Bubur Sengkala Di Saat Berlangsungnya Pagebluk

Kamis Pahing 16 April 2020
Dawuh Kanjeng Ratu Kidul, untuk membuat bubur sengkala. Antara malam ini 16 April 2020 dan atau sebelum tanggal 21 April. Kanjeng Ratu Kidul adalah entitas bidadari yang menjadi ratu (beliau bukan bangsa jin), beliau mempunyai tugas atau peran yakni ikut serta menjaga tata keseimbangan alam khsususnya di wilayah Jawa dan Nusantara pada umumnya.
Dawuh atau perintah tersebut kemudian diperjelas dan dipertegas oleh Nyi Ageng Nis. Nyi Ageng Nis adalah garwa Ki Ageng Nis. Atau Ibu dari Ki Ageng Pemanahan, atau Eyang Putri Kanjeng Panembahan Senopati.
Perintah supaya membuat bubur sengkala. Cara membuatya pun sederhana sekali. Bubur putih (dengan ditambahkan santan kelapa) dan bubur merah selain santan kelapa ditambahkan juga gula merah atau gula jawa. Keduanya ditambahkan sedikit garam. Kemudian disajikan seperti dalam gambar.
Bubur sengkala ini tujuannya adalah ;

1. Memayu Hayuning Bawana
2. Mangasah mingising budi
3. Memasuh malaning bumi

Dalam gambar tampak minuman teh dan kopi tubruk. Tujuannya untuk kunjuk atur dumateng sagung para leluhur yang menurunkan kita. Ada juga wedang jahe gula Jawa, pilihlah gula jawa yang kuning warnanya,  sesuai dengan request Ki Ageng Mangir Wonoboyo sendiri. Dan sirup merah champolai rasa pisang susu adalah minuman kesukaan Yang Mulia Sultan Aji Muhammad Sulaeman Raja Kutai Kertanegara ke 16. Sesuai request beliau sendiri. Jika tidak ada merk tersebut, gunakan saja sirup merah merk apa saja, tetapi yang rasanya pisang susu. Rujak degan adalah doa yang diwujudkan, intinya nyenyuwun murih sehat bregas waras, tansah seger sumringah.
Bunga di dalam bokor tampak hanya sedikit, karena dalam situasi yang sulit seperti ini bisa menggunakan bunga yang ada di depan rumah. Jika tidak ada bunga juga tidak masalah, tidak usah pakai bunga. Dupa juga boleh. Leluhur selalu memberikan kemudahan dan yang terbaik demi menjaga anak keturunannya serta semua orang yang masih percaya dan berbakti pada leluhurnya sendiri.

Cara menyajikan, seperti dalam gambar. Jika tidak ada request khusus, cukup siapkan 3 macam minuman, yakni rujak degan, teh tubruk, kopi tubruk, semua pakai gula. Jika ingin menambahkan kopi pahit juga sangat diperkenankan. Jika situasi tidak memungkinkan membuat rujak degan, pasti sangat dimaklumi, cukup menggantinya dengan air bening. Semua minuman tidak perlu ditutup, biarkan terbuka. Saat menyajikan, ucapkan kalimat seperti berikut ini, “kepareng ngaturaken pisungsung unjukan lan daharan dumateng leluhur ingkang nurunaken kula (ingkang nurunaken istri kula) lan para leluhur agung ingkang merintis Nusantara. Dalam bahasa Indonesia kira-kira seperti ini, “perkenankan kami menghaturkan minuman dan bubur sengkala kepada …(bisa juga menyebut nama satu-persatu sesuai yang anda inginkan) sebagai wujud bakti dan rasa hormat kami generasi penerus kepada para leluhur pendahulu yang telah melahirkan kami, dan yang telah merintis serta membangun Nusantara.
Begitulah kepedulian para leluhur dan entitas super natural power kepada sagung titah jalma menungsa. Ewa semono, sebagian orang yang tidak paham suka menghujat beliau². Sadis sekali jika dirasa. Hukum alam, cepat atau lambat pasti memberikan keadilan dengan sangat tuntas tak bersisa.
Rahayu Sagung Titah Dumadi 🙏

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on April 16, 2020, in Bubur Sengkala di saat Berlangsung Pagebluk, JAVANESE TRADITION. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. ki apa ada pertanda di pertengahan puasa ini akan terjadi langit gelap di siang hari?

  2. Mau tanya setelah siap bubur dan minumannya ditaruh mana nggih? Maturnuwun

  3. Ariesta Damayanti

    Maaf pak saya ingin bertanya, bagaimana cara dan bahan apa saja untuk pembuatan jenang grendul? Yang kemarin sudah tidak ada di youtube

  4. Ada, masuk ke channel beliau di youtube. Scoll kanan sampai ada tulisan community.
    Nah di situ pasti ada.

    Monggo

  5. michaputri83@gmail.com

    Selamat pagi romo,sy micha romo,,,,romo sy sma adik saya ada kerinduan marak sowan ke pesarean imogiri,krna hal ini adlh hal yg baru pertama kli kmi lakukan jd kmi blm tau tata caranya romo,hr apa yg tempat kesana,bila kesana hrs menemui siapa romo,dan bagaiman cara kt untuk memberi sedikit berkat buat abdi dalem,mohon bimbingannya romo,dan bila Tuhan kasi bonus buat sy dan adik,kmi pasti jg bs d pertemukan dengan romo,,,,semoga romo sempat membaca dan ada waktu bls chat ini,,krna kmi bener2 butuh bimbingan romo,,,,sblmnya trima kasih banyak romo ,dan minta maaf bila ada kata2 yg kurang berkenan d hati romo,,,,Tuhan berkati Romo,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: