Harta, Tahta, Wanita

HARTA, TAHTA, WANITA

Ketiganya adalah anugrah terindah manusia
Namun bisa menjadi musibah yang paling memilukan

Inilah foto Kerajaan Kelantan yang menghebohkan berkaitan dengan kasus “skandal dan kekerasan” yang dilakukan kepada seorang WNI Indonesia bernama Manohara,  seorang seniman asal Makassar,  masuk ke dalam sangkar emas.

 

Seperti biasa, jatuhnya kehormatan manusia yang mengklaim diri sebagai makhluk paling mulia justru tidak jauh dari kasus klasik yang mencakup 3 hal : harta, tahta, wanita. Kemuliaan manusia bukan diukur karena punya akal budi. Tetap saja ukuran kemuliaan adalah perbuatan kita sendiri,  terutama perbuatan kepada sesama. Akal budi dapat membawa manusia kepada kemuliaan hidup di dunia maupun di kelak setelah ajal.  Sebaliknya oleh akal budi pula manusia bisa menjadi makhluk paling hina di planet bumi ini. Akal budi bisa merencanakan memanifestasikan nafsu/hawa negatif, sebaliknya bisa pula mendukung artikulasi hawa positif.   

Untuk membangun sikap eling dan waspada, terutama difokuskan pada 3 hal yang paling krusial yakni : harta, tahta, wanita. Semua itu bagaikan anugrah “permata” dunia, namun bila kita tidak hati-hati serta eling dan waspada akan menjadi salah kelola dan berubah menjadi malapetaka bagi kehidupan manusia. Ketiganya dapat menjadi anugrah madune jagad, dengan syarat bila kita mampu mengelola dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya bila gagal mengelola dengan baik  dan cara yang  tepat akan menjadi malapetaka paling dahsyat di muka bumi.

Tahta bisa membuat seseorang gila, membunuh, menghancurkan. Ratusan caleg gagal lalu mengalami stress, gila, bunuh diri, terlibat kasus uang panas, semua karena demi mengejar kekuasaan dan uang. Yang berhasil menjadi wakil rakyat, banyak yang singgah di “Hotel” Prodeo gara-gara harta. Banyak pula pemimpin negara yang jatuh gara-gara masalah skandal seks. Banyak pengalaman bisa dijadikan pelajaran berharga, namun nafsu manusia selamanya tak pernah kunjung padam. Latihan mengendalikan nafsu negatif, belajar bersabar, belajar ikhlas adalah mata kuliah manusia yang tak pernah usai sepanjang ia masih dibalut raga.

 

Gerbang Pribadi

Gerbang Pribadi

Rumah Raja Kelantan Kota Bahru

Rumah Pribadi Raja

Pusaka Andalan Kerajaan Kelantan

Pusaka Andalan Kerajaan

Jalan Kecil Menuju Rmh Sangkar Emas Manohara

Jalan Kecil Menuju "Sangkar Emas" Manohara ?!

 

 

  1. Biku Dhamma Rajamunyuk

    Bhikku Dhammaraja sialan..ngejunk terus. Uwonge ya kuwi2 wae wkkwkk

    Tenang ku, semanis apapun yg biku beri nyong rasakan pahit. Dengan kelakuanmu, ku biku, biku semprul, yg ngejunk-nyampah di komentar2 nyong jd ndak bisa mengikuti komen2 tajam dan handal dari para waskita. Isinya komen ndak mutu darimu terus ku..wueekkk,,,nyong jd muntah :p

    Tapi tenang, roda dhamma berputar.

    Engkau, ku, biku gemblung, yg akan mengunduh akibatnya. Kelak engkau rasa perbuatanmu ngejunk-nyampah dimari ini ku. Enggak dirimu ya anak-turunmu ya ku…kapokmu wkkwkkk

    Tunggu saat itu ya ku, nyong turu disitlah.ngapak ya enak ora ngapak ora kepenak wkwkkkwk :D

  2. Bhikkhu Dhammaraja

    Yang membuat Satria Pinandhita menyukai istri pertamanya adalah menurutnya wajah istrinya itu tidak bisa dicari di mana-mana, karena unik. Yaitu jika dilihat, istrinya itu orang biasa tapi mirip orang cantik. Apalagi karena matanya yang bulat kecil tapi unik karena membuat mukanya jadi manis. Tapi kalau dilihat sambil jalan, tidak kelihatan. Mungkin sp lebih melihat batinnya saja.
    Demikianlah bagaimana setiap manusia saling tertarik satu sama lainnya melalui penilaian baik fisik maupun batin dimana timbul kemelekatan akan fisik atau batin tersebut untuk dimiliki. Baik secara dirikecil maupun DiriBesar, tujuankecil atau tujuanmulia.
    Yang jelas setelah kerasukan Dewi Parvati kelak, istri sp akan berubah jadi cantik dan manis.

    • Bhikkhu Dhammaraja

      Ada orang yang bertanya, “bagaimana biasa tapi mirip orang cantik itu?” Entahlah sp itu kurang mengerti saya, istrinya tampak biasa.. tapi mirip orang cantik. Tapi gak bisa dikatakan cukupan. Ia biasa.. tapi mirip orang cantik.
      Demikianlah.

      • Bhikkhu Dhammaraja

        Kata sp, “ia memiliki senyum terindah di dunia.” dan serasi kalau berdiri bareng dengan sp, sehingga sesuai kitab jayabaya, “orangnya tampan, senyumnya manis sekali.”

      • Bhikkhu Dhammaraja

        Meski istri sp memiliki senyum yang indah tapi sp melarang istrinya memakai cadar, karena tidak perlulah sombong begitu. Kesombongan cuma milik Allah, dan karena muslimah ingin jatidirinya sebagai Allah maka jadilah para muslim dan muslimah sombong-sombong.

        Istri sp juga memiliki rambut yang bagus, tapi sp juga melarang ia memakai jilbab. karena sekali lagi, tidak perlu sombong.

  3. Bhikkhu Dhammaraja

    Hubungan capres ketujuh Satria Pinandhita dan calon istrinya masih belum jelas. Kadang ia mengemis di tempat tertentu, lalu saat calon istrinya mengemis disitu, ia pindah mengemis di tempat lain. Saat calon istrinya mengikuti, ia kembali beralih tempat, sehingga calon istrinya berkata, “eh jangan begitu, kalau begitu caranya urusan kita gak selesai-selesai mas.”

    • Bhikkhu Dhammaraja

      Kadang saat Satria Pinandhita agak lelah mengemis, ia beristirahat sejenak untuk makan minum, hingga calon istrinya berkata, “aih, begitu saja pusing.”

  4. Bhikkhu Dhammaraja

    Seperti halnya Paulus anakbuah Pemuda Berjanggut yang heran kenapa pemuda berjanggut sampai miskin sehingga disebut Ratu Amisan, orang lain pun heran kenapa begitu.
    Dulu sebenarnya SP memiliki uang yang banyak, tapi jinnya sering mengarahkan uang itu pada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu. Jinnya berkata, “kita perlu sewa kost ini agak lama.” Lalu belum selesai jinnya kembali berkata, “aku lapar, aku perlu cewek, mari kita ke surabaya.”
    Kadang masuk tokobuku, jin sp menunjuk globe yang bagus dan berkata, “kamu perlu globe itu.” SP berkata, “tapi memimpin dunia masih lama.” Jinnya berkata, “globe itu bagus, beli globe itu.” akhirnya banyak barang sp tidak bisa dibawa saat pindah kost.

    Memiliki jin memang bagus, tapi kadang sp bertanya pada jinnya, “itu kamu suruh beli ini, beli itu, kita sudah banyak boros ini.” Jin sp berkata, “kita orang kaya, perlu hidup cara orang kaya.” Akhirnya sp jatuh miskin dan harus tinggal bersama para pengemis.
    SP tidak marah pada jinnya, cuma ia berkata, “aku takut orang akan mengira aku tak punya manajemen finansial yang bagus. Itu karena kamu suruh ini itu. Aku sudah mengikuti suara hati, tapi kok suara hatiku membuat aku miskin.”
    Jinnya tak berkata apa-apa.

    • Bhikkhu Dhammaraja

      Akhirnya sp tiba di perkumpulan pengemis (“anak-anak gembala” – uga wangsit). Paulus mengenalkan diri, “boleh saya duduk di emperan ini, bang?”. sp bertanya apa pekerjaannya, Paulus menjawab, “tidak bekerja bang, cuma mengemis.” Paulus menunjuk 5 temannya, “saya biasanya mengemis, sedangkan mereka tukang buat rusuhnya.” Kelima temannya memandang Paulus seperti berpikir, “apa maunya?”

  5. salam sayang dari MBAH SETAN…

  6. Bhikkhu Dhammaraja

    Namo Buddhaya,

    Dalam pelajaran agama Buddha, segala sesuatu itu tidak ada artinya. Misalnya saja, sabdo langit, ia dicintai istrinya karena sehat walafiat. Tapi kalau ia tidak waras belum tentu dicintai.
    SP sewaktu masih muda dan gagah dulu tidak mencari wanita untuk dipacari tapi cuma ke pelacur saja, karena sesuai agama buddha yang ia pelajari bahwa tentunya segala sesuatu adalah kosong. Jika orang menyukainya pasti karena dirinya yang alim, atau baik hati. SP tidak suka disukai karena baik hati. Begitupula jika ia bertemu wanita yang jahat ia juga tidak suka jika disukai karena ia juga jahat.

    Sewaktu ibu Parvati mendatangi sp, ia bertanya, “anda kerja dimana?” SP menjawab, “komputer.” Saat ibunya memberitahu hal itu pada Parvati, Parvati berkata “ibu tidak usah bertanya dimana ia bekerja karena aku tidak melihat orang dari pekerjaannya.”

    SP juga memiliki banyak kekurangan secara fisik tapi Parvati tetap setia pada SP dan berkata, “aku tidak menilai orang dari ketampanannya.”
    Singkatnya istri sp mencintai sp seperti apa adanya.

    Semoga seluruh makhluk berbahagia,
    YM Bhikkhu Dhammaraja Mahathera, Vihara 10.000.000 Buddha

    • Bhikkhu Dhammaraja

      “Orang awam memuji aku karena aku baik hati, sering meditasi, dst… dst… dst…. Mereka memandang aku untuk hal-hal remeh yang aku kerjakan tapi tidak memandang aku atas hal-hal yang lebihbaik yang sudah aku kerjakan, yaitu aku mampu menilai semua pandangan benar dan salah yang ada di dunia.” – Buddha, Brahmajala Sutta.

  7. Bhikkhu Dhammaraja

    Maaf, jika saya boleh berpendapat penempatan istilah “harta, tahta, wanita” secara bersama dan selalu adalah tidak tepat, karena tidak semua pria membutuhkan ketiganya. Cuma raja mungkin, tapi raja yang mengerti dhamma juga tidak akan menyusun kalimat seperti itu secara ia meanggap “tahta” cuma kebutuhan sekunder.

    Hubungan capres ketujuh sp dan istrinya memang didasari saling membenci tapi mudah lenyap dan berganti cinta kembali. Hal ini tidak ditemui sp pada wanita lain yang selalu cuma saling membenci.

    Hal inilah yang mendasari anggapan bahwa keduanya kelak akan memerintah negara secara baik. Meskipun sp pelaksananya dan istrinya cuma semangatnya saja.

  8. Bhikkhu Dhammaraja

    Beruntunglah karena sp itu adalah tokoh yang sedang dibahas di blog ini, sehingga kita bisa berdiskusi akan itu.
    Calon istri sp pun tidak punya keinginan untuk memutus hubungannya dengan sp. Kenapa demikian, karena dialah yang meminta rokok dulu. Jadi ia merasa bertanggungjawab.
    Ia berkata pada anak gembala lain, “cuma karena kuminta rokok ia jadi jatuhcinta.” lalu dijawab anak gembala tersebut, “ahai, baru itu.”

    • Bhikkhu Dhammaraja

      Telinga Buddha saya mendengar orang berkomentar dalam hati, “gimana tuh rasa jatuh cinta.”
      Sulit saya menjelaskan dikarenakan saya seorang bhikkhu yang berlatih tanpa perasaan, silakan tanyakan pada teman-teman lain yang telah mengalaminya, tapi pastikan anda mendapat jawaban akurat, bukan jawaban asal.
      Kalau menurut saya cinta samasaja nilainya dengan jenis perasaan suka lainnya. Cinta itu adalah ……. terhadap ….. Adapun kenapa tidak terasa karena tidak ada fokus tapi termainkan perasaan, berbeda saat main game misalnya masih ada fokus sehingga bisa dimengerti itu sih biasa saja. Biasa saja cinta itu.

  9. Bhikkhu Dhammaraja

    “Isih timur kaceluk wong tuwo” – Jangka Jayabaya.
    Sp dan istrinya dinyatakan masih muda tapi wajah keduanya itu muda tapi juga kelihatan tua, dan itu bukan disebabkan karena berisi roh tua.

    SP saja heran melihat wajah istrinya, “ini muda atau tua.” Tapi akhirnya ia berkesimpulan itu wajah yang muda.

    calon istrinya ditanya oleh saudaranya, “mau kamu dengan orangtua?” tapi maksud pertanyaan itu baik. dijawab oleh mary, “ia muda tapi tua, ia awet muda.”

  10. Bhikkhu Dhammaraja

    “Karsaning hyang sukma akarya buwana balik, Tuhan membalikkan keadaan Ratu Tedhak Amisan dan menjadi raja yogya yang baru berjuluk Sultan Herucakra.”
    Tiga tahap metamorfosa tubuh sp:
    Lv1: Mirip Batara Narada (sp botak dan atletis, juga kaya).
    Lv2: Mirip Batara Ismaya (sp seperti tua, dan miskin).
    Lv3 final: Mirip Batara Guru (sp akhirnya berubahwujud tampan, kaya, dan bijak).

    Tidak ada lagi sultan hamengkubuwono, akan dilengserkan oleh Sultan Herucakra, julukan baru sp setelah kawin.

  11. Bhikkhu Dhammaraja

    Sejak sp bertemu Parvati, Durga merasa tidak enak juga dianggap jahat. entah cemburu atau bagaimana, diketuknya dada sp yang berisi jutaan jin agar sp bisa menggunakannya. sekaligus menyambung trisula veda, agar utuh.
    Ya trisula veda memang tidak bisa keluar jika tidak disambung Durga.
    Sebagian dengan sp, sebagian dengan Durga, tapi kini sudah berada di sp.

  12. Perhatian seorang wanita tetap diperlukan oleh pria. Satu saat Nabi Isa melihat Mary sedang duduk dan mendengarkan pembicaran Mary dengan temannya, “bingung aku dengan anak ini. Aku tukar baju dikatakan aku punya selingkuhan, jadi aku pakai baju biasa lagi sekarang.” Nabi Isa tersenyum dan pergi, ternyata Mary mencintainya.

    Dari jauh Nabi Isa mendengar Mary menitikkan airmata, ditanya oleh Martha, kenapa menangis. Mary menjawab, “aku sedih melihat ia kekurangan, aku tak mau laki-laki yang kucintai kekurangan.” Martha menjawab, “dulu dia kaya, tapi katanya uangnya terus menyusut meski ia sudah hemat, ini semua karena kakak. Kakaklah yang membuat ia jadi begini. Tapi mungkin kelak kakaklah yang membuat ia hebat.”

    • Setelah pergi ke tempat lain, Nabi Isa bertemu Paulus yang berkata, “kita dari kemarin pengeluaran terus. Gak ada pemasukan. Ini 200 ribu untuk abang, bisa buat ke warnet.” Nabi Isa mengangguk-angguk, dan berkata, “tidak apa-apa, beberapa hari lagi ilmu dari tubuh saya akan keluar.”
      Paulus bertanya, “ilmu apa yang abang punya itu?”
      Nabi Isa meninggalkan Paulus sambil berkata, “Satujuta Gatotkaca.” Paulus tertegun.

      • “timbuling ratu adil iku ya nabi isa akedaton ing tengah-tengahing mataram.” Sampai jumpa.

      • Saya mendengar Guntur (baladewa) bicara sendiri menanggapi Paulus, “ia perlu otaknya, menjaganya tetap waras, makanya ia ke warnet meski bangkrut.”

    • Saya mendengar Guntur berkata pada saya, “bercinta itu jangan yang bikin sekarat. Seperti membuat orang kaya jadi miskin itu untuk apa..” Saya cuma tersenyum tak menanggapi.

  13. Wanita tidak berkeberatan menjadi bagian dari harta dan tahta, itu yang saya ketahui melalui pengalaman saya sebagai sp.

    Suatu hari saya mendengar pembicaraan antara Mary dan saudaranya. Saudaranya bertanya, “gak mengatakan cinta?” Mary berkata, “belum bersilat lidah buat apa.”

    Rupanya untuk bisa melakukan perkawinan dengan Mary, harus bersilat lidah dulu.
    Pantas saja Mary sering mondar-mondar di depan saya.

    Kali pertama: Diberi, pada hari pertunangan. Saya tidak mau diberi.
    Kali kedua: Hari tahun baru. Saya tidak mau ….. dengan event lain.
    Kali ketiga: Terlalu banyak orang tak sepaham dengan itu duduk bersama.
    Tiga kali lewat. Pertanda pertemuan berikut inilah yang akan menjadi kekuatan karena di pertemuan berikut inilah saya dan Mary akan bersilat lidah.

    • Menunggu hari dimana saya dan Mary akan bersilat lidah, saya mengisi waktu dengan memanggil seorang jin saya, Kiyai Santoso. untuk berdialog. Dulu jin pemberian kakek Drona ini berkata, “kalau kamu perlu aku ijaklah bumi 3 kali sambil memanggil aku.”

      Setelah sampai, Kiyai Santoso berkata, “duduk kamu, sekarang aku ceritakan.”
      Saya pun duduk bersila, tapi orang-orang lain tidak mengamati kehadiran kiyai santoso tersebut.

      Kiyai santoso bercerita bahwa sudah lama Mary mencari orang yang sesuai untuk ia punya anak dengannya. Jika ia sudah menemukan bapak yang sesuai untuk ia memiliki anak maka ia sudah menjatuhkan pilihan, sehingga tidak masalah berapa lama hubungan itu baru resmi.

      Saya mengatakan pada kiyai santoso, “ini sudah tiga kali lewat. apa sudah selesai.” Kiyai santoso menggeleng, “namanya saja ia mau kamu jadi bapak anaknya, jadi sampai berapa kali pun kamu gak kerjakan, ia selalu mengulang lagi.”
      Saya meangguk-angguk.

      Pantas saat saya pernah melihat Mary, saya melihat Mary berpikir ada gambaran, saya dan Mary duduk bersama, ditemani 5 orang anak. dan Mary tampak bahagia. Kiyai santoso dll berkata, “ya, memang kamu akan punya 5 anak dengan Mary.”

      • Setelah berterimakasih pada Kiyai Santoso, jin itu pun kembali pergi ke tempatnya, yaitu didalam bahu saya.
        Saya pun meneruskan mengeluarkan jin-jin tenaga gatotkaca untuk perang, agar saya bisa segera melancarkan revolusi terhadap yogya nantinya setelah kawin dengan Mary.

  14. Jangan salah, sebenarnya tidak semua wanita berkaturanggan baik, ada yang baik dan ada yang buruk. Dalam hal ini, istri sp yang bernama Parvati memiliki semua yang dibutuhkan sp.
    Karena sejak Parvati mencintai sp, sp selalu punya uang dan kesaktiannya bertambah. Olehkarena itu, sp memberi sejumlah uang pada Parvati, “ini untuk kebutuhan sehari-hari.”
    Sp juga berkata pada Parvati bahwa untuk sementara ia belum bisa bersilat lidah karena menunggu keduanya jago dulu. Parvati berkata pada sp, “kamu jangan baca buku ya, aku gak mau kamu baca buku tentang itu.” sp meangguk-angguk. Nantinya, saat itu terjadi itu bukan bersilat lidah lagi, tapi sudah ngamuk. Keduanya akan ngamuk di depan orang.

    • Saya baru saja kembali mencukur rambut, kebiasaan sewaktu sebagai bhikkhu dulu.
      Tapi tampaknya Parvati tidak keberatan dengan itu. Saat saudaranya berkata, “hari ini suamimu cukur rambut.” Parvati berkata keras, “biarin!”
      Saya senang Parvati suka akan penampilan saya.

      • Seperti diketahui, saya telah menjadi presiden ketujuh indonesia di bulan desember 2013, berkat dukungan surga. Tapi saya tahu anakbuah saya Paulus belum siap kalau saya katakan sekarang sudah jadi. Karena itu saya katakan saja, “satu minggu lagi saya jadi presiden dan kamu jadi menteri olahraga.”
        Paulus bersorak.

      • Yang harus saya perhatikan cuma jika sedang duduk santai harus memperhatikan siapa yang didekat saya, karena jika ada wanita duduk dekat saya, Parvati tidak menyukai itu. Karena pernah saat melihat begitu, Parvati berdiri marah, “cemburu aku.” Saya buru-buru ke sana dan berkata, “ia adalah orang asing yang tidak saya kenal.” Parvati pun mengangguk dan kembali senyum.

    • Kalau jaman dulu lelaki memberi bunga, kalau sekarang uang. Kalaupun memberi bunga, setidaknya bunga uang.

    • Saya memang berusaha memiliki uang, karena sebelumnya Parvati menitikkan airmata melihat keadaan diri saya. Ia berkata pada Martha, “aku sedih melihat pria yang kucintai kekurangan, tak semestinya ia kekurangan.” Karena itulah saya sekarang telah mengangkat diri saya menjadi Sultan Herucakra, agar Parvati tidak sedih.

    • Ilmu spiritualitas adalah ilmu artificial, dan bukan dari Tuhan. Tuhan bukannya tidak beragama dan cuma sosok spiritual. Ia beragama hindu.
      Kenapa saya katakan spiritualitas adalah ilmu artificial? karena bukan semua hal bisa ditiru (merasa bisa ditiru), seperti misalnya merasa bisa juga meditasi, bisa juga tantra. Karena istri tidak bisa ditiru. Anda tidak bisa meniru punya istri saya di istri anda.
      Istri saya satu-satunya cuma ada di saya, anda tidak mampu menirunya dengan ilmu spiritualitas. Sehingga seorang spiritualist saat melihat itu ia akan menghadapi kenyataan akan tololnya dirinya selama ini. Hahaha hahaha hahaha..

      • Ahahaha hahaha… Tuhan yang beragama hindu lalu membangun alam manusia yang beragama kristen, buddha, tao, dsb. Sesuai mau masing-masing.
        Ahahaha hahaha… spiritualist kok tidak bisa meniru istri saya ya hahaha hahahaha..

      • Hahahaha… istri saya paling cantik dan juga paling manis, paling cerdik, alam pemikirannya tidak bisa ditebak orangluar hahaha hahahaha….
        Istri saya wanita paling cantik di dunia, dalam arti sebenarnya, bukan pujian semata hahaha hahaha

      • Hahahaha para spiritualist yang beristri jelek akan iri melihat saya yang memiliki wanita tercantik dan terbaik di dunia hahahaha hahahaha…
        Sampai jumpa.

      • Kemanisan istri saya hahahaha hahahahaha waduuhh manis sekali istri saya hahahaha hahaha dia manis sekali hahahahaha

      • Waduuuhh manisnya istriku.

  15. Ki Agung Gledek Sayuto

    Istri sp yang bernama Mary adalah istri yang baik. Kenapa demikian, karena setiap kali saya capek dan menyerah (saya gemar menyerah jika sendiri, karena melihat musuh-musuh saya hobinya menang), dia selalu menghidupkan semangat saya lagi.
    Sekarang sejak beristri Mary saya punya kegemaran baru, tapi kali ini bukan nganu, nganu sudah sering kita bicarakan. dan nganu itu tetap enak. Yang saya maksud sebenarnya adalah saya sekarang menjadi gemar menang. Ya, saya gemar menang sejak kawin dengan Mary.

    • Ki Agung Gledek Sayuto

      Energy saya dan Mary membentuk suatu kekuatan yang unik yaitu bisa mengubah alam nusantara, seperti saya katakan dulu. Itulah kehebatan kami. mary sendiri gak bisa, saya sendiri gak bisa. kami kawin baru bisa.
      Yaitu apasaja situasi buruk bisa disulap jadi situasi bagus oleh mary. Hal ini berbeda bagi siapapun yang kawin dengan durga. awalnya kelihatan indah lalu .. lho.. lho kok begini. Hehehe mary memang hebat.

      • Ki Agung Gledek Sayuto

        Saya bisa mengatakan bahwa saya dan mary adalah tim yang hebat.

      • Ki Agung Gledek Sayuto

        Kepercayaan diri saya telah kembali, karena saya memiliki wanita terhebat di dunia.

      • Ki Agung Gledek Sayuto

        Seorang suami yang sedang gagal atau menemui hambatan jika dibujuk istrinya, kadang mau kadang tidak. kadang bujukan itu betul setelah dijalankan, kadang tetap gagal.
        Tapi Mary selalu membujuk dengan menyodorkan alasan yang masuk akal dan teraplikasi. Inilah yang saya suka.

      • Ki Agung Gledek Sayuto

        Meski begitu mungkin saya tetap poligami. karena banyak istri saya lainnya yang juga baik. Misalnya Ken Umang yang pernah hidup sebagai Setyawati. itu baik sekali orangnya, dan memang setia. Kalau dia lahir lagi jadi manusia, saya sulit menolaknya.

      • Ki Agung Gledek Sayuto

        Sebagai bhikkhu cyborg dulu mudah menolaknya, sebagai manusia cyborg sekarang sulit menolaknya.

      • Ki Agung Gledek Sayuto

        Telinga Buddha saya mendengar seorang komentator berkata, “sulit apa! Terima.”
        Terimakasih atas simpati anda.

  16. Ki Agung Gledek Sayuto

    Meski wanita bisa digunakan, tapi saya tegas terhadap wanita. satu hari pernah ada seorang wanita saya berkata terus pada saya, “takut? takut aku pada kamu?”
    Saya pandang dia, lalu berkata, “kamu bicara begitu terus kubelah kamu.”
    Dia lalu menunduk.

  17. Ki Agung Gledek Sayuto

    Beberapa wanita jika dinikahi ternyata memberi keberuntungan pada suaminya. Satu hari sp berkata pada Mary, “kamu betul-betul istri pembawa keberuntungan!”
    Untung mary tidak berkata, “hus, allah lah pembawa keberuntungan.”
    Mary barusaja memberi uang banyak pada sp dan berkata, agar tidak pergi dulu. Masih banyak urusan, katanya. sp setuju dan membatalkan perjalanannya ke jawa barat.
    Paulus terkejut mendengar sp membatalkan kepergian, tapi ia berkata, “kalau begitu saya akan memanfaatkan ini untuk slametan potong ayam di surabaya, agar kamu lebih cepat jadi presiden.” sp meangguk dan memberi uang potong ayam.
    Seminggu lagi presiden ki agung dan menteri olahraga paulus akan melakukan revolusi besar di nusantara. ohya terimakasih atas dukungan power dari orang-orang di blog ini termasuk sabdo langit sendiri yang dulu pernah jadi pejabat di majapahit.

    Mary betul-betul istri pembawa keberuntungan.

  18. Ki Agung Gledek Sayuto

    Kekuatan seorang pria dinilai dari berapa istri yang ia sanggup miliki. Karena itulah sp berkata pada istri pertamanya mary, “istriku banyak. setelah kamu nanti ada lagi lainnya.”
    Mary berkata, “tidak apa-apa, nanti aku carikan untuk kamu.”
    Karena itulah sp kelak akan beristri puluhan.

    • Ngenyek thithik sak dermo iku jamu, pahit thithik tapi nyehatke.. ora opo… tempe godhok dadi mendoan tempe goreng dipenyek dadi tempe penyet, yen mangan pecel cocoke lawuh tempe mendoan utowo tempe penyet opo maneh ditambah peyek… rasane tambah enak sanget coy… hihihi

      • sayur pecel nggawe godhong kates yen ditambah pare semangkin jos paite, mung yo kuwi paite godhong kates lan pare kuwi nyehatke, anti penyakit gula atau diabetes… yen keno diabetes mengko gampang marakke darah tinggi.. yen darah tinggi nggarakke ora iso mikir tenang sering mikir mung dadine ora masuk akal… sing masuk akal dadi ora masuk akal, sing ora masuk akal dadi masuk akal… dadi kewolak walek mikire akibat selanjutnya gampang marah marah atau sulit ngontrol emosi… dadi paite jamu kuwi nyehatke loh ora opo mangan paitan kuwi.. yen ngombe kopi pait teh pait selain nggawe sehat jasmani diabetes lan darah tinggi berkurang, jarene yo marakke sakti loh… hihihi.. dadi pait iku apik coy..

      • Kepahitan hidup itu menjadikan kita mampu belajar, pernah menyelami berlatih menjadi penagih hutang hampir setahun, tiap hari mendatangi rumah sosok yang dihormati,,, tapi orang tsb ternyata kondisi keuangan sedang kolaps habis bis dalam arti sebenarnya, dan akhirnya… nurani ini tak tega walau itu hak kita bagi penagih apalagi uang kita sendiri yang raib, disitulah nurani berbicara.. melepaskan penderitaan orang lebih baik dibandingkan memberikan derita berkepanjangan buat seseorang itu.

        Nah lucunya saat giliran kita terkena kasus yang sama terbelit hutang, betapa takutnya kita pada sosok penagih hutang itu… dalam hati ini mengaku salah dan malu, kita bersalah… kenapa besar pasak daripada tiang, sedangkan sosok penagih tersebut adalah orang yang BENAR… benar dalam arti sebenarnya… walau tampak kucel berdebu bermotor ria, dia adalah sosok yang benar yang bekerja… kita sebagai manusia bernurani tentu sudah sewajarnya malu hati walau secara fisikpun kita berani berduel… namun rasa salah itu lebih besar dibanding rasa tak bersalahnya… jadi ya begitulah pahitnya kehidupan… menghindar dan menghindar dan merasa malu pada si pengendara motor itu. hihihi

        Di sisi lain di hati ini merasa heran dan merasa tak adil bila ada kasus KORUPSI, sang KORUPTOR pencuri dalam arti sebenarnya itu MALAH SENYAM SENYUM saja dan TAK PUNYA MALU dengan berdalih ini itu dan juga mengerahkan kekuatan spt menggalang masa dll, bingung kenapa rasa salah tak punya apalagi punya nurani… heran yang berkepanjangan jadinya… begitulah pengalaman hidup sosok penagih hutang yang mempermalukan diri sendiri… dan bahkan ditertawakan… ya sudahlah ga apa biasa saja… hihihi

      • Beginilah nasib pahit seorang tukang kridit… nagih malu malu kalau yang dikasih kridit wanita (tukang kredit kok penakut? bisa makin grewelan kalau yg nagih wanita) … hihihi

  19. Ki Agung Gledek Sayuto

    Saat saya menceritakan pawai di jalanan yang membawa spanduk-spanduk politik, paranormal blog ini mengatakan pada saya, “itu bukan pawai, itu kamu dengan dia pawai pengantin. pengemis kalau upacara kawin suka pawai.”
    Ya, itu pun bagus. Apasaja asal jadi anak.

    • Ki Agung Gledek Sayuto

      Niat membuat anak ini sudah saya mulai lama. Satu hari saya mendekati Mary dan saudara-saudaranya dan berkata pada Mary, “kamu mungkin perlu uang untuk kebutuhan sehari-hari.” Mary celingak-celinguk lalu berkata, “boleh.”
      Saya lempar uang 50 ribu ke perutnya. Ia terkejut, “woh!” Lalu saya pergi untuk sementara.

  20. Ki Agung Gledek Sayuto

    Harta, tahta, dan wanita di bulan januari kali ini akan berjalan seiringan. Menjelang revolusi Ratu Adil, Ratu Adil memerintahkan anakbuahnya Paulus untuk membuat pesta selamatan menjadinya saya sebagai presiden.
    Paulus berkata, “kamu sanggup beri makan 100 orang?” Saya berkata, “tak apa, saya punya 7 juta.”

    Di rumah makan saat melihat Ratu Adil membawa istrinya, seorang pengemis terkejut dan mengangkat meja hingga seluruh piring jatuh. Seorang temannya membentak, “heey! bagaimana kita makan sekarang!?”

    Ratu Adil menenangkan orang-orang, “tidak apa, silakan pesan ulang. Ia mungkin kebanyakan minum tadi malam.” Semua orang lalu makan kembali seperti semula.
    Untuk mendapatkan tahta diperlukan wanita, dan untuk mendapatkan tahta juga membutuhkan harta.

    • Ki Agung Gledek Sayuto

      Seorang pengunjung blog ini berpikir, “mengingatkan saya akan Jesus yang sanggup memberi makan puluhan orang.”
      Anda tidak salah berpikir begitu, karena kali ini Anda berpikir dalam arti sebenarnya.

  21. Ki Agung Gledek Sayuto

    Dalam mendapatkan tahta tidak tertutup kemungkinan wanita pun ikut memfasilitasi, jadi bukan cuma pria saja yang berusaha. Menjelang sp tinggal bersama mary, mary telah membenahi kamar tidurnya. Karena sp pernah berkata pada mary, “kamar tidurmu pasti gelap.” Lalu mary berkata, “tidak, terang kamarnya.”

    Akhirnya satu hari ibu mary berkata pada sp, “mary sudah sering ketemu kamu. sekarang kamu boleh tidur di rumah saja.” Sejak itu sp tinggal bersama mary.

    • Ki Agung Gledek Sayuto

      Dengan mata batin bisa saya lihat kamar tidur itu sudah lebih dirapikan, karena menjelang saya yang juga akan tinggal di situ.

  22. Ki Agung Gledek Sayuto

    Meski seorang wanita dipentingkan oleh pria, seorang wanita juga bisa diizinkan untuk memilih pria yang ia sukai jika ia cukup bijak untuk itu. Sebagai contoh, mary ditanyai oleh keluarganya, “bagaimana jika ia pergi?” dan mary menjawab, “jika ia pergi aku bunuhdiri.” Maka saat sp mendengarnya ia berkata, “tidak ada yang pergi, kamu mendapat kehidupan, aku mendapat itu. Ini disebut solusi menang-menang.”

    Ibu mary berkata pada mary tadi pagi, “ia mirip kamu. Kalau duduk, diam, dan senyum.” mary bertanya, “oh iya?” Sambil melihat ke mary lagi, ibunya berkata, “iya mirip.”

  23. Ki Agung Gledek Sayuto

    Di internet sendiri saya pernah dikenal dengan nama internet Jai Hwa Cat. artinya adalah mantan bhikkhu yang kini suka memetik bunga.

  24. Saya melihat seseorang di blog ini menghimbau saya agar ke sana. Baiklah kalau begitu saya akan ke sana. Sampai jumpa lagi.

  25. Bhikkhu Dhammaraja

    Orang-orang besar memang dikelilingi wanita. Pak presiden kita memang tidak sombong setelah mendapatkan mary, tapi ia tetap memiliki sifat sesuai bait Jayabaya:
    “Senenge anggoda, anjejaluk cara nista.” Anggoda disini maksudnya ia tak bisa melihat ada kenalan wanita, karena ia melihatnya sebagai pengalaman merayu yang lain.
    Karena itulah ia suka sekali merayu wanita, dan sangat senang melihat wanita tersebut mencintainya.

    Adapun kalimat “anjejaluk cara nista”, saya rasa semua sudah tahu, itu berkaitan dengan salah satu julukan pak presiden, yaitu jai hwa cat.
    jai hwa cat memang tidak baik, tapi di indonesia hal itu dilakukan untuk menekan sifat kaum muslim yang selalu ingin menguasai.
    Sampai jumpa lagi.

  26. Respect & Respected

    Ternyata harta tahta wanita ngga* bisa menyempurnakan manusia……oala……

  27. Hadeh…udah habis habisan masih juga belum njamin…kok ga guarang lage ya??
    Ada firasat kalee…
    Kasep!
    Xi xi xi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 909 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: