ILUSI NEGARA ISLAM

oleh Irfan Darsina

Usai membaca buku berjudul Ilusi Negara Islam (INI): Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia, mereka yang berpikiran picik pasti akan langsung membuat konklusi: ini fitnah, tujuannya mengadu domba umat Islam. Buku ini, kata mereka yang picik itu, sengaja dibuat musuh-musuh Islam, kaum zionis Yahudi, AS, Israel, untuk memecah belah umat Islam Indonesia. Dst, dst, dst. Saya termasuk kelompok yang telat membaca buku INI. Sudah telat, saya juga belum baca seluruh isi buku. Tetapi, setelah membaca prolog (Syafii Maarif), kata pengantar (Gus Dur), Bab I & 2, dan sebagian kesimpulan, serta epilog (Gus Mustofa Bisri), saya membuat beberapa catatan.  

1. Umat Islam hendaknya membaca buku ini dengan pikiran terbuka, hati yang bening dan sikap mawas diri. Pada awalnya, pikiran kita mungkin tidak sepenuhnya bisa menerima hasil penelitian di dua kota: Jakarta dan Yogyakarta, ini sebagai sebuah kebenaran ilmiah (baca: kebenaran berdasarkan metode dan prinsip pengambilan kesimpulan yang logis). Mindset kita sebagai umat Islam yang merasa Islam itu sebetulnya satu akan sulit menerima hasil studi yang secara gamblang ‘menelanjangi” diri saudara-saudara kita yang selama ini kita anggap hebat, berilmu, dan berjuang demi kemaslahatan ummat. Tetapi, sekali lagi, dalam membaca buku ini kita mesti semaksimal mungkin mendayagunakan akal pikiran untuk bersikap kritis dan berikhtiar menemukan kebenaran, seraya tidak pernah putus asa mohon hidayah Allah SWT agar kita tidak tersesat.

2. Studi ini berhasil menelanjangi kedok Wahabi, Ikhwanul Muslimin, dan HTI. Buku ini memasukkan pengikut mazhab Wahabi itu sebagai Islam Garis Keras. Islam Garis Keras dibagi dua: level Individual dan organisasional. Ada beberapa indikator “garis keras” yang dicantumkan buku INI, antara lain, memutlakkan pemahaman sendiri dalam agama, tidak toleran terhadap pandangan yang berbeda, mendesak atau mendukung pemerintah untuk melarang pihak lain yang memiliki pandangan berbeda, membenarkan aksi kekerasan terhadap mereka yang berbeda pandangan itu, menolak Pancasila sebagai dasar negara, sampai ujung-ujungnya mendirikan negara Islam (khilafah Islamiyah). Sikap “garis keras” itu bisa mereka tampakkan bisa pula mereka sembunyikan (tergantung sikon).

3. Pengikut Wahabi di Indonesia merupakan representasi Islam Garis Keras itu. Dalam buku INI dijelaskan bagaimana pengikut Wahabi menjalankan aksi-aksi yang secara umum sungguh menggerigisi. Studi ini menemukan bukti-bukti signifikan langkah-langkah pengikut Wahabi yang melakukan infiltrasi ke organisasi Muhammadiyah dan NU. Mereka pelan-pelan tapi pasti bermaksud mengubah wajah Islam moderat Muhammadiyah dan NU menjadi Islam Garis Keras. Atas temuan itu, tokoh-tokoh moderat Muhammadiyah dan NU mulai melakukan aksi pembentengan terhadap infiltrasi itu, dan menyerukan anggota2 mereka agar meningkatkan kewaspadaan terhadap gerakan Islam Garis Keras tersebut. Dalam bahasa yang dulu sempat populer, ummat disadarkan pada BAHAYA LATEN WAHABI.

4. Kewaspadaan akan Bahaya Laten Wahabi perlu ditingkatkan karena mereka melakukan infiltrasi ke berbagai segi kehidupan, terutama segi-segi yang sangat strategis. Mereka masuk lewat politik, sosial (pendidikan) dan tentu saja keagamaan. Strategi dan sistem mereka dalam melakukan infiltrasi sungguh nggerigisi, dan hasilnya sungguh dahsyat: ada anak SMP yang berani mengkafirkan ibunya hanya karena si ibu tidak mau memakai jilbab. Seluruh upaya infiltrasi itu didanai oleh Kerajaan Arab Saudi, negara yang berdiri atas dasar mazhab Wahabi.

5. Dengan membaca buku ini, kita jadi lebih mudah memahami fenomena politik Indonesia belakangan ini. Ketika Presiden SBY tidak memilih HNW sebagai cawapres, dan HNW dengan setengah gusar menuding ada pihak yang memasukkan dirinya sebagai pengikut Wahabi. Waktu itu, saya merasa aneh, mengapa takut disebut Wahabi? Setelah membaca buku ini, saya jadi mafhum, ternyata Wahabi itu memang nggerigisi, dan seluruh ummat Islam Moderat tipikal Indonesia harus meningkatkan kewaspadaan terhadap BAHAYA LATEN WAHABI.

Buku ini, hemat saya, sangat inspiratif. Buku ini selayaknya dijadikan buku pelajaran di seluruh sekolah mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi. Anak-anak dan generasi muda kita perlu mengetahui BAHAYA LATEN WAHABI itu, namun mesti tetap memberi kebebasan mereka untuk memilih. Wahabi tidak memberi pilihan itu, tetapi Islam moderat mesti tetap memberikan kebebasan memilih dan mengakui perbedaan. Saya kira, kebebasan memilih tafsir agama dan mengakui perbedaan tafsir itu sebagai rahmat (ikhtilafu ummati rahmah, sabda Sang Nabi SAW) merupakan landasan utama dalam perilaku beragama kaum moderat. Sebab, TUHAN pun, memberikan kebebasan itu: TAK ADA PAKSAAN DALAM AGAMA!

DOWNLOAD KESELURUHAN BUKU   

Bila anda mengalami masalah dalam mendownload silahkan download per item di bawah ini :

Cover Buku              :         Cover Buku  

Preface/Prolog      :         Masa Depan Islam Indonesia

                                                 Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif

Pengantar Editor  :         Musuh Dalam Selimut

                                               KH. Abdurrahman Wahid

Bab I  :    Studi Gerakan Islam Transnasional dan Kaki Tangannya Di Indonesia  

Bab II   :        Infiltrasi Ideologi Wahabi dan Ihwanul Muslimin Indonesia

Bab III :       Ideologi dan Agenda Gerakan Garis Keras di Indonesia

Bab IV  :       Infiltrasi Agen-agen Garis Keras Terhadap Islam di Indonesia  

Bab V    :        Kesimpulan dan Rekomendasi

Epilog   :       Belajar Tanpa Akhir

                        KH. A. Mustofa Bisri

 

Lampiran 1 :  Surat Keputusan Pimpinan Pusat (SKPP) Muhammadiyah No. 149/KEP/I.O/B/2006, untuk membersihkan Muhammadiyah dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Lampiran 2 :  Dokumen Penolakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terhadap Ideologi dan Gerakan Ekstremis Transnasional

Daftar Bibliografi  :  Daftar Bibliografi  

 

 

Iklan

About SABDå

gentleman, Indonesia Raya

Posted on Mei 19, 2009, in Ilusi Negara Islam and tagged . Bookmark the permalink. 167 Komentar.

  1. Maaf saya beda pendapat, mending dari sekarang pada riset baru saja kalau kalau ratu adil nongol, mending dibuatkan OS baru yakni OS WONGJOWO saja atau nama OS nya misal LAWANGJAWA, search enginenya LAWANGSEWU.. (maksudnya pemakaian kata lawang adalah lawang itu dayanya lebih besar dibanding jendela).

    Nah komputer dan programnya dikasih gratis ke sumua rakyat Jawa. Saya yakin orang Jawa itu pinter2 namun belum tampak saja. Linux itu sekarang gak bayar tapi dipastikan 5 atau 10 atau 20 tahun lagi Linux spt windoot makainya harus bayar, rakyat yang sudah biasa pakai karena sdh terbiasa ya kalang kabut nantinya.

    Kesimpulannya Linux boleh dipakai asal jangan lupa RISET bikin baru saja, sekali lagi nantinya Linux juga harus bayar kan? mending OS baru saja seperti OS WONGJOWO itu.

    • Apalah arti sebuah nama atau sistem operasi software itu bila nantinya hanyalah akan menyulitkan rakyat jawa, bila riset itu perlu dana sangat besar yakin sekali biaya dari ratu adil pasti ada.

  2. Justru Anda termasuk beruntung karena saya masih belum mengundang Bhikkhu Wirathu dari Myanmar, Bhikkhu Kirama dari Srilanka, dan Bhikkhu Parama murid saya dari Jepang.

    Bhikkhu Wirathu barusaja diberi penghargaan oleh majalah time sebagai bhikkhu terkeras tahun ini, “indonesia dulu negara buddhist, lalu sekarang diconvert ke islam. saya tak mau myanmar jadi seperti mereka. pelan-pelan para muslim ini berdagang dulu lalu mau menguasai negara.”

    Bhikkhu Kirama ketua Bodu Bala Sena (Korps Polisi Bhikkhu), “sekarang muslimah srilanka mau pakai jilbab. kalau hidup di srilanka jadilah orang srilanka yaitu tanpa jilbab, kalau tidak mau keluar saja.”

    Bhikkhu Parama, “kita bisa memperkirakan dimana saja kekuatan khilafah islam, dan dari situ kita bisa mengalahkan mereka.”

  3. Ralat / tambahan : The Face of Buddhist Terror – Tampang Terror Buddha.

  4. Rada rada bingung juga baca komentar Bapak Dhammaraja.

    Saya percaya beliau orang pintar. Bingungnya saya adalah kenapa beliau tidak menuangkan pikirannya dalam satu artikel tersendiri atau ditulis dalam satu blog (pribadi)? Jujur, saya sangat ingin membaca buah karya beliau dengan lebih lengkap, rapi dan tersturkur, bukan sepotong-sepotong dan berserakan seperti sekarang ini. Lha, saya yang otak kosong melompong saja punya blog, walau cuma blog abal2………

    Entahlah, semua berpaling kembali ke diri masing2…….. Semua orang punya alasan ataupun bisa bikin alasan……Manusia adalah setan alas…….

  5. Hendra Gunawan, SS

    Sebenarnya negara agama/ kekhalifahan yang tertua dan tetap eksis sampai sekarang adalah Negara Vatikan. Nah sekarang bagaimana pandangan Bhikkhu Dhammaraja dan saudara-saudara sekalian tentang Negara Vatikan?. Terima kasih.

  6. Kagem sederek sedoyo.. daripada kita puyeng mikir urusan dogma mending kita dengarkan lagu kesayangan saya hihi NOVEMBER RAIN dari GUNS AND ROSES

    When I look into your eyes
    I can see a love restrained
    But darlin’ when I hold you
    Don’t you know I feel the same

    Nothin’ lasts forever
    And we both know hearts can change
    And it’s hard to hold a candle
    In the cold November rain

    We’ve been through this such a long long time
    Just tryin’ to kill the pain, oo yeah
    But love is always coming and love is always going
    And no one’s really sure who’s lettin’ go today
    Walking away

    If we could take the time
    To lay it on the line
    I could rest my head
    Just knowin’ that you were mine
    All mine
    So if you want to love me
    Then darlin’ don’t refrain
    Or I’ll just end up walkin’
    In the cold November rain

    Do you need some time on your own
    Do you need some time all alone
    Everybody needs some time
    On their own
    Don’t you know you need some time all alone

    I know it’s hard to keep an open heart
    When even friends seem out to harm you
    But if you could heal a broken heart
    Wouldn’t time be out to charm you

    Sometimes I need some time on my
    Own
    Sometimes I need some time all alone
    Everybody needs some time
    On their own
    Don’t you know you need some time all alone

    And when your fears subside
    And shadows still remain, oh yeah
    I know that you can love me
    When there’s no one left to blame
    So never mind the darkness
    We still can find a way
    ‘Cause nothin’ lasts forever
    Even cold November rain

    Don’t ya think that you need somebody
    Don’t ya think that you need someone
    Everybody needs somebody
    You’re not the only one
    You’re not the only one

    Don’t ya think that you need somebody
    Don’t ya think that you need someone
    Everybody needs somebody
    You’re not the only one
    You’re not the only one

    Don’t ya think that you need somebody
    Don’t ya think that you need someone
    Everybody needs somebody
    You’re not the only one
    You’re not the only one

    Don’t ya think that you need somebody
    Don’t ya think that you need someone
    Everybody needs somebody

    • @ Senyum,

      Maturnuwun kiriman lagunya, ini saya copy pastekan puisi dari hutan belantara maya yang berjudul ‘puisi cinta untuk yang tersayang’ :)…

      aku menjatuhkan cinta
      pada kedalaman hati
      saat hujan
      bulan November
      mengikis jejak-jejak kemarau

      cintaku khusuk
      dalam aroma musim hujan yang sejuk
      mengendap-endap dalam kekeringan
      menggenangi hati
      yang lama gerah

      udara musim hujan
      mengendap masuk
      bersama tetesan hujan yang lembut
      di ubun-ubun

      ada sedikit kekakuan
      dari suasana yang baru
      hanya saja
      aku merasakan genangan cinta yang syahdu
      menenggelamkan segala kekeringan
      menyejukkan suasana gerah di dada

      biarkanlah hujan di bulan November
      menyaksikan awal percintaan
      biarkanlah cinta di bulan November
      kita kenang dalam kebersamaan

      Salam senyum,

      Dewi

  7. Hendra Gunawan, SS

    Dear Dewi dan Senyum, terima kasih hiburannya. Saya mau tanya kenapa Axl Roses dan Slash bisa konflik di Gun N’ Roses? kenapa Elvis dan Kurt Cobain bunuh diri? apakah karena hati yang galau?. Kenapa para seniman yang pandai menghibur orang kok merasa kesepian?. Aneh?. Mohon saya yang bodoh ini diberi pencerahan!. Terima kasih.

    • @ Hendra, Senyum, All,

      Ngapunten telat mangsuli, dari kemarin komment saya kena ‘galat’, ini saya coba lagi…

      Tumut nandang duhkito kagem kangmas Kurt Cobain lan Elvis Parsley. lan perseteruan antara Axl dan Slash… Hmmm, kita tidak tahu sesungguhnya apa yang ada di benak mereka, mungkin hanya mereka saja yang tahu. Manusia tidak ada yang sempurna, begitupun juga seniman, dan seniman juga manusia…

      Seorang seniman dalam hidupnya terkadang merasa kesepian. Tapi dia punya keyakinan yaitu ketulusan, ketulusan dalam hubungannya dengan orang lain, ketulusan dalam pendekatannya kepada dunia, ketulusan dalam pencariannya tentang kebenaran hidup. Memandang segala sesuatu di dunia dengan kebaikan dan mengejar kebahagiaan yang indah dalam hidup dan keberanian untuk hidup bertanggungjawab.

      Maturnuwun, tentang lagu tembang2 tombo ati niku gampil mawon, cobi di search ten youtube nggih :)…

      Salam rahayu,

      Dewi

  8. Menika wangsulanipun mas Hendra ingkang kinasih… 🙂

  9. Hendra Gunawan, SS

    Matur nuwun musiknya, punya simpanan tembang Tombo Ati dan Dandang Gula nggak Jeng Dewi?. Matur nuwun.

  10. duh lagu kesayanganku kok belum dikidungkan dari mas Eddie Pan Halen 🙂
    Kangmas Eddie bade rengeng rengeng rumiyen nggih… 🙂

    Hey!

    Everybody’s lookin’ for somethin’
    Somethin’ to fill in the holes
    We think a lot but don’t talk much about it
    ‘Till things get out of control, oh!

    How do I know when it’s love?
    I can’t tell you but it lasts forever
    Oh! How does it feel when it’s love?
    It’s just somethin’ you feel together
    When it’s love

    You look at every face in a crowd
    Some shine and some keep you guessin’
    Waiting for someone to come into focus
    Teach you your final love lesson
    Ooh!

    How do I know when it’s love?
    I can’t tell you but it lasts forever
    Oh! How does it feel when it’s love?
    It’s just something you feel together

    (Oh oh oh oh) Oh, when it’s love
    (Oh oh oh oh) You can feel it, yeah!
    (Oh oh oh oh) Nothin’s missin’, yeah!

    (Guitar Solo)

    (Oh oh oh oh) Yeah, you can feel it
    (Oh oh oh oh) Oh, when it’s love
    (Oh oh oh oh) When nothin’s missing, ow!

    How do I know when it’s love?
    I can’t tell you but it lasts forever
    Ooh, how does it feel when it’ love?
    It’s just something you feel together, hey!

    How do I know when it’s love?
    I can’t tell you but it lasts forever
    When it’s love
    Ooh, when it’s love
    Hey! It’ll last forever

    (Na na na-ah na na)
    When it’s love
    (Na na na-ah na na)
    (Na na na-ah na na)
    (Na na na-ah na na)
    You and I, we’re gonna feel this thing together
    (Na na na-ah na na) (repeat to end)
    When it’s love, ooh
    When it’s love, baby
    You can feel it, yeah!
    We’ll make it last forever
    Ooh-ooh, when it’s love

  11. Kunci jawaban soal UNAS yang mengada-ada hanya ghaib semata…. 🙂

    Mengingat sudah jamannya, maka ikutilah jamannya… namanya jaman edan bukan?begitulah kata pepatah

    Salah satunya budaya korupsi uang sogok pungli perseduluran dll… mesti dilestarikan, maka seandainya mau jadi pemimpin maka pemimpin itu harus berani menyogok rakyat indonesia secara berkesinambungan agar semua rakyat memilih dengan senang, sogokan dalam bentuk sandang pangan papan selama masih menjabat…

    Dengan demikian akan jelas dan nyata, apa arti sebenarnya pesta demokrasi pesta rakyat yang benar benar nyata itu, tanpa ada pemilihan umum seperti biasanya itu lagi… dpr mpr dprd sampai bupati walikota tidak ada pemilu lagi, jabatan hanya ditunjuk dan hanya sebagai wakil rakyat dan pelayan rakyat saja dan sifatnya ditunjuk saja bagi yang benar benar mau mengabdi untuk kepentingan rakyat…

    Lanjutnya menjadikan negara menjadi sistem presidential kerajaan, tidak merubah yang ada tetapi menambah yang ada… raja, presiden dan perdana menteri… parpol dirampingkan dan hanya 2 namanya parpol A dan parpol B… (bukan republi atau demorat dll itu) dan parpol tidak menjadi tempat orang mencari kehidupan tapi parpol merupakan suatu lembaga kemasyarakatan yang melayani rakyat… itu kira2 gambaran awalnya… dan masih dalam angan2 belaka… bisa berubah dan hanya angan angan saja dan berupa pepesan kosong… dan biasa saja… hanya senyum senyum saja… 🙂 🙂 🙂

  12. Terlintas tentang Resurrection Day….
    Mumpung lagi musim kiamat kecil atau hari kebangkitan atau hari pemulihan atau resurrection day, dan pada saat ini peristiwa iblis sudah pada batas akhir menggoda pada manusia atau iblis mendekati sadar atau mungkin iblis sudah mau hormat pada manusia, ada baiknya semua makhluk Allah ini didoakan mendapat hidayah dari Allah supaya kembali menerima keberadaan atau menyembah pada ZAT CAUSA PRIMA ini… wong iblis itu taat dan patuh sama Allah cuma salahnya iblis itu esmosi aja sama namanya manusia yang dikatakan iblis jadi sombong itu…. hanya intermezzo daripada bengong dan … 🙂 🙂 🙂

    Sedikit juga tergelitik penerjemahan Quran… menyekutukan atau bersekutu itu kesannya kok angker dan negatif ya? padahal bisa jadi bersekutu itu bisa juga punya arti positif loh kalau bersekutunya dengan Allah hehehe…. dan mungkin bahasa indonesia saya yang masih perlu ujian susulan lagi kalau membahas urusan kata bersekutu… 🙂 🙂

    • Analisisnya sebelumnya minta maaf ini hanya belajar saja loh boleh salah boleh benar, tentang BERSEKUTU mana mungkin bisa dengan Allah? atau ZAT CAUSA PRIMA? jawabnya adalah… bila kita bersekutu dengan ZAT CAUSA PRIMA yang UNLIMITED ENERGI jawabnya adalah MUSTAHIL dan tidak akan mungkin berhasil.

      Tapi bila ZAT CAUSA PRIMA yang ditiupkan ke manusia sesuai apa yang dikatakan Syeh Siti Jenar yang ada pada diri manusia itu atau yang disebut RUH (LIMITED ENERGI sesuai ukuran wadag / manusia) itu maka dipastikan bersekutu akan membuahkan hasil dan akan berhasil…

      Jadi arti bersekutu disini adalah sama dengan bahasa dan apa maksud perkataan Syeh Siti Jenar, maaf kalau salah arti namanya saja belajar boleh salah boleh benar…… 🙂 🙂 🙂

      • Penjabaran lebih lanjut KEMANUNGGALAN atau PERSEKUTUAN

        Manunggal artinya suatu bentuk penyatuan dari komponen yang lebih dari satu menjadi satu kesatuan komponen… seperti kata asosiasi dalam bahasa indonesia….. to associate dalam bahasa inggrisnya… merupakan tatabahasa suatu bentuk kemanunggalan… atau bahasa yang lain PERSEKUTUAN… nah kenapa kita tidak bisa atau BERSEKUTU secara LANGSUNG atau berinteraksi langsung dengan ZAT CAUSA PRIMA (UNLIMITED ENERGY)? alasannya si wadag yang terkuat dari hasil CIPTAANNYA pun misalnya malaikatpun tak akan mampu bersekutu langsung dengan ZAT CAUSA PRIMA (UNLIMITED ENERGY) itu…

        Kenapa yang disebut Ciptaan Allah tidak boleh melakukan atau MENYEKUTUKAN Allah? alasan paling gampang adalah Allah MAHA MENCIPTA… dan jawabannya sangat wajar kenapa hasil ciptaanNya komponen hasil ciptaanNya bersekutu langsung dengan YANG MAHA PENCIPTA? so what gitu loh… apalagi katanya membela Allah? nonsense lah… hehehe

        Nah kalau kita ingin bersekutu atau menyekutukan dalam arti tidak langsung misalnya PERSEKUTUAN DOA (menguatkan sisi SPIRITUAL atau RUH) atau mengintensifkan diri kita memohon pada SANG PENCIPTA ZAT CAUSA PRIMA secara kontinu dalam bentuk wirid/zikir atau rasa syukur kita, mohon ampunanNya dan petunjukNya, sehingga kita bisa dikatakan manunggal atau menyatu itu dengan ZAT CAUSA PRIMA (UNLIMITED ENERGY) itu, maka KEMANUNGGALAN atau PERSEKUTUAN ini dapat dibenarkan… dan makesense… 🙂

        Jadi Manunggaling kawula lan Gusti itu tidak bisa ditelan bulat bulat… tidak semata mata manunggal saja… tapi secara hakikat… artinya yang punya hak untuk manunggal yakni RUH itu… kata-kata kuncinya “Ku tiupkan RuhKu” (bukan Kuciptakan) berarti ada unsur ZAT CAUSA PRIMA… pada saat menjadikan manusia… dan wadag manusianya tinggal ikut saja membonceng pada kemanunggalan kawulo lan Gusti itu…

        Kesimpulan SEMENTARA pembelajaran manuggaling kawulo lang Gusti adalah Wadah akan manunggal atau bersekutu dengan RUH dan proses selanjutnya RUH manunggal atau bersekutu dengan ZAT CAUSA PRIMA (UNLIMITED ENERGI) itu.
        Ilmu selanjutnya adalah seperti biasa namanya belajar boleh salah boleh benar… 🙂

  13. Hendra Gunawan, SS

    Dear senyum, anda ingin bersekutu dengan AS dan Uni Eropa atau anda ingin bersekutu dengan Rusia dan Cina? ikut kapitalis atau ikut sosialis?. Bicara tentang Manunggaling Kawula Gusti kalau kita ibaratkan air tajin, apakah air sama dengan beras? mohon pencerahannya untuk hamba yang bodoh ini! matur nuwun.

    • Hehe kok bersekutu pada satu paham saja, gak ACI ah… mending mencari PERSEKUTUAN yang mendukung WAWASAN NUSANTARA menuju negara MARITIM. Misalnya kasih harga diskon jual kapala laut dan juga alih teknologi all in dalam pembangunan industri dok perkapalan dll. Gak pake syarat2 dan ketentuan2 yang rumit mengikat, yang akhirnya curiga curigaan itu. Ya jadinya ya seperti ttu intip2 sampe bintitan itu. wkwkwk.

      Tentang manusia sudut pandang manunggaling Kawula lan Gusti ibarat air tajin, pertanyaan apakah air sama dengan beras? jawabannya bisa ya dan tidak, tergantung dari sudut pandang mana… dilihat WUJUD zatnya ya tentu beda, dilihat CARA bersekutunya ya tentu sama sifatnya, kira kira begitu jawabnya… hehehe love n peace deh ahh 🙂 🙂 🙂

  14. Hendra Gunawan, SS

    Oke tambahan pertanyaan. Senyum mendukung civil society atau militer society?. Mendukung multi partai atau mono partai?. Mendukung negara federal atau negara kesatuan?. Mendukung rupiah kertas atau rupiah emas dan perak?. Mendukung hukuman penjara untuk para koruptor kakap atau mendukung hukuman mati untuk para koruptor kakap (sesuai konsep hukum pidana Islam)?. Mohon tambahan pencerahannya untuk hamba yang bodoh ini! matur nuwun.

    • hahaha.. yaaa.. apa org senyum senyum kok ditanyain masalah strategis dan taktis… maaf sebelumnya dulu kalau sampai tidak mengenakkan yang membaca jawabannya….

      Nah jawabannya adalah semua bisa saja atau oke saja dijalankan… semua bagus lukisannya kata pak Tino Sidin, tinggal aplikasinya atau aturan mainnya… mau dilihat dari sudut pandang mana dulu… dan tentu dalam keadaan bagaimana dulu… perlu dipetakan atau didata semua kondisi dan kendala..

      Intinya POLEKSOSBUD HANKAM yang BERWAWASAN NUSANTARA sesuai ilmu alamaiahnya juga sesuai ilmu budayanya adalah harus ada penelitian atau penelaahan secara menyeluruh dan gamblang secara mendalam dengan diiringi rasa damai dan cinta itu, serta jangan lupa penelaahannya mesti disertai asumsi bahwa kita tidak hidup seperti katak dalam tempurung, kita akan saling pengaruh mempengaruhi dengan negara lain… dan bagaimana kita supaya eksis dalam berumah tangga di bumi ini.

      Selanjutnya tidak ada alasan untuk tidak berjalan sesuai dengan rencana… hehehe 🙂 🙂 🙂

      • maksudnya jangan belajar spt katak dalam tempurung itu.. bahwa sesuai sabda nabi… belajarlah sampai ke negeri china, orang chinanya sendiri bahkan belajar kemana-mana… jadi tak ada halangan untuk belajar kemana-mana, namanya saja dilandasi damai dan cinta, tentu tak ada halangan untuk belajar kan? hehehe… 🙂 🙂 🙂

      • Sekedar berbagi, bahwa seseorang itu dapat mencapai tingkat konsentrasi yang diinginkan seperti mampu hening, jiwa raga sesuai niatnya dst, itu semua dipengaruhi oleh banyak faktor baik internal dan juga eksternal… jadi bukanlah hal yang mudah untuk mencapai titik temu dari syariat sampai makrifat itu… sehingga dapat dikatakan berdamailah dengan diri dan lingkungan, apapun hasil yang diusahakan, jangan mudah meyalahkan diri atau orang lain dan ambil hikmahnya proses pembelajarannya itu… dan bersyukurlah pada Zat yang Maha Tahu dan Bijaksana itu pada apa-apa yang telah dicapai oleh usaha belajar kita… jadi apapun itu pencapaian dalam proses pembelajarannya… maka bersyukurlah pada Zat Yang Maha Kuasa itu.. 🙂 🙂 🙂

  15. Hendra Gunawan, SS

    Oke deh, Apa Senyum juga setuju kalau para pelaku kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia/ BLBI yang konon telah merugikan negara lebih dari 100 trilyun diusut terus?. Mohon tambahan pencerahannya untuk hamba yang bodoh ini! matur nuwun.

    • Kalau berpikir salahnya secara kasat mata ya tentu disebut salah, tapi kalau berpikir cara dia/mereka berpikir dalam suatu rencana dan kebijakan demi kebaikan atau tujuan mulia walau tindakannya salah, tentu tidak bisa disalahkan… jadi lebih baik dimaafkan dan selanjutnya SEGERA BERTINDAK CEPAT merevisi merevitalisasi atau bersatu kembali mematangkan KEBIJAKAN dalam KESEJATIAAN serta berjuang meng GOL kan rencana mulia masyarakat yang gema ripah loh jinawi… tata tentrem kertarahardjo… atau berjuang menuju bentuk negara yang BERWAWASAN NUSANTARA berdasarkan nilai2 luhur bangsa… 🙂 🙂 🙂

      • Membuat kebijakan itu semestinya diimbangi dengan KESEJATIAN diri dengan niat yang tulus ikhlas dan berpikir jernih yang luas dengan pertimbangan matang dari banyak sisi dan mengoptimalkan segala parameter yang ada tentu HASIL nya akan SESUAI dengan RENCANA….

        Nah kalau mengambil kebijakan itu berhitungnya ditambah dengan faktor kesalahan spt metoda grusah grusuh apalagi dikombinasi dengan nafsu tersembunyi untuk kepentingan pribadi/golongan misalnya partai… ya jadinya ya begitulah… nah kalau mau diuber terus… wong kesalahannya berjamaah… kapan selesainya? mau salah2an terus? hehe… trus kapan mau membangunnya? kapan mencapai cita2 NUSANTARA JAYA? partai oh partai… cari kerja dan nafkah kok spt itu…

        Semoga semua makhluk Allah berbahagia dan berdamai… 🙂 🙂 🙂

      • Logika dan sample paling gampang, lihat Amerika yang 2 partai saja… dengan 2 partai kehidupan bernegaranya ngos ngosan.. apalagi disini yang banyak partai? hasilnya bukan ngos ngosan saja tapi bisa bisa langsung pingsan atau gone by the wind… wkwkwkwk

    • Korupsi BLBI itu adalah peristiwa nyolong sabab rumongso biso… nggih monggo dilajengaken… wkwkwkwk

  16. Hendra Gunawan, SS

    Nuwun sewu Senyum, lah kalau yang korupsi 100 trilyun lebih dimaafkan apakah yang ikut kasus korupsi Century dan Hambalang juga perlu dimaafkan?. Selanjutnya apa konsep buruh kontrak itu sudah Pancasilais?. Apakah Gone With The Wind/ berlalu bersama angin itu adalah benar-benar solusi terbaik menurut ideologi Pancasila?. Mohon tambahan pencerahannya untuk hamba yang bodoh ini! matur nuwun.

    • Banyak jalan menuju NUSANTARA JAYA yang penting jangan NYOLONG…… 🙂 🙂 🙂

    • KUNCI penyelesaian UJIAN NASIONAL… perlu berpikiran secara JERNIH dan ALAMIAH banyak jalan menuju NUSANTARA JAYA… kenapa keputusan akhir biarlah ALAM (kasat mata dan tak kasat mata) yang melakukan PENYELESAIAN?…
      Begini jawabnya…

      Misalnya setelah dimaafkan dan diminta mengaku bertobat dan bersedia menyerahkan baik baik hasil korupsinya dan sang koruptor tetap gak mau ngasih kembali hasil korupsinya atau hasil nyolongnya.. maka gak perlu lama dan merepotkan pakai metoda hukum pidana perdata dll atau sumpah pocong segala……. yang jelas secara otomatis ehh tau2 burungnya sang KORUPTOR terbang melayang hilang entah kemana… atau ehhh tau2 badan sang koruptor pindah di tengah hutan gak bisa pulang yang hanya ditemani jin2 hutan dst dst, maka dengan salah satu metoda alamiah ini pasti hasil jarahan sang koruptor akan segera cepat kembali ke ibu pertiwi… wkwkwkwk 🙂 🙂 🙂

      • penyelesaian semua itu sederhana..
        uya memang kuya hahahah…mantap
        para koruptor dengan segala hormat diselidiki dan disahkan presiden etc
        wajib mengikuti uya kuya..biar tanpa sadar membabar semuaaaaaaaaa
        ntar siapin perekam plus diliput media biar seindonesia tau..
        berani tidak..!!!!!!!
        ga usah demo ancur sana ancur sini…..semua tergantung rakyat
        kalau rakyat udah bosen sudah saja cara sederhana tapi JITU itu disahkan hukum indonesia…
        khusus bagi tersangka korup etc…..hak asasi manusia kenapa takut kalau benar???
        gitu aja kok repoooooooot……….

    • @ Senyum, MTB, Hendra, Meong, All

      Gone with the wind… kira2 kalau di bhs jawakan artinya: wes hewes hewes bablas angine :mrgreen:…

      Masalah korupsi sebenarnya ratusan juta penduduk indonesia raya udah koar-koar tegas berantas korupsi… tapi seakan hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan… semua itu karena… hakiiiim jugaaa manusiaaaa…

      Coba pakai metode ‘bite my shoulder’ atau ‘gigit bahuku’… ya kalau menggigit kan masih jauh dari nyawa kan?… maksutnya begini: tangkap satu saja kepalanya maka akan menggigit semua anggota tubuh yang lainnya… jangan takut karena mbahnya preman is dead… apalagi ada HAM dan liputan media.

      Lalu, berlaku adil dan tegas dalam menghukum, termasuk yang penadah juga di bui untuk mempertanggungjawabkannya, biarpun itu anak/ keluarganya sendiri ataupun orang terdekat seperti teman dan sopir pribadinya. nah kalau melihat gaya hidup pejabat yang suka mengoleksi pacar/ istri, kalau keadilan ini di terapkan bukan tidak mungkin dari 100 lelaki yang di tangkap, maka 300-400 wanita juga akan siap2 mendekam di hutan/ pulau prodeo.

      Jangan lupakan juga pengauditan dari ‘hulu ke hilir’… jangan hanya yang kelas teri saja yang di obok2, kalau berani yang sekelas predator ikan hiu juga, seperti sirkulasi bidang eksport import yang banyak memberikan pajak pendapatan namun selalu luput dari perhatian. korupsi ada karena lahannya yang basah, sekuat apapun (iman) orangnya pasti akan terpeleset juga…

      Banyak hutan dan pulau di indonesia raya, bikin segera penjara khusus koruptor yang di perkirakan berjumlah ratusan ribu, hukuman minimal 20 th penjara maximal seumur hidup, keluarga hanya bisa mengunjungi minimal setahun sekali bagi yang berkelakuan baik atau hanya bisa menengok tiap 5 th sekali saja. tak perlu meniru hukuman eksekusi kayak china, cukup di miskinkan saja mereka seumur hidup. Kalau mau makan, nanem sendiri tanaman di hutan/ pulau itu, nggak usah di layani. Bangun juga tembok ratapan, sehingga untuk mengisi waktu luang, mereka bisa muterin itu tembok, kayak ritual pengampunan dosa pada Tuhannya. Plus bonus bagi penghuni hutan prodeo adalah tersedia makam di situ untuk peristirahatan abadi mereka.

      Tak perlu kita mengotori tangan kita dengan mengeksekusi mereka, karena siapapun yang tega melakukan korupsi berarti mereka sama saja dengan menggali tempat makam mereka sendiri.

  17. Hendra Gunawan, SS

    Dear Dewi korupsi adalah ajaran budaya Barat (baca: VOC) yang sudah masuk ke kultur bangsa kita selama berabad-abad lamanya dan sampai saat ini masih mendarah-daging. Penanganannya tidak mudah, para koruptor walaupun sudah dikuras duitnya masih banyak yang nyumbang. Malah sekarang selogannya: “penjaraku sorgaku”. Apa tidak sebaiknya pakai hukum pidana Islam saja yaitu yang korupsi lebih dari 100 milyar dihukum mati!. Malah Bung Karno pakai hukum pidana Islam ketika menghukum mati Pak Kartosuwiryo yaitu hukum Qisos: hutang nyawa dibalas nyawa. Gimana?

    • @ Hendra Gunawan SS (sarjana sastra?),

      steel our country but not steal our country :)…

      apakah benar budaya korupsi itu hanya di dominasi orang barat?… kita mesti melihat kedalam, intropeksi diri, lebih bagus daripada selalu menyalahkan orang lain…

      negara Turki itu terkenal dengan kesultanan islamnya yang kuat, pun ia sampai sekarang belum bisa bergabung dengan europa union, sebelum ia berhasil memberantas korupsi dan menghapuskan hukuman mati di negaranya.

      sementara kita tahu negara europa itu mayoritas bangsanya tidak berbasis agama, mengapa mereka bisa meminimalisir korupsi sekaligus menghapus hukuman mati yang sudha tidak sesuai dengan HAM?… dalam hal ini hukum memang harus di tegakkan, tetapi manusia juga tidak boleh berlagak sok algojo, biarlah ‘Tuhan’ saja yang berhak mencabut nyawa hambanya.

      kembali ke hukuman qishas yang pernah di dengungkan bapak insinyur Soekarno…. well, presideeeen jugaaaa manusiaaaa….

      masih ingat kasus petinggi pertamina yang korupsi sekitar 100 M? pada th 70 an, uang segitu kalau jaman sekarang sama saja dengan trilyunan rupiah… lalu bagaimana caranya mengambil lagi harta negara yang pernah di tilep olehnya, sementara orangnya sekarang sudah di alam baka?… ambil semuanya lagi, sisahkan sedikit saja untuk anak cucunya, hitung2 uang terima kasih telah menjaga aset negara yang pernah di curi bapaknya dan mau mengembalikannya. kalau keluarga tidak mau menyerahkan, tahan semua yang menghalangi niat baik negara. kirim mereka semua ke kamp hutan prodeo…

      hakim, aparat, penegak hukum dan seluruh komponen rakyat harus punya komitment bersama2 untuk mengawal proses pengembalian uang negara/ bangsa ini. indonesia punya hutang trilyunan rupiah, kalau satu koruptor mau mengembalikan uang panas itu, kalikan jumlah ratusan ribu koruptor, maka rakyat indonesia tak perlu terbebani hutang yang sama sekali bukan tanggung jawabnya.

      hukuman mati tidak akan pernah menyelesaikan masalah apalagi menghentikan aksi korupsi, menurut saya malah menambah peluang sogok menyogok karena orang yang bersalahpun pasti tak mau di ambil nyawanya secara paksa, ingat manusia tak lepas dari salah, pun hakim juga manusia yang bisa salah. serba salah lagi jika kita menghukum atas dasar balas dendam, bukan atas dasar keadilan dan kemanusiaan.

      pikirkan lagi jika mereka sudha tak bersuara maka mereka tak bisa ‘menggiggit’ lagi teman2nya yang lainnya…. justru dengan membiarkan mereka hidup di balik jeruji penjara, mereka secara tidak langsung juga bisa sebagai sumber informan untuk negara. karena fenomena korupsi ini seperti gunung es yang jika di lontarkan akan menggelinding ke bawah, semakin membesar hingga kentara ke akar2nya.

  18. Hendra Gunawan, SS

    Dear Dewi, saya setuju dengan pendapat anda kalau uang korupsi itu harus disita tapi hukuman mati untuk koruptor kakap harus jalan terus, kalau tidak slogan penjaraku sorgaku kian laku. Kalau anda ingin melacak kasus korupsi di Pertamina tahun 70-an maka anda harus panggil juga PM Singapura. Seingat saya uang korupsi itu dulu disimpan di Singapura. Saat itu pihak Pemerintah Barat juga terlibat menekan Pemerintah RI agar hanya memberikan konsesi penambangan minyak, mineral, dll kepada para Pengusaha Barat saja (demi memenangkan perang dingin he he). Saya bersyukur penyelidikan korupsi oleh KPK sekarang tidak hanya kepada pengadaan barang dan jasa saja tapi juga kepada konsesi minyak di NKRI. Salut untuk KPK salut untuk Ustadz Abdullah Hehamahuwa. Woullohua’lam.

    • pikirkan lagi jika dimulai dari sekaran DARK JUSTICE jah om, HAKIM super penegak keadilan dengan jalur bayangan dan jebakan2 yang super, salam super om

    • @ Pak Hendra Gunawan SS,

      *Hukuman mati itu hanya ilusi…

      (*untuk apapun bentuk kasusnya).

      Ilusi karena kita berpikir bahwa dengan menghilangkan nyawa, maka semuanya akan menjadi beres…

      Secara fisik ia mudah di laksanakan, namun secara psikis itu akan menjadi tanda tanya yang besar bagi wajah peradilan ibu pertiwi.

      Jika kita hubungkan ke masalah tindak pidana korupsi… Daripada kita fokus bagaimana membalas dendam, lebih baik kita fokus bagaimana caranya mengembalikan uang dan harta benda yang mereka larikan ke luar negri. Jika harta itu masih ada di dalam negri kita bisa bekukan aset2nya.

      Masalahnya kita ini tidak jago lobi di tingkat international, hanya jago di kandang, beraninya gontok2an karo sebangsane dhewe. Nggih nopo mboten? :)…

      Penjara adalah surga, surganya para prodeo. terserah mereka para kriminal mau menganggapnya apa, toh itu tidak mengurangi fakta bahwa mereka adalah tahanan negara.

      Kalau kita bisa mencegah neraka, mengapa kita harus menciptakan neraka di dunia?…

  19. Hendra Gunawan, SS

    Dear Dewi, mata batin saya melihat anda punya kecantikan dan kecerdasan karunia Ilahi. Kemampuan bahasa Inggris anda juga tinggi. Nah gunakanlah potensi yang anda miliki untuk melobi para petinggi diluar negeri!. Bawa pulang kembali uang-uang korupsi yang ditabung diluar negeri ke NKRI! he he. God Bless You. Woullohua’lam.

  20. Allah SWT memilik nafsu untuk membenci membunuh perkosaan merampok untuk tujuanny tersebut dia cipatakan anak setan Muhammad untuk dapat melakukan apa yang Allah SWT kepala setan perintah kepada Muhammad bin Abdulah dan misinya anak setan Muhammad sudah terwujud saat Muhammad berkuasa di Medina dan Khaybar. Sejarah biaografie anak setan Muhammad bin Abdulah.

  21. Perfect!

  22. You need to be a part of a contest for one of the best sites on the web.

    I most certainly will recommend this website!

  23. Hendra Gunawan, SS

    Dear Mr. Nunusaku, Nabi Muhammad SAW adalah hamba Allah (Abdun) seperti kita tapi Beliau juga Rasul (diberi wahyu berupa Al-Qur’an). Ketika Beliau menaklukkan kota Mekah maka Beliau memberikan amnesti untuk seluruh penduduk kota Mekkah. Beliau memberi makan kepada pengemis buta yang menghinanya. Beliau hanya menikahi lagi setelah Siti Khadijah meninggal dunia. Beliau berdoa: “Ya Allah jadikan aku fakir dan masukkan aku ke surga bersama orang-orang fakir”. Nah bagian mana dari kehidupan Nabi Muhammad SAW yang anda benci?. Woullohua’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: