Bahasa Isyarat pada Kucing

Bahasa Isyarat dari Tingkah Laku Kucing dan Warna Bulunya

Kucing, bukan berarti binatang keramat. Namun pada diri setiap makhluk. serta gerak-geriknya tentu saja memiliki tanda-tanda kekuasaan tuhan yang terangkum dalam bahasa alam. Berikut ini dapat menjadi contoh tentang warna bulu dan perilaku kucing. Boleh percaya boleh juga tidak. Anggap saja sebagai intermezo. Walaupun tidak selalu salah, sebab nenek moyang kita mempunyai kebiasaan melihat, mencermati, lalu menafsirkan berbagai gejala alam (ngelmu titen). Nenek moyang kita sangat percaya bahwa berbagai gejala alam mengandung pelajaran (hikmah) yang berharga di baliknya. Sesuatu yang tampak (fisik) menyimpan makna secara metafisik.

1. Jika memandang tanpa berkedip kkepada si majikan, yang memelihara akan memperoleh rejeki.
2. Jika duduk tidak bergerak di hadapan majikan, maka yang memelihara akan memperoleh anugrah.
3. Jika tidak pergi dari sudut rumah atau bertempat di situ, pertanda si majikan akan memperoleh keuntungan. Jika bertempat tinggal secara bergantian dari empat sudut rumah, pertanda si majikan akan memperoleh anugrah besar.
4. Jika tidur di atas ikat kepala, sorban, iket, baju majikan, maka yang memelihara akan memperoleh uang halal.
5. Jika kucing bergulung akan mendapat fitnah dari orang.
6. Jika menunjukkan kukunya kepada si majikan, menjadi pertanda akan ada penjahat yang menginginkan harta benda si majikan.
7. Berbulu putih dan pada bagian dada sampai punggung ada warna hitam (tembong) namanya kucing sanggabuwana. Tidak baik dipelihara, yang memelihara selalu menderita sakit.
8. Berbulu hitam mulus dan panjang ekornya, namanya kucing putrakajantaka, tidak baik dipelihara. Berwatak selalu menumpahkan darah. Si pemeliharanya sering memperoleh musibah.
9. Berbulu kembang asem, attau coklat muda, panjang ekornya/bundel. Namanya kucing bramapati. Bersifat tidak baik yang memelihara sering kehilangan dan boros. Akan tetapi jika ekornya bundel, dan ekornya berwarna bule ada juga baiknya. Walau yang memelihara boros, tetapi berwatak menuntut pada kebaikan.
10. Kucing yang berbulu apa saja tetapi di bagian kepala, dada serta punggungnya ada usar-usarnya, namanya kucing candramawa. Bersifat amat baik, si pemelihara akan memperoleh keuntungan serta kemuliaan.
11. Kucing yang bisu, berwarna apa saja, namanya wisnutapa. Bersifat baik, yang memelihara akan tercapai segala yang diinginkannya serta mendapat keselamatan.
12. Kucing yang ke empat buah kakinya berwarna hitam, namanya witanaba. Bersifat baik yang memelihara memperoleh keselamatan.
13. Kucing yang keempat telapak kakinya dapat mencapai kepala, namanya kusumawibawa, bersifat baik, yang memelihara akan banyak memperoleh rejeki.
14. Kucing yang berwarna hitam, lambung kiri tembong putih, namanya wulantumanggal. Bersifat baik, si pemilik akan memperoleh apa yang diinginkah serta memperoleh keselamatan.
15. Putih warnanya, kepala sampai dada ada galer atau garis berwarna hitam, namanya janggamengku, bersifat baik, si pemelihara akan memperoleh banyak keberuntungan dan keselamatan.

About these ads

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Februari 23, 2010, in Bahasa Isyarat pada Kucing and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 73 Komentar.

  1. mas, saya mau tanya mengapa kucing memakan bayinya sendiri? ceritanya saya punya kucing kembang telon, saat melahirkan ia makan anak-anaknya

  2. Nuwun sewu.
    @ Sdr Acep met kenal..
    mas, saya mau tanya mengapa kucing memakan bayinya sendiri? ceritanya saya punya kucing kembang telon, saat melahirkan ia makan anak-anaknya
    ———————————————————————————–
    Sebuah mistery yg nyata…
    ada beberapa kemungkinan, .
    1.mungkin sang kucing sedang lapar dan makanan yg paling siap saji adalah bayinya sendiri.
    2. Mungkin itu bagian dari pola/prilaku habitat kucing..
    3. Konon katanya kucing Kembang Telon jantan mempunyai daya magic yg luar biasa, dg hanya menyorotkan mata pada binatang apa saja, bisa lumpuh termasuk induknya sendiri, maka dari itu induk kucing2 yg mungkin mempunyai kewaskitaan/ ritualnya untuk membunuh bayinya yang Kembang telon jantan itu,.bukti nyata sampai saat ini belum pernah di jumpai Kucing Kembang telon yg berkelamin jantan, Ini seperti cerita wayang Antarejo yg mempunyai kesaktian luar biasa, hanya dg menjilat telapak musuhnya, bisa qoit, untuk itulah Antareja di bunuh oleh pamanya sendiri ( Krisna) dg jalan di tipu untuk menjilat telapaknya sendiri dan qoit..lah sang Antareja, kalau tdk bgtu nanti saat perang batarayuda terjadi para pendawa tidak kebagian peranan karena musuh2 dah di habiskan oleh Jilatan dahsyat sang Antareja..
    fenomena ini masih berlaku mysterius sampai saat ini, dan saya sarankan anda gak perlu repot2 bertanya pada Ustad atau kiyai paling2akan di jawab hanya Allah yg tahu..

    Asah asih asuh..
    Dalbo with lidah melet siap menjilat

    • @ Dalbo,

      Ehmm2, jangan genit ah, melet2 kayak ‘Si Lidah Sakti’ Antarejo… he he he…

      Saya tidak begitu tahu cerita pewayangan, tapi masak sih, orang di suruh njilat telapak kakinya sendiri akan bisa mati?… aw aw aw…!!

      salam hello kitty,

      dewi

      • @DMberkembenkansutraungu (-:

        Betul , Antarejo rela mati supaya Pendawa bisa menang perang terhadap Kurawa. Antarejo itu sakti mandraguna, tapi kalau dia ikut perang, akan menyalahi aturan kahyangan…, wong di sono sudah ditentukan siapa menang, siapa kalah.

        Di Kurawa ada Baladewa – kakak Kresna, Resi Bhisma,Durna dan Karna. Mereka ini super sakti mandraguna. Baladewa gak ikut perang, netral, Resi Bhisma LEBIH sakti daripada SEMUA Pandawa digabung,Durna dan Karna : ke duanya sebenarnya juga lebih ampuh daripada Pandawa Lima. Tapi skenario dari kahyangan menentukan ke tiga orang ampuh tsb untuk .. gugur. Bhisma karena gak … mau mengalahkan Pendawa, Durna karena dia gak mau bertempur lagi setelah mendengar anaknya , Aswatama, gugur, dan Karna,meskipun di atas kertas dia lebih sakti daripada Pandawa , harus gugur karena skenario dari kahyangan itu tadi … Jadi, mereka – Pandawa dan Kurawa – punya peran2 yang harus dimainkan. Ditto Mahabharata versi zaman …tahun 2000 + …. Oh ya, ada DUA versi Mahabharata, versi,eh hem, aslinya – India – dan versi Jawa,wayang. Lha namanya dua versi, jadi ya gak sama plek.

        Peran2 sekarang,tahun 2000 + : Srikandi Dewi Murni harus ikut Pendawa, bersama-sama (Tomy) Arjuna (nto), Bima,dll, sedangkan Karna (tetap) harus ikut Kurawa … Mahabharata,Brantayudha itu bukan sekedar … cerita pengantar tidur lho jeng. …Orang Jawa itu, konon,arif karena a.l wayang (Mahabharata) itu.

        Salam katresnan agak mbulet

    • @ All,

      Sambil nunggu cerita wayang dari mas Dalbo dan yang lainya, ini ada video lucu ‘surprised cat’… imut n yahud banget, bikin gemes yang ngudang atau di yang kudang…. he he he…

      salam manis,

      dewi

  3. Saya percanya dengan kata2 ini

  4. meoooong……………..hauuummmm………….hehe

  5. @ Sen Karna,

    Maturnuwun paklik atas cerita pewayangannya yang arif dan wicaksono ini … dan iya mungkin kalau cerita wayang Dewi Murni ini hanya ada di abad 20 itupun yang bikin cerita sekaligus dalangnya Sen(opati) Karna… he he he…

    Paklik di nusantara ini kaya akan khasana cerita dan budaya lho, selain bahasa isyarat kucing juga ada yang lucu, itu si bugs bunny alias ‘kelinci’, ini tak kirimin lagu kelinci versi jawa ciptaan Ki Narto sabdo yang melegenda itu serta video kelinci dan kucing yang bisa bersahabat.

    Konon persahabatan hewan ini juga bisa seperti watak manusia juga lho, kata si dalang Dalbo di ruang sebelah ‘2012’ …. he he he…

    hmmm, tapi kok si kelincinya malu nggak bergoyang ya?… jangan2 itu karena simbol ‘playboy’ yang menyerupai kelinci itu di larang di indonesia karena kena cekal undang-undang pornografi dan pornoaksi… he he he…

    UUD= undang-undang dangdut atau ujung-unjungnya duit?… he he he… kik kuk.

    salam UU pet lover,

    dewi

  6. Saya sering membawa pulang kucing yang tidak sehat / sakit yang saya temui di jalan / kantor. Tapi sekarang sudah terlalu banyak dilihat dari kemampuan saya untuk memberi makan yang wajar. Ada yang mau adopsi ? Ada yang masih anakan 6 ekor. Mau saya buang, kasihan.

  7. waduh-waduh kalo rumah saya sering dimasuki kucing,dibuat lari-lari bahkan bisa ada acara arisan kucing,,
    bagaimana yang seperti itu???
    mohon penjelasannya dari poro sedulur.
    maturnuwun

  8. Kucing i2 hmpir sma dgn kucingQ…

  9. kalo kucing warna dadanya putih terrus,,punggungnya tiga warna..ke empat kakinya putih..apa nama kucing dalam bahasa jawa nya???

  10. q bru adopsi anak kucing hitam ekor lurus, tampaknya bru aj dibuang ato ditinggal induknya cz q nemu di jalan tengah ‘bulak’.
    Entah knp q pengen ambil tu kucing walo q dikit2 tau soal kejawen nya si kucing item. For me,
    cm pengen ngrawat aj daripada ketlindes motor pa mobil, urusan lain mah easy going aj…
    manut kersane Gusti Pangeran…

  11. Saya dpt plasenta kucing yg sdang melahirkan d depan teras rmah pada hari jumat. Katanya rezeki, ªpª ªϑª yg bisa kasih info? :)

    • kabar nya ya bro..tp tu barang dsimpan jangan di buang djemur ampe kering…kalo ada yang sakit rendam ja tu barang trus kasikan minum ke orng skt.insya allah sembuh….wallahu a`lam

  12. Setahun lalu saat pulang ziarah dari makam alm abah, liat 3 ekor anak kucing lagi tidur, langsung jatuh cinta sama salah satunya, karena ekornya pendek melingkar, sebesar ibu jari.Setelah dapat ijin dari yang punya rumah, kucing tersebut saya bawa pulang, karena lama tidak pelihara kucing jadi tidak tahu apa jenis kelaminnya, akhirnya Umi saya kasih nama MANIS. berbulu coklat, tapi kakinya putih seperti pakai sepatu, parasnya cantik, gemesin..
    # Karakter Manis :
    > Pups dikamar mandi.
    > Ga suka makan nasi, cuma ikan, kalau dikasih nasi campur ikan, ga dimakan.
    Karena saya sibuk terpaksa saya kasih makanan kemasan.
    > Tidur ga mau jauh dari saya
    > Setiap subuh bangunin sholat.
    > Kalau saya sibuk dengan kerjaan, nemenin begadang.

    Setahun kemudian pas bulan ramadhan Manis melahirkan, rewel ga mau ditinggal padahal saya ada janji terpaksa saya batalkan.
    Saya elus2 perutnya, dia teriak2 kesakitan trus, pas saya setel ayat suci Qur’an dari BB diloud speaker, baru dia agak tenang..
    Manis ga langsung makan ari2nya, rupanya kata Umi, dia nunggu saya ambil, cuma saya takut..akhirnya dia makan/bersihkan semua sisa2 kelahiran kecuali 3 ekor anaknya.
    Manis melahirkan 3 ekor anak.Semula saya namakan dengan nama2 asmaul husna, tapi ditegur Ustad, katanya binatang ko dikasih nama Tuhan :D akhirnya saya ganti menjadi : Buana (bu2), Jagad (Aki), Langit (Lang2).

    Lucunya karakter Manis juga anak2nya jadi mirip tokoh PUNAKAWAN.
    1) Bu2 mirip Dawala/Petruk, walau kelaminnya betina..sosok Dawala kan identik dengan ketampanan..si Bu2 ini cantik sekali, setiap orang yang memandangnya pasti bilang “cantiknya, lucunya” Bulunya putih, cuma bagian kepala, ekor juga bulu dekat kepala bulatan coklat, bulu dekat ekor berbentuk daun waru atau cinta <3. Matanya abu2, hidungnya merah.
    2) Jagad, mirip karakter Gareng..karena sering sakit, sekarang badannya paling kurus, jadi saya panggil dia "Aki" kebetulan kelaminnya jantan.
    3) Lang2, mirip karakter Bagong/Cepot, gemesin banget..tampangnya bloon,qkqkqk..setiap orang liat,pasti bilang "ihh lucu banget siii" jalannya aja lucu.
    Sekarang saya bingung ni, baru setahun aja udah jadi 4 apalagi 5 tahun waaaahh jadi peternakan kucing :D apalagi anaknya MANIS ada 2 yang betina,
    kalau dikasih keorang sayanya terlanjur sayang..saran&komentar mbah donk :)

  13. hati hati yah bagi kaum hawa,………. jangan dicium kucing nya apalagi tidur di ranjang,…… ada penyakit namanya toksoplasma lho,…..

  14. Kucing saya namanya apin, umurnya sekitar 2 tahun,,warnanya putih campur hitam, kucing saya pemalas, kerjaannya tidur kalo malam ngeluyur mulu, pulang pulang kalo lapar trus minta makanan, saya selalu/hampir tiap hari ngasi makan ikan pindang 3 biji, kalo saya lagi baik ya kadang saya kasi minu susu bendera. Meskipun umur 2 tahun tapi suaranya tetep kecil dan ketika ngelihat mukanya yang kecil yang ada hanya kelucuan, haha…..berteman dengan kucing ternyata menyenangkan, haha..

  15. kucing telon 3 warna laki-laki sangat langkah dan sulit utk mendapatkannya.bisa juga seperti yang dikatakan sabdalangit dan ada juga cerita kalau induk tahu biasanya di bawa jauh dari anak-anaknya yang lain.

  16. Bagi cerita sedih dgn kucing….

    Dulu saya ama teman buka kantor di jakarta… setelah berapa lama, ada kucing betina warna hitam putih yang datang dan tinggal di kantor… saya alergi dgn bulu kucing tapi tdk benci dgn kucing… jadi sy biarkan saja, bahkan sy kasih makan. kalo makan di sari laut, sisa2 ikan minta dibungkusin, untuk si kucing hihihi… :p

    setelah 3 bln kantor buka, mulailah berkembang dan terus berkembang dan bisa bertahan selama 1 tahun berjalan… untuk bisnis yg sy geluti, waktu 1 tahun itu terlalu cepat utk berputar… menurut rekan senior sy, ada yg 4 sampai 5 tahun… ada yg beberapa bulan tutup… intinya Alhamdulillah, kami dapat kemudahan….

    Kemudian si kucing melahirkan 3 anak… semuanya masih sy pelihara di kantor… sy kasih tempat di dalam kotak speaker bekas… sy senang lihat cara mereka main2…

    menjelang lebaran, sy mudik…. begitu kembali ke jkt, ternyata kucing2 tadi udah ga ada…. anak2nya dibuang ama OB… induknya di usir…. So sad and angry T_T tapi ga tega juga pecat si OB gara2 kucing…

    kurang lebih sebulan, sy liat kucing itu ngais2 tong sampah di depan kantor… keadaannya gembel dan kurus ga terawat… puting susunya masih bengkak2 karna abis ngelahirin…sy senang dia balik… waktu sy mau ambil, si kucing marah n mau nyakar…. trus lari, seperti kucing gila, mungkin karna ga ketemu anak2nya atau anak2nya pada mati karna lagi musim hujan…dia ga kenal sy lg… T_T

    Masuk tahun kedua, bisnis mulai turun…. masalah mulai timbul silih berganti… dari korupsi sampe cekcok antar manajemen… akhirnya bangkrut dan tutup…

    Kualat ama hewan kali yah… jadi ingat kata nenek dulu, kucing itu memanggil rezeki utk majikannya…. apalagi kalo lagi jilat2 kakinya sambil bersihin mukanya di pintu depan (pose ini yg dijadikan patung kucing pemanggil rezeki yg biasa kita lihat di toko2 cina)…. hehehe…. wallahu a’lam ^_^

  17. Kalau kucingku gimana ya

  18. kalo kucing warna putih mulus gimana mas

  19. Ada benar dan tidaknya.saya punya kucing hitam.parsi dia kampung yg sifatnya negatif dan yg sekarang..anggora kuning dipunggung putih diperut tukang bangunin tuanya ..buat sholat..kalu saya sholat malam dia langsung tidur

  20. Tu foto kucing mirip bngt warna nya sama kucing ku… Tpi sayang dah mati hik. Hik.. T. T

  21. Mirip bngt tu warna kucing sma punya ku tpi ekor nya pendekar dikit nih punya tanda hitam dalam mulut nya.. N sangat pintar bngt tpi sayang dah mati sedih bngt rasanya di tinggalin kucing kesayangan mati… God by my cat…. Aku ngga pernah ngelupain waktu melihara km… Sorry ne jdi curcol

  22. Ya itu. Semua hanya tergantung Pada kepercayaan kita maSih2

  23. klu di kencingin kucing apa artinya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 896 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: