah itu apa, mas? Darah dalam arti sebenarnya atau spiritual

  21. matur sembah nuwun ki sabda kalian sedoyo piwulangipun

  22. yey! mank darah low darah moerni poww??…masi mending darah gue nggak da darah song_ongg!!

  23. saya lupa tidak buka blog ini dari bulan agustus smp des 2014 tau2 sudah terlaksana SO5, padahal saya ingin sekali ikutan. Jadi harus nunggu kesempatan selanjutnya. Kira2 di bulan apa ya SO6 diadakan. maturnuwun infonya para sedulur

  24. Jadi pengen bgt ikutan, kemaren enggak jadi ikut gara2 sakit. Kata Ki Sabda, org yg berhasil ikut adalah orang2 terpilih, bener gak sich?? Mohon dishare pengalaman lain setelah mengikuti SO-5 bagi yang telah mengikuti SO-5 tersebut. Owh iya Ki, kapan diadakan lagi SO-6 nya??

  25. Salam karahayon buat ki SABDå dan sedulur semua, terimakasih buat semuanya yg telah berbagi ilmu Tuhan yg Maha Luas ini, doaku buat sedulur semua semakin diberi kekuatan untuk mewujudkan kembalinya kejayaan nusantara ini…….

  26. sugeng rahayu..
    kapan mau di adakan lagi.. kalo da waktu & kesempatan.. ingin ikut..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: