Rahasia Di Balik 40 Hari

RAHASIA DI BALIK 40 HARI

 

Dalam khasanah Kejawen angka 40 memiliki makna penting sekali (keramat). Karena di dalamnya terkandung sebuah rahasia kehidupan sebagai mana dimaksud dalam ungkapan “kakangne lembarep, adine wuragil” atau kakaknya sulung, adiknya bungsu (Lihat posting; Pintu Pembuka Rahasia Spiritual Raja-Raja Mataram/Wirit Maklumat Jati/Wirit Saloka Jati). Ungkapan itu bermakna bahwa kelahiran kita di dunia ini sebagai sebuah akhir proses “triwikrama” sekaligus awal kehidupan manusia di “mercapada”. Selanjutnya kematian merupakan akhir dari kehidupan semu (duniawi), sekaligus merupakan awal dari kehidupan yang sejati.

 

Angka 40 di awal dan 40 di akhir kehidupan.

Banyak terjadi kesimpang-siuran pemahaman kapan bayi dalam kandungan telah memiliki nyawa. Banyak pula orang menyangka setelah usia kandungan menginjak bulan keempat barulah bayi ditiupkan nyawa. Tapi tidak sedikit pula yang lebih percaya bilamana usia bayi dalam kandungan ibu akan ditiupkan nyawa tepat pada hari ke 40. Mana yang benar ?  Pemahaman yang berbeda-beda itu disebabkan tidak terdapat keterangan secara tegas di dalam kitab suci kapan waktunya si jabang bayi dalam rahim ibu mulai ditiupkan nyawa. Walaupun demikian, ada beberapa keterangan dalam bentuk samar yang kemudian dijadikan dasar penafsiran masing-masing.

 

2.3 Juta Aborsi Per Tahun !!

Tulisan ini terpaksa saya paparkan di sini mengingat betapa di era modern ini semakin banyak kasus-kasus pengguguran bayi yang dilakukan oleh orang tua si jabang bayi sendiri dengan alasan medis maupun alasan klasik kehamilan yang tidak dikehendaki. Bayangkan saja dalam setiap tahun terjadi rata-rata 2,3 juta kasus aborsi di negeri ini, dengan jumlah korban sebanyak 200 wanita meninggal dunia dalam setiap harinya akibat kasus aborsi ini. Bahkan pelaksana aborsi tidak jarang dilakukan oleh seorang dokter yang telah disumpah untuk mempertanggungjawabkan ilmunya di depan organisasi IDI dan di hadapan Tuhan. Para pelaku pengguguran biasanya tidak merasa bersalah, karena menganggap jika si jabang bayi yang malang belumlah memiliki nyawa. Dalam kasus tertentu, seseroang terkadang asal meyakini saja bahwa si jabang bayi baru bernyawa setelah usia kandungan menginjak bulan ke 4. Bisa saja asumsi ini dipilih sebagai alasan penghibur yang dicari-cari saja, untuk menghalalkan pengguguran si jabang bayi, dan masih diperbolehkan karena usia kandungannya belumlah genap 4 bulan.

 

Nyawa di hari ke 40

Mungkin di antara pembaca ada yang lebih percaya jika di usia 4 bulan kandungan si jabang bayi baru memiliki nyawa. Tapi sekali lagi, tak ada patokan yang jelas untuk memihak yang mana. Saya dulu pernah mengalami keraguan mana yang dapat dipercayai, apakah usia 40 hari ataukah 4 bulan. Hingga akhirnya pada bulan Maret tahun 2005 yang lalu terkuaklah satu misteri kehidupan ini, sehingga membuat saya pribadi tiada keraguan lagi bahwa pada saat usia kandungan genap 40 hari jabang bayi mulai bernyawa. Di samping suatu “pengalaman gaib” yang sangat berharga, bila dikaitkan dengan kepercayaan bahwa setelah seseorang meninggal dunia hingga hari ke 40 setelah wafat rohnya tetap tinggal di rumahnya sendiri. Rumus 40 hari pra kelahiran dan 40 hari pasca kematian menjadi sinkron.

 

Kisah Gaib Sebagai Pembuktian

 

Kisah ini terjadi tahun 2005 di saat kakak dari seorang teman saya, sebut saja Pak T yang barusan selesai membangun rumah pondokan di wilayah Jaktim. Selama membangun  sampai selesai tidak terjadi gejala apapun. Nah giliran pada waktu  kamar pondokan telah laku disewa  seseorang, mulailah terjadi hal-hal yang aneh. Beberapa alat rumah tangga sering berpindah tempat tanpa ada yang merasa memindah. Beberapa kali si penghuni mengalami kesurupan “hantu” perempuan. Yang paling mengganggu adalah munculnya bau bangkai yang sangat menyengat tanpa dapat diketahui dari mana sumber bau bangkai itu. Pak T lantas minta tolong seorang Kyai untuk mengatasi bau bangkai tersebut. Beserta para santrinya, Pak Kyai lantas mengadakan berbagai upacara, doa-doa, wirid pengusiran makhluk halus pengganggu. Namun demikian langkah itu belum menampakkan hasil yang diharapkan. Kembali esok malamnya, para santri menggali bagian lantai di bawah tangga yang diduga menjadi sumber bau bangkai. Lantai keramik digali, selanjutnya ditanam bunga setaman dan para santri berdoa mengelilingi lobang galian tersebut. Selesai upacara ritual itu para santri menutup kembali lantai yang berlubang. Al hasil, esok harinya bau bangkai tetap menyengat. Malah terasa semakin kuat menyengat baunya.

 

Selang dua minggu kemudian teman saya menceritakan kejadian itu. Malamnya kami sempatkan datang ke rumah Pak T. Begitu kami menginjak di halaman rumah pondokan itu, tampak sosok perempuan sekitar usia 30 tahun menyambut kami bersama istri. Berikut ini saya catat komunikasi yang terjadi waktu itu;

 

P = perempuan misterius

 

S            : Anda siapa ?

P            : saya tidak punya nama. Saya dulu digugurkan orang tuaku sewaktu umur 41 hari dalam perut ibuku. Jasad saya dulu dikubur di pekarangan ini.

S            : (hati kecil saya iba sekali mengetahui kronologi kisah arwah perempuan itu) Baiklah, kalau gitu apa yang bisa saya lakukan untuk membantumu ?

P            : aku minta tolong disempurnakan, agar tidak ada lagi ganjalan dalam meneruskan “perjalananku”.

S            : rumahmu di mana ?

P            : dia hanya menunjuk arah ke rumah pondokan Pak T.

S            : ya, besok malam saya akan ke sini lagi. Oh ya apa agamamu ?

P            : diam hanya menggelengkan kepala.

S            : oh ya maaf, aku tahu kamu belum sempat lahir sehingga belum pernah mempunyai agama. Dan di dalam dimensi mu sekarang, tentunya sudah tak diperlukan lagi agama.

 

Malam besoknya seperti sudah kami janjikan, sepulang dari ngurus pekerjaan kantor,  saya langsung mampir ke rumah pondokan Pak T. Sebelumnya saya suruh seseorang menyiapkan piranti upacara penyempurnaan arwah a la tradisi Jawa berupa “tumpeng pungkur” komplit. Ubo rampe ku bawa masuk ke rumah pondokan Pak T, dan arwah perempuan membimbing saya menunjukkan lokasi di mana dulu ia dikuburkan. Arwah perempuan itu masuk salah satu kamar yang sudah laku di sewa orang. Saya dipersilahkan masuk oleh orang yang menempati kamar itu. Ternyata arwah perempuan itu menunjuk lantai tepat di bawah kolong tempat tidur. Itulah tempat di mana ia dikubur. Setelah upacara selesai kami laksanakan, lalu saya minta tolong penghuni kamar yang kebetulan seorang muslim, untuk membaca Surat Al Fatekah, dan Al Mulk (doa supaya ditempatkan di dalam kemuliaan alam luhur). Kami sendiri sibuk melakukan prosesi “penyempurnaan” arwah. Setelah selesai prosesi, arwah itu tampak mengucapkan terimakasih dan pamit akan melanjutkan “perjalanan”. Karena telah tidak ada ganjalan lagi dengan masalah dunia. Ia hanya berpesan menyebut nama Pak H dan Bu N sebagai nama kedua orang tuanya. Si arwah minta tolong supaya kami mendatangi orang tuanya untuk menyampaikan pesan supaya membuatkan kuburan agar menjadi “monumen” bagi si arwah.. Serta berpesan agar ortunya membuatkan nama untuk si arwah perempuan tadi. Singkat cerita, Pak H ternyata si pemilik tanah yang kemudian dibeli oleh seseorang, lalu seseorang itu menjual lagi kepada Pak T.  Setelah ketemu dengan ortu si arwah, ternyata hanya pak H saja yang dapat saya temui karena Bu N sudah tinggalnya jauh dan bersuami orang lain.

 

Saya sampaikan apa adanya amanat si arwah kepada Pak H. Ia terkejut kok bisa-bisanya anda tahu kejadian yang sudah berlangsung sekitar 29 tahun lamanya. Saya geli, dalam hati bergumam,” mana saya bisa tahu, saya kan cuma diceritain anak bapak. Jadi  wajarkan, anak Pak H itu kan tetap hidup, hanya saja tidak punya jasad. Hanya saja sulit dilihat dengan mata wadag.

 

PELAJARAN

 

Dari kisah gaib di atas, dapat diambil hikmah:

  1. Pada waktu kandungan berusia usia 40 hari, si jabang bayi telah memiliki ruh.
  2. Ruh mengalami pertumbuhan. Bila di usia kanak-kanak atau belum sempat lahir seseorang telah meninggal dunia, maka ruhnya tetap mengalami pertumbuhan menjadi dewasa.
  3. Terkadang perjalanan ruh manusia ke dimensi alam ruh terganggu oleh urusan dunia yang tidak terselesaikan.  Sehingga ruh masih berada di dalam dimensi bumi. Ruh inilah yang sering merasuk ke dalam tubuh orang lain, karena kebingungan untuk menyampaikan pesan kepada orang yang masih hidup. Sadar akan jasadnya yang telah rusak, maka ruh meminjam jasad orang lain. Terjadilah apa yang dinamakan sebagai peristiwa kesurupan. Oleh sebab itu seyogyanya kita lebih arif dan bijak, jangan buru-buru bertindak ikut-ikutan (ela-elu) menganggap kesurupan itu hanyalah ulah setan penggoda iman. Penyimpulan tergesa-gesa ini sungguh dangkal, jauh dari kearifan. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan kita bila mengetahui anggapan setan itu menimpa para almarhum saudara atau keluarga kita sendiri.

 

40 Hari Setelah Kematian

 

Apa yang terjadi 40 hari setelah kematian seseorang ? Tak ada sumber otentik dalam kitab suci yang menjelaskan secara tegas. Mungkin rahasia itu dibiarkan tetap menjadi rahasia. Dan menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang selalu haus akan dahaga spiritual. Namun bagi ajaran Kejawen, telah dijelaskan dengan gamblang bila roh manusia akan melanjutkan “perjalanannya” ke alam baka bila telah melewati hari ke 40 terhitung sejak hari kematiannya. Selama 40 hari itu roh akan tetap tinggal di rumah-tinggalnya sendiri. Hanya bagi orang-orang tertentu saja yang “pinilih” dan terpilih tidak perlu melewati masa “tenggang” 40 hari.

 

Kisah Gaib Sebagai Pembuktian

 

Saat itu saya menghadiri undangan acara selamatan “patangpuluh dina” (40 hari) setelah wafatnya almarhum kerabat sebut saja namanya almarhum Pak W. Saat itu acara doa tahlilan diikuti sekitar 80 orang selesai jam 8 malam, kemudian acara dilanjutkan makan bersama dan membagi kenduri selamatan.  Pada saat acara makan bersama, munculah sosok badan halus perempuan tua kira-kira usia 75 tahun. Ternyata “bayangan” embah itu ibunya almarhum pak W yang sedang diselamati 40 harinya. Saat saya melihat foto almarhum ibunya pak W yang terpampang di dinding ternyata wajahnya mirip dengan sosok bayangan itu. Pastilah ini almarhum ibunya pak W yang telah meninggal dunia tahun  1986 lalu. Seketika saya mencoba mohon izin mengambil gambarnya agar saya mendapatkan bukti, sebab seringkali apa yang saya lihat dianggap mengada-ada saja. Al hasil, karena menggunakan kamera HP maka hasilnya langsung terlihat. Saya terkejut sendiri ternyata gambarnya bisa tertangkap kamera. Entah kebetulan atau karena memang atas ijin almarhum embah itu. Yang paling penting saya sudah berhasil mendapatkan gambar “beliau”.

 

Setalah acara usai, hasil tangkapan kamera HP saya tunjukkan ke keluarganya dan  mereka terkejut serta membenarkan bahwa itu memang gambar ibunya, termasuk pakaiannya itu juga yang dulu paling sering dikenakan almarhum. Bahkan saya ditunjukkan sarung kesukaannya warna kotak-kotak yang mirip dengan yang ada di dalam kamera. Selang tidak berapa lama, saya melihat lagi sosok bayangan almarhum ibu itu tapi tidak sejelas tadi. Roh ibu itu tampak menggandeng anaknya almarhum Pak W sambil tersenyum melambaikan tangannya, samar-samar terdengar suara pak W, ”saya melanjutkan perjalanan ya nak” sambil melambaikan tangannya. Saya berfikir pastilah ibu itu hadir di sini karena ingin menjemput anaknya, tepat di hari ke 40 setelah wafatnya almarhum pak W.

 

 

 

Perhatikan Gambar berikut,

sosok perempuan tua posisi berdiri

mengenakan sarung motif kotak

Beliaulah almarhum ibunya almarhum Pak W

arwah

  

Adanya tulisan ini jauh dari niat eksploitasi kisah horor, namun dengan harapan semoga ada hikmah yang dapat diambil para pembaca yang budiman, walau hanya sebesar biji sawi.

 

  1. Super sekali ini tulisan. Pernyataan roh halus dijadikan referensi. Sudah sakit ni orang.

  2. Apa Mungkin Ruh Orang Meninggal Masuk Ke dalam Jasad Yang Masih Hidup, Yang Masih Memiliki Ruh, Kalau Begitu di dalam Satu Jasad Terdapat Dua Ruh,,

    Itu adalah Hal Yang Membingungkan Bagi Pemahaman Saya,,
    Adapun Orang Kerasukan Saya Meyakininya Bahwa hal itu Bisa Terjadi, Namun Bukan Karena Adanya Ruh yang Masuk Kedalam Tubuh, melainkan itu adalah “Jin qorin” yang masuk,
    Jin qorin adalah jin Yang Mendapingi Seseorang Semasa Hidupnya,, hanya Itu Yang Saya Tau..
    Wallahu Alam.. Hanya Allah Yang Lebih Tau,.

  3. Salam… sabda langit…
    Bagaimana dg pendapat sy berikut ini..
    Mnurut sy, manusia hidup terdiri dari 3 unsur,
    1. Ruh (muhammad sejati)
    2. Jiwa (sukma sejati)
    3. Raga (bayu sejati)
    Nah mnurut ajaran hindu, yg berreinkarnasi adalah sukma… sedangkan ruh sendiri sejatinya adalah Tuhan… nah mengenai misteri 40 hari, mungkin itu jeda wktu utk….

    • Mas Yosi Yth
      Muhammad sejati = nur sejati = cahyo sejati
      Ruh = sukma sejati
      Jiwa = soul sementara itu sukma/roh itu spirit
      Semoga dapat membantu pemahaman Panjenengan
      Rahayu sagung dumadi

    • yang saya tahu dalam Hindu ada yang di sebutkan Brahman (bukan Brahma) yaitu Tuhan YME, lalau ada Atman (mungkin ruh dalam kepercayaan lain) yaitu ruh suci yang ada dalam tubuh kita sumber kehidupan kita. Atman tersebut dilapisi oleh 5 lapisan yang disebut panca maya kosa. Yaitu:

      Anna maya kosa, lapisan yang terdiri dari Makanan. Badan fisik yang terbuat dari zat-zat dari alam fisik. (Badan tumbuh karena tumpukan lapisan-lapisan sari makanan).

      Prana maya kosa, lapisan yang terbuat dari prana atau kekuatan vital/ energi.

      Mano maya kosa, lapisan yang terbuat dari Manah atau Pikiran.

      Vijnana maya kosa, lapisan yang terbuat dari pengetahuan atau pengertian.

      Ananda maya kosa, lapisan yang terbuat dari kebahagiaan (ananda).

  4. huft debat agama
    agamaku agamaku. agamamu agamamu
    wes dwe dewe” . gak usah udik mbek liane ok… one love man

  5. Permisi …… kalau boleh numpang comment ! Memang benar tong kosong bunyinya nyaring ? orang2 baru hapal Qur an dan Hadist sudah busung dada ? Merasa paling benar ? paling suci ? paling berhak masuk sorga ? Padahal Sorga belum pernah ngelihat ? Coba kita berfikir Rasional ? agama itu untuk orang mati atau orang hidup ? pasti untuk orang hidup kan ? nah otomatis kata2 , dalil2 yang ada di kitab suci tersebut harus bisa dibuktikan keberadaannya ? untuk membuktikan kebenarannya ? Contoh : Sorga , Neraka , alam kubur, siksa kubur , Barzah ,Laul Mahfudh dll ? Coba kita tanya kepada mereka yang Sok benar dan sok suci ini tentang perkara2 diatas ? pasti jawabnya , itu kata kitab , itu kata Nabi , Itu janji Alloh ! Kalau kita kejar lagi apa jaminannya bahwa itu semua benar ? pasti jawabnya ya ,,,,kalau situ percaya ! kalau situ kagak percaya lha saya cuma mangajak dan memberi peringatan ! Melihat perkara diatas , maka Orang2 seperti ini tidak ada haknya sama sekali untuk memfonis si A kafir, Agama B kufur , Kepercayaan C Musryk ? Karena mareka2 sendiripun masih berpaham Tahayul ? buktinya belum pernah liat Sorga dah cerita panjang lebar mengenai Sorga ?Padahal kalau kita mau belajar ! apa2 yang ada di kitab suci itu bisa dibuktikan selagi kita masih hidup ? Agama itu TEORI BAGI ORANG YANG MASIH HIDUP , DAN BISA DIBUKTIKAN SELAGI KITA MASIH HIDUP , Sebab kalau sudah MATI PRAKTEK namanya ! Jadi kata2 SORGA, NERAKA, ALAM KUBUR < SIKSA KUBUR <, LAUL MAHFUDH ALAM BARZAH Dlsb tersebut bisa DIBUKTIKAN SELAGI KITA MASIH HIDUP ! TRus ada yang nyelutuk Orang gila ni Masak alam ghaib bisa di butikan ? Jawab nya Jelas BISA , Lha wong kita juga punya Piranti GHAIB ! Yaitu ROH yang ditiupkan Oleh Yang Maha HIDUP ! sekarang ada Contoh : Selagi kita masih hidup ini ada janji bahwa disana ( alam kematian ) kita bakal ditanya oleh Malaikat ! Kalau kita tak bisa jawab Bakal disiksa ? nah suatu saat Si Polan mati ? padahal dah yakin disana bakal ditanya oleh Malaikat ? ternyata dialam kematian Si Polan gak di Jumpai oleh siapa 2 TRUS GIMANA ? MAU BALIK HIDUP LAGI GAK BISA ? MAU NYARI UDTAZ DAN GURU NGAJINYA , ENTAH DIMANA ? Nah sedulur sedaya ! diatas tadi suatu gambaran kenyataan yang Pasti Bakal Di ALAMI setiap Mahluk NYA ! Kadang2 Saya Berfikir Orang2 Yang Sok Suci INI? perlakuan ( kejadian ) MATI itu seperti APA dan Bagaimana AJA Belum TAU ? Tapi sudah Cerita tentang Disiksa Di Alam kubur ? Dlsb …dlsb .Demikianlah KI Sabdo Yth ! Kalau bisa tolong di babar Kejadian mati itu seperti apa dan bagaimana ? Saya Yakin KI SABDO TAHU ! Trima kasih KI ! SUNGKEM KAWULA !

  6. Permisi …… kalau boleh numpang comment ! Memang benar tong kosong bunyinya nyaring ? orang2 baru hapal Qur an dan Hadist sudah busung dada ? Merasa paling benar ? paling suci ? paling berhak masuk sorga ? Padahal Sorga belum pernah ngelihat ? Coba kita berfikir Rasional ? agama itu untuk orang mati atau orang hidup ? pasti untuk orang hidup kan ? nah otomatis kata2 , dalil2 yang ada di kitab suci tersebut harus bisa dibuktikan keberadaannya ? untuk membuktikan kebenarannya ? Contoh : Sorga , Neraka , alam kubur, siksa kubur , Barzah ,Laul Mahfudh dll ? Coba kita tanya kepada mereka yang Sok benar dan sok suci ini tentang perkara2 diatas ? pasti jawabnya , itu kata kitab , itu kata Nabi , Itu janji Alloh ! Kalau kita kejar lagi apa jaminannya bahwa itu semua benar ? pasti jawabnya ya ,,,,kalau situ percaya ! kalau situ kagak percaya lha saya cuma mangajak dan memberi peringatan ! Melihat perkara diatas , maka Orang2 seperti ini tidak ada haknya sama sekali untuk memfonis si A kafir, Agama B kufur , Kepercayaan C Musryk ? Karena mareka2 sendiripun masih berpaham Tahayul ? buktinya belum pernah liat Sorga dah cerita panjang lebar mengenai Sorga ?Padahal kalau kita mau belajar ! apa2 yang ada di kitab suci itu bisa dibuktikan selagi kita masih hidup ? Agama itu TEORI BAGI ORANG YANG MASIH HIDUP , DAN BISA DIBUKTIKAN SELAGI KITA MASIH HIDUP , Sebab kalau sudah MATI PRAKTEK namanya ! Jadi kata2 SORGA, NERAKA, ALAM KUBUR < SIKSA KUBUR <, LAUL MAHFUDH ALAM BARZAH Dlsb tersebut bisa DIBUKTIKAN SELAGI KITA MASIH HIDUP ! TRus ada yang nyelutuk Orang gila ni Masak alam ghaib bisa di butikan ? Jawab nya Jelas BISA , Lha wong kita juga punya Piranti GHAIB ! Yaitu ROH yang ditiupkan Oleh Yang Maha HIDUP ! sekarang ada Contoh : Selagi kita masih hidup ini ada janji bahwa disana ( alam kematian ) kita bakal ditanya oleh Malaikat ! Kalau kita tak bisa jawab Bakal disiksa ? nah suatu saat Si Polan mati ? padahal dah yakin disana bakal ditanya oleh Malaikat ? ternyata dialam kematian Si Polan gak di Jumpai oleh siapa 2 TRUS GIMANA ? MAU BALIK HIDUP LAGI GAK BISA ? MAU NYARI UDTAZ DAN GURU NGAJINYA , ENTAH DIMANA ? Nah sedulur sedaya ! diatas tadi suatu gambaran kenyataan yang Pasti Bakal Di ALAMI setiap Mahluk NYA ! Kadang2 Saya Berfikir Orang2 Yang Sok Suci INI? perlakuan ( kejadian ) MATI itu seperti APA dan Bagaimana AJA Belum TAU ? Tapi sudah Cerita tentang Disiksa Di Alam kubur ? Dlsb …dlsb .Demikianlah KI Sabdo Yth ! Kalau bisa tolong di babar Kejadian mati itu seperti apa dan bagaimana ? Saya Yakin KI SABDO TAHU ! Trima kasih KI ! SUNGKEM KAWULA !

  7. Assalam. wbt. Saya Fariz dari johor bahru, malaysia.

    mohon berkongsi pendapat:

    pada manusia ada

    1. jiwa
    2, rasa
    3. roh
    4. nyawa

    Asal manusia yg didunia
    1. mazi
    2. mani
    3. wadi
    4. manikam

    kembaran manusia
    1. benih
    2. tembuni
    3. mentuban
    4. bali (darah)

    dalam diri
    1. hamlan
    2. ahmad/muhd
    3. rabbul jalil
    4. karim

  8. menurut aq manusia terbagi
    ruh
    jasad
    jiwa

  9. Pada intinya adalah Keyakinan manusia akan hidup ketika dia sudah MATI.

  10. dunia emang penuh misteri

  11. Muhammadiyah menolak TBC, Takhayul Bid’ah dan khurafat.
    semua di sius ini SESAAAAAAAAAAAATTTTT.

    • seharus nya kita menggali ilmu agama yg sudah di pelajari…banyak yg hanya tau bacaan dan teori saja… ilmu allah luass.. tidak bisa kita langsung berbicara SESAATT… terkadang manusia saja bingung ketika di tanya mana yang ghaib dan mana ghoib..? padahal nabi berpesan drajat manusia di ukur dari ilmu nya..! banyak yg nabi lakukan untuk mendapatkan ilmu tanpa belajar… diantara nya berdiam di gua hirro (tappa) ..! namun hal tersebut tidak di sampaikan nabi secara ditail kan..?? kita akan tau jika kita belajar kepada guru..! dan kepada yg belum belajar kepada guru… mohon jangan langsung di fonis sesatt..!! ilmu dengan guru itu adalah hak… dan ilmu tanpa guru itu sesat

    • .semua punya ajaran dan kepercayaan masing2, jangan sok jadi orang
      .saya 3 tahun sekolah di muhammadiyah, tp tidak sok seperti sampeyan ngatain orang sesat, mungkin anda harus bnyak belajar, disini tempat buat share pengetahuan,

  12. No koment soalnya q blum mempelajari Makrifat tp secara syariat itu gk mkin 1 jazad 2 nyawa

  13. “Tidak ada kamu, aku, mereka, lelaki, ataupun wanita”, begitu kata roh tentang dunianya…

  14. “Tidak ada kamu, aku, mereka, lelaki, ataupun wanita”, begitu kata roh tentang dunianya…..

  15. semua pada percaya n yakin pada agama’y masing..jangan lah berdebat karena tidak ada guna’y.. semua agama n kepercayaan tuh bagus.. n masalah tentang artikel ini tentu ada yang pro n kontra..n yg jelas kalian akan tau tentang benar atau tidak’y tentang artikel ini apabila kalian sudah meninggalkan alam dunia ini..

  16. sekedar minta bantuan nya kalau bisa isi dari kitab weda hindu mohon di jabarkan / di jelaskan buat kami yg awan akan ajaran hindu

  17. Tipu muslihat jin mengaku arwah/roh..

  18. Komentar untuk foto yg di sebut ada roh nya itu :

    Kalau dalam fotografi gambar tersebut semua blur karena di situ kurang cahaya sehingga butuh waktu(timer) yang lama untuk mengumpulkan cahaya yg cukup. sehingga kalau ada objek bergerak atau kamera yg di gunakan bergerak akan menjadi blur dan terlihat transparan. di situ sebenarnya yg di akui sebagai roh adalah orang yang dari duduk trus berdiri pada waktu kamera sedang merekam, JADI ITU BUKAN ROH melainkan orang di situ yang hendak bergerak pergi (entah mau ke kamar mandi atau kemana).

    lagipula kalau mau menunjukkan bukti bahwa ibunya suka dengan sarung kotak2 tsb knp tdk di foto sekalian gambar ibunya waktu memakai pakaian yg di pakai tsb? atau paling tidak memfoto juga sarungnya yg sering di pakai?

    saya quote dari penulis “Saat saya melihat foto almarhum ibunya pak W yang terpampang di dinding ternyata wajahnya mirip dengan sosok bayangan itu. Pastilah ini almarhum ibunya pak W yang telah meninggal dunia tahun 1986 lalu” << harusnya foto di dinding juga di tunjukkan sebagai bukti.

    “Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (Qs. Al-Isra [17]: 85)

    • Mas Aditya Yth
      Matur nuwun atas analisanya. Fotografer profesional pasti akan mudah membedakan apakah suatu object hasil foto merupakan kesalahan teknis atau memang object astral. Soal bukti seperti memotret sarungnya yg masih tersimpan, itu tidak signifikan utk meyakinkan orang. Kebetulan juga saya hobi fotografi menggunakan kamera slr, semi, maupun full otomat, terutama utk hunting fenomena~fenomena langka. Jadi kalau hanya foto hantu, arwah, dan berbagai macam penampakan makhluk astral saya punya koleksi lumayan banyak. Video pun ada. Itu hal biasa mas. Karena hobi itu, saya jadi terbiasa membedakan mana error mana object.
      Matur nuwun

  19. Sebelumnya mohon maaf…cerita tentang selamatan 40 itu kok sama persis yg ada di padepokan gunung jati di pacitan (mbah jenar.com…kalo nggak salah) dan fotonya juga sama persis. Apa ini hanya copy paste saja?

    • Mas Mudiyono yth
      Lihat tanggal terbitnya saja mas. Ya betul, yang di padepokan itu sebenarnya berasal dari tulisan yg saya buat kemudian ia ringkas, selanjutnya di blognya ia kunci dgn hak cipta shg tdk bisa dicopas orang. Tulisan saya banyak dicopas org mas, bahkan Posting saya “Rahasia Kekuatan Doa” pernah terbitkan oleh seseorang ke salah satu tabloid mistik. Yaa, ternyata masih ada juga org yg mengira copas di internet sulit ketahuan. Saya biarkan saja, mereka bisa makan dari tulisan saya. Mereka hanya jualan dagangan yg bukan haknya. Toh alam semesta selalu memberikan berkah agung kpd saya. Matur nuwun atas infonya, semoga dulur2 di sini tidak melakukan hal serupa agar alam semesta selalu memberkahi.
      Rahayu sagung dumadi

  20. Emang tahun 1986 sudah ada hp berkamera??? Hahahaha payah…

  21. YTH MR. sembik…. berarti anda tidak membaca dari awal….. terbukti anda tidak bisa memahami tulisan diatas. trim

  22. semoga baik nara sumber maupun komentator diberi rahmat dan hidayah dan kanugrahan agar sama-sama bisa saling menerima dan menasihati serta saling mendo’akan amiiiiin.

  23. trims infonya..lebih lanjut sya masih ragu dari mana awal 40 hari dihitung…apa pas terahir seorang ibu menstruasi atau gmna..?hari pertama dmulai saat gmna..?tlong dijelaskan..trims

  24. OJO PODHO MEGURU NEK DURUNG BISO DADI GURU, olah pikir itu bisa BOHONG, tp olah roso itu ya begitulah adanya ( jujur ) walau kadang sulit dibicarakan krn yg kita omong itu kan bhs sastra sedangkan roso itu bahasa bahasa kalbu, mulane to mulane gunakke ngelmu. Jangan maunya kacang n baru tahu kulitnya sdh pada bingung menterjemahkan, lebih baik iso rumongso dari pada rumongso iso. Suwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 1.049 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: