HARTA, TAHTA, WANITA

Ketiganya adalah anugrah terindah manusia
Namun bisa menjadi musibah yang paling memilukan

Inilah foto Kerajaan Kelantan yang menghebohkan berkaitan dengan kasus “skandal dan kekerasan” yang dilakukan kepada seorang WNI Indonesia bernama Manohara,  seorang seniman asal Makassar,  masuk ke dalam sangkar emas.

 

Seperti biasa, jatuhnya kehormatan manusia yang mengklaim diri sebagai makhluk paling mulia justru tidak jauh dari kasus klasik yang mencakup 3 hal : harta, tahta, wanita. Kemuliaan manusia bukan diukur karena punya akal budi. Tetap saja ukuran kemuliaan adalah perbuatan kita sendiri,  terutama perbuatan kepada sesama. Akal budi dapat membawa manusia kepada kemuliaan hidup di dunia maupun di kelak setelah ajal.  Sebaliknya oleh akal budi pula manusia bisa menjadi makhluk paling hina di planet bumi ini. Akal budi bisa merencanakan memanifestasikan nafsu/hawa negatif, sebaliknya bisa pula mendukung artikulasi hawa positif.   

Untuk membangun sikap eling dan waspada, terutama difokuskan pada 3 hal yang paling krusial yakni : harta, tahta, wanita. Semua itu bagaikan anugrah “permata” dunia, namun bila kita tidak hati-hati serta eling dan waspada akan menjadi salah kelola dan berubah menjadi malapetaka bagi kehidupan manusia. Ketiganya dapat menjadi anugrah madune jagad, dengan syarat bila kita mampu mengelola dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya bila gagal mengelola dengan baik  dan cara yang  tepat akan menjadi malapetaka paling dahsyat di muka bumi.

Tahta bisa membuat seseorang gila, membunuh, menghancurkan. Ratusan caleg gagal lalu mengalami stress, gila, bunuh diri, terlibat kasus uang panas, semua karena demi mengejar kekuasaan dan uang. Yang berhasil menjadi wakil rakyat, banyak yang singgah di “Hotel” Prodeo gara-gara harta. Banyak pula pemimpin negara yang jatuh gara-gara masalah skandal seks. Banyak pengalaman bisa dijadikan pelajaran berharga, namun nafsu manusia selamanya tak pernah kunjung padam. Latihan mengendalikan nafsu negatif, belajar bersabar, belajar ikhlas adalah mata kuliah manusia yang tak pernah usai sepanjang ia masih dibalut raga.

 

Gerbang Pribadi

Gerbang Pribadi

Rumah Raja Kelantan Kota Bahru

Rumah Pribadi Raja

Pusaka Andalan Kerajaan Kelantan

Pusaka Andalan Kerajaan

Jalan Kecil Menuju Rmh Sangkar Emas Manohara

Jalan Kecil Menuju "Sangkar Emas" Manohara ?!