MISTERI CUPU PANJALA

 

MISTERI CUPU PANJALA

Dalam tradisi Jawa banyak dikenal berbagai pusaka warisan leluhur, di antaranya adalah berbentuk cupu, dinamakan Cupu Panjala. Pada masyarakat Yogyakarta sudah begitu populer mengenai pusaka ini karena tuahnya yang terkenal keramat. Dalam setahun sekali, kain pembungkus cupu dibuka dan muncul tanda-tanda zaman yang menjadi peringatan bagi anak turun dan masyarakat yang mempercayai. Ketenaran cupu tidak terlepas dari ketepatan prediksi atau ramalan sebagaimana terdapat dalam gambaran yang tertoreh di atas lembaran kain mori pembungkusnya.

Cupu Panjala berjumlah 3 buah, dimasukkan ke dalam satu peti kecil dan disimpan di dalam kamar yang sangat tertutup yang tidak sembarang orang bisa masuk atau membukanya. Peti dibalut dengan menggunakan kain mori yang hingga kini telah berjumlah ratusan helai. Karena setiap tahun bertambah satu demi satu helai kain mori. Setelah acara membuka lembaran kain pembungkus peti, keesokan harinya kain pembungkus  baru dibalutkan menambah kain yang lama.

Cupu Panjala dibuka hanya sekali dalam setahun menjelang musim hujan tiba. Acara pembukaan sangat menarik perhatian masyarakat karena di dalam lembaran kain pembalut peti akan tampak muncul gambar yang berbeda-beda setiap tahunnya. Gambar tersebut merupakan pralampita atau perlambang akan situasi dan kondisi zaman selama setahun kedepan. Perlambang bisa menggambarkan situasi politik, ekonomi, kemakmuran, dan siapa pemegang tampuk kekuasaan. Perlambang biasanya dalam bentuk beberapa gambar yang tidak sulit ditafsirkan.

Tiga buah cupu bertuah masing-masing memiliki nama sbb :

Ukuran besar     : semar kinando

Ukuran Sedang  : palang kinantar

Ukuran Kecil      : kenthiwiri

 

 

 

Serangkaian Cupu Panjala

Serangkaian Cupu Panjala

 

    Cupu Semar Kinando     Palang Kinantar    Cupu Ukuran Kecil

Cupu Panjala sudah mengalami perpindahan tempat sebanyak 3 kali. Dan diturunkan secara bergantian  dari trah tertua dari generasi ke generasi berikutnya. Sejak Mei tahun 1957 hingga saat ini cupu tersebut berada di dusun Colorejo, di rumah bapak Dwijo Sumarto, yang merupakan menantu dari generasi ke 7 dari trah Kyai Panjala.

Bagi yang antipati tidak perlu reaksioner menanggapi fenomena cupu tersebut. Sebab masing-masing desa akan berbeda cara, masing-masing negara akan berbeda tradisi dan tatatannya. Cupu merupakan media komunikasi antara anak turun dengan leluhurnya sendiri. Bagi leluhur yang sudah berada di alam kamulyan tak ada lagi realitas kehidupan yang tertutup tabir rahasia. Sehingga dengan mudah mengetahui apa yang bakal terjadi dialami oleh anak turun generasi penerusnya. Bukan hal yang sulit untuk menyampaikan tanda-tanda peringatan, pepeling, nasehat kepada yang masih hidup di dunia.  Salah satu caranya melalui penyampaian tanda-tanda zaman seperti dalam perlambang dalam kain pembungkus Cupu Panjala. Betul dan benar bahwa Tuhan Mahakuasa, namun Tuhan menyampaikan petunjuk tidak selalu secara langsung kepada umat manusia. Terkadang melalui leluhur, melalui orang yang masih hidup, atau famili, teman, bahkan bisa juga dari musuh anda sendiri. 

sabdalangit

 

 

 

 

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Mei 1, 2009, in Tuah Cupu Panjala and tagged , , , . Bookmark the permalink. 31 Komentar.

  1. Ayo mas sabda langit, kiranya sudi mbabar ttg cupu2x yang lainnya.

    Terima kasih,

  2. Salam mas sabda . Apa yg mas sampaikan harusnya meyadarkan kita agar selalu menjaga,merawat warisan leluhur,karena bisa digunakan sebagai media bagi leluhur untuk berkomunikasi dengan anak turunannya (jangkung jampangi) dan sarana bagi tuhan untuk mennyampaikan petunjuk bagi mahluknya ,untuk mas sabda salam sedjati

  3. Masih tetep mengikuti perkembangan adedasar Cupu panjala…
    Matur Sembah Nuwun bapa…

  4. Kalu Ndak salah cupu tersebut berada di lokasi daerah Panggang njih Ki?Pas baru tenar2 nya dulu pernah disiarin di Radio Retja Buntung dalam acara pembacaan Buku Oleh Bp. Abas CH. Pas kejadian ninja dulu, sebelum peristiwa terjadi pas di buka sang cupu menampakkan gambar kepala berjenggot berlumuran darah dan gambar padi. E e e tak taunya ada pembantaian kepada orang2 yang diisukan sebagai dukun santet, dan gambar padi memang cocok sekali pada waktu itu, semua petani yang menanam padi baik yang ditegalan maupun di sawah hasilnya luar biasa, karena kebetulan waktu itu saya masih di kampung. Ngomong2 masih suka mendengarkan acara pembacaan buku tidak Ki, wah itu acara kesayangan saya jaman dahulu.

    • Betul Ki, ada di Panggang GK. Tingkat akurasi prediksinya memang tinggi sekali. Maklum yg terlukis dlm kain mori adl kabar dari “langit” dari beliau2 yg sdh di alam kajaten, jadi sdh tdk ada lagi rahasia bumi yg tertutup.
      Abas Ch masih siaran lho, nanging jam tayang jadi 01.00, klu ga salah tiap mlm senin. Sy suka dan masih sering denger siarannya. Unik, 1 orang punya suara banyak, bisa suara laki atau perempuan, anak2, tua-muda bahkan suara kakek2 dan nenek2.
      Cepat sehat kembali ya Ki.
      Salam sih katresnan.
      Rahayu

  5. Lama di Jogja, eh baru tahu ada cupu panjala dawi web-nya mas sabda. Sepakat bahwa dari sebuah cupu, Tuhan bisa jadi menyampaikan tanda-tanda zaman. Sepakat pula bahwa petunjuk Tuhan bisa datang dari mana saja, termasuk dari segelintir debu yang menempel di mata….

    Tergantung pada bagaimana manusia mengolah laku dan lampahnya agar mampu melihat hal-hal yang halus, tidak dinyana, remeh temeh sebagai petunjuk atau malah musibah yang menakutkan.

    Rahayu…
    wong alus

    • Matur sembah nuwun kadhang sinarawedi kula Mas Wong Alus di tlatah wetan.
      Saya akui memang panjenengan alus tenan kawaskitane. Saya banyak berguru pada panjenengan bagaimana melihat hal-hal yg sangat samar dan halus, namun bisa menjadi mudah dicerna akal dan rasio yg sangat kasar sekalipun.

      Salam sihkatresnan dan karahayon

  6. kenapa gambar ramalannya tidak dimuat, kan bisa dipakai olah batin bagi pemula seperti saya

    • Mas Suryaden Yth
      Baik mas, saya dapat kiriman dari sahabat dari Harian Jogja tentang pralampita yg tersirat pada saat Cupu dibuka pada hari Selasa Kliwon kemarin. Karena kebetulan mengirimkan orang ke lokasi saat pembukaan Cupu di GK.
      Sebentar lagi saya up load.
      salam karaharjan

  7. mudah-mudahan kita selamat dari kesyirikan. Hati-hati dalam mempercayai cupu kyai panjolo. Kunjungi blog : http://www.islam-waylife.bogspot.com.

  8. yth, kangmas sabdalangit,

    mau tanya apa saja perlambang dan arti di cupu panjolo tahun ini .maturnuwun sakderengipun.

  9. Ki Sabda Yth,

    Saya dengar dari teman di Yogya, tahun ini cupu panjala salah satunya melambangkan gambar jam dinging pada posisi menyudut. Kalau benar demikian, kiranya bisa dibahasakan apa ya Ki Sabda. Adalah ini kaitannya dengan saatnya Sabdo Palon Noyo Genggong yang nagih janji?

  10. Ki Sabda Langit Yth.
    menjelang Suro tahun ini saya merasakan ada banyak saudara-saudara kita yang ‘mengerikan’ dari alam sana sangat banyak berdatangan entah dari mana. Kenapa ya Ki?

    • Wong Cilik yth
      Ing jaman dahuru akeh hera heru, ardi mrapi mjd pertanda.
      Menawa mrapi njeblug ageng, lahar mrapi ngidul ngetan purug ira, anggondo banger, kagowo tirto udan anjlok segoro kidul, mula iku mayuta titah alus jim priprayangan setan bekasakan nuli tumuju ing daratan. Wong kang datan eling waspada, kajawan, bakal dadi pakane.

      Suradira jayaningrat lebur dening pangastuti.

      • terima kasih banyak atas pencerahannya Ki Sabda,
        dengan membaca tulisan-tulisan Ki Sabda yang sangat rinci dan sistematis saya baru tahu, ternyata sudah dituliskan leluhur kita sejak ribuan tahun yang lalu. Dan ternyata waktunya sudah tiba…
        semoga keselamatan selalu menjadi milik kita, keluarga, dan semua saudara ya Ki

        slamet, slamet, slamet saking kersaning Gusti

  11. maaf apakah boleh saya koreksi ,,, maaf penulisan anda ada yg salah yg anda tulis Famili saharusnya Family

  12. monggo…dibuktikan…hi hi hi…
    kalu perlu tambah kemenyan…hi hi hi….
    hi hi hi…
    hi hi hi…
    hi hi hi…

  13. Romo Yohanes Muhammad Putu Sidharta.

    suatu saat alam makro dan mikro akan bersinggungan dan satu sama lain akan saling membutuhkan atau saling rebut kuasa sehingga dengan selalu eling waspada kita akan mampu memilah milah kahanan yang mana menjadi tujuan hidup kita sesuai kodrat yang melekat pada diripribadi tanpa dipengaruhi sekitarnya. jadilah jiwa yang merdeka dan bertanggung jawab atas titipan yang diberikan Gusti kepada kita.

  14. SEJARAH RITUAL CUPU PANJALA

    gambar Irian Jaya pada mori =>Isyarat masuknya Irian Jaya ke Indonesia

    gambar terjungkalnya becak => kejatuhan Soekarno

    gambar robohnya pohon tinggi besar tanpa daun dan tanpa ranting =>Kejatuhan Soeharto

    gambar potongan tubuh berupa tangan, kaki, dan bercak darah=> kerusuhan seputar reformasi 1998

    gambar pandita => Naiknya Gus Dur

    gambar ayam betina => naiknya Megawati Soekarnoputri

    gambar peta Timor Timur => Habibie melepaskan Timor Timur

    gambar lumpur pada mori pembungkus cupu => lumpur di Porong, Sidoarjo

    gambar gunung yang mengeluarkan asap=>Letusan Gunung Merapi

    perbedaan posisi tiga cupu setelah dikeluarkan dari balutan mori => masih ada kisruh kepentingan di tingkat elite politik

    Rahayu

  15. MAKNA RITUAL CUPU PANJALA (Rabu, 5 Okt 2011)
    =======================================

    1. Kidul-kulon, kidul-wetan, ono getih garing (Selatan-barat, selatan-timur, ada darah kering) => kerusuhan berdarah?

    2. gambar gir dan rantai kendaraan => persatuan terancam?

    3. gambar pistol, kepala raksasa yang terbuka, bercak darah, perempuan telanjang, hingga anak perempuan kecil membawa parang => kriminalitas & kekerasan naik?

    4. Gunung Merapi di atasnya ada angka 5 => Pancasila terancam?

    5. Gambar Candi Borobudur => kesadaran spiritual nusantara kembali?

    6. Gambar tokoh Gathotkaca, kesatria sakti di dunia pewayangan yang bisa terbang => Satria Piningit/ /Heru Cakra / Ratu Adil, mulai beraksi?

    7. Kidul-kulon, gambar wayang Durno numpak kewan, ning mburine ono tapak sikil (Selatan-barat gambar wayang Durna menunggang binatang, tetapi di belakangnya ada telapak kaki) => Politikus adu domba lewat parpol?

    8. Kotak yang ditempati cupu ternyata nggoling atau terguling miring => XXX terguling?

    kotak adalah simbol sebuah kesatuan atau institusi atau bisa desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, atau bahkan negara.

    Posisi masing-masing cupu juga dilihat. Cupu Semar Kinandhu dan Kalang Kinanthang tak berubah posisi atau tegak, sedangkan Kenthi Wiri terlihat miring.

    Kinandhu dan Kalang Kinanthang adalah simbol pejabat dan politisi di atas tampuk kekuasaan, sedangkan Kenthi Wiri adalah simbol masyarakat bawah.

    Rahayu

  16. secara detail ramalan pada tahun 2012 apa y?? saya belum dong!

  17. wah hebat Ki, saya sebagai warga Panggang bangga artikel ini dimuat di internet. Serasa mempromosikan daerah sendiri. Lanjutkan Ki !!

  18. hehe….

    ning nang ning gong…..ning nang ning gong…..
    antara bumi dan langit.

  19. buat yg mau pindah lapak……..

    dicoba…..dicoba……dicoba………..kejawen kok coba2………haha

  20. apapun itu suatu isyarat ,rahasia diperuntukkan bagi orang tertentu,be your self………jadikan wawasan ato pengetahuan…..ja. bermain dibidangnya saja….

  21. mugi kito sedoyo sami pinaringan emut, amargi sae awon ingkang kito raosaken amargi perilaku kito piyambak. menawi manungso mboten saget dipun elingaken kaliyan manungso sanesipun, samangke alam ingkang bade ngemutaken. menawi sampun makaten kito mboten jumbuh menawi tanglet ” dosaku opo” alam mboten badhe pilih sih, mboten tepang bathi tuwin rugi. alam mlampah kados kodratipun. matur nuwun tuwin nyuwun pangaksami.

  22. krt...mendak joyo mudo

    hari senin tgl 17 september 2012 bukaan cupu kyai panjolo

  23. Ukuran besar : semar tinandu

    Ukuran Sedang : palang kinanthang

    Ukuran Kecil : kenthi wiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 909 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: