Rahasia Di Balik 40 Hari

RAHASIA DI BALIK 40 HARI

 

Dalam khasanah Kejawen angka 40 memiliki makna penting sekali (keramat). Karena di dalamnya terkandung sebuah rahasia kehidupan sebagai mana dimaksud dalam ungkapan “kakangne lembarep, adine wuragil” atau kakaknya sulung, adiknya bungsu (Lihat posting; Pintu Pembuka Rahasia Spiritual Raja-Raja Mataram/Wirit Maklumat Jati/Wirit Saloka Jati). Ungkapan itu bermakna bahwa kelahiran kita di dunia ini sebagai sebuah akhir proses “triwikrama” sekaligus awal kehidupan manusia di “mercapada”. Selanjutnya kematian merupakan akhir dari kehidupan semu (duniawi), sekaligus merupakan awal dari kehidupan yang sejati.

 

Angka 40 di awal dan 40 di akhir kehidupan.

Banyak terjadi kesimpang-siuran pemahaman kapan bayi dalam kandungan telah memiliki nyawa. Banyak pula orang menyangka setelah usia kandungan menginjak bulan keempat barulah bayi ditiupkan nyawa. Tapi tidak sedikit pula yang lebih percaya bilamana usia bayi dalam kandungan ibu akan ditiupkan nyawa tepat pada hari ke 40. Mana yang benar ?  Pemahaman yang berbeda-beda itu disebabkan tidak terdapat keterangan secara tegas di dalam kitab suci kapan waktunya si jabang bayi dalam rahim ibu mulai ditiupkan nyawa. Walaupun demikian, ada beberapa keterangan dalam bentuk samar yang kemudian dijadikan dasar penafsiran masing-masing.

 

2.3 Juta Aborsi Per Tahun !!

Tulisan ini terpaksa saya paparkan di sini mengingat betapa di era modern ini semakin banyak kasus-kasus pengguguran bayi yang dilakukan oleh orang tua si jabang bayi sendiri dengan alasan medis maupun alasan klasik kehamilan yang tidak dikehendaki. Bayangkan saja dalam setiap tahun terjadi rata-rata 2,3 juta kasus aborsi di negeri ini, dengan jumlah korban sebanyak 200 wanita meninggal dunia dalam setiap harinya akibat kasus aborsi ini. Bahkan pelaksana aborsi tidak jarang dilakukan oleh seorang dokter yang telah disumpah untuk mempertanggungjawabkan ilmunya di depan organisasi IDI dan di hadapan Tuhan. Para pelaku pengguguran biasanya tidak merasa bersalah, karena menganggap jika si jabang bayi yang malang belumlah memiliki nyawa. Dalam kasus tertentu, seseroang terkadang asal meyakini saja bahwa si jabang bayi baru bernyawa setelah usia kandungan menginjak bulan ke 4. Bisa saja asumsi ini dipilih sebagai alasan penghibur yang dicari-cari saja, untuk menghalalkan pengguguran si jabang bayi, dan masih diperbolehkan karena usia kandungannya belumlah genap 4 bulan.

 

Nyawa di hari ke 40

Mungkin di antara pembaca ada yang lebih percaya jika di usia 4 bulan kandungan si jabang bayi baru memiliki nyawa. Tapi sekali lagi, tak ada patokan yang jelas untuk memihak yang mana. Saya dulu pernah mengalami keraguan mana yang dapat dipercayai, apakah usia 40 hari ataukah 4 bulan. Hingga akhirnya pada bulan Maret tahun 2005 yang lalu terkuaklah satu misteri kehidupan ini, sehingga membuat saya pribadi tiada keraguan lagi bahwa pada saat usia kandungan genap 40 hari jabang bayi mulai bernyawa. Di samping suatu “pengalaman gaib” yang sangat berharga, bila dikaitkan dengan kepercayaan bahwa setelah seseorang meninggal dunia hingga hari ke 40 setelah wafat rohnya tetap tinggal di rumahnya sendiri. Rumus 40 hari pra kelahiran dan 40 hari pasca kematian menjadi sinkron.

 

Kisah Gaib Sebagai Pembuktian

 

Kisah ini terjadi tahun 2005 di saat kakak dari seorang teman saya, sebut saja Pak T yang barusan selesai membangun rumah pondokan di wilayah Jaktim. Selama membangun  sampai selesai tidak terjadi gejala apapun. Nah giliran pada waktu  kamar pondokan telah laku disewa  seseorang, mulailah terjadi hal-hal yang aneh. Beberapa alat rumah tangga sering berpindah tempat tanpa ada yang merasa memindah. Beberapa kali si penghuni mengalami kesurupan “hantu” perempuan. Yang paling mengganggu adalah munculnya bau bangkai yang sangat menyengat tanpa dapat diketahui dari mana sumber bau bangkai itu. Pak T lantas minta tolong seorang Kyai untuk mengatasi bau bangkai tersebut. Beserta para santrinya, Pak Kyai lantas mengadakan berbagai upacara, doa-doa, wirid pengusiran makhluk halus pengganggu. Namun demikian langkah itu belum menampakkan hasil yang diharapkan. Kembali esok malamnya, para santri menggali bagian lantai di bawah tangga yang diduga menjadi sumber bau bangkai. Lantai keramik digali, selanjutnya ditanam bunga setaman dan para santri berdoa mengelilingi lobang galian tersebut. Selesai upacara ritual itu para santri menutup kembali lantai yang berlubang. Al hasil, esok harinya bau bangkai tetap menyengat. Malah terasa semakin kuat menyengat baunya.

 

Selang dua minggu kemudian teman saya menceritakan kejadian itu. Malamnya kami sempatkan datang ke rumah Pak T. Begitu kami menginjak di halaman rumah pondokan itu, tampak sosok perempuan sekitar usia 30 tahun menyambut kami bersama istri. Berikut ini saya catat komunikasi yang terjadi waktu itu;

 

P = perempuan misterius

 

S            : Anda siapa ?

P            : saya tidak punya nama. Saya dulu digugurkan orang tuaku sewaktu umur 41 hari dalam perut ibuku. Jasad saya dulu dikubur di pekarangan ini.

S            : (hati kecil saya iba sekali mengetahui kronologi kisah arwah perempuan itu) Baiklah, kalau gitu apa yang bisa saya lakukan untuk membantumu ?

P            : aku minta tolong disempurnakan, agar tidak ada lagi ganjalan dalam meneruskan “perjalananku”.

S            : rumahmu di mana ?

P            : dia hanya menunjuk arah ke rumah pondokan Pak T.

S            : ya, besok malam saya akan ke sini lagi. Oh ya apa agamamu ?

P            : diam hanya menggelengkan kepala.

S            : oh ya maaf, aku tahu kamu belum sempat lahir sehingga belum pernah mempunyai agama. Dan di dalam dimensi mu sekarang, tentunya sudah tak diperlukan lagi agama.

 

Malam besoknya seperti sudah kami janjikan, sepulang dari ngurus pekerjaan kantor,  saya langsung mampir ke rumah pondokan Pak T. Sebelumnya saya suruh seseorang menyiapkan piranti upacara penyempurnaan arwah a la tradisi Jawa berupa “tumpeng pungkur” komplit. Ubo rampe ku bawa masuk ke rumah pondokan Pak T, dan arwah perempuan membimbing saya menunjukkan lokasi di mana dulu ia dikuburkan. Arwah perempuan itu masuk salah satu kamar yang sudah laku di sewa orang. Saya dipersilahkan masuk oleh orang yang menempati kamar itu. Ternyata arwah perempuan itu menunjuk lantai tepat di bawah kolong tempat tidur. Itulah tempat di mana ia dikubur. Setelah upacara selesai kami laksanakan, lalu saya minta tolong penghuni kamar yang kebetulan seorang muslim, untuk membaca Surat Al Fatekah, dan Al Mulk (doa supaya ditempatkan di dalam kemuliaan alam luhur). Kami sendiri sibuk melakukan prosesi “penyempurnaan” arwah. Setelah selesai prosesi, arwah itu tampak mengucapkan terimakasih dan pamit akan melanjutkan “perjalanan”. Karena telah tidak ada ganjalan lagi dengan masalah dunia. Ia hanya berpesan menyebut nama Pak H dan Bu N sebagai nama kedua orang tuanya. Si arwah minta tolong supaya kami mendatangi orang tuanya untuk menyampaikan pesan supaya membuatkan kuburan agar menjadi “monumen” bagi si arwah.. Serta berpesan agar ortunya membuatkan nama untuk si arwah perempuan tadi. Singkat cerita, Pak H ternyata si pemilik tanah yang kemudian dibeli oleh seseorang, lalu seseorang itu menjual lagi kepada Pak T.  Setelah ketemu dengan ortu si arwah, ternyata hanya pak H saja yang dapat saya temui karena Bu N sudah tinggalnya jauh dan bersuami orang lain.

 

Saya sampaikan apa adanya amanat si arwah kepada Pak H. Ia terkejut kok bisa-bisanya anda tahu kejadian yang sudah berlangsung sekitar 29 tahun lamanya. Saya geli, dalam hati bergumam,” mana saya bisa tahu, saya kan cuma diceritain anak bapak. Jadi  wajarkan, anak Pak H itu kan tetap hidup, hanya saja tidak punya jasad. Hanya saja sulit dilihat dengan mata wadag.

 

PELAJARAN

 

Dari kisah gaib di atas, dapat diambil hikmah:

  1. Pada waktu kandungan berusia usia 40 hari, si jabang bayi telah memiliki ruh.
  2. Ruh mengalami pertumbuhan. Bila di usia kanak-kanak atau belum sempat lahir seseorang telah meninggal dunia, maka ruhnya tetap mengalami pertumbuhan menjadi dewasa.
  3. Terkadang perjalanan ruh manusia ke dimensi alam ruh terganggu oleh urusan dunia yang tidak terselesaikan.  Sehingga ruh masih berada di dalam dimensi bumi. Ruh inilah yang sering merasuk ke dalam tubuh orang lain, karena kebingungan untuk menyampaikan pesan kepada orang yang masih hidup. Sadar akan jasadnya yang telah rusak, maka ruh meminjam jasad orang lain. Terjadilah apa yang dinamakan sebagai peristiwa kesurupan. Oleh sebab itu seyogyanya kita lebih arif dan bijak, jangan buru-buru bertindak ikut-ikutan (ela-elu) menganggap kesurupan itu hanyalah ulah setan penggoda iman. Penyimpulan tergesa-gesa ini sungguh dangkal, jauh dari kearifan. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan kita bila mengetahui anggapan setan itu menimpa para almarhum saudara atau keluarga kita sendiri.

 

40 Hari Setelah Kematian

 

Apa yang terjadi 40 hari setelah kematian seseorang ? Tak ada sumber otentik dalam kitab suci yang menjelaskan secara tegas. Mungkin rahasia itu dibiarkan tetap menjadi rahasia. Dan menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang selalu haus akan dahaga spiritual. Namun bagi ajaran Kejawen, telah dijelaskan dengan gamblang bila roh manusia akan melanjutkan “perjalanannya” ke alam baka bila telah melewati hari ke 40 terhitung sejak hari kematiannya. Selama 40 hari itu roh akan tetap tinggal di rumah-tinggalnya sendiri. Hanya bagi orang-orang tertentu saja yang “pinilih” dan terpilih tidak perlu melewati masa “tenggang” 40 hari.

 

Kisah Gaib Sebagai Pembuktian

 

Saat itu saya menghadiri undangan acara selamatan “patangpuluh dina” (40 hari) setelah wafatnya almarhum kerabat sebut saja namanya almarhum Pak W. Saat itu acara doa tahlilan diikuti sekitar 80 orang selesai jam 8 malam, kemudian acara dilanjutkan makan bersama dan membagi kenduri selamatan.  Pada saat acara makan bersama, munculah sosok badan halus perempuan tua kira-kira usia 75 tahun. Ternyata “bayangan” embah itu ibunya almarhum pak W yang sedang diselamati 40 harinya. Saat saya melihat foto almarhum ibunya pak W yang terpampang di dinding ternyata wajahnya mirip dengan sosok bayangan itu. Pastilah ini almarhum ibunya pak W yang telah meninggal dunia tahun  1986 lalu. Seketika saya mencoba mohon izin mengambil gambarnya agar saya mendapatkan bukti, sebab seringkali apa yang saya lihat dianggap mengada-ada saja. Al hasil, karena menggunakan kamera HP maka hasilnya langsung terlihat. Saya terkejut sendiri ternyata gambarnya bisa tertangkap kamera. Entah kebetulan atau karena memang atas ijin almarhum embah itu. Yang paling penting saya sudah berhasil mendapatkan gambar “beliau”.

 

Setalah acara usai, hasil tangkapan kamera HP saya tunjukkan ke keluarganya dan  mereka terkejut serta membenarkan bahwa itu memang gambar ibunya, termasuk pakaiannya itu juga yang dulu paling sering dikenakan almarhum. Bahkan saya ditunjukkan sarung kesukaannya warna kotak-kotak yang mirip dengan yang ada di dalam kamera. Selang tidak berapa lama, saya melihat lagi sosok bayangan almarhum ibu itu tapi tidak sejelas tadi. Roh ibu itu tampak menggandeng anaknya almarhum Pak W sambil tersenyum melambaikan tangannya, samar-samar terdengar suara pak W, ”saya melanjutkan perjalanan ya nak” sambil melambaikan tangannya. Saya berfikir pastilah ibu itu hadir di sini karena ingin menjemput anaknya, tepat di hari ke 40 setelah wafatnya almarhum pak W.

 

 

 

Perhatikan Gambar berikut,

sosok perempuan tua posisi berdiri

mengenakan sarung motif kotak

Beliaulah almarhum ibunya almarhum Pak W

arwah

  

Adanya tulisan ini jauh dari niat eksploitasi kisah horor, namun dengan harapan semoga ada hikmah yang dapat diambil para pembaca yang budiman, walau hanya sebesar biji sawi.

 

  1. subhanallah wallahu a lam bissawab…….

    • Salam kagem kang Sabda
      CONGRATULATION
      Tindak pundi mawon jarang ketingal
      salam ka begjan kagem sedulur, sedereksekawan sedaya ing media ini
      Adem, bening, tuladhaning lampah Jawi kang Adiluhung
      Santun berkosakata, saling respected ber redaktional
      Met berjuang

      40 hari

      Itulah KENAPA tradisI kita ada ritual SLAMETAN
      Ilmi Jawa sangat paham mengerti betul ada dunia roh
      Tetapi konteks pikirnya sangat Positif
      Full respected. Sampai ke penyebutan, aran, sebutan, santun khormat
      Istilahnya hanya ada aran, vocab
      :
      Lelembut, roh alus.
      Tidak ada aran, sebutan jin setan dsbnya
      Istilah manca Cenderung negative stigma

      Kita tegakkan mainstream Jawa
      Ada kandungan hidup yg elok, santun, ellegant, excellent wisedom mains stream.
      JAWA konsisten welas asih pada semua yg terlihat mata, bumi langit lahir seisinya
      Dan yang tak terlihat mata manusia biasa.
      Hanya mata hati pribadi yang santun pada ajaran negeri sendiri yang tajam bisa melihat dan merasa.
      Iini sekelumit pangerten Jawa, yang mulai langka
      Mugi bersinar kembali
      Kita pahami Kediri, jatidiri otiginal way of life bangsa sendiri.
      Alam kan tersenyum pula…
      Dampaknya apa?
      Guyub rukun , adem ramah tamah tegak lagi.
      Muncul pemimpin pejuang negeri sejati
      Dampak ke rakyat..gemah ripah loh jinawi guyb rukun tata tentrem kertaraharja gampang terwujud.

      Ngapunten menawi wonten lepatipun pangandikan Dalem.

  2. A̲̅∂a̲̅ Ƴɑ̤̥̈̊ήg ngerti gk ruh itu apa ?
    , Dan A̲̅∂a̲̅ berapa macam ?

  3. Slm kenal sya novian:”Marilah kita mengaji yg tersurat dan tersirat”

  4. “Mari kita mengkaji yg tersurat dan tersirat”

  5. orang yg tak tahu, selalu bisanya hanya berkata saja, bahwa ini dari kitab ataupun buku atau lainnya sehingga mereka menyebut manusia ini sesat karna pemahamannya,. mereka tidak tahu yg sebenarnya karna mereka tidak bisa membuktikannya, bahkan mereka disuruh mati utk pertanggungjawaban atas pendapatnya saja tidak berani,.. dia yg selalu menyangkal tidak akan mengerti ilmu sejati

  6. Ini kisah nyata ya

  7. sing duwe blog iki wis mati po yo?

  8. janganlah terlalu keheranan tentang spiritual jaman sekarang agar dianggap sebagai indigo bahkan sebagai orang suci karena jaman dahulupun sudah ada seperti pada jamannya nabi musa atapun nabi sulaiman sudah banyak dan kalau dulu banyak disebut tukang sihir tapi kalo di indonesia disebut paranormal biar keren katanya..toh nanti buntutnya mahar ataupun duit bahkan mereka sudah tidak malu-malu lagi kalo bicara soal duit padahal kalo mau disebut orang yang suci maka hidupnya akan sederhana karena dia sudah tau harta tahta dan wanita hanya kesenangan didunia atau hanya sesaat jadi dalam hidupnya hanya beribadah n berbuat baik pada orang tanpa pamrih bukannya mengobral keyakinan karena akan malu punya mulut begitu yang semudahnya dengan obral diucap maka lebih baik kita itu banyakin aja bekal kebaikan untuk kematian bukannya banyakin harta didunia toh kalo mati nggak ke bawa hartanya ke liang lahat…

  9. Dari sebagian komen ada yg kukuh pd kitabnya,, semakin jelas saja betapa kuatnya doktrin itu melekat di sanubari mereka hingga bnyk yg tdk mengenali leluhur mrk sndri bhkan dgn kejam menganggap leluhur sbgai jin dan setan,, sungguh terlalu,, sampai kpn doktrin2 itu mencuci otak mrk hingga bebal dn tdk menghargai kearifan budaya sndri,leluhur mrk sndri smentara mrk mkn minum buang hajat di bumi nusantara,,

  10. Salah satu versi dari sejuta pengalaman yg langsung kontak dg roh . Lumayan !

  11. Yang punya blog ini go blog..orang kafir..pemahamannya hanya berdasarkan prasangka dugaan doang, tidak ilmiah janin dikasaih nyawah itu 4 bulan bukan 40 hari blog go bblog,,saya orang islam percaya dengan hadis sebab di hadis ada dalilnya 4 bulan

    • Rukek maulana Yth
      Ya, matur nuwun atas komentarnya Rukek Maulana yg cerdas. Kalimat anda benar2 saya butuhkan utk data dan contoh nyata, karena bisa menjadi pelajaran utk semua dulur2 pembaca yg budiman di sini. Itu membuktikan jika di dalam diri manusia didominasi ilmu yakin (keyakinan) maka nalar menjadi sempit bahkan lama-kelamaan si nalar/akal sehat telah mati, lantas berkuasa penuh lah si penguasa baru dalam diri, yakni si emosi dan hawa napsu.
      Coba kita ulas sedikit, bahwa keyakinan itu dasar psikologisnya adalah emosi. Apa jadinya jika si emosi benar2 mendominasi si nalar (akal sehat). Jadilah pribadi yg di dalamnya bercokol Si penguasa bernama emosi. Si penguasa itu mempertahankan, dan menjaga status quo kekuasaannya dgn cara selalu mengulang kalimat,”…jangan menuhankan akal/nalar krn kemampuan nalar /akal terbatas, dan siapa yg menuhankan akal/nalar dosa besar. Dengan begitu orang tetap akan dikuasai (DIJAJAH) oleh EMOSI. Hal itu apa bedanya dengan menuhankan emosi dalam diri ?? Yaa, menurut saya yg cubluk ini mah lebih bagus menuhankan nalar lah ketimbang menuhankan emosi. Sebab dengan nalar kita bisa menimbang mana perbuatan yg merugikan orang banyak, mana yg bermanfaat dan mana yg merusak alam. Sebaliknya “berfikir” dengan menggunakan emosi itu bikin kata-kata menjadi bubrah, sumpah serapah dan tidak ilmiah. Harap maklum, dulur-dulur, karena emosi itu lahir dari rahim bernama HAWA NAPSU. Matur nuwun kang Rukek atas samplingnya.
      Rahayu Sagung Dumadi

  12. Yg saya pahamai,,, org yg sudah meninggal,,, mereka… Sudah lepas dgan urussa dunia.!!! Ga ada hantu,,pocong,,,,hantu wanita gentayangan,,, !!!allah menciptakan jin dan manusia ga ada pocong,,atau hantu wanita dll..jin d beri kemampuan oleh allah bisa merubah wujud dan mereka pun ada tukang sihir!!! Dgan sgal siasatnya iblis mengajak manusia agar menjadi sesat!! Apalagi seorang bayi yg baru lahir.tanpa dosa sdktpun. Malaikat lgs yg turun k bumi,,dan lgs membawanya ke surga, maka kita sbgai manusia harus wajib dan paham dan tau tentang islam,,jgn salah jalan jgn sampai kita termasuk org2 syirik.!!!!.

  13. assalamualaikum mohon bimbingan sepiritual buat saya

  14. Asalamualaikum!!!
    pak,lalu bgaimana????,pd saat 40 hari si mayat,ad yg menjemput,lalu kemana beliaux yg sdh wafat tersebut????dan apakah dia yg sdh wafat tersebut dapat ke rumahx lagi???

    • Rahayu, waalikum salam mtsnmendoyo Yth
      Mayat ddikubur, sukma dgn badan alus masih tinggal di dalam rumah selama 40 hari dgn aktivitas seperti biasa, walau kegiatan sehari2 ada perubahan banyak dibanding sewaktu masih hidup dgn raga. Setelah 40 hari perjalanan meninggalkan rumah di mulai. Ada beberapa step, 100 hari, dan kemudian setelah 1000 hari sukma akan melakukan perjalanan menembus alam pangrantosan. Jika amal kebaikannya kurang memenuhi syarat bisa gagal menembus alam keabadian dan balik lagi ke dimensi bumi. Jika terlalu jahat, bisa saja sukmanya masuk ke tubuh binatang. Lain halnya, sukma yg berhasil menembus alam keabadian bisa bolak balik masuk kembali ke dimensi bumi menengok anak cucu, keluarga, sahabat.
      Rahayu sagung dumadi

  15. pengikut jalan kebenaran

    Hanya orang yang mencari dan haus akan ttg Tuhan yg akan mendapatkan smua jawaban yg saudara-saudara perdebatkan…

    Salam

  16. perbedaan itu bkan untuk mencari siapa yg benar…tpi sbgai bentuk warna dunia plengkap isi alam semesta…stiap individu memiliki pemahaman,kyakinan&pengetahuan masing2 yg brbeda…cukup disimak dan dikaji,sekiranya ada manfaat buat diri kita y kita ambil manfaatnya dri apa yg tertera dlm cerita trsebut..tpi skiranya g terpahami dan dirasa tdk ada manfaatnya y g usah morot2…kbersamaan itu indah lho pemirsa

    salam: banjar patroman

  17. hadeeeeeeeh….

  18. Mahasuci Allah, Maha Tau apa-apa yang Manusia tidak tau.

  19. Pinto Khop…hi hi hi…

  20. sekarang gantian……
    tunjukkan kemampuan mu……filsuf gendeng!…………haha….
    dasar dukun gagal………………huahaha haha……………………

  21. ah….sabda lagi…sabda lagi…….kenafa harus jadi tommy sih……

  22. sabda…..ditanyain tuh sama sdr. teman mesra.
    kenapa ga dijawab?!…..katanya berbudi pekerti luhur.

  23. Heeeeeee… Gembel… ngapain disini….
    Capek ya…
    wkwkwkwkwkwkwkwk… makanya jangan mewek trussssssssssssss….
    hahahahahahahahahahaha

  24. Ga kenal tuh
    hahahahahahahahahahaha……….
    kok mbleret???? capek ya. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk……..

  25. @ Saudara sekalian,

    Ini co/pas , dengan perubahan sana sini. Kalau ada nama- nama yang sama, cuma kebetulan. Mohon maaf lahir batin buat Kang Tanwaskita yang telah memposting versi aslinya. Yang ini versi yang sudah di up- date.
    —————————————–
    Arwah si pengebom bunuh diri sampai kedepan pintu surga. Ditanya sama malaikat Jibril. Malaikat agak bingung karena si arwah punya banyak alias.

    Malaikat Jibril : Mau masuk surga ya ?
    Si (pengebom bunuh diri) : Ya.
    M Jibril : Nama ?
    S : Bim ,Ha Hi, Surt,ding …
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : ST
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Bany Seg
    M Jibril : Nama ?
    S Bim : Diturunkan Az
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Dom Bot
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Dom Gem
    M Jibril : Nama ? !
    S Bim : Shabina
    M Jibril : Nama ?!
    S Bim : Mus Sejat

    (Malaikat tahu orang ini suka ganti2 nama. Lalu interogasi dilanjutkan ..)

    M Jibril : Jenis kelamin ?

    S : Laki2.
    M Jibril : Agama ?
    S : Islam.
    M Jibril : Yang bener ?!
    S : Islam.
    M Jibril : Jangan ndagel lho, agama ?
    S : Islam

    M Jibril : Yang bener ? ! Kok matinya di gereja ?
    S : Saya ini ke gereja mau jadi pengantin surgawi !!
    M Jibril : Wah, calonmu Kristen ya ?! Kok dulu waktu masih hidup suka menertawakan orang Kristen ??

  26. kristen/gereja GAK ada

    emangnya “kristen” dan “gereja” ada???

    maaf, salah tanya…….*%$#*@……………………………………..

  27. Kaktoan/Sabdalangit

    Gak usah ribut, yg kejawen ya silahkan diyakini kejawennya, yang kristen ya silahkan dengan krestennya, yang Islam silahkan dengan islamnya, yang nyembah2 leluhur ya sembahlah leluhurmu, asal jangan ribut. Dan jangan mengukur dan mengomentari keyakinan orang lain dengan standar ukuran agama nya sendiri. Begitu aja lah ya
    …………………………………………………..
    yg palsu yg mana sabda?

    AKU GAK PUUNYAAA AYAAAAAT……..??? gedubrak…….h h h

  28. ssssssssstt…….onta/sabda…..

    doa ga pernah, sujud ga pernaa-aah…………..???

    AKU GAK PUNYA AYAAAAT……….! gedubrak…………..

    kalau mau buat agama, bukan begini caranya………………….h h h

  29. @Saudara sekalian,

    Menurut burung2 jalak di dunia maya : Kalau Ingat Bima/TS ingat Amrozi, si terroris , si Bali Bomber ,ya karena mereka memang sama. Kalau lihat Domba Gembel lalu ingat Amrozi, ya karena mereka memang sama, atau saudara kembar. Amrozi = TS,Amrozi = SHABIIN,Amrozi=Domba Botak,Amrozi=Diturunkannya Azab,Amrozi=Muslim Sejati,Amrozi=Surti,Amrozi=Hi Hi Hi. Sifat2 mereka sama : Anti Pancasila,anti agama selain Islam Wahabi, anti kemajemukan, anti Nusantara – pro Arab…hhhh

    AMROZI ingin menghancurkan Indonesia yang berdasarkan Pancasila, menggantinya dengan SHARIA. Gagal.

    Bima,Domba Gembel,TS,Shabiin,Surti,HI HI HI,Diturunkannya Azab,Banyu Segar,Muslim Sejati ingin menhancurkan blog ini karena disamping kejawen juga sangat kuat dalam mendukung Pancasila dan sangat pro Nusantara,pro kemajemukan … Oh Allah, ampunilah dia, karena dia tidak tahu apa yang dia perbuat …

  30. Kalo di bumi ga da bro. adanya di surga
    kalo islam adanya di bumi . kan sering teriak ingin meng islam kan dunia
    nah jatah kalo mati meski mati sahid ya tetep di neraka. soalnya surga nya untuk non muslim
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

  31. YANG DEMEN TERIAK TERIAK ITU YANG SALAH
    hahahahahahahahaha

  32. kalo mati sahidnya salah/asal2-an nyebut sahid kyk amrozi ya neraka,tentunya ..goblok banget sih,,namanya onta,hewan,g punya pikiran sempurna kyk manusia yg sewajarnya,,otak loe smpit bro.. tuhan mu pasti nyesel nyiptain umatnya bego cuma asal ngomng kyk loe,,paling loe jg yg mampir dineraka..krna tuhan mu khawatir,,kalo loe punya anak salah persepsi ngejeasin / membimbing /nyampeinya tentang agamu,kmudian anakmu jg gak bner nyampein ke keturunanya tentang agama kyk loe,pa lg dtruskan turunanya ke turunanya dst lg smpe akhir kiamat,,tetep salah kalo cuma asal ngejeplak kyk loe.. tau kan pintu lintasan kreta api / jeplakan,,ya itu bwt ngejeplakin mulutmu yg cm asal ngmong tnpa ada dasar akal pikiran yg sehat..

  33. surga untuk orang yg beriman pada ALLAH,,
    agama adalah tuntunan untuk beriman semua para Nabi beriman, taat, patuh,dan menyembah ALLAH,,, termasuk Nabi ISA As. atau biasa dikenal yesus oleh kaum nasrani,, dosa ditanggung masing2 individu,,,
    kaum nasrani beranggapan yesus penebus dosa itu artinya barang siapa mengikuti jejaknya yesus untuk taat patuh dan menyembah ALLAH akan dijauhkan dari dosa,,,,
    bukannya yesus yg menebus dosa kamu………,,,, (lak enak ndok koen gak enak ndok aku………,,,,)
    kebanyakan kaum nasrani salah persepsi : menyebut tuhan yesus dan yesus disembah,,
    Nabi ISA As/YESUS berkata : sembahlah ALLAH, ALLAH adalah tuhanmu dan tuhanku

    Nabi ISA As/YESUS adalah suri tauladan bagi kita untuk kembali ke sisi ALLAH,, (TUHAN/ALLAH-NABI ISA As/YESUS) begitu juga Nabi MUHAMMAD S.A.W. adalah suri tauladan bagi kita untuk kembali ke sisi ALLAH,,, (ALLAH-MUHAMMAD)

  34. @ I-ONE MOSLEM,

    Selamat siang, salam kenal mas Moslem, menurut dari apa yang saya baca dan pahami, penampakan arwah orang yang sudah meninggal itu tak terbatas apapun suku rasa, bangsa dan agamanya… itulah kenapa saya ingin tahu, mengapa dalam islam ataupun kitab nya tak bisa membenarkannya?, Padahal jin dan arwah itu jelas sudah lain bahan dan tipenya… he he he… walaupun sama2 dari dunia/ dimensi lainya.

    Kalau apa2 selalu di katakan jin, setan dsb, kita seperti tak bisa bening dalam merasakan kehadiran leluhur kita, karena naluri kita sudah mati atau tak terasah lagi karena doktrin yang mengatakan bahwa semua itu bohong dan sesat.

    @ Tembayat,

    Mohon paman tembayat dapat sekiranya memberikan kami pencerahan, maturnuwun.

    Salam rahayu,

    Dewi

  35. kok ketawa toh….ikut ketawa ah…hi hi hi..emang ada yang lucu ya kang? hi hi hi…ketawa lagi…hehehe

  36. kalau nyrita enak, pinter kayak mas nyang crita arwah penasaran di atas.
    itu guru pengajar mapel bhs indnya berhasil.

  37. iya donk….memangnya kamu oon trus hehe

  38. di dunia ini terdapat macam2 agama dan kepercayaan…..kita harus saling menghargai….ªϑª ISLAM, kristen, Protestan, budha , Hindu konghucu…dll…Dalam islam memang orang yg telah meninggal leluhur kita berada dalam Genggaman Allah… Hidup mati nya seluruh Mahluk Allah yg atur semua yaitu Tuhan YME …semua kepercayaan mengakui TUHAN yg atur semua….deal? Masalah ªϑª mahluk selain manusia dalam islam ªϑª jin , setan dan malaikat….. Bila ªϑª yg lain itu berdasar kepercayaan masing2….bagi ku agamaku ..dan bagi Mu agama Mu…saling menghargai lah….. Yang penting Hidup MatI nya kita di atur oleh Allah yaitu Tuhan YME…….mau darah saya biru keturunan Raden mau darah anda Coklat atau merah……semua sama akan mati dan menghadap Tuhan….dan anda tidak mau bergentayangan…kita semua ingin Surga …Deal ? Ingat Bhineka tunggal Ika walau kita berbeda….tetap satu Okay Bro…saling menghargai lah …masih banyak yg harus di urusin …..

  1. Ping-balik: RAHASIA JANIN DALAM KANDUNGAN « sabdalangit’s Web: Membangun Bumi Nusantara yang Berbudi Pekerti Luhur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 913 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: