per-EMPU-an

TUHAN, LAKI-LAKI & PRODUK IDEOLOGI GENDER

Halaman ini khusus saya persembahkan kepada seluruh pemerhati gender, kepada seluruh pembaca yang budiman, untuk berbicara, memberikan sumbang sih, membahas, berdiskusi seputar falsafah hidup, pandangan, persepsi, terhadap kaum perempuan. Tentu saja hal ini akan membawa kita ke dalam khasanah ideologi gender –feminisme– di mana ideologi feminisme bermula dari adanya PENILAIAN yang dilakukan oleh (terutama) otoritas/kekuasaan/dominasi kaum laki-laki (maskulin) terhadap kaum perempuan. Pada gilirannya penilaian tersebut mengkonstruksi SISTEM NILAI, di mana di dalamnya terdapat cara pandang (mind set) masyarakat terhadap kaum perempuan. Sistem nilai yang telah mengakar ke dalam tatanan masyarakat, mengkristal menjadi sistem sosial yang berlaku menjadi pedoman hidup, yang “dibakukan” ke dalam norma sosial, bahkan seringkali norma sosial tentang feminisme dijustifikasi dan dilegitimasi melalui norma hukum (hukum positif).

Celakanya, ideologi feminisme, terkonstruksi bukan melalui mekanisme sosial yang bersifat OBYEKTIF, alias tidak berlagsung apa adanya secara alamiah. Sebaliknya ideologi feminisme lebih merupakan PRODUK dari DOMINASI MASKULIN. Produk yang bersumber dari kekuasaan kaum laki-laki terhadap kaum perempuan. Bahkan seringkali dalam ranah spiritual, kaum perempuan tetap saja dipandang remeh atau prioritas kedua setelah kaum laki-laki. Dengan kata lain perempun sekedar berperan sebagai pelengkap penderita. Jika kita mau jujur mengakui, isi kitab suci pun memberikan kesan seolah tuhan itu berjenis kelamin laki-laki. Lebih parah lagi, pada akhirnya tak sedikit dari kaum perempuan sendiri pun ikut-ikutan memberikan penegasan dominasi maskulin, melalui berbagai stigma yang dilekatkan pada dirinya sendiri.

Walau begitu tidak seluruh sistem sosial demikian adanya, terutama di dalam tatanan sosial masyarakat modern, masyarakat dengan tingkat kemakmuran yang tinggi seperti negara-negara di belahan Skandinavia, Eropa Barat, beberapa wilayah Amerika Serikat, Latin. Namun terasa ideologi gender yang cenderung berat sebelah, menampakkan dominasi kaum laki-laki (patriarchard dan patrilineal) terjadi di negara-negara benua Asia meliputi Timur Tengah, China, Indonesia, India, Malaysia.

Sebagai bukti bahwa ideologi gender yang bersifat berat sebelah, tidak adil, tidak seimbang,  telah sedemikian dalam mengkonstruksi pola pikir masyarakat dunia, yakni dirasukinya isi kitab suci dengan dominasi nilai-nilai maskulin. Sementara itu nilai feminin hanya menjadi obyek penderita saja, sebagai subordinat dari otoritas konsep tuhan yang cenderung maskulinisme. Sehingga membuat imajinasi kita sulit sekali membayangkan tuhan sebagai figur perempuan, oleh karena doktrin agama yang telah dijejalkan bertubi-tubi sejak kecil, baik melalui telinga, mata, maupun hidung. Saya berandai-andai, jika tuhan adalah perempuan, sepertinya dunia ini akan lebih tenteram dan damai. Tak ada lagi perang antar agama. Karena kaum perempuan, kenyataannya tidak memiliki nafsu mendominasi, mengalahkan, menghancurkan, yang berujung pada peperangan  sebesar yang dimiliki kaum laki-laki.

Pada kenyataannya, manusia telah membuat definisi yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, yang kemudian menampakkan kadar subyektif dan berat sebelah dalam menilai. Diakui atau tidak, munculnya stigma (“stempel” negatif) terhadap kaum perempuan, hanya berdasar penilaian pada sisi minus-nya saja, bukan pada sisi plus dan esensinya.

EMPU

Coba sekarang kita buka lagi lembaran lama khasanah spiritual nusantara. Di mana kaum wanita disebut sebagai PER-EMPU-AN. Empu adalah istilah untuk menyebut seseorang yang memiliki daya linuwih, waskita, berilmu tinggi, ahli sastra, menguasahi ilmu kasampurnaning urip, pembuat suatu karya agung.  Maka sangatlah tepat para leluhur bangsa Nusantara ini memberikan istilah per-EMPU-an untuk kaum wanita, tidak hanya sekedar menyebutnya sesuai jenis kemaluannya saja, tetapi lebih mulia karena menyebutnya melalui aspek esensinya yang lebih manusiawi, dan sekaligus sebagai bentuk apresiasi rasa penghormatan tinggi terhadap kaum wanita. Ya…per-empu-an. Merupakan satu-satunya sebutan paling tepat dan hebat di muka bumi untuk menyebut kaum wanita.

 

Mohon masukan dan saran

Sabdålangit æ

  1. Huahahaha,

    untung saya sudah berlindung kepada allah swt dari godaan wanita murahan yg terkutuk,

  2. Kamu akan mendapatkan apa yg lakukan, sebagaimana kamu akan memanen apa yg telah kamu tanam..

    • Wanita murahan

      Tapi temenku sesama wanita murahan kemarin malah nikah ama cowok sholeh,baik hati dan tidak sombong, brarti temen sesama wanita murahanku tu dah menanam trus menuai gtu ya mas……….??

      • Karena pria soleh yg kamu maksud itu, tidak berlindung kepada allah dari godaan wanita murahan yg terkutuk, selain berdoa pria yg kamu maksud itu seharusnya berusaha, bkan cuma berdoa, siapapun yg tidak berdoa berarti sombong,

        allah berfirman : barang siapa tidak berdoa kepadaKU berarti dia sombong kepadaKU.

        Dan sya bertanya kepada allah, jika seandainya ada 2 orang berdoa yg bertentangan/berlawanan maka doa siapa yg lebih KAU ijabah ya allah. Maka allah menjawab, siapa diantara mereka yg lebih dekat dgnKU, dan saya pun bertanya lg, jika mereka sama2 dekat denganMU. maka allah menjawab, siapa diantara mereka yg lebih cinta padaku, jika keduanya mencintaiMU, Maka allah menjawab, siapa diantara ke duanya yg rela kehilangan orang yg dia cintai (kekasih/ortu/keluarganya) demi AKU dan karna AKU. Maka AKU rela kehilangan orang yg AKU cintai demi dia..

        Ya allah aku berlindung kepadaMU dari godaan wanita murahan yg terkutuk dan dari kedatangan mereka kepadaku.

      • Wanita Murahan

        saya jg rela kehilangan orang yg ku cintai, dket dengan Alloh jg,tiap hari jg berdoa, hayoo, doa siapa yg terkabul aku apa kamu mas? misalnya nanti timbangannya sama, kira2 alloh jawab gimana ya mas????

      • Yg jelas setan itu mengoda manusia dgn izin allah, untuk mendapatkan izin allah. Setan harus berdoa, dan allah mengizinkannya. Tapi apakah setan mampu mengoda nabi? Hahahaha,

        karna nabi selalu berdoa, ya allah aku berlindung dari godaan syetan dan terkutuk,

        dan setan jg selalu berdoa ya allah izinkan kami mengoda manusia semua keturunan adam,

        dan allah mengizinkan kecuali orang2 yg berdoa dari godaan syetan yg terkutuk,

        jadi kalau sm2 berdoa, yg jelas syetan hanya mampu mengoda orang yg tak punya iman, begitu jg wanita murahan yg mampu mendapat pria tak bermoral,

        hahaha,
        syetan walaupun umur sampe kiamat, tapi mengoda nabi muhammad saw yg berumur 63 tahun aja ga sanggup.

        Ya allah aku berlindung kepadamu dari wanita murahan yg terkutuk dan dari kedatangan mereka kepdaku, dan jauhkanlah mereka dariku, sejauh barat dan timur.

      • Wanita Murahan

        Ya alloh berikanlah aku jodoh pria yg sholeh, bukan pria yg sok suci….
        Trimakasih ya alloh …..amin.

      • Harus dijelaskan wanita murahan, doa kamu itu seperti apa, masa soleh tapi bukan sok suci, hahaha

      • Wanita Murahan

        sok suci itu yg klo ngomong berlagak seperti nabi, bahkan sok berbuat adil sampai punya istri lebih dr satu…. bicara tentang agama tp dlm kehidupan jarang berbuat untuk sesama….
        ya alloh berikanlah aku jodoh pria yg sholeh, baik hati dan tidak munafik….trimakasih ya alloh…amin.

    • wah wah jan…
      wis kene, sing murah, sing elek, sing ra kanggo, sing ra dipilih, tak openane. sing apik, larang sing wah peken kabeh nek amot.
      sak jegke urip ki aku rung tau ngerti ono wanita terkutuk po murahan. kuwi sing koyo ngopo?
      opo iyo gusti allah ki nyipto sing koyo ngono?
      setan wis ora nggodho maneh. rasah digodho wae menungso dho kepleset dhewe. tindak tanduke menungso wis dadi juganganne dhewe.
      setane wis dho leren, udud2 nyruput wedang jahe jadah bakar. tugas wis rampung.

      • Lha ini rak yang namanya jaman edan : sing ora edan ora keduman. Orang sering mau enaknya sendiri : wanita murahan, lha lelaki murahan ? ( baru kenalan dua minggu sudah … menelanjangi kenalannya ? ) Perempuan si penggoda ? , bagaimana dengan laki-laki yg mau ( membiarkan diri untuk ) digoda ? Ini kan timbal balik, bukan lalu lintas satu jurusan , sejenis dengan hukum ‘ supply and demand’ , persediaan barang dan permintaan di pasar.

      • Benar, pria dan wanita murahan memang cocok, yg satu menganggap wanita gampangan, dan wanitanya murahan, 3 seribu, hahahahahaha

      • ndableg banget dudu nabi lan ora butuh koyo nabi, ora arep niru nabi. ngko ndak ndhak boyokku sempal.

      • Wanita Murahan

        Dah mas punya cerita gak usah sok suci, klo mau ya sini, klo gak mau ya kebangetan……hahaha, oya mas, salam buat ibunya ya…….dr calon menantu……hahahaha, daaaaaaaaaa

      • Hahahay, salamnya buad mantan calon mertuamu yg orang medan itu,

        atau kalau benar mau, yah sama raja panditha aja,
        saya jadiin raja panditha sahabat saya jika dia menikah dgn ke 5 wanita yg saya tolak karena murahan, (tenang aja mas rp, cantik2 kok, hanya saja menolak wanita murahan)

        saya bersumpah, barang siapa menikah dgn 5 wanita murahan ini, (mereka ber5 ini berteman baik.) Maka dia akan menjadi sahabat saya (saya sangat pemilih dalam memilih teman), khusus 1 orang pria..

        Pak sby, jika mau jadi sahabat saya, nikahilah ke 5 wanita itu, (anda pasti tau siapa mereka, dan terserah cara anda gimana, anda mau paksa atau mau kasih uang yg buanyak terserah)

        saya adalah pria sejati, dan pria sejati tidak akan ingkar janji.

  3. Ohw begitu yach, ternyata wanita murahan anti polygami yach, bgus deh..
    Semoga wanita murahan mendapatkan suami yg tidak berpoligami dan setia sampai mati,

    • Wanita Murahan

      Pengennya kaya Romy dan Juli,,,,,sehidup semati…..walau murah tp cespleng lho mas!hahaha

      • Kalau pak beye sudah berhasil membujuk mereka untuk menikah dgn pak beye, jangan lupa undang saya pada hari pernikahan pak beye, saya bersedia datang.

        kerahkan seluruh kemampuanmu pak beye untuk merayu (jika tidak bisa, paksa) mereka agar mau menikah dgn mu pak, siapkan seluruh guru spiritualmu, dan berikan mereka uang puluhan milyar,rumah super mewah dan mobil mewah sebagai mas kawin, aku bantu doa pak beye.

        Jika tidak, nasibmu akan dilengserkan dgn sangat memalukan, jika ingin selamat, nikahilah mereka. Karna mereka memegang wahyu keselamatanmu pak beye,

  4. Jika hanya mampu menikah cuma 4 wanita, perjanjian batal,

    mau ga pak beye, jadi sahabat saya selamat dunia akherat, hahahahay,

  5. Saya tidak menghina perempuan secara umum, tapi secara khusus! Khususnya wanita yg sok suci, sok baik, sok alim, sok pinter dan sok-sok an lainnya,(padahal kenyatan berkebalikan) apa salah saya berdoa dgn tata bahasa saya seperti itu, kita bebas berdoa dgn bahasa/kata2 kita dan doa apapun. Dan jujur saya katakan/beritahukan saya memang tulus berdoa seperti itu. Saya berdoa agar allah swt menjauhkan saya dari terhina karena wanita, apalagi karena wanita murahan.

    Sebaik-baiknya lelaki Adalah yg paling baik kepada wanita,

    karena dari itu, saya tidak mau menikah atau berjodoh dgn wanita murahan, karna berusah menjadi suami terbaik buat istri dan menjadi ayah yg terbaik buat anak2 saya nanti,
    saya tak pernah sekalipun menelanjangi/membuka aurat wanita/pacar saya. Dan saya berharap allah memberi saya wanita yg tidak pernah menelanjangi/membuka auratnya didepan siapapun? Kecuali suaminya yg sah. Itu saja..

  6. Lagu ini memang mantap didengarkan oleh seseorang yg akan menikah. Jika belum ada niat lebih baik jangan karna bikin sakit hati.

    http://www.youtube.com/watch?gl=US&hl=id&client=mv-google&v=_Ry_uA3Ue9M

  7. @ All,

    Sugeng dalu sedanten, berbicara mengenai gender memang tak ada habisnya, dan kemarin saya sedikit ikutan komentar tentang ‘femisnisme’ di blog kangmas Kafil Yamin seorang jurnalist internasional.

    http://kafilyamin.wordpress.com/2012/05/13/feminisme-gender-dan-islam/#comment-263

    Salam manis,

    Dewi

  8. 🙂 …ngguyu dhewe…🙂

  9. 🙂😉😉

  10. 🙂🙂 mboten kesupen🙂🙂

  11. Ning Dewi mangga dihaturkeun ngadangu lagu abdi resep eui…🙂

    • Hatur nuhun akang Senyum, lagunya enak sekali sayangnya saya tidak mengerti bhs sunda… tetapi musik adalah bhs universal, sekalipun tidak mengerti artinya, saya bisa merasakan lagunya luhur, agung dan romantis sekali :)…

      What is ‘kalangkang’?… tolong dong sekalian kupas artinya :wink:…

      • TERJEMAHAN BEBAS KALANGKANG … penyanyi NINING… mbakyu nopo teteh hihihi?
        Kalangkang (Bayangan) dudu njengkang njengking nggih…

        Mungguhing dina impenan (Bertumpuk di impian… terbayang di mimpi selalu uh uh uh)
        geuning sakitu deudeuhna (Ternyata begitu sayangnya… gak ku ku)
        kanyaah nu wening bersih (Kasih sayang yang bening bersih… suerrrrr)
        satia jadi kakasih (Setia menjadi kekasih… wis yakin nopo?)

        Mungguhing dina impenan (Bertumpuk di impian… kebayang tiap hari di awang awang.. huadohhh eh huenaaak)
        geuning sakitu leahna (Ternyata begitu penurutnya… opo iyo?)
        pameunteu marahmay manis (Wajah berseri muanisss… nuemen hihihi)
        teu isin ka ambung damis (Tidak malu dicium pipi.. baru pipi. biasalah… biasa gicu loh uenak tenan krenyes krenyes)

        Rambut panjang nu ngarumbay (Rambut panjang yang tergerai…)
        disangka panangan ngambay (Seperti lengan melambai.. rayuan maut daun kelapa)
        lalaunan raray tanggah (Perlahan muka menengadah… lagi kepingin anu…)
        rangkulan karaos pageuh (Berpelukan terasa tak bisa/ingin dilepaskan… kadung gandrung.. nggih piye…hihihi)

        Luhur pasir tepung deudeuh (Tinggi pasir bertaut sayang) (mempertautkan jiwa hihihi)
        perlambang asih nu mekar (Perlambang kasih yang mengembang)
        kabagjaan nu duaan (Kegembiraan berduaan… ajiiiibbb)
        nu duaan (Berduaan… ati ati setan adu adu..hehehe)

        Hanjakal.. hanjakal teuing (Menyayangkan…. menyayangkan… mbuh wis ora weruh… )
        endah ngan ukur kalangkang (Indah mung hanya bayangan)
        harepan.. harepan diri (Dambaan… dambaan salira / kuuuuuu iya… mu jugakah?)
        sing nyanding jeung kanyataan (Mugo mugo ndang rabi dadi kenyataan) wkwkwkwk

      • @ Senyum,

        Haturnuhun telah menjadi guide penerjemah untuk lagu Nyimas Nining Meida :)…

        Hmm, so sweet, kirain ‘mungguhin dina impenan’ itu artinya ‘nungguin hari impian’ eh ternyata ‘terbayang di impian’ )…

        Sungguh terasa ayem tentrem mendengarkan lagu ini, apalagi udah tahu artinya… teu isin ka ambung damis… krenyess… krenyess :wink:…

      • maturnuwun ning Dewi atas apresiasi pada terjemahan bebasnya, mung ono siji penjalukankyuuuuu ning, nyuwun tulung tusuk kondenya dilepas yo ning, biar tampak lebih sesuai dengan lagunya yaikyuuuu rambut panjang melambai bebas tak ada yang “njendel” di kepala… mumpung hari ini lagi ulangtahun eh tahun baru 1 Suro… sekali sekali boleh yo ning dibebaskan dari tusuk kondenya,,, wis ben memper karo lagune, rambut panjang tergerai bebas lan pikiranpun akan ikut terbebas juga loh ning… mosok dandanane terus2an diwenehi tusuk konde kemawon taunan mbakyu mbakyu eh ning ning… bosen ahhh…. wis gek ndang dicopoti tusuk kondene nggih, aku pingin weruh ayune koyok opo toh ning Dewi iki….🙂🙂🙂

      • kalau njenengan yang melepaskan tusuk kondenya gimana? :wink:…

        hmmm… emmm, nggak tak harus bilang apa, kok tahu sih saya suka ‘menggelung’ rambut… jadi isin saya, tapi saya nggak pernah pakai tusuk konde, sederhana saja, biasanya habis keramas di urai, ntar kalau udah kering di sisir rapi trus di gelung lagi :)…

        tapi saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya, saya hanya perempuan biasa yang kebetulan jarang dandan dan nggak bisa dandan, jauh sekali dari kesan wong ayu seperti yang ada di kalangkang… suatu saat jika ada perjumpaan, semoga tidak membuat kecewa saja :)…

      • ‘nggak tak harus bilang apa’… eh sorry, salah ketik…

        maksutnya: ‘nggak tahu harus bilang apa’…

      • matursuwun ning diparingi ajang ombo ngudari tusuk kondene nggih (ngudari???… hihihihi)… njendel kuwi ora enak… kanggo turu nyanthol wae… ora ayem jenjem yen ngganggo tusuk konde terus ning, leres ning, mending digelung wae gampang ngudarine lan bisa cepet kramase, tusuk konde ora ilok dienggo terus, mengko nyocak nyocok nang tangan karo sirae awake dhewe…🙂🙂🙂

  12. MUsik kecapi… resep pisan eui…🙂

  13. ih ih ih kangen tanah pasundan…🙂

  14. Lah niki sing paling cecek ning manah kulo lan sedulur… tembang sak liyane niki monggo diapus kemawon yen sampun dipirsani lan mboten remen… yen sing niki sampun dibusek nggih… plissss…🙂🙂🙂

    • @ Senyum,

      Hujan dan gerimis bbrp hari mengguyur desa mungil ini, pilek hidung meler tenggorokan alergi menyerang, udah minum obat beli di warung belum bisa sembuh, udah saya buat mondar-mandir, beraktivitas plus bersih2 rumah, masih belum baikan, minum obat china ‘khek wan’ baru sedikit reda :)…

      Terima kasih pencerahannya tentang risalah film kehidupan, dan… tentang lagunya cak Dikin ini… kalau boleh tahu di tujukan pada siapa ya?… lha di sini banyak dewi jeeee… dewi yull, dewi gita apa dewi persik… xixixixixi…

      @ Manusia Terkutuk,

      Terima kasih untaian puitisnya, jadi ingat teori kromosom gen x dan y, sejatinya tak ada itu wanita 100% pun lelaki 100%, karena baik wanita ataupun laki2 memiliki gen yang sama, yang membedakan hanya jumlah kromosom x dan y nya saja.

      karena seorang baik anak laki2 maupun perempuan akan selalu mewarisi sifat gen pembawaan dari kedua orang tuanya, bapak dan ibunya :)…

  15. ”Apalah artinya pria tanpa perempuan dan apalah artinya perempuan tanpa pria, apabila ada pria yg menghina perempuan berarti ia telah menghina derajatnya sendiri sebagai pria sebab perempuan adalah bagian dari pada pria sebagaimana yg telah tertulis di dalam Kitab Suci. Dan juga apabila ada pria yg menggangap atau menyatakan perempuan sebagai mahluk yg lebih rendah derajatnya dari pada derajatnya pria maka pria tersebut telah menista ibunya sendiri sebab seorang ibu adalah perempuan”

    by;arjuna gendeng

  16. Ku lihat ada bidadari menemani sosok wanita yang sedang hening semedi atau sedang merenung sedih… ku tak tahu pasti karena tampak samar oleh turunnya salju putih di depan mataku…🙂

    • For;Senyum. Senyum-mu nakal ya… senyum-mu telah menggangu tidur-ku, bahkan posisi menantang-mu telah membuat aku tergiur untuk menantangnya.🙂

      kalau boleh tau nama aslinya ki.senyum siapa ya? biar bisa aku joss kayak extra joss. wkwkwk…
      Salam piss and love.

  17. RISALAH KISAH, URUTAN NASKAH FILM KEHIDUPAN:

    Dalam renungan PENGEMBARAAN JIWA, dalam kenyataan suasana hening yang diinginkan memang akan sulit tercapi dan tak kan terlepas dari faktor internal dan eksternal itu, maka pemilihan waktu yang tepat mendapat keheningan itu berbeda di tiap manusia, salah satunya adalah di saat malam, lembaran kain satin putih bersih terpampang seluas luasnya siap untuk dituliskan dan setelah penulis menuliskan maksud dan tujuan kain putih itu siap dibaca atau diambil maknanya oleh sosok makhluk untuk dibawa ke Sang Pemilik, akan tertampak di kain satin itu apa yang diinginkan diharapkan direncanakan manusia atau seseorang itu. Apakah rencana itu akan sesuai rencana? siap saja dengan UJIANnya… hihihihi

    Disaat malam itu atas izin Allah maka malaikat dan ruh2 suci turun untuk menemani juga membantu manusia2 yang ingin mencapai cita citanya. Panggilan menyebut Asma Allah sebanyak banyaknya, tentu agar para malaikat dan ruh suci atas izin Allah mendatangi para manusia penyeru itu membawa tulisan hati sang penulis di kain satin itu… siapa tahu TULISANnya sangat bagus dan cepat diwujudkan oleh sang pemilik UJIAN untuk sang penulis agar mendapatkan rumus atau jawaban biar lebih cepat lebih baik. Ya berharap dapat CONTEKAN dari pemilik UJIAN hihihihi

    Walau kita telah menuliskan maksud hati di kain satin itu, sering kita juga merasa betapa lelahnya kita untuk menjalani kehidupan ini, peristiwa yang terduga maupun tak terduga, sengaja atau tak sengaja yang dibuat sendiri atau akibat orang lain atau peristiwa lain, dll hanyalah semata mata UJIAN dari SANG PEMILIK UJIAN. Hadapi gaya Bruce Lee, berdoalah agar kuat menghadapi UJI NYALI yang SEMAKIN BERAT kehidupan ini. Ciaaaat…

    Sering kita mengeluh atas UJIAN itu dan mengatatkan ketidak-adilan karena UJIAN HIDUP itu. Bahkan kita sangat sangat ingin meninggalkan ujian itu karena kita menganggap UJIAN itu berat tidak fair dan tidak menguntungkan dan atau tidak membawa kenikmatan kepuasan kebahagian dll nya. Sehingga terlintas TERBERSIT keinginan untuk mencari yang baru dan meninggalkan UJIAN yang lagi dihadapi itu. Padahal sejatinya mencari yang barupun akan menghadapi UJIAN baru pula, dan UJIAN sebelumnya dinyatakan tidak lulus bukan?. Dapat nilai F.. hihihi mau ngulang?

    Apapun jabatan atau status hidup atau strata ekonomi dlsb manusia itu di dunia ini adalah hanya sebagai media untuk tiap manusia menerima dan menjalankan UJIAN… Semua manusia sehat sakit, yang gagah atau disabilitas, bentuk ganteng imut amit amit, wong ndableg atau wongalus (wongalus? raden? atau pangeran? atau prof doktor anu? mboh wis…hihihihi) dlsb itu akan hidup dengan tanggung jawab dan peran masing2 dan akan tak terlepas dari menerima UJIAN KEHIDUPAN. Tak terkecuali..

    Sang Maha Mencintai itu akan selalu memberi UJIAN pada makhluk atau hambanya tanpa terkecuali karena CINTAnya kepada HAMBANYA, jadi jangan takut menghadapi UJIAN itu. Anggap saja itu PEMBERIAN CINTA dari KEKASIH….. Karena CINTA ALLAH itu TAK ADA BATASnya buat semua makhluknya. So, kenapa Takut pada UJIAN KEHIDUPAN? jangan takut salah benar, toh salah benar nya manusia yang sedang diuji ini Allah pun sudah TAHU karena DIA MAHA TAHU bukan? So, jalani aja peran masing2… jangan jadi ayam sayur jadilah ayam petarung… sampai matipun jalani saja diarena sabung ayam… hihihihi

    Merantau atau mengeksplorasi diri di dalam pikiran dan hati mencari ilmu itu janganlah dibatasi dan hanya sekeliling hidup kita saja, tapi seluruh ALAM SEMESTA RAYA ini boleh dipelajari (tampak dimata atau yang GHAIB itu), belajar menjalani UJIAN dengan PENUH KESABARAN dan SEPENUH HATI walau UJIAN tambahan jg pasti ada seperti rumitnya ujian urusan rumah tangga jagat kecil itu (kisah bukan bang TOYIB hihihi), teringat sabda Nabi, belajarlah sampai ke negeri Cina, karena di mata Allah kita semua hambanya ini bak ANAK SEKOLAHAN saja yang harus menerima mata pelajaran kehidupan. Wis yo sakmono wae ndongenge… matur suwun nggih… ojo MRINGAS MRINGIS mengko untune garing…

    Hanya intermeso saja… tulisan yang gak terlalu penting… anggap saja iseng iseng berhadiah.. hihihihi

    • Maaf tambahan keterangan, RISALAH FILM ini bermula dari lagu dan musik Night in white Satin sampai cinta kasih di sekolah. Lagu film yang lain tidak atau tidak perlu diba HAHAHAHA has… masalahnya masih malu malu….🙂🙂🙂

  18. Hai Manusia Terkutuk…

    Berani menanyakan nama lawan main, harus berani menyebutkan nama sendiri terlebih dahulu… itu baru fairplay… h h h h h….

    ibarat berkenalan, kenalkan namamu terlebih dahulu, baru si dia akan memeperkenalkan namanya dan dirinya… h h h h…

    • For;Fairplay. Oi… Fairplay, siapakah diri-mu? wong aku mau kenalan sama ki.senyum kok, malah kamu yg nyaut!? o o o o o…

      ibarat berkenalan, kenalkan namamu terlebih dahulu, baru si dia akan memeperkenalkan namanya dan dirinya… h h h h…
      ———————————————————————————————————— ibarat, apanya yg ibarat ya? o o o o… ya ya ya ya… wkwkwk…

  19. Daripada ribet ribut.. mending dengar lagu aja ahhh… 🙂

  20. Selamat… hmmm selamat hari PEREMPUAN dan hari IBU… semoga para IBU juga IBU PERTIWI selalu BERBAHAGIA SELALU dan SEMAKIN BESAR KASIH SAYANGNYA pada umat manusia…🙂

    • @ Senyum and All,

      “Sesungguhnya semua kaum wanita adalah ibu dari seluruh umat manusia” :)…

      Kulo ugi sami tumut bagyo ngaturaken Sugeng Dinten Ibu :)…

      ~Happy Mother`s day~

      I wish them a very happy mother`s day, not just in this day but everyday :)…

      ~Selamat Hari Ibu~

      Dengan bahagia saya ucapkan selamat hari ibu, tidak hanya untuk hari ini saja, tetapi untuk setiap harinya :)…

      Salam rahayu,

      Dewi

  21. Seharusnya lelaki wanita punya hak dan kewajiban yang sama dan sejajar.. hidup berdampingan.. berdiri sama tinggi duduk sama rendah… saat tidur berpasangan boleh diatas boleh dibawah… sama saja enaknya

  22. hanya ingin mengucapkan… terimakasih…
    youtube.cm/watch?v=4_qkY

    • mbokku=ibu pertiwiku=bumiku… mugi mbokku mboten dukito.. ningali tiang ingkang mboten saget ngaturake matursuwun, ingkang ati lan pikiranne benten katresnane marang mbok’e…

  23. Luar biasa leluhur nusantara, memberikan predikat mulya pada ciptaan Tuhan yang diberi predikat per~EMPU~an… “EMPU” pada tafsiran yang lebih mendekati akal adalah yang mempunyai karya agung (= ilahi) dengan fokus pada “rahim”. “EMPU” = dipersamakan dengan memiliki “RAHIM” yang bermakna rahasia keilahian di mana kita semua pria dan wanita “menikmati” keilahian tak terbatas dalam 3 hal praktis, yaitu 1. keilahian tak terbatas dalam kontekstual perlindungan seseorang sejak terjadi pembuahan “sperma dan indung telur”… 2. Keilahiman bahagia tak terbatas ketika setelah 9 bulan 10 hari kita semua lahir ke muka bumi ini. 3. Keilahian nikmat tak terbatas, ketika pasangan suami isteri melakukan hubungan kelamin… Rasa nikmat ilahi yang tak dapat diterangkan oleh akal sehat… Itulah sekelumit “EMPU” = RAHIM = INTISARI DARI JAGAD KECIL pada makluk yang disebut “per~EMPU~an… salam Nusantara

  24. yg mrendahkan wanita brarti lupa diri, trkena penyakit laline urip.

  25. Selamat Datang di Website OM AGUS
    Izinkan kami membantu anda
    semua dengan Angka ritual Kami..
    Kami dengan bantuan Supranatural
    Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
    Mengagumkan…Bisa Menerawang
    Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
    Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
    Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
    dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
    Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
    dengan sangat Membutuhkan
    Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
    OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
    dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

    Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
    berada Di blog yang sangat Tepat..
    Kami akan membantu anda semua dengan
    Angka Ritual Kami..Anda
    Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
    Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
    Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D

  26. Sak nakal2wong wedok murahan karo wong lanang murahan isek tetep duwe roso pengen di sayang lan di tresnani marang liane,,,,
    Gk enek bayi lahir trus due cita2 dadi lonthe sembang i mesti ono sebabpe,, duduk biyen sopo tp mbeaok e dadi opo kui seng penting,,mantan iki mantan iku mong dadi bijine uwong arepe di cap apik opo elek gk dadi masalah wong gusti seng moho suci seng bakal mulyane sopo2 umate
    Rahayu

  27. kalian luar biasa…….

  28. Empu= milik
    Ini empunya siapa?
    Perempuan
    Permilikan
    Siapa yg memiliki tentu orangtuanya
    Sehingga perempuan itu tepatnya buat yg belum akhil baligh atau belum berumahtangga
    Anak perempuan dari
    Siswa perempuan
    Wanita=wanito=wani ditoto=berani diatur
    Oleh apa? Aturan norma kaidah yg berlaku
    Dengan teratur wanita itu memiliki martabat yg tinggi melebihi perempuan
    Bila dlm bhs inggrispun
    Wanita itu woman
    Perempuan itu girl
    Ini perbedaannya kemana kata itu lebih tepat digunakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: